Menikah Dengan Saudara Jauh Itu BOLEH, Dengan Sepupu Aja Boleh,Berbeda Dengan Keyakinan Nasrani

Menikah Dengan Saudara Wanita Yang Tidak Boleh Dinikahi Menurut Adat Jawa Hukum Menikah Dengan Saudara Jauh Menikah Dengan Saudara Satu Buyut Menikah Dengan Saudara Jauh

Hukum Menikah Dengan Sepupu

Menikah-Dengan-SepupuPertanyaan:

Assalamu ‘alaikum, Apa hukum menikah dengan sepupu?
Karena banyak orang yang bilang tidak boleh.
Makasih..

Penanya: Tri K (trXXXXX@yahoo.com)

Jawaban :

Wa ‘alaikumus salam.
Alhamdulillah, was shalatu was salamu ‘ala rasulillah..

Sesungguhnya Allah mengharamkan kita untuk menikahi wanita yang memiliki hubungan mahram dengan kita. Hal ini Allah tegaskan dalam firman-Nya di surat an-Nisa, ayat 23. Pada ayat tersebut Allah menyebutkan beberapa wanita yang tidak boleh dinikahi oleh lelaki, karena status mereka sebagai mahram.

Terkait masalah ini, saudara sepupu bukanlah mahram. Karena Allah menghalalkan untuk menikahi saudara sepupu. Sebagaimana yang Allah tegaskan dalam firman-Nya,

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَحْلَلْنَا لَكَ أَزْوَاجَكَ اللَّاتِي آتَيْتَ أُجُورَهُنَّ وَمَا مَلَكَتْ يَمِينُكَ مِمَّا أَفَاءَ اللَّهُ عَلَيْكَ وَبَنَاتِ عَمِّكَ وَبَنَاتِ عَمَّاتِكَ وَبَنَاتِ خَالِكَ وَبَنَاتِ خَالاتِكَ

“Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu.” (QS. Al-Ahzab: 50)

Ayat ini secara tegas menujukkan bolehnya menikahi saudara sepupu. Syaikh abdurrahman as-Sa’di mengatakan:
Allah berfirman sebagai bentuk kemurahan kepada Rasul-Nya, bahwa Allah menghalalkan bagi Rasul-Nya sesuatu yang Allah halalkan bagi orang beriman lainnya (yaitu menikahi sepupu), dimana Allah menyatakan, yang artinya:
“(halal untuk menikahi) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu.” ayat ini mencakup semua paman dan bibi dari bapak maupun ibu, yang dekat maupun yang jauh. (Taisir Karimir Rahman, hal. 669)

Antara Keyakinan Yahudi dan Nasrani

Satu hal yang sangat mengherankan, banyak kaum muslimin yang melarang anaknya untuk menikah dengan saudara sepupu, dengan alasan bahwa itu terlarang secara agama. Ini adalah alasan yang tidak benar, karena agama menghalalkan untuk menikahi saudara sepupu.

Di sisi lain, umat sebelum kita, yahudi dan nasrani memiliki keyakinan yang menyimpang dalam masalah pernikahan. Disebutkan oleh al-Hafidz Ibnu Katsir dalam tafsirnya:

Orang Nasrani meyakini bahwa antar-keluarga tidak boleh ada hubungan pernikahan, kecuali jika sudah melewati keturunan ketujuh atau lebih. Sedangkan orang yahudi membolehkan seorang lelaki menikahi keponakannya. Sementara syariat islam datang dengan membawa ajaran pertengahan. Tidak berlebih-lebihan, seperti orang nasrani yang melarang pernikahan di antara keluarga dan sebaliknya tidak terlalu lancang seperti orang yahudi, yang membolehkan seseorang menikahi keponakannya. (Lihat Tafsir al-Qur’anul Adzim, 6/442)

Allahu a’lam.

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Materi terkait:

1. Hukum Akad Nikah Di Masjid.
2. Mahram/Muhrim yang Tidak Boleh Dinikahi.
3. Shalat Sunnah Malam Pertama.
4. Nikah Tanpa Izin Wali dari Pihak Wanita.
5. Urutan Wali Nikah.
6. Siapakah Mahrom Kita?
7. Jika Wanita Menikah dalam Keadaan Haid.
8. Lafal Ijab Kabul Akad Nikah yang Benar.

sumber : http://www.konsultasisyariah.com/menikah-dengan-sepupu/

 

Saudara Yang Boleh Dinikahi Menikahi Saudara Bolehkah Menikah Dengan Saudara Jauh Hukum Menikah Dengan Keponakan Hukum Menikah Dengan Saudara

