Cara Bertaubat Dari Dosa-Dosa, Diantaranya DOSA MENCURI

Kalau Dulu Suka Nyolong Nebus Kesalahan Nya Gimana Ya Jika Kita Mencuri Lalu Kita Menggantinya Kita Pernah Mencuri, Tapi Tidak Di Ketahui Orang Nya. Kawan Ajak Mencuri Harta Ibu Tapi Ianya Wajib Kah Ganti Balik Laki Taubat Mencuri Pakaian Hak Milik Wanita

Bagaimanakah Cara Menebus Dosa?

 

Meminta Maaf Dapat Menghapus Dosa Curian? Mencuri Kemudian Dikembalikan Mencuri Bagaimana Cara Mengembalikannya Mencuri Barang Org Cara Taubatnya Mencuri Barang Teman Bisa Dimaafkan Apa Nggak

96 Comments

  1. ASalamualaikum pak
    saya mau nanya. Dulu saya pernah nyuri pianika di masjid. Ggk tau punya siapa. Tp punya anak sd di sebelah masjid kayaknya.

    Sekarang saya menyesal . Saya hrs. Gmana. Apa hrs nyari org nya. Tp. Kalo saya nanya org. Sekitar masjid saya takut.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Apakah pianika itu alat musik tiup? Jika benar, maka tidak perlu menggantinya,sebagaimana perkataan imam syafii silahkan lihat postingannya disini

    • Bagaumana cara menebus dosa jika kita mencuri uang saudara kita
      Bagaimana cara lain untuk mengganti uang tersebut selain mengembalikan uang ke pemilik nya?apa yang harus saya lakukan ?,saya telah menyesal telah mengambil uang kaka dan ibu saya

      Caranya tetap wajib mengembalikan uang yang dicuri tersebut, tidak ada cara lain,
      Jika mengembalikan secara terang-terangan itu malu, ya kembalikan secara diam-diam,.
      Atau meminta kaka dan ibu anda untuk merelakan uang tersebut utk anda,

    • Assalamualaikum pak
      Saya mau nanya kemarin saya menemukan hp di jalan pas pulang sekolah
      Mungkin jatuh dari tas
      Trus saya harus mengembalikan atau tidak?
      Sedangkan saya lagi tidak punya uang untuk biaya yang lain

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      Anda kembalikan ke pemiliknya, biasanya kan yang kehilangan akan menghubungi nmr hape tsb, atau anda bisa baca smsnya utk mengetahui si pemilik hape, lalu anda beritahu kalau anda yang menemukan hape tsb di jalan, jadi biar pemiliknya suruh ambil, atau anda paketkan ke alamat pemilik hape,

      Ga usah minta tebusan, tapi kalau pemiliknya memberikan imbalan, ya tdk mengapa di terima saja

    • Assalamu’alaikum

      saya ingin bercerita sedikit tentang diri saya.

      Baru pertama kali saya mencuri uang teman saya senilai 700ribu, pada saat itu saya langsung ketahuan saya sangat menyesal karena saya diperbudak nafsu.

      Apa yang harus saya lakukan dan apa yang harus saya jalani kedepannya ? Mohon nasehat dan sarannya

      Uang itu belum saya gunakan sepeserpun, saat itu saya ketauan telah mencuri uangnya.dan saya pun dijauhi oleh sahabat saya.

      Setelah itu saya mendapatkan hidayah dengan melakukan shalat,dzikir, shalat tahajud.apakah saya suci dimata Allah ?

      Apakah saya masih pantas berbaur dengan lingkungan ditempat saya tinggal. Mohon dijawab

      Wa’alaikumussalamwarahmatullah

      Yang harus anda lakukan adalah BERTAUBAT dari perbuatan tersebut,..
      Minta maaf, dan kembalikan uangvyang dicuri tersebut,..

      Jelaskan saja anda khilaf,ga usah takut dijauhi oleh orang2 terdekat, jika anda jujur mengakui kesalahan, insya Allah ketakutan yang mungkin anda rasakan akan hilang,

      Apalagi imbangi dgn perbagus akhlak anda, tebarkan salam, rajin beribadah,..

      Jadi yg sekarang anda lakukan adalah:
      1. Menyesal
      2. Meninggalkan perbuatan tersebut
      3. Bertwkad kuat untu tidak mengulangi hal tersebut
      4. Mengembalikan uang yg anda ambil,..

      Dengan melakukan ke empat hal tersebut, maka anda telah melakukan taubat nasuha, dan Allah maha pengampun ,akan Allah ampuni bagi org yg taubat secara nasuha

  2. Oiya 1 lg
    gmana dgn penipu yg korban nya udh bnyak sampai lupa , tp dia ingin taubat. Apa yg sebaaiknya di perbuat.

    terimakasih gandi,.
    Dia harus bertaubat,. 1. menyesali perbuatannya 2.Meninggalkan perbuatan tsb 3.bertekad kuat untuk tidak kembali melakukan perbuatan tersebut 4. Mengembalikan barang2 hasil tipuan tsb kepada orangnya,. dengan berusaha mencari orang yang ditipunya tersebut, jika sudah berusaha mencari tapi tidak ketemu, maka sedekahkan barang tersebut dengan niat atas nama orang2 yang ditipu,.

  3. ass wr wb, saya mau cerita tentang anaknya teman saya, ada anak dari kelas 3-6 dia selalu mencuri, dan orangtuanya tidak tahu tentang perbuatan anaknya, dia sdh pernah mencuri lebih dari 20x
    dan ketika dia kelas 7, dia mendapat hidayah ketika bulan puasa, dan diapun bertaubat,

    (1) apa yang harus dia lakukan?, apakah mengembalikan barangnya lagi?-

    (2) jika barangnya sudah dibalikan, dan dia ingin membalikan barang barang yg lain lagi, dan barangnya sudah rusak atau hilang apa yg harus ia lakukan?-dan

    (3) jika dia tidak mengembalikannya apakah dosanya ke orangtuanya?-

    (4) karena dia blm haid dan sudah bertaubat lebih dari 2 bulan, setiap harinya dia selalu memikirkannya, apakah dosanya sudah dihapus?
    terima kasih, wass wr wb

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Terimakasih lutfi, sudah komentar disini,.
    Taubat dari mencuri yang harus dilakukan adalah :
    1.Menyesali perbuatan tersebut, 2.Meninggalkan perbuatan tersebut, 3.Bertekad kuat untuk tidak kembali melakukan perbuatan tersebut, 4. Mengembalikan barang yang dicurinya kepada pemiliknya,.

    Adapun teknis mengembalikan barang yang dicuri kepada pemiliknya, jika dikhawatirkan malah timbul hal-hal yang tidak diinginkan yang itu malah bisa membuat runyam, maka cara mengembalikannya bisa secara diam-diam, bisa menggunakan jasa pos atau paket, bisa menaruhnya di depan rumahnya secara diam-diam, atau cara apapun, adapun jika bisa dilakukan secara terang-terangan, mengakui telah mencuri dan ingin mengembalikan barang curian tersebut, ini tentu lebih baik, bahkan bisa jadi orang yang dicuri tersebut memaafkannya,.

    Yang dilakukan anak tersebut adalah,. menyesali perbuatannya, dan menyampaikan kepada orangtuanya, bahwa dia dulu melakukan perbuatan tsb, dan sekarang ingin bertaubat, ingin mengembalikan barang-barang yang dicurinya, karena berat resikonya di akherat,

    Karena dia mencuri saat belum balig, maka kewajiban orangtuanya untuk mengembalikan barang-barang yang dicuri tersebut,.

    Tentu menyampaikan ke orangtua juga dengan cara yang baik, melihat situasi yang tepat,agar orangtua juga tidak salah paham, bahkan akan merasa bangga dengan sikap anaknya tersebut yang mau jujur, mengakui perbuatannya dan ingin bertaubat,.

    Mudah-mudahan jawaban ini bisa dipahami,.

    Dengan taubat nasuha, taubat yang sebenar-benarnya, maka akan diampuni dosanya,. dan taubat dari mencuri syarat taubatnya ada 4 yg disebutkan diatas, saya sudah posting disini

  4. Assalamu alaikum

    pa saya mau tanya.dulu waktu saya smp,saya pernah malakin duit tmen2 dan saya ingin berusaha minta mf.tp kalau saya lupa siapa saja org yg pernh saya palakin.trz gmana tw pa.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Anda harus bertaubat dari hal tsb, diantaranya : 1. Anda menyesali perbuatan tsb 2. Anda meninggalkan perbuatan tsb 3. Bertekad kuat untuk tidak kembali melakukan hal tsb 4. Mengembalikan apa yang anda ambil tersebut ,

    Masalahnya : Jika anda sudah lupa siapa2 yg anda ambil, maka anda bisa bersedekah atas nama orang yang anda ambil tsb,. seingat anda,.

    Namun jika anda bertemu dgn org tsb, maka anda wajib mengembalikannya,.
    MINTA MAAF SAJA tidak cukup, sampai orang yang dipalak itu menghalalkan apa yang dulu anda rampas,.
    jadi bukan hanya minta maaf, tapi kembalikan juga apa yang dulu pernah anda ambil,
    Jadi,. anda harus berusaha semampu anda utk mengembalikan apa yang dulu pernah anda ambil,. sebab walaupun seratus rupiah, di akherat pasti akan ditagih,.

