Bagi Yang Bingung Membedakan Mana Air Mani, Madzi, dan Wadi , Mana Yang Membatalkan Puasa?

Perbedaan Mani Dan Madzi Perbedaan Madzi Dan Mani Ciri Ciri Air Mani Wanita Perbedaan Air Mani Dan Madzi Pengertian Madzi

Perbedaan Air Mani, Madzi, dan Wadi

 

Perbedaan Mani Dan Madi Ciri Ciri Air Mani Ciri Ciri Air Mani Perempuan Ciri Ciri Madzi Bentuk Air Mani

63 Comments

  1. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Saya mau bertanya begini :
    Saya sempat berpikir yang jorok sekilas saja,lalu rasanya agak bergetar di kemaluan terus waktu ke kamar mandi ada cairan putih yang keluar,tapi waktu saya cium baunya,tidak tercium apapun,apakah cairan itu tadi?
    Sekian terima kasih
    Wasslamua’laikum wr. wb.

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    itu namanya madzi,

  2. Assalamu’alaikum wb.wb
    Saya mau nanya ini penting
    Ketika saya tidur saya membayangkan jorok dan saya tidak diperlakukan ,
    Ketika saya membayangkan saya tidak lemas dan saya sadar bangunnya dan saya tidak mencium baunya terus saya tanyakan pada ibu saya “itu bukan air mani ,kalau keluar jika terasa nikmat” nah saya bingung setelah tidurnya langsung ke kamar mandi kencing tapi saya memegang air itu tidak lengket cuma sedikit sebelum ke kamar mandi.
    Itu cairan apa mohon bantuannya padahal ini di bulan ramadhan
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    itu namanya MADZI, cairan yang keluar karena syahwat, hukumnya najis, tapi tidak wajib mandi

  3. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya mau bertanya :
    Apakah mani dan madzi dapat keluar dengan sendirinya meskipun kita tidak berpikiran jorok ?
    Sekian dan terima kasih
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    bisa, melalui mimpi,.

  4. Assalamualaikum wr wb.
    Pak,saya binggung ttg yg 1 ini…
    setelah saya bangun saya mrasakan ada ssuatu yg basah d clana ane tpi ane sadar kalau ga ada mmpi indah ato yg lainnya,yg jadi bnggung ..keluarny banyak,ga berbau,lengket dan badan ttap fit.
    apkah itu pak?
    mani apa madzi..wss

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    bisa jadi itu adalah madzi

  5. asalamualaikum..wr wb,
    saya mau tanya . kalau sudah wudhu kemudian keluar madzi atau wadi .. apakah wudhunya batal?

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Terimakasih mas ikhwan,.
    wudhunya batal mas, dibasuh yang terkana madzi tsb, lalu berwudhu kembali

  6. Assalamualaikum wr. wb.
    saya mau tanya : begini saya sempat yang jorok sejenak lalu kemaluan saya rasanya bergetar ketika saya periksa terdapat cairan bening di celana dalam saya, kebetulan saya sedang pilek sehingga Indra penciuman saya kurang peka terhadap bau kemudian beberapa saat kemudian saya agak lemas sedikit. Apakah cairan tersebut mani atau madzi ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Bisa jadi itu adalah mani,

  7. Aslm alaikum wbrkth..

    Saya pngen nanya
    saya telfonan sama cwe saya truus t nyata kita b dua ngomongin pelukan ciuman dan sbagainya. Tp d sini saya b usaha untu tidak t bawa suasana krna ini bula puasa.. Tp t nyata namanya juga manusia setelah tlponnya udah mati saya ngerasain ada yg kluar dari dzakar saya pak.. Warnanya bening tidak t lalu kental kira”itu di kategorikan sbagai apa ya pak…
    Trmksih.. Aslm alaikum

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Terimakasih sudah komentar disini,.
    Sebelumnya anda wajib pahami, pacaran itu hukumnya HARAM dalam islam, anda wajib bertaubat darinya,.bagaimana cara taubat dari pacaran? silahkan baca ulasannya disini

    Pacaran adalah jalan menuju zina, dan Allah melarang kita mendekati jalan-jalan menuju zina, dan banyak akibat yang jelek dan tidak terkira sebelum mengetahui hukumnya, ini diantaranya, pacaran itu menjadi sarana jitu menjadikan anak pertama sebagai anak zina, baca ulasannya disini

    Dalam bulan puasa, ketika siang hari berpuasa, dilarang kita berkata jorok, walaupun antara suami istri, apalagi dengan bukan istri, ini adalah perbuatan dosa, anda wajib bertaubat dari hal tersebut, jangan anda rusak puasa anda, jangan ulangi perbuatan anda, dan segera putusin pacar anda,. karena itu dosa,. tidakkah anda takut, ketika anda sedang melakukan hal tersebut, Allah cabut nyawa anda? tentu ini kematian yang jelek,. Allah cabut nyawa orang ketika sedang bermesum melalui telpon,.