90 Comments

  1. Assalamualaikum, berarti kita juga tidak boleh berjabat tangan kan dengan sepupu kita apabila berlawan jenis???

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    betul sekali mas,. dan kita juga bisa menikah dengan sepupu,. karena sepupu itu bukanlah mahram,

  2. Assalamualaikum 🙂 Mama saya mempunyai kakak dan kakak nya mempunyai anak , apakah saya boleh menilah dengan anaknya tersebut ? Terima kasih wassalamualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Itu namanya sepupu, dan sepupu itu bukanlah mahram, jadi boleh menikah dengannya

  3. ayah saya punya adik , adik ayah saya punya istri , dan istri dari adik ayah saya mempunyai adik , apakah saya boleh menikah dgn adik dari istri adik ayah saya, mohon penjelasannya terimakasih

    boleh lah,.

    Misalkan adik ayah anda punya anak,. anak adik ayah anda itu juga boleh nikah dengan anda, sesama sepupu itu boleh nikah, apalagi malah rentangnya jauh seperti pemaparan anda diatas,

  4. Asalam’muallaikum.
    Boleh kah aku menikahi dari anak adiknya bapaku.?
    Jadi bapa aku dan bapa pacarku itu adik kaka, cuman satu ibu namun beda ayah,
    jadi neneku adalah nenek pacarku.
    Kakek pacarku namun bukan kakek asli ku.
    Gimana tanggapannya?

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Itu berarti sepupu ya,.
    menikahi sepupu itu boleh, karena sepupu itu bukan mahram,.
    tapi sebaiknya jangan pacaran, karena pacaran itu HARAM hukumnya dalam islam,
    Nyari calon istri itu bukan dengan pacaran, tapi dengan jalan yang benar,.
    Mengenal agama calon istri, bisa melalui kerabatnya, atau tetangganya,. tapi bukan dengan cara pacaran,.
    Pacaran masa penuh kedustaan, kepura-puraan,.
    Pelaku pacaran, wajib bertaubat dari perbuatan tersebut, bagaimana caranya? silahkan baca disini

  5. Asslamualaikum,
    yg perlu sya tanyakan boleh/tidak hubungan saya bila berlanjut ke jenjang pernikahan.
    Saya ingin menikah dg cucu ktemu cucu.
    Nenek saya adalah adik perempuan dr kakek pasangan saya.
    Nenek saya punya anak laki2 yaitu bapak saya, dan kakak laki2 dr nenek saya punya anak laki2 yaitu bapak dr pasangan saya.
    Apakah pernikahan kami boleh dilakukan dalam hukum isllam?? Terima kasih atas penjelasannya,, SUKRON..

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Berarti itu kan sepupu dengan sepupu ya jatuhnya,. ya boleh lah nikah,.

  6. Kalau dengan anaknya sepupu gimana ya akhi?

    Sudah dijelaskan di artikel,. sepupu itu bukan mahram, jadi boleh menikah dengans sepupu,

  7. nenek saya punya adik laki, dan adik laki nenek saya punya anak cewek, dan anak cewek dari adik nenek saya punya anak cewek, jadinya sepupu cucu, apakah saya boleh menikah dengannya?

    Menikah dengan sepupu saja boleh, apalagi dengan yang lebih jauh lagi, seperti hal diatas, tentu boleh,

  8. assalamualaikum

    bapak saya punya kakak perempuan tapi beda mama satu bapak dan kakak perempuan

    bapak saya memiliki anak perempuan
    apakah tidak haram jika saya menikahi anak kakak perempuan bapak saya tolong dijelaskan

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Itu kan namanya sepupu, menikahi sepupu itu boleh, tidak haram, karena sepupu itu BUKAN MAHRAM, jadi boleh menikah

  9. assalamualaikum:)

    adik dari nenek saya mempunyai anak,
    anak dari adik nenek saya itu menikah dengan sepupu dari pasangan saya,
    apakah kami masih boleh melanjutkan hubungan kami ke penikahan???
    Terimaksih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Boleh,.

  10. assalamualaikum,,
    bolehkah menikah dgn sepupu yg bapak nya dia adiknya bpk saya ,,ibunya dia adiknya ibu saya,,rangkap,,bukankah itu sedarah..trimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Yang disebut sedarah itu seperti saudari kandung anda, atau saudari seayah, saudari seibu,.jika sepupu sih bukan sedarah namanya, makanya boleh dinikahi, dan bukan termasuk mahram,.

