Bagaimana Sikap Kita Ketika Muncul Bisikan Hati Yang Membuat Kita Ragu Kepada Allah?

Hukum Menghina Allah Dalam Hati Bisikan Hati Menghina Allah Lintasan Hati Menghina Allah Bisikan Setan Yang Menghina Allah Kenapa Hati Selalu Menghina Allah

Cara Melawan Bisikan Setan dalam Hati

cara-mengobati-was-wasAssalamu’alaikum Ustadz semoga Allah menjaga antum semua

Saya dahulu melakukan banyak maksiat, kemudian saya ingin melakukan perbaikan pada diri saya, dan mulai membenahi diri, namun akhir-akhir ini saya selalu merasakan was was seperti bisikan bisikan, akan tetapi saya merasa itu seperti hati saya yang berbicara, namun sebagian hati saya merasa  membenci dan tak menginginkannya, bisikan itu adalah, mencela Allah dan RasulNya, apakah ini was was syaithon atau apa?

Bgmn cara mengatasinya?

Saya selalu merasa takut bahwa saya melakukan kekufuran ini, sehingga membuat saya menderita karenanya. Terima kasih atas jawaban dan perhatian Ustadz

Dari:  Dadang Suherman

Jawaban:

Wa alaikumus salam
Alhamdulillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Ketika iblis di usir oleh Allah, dia bersumpah akan menggoda manusia dari segala arah.

 

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ ( ) ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). (QS. Al-A’raf: 16 – 17)

Tak ketinggalan, godaan dalam bentuk bisikan hati untuk mengucapkan kalimat kekufuran. Ini tidak hanya terjadi pada mukmin yang awam, bahkan semacam ini terjadi pada diri para sahabat.

Syaikhul Islam mengatakan,

وكثيرا ما تعرض للمؤمن شعبة من شعب النفاق ثم يتوب الله عليه . وقد يرد على قلبه بعض ما يوجب النفاق ويدفعه الله عنه . والمؤمن يبتلى بوساوس الشيطان وبوساوس الكفر التي يضيق بها صدره

Seringkali muncul dalam diri orang mukmin, salah satu diantara cabang kemunafikan, kemudian dia bertaubat kepada Allah. Terkadang terlintas dalam hati orang mukmin, kalimat kemunafikan, dan Allah menghilangkannya darinya. Orang mukmin diuji dengan was-was setan, bisikan kekufuran yang membuat sempit hatinya.

Kemudian Syaikhul Islam menyebutkan riwayat dari para sahabat,

كما قال الصحابة : يا رسول الله إن أحدنا ليجد في نفسه ما لئن يخر من السماء إلى الأرض أحب إليه من أن يتكلم به فقال « ذلك صريح الإيمان »

Sebagaimana yang diutarakan para sahabat, ‘Wahai Rasulullah, kami terkadang menjumpai lintasan pikiran pada diri kami, andaikan kami dijatuhkan dari langit, lebih kami sukai dari pada mengungkapkan lintasan pikiran itu.’

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkomentar, “Itu bukti adanya iman.”

(HR. Muslim 132, Abu Daud 5111, dan yang lainnya).

أي حصول هذا الوسواس مع هذه الكراهة العظيمة ، ودفعه عن القلب ، وهو من صريح الإيمان

“Maksudnya, munculnya bisikan semacam ini, padahal para sahabat sangat membencinya, dan berusaha menghilangkannya dari hati mereka, merupakan bukti adanya iman.

[Kitab Al-Iman 238, dinukil dari Kitab Tauhid Dr. Sholeh Fauzan, hlm. 25].

Ulama Sepakat, ini Bukan Kekufuran

An-Nawawi dalam karyanya, Al-Azkar, mengatakan,

الخواطر وحديث النفس إذا لم يستقر ويستمر عليه صاحبه فمعفو عنه باتفاق العلماء، لأنه لا اختيار له في وقوعه ولا طريق له إلى الانفكاك عنه

Lintasan pikiran dan bisikan hati, jika tidak mengendap dan tidak keterusan berada dalam diri pelakunya, hukumnya dimaafkan, dengan sepakat ulama. Karena munculnya kejadian ini di luar  pilihan darinya. Sementara tidak ada celah baginya untuk menghindarinya.