    Bisa jadi yang keluar itu adalah madzi, atau mani, itu anda yang merasakan, jika keluarnya ada rasa nikmat dan lelah, maka itu adalah mani,

  8. Assalamualikum WrWb…
    Pak saya habis mengeluarkan mani lalu mandi besar, setelah itu saya mau memakai pakain saya lihat kemaluan saya ada cairan yang sedikit dan agak sedikit lengket dan licin. Apa ini mani atau madzi?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahiwabarakatuh,
    Anda mengeluarkannya setelah kencing atau bagaimana? jika iya, itu adalah wadi,.

  9. Assalamualaikum wr. wb.
    Maaf sebelumnya saya ingin bertanya…
    ketika air madzi terkena dgn pakaian, apakah pakaian itu najis??

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    madzi itu najis, pakaian yg terkena najis maka wajib dibersihkan bagian yang terkena tersebut,

  10. Assallamualikum wr.wb
    pak ustad saya mau bertanya waktu itu saya pergi ke mall dan saya melihat berulang ulang wanita yang memakai baju tidak sopan lalu saya melihat kemaluan saya terasa lembab .tetapi saya tidak merasa ada yang keluar dari kemaluan saya dan saya pun tidak merasa lemas.itu mani apakah mazi

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Anda wajib bertaubat dari perbutan tersebut,. itu adalah perbuatan dosa, anda berdosa melihat wanita yang terbuka auratnya, dan si wanita itu juga mendapat dosa dari perbuatan anda, dan dosa seluruh laki-laki yang melihat aurat dia, terbayang di mall ada puluhan atau ratusan mata yang melihat, belum di jalan-jalan,. itu kerugian yg dialami oleh wanita yang terbuka auratnya,.

    itu adalah madzi, bukan mani, tapi jika keluarnya ada rasa nikmat, maka itu adalah mani, walaupun anda tidak lemas,

  11. Assalamu’alaikum pa, saya mau tanya.
    Saya lg foto2 dan tbtb ngerasa ada yg berbeda dikemaluan saya, pas saya lihat celana dalam saya ternyata sudah agak sedikit basah dan ada cairan yg encer warna putih. Itu termasuk cairan apa ya pa?
    Terima kasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Itu adalah cairan madzi,.

    • Trus kalo saya udh mandi wajib dan pakaian yg saya pake saat itu, boleh dipake shalat nantinya?

      asal pakaiannya tidak terkena madzi, kalau terkena ya dibasuh yg terkena madzi tsb,

  12. Assalamu’alaikum pa,
    saya mau tanya. Saya lagi foto2, dan tbtb saya ngerasa ada yg beda sm kemaluan saya. Pas saya cek, ternyata celana dalam saya sudah agak sedikit basah dan ada sedikit cairan putih encer. Itu kenapa dan cairan apa ya pa?
    Terima kasih

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Itu adalah madzi,.

  13. Assalamualaikum wr wb
    Pa saya mau nanya, kan saya berduan sama cewe saya tiba-tiba keluar sedikit demi sedikit dari kemaluan saya, tapi badan saya ga terasa lemas ataupun pas keluar ga terasa nikmat.
    Mohon penjelasannya pa?apakah itu madzi apa mani?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    sebelumnya saya beritahu, berduaan dengan cewe yg bukan mahram itu dalam islam haram hukumnya, itu dosa,
    tidak ada pacaran dalam islam, anda wajib bertaubat karenanya, cara taubat dari pacaran bisa dilihat disini

