Cara Bertaubat Dari Dosa-Dosa, Diantaranya DOSA MENCURI

Bagaimanakah Cara Menebus Dosa?

 

Terms:

cara bertaubat dari mencuri yg dilakukan waktu kecil (1), Cara menebus dosa mencuri (1), Saya telah mencuri tapi si dia mau dukunin saya bagaimana cara nya saya untuk kembalikannya (1)...

You May Also Like

65 Comments

  1. Oiya 1 lg
    gmana dgn penipu yg korban nya udh bnyak sampai lupa , tp dia ingin taubat. Apa yg sebaaiknya di perbuat.

    terimakasih gandi,.
    Dia harus bertaubat,. 1. menyesali perbuatannya 2.Meninggalkan perbuatan tsb 3.bertekad kuat untuk tidak kembali melakukan perbuatan tersebut 4. Mengembalikan barang2 hasil tipuan tsb kepada orangnya,. dengan berusaha mencari orang yang ditipunya tersebut, jika sudah berusaha mencari tapi tidak ketemu, maka sedekahkan barang tersebut dengan niat atas nama orang2 yang ditipu,.

  2. ass wr wb, saya mau cerita tentang anaknya teman saya, ada anak dari kelas 3-6 dia selalu mencuri, dan orangtuanya tidak tahu tentang perbuatan anaknya, dia sdh pernah mencuri lebih dari 20x
    dan ketika dia kelas 7, dia mendapat hidayah ketika bulan puasa, dan diapun bertaubat,

    (1) apa yang harus dia lakukan?, apakah mengembalikan barangnya lagi?-

    (2) jika barangnya sudah dibalikan, dan dia ingin membalikan barang barang yg lain lagi, dan barangnya sudah rusak atau hilang apa yg harus ia lakukan?-dan

    (3) jika dia tidak mengembalikannya apakah dosanya ke orangtuanya?-

    (4) karena dia blm haid dan sudah bertaubat lebih dari 2 bulan, setiap harinya dia selalu memikirkannya, apakah dosanya sudah dihapus?
    terima kasih, wass wr wb

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Terimakasih lutfi, sudah komentar disini,.
    Taubat dari mencuri yang harus dilakukan adalah :
    1.Menyesali perbuatan tersebut, 2.Meninggalkan perbuatan tersebut, 3.Bertekad kuat untuk tidak kembali melakukan perbuatan tersebut, 4. Mengembalikan barang yang dicurinya kepada pemiliknya,.

    Adapun teknis mengembalikan barang yang dicuri kepada pemiliknya, jika dikhawatirkan malah timbul hal-hal yang tidak diinginkan yang itu malah bisa membuat runyam, maka cara mengembalikannya bisa secara diam-diam, bisa menggunakan jasa pos atau paket, bisa menaruhnya di depan rumahnya secara diam-diam, atau cara apapun, adapun jika bisa dilakukan secara terang-terangan, mengakui telah mencuri dan ingin mengembalikan barang curian tersebut, ini tentu lebih baik, bahkan bisa jadi orang yang dicuri tersebut memaafkannya,.

    Yang dilakukan anak tersebut adalah,. menyesali perbuatannya, dan menyampaikan kepada orangtuanya, bahwa dia dulu melakukan perbuatan tsb, dan sekarang ingin bertaubat, ingin mengembalikan barang-barang yang dicurinya, karena berat resikonya di akherat,

    Karena dia mencuri saat belum balig, maka kewajiban orangtuanya untuk mengembalikan barang-barang yang dicuri tersebut,.

    Tentu menyampaikan ke orangtua juga dengan cara yang baik, melihat situasi yang tepat,agar orangtua juga tidak salah paham, bahkan akan merasa bangga dengan sikap anaknya tersebut yang mau jujur, mengakui perbuatannya dan ingin bertaubat,.

    Mudah-mudahan jawaban ini bisa dipahami,.

    Dengan taubat nasuha, taubat yang sebenar-benarnya, maka akan diampuni dosanya,. dan taubat dari mencuri syarat taubatnya ada 4 yg disebutkan diatas,

  3. Assalamu alaikum

    pa saya mau tanya.dulu waktu saya smp,saya pernah malakin duit tmen2 dan saya ingin berusaha minta mf.tp kalau saya lupa siapa saja org yg pernh saya palakin.trz gmana tw pa.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Anda harus bertaubat dari hal tsb, diantaranya : 1. Anda menyesali perbuatan tsb 2. Anda meninggalkan perbuatan tsb 3. Bertekad kuat untuk tidak kembali melakukan hal tsb 4. Mengembalikan apa yang anda ambil tersebut ,

    Masalahnya : Jika anda sudah lupa siapa2 yg anda ambil, maka anda bisa bersedekah atas nama orang yang anda ambil tsb,. seingat anda,.

    Namun jika anda bertemu dgn org tsb, maka anda wajib mengembalikannya,.
    MINTA MAAF SAJA tidak cukup, sampai orang yang dipalak itu menghalalkan apa yang dulu anda rampas,.
    jadi bukan hanya minta maaf, tapi kembalikan juga apa yang dulu pernah anda ambil,
    Jadi,. anda harus berusaha semampu anda utk mengembalikan apa yang dulu pernah anda ambil,. sebab walaupun seratus rupiah, di akherat pasti akan ditagih,.

  4. TERUS MENERUSLAH BERUSAHA PASTI ALLOH AKAN MENOLONGMU

    Tanya:
    Assalamualaikum.. .
    Kenapakah hari seterusnya selepas saya berusaha untuk bertaubat, nafsu yang menyebabkan dosa itu kembali lagi?. Bagaimanakah caranya untuk meninggalkan nafsu-nafsu yang tersirat dalam hati?.
    Setiap kali saya melakukan sesuatu dosa saya ingat bahawa itu perbuatan yang salah, tetapi kenapakah saya masih meneruskannya juga?.
    Adakah syaitan yang menguasai diri saya atau diri saya sendiri?