An-Nawawi melanjutkan,

وهذا هو المراد بما ثبتَ في الصحيح عن رسول الله (صلى الله عليه وسلم) أنه قال: ” إنَّ اللَّهَ تَجَاوَزَ لأُمَّتِي ما حَدَّثَتْ بِهِ أنْفُسَها ما لَمْ تَتَكَلَّم بِهِ أوْ تَعْمَلْ “. قال العلماء: المراد به الخواطر التي لا تستقرّ.

Inilah makna dari hadis shahih, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّ اللَّهَ تَجَاوَزَ لأُمَّتِي ما حَدَّثَتْ بِهِ أنْفُسَها ما لَمْ تَتَكَلَّم بِهِ أوْ تَعْمَلْ

Sesungguhnya Allah mengampuni untuk umatku terhadap apa yang terlintas dalam hatinya, selama tidak diucapkan atau dikerjakan. (HR. Muslim 127).

Para ulama mengatakan, ‘Maksud hadits adalah lintasan pikiran yang tidak menetap dalam hati.

An-Nawawi melanjutkan,

قالوا: وسواءٌ كان ذلك الخاطِرُ غِيبة أو كفراً أو غيرَه، فمن خطرَ له الكفرُ مجرّد خَطَرٍ من غير تعمّدٍ لتحصيله، ثم صَرفه في الحال، فليس بكافر، ولا شئ عليه.

Para ulama mengatakan, baik bisikan itu berupa ghibah, atau kekufuran, atau yang lainnya. Siapa yang terlintas dalam hatinya kekufuran, dan hanya sebatas lintasan tanpa sengaja muncul, kemudian segera dia hilangkan, maka dia tidak kafir, dan tidak bersalah sedikitpun.

[Al-Azkar An-Nawawi, hlm. 345].

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Lintasan Kekufuran?

Pertama, jangan sampai diucapkan atau dipraktekkan

Demikialah sikap sahabat, sebagaimana diceritakan dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa pernah datang beberapa orang menghadap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka mengatakan,

إِنَّا نَجِدُ فِي أَنْفُسِنَا مَا يَتَعَاظَمُ أَحَدُنَا أَنْ يَتَكَلَّمَ بِه، قَالَ: «وَقَدْ وَجَدْتُمُوهُ؟» قَالُوا: نَعَمْ، قَالَ: «ذَاكَ صَرِيحُ الْإِيمَانِ»

‘Kami menjumpai dalam diri kami lintasan yang sangat berat bagi kami untuk mengucapkannya.’ Beliau bertanya kepada mereka, “Benar kalian menjumpai perasaan itu?” ‘’Itu bukti adanya iman.” (HR. Muslim 132).

An-Nawawi menjelaskan,

معناه: استعظامكم الكلام به هو صريح الإيمان، فإن استعظام هذا وشدة الخوف منه ومن النطق به، فضلاً عن اعتقاده إنما يكون لمن استكمل الإيمان استكمالاً محققاً وانتفت عنه الريبة والشكوك

Makna hadis, kalian merasa berat untuk mengucapkannya merupakan bukti adanya iman. Karena dia merasa berat mengucapkan kalimat semacam ini, disertai perasaan sangat takut untuk mengucapkannya. Lebih-lebih dia dia yakini. Sikap semacam ini hanya ada pada orang yang imannya kokoh dan teruji, sehingga hilang darinya segala keraguan dan bimbang. (Syarh Shahih Muslim, 2/154).

Kedua, segera minta perlindungan kepada Allah dari godaan setan (baca ta’awudz)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَأْتِي الشَّيْطَانُ أَحَدَكُمْ فَيَقُولُ: مَنْ خَلَقَ كَذَا، مَنْ خَلَقَ كَذَا، حَتَّى يَقُولَ: مَنْ خَلَقَ رَبَّكَ؟ فَإِذَا بَلَغَهُ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ وَلْيَنْتَهِ

Setan mendatangi kalian dan membisikkan:

‘Siapa yang menciptakan ini?