  5. TERUS MENERUSLAH BERUSAHA PASTI ALLOH AKAN MENOLONGMU

    Tanya:
    Assalamualaikum.. .
    Kenapakah hari seterusnya selepas saya berusaha untuk bertaubat, nafsu yang menyebabkan dosa itu kembali lagi?. Bagaimanakah caranya untuk meninggalkan nafsu-nafsu yang tersirat dalam hati?.
    Setiap kali saya melakukan sesuatu dosa saya ingat bahawa itu perbuatan yang salah, tetapi kenapakah saya masih meneruskannya juga?.
    Adakah syaitan yang menguasai diri saya atau diri saya sendiri?

    Jawab:

    وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

    Diantara cara-cara untuk meninggalkan nafsu-nafsu yang tersirat di dalam dada adalah:

    Pertama:
    Kembali kepada Yang Maha Membolak-balikan hati yaitu Alloh Ta’ala, berdoa kepada-Nya, merendahkan diri kepada-Nya dan memperbanyak dzikir kepada-Nya, karena tidak ada jalan untuk membendung munculnya nafsu-nafsu melainkan hanya dengan memohon kasih sayang dari Yang Maha Membolak balikan hati, dengan pertolongan dan kasih sayang-Nya seseorang dapat menahan nafsu-nafsunya:

    إن النفس لأمارة بالسوء، إلا ما رحم ربي، إنّ ربي غفور رحيم

    “Sesungguhnya nafsu (jiwa) itu selalu memerintahkan kepada kejelekan, kecuali yang dirohmati Robbku, sesungguhnya Robbku adalah Al-Ghofur (Maha Pengampun) lagi Ar-Rohim (Maha Penyayang)”.

    Kedua:
    Terus melakukan pendekatan kepada Alloh dengan melakukan segala macam ketaatan kepada-Nya, dengan terus bersungguh-sungguh, Alloh Ta’ala berkata:

    والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا، وإن الله لمع المحسنين

    “Dan orang-orang yang mereka berjihad di (jalan) Kami maka sungguh Kami akan benar-benar menunjuki mereka ke jalan Kami, dan sesungguhnya Alloh bersama orang-orang yang berbuat kebaikan”.

    Ibnul Qoyyim Rohimahulloh menganggap bahwa melawan hawa nafsu termasuk jihad di jalan Alloh.

    Ketiga:
    Berlindung kepada Alloh Ta’ala dari godaan syaithon yang terla’nat, karena syaithon adalah sumber dari sumber kejelekan dan asal dari asal kejahatan, oleh karena itu kita diperintah untuk berlindung darinya dan dari bisikan-bisikannya, sebagaimana yang termaktub di dalam surat An-Nas.

    Jazakumullahu khairan atas tambahan komentar yang bermanfaat ini,.

    • saya pernah mencuri uang anggota keluarga saya, apa yang harus saya lakukan?

      saya sangat menyesal, apakah boleh mengembalikannya secara diam diam? dan tidak memberitahu bahwa saya pernah mencuri uang , tolong saya terimakasih

      Boleh mengembalikannya secara diam-diam

  6. asalamualaikum wr wb
    saya mau tanya pak ustadz pertanyaan ,
    1. saya nemu uang lalu uang itu saya ambil trus pemilik itu nyariin trus saya ga ngaku sampe sekarang tapi itu udh lewat 1 thn lebih apakah saya boleh balikin uang itu yg udh 1 thn lewat secara diam diam tanpa minta maaf ,

    2. dan saya suka mencuri uang kakak saya secara diam diam apakah saya boleh mengembalikan uang kakak saya yg saya curi secara diam diam tanpa minta maaf itu kejadian udh 1 thn lebih apakah saya boleh mengganti yg sudah 1thn lbih

    tolong di jawab

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Anda wajib mengembalikannya, jika secara terang-terangan bisa menimbulkan dampak negatif, tidak mengapa mengembalikan secara diam-diam,.
    Kalau tidak dikembalikan, kelak di akherat anda akan ditagih,. dan mengembalikannya tentu sangat susah, sehingga kebaikan anda yang akan diambil, dan jika tidak punya kebaikan, maka keburukan mereka yang akan ditimpakan ke anda,.

  7. Mas admin bagaimana nk pulang barang yg kita curi sedang kn kita x tahu sape pemilik nye ???

    Terimakasih mas arep,.
    Jika seperti itu, maka sedekahkan barang tersebut diniatkan utk orang yang di curi,.
    Tapi jika suatu saat bisa ketemu orang yang dicuri tsb, maka wajib dipulangkan ke orang tsb walaupun sudah disedekahkan barang yang dicurinya,

  8. Assallamuallaikum wr.wb

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    Senang sekali saya membaca postingan2 dari web saudara, yang banyak memberikan ilmu pengetahuan kpd pembaca sekalian
    Semoga ALLAH selalu mencurahkan rahmat & hidayah kepada kita semua.Amin

    Aamiin,.

    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Bagaimana tata cara sebenar-benarnya taubatan nasuha yang disunnahkan / diajarkan oleh Rasulullah SAW?

    cara taubat nasuha : 1. Menyesali perbuatan dosa yg dilakukan 2. Meninggalkan perbuatan dosa tsb 3. bertekad kuat dan berusaha utk tidak kembali melakukan perbuatan dosa tersebut ,. jika dosa mencuri, ditambah 4. mengembalikan barang yang dicurinya

    2. Apakah sholat sunnat taubat itu dianjurkan untuk dilaksanakan?

    silahkan baca disini

    3. Amalan2 apakah yang sesuai dgn sunnah untuk menyempurnakan taubat seseorang dari kesalahan2 yang disengaja/ tdk disengaja & diketahui/ tdk diketahui?

    Dengan taubat nasuha, maka akan Allah ampuni dosa-dosanya,.
    Dan amalan yang sesuai sunnah nabi itu akan menghapus keburukan2 yg kita lakukan,. akan mendatangkan ampunan Allah, juga akan diridhai Allah

    Terima Kasih
    Wassallamuallaikum wr.wb

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

  9. Apakah dosa mencuri tapi tidak bisa mengembalikannya. Pasti masuk neraka

    Salah satu bentuk taubat dari mencuri adalah wajib mengembalikan barang yang dicurinya,.
    Jika pencuri tidak mengembalikan barang yang dicurinya, kelak diakherat akan disuruh mengembalikan hak orang yang dicuri tersebut,.
    Pasti tidak mungkin, sehingga pahala kebaikan si pencuri akan diambil oleh orang yang dicurinya, jika si pencuri tdk punya kebaikan, maka dosa-dosa orang yang dicuri itu akan diberikan kepada si pencuri,.

  10. Assalammualaikum ,
    nak tanye , bagaimana benda yg dicuri sejumlah wang yg banyak tapi belom cukup wang untuk memulangkan kepada mereka .

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Berusahalah untuk mengembalikan barang yang dicuri tersebut semampunya, mintalah kepada Allah agar diberi kemudahan untuk mengembalikan itu semua,..

    Ingat,.. jika tidak dikembalikan, maka kelak di akherat akan diminta untuk mengembalikannya,. tentu itu mustahil,.

  11. Assallamu’alaikum wr wb
    permisi saya mau nanya jika barang yang telah di curi hilang gimana?

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wbarakatuh,.
    wajib mengganti dengan cara si pencuri itu membeli barang yang serupa dengan barang yang hilang, lalu kembalikan kepada orang yang dicurinya

  12. Assallamu’alaikum wr wb
    permisi saya mau nanya jika sandal saya di curi kemudian saya mencuri sandal orang lain apakah orang itu akan menanggung dosa saya. Trima kasih

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    si pencuri berdosa, dan anda juga berdosa, jadi anda statusnya jadi pencuri, wajib memulangkan sandal yang anda curi,.

  13. assalam, pa mau nanyain. 1) jika sekiranya orang yang mencuri itu minta maaf kepada si pemilik nya, ada kah dosa nya terhapus?

    2) jika si pencuri membayar melalui sedekah secara pelan-pelan apa hukum nya?

    Terimakasih anna,.
    cara taubat dari mencuri ada 4 syarat:
    1. Menyesali perbuatan tersebut
    2. Meninggalkan perbuatan tersebut
    3. Bertekad kuat utk tidak kembali kepada perbuatan itu lagi,
    4. Mengembalikan barang-barang yang dicurinya,.

    Jika anda sudah meminta maaf, dan minta dihalalkan kepada orang yang anda curi, maka tidak ada kewajiban lagi bagi anda utk mengembalikan, karena orang tersebut sudah merelakan barangnya,. tapi jika orang tersebut tidak merelakannya, maka anda wajib mengembalikan,.

    Mengembalikan barang yang dicuri itu kewajiban, tidak bisa digantikan dengan sedekah atas nama orang yang dicurinya,.berbeda jika orang yang dicurinya itu pindah alamat, sehingga kesulitan mau mengembalikan kemana, maka boleh disedekahkan, dan jika suatu saat ketemu alamatnya, maka tetap wajib mengembalikan,.

