Kalau Rokok Tidak Berbahaya, Kenapa Ada Peringatannya Di Bungkusnya,Di Tempat Umum,Di Rumah Sakit,Sekolah

Kenapa Rokok Itu Haram??? Kenapa ya??

rokok6Mungkin sebagian pembaca ada yang menanyakan sebagaimana hal diatas, berikut ini saya nukilkan juga sebuah pertanyaan yang pada intinya itu sama, berikut ini nukilannya:

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum. saya pengin nanya masalah merokok,kenapa merokok itu kok di haramkan dan ada pula yang memakruhkan,coba tolong jelasin ya..? Mohon di balas. Putri lumajang, syukron , apa jawabannya??

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullah. Saudariku di Lumajang, terimakasih atas kepedulian anda. Mengapa rokok diharamkan? Maka kami balik bertanya, “Mengapa rokok tidak diharamkan?” dewasa ini – khususnya setelah muncul fatwa MUI – rokok menjadi bahan perdebatan dan diskusi yang ramai dan disiarkan beberapa hari di stasiun televisi, pendek kata antara pro dan kontra.

Kami tidak bermaksud berpanjang kata, cukuplah bagi kita yang mau berpikir dengan sehat, sebuah pernyataan yang dibuat oleh produsen rokok sendiri yang ditempel di bungkus rokok, berbunyi

“Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.”

Pertanyaannya sekarang, mengapa pembuat/produsen rokok sendiri mau menyatakan demikian? Jelas karena mereka tahu bahwa rokok membahayakan kesehatan, coba anda perhatikan sederet penyakit berat yang terpampang di bungkus rokok.

Belum lagi kalau anda ke rumah sakit, puskesmas dan semisalnya, terpampang dengan jelas sekali di dinding pamflet atau leflet yang menyebutkan kandungan rokok yang terdiri dari sekian ribu jenis racun yang berbaya  bagi manusia.

Kemudian mengapa pula ada beberapa perda seperti di DKI Jakarta yang melarang merokok di tempat umum karena membahayakan orang lain? tidak ada alasan apapun yang disebutkan tentang rokok kecuali, BAHAYA DAN RACUN YANG MEMATIKAN.

Ada yang bilang merokok itu bermanfaat, karena bisa membantu seseorang konsentrasi dalam berpikir!

Masa iya sih?!

Kami jadi khawatir jangan-jangan ketika ada orang yang kebiasaannya mencuri, lalu kita katakan kepadanya bahwa mencuri tidak apa-apa karena bisa menyenangkan dirinya, sebab kalau tidak mencuri ia sakit!!!

Atau orang yang terbiasa “jajan” mencari kesenangan dengan wanita pelacur, jika tidak dituruti maka kepalanya “nyut-nyutan” terus kita bilang kepadanya, “Ga papa kok, terusin aja!”

Akhirnya kita hanya melongo dan …. “Weleh-weleh”

Intinya, merokok merupakan tindakan yang membahayakan diri, keluarga, keturunan, juga orang lain, itu sama dengan zalim, dan tidak ada agama manapun yang membolehkan seseorang berbuat zalim, apalagi Islam!

Di barat saja, burung dilindungi tidak boleh dizalimi, masa di negeri kita nyawa orang dicuekin? Kesian amat ya kita!

Mudah-mudahan Allah melimpahkan rahmat dan petunjuk Nya kepada kita semua, sehingga bisa mengisi hidup ini dengan mengikuti atura yang telah Allah gariskan kepada manusia.

Sumber: www.qiblati.com

You May Also Like

15 Comments

  1. sy setuju dgn bahaya rokok,tapi belum setuju karena bahayanya terus diharamkan belum pass dalilnya.itu alasan sy msh terus merokok,

    Mudah-mudahan Allah mudahkan mas untuk meninggalkan rokok, karena menganggap belum pass dalilnya, padahal dalilnya sudah sangat jelas, dalam alquran juga disebutkan tidak boleh menjerumuskan diri ke dalam kebinasaan, dan didalam rokok, banyak sekali zat-zat yang menyebabkan pelakunya binasa, bahkan membahayakan orang-orang yang berada disekitarnya yang tidak merokok,.. sudah mendzalimi diri sendiri, dan lebih mendzalimi lagi orang-orang di sekitarnya

    kalau alasannya karena bahayanya masih banyak lg yg lebih bahaya tapi tdk haram,contoh kebut2tan dijalanan,tdk pakai helm,dll.