Siapa yang menciptakan itu?’

sampai akhirnya dia membisikkan, ‘Siapa yang menciptakan Tuhanmu?’

jika sudah demikian, segeralah minta perlindungan kepada Allah, dan berhenti (tidak memikirkannya).

(HR. Bukhari 3276 dan Muslim 134) .

Ketiga, jangan digubris

Barangkali inilah senjata paling ampuh untuk melawan was-was setan. Tidak mempedulikannya dan tidak menggubrisnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَأْتِي الشَّيْطَانُ أَحَدَكُمْ فَيَقُولُ: مَنْ خَلَقَ كَذَا، مَنْ خَلَقَ كَذَا، حَتَّى يَقُولَ: مَنْ خَلَقَ رَبَّكَ؟ فَإِذَا بَلَغَهُ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ وَلْيَنْتَهِ

Setan mendatangi kalian dan membisikkan:

‘Siapa yang menciptakan ini?

Siapa yang menciptakan itu?’

sampai akhirnya dia membisikkan, ‘Siapa yang menciptakan Tuhanmu?’

jika sudah demikian, segeralah minta perlindungan kepada Allah, dan berhenti (tidak memikirkannya).

(HR. Bukhari 3276 dan Muslim 134) .

Al-Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan,

أي عن الاسترسال معه في ذلك، بل يلجأ إلى الله في دفعه ويعلم أنه يريد إفساد دينه وعقله بهذه الوسوسة، فينبغي أن يجتهد في دفعها بالاشتغال بغيرها

“Maksudnya, berhenti tidak terus menerus memikirkan lintasan pikiran itu. Namun dia pasrahkan kepada Allah untuk menghilangkannya. Dan dia sadari bahwa setan hendak merusak agama dan pikirannya dengan bisikan semacam ini. sehingga selayaknya dia berusaha menghilangkannya dengan menyibukkan diri memikirkan yang lainnya. (Fathul Bari, 6/340)

An-Nawawi juga memberikan penjelasan yang semakna,

معناه الإعراض عن هذا الخاطر الباطل والالتجاء إلى الله تعالى في إذهابه

Maknanya, berpaling, tidak gubris dengan lintasan pikiran yang batil ini, dan pasrah kepada Allah untuk menghilangkannya.

Selanjutnya, An-Nawawi membawakan nasehat, dengan mengutip keterangan Al-Maziri,

قال الإمام المازري رحمه الله ظاهر الحديث أنه صلى الله عليه وسلم أمرهم أن يدفعوا الخواطر بالإعراض عنها والرد لها من غير استدلال ولا نظر في إبطالها

Al-Imam Al-Maziri rahimahullah mengatakan,

“Zahir hadis menunjukkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka untuk menghilangkan lintasan pikiran itu dengan berpaling dan tidak digubris, tanpa mencari-cari dalil atau merenungkan bantahan untuk menilai salahnya lintasan itu.”

Dan benar apa beliau nasehatkan. Lintasan kekufuran semacam ini hanya permainan setan, sehingga buat apa menghabiskan waktu dengan mencari dalil atau ayat Al-Quran atau hadis untuk membantahnya. Lebih dari itu, ini bukan termasuk kekufuran, sehingga tidak perlu terlalu dipikirkan.

Dijawab oleh ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina www.KonsultasiSyariah.com)

sumber : http://www.konsultasisyariah.com/cara-melawan-bisikan-setan-dalam-hati/

 

Lintasan Hati Murtad Bisikan Setan Memaki Allah Was Was Murtad Menghina Allah Dalam Hati Bisikan Hati

54 Comments

    • assalamualaikum pak
      bertahun2 yg lalu saya tanpa sengaja mendapatkan bisikan seperti itu
      bisikannya sangat parah
      lalu saya takut dan saya curhat pada ibu saya
      itu berarti saya mengucapkannya pak ustad
      tp tdk ada niatan yg buruk, saya hanya takut jdi saya bilang pd ibu saya

      wa’alaikumussalam warahmatullah,.
      mba rini, jika muncul lagi, lakukan seperti apa yg ada di artikel,. karena itu bisikan dari setan,.