  14. Dlu saya se org pencuri dan skrang saya ingin bertaubat yg saya ingin tanyakan bagai mana jika org yg saya curi skarang tidak di ketahui ke berada’an nya apakah tobat saya bsa di terima

    Terimakasih Rafi, taubat dari perbuatan mencuri sudah dipaparkan di postingan atas, Jika tidak diketahui alamat orang yang dicuri, maka berusahalah mencari informasinya, jika sudah berusaha tapi tidak ketemu juga, maka infakkanlah atas nama orang yang dicuri barang yang dicurinya tsb, atau nominal barang yang dicuri tsb,

    Akan tetapi jika suatu saat ketemu alamatnya, maka tetap wajib mengembalikan, walaupun sudah diinfakkan atas nama dia,

  15. Aslm pak sya pernah mencuri dan itu jumlah nya lumyan bnyk dan sya lupa jumlah yg sya curi sya ingn mengembalikan tapi sya lum mampu untk membayr semu dan jika orng yg sya sudah dzolimi sudah tiada sya harus mebayar ke siapa

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Alhamdulillah Allah berikan hidayah kepada anda agar bertaubat dari mencuri,.
    Anda wajib berusaha untuk mengembalikannya, sebab jika tidak, maka kelak di akherat anda akan ditagih oleh orang yang anda curi,
    Jika orang yang dicuri sdh meninggal, maka anda bisa mengembalikan kepada ahli warisnya,

  16. Pa saya pernah mencuri makanan terus saya ingin meminta maaf kepada orang tsb tetapi saya sekarang pindah alamat
    Terus bagaimana cara nya saya untuk menggatikan nya?

    Kembalikan makanan yang dicuri, ganti dengan makanan serupa, atau seharga makanan tersebut,.
    Jika bilang ke orangnya takut terjadi hal-hal negatif, maka bisa dikembalikan secara diam-diam, atau dipaketkan,.

  17. assalamu’alaiku wr.wb
    saya mau tanya ,,,
    saya pernah mencuri kotak amal di masjid tp saya menyesa,,apakah saya harus menggantinya

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Ya, anda wajib bertaubat, dan mengembalikan uang yang anda curi dari kotak amal tersebut,.
    Anda bisa mendatangi dkm masjid tersebut, utarakan maksudnya, mau mengembalikan uang,. insya Allah dkm akan merespon dengan baik niat anda,.
    Anda bisa saja cerita basa-basi dulu, nanya kondisi masjid, apakah sering kecurian tidak, lalu jika pernah kecurian, apakah ada pencuri yang ngaku atau mengembalikan,..

    lalu anda bisa saja bertanya, bagaimana jika ada pencuri yang ingin mengembalikan uang kotak amal tersebut, kira-kira diterima tidak,

    Bisa juga anda mendatangi dkm masjid, lalu anda bersedekah kepada masjid melalui dia, sekaligus anda mengutarakan maksud anda juga, ingin mengembalikan uang yang dulu dicuri,.

    Jika kira2 anda takut nanti malah membahayakan anda, misalkan anda dilaporkan ke polisi, maka boleh mengembalikannya secara diam-diam,. banyak caranya, bisa dipaketin,

  18. Kami mau tanyak kami perna mencuri sekarang saya bertaubat.
    Kami perna mencuri uang .
    pya publik tak tau nama persatunya.gmna carahnya agar taubat saya d terima alloh dan dosa2 d hapus oleh alloh.

    Syarat taubat dari mencuri :
    1. Menyesali perbuatan tsb 2. meninggalkan perbuatan tersebut , 3. bertekad kuat utk tidak kembali kepada perbuatan itu lagi,.

    DITAMBAH SATU SYARAT LAGI, yaitu mengembalikan barang yang dicurinya,.
    Jika tahu siapa-siapa saja yang dicuri, maka kembalikan pada orang tersebut, baik secara terang-terangan, atau sembunyi-sembunyi ( jika secara terang-terangan bisa membahayakan atau ada dampak negatif)

    Jika kita tidak tahu alamatnya, maka sedekahkan atas nama orang yang dicuri, senilai harta yang dicurinya,.
    dan jika suatu saat diketahui alamat jelasnya, maka tetap wajib mengembalikan..

    Jika keempat syarat tersebut sudah dipenuhi, insya Allah diampuni dosanya,.

  19. Assalamualaikum Pak

    Saya mau tanya kalau orang mencuri karena disuruh ibunya itu gimana pak ,apakah masih bisa diampuni dosanya?

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Semua perbuatan dosa, jika pelakunya bertaubat dengan taubat nasuha, maka akan diampuni,.
    Jadi si pencuri dan ibu yang menyuruhnya wajib bertaubat dengan taubat nasuha,.caranya sudah ada di postingan atas, silahkan dibaca ulang,,.

    • Namun jika orang yang saya curi/tipu tidak ditemukan keberadannya bagai itu?

      Bersedekah atas nama orang yang dicuri tersebut, senilai jumlah yg dicuri, dan jika suatu saat ketemu alamatnya, maka tetap wajib mengembalikan,

  20. mas admin, saya beberapa kali mengalami saat di masjid, alas kaki (sandal/sepatu) saya diambil orang, setelah sudah tidak ada siapa-siapa, terlihat sebuah alas kaki yang sangat jelek (dugaan saya milik orang yang mengambil alas kaki saya), nah kalau alas kaki jelek itu saya pakai pulang, saya tergolong pencuri bukan?

    Apakah lebih baik jika dalam kondisi tersebut saya pulang tanpa alas kaki?

    Lebih baik tidak mengambil sandal jelek tersebut, dan setelah kejadian sering seperti itu, ya diambil pelajaran agar tidak terulang, anda bisa memakai sendal biasa saja yang ngga menarik minat si pencuri, atau sandal anda amanin, bisa bawa kresek atau tas utk memasukan sendal,

  21. Assalamu’alaikum

    saya mau bertanya jikalau kita mencuri sedikit demi sedik sampai akhirnya kita menyadari hal tersebut dan ingin mengembalikan lalu bertaubat tetapi kita tidak tahu berapa banyak yg tlah kita ambil dari si pemilik, bagaimana cara saya untuk mengembalikannya dalam jumlah itu?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Kembalikan seingat yang anda ambil, dan kalau memang memungkinkan, anda kembalikan dan sambil meminta maaf kepada orang yang anda curi,. mudah2an saja di memaafkan dan menghalalkan apa yang anda curi, atau menghalalkan kekurangan yang belum anda kembalikan,.

  22. Ass wr wb
    Apakah orang yg mencuri diterima tobatnya tapi dia belum meminta maaf kepada orang yg di dzolimi , apakah tobat saya di terima oleh allah swt ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Taubat dari mencuri itu ada 4 :
    1. menyesal 2. meninggalkan perbuatan tsb 3. bertekad kuat utk tidak kembali terjatuh dalam perbuatan tsb, 4. mengembalikan barang yang dicurinya,.
    keempat syarat tsb wajib dilakukan, itu baru disebut bertaubat, dan tidak meminta maaf, tdk mengapa, apalagi jika itu bisa membahayakan,

  23. Assalamualaikum.,
    sya mau tanya pak, saya pernah mencuri pakaian dari toko pakaian dan saya ingin bertaubat, haram kah pakaian tersebut sya pakai sesudah bertaubat?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Salah satu syarat taubat dari mencuri adalah mengembalikan barang yang dicurinya,. jika tidak dikembalikan, maka itu namanaya belum bertaubat,.
    Jika anda takut mengembalikan secara terang-terangan, maka boleh kembalikan secara diam-diam, bisa dipaketin,. jika pakaiannya sudah tidak baru lagi, maka gantiin sesuai harga pakaian tersebut, dan bayarkan uangnya ke toko pakaian tersebut,.
    Kalau tidak, kelak di akherat akan ditagih,. dan ini tentu sangat sulit bagi anda mengembalikannya,

  24. saya mau tanya. saya dulu pernah berjualan online dan banyak menipu orang serta saya juga sering dulu tidak memberikan barang dagangan sesuai porsi.

    saya ingin mengembalikan hak mereka tapi tidak tau berapa jumlah orangnya dan berapa jumlah uangnya. termasuk juga nama mereka masing” apalagi alamatnya.

    tolong kaaih pencerahan

    Jika tidak tahu alamatnya, atau berapa nilainya, anda kira2 semampunya, dan infakkan atas nama mereka,.
    Sebelumnya anda cari dulu, coba buka file2 anda, barangkali ada alamatnya,.kalau ketemu, ya kirim lagi ke alamat tsb

  25. Assalammualakum
    Saya mau bertanya saya pernah menipu tukang pulsa

    Lalu bagaimana agar saya diampuni dari dosa tersebut
    Mohon penjelasannya

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Anda kembalikan atau bayar pulsa hasil tipuannya, daripada nanti ditagih di akherat

    • Bagaimana cara orang mengembalikan barangnya diakhirat

      Jika pencuri tidak mengembalikan barang curiannya, maka kelak di akherat akan ditagih, disuruh mengembalikan, dan ini tentu hal yang sangat sulit,.

      Jika tidak bisa mengembalikan, maka kebaikan si pencuri akan diberikan kepada orang yang dicurinya,.
      Jika si pencuri tidak punya kebaikan maka keburukan-keburukan orang yang dicuri akan dipindahkan ke si pencuri,.

      tentu ngeri bukan?

  26. mas admin, kalo mencuri nya rame rame ada 5 orang kmudian barangnya d jual dapat 10 jta lalu 1 orang dapat 2 jta . .n satu orang diantara pencuri tsd tobat , lantas bgaimana ?
    apakah hrus blikin uang 2 jt tw uang 10jta tau barang tsb . . n kjadiany sdah sangat lama n orng yg btobat tsb g pny duit ? mhon nasehatnya !