    Saya kasih permisalan mudah saja mas, jika ada makanan yang enak, tapi dalam bungkus makanannya tersebut dicantumkan, makanan ini bisa menyebabkan kanker, gimana kira-kira makanan ini, apakah laku dijual? mungkin digratiskanpun gak ada yang mau memakannya, . lihat rokok, bukan penyakit kangker saja, bisa impoten,jantung,gangguan janin, dan masih banyak lagi,.. kok pada mau?
    Sungguh rokok telah membuat orang pinter jadi orang yang sangat bodoh,
    seorang profesor menjadi anak yang lebih bodoh dari anak SD,

    Untuk hukum kebut-kebutan di jalan , apalagi tdk pakai helm, ini juga haram, bisa membahayakan diri sendiri, juga sangat membahayakan orang lain, bahkan jika dia mati dalam kebut-kebutan, maka dia bisa dihukumi mati bunuh diri,.. dan hukuman kelak di akherat, dia akan dihukum sebagaimana cara bunuh dirinya,

    tapi bener sy akan mengharamkan merokok apabila sampai anak saya tidak bisa sekolah gara2 tidak mampu membiayainya untuk sekolah.

    Jika anda mempunyai rumah dan mobil banyakpun, hukum rokok tetap haram, .. dan yang berhak mengharamkan atau menghalalkan itu bukan hak manusia, tapi hak Allah, dan Allah sudah mengharamkan hal-hal yang bisa membinasakan manusia,.
    Bahkan rokok adalah sang pembunuh berdarah dingin,
    Rokok adalah pembunuh bayaran, dan yang membayar itu adalah orang yang mau dibunuhnya, dan yang akan dibunuh adalah pelaku perokok, dan orang-orang yang tidak bersalah yang ada disekitarnya,
    Sungguh betapa kejamnya,.. anda membayar mahal untuk kematian anda sendiri, dan untuk bunuh diri yang akan anda lakukan,.. tidakkah anda berpikir,.. akan mati sia-sia, dan membayar untuk kematian anda dan orang-orang di sekitar anda yang anda sayangi, … ingat, perokok pasif lebih berbahaya,.. dan dosanya bagi perokok aktif yang menyebabkan perokok pasif mendapatkan bahaya karena hal tersebut,.

    tks.mohon maaf ini hanya pendapat pribadi ya

    Hendaknya anda mengedepankan hukum Allah daripada pendapat pribadi, bukankah yang menciptakan anda adalah Allah?
    Allah sudah menetapkan hukum tentang hal-hal yang dapat menjerumuskan pelakukanya kedalam kebinasaan, dan diantaranya adalah rokok,.. dan barang-barang lain semisalnya,

    mas gusiadi, tonton video ini mas, simak baik-baik ya,

    [youtube=http://www.youtube.com/watch?v=JIRdHZubIZU]

    1. Jika yang mengandung bahaya/racun dihukumi haram, saya sangat tidak sependapat.
      Bagaimana dengan makanan mie instan? (mie instan berbahaya lho, coba digoogle deh bahaya mie instan) dan mie instan ini dihukumi halal.

      Terimakasih kang bagus,.komentar yang bagus,.
      Memang banyak makanan yg halal yang mengandung zat yang bisa berbahaya, jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu, anda memberikan contoh mie instant, padahal masih banyak lagi, contoh jengkol, jika terlalu banyak bisa membuat jengkolen, atau bisa mabuk jengkol,.
      contoh lain lagi adalah emping melinjo buat penderita penyakit darah tinggi, dan banyak lagi,
      Namun itu adalah hal yg dipaksakan,. padahal kalau memasaknya benar, juga jangan terlalu sering, itu tdk mengapa,.
      Lihat pula bungkus mie instant, ada label halal, dan tdk ada peringatan pemerintah, mie ini bisa menyebabkan IMPOTEN,kanker, dll, beda dengan rokok, sudah tidak ada label halal di bungkusnya, PLUS ada peringatan pemerintah, merokok dapat menyebabkan IMPOTEN, satu penyakit ini saja sdh membuat org berpikir,.. ngga mau lah kita jadi IMPOTEN

      jika dibungkus roti ada tempelan, roti ini bisa menyebabkan IMPOTEN, dijamin roti tsb ngga laku dijual mas, dikasih gratis juga ngga bakal mau, jika anda yg jadi tukang jualan rotinya, mungkin anda akan digebukin oleh para istri yg suaminya dikasih roti sama anda,.. bikin IMPOTEN suami orang,..