  11. Assalamualaikum 🙂

    boleh ka kalau saya kawen dngan dua pupu bapak saya.. Mcm bapaknya sepupu dngn datuk saya.. maknanya dia tu bapak saudara pupu saya..

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    itu berarti paman anda? betul bukan?

    coba jelaskan yang jelas pertanyaanya

    • Dia dua pupu bapak saya.. maknanya dia paman saya..

      berarti anda adalah keponakannya?
      Keponakan itu mahram, tidak boleh dinikahi,

      Kalau sepupu itu boleh dinikahi, karena bukan mahram

  12. Iya.. berarti dia adalah paman saya..

    Paman itu adalah mahram, ga boleh ponakan menikah dengan pamannya, atau paman menikahi ponakannya

  13. Assalamu’alaikum,

    mau tanya,yang saya ingin tahu adalah boleh tidak saya berjabat tangan/bersalaman dengan saudara sepupu laki2? tetapi ada orang bilang boleh dan ada yang bilang tidak… Mohon beri penjelasannya. terima kasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    sepupu itu bukan mahram, boleh menikah sesama sepupu, jadi tidak boleh salaman, haram hukumnya,

  14. Assalamualaikum.

    Akhi saya mau tanya bapak saya pnya kakak perempuan dan kakak perempuan bapak saya punya ank perempuan apakah saya boleh menikahin ank itu dari ank kakak perempuan bapak saya.mohon penjelasannya akhi…

    Wa’alaikumussalam.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Itu namanya sepupu, dan sepupu itu boleh dinikahi,. jadi anda boleh menikah dengan sepupu anda,.

      • Karna saya masih sepupu akhi…

        Jawab saja, sepupu itu bukan mahram, jadi tidak boleh berduaan dengan yang bukan mahram, dan karena bukan mahram, maka boleh dinikahi

  15. Assalamualaikum.
    Saya mau tanya, apakah boleh menikah dengan seseorang yang masih 1 buyut?
    Karena kakek saya dan kakek dia bersaudara..
    Terimakasih.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Jangankan satu buyut, satu kakek saja boleh, contohnya sepupu, sepupu itu kan masih satu kakek, itu boleh dinikahi,..apalagi satu buyut,.

  16. Apa sepupu dari ibu itu juga termasuk mahram?

    apa yang dimaksud sepupu ibu itu?

    kalau sepupu anda saja bukan mahram, boleh dinikahi,

  17. Assalaamu’alaikum..

    Saya punya nenek dan nenek saya punya abang .. abang dari nenek saya punya anak laki.. anak laki dari abang nenek saya punya anak cwe.. apakah nnti boleh saya menikahinya.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    boleh,..

  18. Assalamualaikum
    Jika pernikahan satu buyut diperbolehkan. Namun orangtua tetap tidak mengijinkan dengan alasan bahwa orangtua si pasangan telah bercerai. Saya harus seperti apa?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    tidak pengaruh masalah orangutua si pasangan itu cerai atau tidak,.

  19. Assalamualaikum,
    ap bolehkah sy menikahi anak dr kakak.saya dan kakak sy 1 ibu lain bapak

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Tidak boleh, karena itu adalah keponakan anda,. masih mahram, ga boleh menikahi mahram,.

  20. Assalamuàlaikum wr.wb
    saya mau tanya apakah boleh menikah jika saya punya sepupu lah suaminya sepupu saya tadi punya adik apakah boleh saya menikah dgn adik dri suami sepupu saya karena suami sepupu saya kan msih sedarh dengan adiknya

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    menikah dengan sepupu saja boleh, apalagi dg adik dari suami, maka boleh

    • Tapi adat jawa katanya itu tidak boleh dan nantinya bisa menimbulkan hal yang tidak di inginkan

      Adat wajib tunduk pada aturan islam, bukan aturan islam yang tunduk pada adat,.

      jadi, ngga usah dianggap jika ada adat yang seperti itu,

  21. Assalamualaikum.wr.wb
    Saya mau tanya, saya ini dijodohkan dengan saudaranya kakek saya,berati cucu nya ya, nah cucu nya ini manggil saya dengan sebutan bibi, tapi ibu saya tidak setuju karena menurut ibu saya itu masih saudara dan tidak boleh takut dosa, apakah boleh saya menikah dengan cucu nya saudara kake saya?
    Sebelumnya terimakasih
    Wass.wr.wb