    Wajib mengembalikan barang tersebut, jika sudah terjual, maka diganti yang serupa, atau senilai harga barang tersebut, bukan senilai harga jual barang curian yang senilai 10 juta, jika harga barang yang dicuri sebenarnya lebih mahal dari 10 juta, maka wajib dikembalikan sesuai harga normalnya,

    • n bgaimana yg hrus sya lakukan skarang ustad? untk saat ni sya g pnya uang sbesar itu ? n kalo di total hargany sktar 25jt.sya btuh bthun2 untuk mendapatkanya ..mhon nasehatny.

      coba anda hubungi teman2 anda yg dulu ikut mencuri,. sadarkan mereka,.
      Daripada kelak di akherat ditagih, mending sekarang berusaha,. berdoa pada Allah, dengan niat taubat anda saja, itu sudah kebaikan,.

      Kalau tidak mau menanggung beban berat kelak di akherat, maka jangan pernah melakukan kedzaliman pada org lain dengan cara mencuri,.

      coba mungkin print kan saja artikel ini, kasih ke mereka, mudah2an saja mereka mau bertaubat,.

      Atau jika anda punya keberanian, dan tentu siap menanggung resiko, berani tidak anda datang ke orang yang dicuri, dan minta di halalkan, meminta maaf,
      Jika orang itu memaafkan,dan menghalalkan barang yang dicurinya, maka selesai perkara

      tapi jika dia tetap meminta ganti, ya anda wajib mengganti,

      Ini juga mungkin beresiko anda dilaporkan ke polisi, dan teman2 anda menjadi buronan,.

      Silahkan dipikirkan mas,.

      Jika kira2 anda tidak siap diperkarakan, ya coba hubungi teman2 anda yang mencuri, ajak utk bertaubat, dan mengganti barang yang dicurinya,.

  27. Assalamualaikum pak,
    sya mau Tanya, dosa kah bila orng yg mncuri, mngembalikan brang curiannya tetapi orng yg di curianya merelakan barang iTu di pakai oleh si pncuri, terima kasih pak,
    Wasalammualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Kalau betul si pencurinya sudah mengakui , dan ingin mengembalikan barang yang dicurinya, tapi orang yang dicuri itu tidak mau menerima dan merelakan, maka tidak mengapa, tidak berdosa, berarti orang yang dicuri sudah menghalalkan bagi si pencuri tersebut,

  28. Pak, gimana cara menebus dosa kita saat mencuri walapun tidak bisa mengembalikan uang yg kita curi ..dengan cara apa kita harus menebus dosa kita…

    Cara bertaubat dari mencuri, ya salah satunya wajib mengembalikan barang yang dicurinya,. jika tidak, nanti di akherat akan disuruh mengembalikan, tentu ini sangat berat,.

    Jika tidak mampu, anda bisa mengakui kepada orang yang dicuri, bahwa anda ingin mengembalikan barang yang anda curi, tapi anda belum mampu,. anda bisa meminta untuk dihalalkan, atau mungkin meminta keringanan,. dan ini mungkin beresiko,. jadi, berusahalah dahulu,. berbuat baiklah pada orang yang anda curi, dan jika sudah dekat, bisa saja anda mengemukakan hal tersebut,.

    mungkin tidak langsung, tapi anda bercerita,.
    anda bisa cerita tentang kisah seseorang yang mencuri, lalu si pencuri ini merasa takut dengan ancaman Allah akibat mencuri, lalu si pencuri itu ingin mengembalikan barang yang dicurinya, sudah berusaha tapi tidak mampu,.
    Anda bisa bertanya pada orang yg anda curi, jika dia di posisi orang yang dicuri, apakah dia mau memaafkan si pencuri? atau tetap tidak mau memaafkan, dan akan menuntut kelak di akherat,.?
    anda lihat bagaimana jawabannya,..
    Jika dia berkata , saya akan memaafkan dan menghalalkan barang saya yg dicuri utknya,.

    Jika jawabannya seperti itu, anda tambahkan, bagaimana jika saya yang berada di posisi si pencuri, dan anda yang dicuri, apakah akan memaafkan juga?
    Jika dijawab,.. iya,.. maka,, mungkin ini kesempatan baik buat anda utk mengaku saja,.

  29. bagaimna klu ada orang mencuri dan jga brbohong….
    bgimna caranya agar kta bertaubat.

    Taubat dari mencuri, sudah dijelaskan di artikel, taubat dari berbohong, 1. menyesal, 2.meninggalkan perbuatan berbohong tsb, 3. bertekad kuat utk tidak kembali melakukan parbuatan tersebut lagi,.

  30. assalamualaikum,
    bismillah pa saya pernah mencuri sejumlah uang di warung yg pernah saya jaga dan uang itu saya belikan makanan dan barang,

    dan seingat saya makanan itu pernah di makan bersama keluarga tanpa mereka tau itu uang haram dan barang nya masih ada sampe sekarang,

    apa yg harus saya lakukan sedangkan saya tidak mempunyai uang karna masih bersekolah, dan sempat sya berpikir menggantinya dgn uang jajan dgn cara membayar impak setiap hari atas nama org yg telah saya curi lalu menurut bapa itu bagimana?

    dan apa yg harus saya lalukan dgn barang barang dari uang curian ini
    tolong jawab pa, terimakasih:)

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Anda wajib bertaubat dari perbuatan mencuri tersebut, dan mengembalikan uang yang dicuri tersebut kepada warung tersebut,.
    Yang berdosa adalah yang melakukan pencurian, kalau orang yang makan makanan dari uang mencuri, itu tidak berdosa,.

    Jadi, anda wajib mengembalikan uang tersebut, baik secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi, jika tidak bisa langsung cash, bisa nyicil dengan uang jajan anda,. dan tidak boleh dilakukan dgn cara berinfak atas nama dia, karena alamat orang yang dicuri itu anda tahu,.. berbeda kalau anda tidak tahu alamatnya, sehingga bingung mau mengembalikannya,.

    Kalau anda mau berterus terang kepada pemilik warung, dan minta dihalalkan, maka itu bisa juga anda lakukan,. walaupun ini beresiko,.

  31. Wah,bgus tapi apakah allah akan memaafkan kita.jika kita tdk mengembalikan barang yg tlah dicuri.
    Mohon kritik dan sarannya

    Jika pencuri tidak mengembalikan barang curiannya, maka kelak di akherat akan ditagih, disuruh mengembalikan, dan ini tentu hal yang sangat sulit,.

    Jika tidak bisa mengembalikan, maka kebaikan si pencuri akan diberikan kepada orang yang dicurinya,.
    Jika si pencuri tidak punya kebaikan maka keburukan-keburukan orang yang dicuri akan dipindahkan ke si pencuri,.

    tentu ngeri bukan?

  32. Jika kita mencuri barang dikedai apakah wajib kit kembalikan barangan itu atau mengantikan dengan uang ringgit

    Bisa dikembalikan dengan barang lagi, atau dengan uang senilai barang tersebut,

  33. Assalammualaikum, pa saya mau tanya
    Dulu waktu saya smp saya jd bendahara, dan pernh memakai uang bendahara tersebut, tapi tdk d ganti karena ta ada uang….
    Pertanyaannnya, bagaimana saya menebus dosa2 saya pa…?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Anda harus mengembalikan uang yang anda pakai tersebut

  34. Assalamualaikum..
    Pa saya ingin tanya dulu Saya sering sekali menipu org dan saya merasa menyesal atas perbuatan saya ini
    Dan saya sudah minta maaf kepada orang yg sudah ambil hak nya
    Saya ingin sekali mengembalikan hak mereka tapi sya tidak tau nama mereka atau alamat mereka sya harus bagaimana cara mengatasinya terimakasih assalamualaikum.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Anda berusaha sekuat tenaga untuk mencari tahu alamat orang2 yang anda ambil haknya tersebut,
    Jika anda sudah berupaya tapi tidak menemukannya, maka sedekahkan senilai yang anda ambil, niatkan sebagai sedekah atas nama orang yang anda ambil haknya tersebut,.

    Dan jika suatu saat anda bertemu, maka anda wajib mengembalikan hak orang tersebut, walaupun anda sudah bersedekah atas namanya

  35. Assalamualaikum.

    pa ad yang ingin tanyakan seandainya kita ambil hak orang lain tapi kita tidak pernah bertemu dgn org tersebut pak dan kita ingin bersedekah atas namanya.tapi klo kita lupa nama orang tersebut bagaimana pak?terima kasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    tidak kenal namanya ngga masalah, yang penting diniatkan utk orang tsb, walaupun ga kenal namanya, anda kan yang paham berapa yang anda ambil,.

  36. Assalammualaikum..
    kalau org tersebut mncuri pakaian dari tokoh yg besar..
    dan tidak tahu siapa pemiliknya…
    bagaimana cara menggantinya ya pak?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    apa maksud mencuri pakaian dari tokoh yang besar?
    lalu tidak tahu pemiliknya? tokoh yang besar itu siapa, tolong dijelaskan agar jelas

  37. Saya mau nanya… kalau hanya sekedar solat dan mengaji sambil bertaubat tetapi beberap waktu kemudian dia mengulanginya lagi dan merasa bersalah dan mengulanginnya lagi.. dan apakah jikalau bertaubat masih bisa dimaafkan ?

    terimakasih mas rahmat,
    Jika sudah bertaubat, dengan taubat nasuha, taubat yang sebenar-benar taubat, lalu terjerumus lagi,. maka segera lakukan taubat lagi,.
    dan tingkatkan kualitas taubat anda,.. jika terjerumus lagi, maka taubat lagi…

    Allah maha menerima taubat dari hambanya yang mau bertaubat

    Allah maha tahu, apakah betul-betul si hamba itu bertaubat, atau cuma taubat sambel, hilang pedesnya, lalu makan sambel lagi,..
    Dan seorang muslim, tidak akan terus menerus terperosok dalam lubang yang sama,.