    Jawab:

    وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

    Diantara cara-cara untuk meninggalkan nafsu-nafsu yang tersirat di dalam dada adalah:

    Pertama:
    Kembali kepada Yang Maha Membolak-balikan hati yaitu Alloh Ta’ala, berdoa kepada-Nya, merendahkan diri kepada-Nya dan memperbanyak dzikir kepada-Nya, karena tidak ada jalan untuk membendung munculnya nafsu-nafsu melainkan hanya dengan memohon kasih sayang dari Yang Maha Membolak balikan hati, dengan pertolongan dan kasih sayang-Nya seseorang dapat menahan nafsu-nafsunya:

    إن النفس لأمارة بالسوء، إلا ما رحم ربي، إنّ ربي غفور رحيم

    “Sesungguhnya nafsu (jiwa) itu selalu memerintahkan kepada kejelekan, kecuali yang dirohmati Robbku, sesungguhnya Robbku adalah Al-Ghofur (Maha Pengampun) lagi Ar-Rohim (Maha Penyayang)”.

    Kedua:
    Terus melakukan pendekatan kepada Alloh dengan melakukan segala macam ketaatan kepada-Nya, dengan terus bersungguh-sungguh, Alloh Ta’ala berkata:

    والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا، وإن الله لمع المحسنين

    “Dan orang-orang yang mereka berjihad di (jalan) Kami maka sungguh Kami akan benar-benar menunjuki mereka ke jalan Kami, dan sesungguhnya Alloh bersama orang-orang yang berbuat kebaikan”.

    Ibnul Qoyyim Rohimahulloh menganggap bahwa melawan hawa nafsu termasuk jihad di jalan Alloh.

    Ketiga:
    Berlindung kepada Alloh Ta’ala dari godaan syaithon yang terla’nat, karena syaithon adalah sumber dari sumber kejelekan dan asal dari asal kejahatan, oleh karena itu kita diperintah untuk berlindung darinya dan dari bisikan-bisikannya, sebagaimana yang termaktub di dalam surat An-Nas.

    Jazakumullahu khairan atas tambahan komentar yang bermanfaat ini,.

  5. asalamualaikum wr wb
    saya mau tanya pak ustadz pertanyaan ,
    1. saya nemu uang lalu uang itu saya ambil trus pemilik itu nyariin trus saya ga ngaku sampe sekarang tapi itu udh lewat 1 thn lebih apakah saya boleh balikin uang itu yg udh 1 thn lewat secara diam diam tanpa minta maaf ,

    2. dan saya suka mencuri uang kakak saya secara diam diam apakah saya boleh mengembalikan uang kakak saya yg saya curi secara diam diam tanpa minta maaf itu kejadian udh 1 thn lebih apakah saya boleh mengganti yg sudah 1thn lbih

    tolong di jawab

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Anda wajib mengembalikannya, jika secara terang-terangan bisa menimbulkan dampak negatif, tidak mengapa mengembalikan secara diam-diam,.
    Kalau tidak dikembalikan, kelak di akherat anda akan ditagih,. dan mengembalikannya tentu sangat susah, sehingga kebaikan anda yang akan diambil, dan jika tidak punya kebaikan, maka keburukan mereka yang akan ditimpakan ke anda,.

  6. Mas admin bagaimana nk pulang barang yg kita curi sedang kn kita x tahu sape pemilik nye ???

    Terimakasih mas arep,.
    Jika seperti itu, maka sedekahkan barang tersebut diniatkan utk orang yang di curi,.
    Tapi jika suatu saat bisa ketemu orang yang dicuri tsb, maka wajib dipulangkan ke orang tsb walaupun sudah disedekahkan barang yang dicurinya,

  7. Apakah dosa mencuri tapi tidak bisa mengembalikannya. Pasti masuk neraka

    Salah satu bentuk taubat dari mencuri adalah wajib mengembalikan barang yang dicurinya,.
    Jika pencuri tidak mengembalikan barang yang dicurinya, kelak diakherat akan disuruh mengembalikan hak orang yang dicuri tersebut,.
    Pasti tidak mungkin, sehingga pahala kebaikan si pencuri akan diambil oleh orang yang dicurinya, jika si pencuri tdk punya kebaikan, maka dosa-dosa orang yang dicuri itu akan diberikan kepada si pencuri,.

      1. Pa bagaimana jika pernah mengambil uang dikotak amal apakah bisa mengembalikannya di masjid yang berbeda

        Kembalikan lagi di masjid tersebut sejumlah yg diambil

  8. Assalammualaikum ,
    nak tanye , bagaimana benda yg dicuri sejumlah wang yg banyak tapi belom cukup wang untuk memulangkan kepada mereka .

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Berusahalah untuk mengembalikan barang yang dicuri tersebut semampunya, mintalah kepada Allah agar diberi kemudahan untuk mengembalikan itu semua,..

    Ingat,.. jika tidak dikembalikan, maka kelak di akherat akan diminta untuk mengembalikannya,. tentu itu mustahil,.

  9. Assalamualaikum..
    Sya Prnh mencuri hp kerabat saya. Skrg sy Sdh bertobat.. Saya ingin mengembalikannya…

    Jika memang bisa dilakukan diam2 apakah Tdk aneh tiba2 ad pencuri yg mengembalikan brg? Jika boleh dikirim via pos apakah bisa dilacak?