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Berarti anda itu sebagai keponakannya kan, saudaranya kakek, atau anak saudaranya kakek? anda itu laki-laki atau wanitanya?

    tolong jelaskan lagi,

  22. Asalamualaikum wr wb .
    Apaakh saya bisa menikah dengan sodara yang bapak nya kakak bapa saya ?

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    ya boleh, itu kan sepupu anda, sepupu itu bukan mahram,jadi boleh dinikahi

  23. Asalamualaikum
    Ayah mau tanya kalo misalnya kakek dan kakek nya bersaudara bagaimana yah ?
    Berarti kita sama-sama cucu.
    Mohon penjelasannya

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    yang satu kakek saja boleh nikah , itu sepupu namanya, apalagi yang lebih jauh,.
    Jadi boleh sama-sama cucu itu menikah

    • Assalamualaikum wr.wb

      Sebelumnya saya mau tanya apa hukum nya jika saya dinikahi oleh anak dari adik nya nenek saya .
      Trimakasih
      Wassalamu’alaikum wr.wb

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
      BOLEH

  24. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Kayanya di komen-komen sblmnya juga sdh ada…tapi saya tanya kan saja, ya.
    Kalau dia, anak dr adik nenek ibu saya, itu bagaimana?
    Terimakasih.

    wa’alaikumussalam warahmatullah, sepupu saja boleh, apalagi seperti yg anda tanyakan, itu jg boleh

  25. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Mohon jwabanya sya mau tanya jika sya menikah dngan anak prempuan dari adik nenek sya bgimana nya hukum nya menurut islam

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Menikah dengan anak adiknya ibu saja (sepupu) itu saja boleh, apalagi yg lebih jauh dari itu, yaitu anak adiknya nenek, maka itu bkn mahram dan boleh dinikahi

  26. Apakah boleh menikahi saudari dari ayah yg beda ibu??

    saudari ayah itu kan bibi namanya, dan bibi itu mahram, ga boleh dinikahi,haram hukumnya, dan tidak sah nikahnya

  27. Bolehkah adik kandung saya(laki) menikahi dengan sepupu dari istri saya?

    adik anda menikahi adik istri anda(misalkan ada) itu saja boleh, karena ipar itu bukan mahram, apalagi menikahi sepupu istri

  28. Assalamualaikum wr.wb.
    Ingin tanya, saya cowok. Kakek saya punya adik perempuan. Adik perempuan kakek saya itu punya anak cewek. Saya suka disuruh memanggilnya bibi. Namun seperti yg saya jelaskan bibi disini sudah rada jauh.
    Apakah dia boleh saya nikahi?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Sepupu saja boleh dinikahi, apalagi anak adik perempuan kakek,.
    jadi boleh anda menikahinya

  29. Tapi ane punya teman yg ortunya katanya adalah sepsang sepupu yg menikah…

    dan punya anak tiga cewek semua, temen ane anak yg trkhir..

    dan dri pernkihan trsebut (maaf) anak yg pertama sama yg ketiga itu lahirnya gak normal, ada cacat tulang dikakinya sehingga yg cacat itu menderita sampe dewasa skrg ini..

    Bhkan klo jalan hrus pke alat bantu..

    mereka bilang itu karna akibat ayah dan ibu mreka yg msih sepupu tpi menikah..

    mohon dijelaskan trimakasih..

    Tidak ada hubungan anak cacat dengan itu semua,.
    Itu hanya mitos,.
    jadi tidak bisa dijadikan pembenaran,.
    Anak cacat atau tidak, itu takdir Allah, dan tidak ada yang cacat bagi Allah,.
    Semua ada hikmahnya,.

    Banyak anak hasil zina yang tidak cacat, apakah itu berarti zina itu baik? kan tidak, bahkan haram,.

  30. Sya perjelas lgi pak,ibu punya 5 bersaudara,ibu anak ke 5 dari kakek dan nenek nah saudara yg ke2 itu punya anak perempuan,sedangkan sya ank terakhir apakah sya boleh menikahinya usianya lebih tua dari sya,apakah boleh atau tidak pak,tpi anak saudara ibu yg ke2 manggil sya dek,apakah bisa sya menikahinya pak,hukumnya mahram atau tidk pak

    Itu namanya sepupu, dan sepupu itu boleh menikah, dan sepupu itu bukan mahram,

    jadi anda dan dia itu sama-sama cucu kan?