  38. Assalammualaikum..
    macam mana kalau kita perna mncuri tapi kita tidak tau berapa nilai kita perna curi..l
    alu kita nak mengembalikan secara sembunyi sembunyi?
    boleh jelaskan

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Anda kira2 kira saja , dan untuk hati-hati, lebihkan saja, daripada mengira2 ternyata kurang,.
    Cara mengembalika secara sembunyi2 bisa dengan cara dipaketkan ke alamat orangnya, bisa ditulis pesan pakai surat di dalamnya, tanpa menyebutkan nama anda,

  39. asalkm.wr.wb
    Pak saya mau tanya 20th yg lalu saya saat usia 5 sd pernah melakukn tndkn tdk terpuji yaitu mencuri burung dara bersama teman2 tetapi saya ingin menebus tindkn tsb tetapi sya tidak tau dmn org tsb tinggal dan belum lama saya di mintai tolong orang/teman yg kebetulan istrinya terkena guna2/pelet ke sesepuh/ paranormal apakah saya berdosa
    Apa yg hrus sya lakukan utk menebus dosa sya tsb.
    Apakah cukup dg tobat nasuha .trimaksh

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Ya, anda harus melakukan taubat nasuha,.
    Cara taubat nasuha, ya penuhi syarat2 taubat tersebut, jika dosa mencuri, maka seperti sudah di ulas di artikel yang ada di atas, jadi selain menyesal, meninggalkan perbuatan tsb, bertekad kuat utk tidak kembali melakukan hal tsb lagi, ditambah, kembalikan hak orang lain yang sudah diambil tersebut,. atau meminta kerelaannya,
    Jika tidak diketahui alamatnya, bersedekahlah dengan barang seperti yg dicurinya, atau senilai barang tsb, niatkan atas orang yang dicuri tsb,.

    Yang kedua, mendatangi dukun atau paranormal itu adlah dosa besar,
    Mengobati pelet atau guna-guna tidak boleh melalui dukun, pelakunya wajib bertaubat, mendatangi dukun saja untuk bertanya itu shalatnya tidak diterima selama 40 hari, jika mengikuti perintah dukun ini lebih besar lagi dosanya, oleh karena itu anda wajib bertaubat dari hal tersebut

  40. pa, dulu waktu SMA saya pernah mencuri uang dari saudara saya senilai 600rb, sekarang saya menyesal, ingin saya kembalikan.
    tapi, kalo saya harus jujur sama saudara saya saya malu, dan saya khawatir hubungan saya dan saudara saya jadi tidak harmonis.
    terlebih saya khawatir kalo orang tua saya tau dan mereka akan kecewa.

    bolehkah saya mengembalikan uang itu secara diam2??
    terima kasih

    Boleh mengenbalikan secara diam2 jika kalau terus terang malah bisa timbul hal2 yg negatif

  41. Assalamualaikum wr. Wb
    saya ingin bertanya tentang seorang pelacur ..Pelacur itu ingin taubat tp apa yg harus di perbuatnya untuk menebus dosa dosanya? dia telah berzina mungkin jutaan kali.. Apa yang harus di perbuat oleh pelacur itu?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Melacur adalah perbuatan dosa,..
    Dan itu adalah dosa besar,.
    Ada dosa yang lebih besar dari melacur, yaitu dosa berbuat syirik,..
    Itu saja Allah akan mengampuni jika pelakunya mau bertaubat dengan sebenar-benar taubat / taubat nasuha,.

    Syarat taubat nasuha ada 3 :
    1. Menyesal
    2. Meninggalkan perbuatan dosa tersebut
    3. Bertekad kuat untuk tidak kembali mengulangi perbuatan itu lagi,.

    Jadi bagi pelacur yang ingin bertaubat, lakukan tiga hal diatas,.

  42. Assalamualaikum wr wbSaya sering mengambil uang nenek saya scr diam2… saya ingin mengembalikan tapi saya belum mempunyai uang… dan saya lupa berapa jumlahnya…Saya berniat untuk mengganti tapi setelah saya punya uang…Tapi saya harus mengganti berapa ?Terimakasih…Waasalamualaikum wr wb

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Menggantinya seingat anda, atau mba bisa saja bilang ke nenek, mungkin pakai trik, supaya nenek jg ga marah, dan menghalalkan uangnya utk kamu,..

    Kamu ambil hati nenek kamu, kasih hadiah, atau sesuatu yg bisa membuat nenek senang, lalu kamu cerita, ceritanya bkn masalah kamu, tapi cerita permisalan ada org yg mencuri, lalu si pencuri ini sadar bahwa perbuatannya itu dosa, dan pencuri itu ingin taubat dan pengin sekali mengembalikan uang curian tsb, tapi apa daya tdk mampu, lagian yg dicuri jg jmlhnya tdk tahu,..

    Nah tanyakan ke nenek, gimana menanggapi kisah si pencuri tadi,.. Apakah memujinya, atau gimana,..
    Lihat reaksinya,..

    Jika reaksinya bagus, maka lanjutkan, gimana kira2 jika nenek menjadi korban yg dicuri olehnya, apakah mau memaafkannya, atau tetap nenek minta ganti,..

    Lihat reaksi nenek,..

    Jika reaksinya bagus, tegaskan lagi, betul nenek akan memaafkan, menghalalkan..dan. Tdk minta ganti?

    Nah jika nenek sdh bilang begitu,.. Tambahin yang ini,..

    Gimana kalau si pencuri itu adalah saya, apakah nenek akan memaafkan juga, tapi anda jangan ngaku dulu, lihat reaksi nenek, jika nenek bilang, iya, saya maafkan, ga usah mengganti,.. Nah… Baru kamu ngaku,..

    Insya Allah nenek itu biasanya lebih menyayangi cucunya, bahkan kadang melebihi sayangnya ortu kita,.. Kadang2 sich… Coba saja praktekan, dan kalau berhasil silahkan komentar lagi ya,..

  43. Assalamualaikum wr wb.
    saya mau tanya nih,saya kan sering jual beli online dan saya menyebar phising dan saya mendapat dari itu yaitu berupa akun game online milik korban.Saya tahu sekarang saya sadar tidak akan melakukan hal itu lagi
    tapi Apakah hanya sekedar akun game online (bukan uang dan barang) menjerumuskan dapat ditagih diakhirat?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email, begitu ya..

    Dan game online seperti apa yang dimainkan,
    Jika itu game yang memang tidak bermanfaat, apalagi ada gambar-gambar wanita yang mengumbar auratnya sebagaimana game-game online yang ada, maka pelakunya harus bertaubat, pelaku game, juga yang melakukan phising tersebut,..

    Apakah harus mengganti kerugian dengan uang?.. jika itu akun game, sebaiknya bertaubat saja.. tidak usah mengulangi main game juga phising, sebab itu tidak ada manfaatnya dan buang-buang waktu saja, Allah akan mintai pertanggungjawaban kelak..

  44. Assalamualaikum..
    Sya dhulu sering mencuri masuk rumah2 org bujang..

    jdi disini jika sya mememohon maaf dgn mnghntrkan surat,dan menyatakan tentang ksalahan sya lalu sejumlah wang agaran ksemua nya tetapi jika daripda mreka yg mndpt surat itu tetapi dia tidak mmberithu kpada yg lain, bagaimana??

    atau ada dari kalangan mereka yg sudah berpindah dan agak susah mreka untuk mncari untuk dimaklumkan tntang surat saya itu bagaimana???

    adakah tnggung jwb sya sudah lepas?? adakah dosa sya sudah diampun??

    adkah seperti sya mmbuat mreka pula yg memikul tnggung jwb keatas surat yg ditrima dari sya untuk rakannya yg lain?

    krana sya tidak thu pemilik barang nya, mohon pak tlong jelas kan..

    sya agak tkut jika sya merasa ia sudah selesai sdangkan msih tidak..

    tolong pak berikn penjelasan yg terperinci ya,,,

    sya prnah trfkir untuk brhdapan shja untuk brbincang lebih mudah dan lebih mngatahui..

    bila memikirkan jika sya brhdapan pasti bkn shaja sya akan ditngkap,kmunkinan dipukul atau smcm nya dari laki2 itu smua..

    wa’alaikumussalamwarahmatullah,

    jika anda mengembalikan langsung bisa mendapatkan dampak negatif seperti dipukuli, ditangkap ,maka kirimkan saja uang tersebut melalui paket, dan ga usah memakai nama asli anda,

    tuliskan saja ini uang yang dulu saya curi, saya kembalikan dan anda tuliskan saja permintaan maaf,

    anda bisa kan nulis alamat lengkapnya,

  45. Assalamu’alaikum ..
    Saya mau nanya , pernah mengambil uang ibu tpi saya berbohong bahwa saya tdk mengambilnya krna hal trsebut di lakukan karna saya sedang membutuhkan ,dan saya ingin bertaubat dengan cara menginfak an uang trsbt tetapi tidk bilang ke ibu .. Bagaimna ini ??? Saya ingin menginfak.an atas nama ibu saya ,

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Ngga bisa, cara taubatnya ya kembalikan uang tersebut kepada pemiliknya,.
    Kalau malu, takut ketahuan, kembalikan saja diam-diam,.