      • Assalamualaikum
        Mas.. Inilah yg saya cari2 slama ini..

        sya selalu memfikirkan hal smacam itu.. kadang dlm hati sya sya mengolok2 allah, mencela dgn kata2 yg sangat kotor.. dan demi allah sya tidak prnah ada mksud dan menginginkan hal smacam itu,ada pada diri saya.. sya pun jg seakan2 tidak ada celah untuk menghindarinnya..kadang sya menggeleng2kan kepala sya untuk menghilangkan kata hati smacam itu,,tp sgt2 berat untuk lolos mas.

        kadang sya sangat takut akan itu mas..ibarat nya sya lebih baik di ambil nyawannya ,,dr pada harus menghina tuhan saya gusti ALLAH.. krna sya lebih takut siksaan allah mas.

        Mohon solusinnya mas..krna sya sndiri jd merasa g pantas mendapat ampunan dr allah.

        Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
        Terimakasih mas Doni, coba anda baca lagi artikelnya dengan seksama dan teliti, jangan terburu-buru, di artikel tersebut sudah dijelaskan dengan gamblang, apa yang harus dilakukan ketika perasaan itu muncul,.
        Lalu di kolom komentar pembaca juga ada link tambahan,.

    • asalamualaikum .? saya jadi benci dengan ibadah hanya karena was was .? ketika hendak junub saya selalu meragukan bahwa mndi saya tk sah .? shingga mncul lintasan kekufuran dlm hti saya ?

      apa solusinya dari semua ini pak

      Solusinya mudah,. selain di artikel atas sudah dijelaskan, silahkan Anda pelajari ajaran islam ini, dengan pemahaman yang benar,.
      Karena setan akan membisikan was-was kepada orang yang tidak berilmu dan orang-orang yang bodoh terhadap ajaran islam ini,.

      Jika kita berilmu, tahu cara ibadah yang diajarkan oleh Rasulullah, baik cara bersuci,wudhu,shalat, dan ibadah lain, maka tidak akan terpengaruh dengan was-was yang dihembuskan oleh setan,.
      Silahkan sebutkan di kota mana anda tinggal, biar saya tunjukkan tempat taklim yang dekat dengan tempat anda,
      Yang wajib bagi kita adalah memahami islam dengan pemahaman yang benar, yaitu pemahaman para sahabat, satu-satunya jalan keselamatan bagi kita dalam berislam, silahkan baca disini ulasannya

  1. Alhamdulillah….terima kasih, lintasan seperti ini pernah saya alami beberapa kali ketika shalat, tapi saya alihkan dalam hati dengan menyebut Allah Maha Besar.

    Alhamdulillah,.

  2. Assalamualaikum,
    mas, saya juga sering mengalami pikiran2 yg menghina ALLAH, malangnya, saya seperti memang sengaja mengatakannya dalam hati. Saya merasa memang saya katakan dg sengaja karena hati saya seperti mengikutinya tanpa langsung membantahnya.

    Tapi sebenarnya saya tidak meyakininya. Saya tetap yakin bahwa tidak ada Tuhan yg patut disembah selain ALLAH SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan ALLAH.
    Pertanyaan saya; apakah saya telah kafir krn hati saya tidak menyanggah ketika lintasan pikiran yg menjijikkan ini datang (sementara saya tidak meyakininya)?

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    selama belum terucap di mulut, maka belum dianggap sebagai dosa,
    Jika muncul kilasan2 seperti itu, segeralah berlindung kepada Allah dari bisikan2 setan tersebut,.

    dalam artikel diatas sudah cukup jelas, apa yang harus kita lakukan ketika muncul perasaan was-was tersebut,

  3. Bismillah…
    Alhamdulillah..
    akhirnya saya menemukan jawaban tentang kerisauanku selama ini..

    Aneh memang..
    hal semacam ini sering datang dengan tiba-tiba biasanya pada saat mendengarkan tausiah atau kisah nabi dan Rasull.
    Tidak tanggung-tanggung hati ini sepertinya mencela dan menghina atau membandingkannya dengan logika berfikir yang benar-benar membuat saya merasa terdesak.
    Saya merasa bahwa hati saya telah kufur sehingga segala kebaikan, upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah rasanya sia-sia. Namun anehnya saya sendiri takut dan benar-benar tidak menginginkan hal ini..