      Kalau rokok, kenapa tetap laku?
      Karena rokok itu dibuat utk orang yg tidak bisa baca mas,. utk kalangan orang2 bodoh yg mau dibohongin,.

      1. Silahkan berpegang pada pendapat saudara, saya hanya pengen berkomentar dan saya pun punya dalil sendiri atas rokok. Saya ikut kepada ulama yang tidak menghukumi rokok haram tapi sebatas makruh.
        terimakasih.

        dalilnya mana kang bagus,. silahkan sampaikan disini, yang disebut dalil itu adalah dari quran atau hadits,dan perkataan sahabat,. selain itu bukan disebut dalil,. silahkan tunjukan dalil anda.

      2. Mas…
        Saya merokok tiga batang sehari
        Dan masnya makan 3 bungkus mie instan sehari.
        Ayo cepat mana kira2 kena penyakitnya.

        Gausah muluk2
        Saya merokok 1 pack / bungkus perhari
        Masnya makan mie instan 1 bungkus saja sehari.
        Gausah lama2 bgt 3 bulan dipastikan masnya kena usus buntu.

        Jelas cepet mati yg merokok 1 pack perbungkus,

        Merokok ga bikin kenyang, kalau makan mie kenyang

        Kenapa mie gak haram? – jawabnya karena dipaksakan bisa bikin penyakit. Coba kalo konsumsi sewajarnya
        Ya kalo merokok cuman seminggu sekali juga gak haram dong klo begitu,, yg tiap hari merokok satu pack / bungkus dalam 3 bulan gk kena kanker. Rokoknya dihukumi haram.

        Makan mie instan tiap hari sebungkus aja ? Dipastikan mengalami masalah kesehatan, kok mie instan gak haram.

        Mie instan kalo dikasih peringatan : Awas konsumsi setiap hari akan cepat terkena kankernya lebih dari rokok.

        Ya gak laku mie instan nya

        Rokok itu haram secara dzat nya, bukan karena banyak atau sedikitnya,

        Mau merokok sebulan cuma sebatang, tetap haram hukumnya, apalagi sebungkus sehari

        Khamr haram, apakah ada manfaat khamr? Ada, tapi karena haram secara dzatnya, mengkonsumsi sedikit juga haram.

        Mie instan itu halal,
        Adapun berlebihan mengkonsumsi yang halal juga tidak baik, konsumsi secukupnya,

        Contoh, garam halal ngga ? Jelas halal
        Coba anda makan segelas air minum diisi 10 sendok garam, atau dua puluh sendok garam, kira2 seperti apa dampaknya?

        Cuka itu halal tidak? Jelas halal,
        Silahkan coba minum cuka 5 sendok, gimana dampaknya?

        Yang berlebihan itu memang bisa membahayakan , makanya jangan berlebihan

  2. Kalo ada orang yang keras kepala tidak mau menerima jika rokok hukumnya haram karna katanya tidak ada dalil khususnya?

    maka tanyakan kepadanya, apa hukum Narkoba seperti extacy, sabu2, ganja, dll? maka secara fitrah dia akan menjawab haram, lalu katakan mana dalilnya?

    tentu dia akan bilang tudak ada, lalu tanya lagi tapi kok haram, dia akan bilang kan membahayakan dan merusak, maka katakan apa bedanya dengan rokok…

    Terimakasih akhi, sebenarnya dalilnya sudah tercatat di bungkusnya, tidak usah nyari dalil yang lain, sudah sangat jelas,
    Belum lagi rokok itu tidak ada masa berlakunya, tidak seperti makanan atau obat,