    Adapun cairan yang keluar adalah madzi

  14. assalamualaikum…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    apakah di katakan seseorang itu maksiat apabila pas telponan ama pcrx tp ngomongin hal2 porno sampai laki2 tsb keluar maninya,,,

    bagaimana caranya agar hubungan kami tetep suci,,karena pas kami berdua sadar apa yg telah kami lakukan,,kami berdua segera istigfar dan menyesal sekali padahal kami hanya berani ngomong lewat hp,,,,,,

    ketemu jarang karena tinggal di penjara suci…bagaimana menjaga agar huhbungan kami tetap suci…

    Apa yang kalian lakukan itu adalah hal yang diharamkan dalam islam
    Pacaran itu adalah haram, jadi hubungan kalian adalah hubungan yang haram,
    Di telpon saja berani ngomongin yang porno,jika kalian bertemu, bisa saja kalian melakukan perzinaan, na’udzubillah,.
    Yang wajib kalian lakukan adalah bertaubat dari pacaran, cara taubatnya silahkan lihat disini

    Pesantren bukanlah penjara suci, tapi justru tempat yang baik agar menjadi manusia sholeh dan sholehah, jangan anda kotori dengan pacaran, pacaran itu jalan menuju zina, harusnya dijauhi,

    Makanya tidak aneh, ada pesantren ketika mendapati santrinya pacaran, maka akan dikeluarkan santri tersebut, karena bisa menulari yang lainnya

  15. assalamu alaikum wr wb
    pak ustad apakah anak remaja boleh melihat artikel untuk dewasa namun menurut ajaran islam hanya untuk menambah ilmu pengetahuan agama saja?
    maaf diluar tema
    wassalamu alaikum

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wbarakatuh,
    apa yang dimaksud artikel dewasa? apakah cerita porno atau cerita seks? ini ga boleh, baik orang dewasa atau masih kecil,. haram hukumnya

  16. Assalamu’allaikum wr wb.
    Pak ya mau tany ,sebelumnya sya sudah keluar air mani terus sya adust ,setelah adus sya tuh mau kencing ,nah setelah kencing sya pegang air kencingan sya trus agak kental” warnanya bening .apakah setelah keluar cairan itu sya d perbolehkan wudhu atau sya harus adust lagi?
    Wassalamu’allaiku wr wb

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    bersihkan yg terkena cairan tersebut, dan cukup wudhu saja, tidak adust atau mandi wajib,

  17. assalamualaikum wrb.
    makasih atas semua jawabannya….
    cy bner2 menyesal padahal cy udah lama tinggal di ponpes tp kok bisa cy sampai sperti itu dan itu adlh awal cy spt tu,,,,,,,,

    pdhal d ponpes cy sbg penasihat tp sekarang cy sbg pelakunya,,,,,,,

    tp jujur cy tdk pnh d sentuh sm cwok ,bhkan saat slaman dgn guru aj menggunakan jilbab sbg lapisnya………

    cy bener2 malu d hdapan allah dan org2 sekitar krn cy ckup d knal sbg murid yg baik..malu am masyarakat krn d rumah sepulang dr pondok ndk pnh buka jilbab bahkan cy d panggil usstazah..

    bhkan cy masih mlanjutkn hafalanku…waktu itu imankku ndk kuat ,,setan dah berhasil menggodaku,,alhamdulillah meskipun skrg cy kuliah tp msuk pondok lg.,,,tp cyy bner2 mencintai laki2 tersebut….apkah tdk ada cara lain selain memutuskannya???

    mungkin ini yg mmbwt hfalanku mancet2 ndk spt biasanya??

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Itulah pinternya setan menggoda manusia,.
    Setan sudah menjalin permusuhan sejak jaman nabi adam hingga sekarang,.
    Tentu pengalamannya sudah cukup banyak,.
    Setan tahu strategi cara menggoda manusia, dan strateginya tentu berbeda,.
    Beda menggoda orang biasa dengan yang terpelajar, termasuk beda menggoda santri atau ustadznya,.

    Pacaran itu haram hukumnya,.
    Kenapa anda terpikat dengan laki-laki tersebut,.? karena tidak dijaganya pandangan, sehingga setan berhasil melesatkan panah beracunnya kepada mata anda, lalu dibenamkan ke dalam hati anda,. sehingga anda susah melupakan sidia,.

    Silahkan baca trik-trik melupakan si dia, lihat postingan ini

    Maksiat, itu menjadi penghalang sampainya ilmu, penghalang menambah hafalan,.
    Sekaliber imam syafii saja susah menghafal akibat secara tidak sengaja melihat betis wanita,. bagaimana orang yang mengumbar pandangannya pada sesuatu yang tidak halal baginya?