    Saya hanya terus memohon ampun kepada Allah atas apa yang sudah menimpa saya…
    Terima kasih atas ilmunya..
    Wassalam

    Alhamdulillah,..
    Wa’alaikumussalam warahmatullah

  4. Menggerakkan lidah saja tanpa sengaja apa trmasuk “diucapkan”? Mohon jawabannya . Tks

    Kalau tidak sengaja, maka itu tidak dihukumi sebagai dosa

  5. Alhamdulillah ini artikel yang saya cari-cari pak. Tapi apakah hal seperti itu bisa dihilangkan dengan melakukan hipnotis pak???

    Tidak boleh berobat dengan hipnotis,. karena itu ada meminta bantuan kepada jin untuk menghipnotisnya, itu termasuk sihir,.

  6. Assalamu’alaikum,

    Pak, saya sudah lama masuk islam tahun 1996, sekarang saya mengalami masa yang sulit terkadang ada pikiran mau bunuh diri karena ada bisikan di pikiran dan dihati kalo saya bukan islam, terkadang saya lawan dengan hati dan pikiran kalo saya islam, dan terkadang akhirnya saya salah jawab.

    ketika sholat terlintas cara orang katolik berdoa dan saya takut yang akhirnya sholat saya kacau. tapi saya tetap sholat.

    sebelum saya sholat saya sudah niatkan untuk fokus ibadah karena Allah, tapi ada aja pikiran dan hati yang bicara terkadang tanpa sengaja kepala saya geleng untuk mengatakan tidak dengan bisikan itu.

    bagaimana dengan agama dan sholat saya?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Terimakasih Fitri,.
    Mba, itu adalah bisikan dari setan, di artikel diatas sudah begitu jelas, silahkan mba baca lagi,.
    Cara mengobati rasa tersebut juga sudah disebutkan dalam artikel,.
    Selama anda tidak berniat membatalkan shalat anda, maka tidak mengapa,.
    Jika anda diganggu ketika sedang shalat, maka Rasulullah mengajarkan agar kita meludah ke arah kiri, tentu bukan dgn ludah yang banyak, tapi sekedar keluar ludah halus, silahkan baca postingannya disini

  7. INI JUGA SERENG SAYA CARI SAMA SEPERTI KISAH SAYA
    SEAKAN AKAN ADA YG MENGERAKAN LISAN DLM HATI mengolok ALLAH MENCELa dengan kata kotor padahal saya juga tak mengiginkanya tapi saya percaya itu bisikan setan

    Lakukan cara mengatasi was-was seperti artikel diatas

    • sma sperti yg saya alami saat ini tapi saya tdak perna mnginginkan hal tersebut. Sesunggunya saya bersyukur dpat ujian ini. Menguatkan iman saya kpada Allah. Allahuakbar.

  8. Assalammualaikum
    Alhamdulilah menemukan artikel ini yah allah sunggu sma sperti ap yg saya alami.
    Sungguh lintasan yang sangad kotor ini selalu terlintas dlam pikiran saya.

    Ya allah saya kadang merasa lebih baik saya mati dari pada memikirkan hal yang kotor itu.

    Saya tdak ingin memikirkan tpi tiba”selalu dtang dengan sangat usaha saya mnghindar tpi pikiran ini hampir selalu dtang.