  3. sy pernah mendengar di tv bhw ada yg bertanya kpd Din syamsudin kl memang rokok itu haram jrn kandungannya berbahaya,maka berarti memakan jeroan jg sama bahayanya krn bs berbahaya bg kesehatan orang tsb…bagaimana tanggapan dr pernyataan ini akh ? jazakollah khair katsiran

    Terimakasih mas ari,
    Pengkiasan seperti itu, adalah pengkiasan yg sangat batil,
    Ada makanan yang halal, tapi bisa menjadi haram bagi orang-orang tertentu, bahkan bisa dianggap dia melakukan bunuh diri,
    Contoh, jika ada orang yang mempunyai penyakit diabetes tingkat tinggi, jika dia makan gula dia bisa mati, maka gula bagi dia haram hukumnya, padahal hukum gula itu adalah halal,

    Kalau rokok, di bungkusnya saja sudah ada peringatan, bisa menyebabkan kanker,sakit jantung,impotensi,dan gangguan janin,
    Maka tidak heran, rokok itu bikin otak profesor menjadi otak anak jalanan, bahkan mungkin lebih buruk lagi, apalah artinya titel setinggi langit, tapi mengatakan rokok itu tidak haram, tidakkah dia bisa membaca tulisan?? atau mungkin sudah buta huruf??

    Kalau dikiaskan dengan jeroan, ya, jeroan bisa haram bagi pendrita kolesterol, jika memang karena jeroan tsb bisa menyebabkan dia sakit bertambah parah,

    Sekarang gini saja, jika perbuatan itu baik, maka akan diajarkan kepada anaknya, istrinya,atau saudara2nya,
    Jika merokok itu baik, sudah tentu kita ajarkan istri kita utk merokok, anak kita dari kecil diajarin merokok,

    Kalau bertanya tentang hukum rokok kepada orang yg doyan ngerokok, maka berbeda jawabannya,

  4. Assalammualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    … Klo rokok itu haram, bagaimana dengan pekerjanya … Bagaimana dengan petani tembakau …bagaimana penjual rokok nya, Dan seterusnya… Apa mereka juga termaasuk mendapatkah hasil haram…. Klo penghasilan mereka haram … Itu arti nya keluarga mereka juga memakan yg haram …. Sedangkan kita tahu ribuan orang ato buruh pabrik rokok, petani tembakau, penjual rokok … Apakah mereka ….. Allahhualam …

    Terimakasih mas dedy,..
    Betul sekali mas, itu pendapatan yg haram,
    Dan mungkin negara kita rusak begini, karena devisa rokok besar juga, jadi negara dibiayai dari hasil yg haram, makanya negara kita seperti ini, karena sumber devisanya dari harta haram,

    Selamatkan buruh rokok dari harta yang haram, sehingga menyebabkan mereka diadzab di neraka kelak,baca postingannya disini

  5. Hukum asal makanan dan minuman adalah halal/mubah.
    Hukum ini berasal dari Al Qur’an dan Hadits.
    hukum ini akan berubah sesuai dengan kondisi makanan/minuman, situasi/kondisi dan orang yang memakan dan meminumnya.
    Rokok tidak disebutkan dalam Al Qur’an dan HAdits, jadi Hukumnya halal/mubah.
    Jangan mengubah Hukum tanpa menyebut hukum dasarnya.
    Mengharamkan makanan adalah Hak Allah. Apakah kalian mengira Allah lupa akan hukum-hukum-Nya ??
    terimakasih

    Terimakasih kang Bagus ,.
    saya tambahkan, narkoba juga tidak disebutkan dalam alquran dan hadits,
    sabu-sabu juga tidak disebutkan dalam alquran dan hadits,.
    Jadi kedua barang tersebut jadi HALAL/MUBAH ya,..

    Ooh,. baru ngerti saya, baru sadar,.. okelah, ayo mengkonsumsi narkoba dan sabu-sabu,… mau kang?? he..he..he..
    Saya sih masih punya otak waras, jadi berpikirnya masih waras,.
    Berbeda kalau sdh sering ngerokok, dijamin langsung buta huruf,. wong dibungkusnya saja sudah ada dalil yg cukup mengerikan,. MEROKOK bisa menyebabkan IMPOTEN, ini saja sudah ngeri,. ditambah menyebabkan KANKER, PENYAKIT JANTUNG, GANNGUAN JANIN,..