    Bertaubatlah,. tidak ada cinta dalam pacaran, yang ada hanyalah nafsu,.bisikan setan,.
    Camkan di hati, orang yang pacaran, hakekatnya sedang belajar jadi pelacur,. bahkan kadang lebih rendah dari pelacur,. pelacur mbayar, pacaran gratis,. ulasannya disini

    Dan ingat,.. tidak ada cinta dalam pacaran, silahkan baca ulasannya disini

    • terima kasih yg sebesar2x mas nasihatnya…..tp cy merasa di hantui terus dgn semua itu,,,,cy merasa mjd manusia plg hina lok dah inget2 tu us,,,,

      perbuatan maksiat yg sudah ditobati, maka kita berharap ampunan Allah, jangan dihantui dengan perbuatan hina tersebut, tapi jadikan perbuatan hina tsb sebagai penyemangat dalam melakukan ketaatan pada Allah, karena takut dosa perbuatan hina tsb, maka makin giat beramal taat, bukan malah larut pada bisikan setan hingga anda malah frustasi, putus asa, hingga malah mengikuti bisikan tersebut, merasa hina, hingga tidak rajin beribadah lagi, malah semakin terjerumus ke dalamnya

  18. assalamualaikum wrb…….
    apakah termasuk maksiat org yg melakukan onani atau masturbasi ketika syahwatnya lg memuncak??

    wa’alaikumussalam warahamtullahi wbarakatuh,.
    Berdosa, menikah saja jika sudah mampu, dan jauhi sarana-sarana yang bisa menjurus kepadanya, tundukan pandangan,.

  19. asssalamualaikum
    saya mau tanya saya mengeluarkan itu apa kah tidak berdosa

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Jika mengeluarkannya dengan sengaja seperti onani, maka itu berdosa

  20. Assalamua alikum wrwb….
    saya mau nanya,apakah boleh atau sah sholatnya orang yang habis keluar mani belum sempat mandi wajib???

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    itu tidak sah, karena dia berhadats besar,

  21. asslmualkum ,
    jka mni kluar tpi tdak bkin qta mrangsang apakah ttp hrus mndi

    wa’alaikumussalam warahmatullah
    Jika yang keluar adalah mani, maka wajib mandi besar

  22. Assalamualaikum
    mas, saya ingin bertanya ketika saya melakukan onani tetapi yang keluar bukan mani tapi madzi apakah wajib mandi besar atau bagaimana?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Wajib bertaubat dari perbuatan tersebut,
    Jika betul bukan mani, maka cukup dibersihkan madzi tersebut, cara taubat dari onani bisa dibaca disini

    Bahanya yang fatal bagi onani bisa dilihat disini

    Onani ada kaitannya dengan hayalan pornografi,. dampak pornografi malah lebih parah dari kecanduan narkoba, terhadap otak si pelakunya, baca disini

  23. Assalamualaikum.
    Pak saya mau bertanya. Saya sedang membuka akun media sosial saya, Tiba-tiba saya melihat ada salah seorang wanita mempostingkan foto terlihat sedikit auratnya. Lalu saya merasakan sedikit merangsang & sempat memegang kemaluan, tapi baru sebentar saya teringat akan dosa & saya langsung menutupnya. Saya membuka celana saya tidak basah tetapi ada cairan cuma sedikit (sekitar 1 tetes kurang). Pertanyaan saya apakah itu Mani atau Madzi?
    Terimakasih 🙂 .

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    bisa jadi itu madzi,.

  24. Assalamualaikum wr wb
    saya sering kali ber fikiran jorok tpi ada yg keluar dri kmaluan tpi tdk trasa kluarnya dia tdk memiliki khas bau cairan apakah itu ? Tolong penjelasanya?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Itu adalah madzi

  25. Assalamualikum wr.wb
    Sy mau tanya.. Bagaimana cara untuk menghentikan onani??

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Caranya ya bertaubat kang,.

    Cara taubatnya bisa dibaca disini

    Kalau ngga , ya dipotong saja,. he..he..he.. ngga ding, bercanda,.