  31. Jadi bisa yah pak,tpi yg mengganjal pikiran sya itu dia manggil sya adek pak itu,

    kalau sdh nikah ga usah manggil adek lagi,

  32. Mohon dibalas pak,biar pikiran sya tenang,beberapa hari sya mikirin itu sampe lupa makan

    ya ngga usah dipikirin

  33. Assalamualaikum,
    Saya mau tanya pak. Ayah saya punya adik perempuan, bolehkah saya menikahi anak dari tante saya?? Trus bagaimana cara yg baik untuk mengungkapkan / menjelaskan kepada keluarga kalau saya ingin menikahi sepupu saya, karena keluarga blum ada yg tau

    wa’alaikumussalamwarahmatullah
    boleh,
    cara ngasih tahu printkan saja postingan di atas, bahwa sepupu itu bukan mahram,sehingga boleh menikah,

    • Baik pak, tapi saya sedang menyiapkan mental Juga apa reaksi dr orangtua. Apalagi tante saya sudah menganggap saya sebagai anaknya sendiri

      kalau tante itu mahram anda,tapi anaknya tante itu bkn mahram

  34. mau tanya kak ?
    kalau nenek saya punya saudara perempuan juga .
    terus nenek saya mpy cucu lakilaki yaitu saya .

    dan saudara perempuan nenk saya punya cucu wanita ?

    apakah saya boleh menikahi cucu perempuan saudara nenek saya kak ?

    boleh

  35. Assalamualaikum Wr. Wb.
    saya mau tanya, apakah boleh saya (perempuan) menikah dengan adik laki-laki dari istri paman saya?
    Terimakasih.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh
    Boleh,

  36. mau nanya nih , saya mempunyai ibu, dan ibu saya mempunyai adik dan adik ibu saya mempunyai seorang istri , dan istri adik ibu saya mempunyai adik juga, apakah saya bisa menikahi adik istri dari adik ibu saya?

    boleh,.

  37. Apa benar pak kalau pernikahan antar sepupuan keturunannya 25% kemungkinan akan cacat/memiliki kelainan. Saya tanya ke dokter kmarin. Trimakasih

    ga benar…

    tanya masalah hukum agama jgn ke dokter, tapi ke org yg paham agama

  38. Assalamualaikum pak
    Saya mau tanya nih kakak saya kan menikah nah istrinya itu mempunyai ponakan nah apakah saya boleh menikahinya,

    wa’alaikumussalam warahmatullah,

    boleh menikahi ponakan istri kakak anda,

    jika istri kakak anda punya adik saja itu boleh dinikahi koq

  39. Saya adalah cucu dari nenek saya yg laki laki dan nenek saya mempunyai saudara cewek dan saudara nenek saya mempunyai anak perempuan apa masih bisa berhubungan menikah dengan saya

    Boleh,

    sepupu saja boleh, apalagi yang lebih jauh dari itu

  40. afwan mau tanya.. kalo ada kejadian si A punya ibu si B nah si B punya adik namanya si C terus si C Punya anak D. nah si D Ini boleh nikah sama anaknya si A g?
    kan statusnya sederajat sama tante.

    jangankan anaknya si A,bahkan si A itu boleh nikah dgn si D, karena sepupu,

    kalau si A sj boleh nikah dg si D, kalau anaknya si A ya bolehlah nikah dengan si D

    sepupu itu bukan mahram, dan boleh nikah

  41. afwan,,saya punya nenek dan nenek saya punya adik,adiknya nenek saya punya anak,apakah anaknya dri adik nenek saya boleh saya nikahi

    Boleh,.

  42. afwan bukannya itu sederajat ama tante/bibi

    yang disebut bibi itu adalah saudarinya ibu kita, atau saudarinya bapak kita,. itu disebut bibi , istilahnya bude atau bulik,.

    kalau bibi itu mahram

  43. SePerti pertanyaan di atas tapi saya mau nanya lagi.

    jadi nenek saya mempunyai adik kandung perempuan dan adik nenek saya mempunyai anak perempuan dan saya menyebut ke anak perempuan adik nenek saya itu dengan sebutan bibi apa itu masih bisa berhubungan menikah

    kalau di indonesia, pembantu wanita juga disebut BIBI, padahal itu bukan bibi, dan boleh dinikahi,

    bibi itu adalah saudari ibu kandung atau saudari bapak kandung, kalau saudarinya nenek punya anak, ya boleh lah anda menikahinya

  44. Beneran boleh ?
    Tapi kata orang orang bilang gak boleh soal nya itu hubungan nya deket banget

    Agama islam membolehkan, jadi ga usah dihiraukan anggapan masyarakat yang melarang hal tsb

  45. Tapi setau saya sih gak boleh mas

    itu kan Setahu anda,

    Tapi menurut islam, itu boleh,
    Jika kita mengaku beragama islam, maka ikut aturan islam, bukan aturan saya, atau aturan masyarakat yang berntetangan dengan islam

  46. Asslammu’alaikum..
    saya mau bertanya, saya berencana untk menikah, tp ortu saya td merestui dikarnakan kami tdk sah nikah..