    Sya sgt malu jika sampai ketahuan.. selama ini mrk berpikir saya org baik…
    Apa yg hrs sy lakukan

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Boleh mengembalikan secara diam-diam,
    Bisa dipaketkan menggunakan jasa pemaketan,bisa pos,jne,atau lainnya, dan nama pengirim bisa dgn nama samaran, sehingga tidak bisa dilacak,

  10. Jika saya pernah mencuri dari satu keluarga tetapi saya tidak tahu milik siapa specifically dalam keluarga itu gimana?

    Anda harus mengembalikan harta yang dicuri kepada keluarga tersebut

  11. Assalamualaikum..
    Mau tanya pak…
    dulu saya pernah mengambil uang orang yang jatuh tidak secara sengaja… sekarang saya teringat dan menyesal…
    Apa yang harus saya lakukan sedangkan saya tidak kenal siapa dan tidak ingat wajah orang tersebut?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Anda bersedekah atas nama orang tersebut senilai barang yang anda ambil , dan jika sekiranya nanti anda ditakdirkan bertemu dengan orangvtersebut, maka kembalikan barang yang anda ambil tersebut,

  12. Aslmkm wr wb… pak saya ketauan sama orang lain saya mencuri tapi mereka tidak tegur saya mereka cuman ngomongin saya aja di belakang pak saya jualan di pasar saya takut di usir dari tempat itu soal nya tempat itu punya orang cina saya cuman numpang aja pak tolong bagaimana solusi nya biar yg benci sama saya menjadi baik sama saya dan tidak di usir dari tempat jualan itu pak..

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh,
    Anda meminta maaf pada org yg anda curi, dan kembalikan barang yang dicurinya,
    Sampaikan bahwa anda khilaf, sehingga melakukan perbuatan tersebut, dan anda nyatakan penyesalannya, dan berniat mengganti barang yang dicurinya

  13. Assalamualaikum wr wb
    Saya dulu pernah mencuri di kantin sekolah tapi saya lupa berapa banyak yang saya ambil,bagaimana cara saya mengembalikannya.mohon pencerahannya

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh,

    Anda bisa saja main ke kantin tersebut, bicara ramah tamah dan nanti akui saja kalau anda mau membayar uang jajan yang dulu anda pernah mengambil jajan tapi ngga mbayar,

    Insya Allah pemilik kantin tidak akan marah,
    Anda ngobrol basa-basi dulu, yang nanti ujung-ujungnya anda mengaku dulu pernah ngambil jajan ga bayar, dan sekarang ingin mbayar, karena tahu komsekwensi mengambil harta milim orang lain kelak di akherat akan ditagih,

    Jika si pemilik kantin menghalalkannya, maka ga usah membayar, tapi kalau ga memaafkan ya wajib anda bayar,

  14. Assalamualaikum
    Saya dulu pernah mencuri beberapa pensil teman saya di kelas,tetapi pensil-pensil itu hilang di kelas itu juga.

    bagaimana cara saya mengembalikannya?apakah saya boleh mengembalikannya melalui perantara teman

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Boleh melalui perantara teman

  15. Assalamu’alaikum.wr.wb
    Jika kita mencuri sesuatu lalu meminta maaf dan si pemilik memaafkan,apakah kita tetap wajib mengembalikan barang yg kita ambil?
    Wassalamu’alaikum.wr.wb

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahi wabarakatuh,
    Jika si pemilik memaafkan dan menghalalkan barang yang dicurinya, maka tidak wajib mengembalikan,

  16. saya pernah mencuri uang tetangga saya.

    saya sudah niat untuk mengembalikan uang tersebut tapi saya takut dan malu jika mengembalikan secara terang terang.

    lalu misal saya mengembalikan secara diam diam dan dituliskan surat permintaan maaf apakah itu boleh ?

    Boleh mengembalikan secara diam-diam, dan ditulis surat permintaan maaf, tanpa nama anda,

  17. Assalamu’alaikum
    saya mau tanya apa dosa jika kita mengambil uang secara diam” tapi dikembalikannya secara diam”,,, apa dosa atau tidak yah?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Bertaubat dari hal tersebut, dan kembalikan uang yang diambilnya,
    Jika sudah bertaubat secara nasuha Insya Allah diampuni

  18. Assalamualaikum,

    sya mau tanya,apakah dosa seorang pencuri akan dihapus?
    Jika dia ingin mengembalikan barang yang dicurinya tetapi si pemilik barang sudah meninggal, apa yang harus dilakukan si pencuri agar dosanya dihapuskan?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Jika sudah meninggal kembalikan kepada AHLI WARIS orang tersebut,

  19. Assalamualaikum
    saya mau bertanya.saya pernah melakukan dosa yang sangat besar,karna mencuri ayam orang dan menjual kepada guru sendiri.saya sangat menyesal.ingin saya minta maaf kepada guru sya tpi saya takut karena gurunya pemarah dan juga saya takut di keluarkan dari sekolah.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Anda harus mengembalikan yang anda curi kepada orang yang anda curi, bukan meminta maaf kepada guru anda, tapi minta maaf kepada orang yang anda curi, itu jika anda berani menanggung resikonya, tapi jika bisa timbul dampak negatif, maka bisa saja anda mengembalikannya diam-diam, baik berupa ayam yang serupa, atau seharga ayam tersebut,

  20. Pak saya pinta pasaribu saya ingin bertanya saya pernah mencuri tetapi bukan niat dalam hati saya , waktu itu saya mencuri pakain majikan saya tapi kethuan dan saya merasa sangat malu apa yang hendak saya lakukan ya pak?