  26. assalamu’alaikum ..

    saya mau tanya..

    misalkan saya habis buang air kecil nih, lalu saya solat.

    sehabis solat, saya mengecek kemaluan saya, alhamdulillah enggak ada cairan, tapi ada bau itu gimana solat saya? haruskah di ulang?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    bau apa tuh, bau ompol/pesing atau bau apa?

  27. Assalamu’alaikum.
    saya mau tanya, jadi kan saya habis buang air kecil, lalu saya solat, sehabis solat saya mengecek kemaluan saya, alhamdulillah tidak ada cairan, tetapi ada bau, itu bagaimana?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Baunya bau apa dulu, jika bau air kencing, maka itu berarti masih najis,.
    Jika tahunya setelah shalat , maka sah shalatnya, tidak perlu mengulang,.
    Tapi jika tahunya sebelum shalat, maka wajib dibersihkan dulu najisnya

    • Terima kasih Pa. Saya ingin tanya lagi. Jika buang air kecil lalu pas cebok ternyata seperti lengket, itu berarti wadi ya Pa?

      iya,.

  28. assalamualaikum wr wb
    pak saya mau tanya
    tadi saya memikirkan yg jorok setelah itu ada yg kluar dri kemaluan sya…
    warna nya bening dan sya tidak lemas..apakah itu mani atau nadi..

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    itu adalah madzi

  29. assalamualaikum..
    pa saya mau nanya, pas malem kan saya tidur pas saya mau mandi sebelum shalat subuh saya melihat cd saya basah, padahal saya tidak merasa mimmpi yg gtu, tidak memancar, dan tidak lemas, tapi pas saya cium baunya seperti kaya bau sabun detergen gtu, soalnya saya lupa bau telor hhe, kira2 itu termasuk kategori mani atau madzi ya pa? terimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Kamu ngompol kaliii..

    he..he.he. air mani itu terasa baunya..

    jika tidak terasa baunya, bisa jadi itu wadi, kalau ompol juga kan bau,.

    • walah hha, tpi lengket ko pa, terus pas celana yg basah tadi kering itu mengeras pa, basahnya juga ga banyak, gmna tuh pa?

      Silahkan anda baca kesimpulan dari artikel di atas bagi orang yang tidur,.

      Orang yang bangun tidur, kemudian ada bagian yang basah di pakaiannya, tidak lepas dari tiga keadaan:
      1. Dia yakin bahwa itu adalah mani, baik dia ingat mimpi ataukah tidak. Dalam kondisi ini, dia diwajibkan untuk mandi, berdasarkan kesepakatan ulama. (Lihat Al-Mughni, 1:269)

      2. Dia yakin bahwa itu bukan mani, karena yang menempel hanya tetesan cairan atau cairan berbau pesing, misalnya. Dalam kondisi ini, dia tidak wajib mandi. Namun, dia wajib mencuci bagian yang basah karena cairan ini dihukumi sebagaimana air kencing.

      3. Dia ragu, apakah itu mani ataukah madzi. Dalam kondisi semacam ini, dia mengacu pada keadaan sebelum tidur atau ketika tidur. Jika dia ingat bahwa ketika tidur dia bermimpi, maka cairan itu dihukumi sebagai mani.

      Namun, jika dia tidak mengingatnya, dan sebelum tidur dia sempat membayangkan jima’ maka cairan itu dihukumi sebagai madzi karena cairan ini keluar ketika dia membayangkan jima’, sementara dia tidak merasakan keluarnya suatu cairan.

      (Asy-Syarhul Mumti’, 1:168)

  30. assalamualaikum

    tadi malam saya tidur seperti ada mimpi mimpi sesuatu dan ada rasa seperti keluar cairan nikmat di k*maluan saya.

    tapi pas saat bangun tidur saya cek di kain saya tidak ada cairan apapun?

    apakah itu harus mandi wajib?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Khusus untuk orang yang tidur,.
    Orang yang bangun tidur, kemudian ada bagian yang basah di pakaiannya, tidak lepas dari tiga keadaan:

    1. Dia yakin bahwa itu adalah mani, baik dia ingat mimpi ataukah tidak. Dalam kondisi ini, dia diwajibkan untuk mandi, berdasarkan kesepakatan ulama. (Lihat Al-Mughni, 1:269)

    2. Dia yakin bahwa itu bukan mani, karena yang menempel hanya tetesan cairan atau cairan berbau pesing, misalnya. Dalam kondisi ini, dia tidak wajib mandi. Namun, dia wajib mencuci bagian yang basah karena cairan ini dihukumi sebagaimana air kencing.