  46. Assalamualaikum warahmatullah
    saya dulu pernah mencuri ditempat kerja saya sekitar 4thn yg lalu, sekarang saya ingin berusaha mengembalikan ke bos saya tetapi saya lupa dengan nominal yang sudah saya ambil karna bukan 1 atau 2 kali, saya ingin datang meminta maaf dan mengembalikan uang tersebut tetapi saya takut jika saya jujur hubungan silahturahmi ini aka hancur, sedangkan sampai saat ini saya masih berhubungan baik dengan bos saya,mohon jawaban nya pak terimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Anda ingat-ingat saja semampunya, dilebihkan dari perkiraan juga tidak mengapa, itu lebih baik malah,
    Jika mengembalikan secara terang-terangan bisa merusak hubungan baik, maka bisa mengembalikanya secara sembunyi-sembunyi, mungkin bisa transfer ke rekeningnya, atau dipaketkan ke alamat dia, mungkin bisa juga di dalamnya ada surat, dan ngga usah menyebutkan nama anda, tuliskan saja ini harta yang dulu pernah saya ambil dan sekarang saya kembalikan karena saya menyesal dan baru tahu dosa mencuri dan resikonya kelak di akherat,

  47. Assalamualaikum wr.wb

    Saya mau tanya saya bekerja sebagi cleaning di suatu perusahaan dan saya menemukan barang berupa cincin aqiq di halaman perusahaan sementara cicin itu saya ambil dan saya simpan selama 4 bulan dan saya selidiki dan saya tau orangnya ternyata itu milik klein dan saya tidak tau alamat dan no hp klein itu, tapi ada seorang staf yg kenal pemilik barang tersebut saya kembalikan terang terangan kpd staf perusahaan tersebut dan di informasikan langsung kpd pemilik barang itu, dan bagaimana cara menghadapi dampak negativenya.
    terimakasih

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    dampak negatif apa ya? kan anda tidak mencuri??

  48. Aslamualaikum wr wb
    Maaf saya mau nanya kalau orang mencuri trus dia bertaubat dan ingin mengembalikan barang yg ia curi tapi dia takut ,di hakimi sang pemilik barang itu harus gimana apa dia kirim barang yang dia curi tampa sepengetahuan sang pemilik ? Atau gmna mohon penjelasan ?

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    jika mengembalikan terang2an bisa berakibat buruk, boleh dikembalikan secara sembunyi2 atau melalui jasa pengiriman, dan anda bisa memastikan sampainya barang tsb, bisa dicek melalui website dengan memasukan nmr resi pengiriman

  49. Assalamu’alaikum,
    Dahulu saya sewaktu SMP pernah mencuri buku di perpustakaan untuk saya baca2. Skrg saya sudh bekerja dan saya menyesali perbuatan saya itu. Apa yg hrs saya lakukan untuk menebus kesalahan saya? Apa saya harus menyumbangkan buku sebanyak yg sudah saya curi?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Ya, anda kembalikan buku-buku yang dicuri tersebut, atau belikan yang semisal, lalu kembalikan ke perpustakaan, itu jika bukunya adalah buku-buku yang tidak bertentangan dengan ajaran islam,

  50. Assalamualaikum…
    mas admin, saya ingin bercerita sedikit sebelum bertanya.

    Saya pernah mencuri uang teman saya, lalu sepulang dari mencuri saya memang ada rencana untuk membeli mukena dengan uang saya sendiri bukan dari uang hasil curian tadi karena saya tau jika saya membeli mukena dengan hasil uang curian maka hukum mukena itu haram.

    Akan tetapi, ketika membayar saya lupa dan malah menggunakan uang curian itu tadi dan saya baru ingat waktu dijalan, saya pun langsung kembali ke tokonya dan menukarkan uang hasil curian tadi yang saya gunakan untuk membayar dengan uang saya sendiri yang bukan dr hasil curian.

    Pertanyaannya, apakah mukena tersebut hukumnya halal atau haram?

    Jika haram, lalu bagaimana caranya agar mukena tersebut hukumnya menjadi pakaian yang halal?

    Jika saya mengembalikan uang yang saya curi dengan nominal yang sama kepada teman saya secara diam-diam, apakah mukena tersebut hukumnya tetap haram atau halal?

    Dan menurut mas, apakah saya harus mengembalikan uangnya atau mukenannya? atau dua-duanya? Mohon jawabannya, saya benar-benar menyesal. terimakasih.
    Wassalamualaikum wr wb

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Anda wajib bertaubat secara nasuha dari perbuatan mencuri tersebut,.
    Caranya sudah ada di postingan diatas,.
    yang salah satunya harus mengembalikan UANG YANG DICURI, kalau secara terang-terangan bisa dan tidak timbul kejelekan, maka lakukan, tapi kalau bisa berakibat buruk, maka kembalikan secara sembunyi-sembunyi,.

    Jika sudah dikembalikan, maka selesai perkaranya, mukena itu ya bukan barang yang haram, anda membelinya kok, bukan mencuri mukena tersebut,

    • tapi saya membeli mukena itu kan dari uang haram,. apakah tetap halal atau haram?
      Lalu, jika saya mengembalikannya secara terbuka, saya yakin hubungan kami tidak akan baik lagi. Dan kemungkinan besar pasti akan banyak orang yang tahu dan saya takut dengan hal itu ustadz, saya takut sekeliling saya akan berubah. Dengan keadaan yang seperti itu, bolehkah saya mengembalikannya secara sembunyi-sembunyi atau tetap harus terbuka ?

      Yang haram itu uang yang kamu curi, barang yang kamu beli itu tidak haram, kecuali kalau barangnya itu kamu nyuri juga,.
      kalau mengembalikan terang-terangan bisa menimbulkan masalah yang kurang baik, kembalikan saja secara sembunyi-sembunyi

  51. assalamualaikum,,
    klo yg di curi itu hasil
    dari penjualan barang haram
    bgmn hukumnya,,,

    Wa’alaikumussalam warahmatullah, berikan contoh detailnya,

  52. saya mau nanya, bagaimana caranya mengembalikan uang rp.1jt yang pernah dicuri, tapi orangnya sudah meninggal, apa boleh di infakkan atas nama orang tersebut ?

    Bukan diinfakkan, tapi diberikan kepada AHLI WARIS orang tersebut

  53. Assalamualaikum
    Mau nanya, jika seandainya kita sudah meninggal dan kita masih belum sempat mengembalikan barang curian kita waktu di dunia, apakah dosa itu bisa ditebus atau digantikan dengan amal kita ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Jika belum mengembalikan, maka di akherat akan dituntut untuk mengembalikan, dan ini mustahil,..

    Sehingga jalan sebagai penggantinya adalah amal kebaikan si pencuri tersebut sebagai penggantinya,..

    Kalau si pencuri tidak punya amal kebaikan, maka amal kejelekan org yg dicuri tsb akan dipindahkan pada org yg mencuri,

  54. Assalamualaikum.
    Maaf sebelumnya saya mau bercerita singkat terlebih dahulu.

    Nenek saya punya toko kelontong yg tidak terlalu besar dan Alhamdulillah kebutuhan sehari-hari tercukupi oleh hasil penjualan tersebut, pada saat nenek saya sedang melakukan ibadah maupun istirahat, toko tersebut dijaga oleh ibu saya dan pada saat itu saya terkadang mengambil sesuatu yaitu makanan maupun minuman, pada waktu itu ibu saya tau bahwa saya sedang mengambil makanan tersebut.

    Pertanyaan :
    1. Apakah saya berdosa telah mengambil makanan tersebut karena yg tau bukan nenek saya melainkan ibu saya, sedangkan yg punya toko itu adalah nenek saya.
    2. Pada saat itu nenek saya mengajak pergi ke bapak haji untuk minta penglaris dagangannya, saya tau dia bapak haji karena sekolah SMP saya dekat dengan kediaman bapak haji tersebut dan saya pulang sekolah juga melewati kediaman bapak haji tersebut, disitu juga ada spanduk yg bertuliskan nama bapak haji tersebut, apakah tindakan ini berdosa atau bagaimana ?

    Mohon pencerahannya.
    Wassalamualaikum.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    1. sebaiknya anda bilang ke nenek, tadi anda mengambil makanan, insya Allah nenek lebih sayang kepada cucunya, dan tidak akan memarahinya,.. coba saja,.
    2. apa yang dilakukan nenek dengan datang ke bapak haji utk minta penglaris, ini adalah dosa besar,.. bapak haji itu sebenarnya dukun berkedok kyai,.
    Ini termasuk kesyirikan, dosa yang paling besar,.
    Kalau bisa anda menasehati nenek dengan cara yang baik, maka nasehatilah,.

    Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam telah bersabda :
    من أتى عرافا فسأله عن شيء لم تقبل له صلاة أربعين ليلة
    “Barangsiapa mendatangi tukang ramal, lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu lalu ia membenarkannya, maka tidak diterima shalatnya selama empat puluh malam” (HR. Muslim nomor 2230).
    من أتى حائضا أو امرأة في دبرها أو كاهنا فقد كفر بما أنزل على محمد صلى الله عليه وسلم
    “Barangsiapa yang mendatangi (menggauli) istrinya yang sedang haidl atau mendatangi (menggauli) istrinya pada duburnya, atau mendatangi dukun lalu membenarkan perkataannya; maka sesungguhnya ia telah berlepas diri (kufur) dari ajaran yang diturunkan kepada Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam” (HR. Abu Dawud nomor 3904, At-Tirmidzi nomor 135, An-Nasa’i dalam Al-Kubra 10/124, dan yang lainnya; shahih).
    selengkapnya baca disini

  55. Pak mau tanya saya dulu pernah ngambil buah jambu di pinggir jalan lalu saya ingat akan hal tersebut lalu saya menyimpan uang senilai jambu yang saya makan di pohon tersebut apakah hal ini cukup pak ?