    Bertaubat, yaitu 1. menyesali perbuatan tsb, 2. meninggalkan perbuatan tsb, 3. bertekad kuat utk tidak kembali melakukan hal tsb dan 4. kembalikan pakaian yang dicuri tersebut

  21. Assalamu’alaikum,
    saya dulu pernah mencuri makanan di supermarket, saya menyesal atas perbuatan tersebut, tapi cara menebus dosa tersebut bagaimana?
    Kalo mengembalikan nya dengan uang atau makanan lagi? Syukron

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Bayar saja dengan uang,

    1. Assalamualaikum
      Saya pernah mencuri barang alat tulis di Toko Swalayan ini sudah sangat lama ,,sekarang saya ingin membayar nya dengan uang ,, tapi saya bingung bagaimana untuk membayarnya,,dan itu toko swalayan yang cukup besar dan saya tidak tau pemilik nya siapa,walaupun saya tau pemilik nya saya malu jika membayarnya secara langsung,, mohon bantuannya

      Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
      Mudah saja, anda beli saja lagi alat tersebut, lalu setelah dibayar anda ga usah ambil, bilang ke kasirnya ini saya kembalikan karena dulu pernah belum bayar,

  22. Assalamualaikum Wr Wb
    Dulu waktu SD saya pernah mencuri barang di orang, barang itu di jual bahkan kadang gak bayar dan kadang saya kalau les disuruh bayar tapi saya gak bayar soalnya guru itu mata duitan tapi kan aku yang les harusnya bayar itu kewajiban, saya sungguh sangat menyesal dari dulu smp sampai sekarang saya udah berkepala dua, jujur saya mau minta maaf dan ngembalikin itu semua tapi saya malu, gimana kalau saya ngembalikinnya dengan sedekah atas nama orang tersebut soalnya saya takut di akhirat nanti, tolong bantuannya
    Terima kasih,
    Wassalamualaikum Wr Wb

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Anda datangi guru tersebut dan minta dihalalkan apa yang anda ambil dulu, atau jika guru tersebut minta anda untuk menggantinya, maka gantilah,
    Anda bisa mendatangi guru tersebut sambil membawa hadiah, lalu cerita hingga suasana akrab, lalu anda bisa bercerita, tentu ceritanya bukan langsung mengaku, tapi anda beri perumpamaan dahulu, misal seperti ini:
    Anda cerita misalkan ada orang yang mencuri, seperti kasus di atas, tapi anda jangan sebutkan kalau itu adalah anda, tapi orang lain, dan melakukannya pada orang lain, bukan guru anda,

    Nah setelah bercerita, anda bisa bertanya, bagaimmana jika dalam kisah tersebut, yang mencuri itu adalah anda, dan gurunya adalah guru anda tsb, apakah pak guru akan memaafkan ?
    Jika guru menjawab, iya, akan saya maafkan,.. nah disitu baru anda mungkin mengaku, dulu seperti itu, dll,..
    Jika guru menjawab, saya tidak memaafkan, tapi si murid wajib mengganti, maka di situ juga anda mengaku dan anda ingin menggantinya,.

  23. pak saya pernah mencuri uang seseorang di atm dan kartunya saya masih simpan namun uangnya sudah habis saya pakai ..

    bagaimana cara mengembalikkan uangnya jika dikartu atm tersebut tidak ada nama pemilik dan saya juga tidak tau siapa pemiliknya ?

    Anda wajib mengembalikan uang yang anda pakai ke pemilik ATM tersebut,

    Anda bisa menggunakan ATM tersebut berarti bisa juga mencari info siapa pemilik ATM tersebut, coba ke ATM dan cari info di menu ATM tentang siapa nama dan pemilik rekening, jika sudah ketemu anda setor sejumlah yg anda ambil,

    1. jadi waktu itu 1 tahun yang lalu saya hendak mengecek saldo di atm saya ..

      dan rupanya di atm yang saya kunjungi terdapat kartu atm yang lupa diambil oleh pemiliknya ..

      dengan hasutan iblis saya pun mengambil uang senilai 1 jt dan saya lupa mengecek info pemiliknya serta saya tidak tau pin orang tersebut ..

      saya merasa bersalah setelah melakukkan hal keji tersebut, saya ingin mengembalikkan uang serta tambahan uang kepada pimiliknya namun saya tidak tau kemana saya harus mengembalikkannya pak 🙁

      Kalau kartu ATM nya masih ada, coba anda ke bank ATM tersebut, ke bagian customer servicenya untuk mengecek, meminta informasi siapa pemilik kartu tersebut, paling tidak anda tahu nama dan nomor rekeningnya, sehingga anda bisa transfer ke nomor tersebut , mengganti sejumlah uang yang anda ambil dahulu,

  24. Asslamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh,.

    saya ingin bertanya, saya sering mengambil harta orang tua tanpa bilang kepada beliau, lalu saya bertobat. Dan menceritakan apa yang sudah saya lakukan kepada orang tua saya, beliau mengihklaskan apa yang sudah saya ambil. Apakah masih wajib mengganti uang curian tersebut padahal orang tua sudah mengihklaskan. Mohon bantuannya . Terimakasih.

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahi wabarakatuh,
    Tidak wajib mengganti,

    Anak dan harta anak itu milik orangtuanya,

  25. Assalamualaikum wr wb.
    Waktu saya sekolah SD sekitar kelas 4-5 saya pernah mengambil hak yang bukan milik saya (mencuri)lalu sekarang saya bertaubat dengan memenuhi syarat 1-3 tapi point 4 saya ragu saya malu saya takut saya ga berani karna bukan 1 yang pernah saya curi. Pertanyaanya jika saya mengembalikan semua yang pernah saya curi dengan shodakoh atau mengmbalikan secra diam diam apakah yang dicuri akan memaafkan dan saya bebas dari dosa?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Anda bisa mengembalikan dengan cara diam-diam, bisa anda paketkan dengan nama pengirim yang disamarkan, sehingga anda ngga merasa malu

  26. Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatu.

