Dialog Tentang Makna Sunnah Dan Hadits, PLUS VIDEO

Apa Arti Sunnah , Apa Arti Hadits?

pengertian sunnahAhlu Sunnah adalah Ahlul Hadits

Iman = Kang Tolib , kenapa sih sekarang berjenggot dan celananya gantung….?

Tolib = karena ini sunnah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam man…
Iman = lha itukan cuma sunnah kang . Ngapain di ikutin . Malu lagi dikatain kaya kambing, mirip teroris, dan di olok-olok kaya orang kebanjiran..?
Tolib =Tapi man nabi mengatakan sekaligus mempraktekannya…
Iman = iya lib… tapi itu tuh hukumnya sunnah….
Tolib = emang menurut kamu sunnah itu apa man…?
Iman = ya menurut saya sih sunnah itu dilakukan dapat pahala , tidak dilakukan ga apa2…
Tolib = Ooo….
Tolib = sekarang saya yang tanya boleh kan man…?Iman = ya tanya apa… ?Tolib = kan dalam Al’ Quran, Allah memerintahkan shalat… nhaa, darimana kamu tau klo nabi itu shalat kaya yang biasa kita lakukan…?

Dengan yakin iman menjawab…
Iman = ya dari hadist lah …

Tolib = hadist itu apa man…?

Iman = hadist itu perkataan , perbuatan , dan takrir nabi shalallahu allaihi wassallam…

Tolib = bener man…
Tolib = dari pernyataan tadi, ada kesamaan gak antara definisi sunah yang tadi dengan definisi hadist yang barusan kamu sampein…?

Setelah mikir sebentar iman menjawab…

Iman = ada lib…

Tolib = apa tu man …?

Iman = adanya keterangan / perkataan dan pelaksanaan /perbuatan

Tolib = nhaah bener lagi tuh man…
Tolib = sekarang ada 2 istilah yaitu ada SUNNAH Ada HADIST kanapa namanya beda tapi artinya sama? yaitu adanya perkataan dan perbuatan…?
Tapi kalo sunnah itu di tinggal kan menurut kamu ga apa-apa

Tolib nanya lagi…

Tolib = Kalo Hadist di tinggalkan boleh ga man…?

Iman = Ya ada yang boleh di gunakan ada yang boleh di tinggalkan…

Tolib = lho ko bisa gitu man…?
Berarti Sunnah dan Hadist statusnya sama dong…
” ditinggalkan boleh dilaksanakan boleh “

Iman mulai bingung…
Kemudian Tolib nanya lagi…

Tolib = Sekarang saya tanya man…
gerakan-gerakan dalam shalat itu kan hadist , karna tadi kamu sebutkan bahwa kamu tau gerakan shalat itu dari hadist…
Sedangkan kamu tadi bilang meninggalkan Hadist itu boleh…
Berarti boleh dong kita ninggalin ruku atau sujud dalam shalat…?
* ninggalin ” tanpa ruku/ sujud ” *

Iman = ya ga boleh lah lib…
Kan itu rukun. Rukun itu hukumnya wajib….

Tolib = katanya ruku dan sujud itu hadist….?
Yang kata kamu hadist itu bisa di tinggalkan dan bisa di laksanakan…
Sekarang saya milih buat ninggalin ruku dan sujud…
Knapa Ruku dan Sujud Hukumnya berubah Jadi rukun yang hukumnya wajib…
Perasaan dari tadi kita ngobrol Sunnah dan Hadist ga ada hukum wajibnya man…?

…senyum…
@Rahmat Rijalun | Biak – Papua ۞ 2 Syawal 1435H

sumber : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10202533349563559&set=a.2047519236177.2102765.1490312357&type=1&theater
Kesimpulan dari dialog diatas,. Makna sunnah yang dipahami bukanlah seperti itu, Dikerjakan berpahala, ditinggalkan tidak berdosa, ini adalah sunnah menurut ahlil fikih,
Yang dimaksud sunnah sudah pernah diposting, silahkan baca disini
Apa arti sunnah? simak videonya
[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=8NLX4PN3Dg8&rel=0]

 

Print Friendly, PDF & Email

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*