    3. Dia ragu, apakah itu mani ataukah madzi. Dalam kondisi semacam ini, dia mengacu pada keadaan sebelum tidur atau ketika tidur. Jika dia ingat bahwa ketika tidur dia bermimpi, maka cairan itu dihukumi sebagai mani.

    Namun, jika dia tidak mengingatnya, dan sebelum tidur dia sempat membayangkan jima’ maka cairan itu dihukumi sebagai madzi karena cairan ini keluar ketika dia membayangkan jima’, sementara dia tidak merasakan keluarnya suatu cairan. (Asy-Syarhul Mumti’, 1:168)

  31. Assalamu’alaikum wr.wb
    gan boleh gk mandi wajib pakai air yang berbau soalnya adanya itu

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Kalau baunya itu sudah bukan bau air normal,. maka itu air yang tidak mensucikan,.

    baunya bau apa?

  32. Assalamualaikum
    Pak mohon maaf ini ke khilafan saya , saya pernah nonton video *** terus keluar air yang bening sedikit dan tidak nikmat itu air apa ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Bertaubatlah pada Allah, bukan minta maaf ke saya,.
    Itu adalah madzi,

  33. Assalamualaikum

    saya mau tanya tolong dijawab saya perlu jawaban secepatnya maaf sebelumnya

    ada cairan yang keluar tubuh saya gemetar cairan apa itu dan apa membatalkan puasa?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    itu adalah mani, dan jika mengeluarkannya dengan sengaja, maka itu membatalkan puasa

  34. Assalamualaikum
    Sya mau tnya pak,trkdang sya membayangkan ssuatu yg jorok..dn brusaha mnahannya tp keluar juga cairan bening sedikit encer d cd sya.. Apakh itu dkatakn madzi atau mani..?

    wa’alaikumussalam warahmatullah,

    jika keluarnya tanpa diiringi rasa nikmat dan kecapaian itu adalah madzi,

    sebaiknya perbanyak berdzikir kepada Allah,jangan mengingat yg jorok2,

    hindari hal2 yg membuat anda berfikir ke hal tsb, jauhi gambar dan film porno,
    dan kalau memang sdh saatnya, menikah saja,

  35. Assalamua’laikum.

    Saya mau tanya, ketika saya BAB pastilah saya ngejan untuk membuang kotorannya, nah pada saat saya ngejan itu, keluar air kencing sedikit sedikit terus di susul dengan cairan warna putih putih gitu.

    Apakah itu mani mohon jawabany yang jelas tanpa ada pilihan jawaban lainnya ustadz tanpa menimbulkan diri menjadi was was, karna saya sering mencari info di internet banyak dri jawabannya menimbulkan was was, seolah olah yang menjawab itu juga tidak tau jdi dia menjawab dengan tidak jelas dengan jawaban.

    tapi begini ,saya menghukumi itu wadi supaya tidak was was apakah itu mani atau wadi.

    Jangan lihat dari jawabanku ya untuk menjawab.

    Saya mendrita penyakit was was, bukan untuk riya saya iri dengan org yang bisa beribadah dengan tenang.

    Bagaimana menobati rasa was was.

    Tetimaksih atas jawabannya semoga dengan jawaban yang di berikan menjadikan diri ku ini menjdi org yang selalu istiqomah dan mas admin yang menjawab mendapatkan rahmat dri rasa kekliruan ini aamiin.(doa anak yatim juga)

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Kalau anda baca postingan di atas dengan teliti, maka sangat mudah mengetahui apa yg anda alami,bahkan sebenarnya sdh disebutkan, jika keluarnya ketika kenci g, maka itu adalah wadi, bkn madzi atau mani..