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh

    Mau tanya dong.
    1. Kalau semisal saya make uang donatur orang untuk sebuah acara trus saya menyesal dan saya mengembalikannya dengan mendonaturkan lagi uang tersebut atas nama orang yg menjadi donatur awal aapakah diperbolehkan?

    Boleh

    2. Saya mencuri sebuah hp dan kemudian saya tidak tahu keberadaannya, kemudian saya ingin bersedekah atas namanya tetapi saya juga tidak tahu namanya. Lantas bagaimana?

    Niatkan saja atas orang yg anda curi tersebut, anda memaksudkan utk orang tersebut, walaupun anda ga kenal namanya, Allah maha tahu,
    Sebelumnya anda berusaha mencari tahu informasi orang yang anda curi tersebut,

  27. Assalamu alaikum wr.wb
    Saya punya pertanyaan yg sampai saat ini masih membuat saya sedih:

    Dulu saya sering mengambil hak orang lain dan mengambil uang org lain dan sekarang saya sudah menyesali semua perbuatan saya dulu.

    Dan saya ingin mengembalikan tapi terlalu banyak jumlahnya sedangkan saya tidak punya kerjaaan untuk mengganti sebanyak itu

    Mohon pencerahannya pak…

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Anda wajib bertaubat, bertekad di dalam hati untuk mengembalikan atau mengganti apa yang anda curi.

    Jika sekarang belum bekerja, anda tetap berusaha, berdoa pada Allah agar diberikan pekerjaan, sehingga anda bisa mencicil mengganti apa yang anda curi.

    Jika anda siap dengan resikonya, bisa saja anda meminta kepada orang yang dicurinya agar menghalalkannya,

    Dan jika itu malah bisa memudharatkan, misal bisa memasukkan anda ke penjara, maka jangan lakukan hal tersebut, sambil anda berusaha mencari pekerjaan, tetap betul2 berniat utk mengembalikan apa yg dulu anda curi, Dan Allah maha tahu sejauh mana taubatmu,

    Dan Allah tidak membebani hambanya diluar batas kemampuannya

  28. Asallamualaikum wr wb
    Pak Saya mananyak??
    Hari itu saya menemukan hp di jalan ,lalu hp nya langsung saya jual,,eh setelah hp nya saya jual ,,tiba2 ada orang yg mengaku kehilangan hp nya,setelah saya ketahui ternyata hp yg saya temukan adalah hp orang itu (tanpa di ketahui orang itu) …

    saya harus gimana pak sedangkan hp nya udah saya jual ..jika saya harus mengembalikan uang hp tersebut saya malu untuk terang terangan ,,,mohon solusi nya pak saya bingung…
    Asallamualaikum wr wb

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Anda beli lagi hape tersebut, dan kembalikan pada orang tersebut,

  29. Assalamuallaikum wr wb…

    pak saya mau nanya…nihhh
    Saya mau beli barang yang saya inginkan…tapi saya menanyakan ke teman saya….tapi teman saya melarang saya untuk membeli barang tersebuttt….dan teman saya mau merencanakan mencuri…barang yang saya inginkan tapi saya tidak mau…pirasat saya sudah burukk…dan saya terperdaya oleh teman saya dan terpaksa saya melakukan mencuri barang itu dengan teman saya…,dan teman saya yg mengambil barang tersebut lalluu..barang tersebut di simpan di rumah saya…dan saya tidak mau…dan terpaksa saya simpan di rumahku barang tersebut…yg saya inginkan…sampai sekarang…dan saya harus gimana…dari masalah ini…mohon penjelasan nya pakkk….assallamuallaikum wr wb….

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh,
    Anda wajib bertaubat dari perbuatan pencurian tersebut,
    Anda wajib kembalikan barang tersebut ke pemiliknya, jika tdk bisa terang-terangan, boleh secara sembunyi-sembunyi,

    Anda nasehati teman anda tersebut, dan jika tdk mau berubah, jauhi teman yang seperti itu, carilah teman-teman yang baik agamanya, teman-teman yg shalih

  30. Assalamu’alaikum ,

    saya mau nanya. Dulu saya pernah ikut organisasi di smp. Saya jadi bendahara, terus saya pernah meminjam uang kas itu , pengurus lainnya juga pernah meminjam. Saya ingin membayarnya kembali, tapi saya tidak tahu berapa nominal nya dan milik siapa saja uang itu? Apakah saya boleh mengembalikannya dengan caratemanku menyumbang uang atau makanan ke anak yatim dan yang membutuhkan?
    Terima kasih

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Kembalikan kepada organisasi di smp tersebut, jumlahnya anda kira2 seingatnya, lbh baik dilebihkan, daripada kurang,

  31. Mau tanya. Kan saya nyuri uang 100rb d tnpt tetangga. Trs tetanggany sadar klo uangnya hilang. Terus uangnya saya balikin diam2.

    Tapi spertinya orangnya tau tp orgny ga ngmong sama saya cuma cuekin saya. Lalu saya hrs bagaimana?

    Saya malu banget .saya ngerasa bersalah banget

    Jika betul tetangga tahu, tahu anda yang mencuri, atau mengetahui ketika anda mengembalikannya, maka lebih baik meminta maaf saja karena kekhilafan anda,..