    Krn dulu kakek kandung dr calon saya masuk keluarga ke kakek kandung saya, katanya pakai sumpah dan tak sah nikah bagi cucunya nanti 7x keturunan…

    Dan itu di adat haram hukumnya. Saya sangat sedih dgn permasalahan ini.. Mohon jawab
    ..terimkash

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Boleh menikah, ga usah dianggap ucapan kakenya tersebut,

  47. Apa boleh pacaran sama sepupu dari mama saya sendiri

    Pacaran itu perbuatan HARAM, jadi ga boleh pacaran sama siapapun jug,.
    Pacaran itu jalan setan menuju zina
    Pacaran itu belajar selingkuh
    Pacaran itu belajar menjadi pelacur murahan

  48. Nnek sy pnya kakak dn kakaknya pnya anak ,, anaknya ini pnya anak ”bolehkah saya mnikah dgnya?”

    Boleh, menikah dengan sepupu saja boleh, apalagi ini lebih jauh dari sepupu

  49. apakah satu buyut dari kakek bersaudarah apakah bisa untuk menikah?

    Cucu dengan cucu saja boleh menikah, padahal satu kakek, apalagi satu buyut,

  50. saya pya mbah dan mamax saya anak dari mbah say…..
    saya mau bertanya mbah saya ty pya kk dan dia mempunyai anak perempuan….
    apakah saya bsa menikahi anak dari kk mbh saya…

    Boleh,

  51. saya pya mbah dan mamax saya anak dari mbah say…..
    saya mau bertanya mbah saya ty pya kk dan dia mempunyai anak perempuan….
    apakah saya bsa menikahi anak dari kk mbh saya…

    Boleh, menikahi sepupu saja (cucu menikah dengan cucu saja boleh)
    Apalagi lebih jauh dari itu

  52. Saya seorang perempuan saya ingin bertanya, alm.

    Kakek saya punya adik laki laki, jadi sayapun memanggilnya kakek, dan adik dari alm.

    Kakek punya seorang anak laki laki, apakah saya boleh menikah dengan anak laki laki dari adik alm. Kakek saya?

    Menikahi sepupu saja boleh, apalagi yg lebih jauh lagi seperti yg kamu ceritakan, ..
    Jadi boleh menikah dengannya

  53. afwan saya mau nanya apakah boleh, saya (laki”) punya paman yang sudah menikah dan istri’y punya adek apakah saya bisa dengan adek dari istri paman saya ?

    Boleh,

  54. Assalamualaikum..
    saya mau tanya..ayah saya punya saudara perempuan yaitu mbaknya ayah saya. mbaknya ayah saya itu punya anak laki”. dan anak laki” itu menikah. trus punya anak perempuan . boleh gk saya menikah dengan anak perempuan itu.. tapi dia manggil aku om. trus mangil ke dua orang tua.ku nenek/embah..

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,..
    Boleh menikahinya, bahkan misalkan menikahi anaknya saudari ayah (sepupu) saja boleh, apalagi menikahi anaknya sepupu,

  55. Assalamualaikum,,

    saya mau tanya ayah saya pnya saudara laki2 dia pnya anak,laki2 n anaknya pnya anak lgi prempuan jdi dia cucu dri saudara ayah sayah,,, apa boleh kami menikah,, mohon pnjelasannya

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,

    Boleh

  56. Assalamualaikum
    saya mau tanya..
    Bolehkah saya menikah dengan cucu Tante saya.. mohon pencerahannya..

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,

    Tante itu bibi yah?
    Menikah dengan anaknya tante saja boleh, apalagi dengan cucunya

  57. assalamualaikum
    saya memiliki abang, dia anak dari bibi saya.
    Abang sepupu ini memiliki anak perempuan dan saya menyukainya.
    apakah saya bisa menikahinya?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Boleh, dengan sepupu saja boleh, apalagi anaknya sepupu,

  58. asalqmualaikum

    saya ahmadt asl bndung saya udh lma dekt sama adik seppupu dri bibi saya dan sayh lma” mlh sukq sama adik sepupu sy dan berniat untuk d jadikqn pacr.