    Adapun untuk menghilangkan was-wasm saya sdh posting artikel ttg hal tersebut, silahkan baca disini

    Penyakit was-was ini mudah menjangkiti orang-orang yg tidak berilmum tdk mau mendalami ttg ajaran islam yang benar, bahkan banyak org-org yg belajar tasawuf/sufi yg trkena penyakit ini,

    Supaya anda berilmu,dan tdk bodoh ttg ajaran islam ini, saya bisa menunjukkan tempat taklim yg dekat tempat tinggal anda, silahkan sebutkan di kota mana anda tinggal, nanti saya beri link tempat taklimnya, insya Allah

      • mas admin orang wahabi atau khawarij. Atau memang sunni ? Jawab ya.. karna ada penbahasan blog tentang anda terimkasih

        wah, saya banyak memposting tentang adanya wahabi yang sesat, juga banyak memposting tentang sesatnya paham khawarij,silahkan lihat disini

  36. Asalamualaikum wr.wb
    Saya mau nanya nih pak
    Saya pernah berpikiran jorok tiba tiba celana saya basah apa yg membuatnya basah

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    itu adalah madzi, cairan yg keluar karena syahwat,

    hindari hal2 yg bisa membuat anda berpikiran jorok

  37. Assalamualailum
    pak saya mau nanya , saya kan agak aedikit syahwat dan saya menggesek gesekan alat vital saya pas ingin keluar saya tahan dan kemudian saya cwk ke cd saya sudah agak basah dan agak bau sedikit tapi saya tidak merasakan nikmat dan saya masih tetap syahwat , apakah itu mani atau bukan ?

    Tolong fastresponse

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    bisa jadi itu adalah madzi, tapi bisa juga mani, jika tercium bau mani

  38. Assalamualaikum
    Sbelumnya saya ingin bertanya.
    Saya prnh merasa syahwat, daripada saya berzina, jd saya menggesekkan jari ke alat vital saya.
    Setelah itu keluar cairan, tidak memancar, tidak juga putih tapi bening, berbau dan membuat saya lemas sejenak.
    Dosakah saya? Apakah itu madzi/mani?
    Dan haruskah saya bersuci dengan cara mandi?
    Makasih harap dibalas

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Itu adalah perbuatan dosa, masturbasi, dan yang keluar itu adalah mani, dan anda wajib mandi karenanya,.

  39. Assalamualaikum
    pak anda NU apa bukan ya.???

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Saya muslim,..
    Dan agama Islam sudah ada jauh sebelum pendiri NU lahir ke dunia ini,.

  40. Keluar madzi di bulan ramdhan pada hari jumat mau sholat jumat
    gimana hukum’y.???

    Hukumnya najis, bersihkan saja, dan itu membatalkan wudhu, jadi setelah dibersihkan yang terkena madzi, lalu wudhu kembali

  41. Assalamu’alaikum pak,
    kemaren setelah sahur saya bercumbu rayu dg suami. Trrnyata celana basah, saya merasa itu keluar tapi tidak memancar pak. Dan slama ini saya jga tdk prnah mrasakan sstu yg mmncar kluar dr kemaluan saya selain kencing.. apakah itu mani atau madzi pak?
    Bagaimana dg puasa saya pak? mohon penjelasannya.. trimakasih pak

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    mani wanita tidak mudah diketahuinya seperti mani laki-laki,
    Yang diketahui itu ketika keluarnya, yaitu mencapai klimaks, dan setelahnya merasa lelah, beda dengan madzi, kalau madzi itu cairan yang keluar saat terangsang syahwat,
    Keluar madzi tidak membatalkan puasa, keluar mani juga tidak ada dalil yang menyatakan itu membatalkan puasa, walaupun itu ada perbedaan pendapat di kalangan ulama, sudah saya posting disini

  42. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Saya mau bertanya begini :
    Saya sempat berpikir yang jorok-jorok setelah itu saya duduk, dan setelah itu ada rasa mau mencrot gitu di kemaluan saya setelah itu saya tahan dan akhirnya terlepas dan saya lihat basah tapi saya cium gak bau setelah itu saya pegang kok rasanya kayak lengket-lengket gitu ya kira-kira itu apa ya ustat madzi,mani,wahabi?….,

    mohon di jawabya

    wassalammualaikum.

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Sepertinya itu adalah mani

  43. assalammualaikum
    pak mau tannya saya pernah onani
    dan saya belum akil baliq jadi waktu saya onani
    ada keluar cairan putih dan lengket jadi saya mau nanya itu cairan apa ya pak?….,
    dan saya mau tannya apakah saya sudah terhitung akhil baliq atau belum?…
    mohon secepatnya di jawab ya pak / Tolong fastrespon.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    itu adalah air mani, jika itu dulu anda lakukan, dan sekarang sudah berlalu, maka taubati saja perbuatan tersebut,.
    Bagaimana cara taubat dari onani? silahkan baca disini

  44. Assalamualaikum
    saya mau tanya tentang hukum mendengarkan lagu barat. Yg mana ada terdapat kalimat yg tidak baik, seperti f**k, atau sesuatu yg berhubungan dengan dunia iblis, dll?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Jangankan lagu barat, mendengarkan lagu islami pun tetap HARAM hukumnya, sebab hukum lagu dan musik itu HARAM di dalam islam,.
    Jadi tidak ada lagu atau musik untuk dakwah, album religi, atau grup-grup musik yang sejenisnya,..