    Tap kalau tetangga tersebut cuma enduga-duga saja sehingga anda juga terbawa perasaan atau seolah2 melihat tetangga menjadi cuek, untuk menhhilangkannya perbaikilah akhlakmu terhadap tetangga tersebut, bisa dengan mengucapkan salam kepada tetangga ketika bertemu, senyum,kasih hadiah,..

  32. Assalamualaikum Wr.Wb
    Saya mau tanya apakah kalau barang yang pernah saya curi itu sudah hilang lalu saya malu untuk mengatakan kepada orang tersebut kalau saya yang mencurinya itu gimana apakah taubat saya bisa diterima saya sangat menyesali perbuatan saya itu sampai sekarang masih kepikiran terus saya takut kalau ibadah saya selama ini tidak diterima karena saya pernah mengambil hak orang lain mohon bimbingannya

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh,
    Anda wajib mengganti barang yg hilang tersebut, dan mengembalikannya, baik mengembalikan secara terang2an atau sembunyi2, baik dengan membeli barang pengganti atau seharga barang tersebut jika sulit mncari barang yang hilang tsb,
    Atau anda meminta agar pemilik barang menghalalkannya, berterus terang pada pemiliknya,
    Dan jika belum mengembalikan, maka itu belum disebut bertaubat secara nasuha,

  33. Assalamualaikum pak mau tanya, Kalo nemu uang dijalan, sedangkan kita tau yg kehialngan adalah temen dekat kita sndri? Apakah termsuk pencuri? Bagimana dosnya? Wajib memulangkan kah? Bagimana jika kita sudh jujur tp sipemilik mau nuntut kita?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Kalau tahu itu uangnya maka wajib mengembalikan,

    Jika sudah jujur menemukan uang, dan teman anda itu benar2 kehilangan dan itu adalah uangnya, maka dia berhak meminta anda utk mengembalikannya

    1. Saya mau nnya pak
      Saya pernah mencuri hp teman saya lalu teman saya pergi ke orang pintar trus orang pintar tersebut menyebutkan ciri” saya
      Lalu teman sekelas saya langsung menuduh saya tapi saya mengelak karna saya udah takut ketauan dan takut mengakuinya pak saya makin banyak berbohong
      Bagaimana cara saya mengatasinya selain memulangkan barang tersebut karena saya sudah tidak berani lagi memulangkannya pak???

      Kasih solusi yang bisa buat saya tenang pak?

      Jika malu mengembalikan secara terang2an, kembalikan saja secara sembunyi-sembunyi, misal dipaketkan,

  34. Saya pernah mencuri dan saya ingin mengembalikan tapi lupa siapa orang yang perna saya curi dan saya kembalikan melalui bersedekah di masjid atas nama orang yang saya curi apakah boleh ?

    Anda berusaha diingat2 siapa yg anda curi, jika masih blm ingat maka boleh berinfak atas nama org yg dicuri tsb,

  35. Assalamualaikum
    anak tiri saya sdh berusia hampir 40 tapi (maaf) sangat nakal.

    salah satu kenakalannya yg paling mengganggu adalah, selama beberapa tahun pertama pernikahan saya dg ayahnya dia berulang kali mencuri uang dan perhiasan emas.

    saat ini sy sdg dalam masalah keuangan dan saya lihat di kamarnya ada uang (kami tinggal serumah).

    bolehkah uang tsb sy ambil seperlunya, mengingat perhiasan emas yg dia ambil sebenarnya adalah uang tabungan utk mengantisipasi kond keuangan bermasalah spt saat ini?

    saya tidak bermaksud mencuri, hanya meminjamnya dan akan saya bayar saat sdh ada uang.

    anak kandung saya tau ttg hal ini, dan saya pesan ke anak kandung saya, kalau saya mati tolong bayar diam-diam uang sejumlah sekian ke ybs.
    terima kasih atas jawaban

    Jika betul anak tiri tersebut yang mengambil uang dan perhiasan anda, maka boleh anda mengambilnya tanpa mengganti, dan itu bkn mencuri namanya, tapi anda mengambil harta anda yg dicuri, namun jika tidak terbukti dia yang mencuri maka anda wajib mengembalikan

  36. Assalamualaikum.
    Saya mau bertanya mengenai masalah dosa khususnya mencuri saya adalah siswa SMA kelas 2 yg baru saja sehari lalu mengambil uang teman senilai 50 namun setelah mengambil uang tersebut hari menjadi gelisah takut saya coba sholat meminta petolongan Allah karen teman saya lapor kesekolah sebab dikelas saya Ada CCTV nya jika saya mengembalikannya saya sangat malu krna bisa dibilang untuk masalah uang saya tidak kekurangan namun karena pada hari itu saya kesal dengan teman saya itu sebab dia selalu membuat hati saya tersinggung.

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Anda kembalikan saja dan meminta maaf, meminta maafnya dgn cara sembunyi2, berdua saja, jika temannya bkn lawan jenis,
    Atau anda akrabi dia, kasih hadiah, lalu sekalian anda kembalikan uangnya, jangan sampai malah anda akan merasa malu jika diperlihatkan rekaman video cctv nya

  37. assalamualikum pak,,
    saya seorang pencuri yang sudah tidak bisa dihitung lagi nilainya dan berapa orang yang saya ambil haknya juga tidak tau lagi jumlahnya tetapi saya sangat ingin sekali bertaubat dan sangat menyesal dengan perbuatan keji seperti itu,,

    kalaupun ingin saya kembalikan satu persatu sangat mustahil sebb tidak terhitung lagi jumlahnya,,

    pertanyaannya saya sangat ingin sekali bertaubat sebab saya teringat terus dengan dosa2 yang pernah saya lakukan,,

    bagaimana kalau saya menyumbang di masjid tapi dengan atas nama orang orang yang pernah saya zolimi pak apakah boleh seperti itu