    pertanyaan saya blehbkh kita mmempacri\mnikhi adik seppupu dri bibi kita?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Anda haram hukumnya MEMACARI adik sepupu anda, tapi HALAL menikahinya,

    Jadi menikah saja dan tidak usah pacaran, karena pacaran itu belajar menjadi pelacur murahan, belajar selingkuh

  59. Assalamualaikum Wr. Wb,
    Saya adalah seorang perempuan, apa boleh saya menikah dengan anak dari adik kake saya?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh

    Boleh

    • Tetapi ada yang bilang bahwa dia bisa menjadi wali saya, menurut pandangan anda seperti apa?

      Tidak bisa menjadi WALI, dia bukan mahram anda koq, bahkan boleh nikah, jadi ga bisa menjadi wali anda

  60. Asslmkm wr wb
    Sya seorang prempuan..bolehkah sya menikah dg anak adik nenek saya..tpi nenek sya dg adik ny cma stu bpak..trmkasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Boleh

  61. Nenek saya sama neneknya orang tua, orang yg saya suka kakak adik..
    Apakah saya boleh jikalau saya menikahinya..

    Bingung saya memahami pertanyaan anda, tolong jelaskan lagi

  62. Saya seorang suami, bolehkah saya menikahi keponakan istri (anak kakak ipar/perempuan)

    Tidak boleh jika istrinya masih menjadi istrinya, beda halnya jika dia sudah cerai dengan istrinya, maka baru boleh menikahinya

  63. assalamu’alaikum,
    sy mau nnya. kakek saya mempunyai saudara laki-laki terus punya cucu cewex, boleh gk saya menikahi cucu dari saudara kakek saya. tq

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,.
    Boleh

  64. Assalamualaikum wr.wb
    saya mau tanya bisakah saya menikah dengan paman saya yang dari ..
    Kakek saya punya adik kemudian punya anak laki-laki kemudian kakek saya punya anak dan itu bapak saya. apakah saya bisa menikah dengan anaknya adik kakek saya ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    Boleh,
    Jika bapakmu punya kakak atau adik, lalu kakak atau adiknya punya anak, maka itu namanya sepupu, nah sepupu dengan sepupu itu bkn mahram, jadi boleh menikah, apalagi ini anaknya adik kakek, ya jelas BOLEH

  65. Nikah dgan anak sepupu gimana? Yg brrti sudah ponakan kita.

    Anaknya sepupu itu bukan keponakan, keponakan itu adalah anaknya saudara kita, dan keponakan itu mahram, kalau anaknya sepupu bukan mahram, sepupu saja bukan mahram dan boleh menikah, apalagi anaknya sepupu, boleh dinikahi

  66. assalamu’alaikum wr.wb,
    mau tanya pak apabila A dan B adalah cucu dari kakek tetapi beda nenek.apakah A dan B bisa menikah???

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

    Walaupun masih satu kakek, satu nenek saja boleh menikah, itu kan namanya SEPUPU

  67. Assalamu’alaikum wr.wb
    Saya mau tanya.
    bapak saya punya KK laki2.dia mempunyai anak perempuan.bolehkah saya menikahinya?
    Kalaupun boleh yg saya bingung siapa yg akan menjadi walinya sedangkan bapak saya saja bisa menjadi walinya

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Bisa saja, tapi itu urutan ke tiga, jika tidak ada kakek, tidak ada anak / saudara laki-laki si wanita tersebut,

    Wali itu hanya bagi wanita saja, siapa walinya dalam hal ini, yang menjadi wali tentu ayah si wanita tersebut, yaitu kakaknya bapak anda atau disebutnya adalah PAMAN ANDA, jika bapaknya tidak ada atau sudah meninggal, yang berhak menjadi wali adalah KAKEK dari pihak laki-laki, jika tidak ada maka saudara laki-lakinya si wanita tersebut,.
    Jika tidak ada, baru paman dari pihak laki-laki, yaitu ayah anda contohnya,
    Selengkapnya tentang urutan wali bisa dibaca di sini