    Minta maaf saja pada si pemilik jambu tersebut, atau minta dihalalkan,.

    • Tapi pak saya tidak tahu pemilik jambu tersebut lagi pula bukan saya yang mengambilnya saya hanya ikut memakannya saja

      Kalau anda bukan pelaku pencuriannya, ya tidak berdosa, apalagi jika tidak tahu,

  56. Pak saya mau tanya begini pak
    Waktu itu teman teman saya mengambil jambu di dekat smp dengan menggunakan kayu lalu kami mendengar sang pemilik jambu mengatakan ” naik saja”
    Karena kaget saya dan teman teman lari pak
    Apakah jambu tersebut halal pak karena yang punya nya juga tahu dan menyuruh kita naik pohonnya pak?

    Kalau melihat ucapan si pemilik jambunya sih, sepertinya membolehkan, buktinya disuruh naik, harusnya ikuti saja, naik,.

    Untuk memastikannya, tidak ada salahnya anda jujur saja ke pemilik jambu tersebut,

  57. saya pernah mencuri. saya sudah insaf.
    lalu saya tidak mampu untuk mengembalikan harta curian. adakah dengan meminta maaf boleh diterima taubat saya ?

    Jika orang yang anda curi memaafkannya, maka sudah tidak ada kewajiban untuk mengembalikannya,.
    Jadi syarat taubat dari mencuri, selain 1. menyesal, 2. meninggalkan perbuatan mencuri, 3. bertekad kuat utk tidak kembali pada perbuatan tersebut, dan ditambah ke 4,. meminta kehalalan dari orang yang dicurinya, meminta maaf, jika orang yang dicuri memaafkan, maka tidak ada kewajiban mengembalikan barang yang dicuri, jika orang yang dicuri meminta anda untuk menggantinya, maka anda wajib mengganti, jika tidak mampu saat ini, bisa di kesempatan lain,

  58. Assalamualaikum
    saya nak tanya saya pernah bekerja dengan makcik isteri saya,masa bekerja saya seorg jaga kedai…
    saya pernah ambil duit kedai untuk kepentingan diri sendiri.
    kebetulan masa itu suami nya baru meninggal dunia.
    niat saya ingin menolong tetapi bila duit da banyak saya jadi lupa diri…
    sekarang saya betol2 da bertaubat tapi hati tak tenang sebab sentiasa fikir apa yang saya buat dulu..
    bagaimanakah cara saya nak pulang kan duit itu semula,kerana saya takot sekira nya saya mengaku depan dia saya takot akan jadi masalah pecah belah antara keluarga kami…
    mohon bantuan untuk terang kan.
    atau boleh tinggal kan no telefon saya akan whatsapp atau sms

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Jika mengembalikan secara terang-terangan bisa menimbulkan masalah, maka boleh mengembalikan secara diam-diam,.

    • mengembalikan secara diam2 tu macam mana ust boleh terang kan pada saya terima kasih

      Mengembalikan tanpa sepengetahuannya,
      Misalkan anda masukan ke tempat uangnya, atau anda transfer ke rekeningnya

  59. saya ingin bertanya,dulu saya pernah bekerja disuatu koperasi keuangan.dan dalam pekerjaan saya, saya tidak jujur dalam mengolah uang.

    saya pernah mengambil uang itu secara sembunyi,tanpa ada yang tahu….

    dan sekarang saya seperti teringat terus dengan perbuatan saya itu….

    apa yang harus saya lakukan?

    Kembalikan uang yg sdh anda ambil tersebut, jika mengaku secara terus terang ketika mengembalikannya mampu anda lakukan dan tidak ada dampak negatif, maka lakukan, jika ada dampak negatif, bisa pulangkan secara diam-diam,

    • saya hanya takut jika dimarahi dan dihina……atau mengembalikan secara sembunyi bagaimana? no.rekening tidak punya, tapi saya tau tempat tinggalnya.

      Boleh mengembalikan secara sembunyi-sembunyi, bisa dipaketkan ke alamatnya,

  60. Bagaimana saya slalu mencuri di warung orang tua, saya sendiri tetapi bagaimana saya mau mmenggantinya sedangkan saya belum bekerja mohon penjelasanx

    anda minta kepada orangtua agar menghalalkan apa yang anda curi, jika tidak, ya kembalikan nanti saat anda sudah bekerja

  61. Bagaimana cara mengembalikan uang yg pernah diambil dari perusahaan, sedangkan perusahaan tersebut sudah tutup (sudah bubar)

    Cari penanggungjawab perusahaan tersebut,

    Lalu berikan ke orang tersebut,

  62. Assalamualaikum
    Dahulu saya pernahh ambil sebiji bola ditempat persekolahan…bola tersebut telahh pun pecah…apa perlu saya lakukan??

    Walaikumussalamwarahmatullah,

    Anda ganti bola teraebut dan berikan ke sekolah,

  63. Maaf pak. Saya pernah mencuri uang bapak saya dan pernah di tegur trs saya kembali mencuri lg ayah saya blum tau gimana cara saya menebus dosa2 yg telah memcuri uang bapak saya mohon penjelasanya..

    Meminta maaf kepada bapak, minta dihalalkan,
    Tentu meminta maafnya mungkin memakai cara, trik, misalkan anda bercerita tentang anak yang ingin bertaubat,
    Dia telah mencuri uang bapaknya, dan setelah besar dia teringat, dan sangat menyesal lalu ingin mengembalikan uang yang dicurinya, tapi dia kebingungan,.
    Anda ceritakan kepada bapak, setelah itu anda tanya kepada bapak,
    Kira-kira kalau bapak punya anak yang seperti itu, apakah bapak mau memaafkannya,.. lihat jawaban bapak anda,.
    Jika bapak berkata, saya akan memaafkan,.
    Maka anda tanya lagi, bagaimana jika si anak itu adalah saya , apakah bapak mau memaafkan?..
    Jika bapak mau memaafkan, nah, anda bisa saja langsung nangis, dan meminta maaf kepada bapak anda, menyesalinya, takut kelak dimintai pertanggungjawaban di akherat,.

    tapi jika bapak tidak memaafkan, ya anda berusaha mengembalikan nanti,. sampai lunas,

  64. Pak saya mau nanya, saya pernah mencuri sebuah tas milik customer di perusahaan tempat saya bekerja tapi di tas itu tidak ada barang berharga hanya hanya kertas saja.

    Saya berniat mau kembalikan tas tersebut karena saya selalu dikelilingi rasa bersalah tetapi info kehilangan tas tersebut sudah meluas ke 1 kantor dan seluruh bos.

    Apa yang harus saya lakukan pak?

    Saya takut jika saya kembalikan dengan jujur akan berdampak buruk ke pekerjaan saya.

    Saya sangat menyesali itu pak. Tolong beri pencerahan kepada saya. Terimakasih

    Kembalikan saja secara diam-diam, atau dipaketkan ke alamat pemilik tas tersebut

  65. Assalamualaikum..

    Pak, saya mau bertanya. Jika mencuri barang orang lain pada saat belum balig, kemudian sampai sudah balig si pelaku masih teringat akan perbuatannya dan ingin bertaubat. Apa yang harus dilakukan?

    Ingin mengembalikan barang yang sudah dicuri, tetapi barang tersebut sudah tidak ada lagi di pasaran. Dan pemiliknya pun sudah meninggal dunia. Maka apa yang harus dilakukan? Saya tunggu balasannya, terima kasih banyak.. Wassalam.

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah
    Anda bisa mengembalikan pada ahli warisnya, jika barangnya sudah tidak ada dipasaran, bisa diganti senilai barang tersebut, berikan pada ahli warisnya

  66. Saya mau nanya klo sy dlu prnh mncuri barang atau uang k pda tmn sya tpi segera ada yg sy sudah gnti ada juga yg kata orng nyh taperlu diganti gmna itu th

    Wajib bertaubat nasuha dari perbuatan tersebut, caranya :
    1. Menyesal
    2. Meninggalkan perbuatan tsb
    3. Bertekad kuat utk tidak kembali melakukan perbuatan itu kembali

    4. Mengembalikan barang yang dicurinya,

    Jika orang yang dicuri menghalalkannya, atau memaafkannya, maka cukup point 1,2 dan 3 yg dilakukan

  67. Jika sy belum punya uang untuk mengembalikannya bgaimana? Dan hanya bs bertobat dan memohon ampun sm Allah. Karena sy merasa sgt was-was.

    Berusaha, belum disebut taubat nasuha, masih ada satu, dan jika tidak dibayar di dunia, kelak di akherat akan ditagih,

    Kalau sudah berusaha tapi tidak mampu juga, itu serahkan kepada Allah, Allah maha tahu, dan tidak akan membebani hambanya diluar batas kemampuannya,..

    Jadi berusaha terus, walau dgn menyicil,

  68. Pak maaf dulu saya pernah mencuri hp tetapi hpnya tersebut dicuri lagi terus saya mau tobat gimana caranya ya?

    Anda kembalikan hape yg dicuri tersebut dgn hape yg sejenis, atau minta maaf kepada pemilik hape minta dihalalkan, jika pemilik hape tdk mau menghalalkan, anda wajib mengganti dgn hape atau seharga hape tersebut

  69. Bagaimana cara mengembalikan dana yang dicuri, dimana dana tersebut adalah milik pemerintah. Jika kami mengembalikan dengan terus terang, takutnya di PHK

    Bisa dikembalikan dengan cara sembunyi-sembunyi

  70. gimana kalau gk tau siapa pemilik nya ( dari saldo akun online )
    apa bisa di sedekeahin sekaligus atas nama semua orang yg pernah diambil saldonya
    tapi saya lupa berapa , bisa gak saya belum ada uang nya untuk mengembalikan

    Anda kirim lagi ke akun online tersebut,

  71. Mas kalo saya mencuri tetapi saya ingin bertobat dan saya tidak punya uang utk mengembalikannya dan barangnya juga sudah rusak bagamaina cara nya ya?