    Dosa mencuri itu salah satu syarat taubatnya adalah WAJIB mengembalikan barang yang dicuri kepada pemiliknya

    Jika tidak dikembalikan di dunia, maka kelak di akherat aoan ditagih, dan tentu sangat sulit mengembalikannya,

    Anda bisa mengaku secara terus terang kepada orang yang dicuri, dan minta dihalalkan, itu jika tidak timbul efek negatif, namun jika bisa timbul efek negatif, maka niatkan dalam hati anda untuk mngembalikan barang yang dicuri teraebut, dan anda kembalikan secara sembunyi2, misal menggunakan jasa pengiriman paket,

    Dan tidak bisa diganti dgn berinfak ke masjid jika org yg anda curi itu diketahui alamatnya

  38. Mau tanya dong
    Waktu 3 tahun yg lampau saya pernah menggambil duit teman sekisaran -+ribu900an,kejadiannya saya sedang maen nonton tv di ruang tamunya dia nah temen saya sedang mandi dan disitulah kekhilafan saya ,di rumahnya nah saya khilaf menggambill duit itu,selang beberapa jam orang tuanya nanya kesaya apakah kamu yg ngambil duitna saya jawab tidak buu saya tadi kesini cuma duduk doang kok sambil nonton tv ,nah disitulah saya berbohong ,nah sekarang saya sudah pindah rumah ,apa yg harus saya perbuat?,saya sudah sering berdoa ke allah saya minta maaf untuk perbuatan saya yg massa lampau

    Anda kembalikan uang tersebut ke pemiliknya, bisa dgn cara terang-terangan melalui teman anda tsb, atau bisa dgn cara sembunyi2, misal menggunakan jasa pengiriman dan semisalnya, sampaikan pula permintaan maaf bisa melalui surat,

  39. Emm saya mau tanya,, kan ada seorang pelajar pernah mencuri uang masjid dan uang keluarganya, nah dia itu ingin bertobat dan ingin mengembalikan uangnya, tapi karna uang saku dia ga cukup dia bingung mau ngembaliin gimana,, bagaimana solusinya?

    Solusinya bisa dengan cara mengaku kepada pengurus masjid bahwa anda telah mencuri uang masjid dan minta dihalalkan, atau anda bilang ingin mengembalikan tapi belum punya uang untuk menggantinya,

    Anda bisa juga menjelaskan hal tsb ke ortu anda, dan minta ke ortu untuk mengganti apa yang anda curi, ceritakan anda telah mencuri uang masjid dan keluarganya, dan sekarang anda merasa takut dan ingin bertaubat, sementara salah satu syarat taubat dari mencuri itu adalah mengembalikan apa yang dicurinya

  40. Assalamualaikum,

    Maaf Pak saya mau nanya. Saya punya banyak dosa, Dan saya saya benar-benar menyesal Dan ingin menebus dosa saya. Saya pernah mencuri sejak saya SMA dan saya ingin sekali mengembalikan semua uang curian yang saya curi. Namun, saya bingung bagaimana cara mengembalikan nya.

    Saya lupa nama korban curian saya, saya lupa jumlah uang yang saya curi, saya lupa seperti apa orangnya, saya tdk Tau agama korban saya, Dan saya jg tdk Tau tempat tinggalnya dimana.

    Lalu bagaimana saya harus menebus dosa saya agar saya diampuni Allah?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah
    Anda bersedekah sejumlah yang dicuri, jika tdk ingat berupa jumlahnya maka ingat2 semampunya, dan niatkan pahalanya utk org yg dicuri tsb , dan jika suatu saat ketemu orangnya maka anda tetap wajib mengembalikan kepada orang tersebut

  41. Maaf mau nanya semisal kita pernah ambil barang tetangga dulu bgt dan qadarulloh keadaan sekarang ga bisa jalan harus pakai kursi roda. Dan tetangga pun sudah pindah.

    Takutnya nanti kalo bilang ortu makin nambah pikiran dan terjadi suatu hal yg lain.

    Boleh kah jika bersedekah senilai barang yg diambil itu?

    Anda wajib bertaubat secara nasuha,
    1.Menyesal
    2.Meninggalkan perbuatan tsb
    3.Bertekad kuat utk tdk kembali melakukan perbuatan itu lagi
    4.Mengembalikan barang yg anda curi

    Wajib melakukan ke empat hal di atas , itu baru disebut taubat nasuha,akan diampuni dosanya, jika anda tidak mengembalikan apa yg anda curi, maka kelak di akherat anda akan ditagih, dan ini tentu sangat berat,

    Jika anda takut ortu nambah pikiran karenanya, maka bisa kembalikan secara diam-diam, bisa menggunakan jasa kurir,dll ( anda cari tahu alamat tetangga tersebut, atau anda meminta maaf dan minta dihalalkan oleh tetangga tersebut )

    Tidak bisa bersedekah atas nama tetangga tersebut senilai barang yg anda curi jika jelas alamat tetangga tersebut, berbeda jika anda tidak mengetahui alamatnya setelah anda berusaha mencari semampu anda

  42. Assalamualaikum,
    saya mau nanyak saya pernah mencuri barang orang terus barang itu saya jual, kejadian itu udah lama banget dan saya udah lupa dimana dan siapa yang barang itu, gimana cara nebusnya yah, tolong dong aku takut banget

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Berusaha mengingat2 dan mencari tahu,
    Jika tetap tidak ketemu maka berinfaklah senilai barang yg dicuri tsb, dan niatkan sebagai infaknya org yg anda curi tsb, berinfaknya senilai barang tersebut, bukan senilai jual anda kala itu