    Silahkan baca ulasannya disini

  45. Assalamualaikum
    kenapa sehabis mandi wajib mesti ada rasa bahwa mandi wajib’y tidak sah..

    Dan mandi wajib tidak usah berwudhu.. Langsung mandi apakah sah.??

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Itu tanda orang yang tidak berilmu, sehingga ketika melakukan ibadah itu perasaan yang dikedepankan,.
    Saran saya, pelajarilah agama islam ini, pelajari cara beribadah sesuai ajaran Rasulullah,.
    Jika anda mau belajar, silahkan sebutkan kota anda tinggal, insya Allah akan saya beritahukan tempat taklimnya,.. bebas, terbuka untuk umum kok

    Mandi biasa, jika itu diniatkan untuk mandi wajib, maka sah mandinya,.. dan jika setelah mandi selesai tidak keluar sesuatu dari dua lobang , maka mandi tersebut sudah mencukupi, sudah lebih dari wudhu, jadi tidak perlu wudhu lagi

  46. Assalammualaikum
    bagaimana cara membersihkan air wadi yang Jena me lantai

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    tinggal di pel saja lantai yg terkena, sampai tidak ada bekas wadi tsb

  47. Jika cairan itu keluar ketika syahwat,dan tidak terlalu membuat lemas,cairan berwarna agak bening,sedikit berlendir,encer,dan licin(maaf) di kemaluan.apakah cairan itu ?

    Jika keluarnya tidak disertai rasa nikmat yang memuncak, maka itu adalah madzi

  48. Assalamualaikum wr.wb
    maaf nih agak lancang
    temen saya kemarin habis ngocok lalu keluar cairan putih itu mani apa madzi….?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    itu mani, dia wajib bertaubat dari melakukan onani,

  49. Assalamualikum wr. Wb
    Saya mau tanya ni pak, saya tdi kn habis mimpi basah, terus maninya itu mengenai CD saya , dan mani nya sudah mengering, terus sudah saya kerik ni dan masih ada bekasnya lalu saya cuci hingga bersih. Nh pertanyaan saya Apakh CD nya itu sah jika kita pakai untuk sholat??? Mhn di jwb!!

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    SAH….!!!!!

  50. Assalamu’alaikum..
    Apakah setiap orang yg keluar mani juga akan keluarnya madzi?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Org yg keluar madzi blm tentu keluar mani, tapi org yg keluar mani biasanya keluar madzi dulu, karena madzi itu cairan yg keluar akibat adanya syahwat,

  51. Assalamualaikum…
    Saya mau tanya, setiap saya bepergian, celana dalam saya selalu basah.
    Saya ragu apakah itu kencing atau keputihan atau madzi.
    Apa yang harus saya lakukan dalam menangulangi hal tersebut?
    Mohon bantuannya. Terima kasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    anda yang lebih tahu, apakah itu keringat,
    keluarnya dari kemaluan atau bukan, warnanya seperti apa, rupanya seperti apa,
    kalau bukan karena terangsang syahwat, ketika sedang kencing, maka itu bukan madzi, tapi wadi
    Jika itu keputihan, maka sikapnya berbeda dengan wadi, karena keputihan itu tidak najis,

  52. Saya mau bertanya, setiap saya bepergian, celana dalam saya selalu basah. Padahal saya tidak lagi memikirkan yg jorok. Keluarnya itu tidak terasa. Saya ragu, itu basah karna apa ya?? Mohon dijawab. Terima kasih

    Kan anda yang tahu, itu basah keringat, atau basah cairan yang keluar dari kemaluan,. silahkan anda amati,

    Jika keluarnya dari kemaluan dalam kondisi tidak terangsang,ketika kencing maka itu wadi , hukumnya najis,

    tapi jika itu keputihan, menurut pendapat yang kuat, keputihan itu tidak najis

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*