  68. Assalamu’alaikum wr.wb
    Saya mau tanya
    Bapak saya punya KK laki2.dia punya anak perempuan bolehkah saya menikahinya?
    Kalaupun boleh siapa yg akan menjadi walinya sedangkan bapak saya saja bisa jadi walinya.
    Dan bagaimana penjelasannya agar hubungan kami di setujui?
    Terimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Itu namanya SEPUPU, dan SEPUPU itu bukan MAHRAM, alias boleh dinikahi,.
    Dalilnya adalah ALQURAN,.
    Wali itu hanya bagi wanita saja, siapa walinya dalam hal ini, yang menjadi wali tentu ayah si wanita tersebut, yaitu kakaknya bapak anda atau disebutnya adalah PAMAN ANDA, jika bapaknya tidak ada atau sudah meninggal, yang berhak menjadi wali adalah KAKEK dari pihak laki-laki, jika tidak ada maka saudara laki-lakinya si wanita tersebut,.
    Jika tidak ada, baru paman dari pihak laki-laki, yaitu ayah anda contohnya,
    Selengkapnya tentang urutan wali bisa dibaca di sini
    cara menjelaskannya, PRINT saja artikel ini, lalu suruh mereka baca, karena memang banyak masyarakat yang tidak paham kalau SEPUPU ITU BOLEH DINIKAHI, DAN SEPUPU ITU BUKAN MAHRAM,

  69. Ayah saya menikah dengan wanita yg sudah punya anak..apakah saya boleh menikah dgn anaknya wanita(jadi ibu tiri saya) yg dinikahi ayah saya..

    Boleh, karena saudara tiri itu bukan mahram, jadi anda boleh menikahi anak bawaan ibu tiri anda

  70. Assalamualaikum

    saya ingin mahu tahu pasal ini..

    saya ada bapa dan bapa saya ada kaka dan bapa saya punya kaka ada anak perempuan ada kah kita buli berkhawin dengannya (anak perempuan) itu..

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,

    Boleh menikah, karena itu sepupu namanya

  71. Assalamualaikum.
    Saya mahu tanya ibu saya menikah dengan ayah tiri dan ayah tiri saya sudah mempunyai anak dan cucu dari isteri pertamanya.. Apa boleh saya nikah dengan cucunya biarpun dia sebaya dengan saya?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Menikah dengan saudara tiri bawaan ayah tiri saja boleh, apalagi dengan cucu, ,.
    itu boleh,

  72. assalamualaikum
    saya keponakan dari paman, dan calon keponakan dari bibi, apakah dibolehkan menikah? bagaimana hukum pernikahannya, trima kasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Boleh,

  73. Assalamualaikum
    Mau nanyak ni akhi,saya kan punya mak uo terus mak uo saya itu punya anak perempuan,anak mau uo saya itu punya anak perempuan,apakah boleh dinikahi akhi…
    Sekian terimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    mak uo itu apa ya, apakah bibi? atau kakaknya ibu anda? jika iya, maka jika kakak ibu itu punya anak, itu namanya sepupu, sepupu itu bukan mahram dan boleh dinikahi

  74. Assalamualaikum…
    Saya mau bertanya
    Bapak saya mempunyai Kaka,trus Kaka nya bpak saya mempunyai cucu,,apakah saya boleh menikah dengan cucu nya ??
    Tolong pencerahannya

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    BOLEH,dengan anaknya kakak bapak saja boleh, itu sepypu namanya, apalagi dgn cucunya kakak bapak,

  75. Saya seorang perempuan

    1. Ibu saya pny adik laki-laki yg biasa dipanggil om, apakah saya blh salamam dgn om tsb?

    Boleh, itu adalah PAMAN, dan paman itu adalah mahram, jadi boleh saja berjabat tangan jika tidak ada fitnah,

    2. Saya memiliki kakak perempuan yang mana kakak perempuan saya tsb memiliki anak laki-laki, apakah saya dgn anak laki-lakinya kakak perempuan saya itu adalah mahram?

    Iya, berarti anaknya kakak itu adalah keponakan anda, anda bibinya si keponakan, keponakan itu mahram,

  76. Syukron, artinya saya boleh nikah dengan anak tirinya paman saya. Paman itu adik kandung ibu saya.

    Dgn anak paman saja boleh, apalagi anak tirinya,

  77. Assalamualaikum…
    Apakah saya boleh menikah dengan anak nenek tiri saya?

    Jika boleh apakah benar jika menikah dengan saudara waulupun saudara jauh, itu ada akibatnya(misalkan salah satu keluarga mempelai ada yang gila bahkan keturunan saya dapat cacat?

    Mohon penjelasan nya…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Seorang anak menikah dgn anak tiri bawaan ibu tiri saja boleh, apalagi dengan anak nenek tiri,
    Tidak benar akan terjadi hal yang negatif jika menikahbdgn kerabat dekat, itu cuma mitos yg menyesatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*