    Dan jika suatu saat anda bertemu dgn org yang anda curi,maka tetap wajib kembalikan atau minta dihalalkan olehnya

  43. Assalamualaikum wr.wb
    Pak saya mau tanya dulu waktu smp saya pernah mencuri barang tapi saya takut untuk mengembalikannya,bagaimana kalau saya titipkan org lain untuk mengembalikan barang tsb secara diam diam?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh
    Jika mengembalikan terang2an bisa menimbulkan dampak negatif, boleh mengembalikan secara diam-diam, dan kembalikan sebagaimana kondisi barang saat diambil,bkn dlm kondisi rusak

  44. pak saya mau bertanya Saya pernah mencuri di toko terus ketika itu pihak yang tokonya untuk saya pulang dulu panggil kedua orang tua saya tapi saya berbohong dan tdk kembali lagi ke toko itu apa yang harus saya lakukan

    Kembalikan barang yang dicuri tersebut, bisa dgn cara berterus terang atau sembunyi2

  45. Assalamualaikum.
    Saya mau nanya
    Kan saya pernah mencuri uang milik orang lain.
    Tapi saat ini saya sudah berniat untuk bertaubat.
    Apakah saya harus mengembalikan uang mereka sedangkan saya sudah lupa berapa yang sudah saya ambil.
    Makasih

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah
    Salah satu syarat bertaubat dari mencuri adalah wajib mengembalikan apa yang dicurinya, atau meminta kepada org yang dicurinya agar dihalalkan apa yang sdh dicurinya, jika tidak mengembalikan atau orang yang dicuri tidak menghalalkannya, maka kelak di akherat akan ditagih, dan ini tentu kerugian bagi si pencuri, sulit mengembalikannya,

    Jika lupa besarnya, maka perkirakan saja, dan lebih selamatnya dilebihkan,

  46. Asslammualikum wr wb

    Pak saya mau nanya seandainya kita mncuri jam tangan lalu kita gk tau siapa pemiliknya terus kita membuang jam itu apakah dosanya akan hilang

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh
    Wajib mengembalikan kepada pemiliknya, jika tdk tahu siapa dia, ga tahu alamatnya, maka bukan membuang jam tersebut, membuang jam tersebut tetap tdk menghilangkan dosa mencuri, tapi anda berinfak senilai apa yg anda curi, dan niatkan pahalanya utk org yg dicuri, dan jika suatu saat anda ketemu dgn org yg dicuri,maka tetap wajib mengembalikan apa yg anda curi tsb

  47. Assallamualaikum
    sya mau tny ..sya seorg tkw dibrunei dan sy penh mencuri uang saudara mjkn…dan skrg sy ingin mengembalikannya…tp sy tkut dan malu klo mengaku …tlg ksh pencerahannya…apakah boleh sy infakkan atas nama saudara mjkn??

    Apa boleh jg uang dollar yg sy curi diganti dg uang rupiah??…

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah
    Kembalikan saja secara diam-diam, bkn diinfakkan atas nama saudara majikan

  48. Assalamualaikum pak
    saya mau bertanya saya pernah mencuri uang paman saya atau pakde saya sekitar 1 jt++,nah cara taubatnya gimana pak kalau minta di ikhlas kan saja bisa gak?

    Soalnya saya masih kelas 7 pak mohon arahanya,saya juga ingin bertaubat dan tidak akan mengulangi nya lagi pak mohon arahanya

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Cara bertaubat dari mencuri sudah dijelaskan dlm artikel,

    Yang bisa menghalalkan tentu paman anda, anda bisa menceritakan hal tersebut ke paman, dan meminta maaf serta minta agar paman mengikhlaskannya, atau anda berjanji akan melunasinya nanti, bisa dgn cara menyicil, atau anda cerita ke orangtua dan meminta agar orangtua menggantikan uang yang dicuri tersebut.

    Mungkin anda bisa cerita ke paman, tdk to the poin, ngobrol saja dgn paman, lalu anda cerita jika ada org yang sangat menyesal telah melakukan pencurian dan orang tersebut ingin mengembalikan uang yang dicurinya, namun tidak mampu karena belum bekerja, lalu tanya ke paman anda apakah jika misalkan paman anda itu adalah yang mengalami sebagai org yang dicuri, kira2 paman mau tidak memaafkan dan merelakan uang yang dicurinya, lihat apa jawaban paman,..

    Jika paman menjawab saya akan memaafkamnya, maka anda bisa bertanya, bagaimana jika saya yang mencurinya, apakah paman akan memaafkan dan merelakannya?

    Nah disitu anda mengakukui kekhilafan anda bahwa dulu telah mencuri uang paman,dan sekarang sangat menyesal, dan belum bisa mengembalikan uang tersebut,

    Mudah2an paman mau memaafkannya, jika tidak anda bisa cerita ke orangtua seperti cerita di atas, lalu tanya ke orangtua, apakah ortu mau membantu agar orang tersebut bisa mengembalikan uang yang dicurinya, lalu anda akui saja kalau dulu telah khilaf mencuri uang paman, mudah2an ortu mau menggantikan uang yang dicuri,

  49. Assalamualaikum,

    wa’alaikumussalamwarahmatullah

    saya dulu pernah meminjam uang kas, tapi tidak saya kembalikan. Saya menyesal sekarang telah melakukan hal tersebut. Lalu bagaimana cara menebusnya(mengganti uang tsb) karena sudah cukup lama

    Kembalikan uang kas tersebut sejumlah uang yang dipinjam

Silahkan tinggalkan komentar di sini