    Mau anda jadi IMPOTEN kang?

    1. Sudah saya katakan Allah tidak lupa akan hukum-hukumnya.

      Betul sekali kang bagus,. Allah sudah menetapkan hukum2, dan apa2 yang membahayakan manusia, allah sudah membuat rambu2nya, agar manusia menghindari hal2 yg membahayakan tsb

      Mau tau hukum narkoba dan sabu-sabu? Narkoba dan sabu-sabu itu dihukumi haram karena MEMABUKKAN. SIlahkan cari sendiri dalil hadits tentang yang MEMABUKKAN itu haram. Rokok tidak bisa disamakan dengan narkoba/sabu-sabu karena rokok tidak memabukkan.
      Mudeng kang?

      Kalau rokok bukan memabukkan kang, tapi mendatangkan bahaya yg menjerumuskan pelakunya kepada kebinasaan, bahkan orang2 di sekitarnya itu kena imbas lebih besar, terkena resiko yg lebih besar, karena menjadi perokok pasif,.
      Kang bagus belum mudeng juga ya, apa yg tertulis dalam bungkus rokok?? Apakah tulisan tersebut menunjukkan kalau rokok itu baik atau buruk? itu buruk kang,.
      Paling tidak ada dua dalil untuk mengharamkan rokok ini, yaitu dalil tentang terlarangnya menjatuhkan diri dalam kebinasaan, dan larangan mengkonsumsi hal-hal yang buruk,.

      sudah mudeng atau belum kang?

  6. Assalamualaikum…
    Trima kasih atas penjelasannya,,!!!
    Sya mo nnya ne..
    Cara berhenti merokok gmna ya?…
    Soalnya saya udah dri SD merokok
    susah gan buat brhenti.
    pdhl sya udah yakin 100% rokok haram

    Wa’alalikumussalam warahmatullah
    Alhamdulillah, anda sudah menyadari jika rokok itu haram,
    Mudah-mudahan Allah mudahkan anda utk segera berhenti secara total dari candu rokok ini, pelajarilah ilmu agama, sehingga mas sofyan semakin mengenal dampak dari sesuatu yang haram, apalagi berbahaya,. kita tidak boleh membahayakan orang lain, juga diri sendiri.
    Badan kita bukan milik kita sendiri, tapi milik Allah, Allah akan mintai pertanggungjawaban kelak di akherat,

    Bergaullah dengan teman2 yg bisa membawa anda kepada kebaikan,

    mungkin dulu mas sofyan pernah dengar tentang daging ayam yg mengandung formalin,.. begitu hebohnya, dan masyarakat tidak mau mengkonsumsi. padahal ini baru satu dzat,.. beda dg rokok, dalam bungkusnya pun sdh disebutkan bahayanya,.. apakah itu cuma basa-basi? tidak,.. itu betulan,.

    asal mas sofyan berusaha, insya allah bisa, bisa berhenti total, bisa juga mulai dikurangi, hingga akhirnya bisa total,

    Ingat mas, usia kita, hanya allah yg tahu, berapa tahun usia kita? besok kita masih hidup atau tidak, kita tdk tahu,.
    apakah anda mau, allah cabut nyawa anda, ketika anda sedang merokok?? sedang menkonsumsi barang yang haram, tentu ini akhir dari kematian yg buruk,.

    Kita berlindung kepada Allah dari akhir kematian yg buruk,

    Dan bagi pecandu rokok yang sdh sangat akut,kronis,.. memang KUBURAN lah satu2nya yg betul2 akan menghentikan kebiasaan buruk tersebut,. yaitu kematian,. para perokok itu sedang mempercepat kebinasaannya, dan kebinasaan orang-orang disekitarnya,.. dosanya bertumpuk-tumpuk, menyakiti diri sendiri, dan menyakiti orang2 yg dicintainya yg ada disekitarnya, istrinya, anaknya, juga tetangga dan sahabat2nya,.