    Anda berusaha mengganti barang yang dicuri tersebut, berusaha ngumpulin uang, kalau sudah terkumpul segera belikan barang yang semisal,lalu kembalikan ke pemiliknya

  72. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Pak, jika taubat dari korupsi dan tidak sanggup mengembalikan seluruhnya, bisakah menghadap atasan/direktur/penanggungjawab perusahaan dan minta dihalalkan?
    Lalu bagaimana dengan status barang2 yang dibeli dari uang korupsi, apakah halal atau haram, jika atasan sudah menghalalkan?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Belum disebut bertaubat jika belum mengembalikan harta yang dikorupsinya,.
    Jika tidak sanggup mengembalikan seluruhnya, bisa dicicil, atau bisa menghadap atasan/direktur/penanggungjawab perusahaan dan minta di halalkan, jika mereka menghalalkan atau memaafkannya, maka sudah tidak ada kewajiban mengembalikan, tapi jika mereka tidak menghalalkannya, maka tetap wajib mengembalikan

  73. Assalamualaikum Wr Wb
    saya sudah mencuri hp 3 kali Karena saya lagi butuh handphone dan saya harus bagaimana?
    dan saya menyesali perbuatan mencuri saya harus bagaimana?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahi wabarakatuh,.
    Anda wajib bertaubat,.
    Syarat taubat dari mencuri adalah :
    1.menyesal
    2.meninggalkan perbuatan tersebut
    3.bertekad kuat untuk tidak kembali melakukan parbuatan itu lagi
    4. MENGEMBALIKAN BARANG YANG DICURINYA,.

    Wajib dilakukan ke empat hal tersebut, itu baru disebut bertaubat,.

    Jika tidak dikembalikan,maka kelak di akherat akan ditagih oleh pemilik hape tersebut,

  74. sya mau nanya sya kn pernah mencuri makanan di warung tetangga trus sya ngaku mencuri dan mau menebus makanan sya cuma si pemilik me ikhlas kan makanan tersebut masalah nya yg jualan sekarang si adik cuma kta adik nya sdh sya rela kn pertanyaan nya apkh sdh memenuhy syarat ke empat apa belum pa mohon bantuan nya

    Sudah

  75. Saya mau tanya pak . bagai mana kalau sudah mengembalikan barang curian secara diam2 .

    tapi orang tersebut masih belum ikhlas kehilangan barang tersebut ??

    Kenapa mengembalikannya secara diam2 karna dia takut di hakimi orang tersebut dan malu untuk kedepannya

    Kalau sudah mengembalikannya, ya sudah, selesai tanggungan anda, dan tidak mengapa mengembalikan secara diam-diam jika ada bahaya atau mudharat,

  76. Baik,ana waktu sd kelas 4-6 pernah mencuri uang teman saya dan mencuri uang kas di kelas saya dan di kelas lain,ketika smp kelas 2 saya teringat.

    apakah taubatnya harus menggantinya uang curiannya padahal saya tidak ingat saya menggambil uang kas di kelas berapa pada saat itu terus kelas tersebut sekarang sudah masuk smp dan saya sangat sulit menemukanya,

    Dan jika saya tidak mengganti uang tersebut apakah saat di hisab dan qantaroh saya tidak masuk surga dan masuk neraka dulu?

    mohon jawabanya karena keterbatasan ilmu saya

    Iya, wajib mengganti uang tersebut, jika temannya sulit mencarinya, maka bisa dengan cara berinfak atas nama teman anda tersebut, sejumlah uang yang dicuri,seingatnya anda saja jika sudah lupa jumlahnya, namun jika kelak bertemu dengan teman anda setelah anda berinfak, maka tetap wajib mengembalikan,.
    Demikian pula uang kas kelas, anda kembalikan ke sekolah tersebut, jika malu, bisa via paket,. dan tulis surat di dalamnya,

    Jika tidak mengembalikan saat di dunia, maka kelak di akherat akan ditagih

    Dan mencuri saat belum baligh, maka walinya yang menanggungnya, maka sebaiknya anda sekarang sudah tahu, anda ganti, atau anda coba sampaikan ke wali anda atau orangtua anda,

  77. Assalamualaikum

    Saya waktu itu kehilangan helm di sebuah parkiran lalu saya bingung mau pulang pake apa nnti saya kena tilang, jadi saya ambil helm orang buat pulang ke rumah,.
    Macam mana ya saya mau taubat, dan meminta ampun atas dosa dosa yg saya perbuat telah memngambil barang orang lain

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Kembalikan helm yang anda ambil tersebut, atau titipkan saja ke tukang parkir tempat anda dulu ngambil, bisa saja berkata nitip helm, karena anda waktu itu kehilangan helm, lalu anda mengambil helm yang ada disitu,

  78. assalamualaikum
    saya dulu waktu smp pernah mencuri beberapa baju dari toko pakaian.

    dan sekarang saya ingin mengembalikan barang itu dengan cara menyedekahkan dengan uang.

    dan jika saya sudah menyedekahkan uang seharga pakaian tersebut apakah boleh saya mengenakan pakaian itu.

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Anda wajib mengembalikan pakaian tersebut ke tokonya, atau membayar seharga pakaian tersebut ke tokonya,

    Jadi walaupun anda sudah menyedekahkan, tetap anda WAJIB mengembalikan ke toko tersebut,

    Menyedekahkan itu jika tidak diketahui dimana alamat orang yg anda curi tersebut, dan jika ketemu alamatnya maka anda tetap wajib mengembalikan walaupun sdh menyedekahkan,

  79. Assalamualaikum
    Pak saya pernah mencuri uang nene saya yg ada di dalam celengan uangnya sebesar 6ratusribuan, dan tadi pagi nene saya membuka celengan tersebut dan nene saya mengatakan kalau uangnya hilang 1juta, tapi saya tidak mengambil sebesar 1juta dan nene saya belum mengetahui sampai sekarang kalau saya yg mencuri, tapi saya sudah memakai uang trsebut untuk dibelanjakan barang terus saya harus bagai mana, saya takut sekali karna nene saya sangat galak saya takut dan apa yg harus saya lakukan

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Kembalikan secara diam-diam uang yang anda curi tersebut,

  80. Assalamualaikum..
    Sya Prnh mencuri hp kerabat saya. Skrg sy Sdh bertobat.. Saya ingin mengembalikannya…

    Jika memang bisa dilakukan diam2 apakah Tdk aneh tiba2 ad pencuri yg mengembalikan brg? Jika boleh dikirim via pos apakah bisa dilacak?

    Sya sgt malu jika sampai ketahuan.. selama ini mrk berpikir saya org baik…
    Apa yg hrs sy lakukan

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Boleh mengembalikan secara diam-diam,
    Bisa dipaketkan menggunakan jasa pemaketan,bisa pos,jne,atau lainnya, dan nama pengirim bisa dgn nama samaran, sehingga tidak bisa dilacak,

  81. Assalamualaykum warahmatullah wabarokatuh

    Saya mencuri dari perusahaan namun sekarang telah bertaubat. Hasil dari curian, uang tersebut saya belikan asset dan sekarang berupa asset. Masalahnya jika dikembalikan akan timbul pertanyaan2 dari istri dan anak saya. Apa yang harus saya lakukan ya pak?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahi wabarakatuh,
    Syarat taubat dari mencuri ada 4:
    1. Menyesali perbuatan tersebut
    2. Meninggalkan perbuatan mencuri
    3. Bertekad kuat utk tdk kembali melakukan mencuri lagi
    4. Mengembalikan barang atau harta yang dicurinya

    Nah anda kembalikan saja seluruh harta yang dicuri kepada perusahaan, tidak usah memberitahu pada istri dan anak,
    Atau anda jika siap dengan resikonya, anda jujur kepada pemilik perusahaan, bahwa anda pernah mencuri dan minta dihalalkan, dan jika pemilik perusahaan memaafkan maka alhamdulillah ga ada kewajiban untuk mengembalikan, tapi jika pemilik perusahaan tetap menyuruh anda mengembalikan maka kembalikan, dan ini boleh anda lakukan, tapi jika khawatir cara tersebut malah bisa membuat anda malah bermasalah dgn hukum pidana seperti masuk penjara, maka kembalikan saja ke perusahaan dengan cara diam-diam,..

    Saya juga pernah zina dengan istri orang. Apakah jika telah bertaubat dari zina tapi tidak meminta maaf dari suami dimana istrinya saya tiduri kelak di akherat amal pahala saya akan berpindah kepada si suami tersebut? apa yang harus saya lakukan sedangkan untuk meminta maaf saya tidak akan mampu melakukannya.

    Yang wajib anda lakukan adalah BERTAUBAT dari zina yang dilakukan,
    Syaratnya ada TIGA,
    1. Menyesali perbuatan tersebut
    2. Meninggalkan perbuatan zina
    3. Bertekad kuat utk tdk kembali melakukan zina lagi

    Jadi bukan meminta maaf ke istri orang atau suaminya,

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*