    Istilahnya, mau bunuh diri kok ngorbanin org lain juga, bahkan perokok pasif lebih menerima dampak yg berbahaya,.. apakah anda berpikir hingga jauh kesana,.. peduli kepada org2 di sekitar anda,,

    Anda ingat teroris bom bunuh diri? dia meledakkan dirinya , dengan maksud ingin membunuh orang2 disekitarnya karena kebencian dia kepada org2 tsb,.

    tapi perokok,..

    dia ingin membunuh dirinya dengan suka cita, dan membunuh orang2 disekitarnya dengan suka cita dan bangga,, dan anda membayar mahal untuk itu,.

    maaf, mungkin agak keras tulisan diatas,. tapi mudah2an semakin mendorong anda untuk meninggalkan rokok tsb,.

  7. Assalamu’alaikum mas
    kemaren saya baca salah satu artikel dari yang intinya” produsen rokok teebesar adalah bangsa yahudi,

    TAPIII..

    mereka mengutuk bila produknya dikonsumsi di negaranya.. karena asapnya selain mengganggu kesehatan bisa merusak gen ato apalahh.. yang berakibat pada keturunan mereka akan kurang cerdas, kurang sehat, penyakitan dll gara2 asap rokok.

    dan mereka membiarkan bangsa2 lain menikmatinya agar tambah bodo, & penyakitan (dari awal mereka sudah meneliti bahaya rokok)..

    dan mereka tambah kaya, karena keuntungan dari bisnis rokok itu luar biasa..

    trus uangnya buat mbunuh sodara2 kita secara langsung maupun tidak langsung.. ( liciknya nggak ketulungan kita yang mau dibunuh, kita yang disuruh nyumbang, TAPI ITULAH FAKTANYA)

    dan kalo sudah kecanduan rokok, susah untuk berhenti ( kayak saya, nyesek banget ditipu mentah2..)

    tapi saya yakin, dengan niat karena Allah saya pasti bisa berhenti ( gak ada yang mutahil bagi Allah)..

    do’ain saya mas biar bisa berhenti dari nyumbang si yahudi..

    dan buat yang laen ayo kita bareng2 saling mendo’akan agar dimudahkan dalam berhenti ngrokok (nggak lagi nyumbang yahudi)..

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

    Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarakatuh

    Mudah2an Allah mudahkan,..aamiin

  8. kalo rokok membunuh mu knpa pemerintah masih mngizinkn pabrik yg mmbunuh rakyat nya
    knp kok tdk d bubarkn

    Karena pemerintah masih perduli kepada orang-orang yang GOBLOK,
    Agar ngga membebani pemerintah, biarlah mereka IMPOTEN, kena stroke,jantung,kanker,
    Sehingga membantu orang-orang yang seperti itu meraih cita-citanya sebagaimana tertuang di bungkus rokok tersebut..

    apa boleh pemerintah mengizinkn pembunuhan
    jangan kan rokok cangkul itu juga bisa mmbunuh mu

    Bahkan ISTRIMU juga bisa membunuhmu, anakmu bisa membunuhmu juga, tetanggamu bisa membunuhmu, LISTRIK juga bisa membunuhmu,

    jjur saya seorg perokok
    kata nya rokok itu mmbahayakn
    tp smpai skrng sy blm prnh mrsa saya trkena bahaya rokok
    dan saya masih bugar
    paru”,prnafasan maupun fisik
    tetangga saya perokok tp smpai usia 60 tahun kok masih sehat
    trus d mana bahaya nya

    Nah, itulah ISTIDRAJ namanya, Allah berikan TANGGUH, Allah ulur usia anda sehingga anda terus bermaksiat dengan cara mencoba bunuh diri setiap hari, abda teror jantung anda,paru-paru anda, bahkan anda teror orang-orang terdekat anda,istri,anak,tetangga, tanpa kenal belas kasihan, ingat perokok pasif beresiko lebih besar dari perokok aktif,

    Dan Allah beri kesempatan anda untuk bertaubat,
    Pernahkah anda terpikir, ketika anda sedang menghisap rokok, lalu Allah cabut nyawa anda? Tentu ini kematian yg jelek, su ul khatimah,

    Dan tahukah anda, apa hukuman di akherat kelak bagi perokok? Silahkan baca di sini

Silahkan tinggalkan komentar di sini