    Ya allah ampunilah dosa”ku ya allah maha suci Allah.
    Tolong pencerahannya mas.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Sudah cukup jelas dijelaskan di artikel tersebut,.silahkan terapkan

  9. Alhamdulillah akhirnya ketemu juga yang saya cari selama ini,

    kadang lintasan seperti ini memang sangat mengganggu sekali di pikiran dan sangat sulit untuk menghindar dan dikendalikan meskipun sudah menyibukkan dengan hal lain,

    biasanya saya melawannya dengan Istighfar, meskipun yang dihati mengatakan lain, seperti mencela Allah dsb, tapi yang terucap Istighfar atau Allah Maha Besar…

    mas fian, was2 itu timbul karena kita tdk berilmu, tdk paham ilmu ttg ajaran islam ini, sehingga setan mdh mmberikan bisikan2 kpd kita,

    atau belajar islam tapi mengikuti tasawuf, ilmu kalam,sehingga was2 bisa dgn mudah menimpa,

    pelajarilah agama ini dg pemahaman yg benar, sebutkan di kota mana anda tinggal sehingga bisa saya tunjukan tempat taklim yg dekat kota anda,

  10. Alhamdulillah y allah saya sudah menemukan kegundahan hati saya ,

    saya beberapa minggu in d dlm sholat saya seakn menjelekkn allah tp sdah saya niatkn untuk tetap sholat selalu beristigfar sampe sampe pikiran it datang bertubi tubi pas waktu tidur.

    dan saya selalu minta perlindungn allah swt.

    rasa was was membuat badan saya gemetar apabila pikiran it datang krn saya tidak mau menjadi orang yng d laknat oleh allah karna d dlm hati saya selalu trlintas pikiran2 negatif d luar akal sehat saya.apkh iman saya masih lemah hingga bisikan it datang trus ke pda saya.

    Lakukan trik2 di atas untuk mengusir rasa was-was tersebut,

  11. Assalamualaikum

    Apa maksud “sesungguhnya Allah mengampuni untuk ummatku terhadap apa yang terlintas di hatinya,selama tidak diucapkan dan dikerjakan”
    maksud dari “selama tidak diucapkan”

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    selama tidak diucapkan oleh mulutnya.. atau dikerjakan dengan perbuatannya

  12. Ya allah ampunilah dosaku…

    Aku juga sering berfikir kotor seperti itu…

    Ya allah lebih baik aku tiada di bumi ini jika harus terus menerus memikirkan hal kotor itu..

    Janganlah merasa putus asa dari rahmat Allah,
    Yang memasukkan rasa was-was itu adalah setan, dan setan memasukan rasa was-was itu agar anda menjadi putus asa,

    Oleh karena itu lawan rasa tersebut, sdh dijabarkan di postingan,..

    Dan biasanya yang mudah dirasuki was-was seperti itu adalah orang-orang yg kurang ilmu, makanya saran saya, mulai sekarang anda pelajari agama islam ini, hadiri majlis taklim yg mengulas ttg islam dgn pemahaman yg benar,
    jika mau silahkan sebutkan dimana kota tempat anda tinggal, biar saya beritahu tempat taklimnya,

  13. Assalamualaikum pak
    Saya baru saja mengalami kegagalan dan tiba tiba saya mempunyai fikiran “Apakah Allah adil? Padahal saya sudah berusaha dan berdoa setiap hari, sedang saya melihat teman saya yang ibadahnya jarang tetapi punya hidup yang lebih mengenakan.”
    Saya marah lalu saya jadi jarang sholat dg fikiran “Buat apa saya sholat toh doa saya gak dikabulkan”
    Bagaimana solusinya agar saya tidak ragu akan Allah pak? Terimakasih
    Assalamualakum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Dunia ini tempat ujian mas,.
    Ada yang lulus ujian, dan ada yang tidak,.
    Ada yang diuji dengan kenikmatan, dan ada yang diuji dengan kesengsaraan,.

    Dan ujian itu hanya Allah berikan kepada orang yang beriman, kepada orang yang tidak beriman, kepada orang kafir atau non islam, Allah tidak berikan ujian, tapi Allah semakin sesatkan mereka, Allah lalaikan mereka dengan gemerlap dunia, sehingga mereka semakin menjauh dari agama Allah,. Dan kelak di akherat mereka akan sengsara selama-lamanya…

    Orang islam akan diuji, diuji dengan kesusahan, sabar atau tidk,
    Adapun orang islam yang tidak taat, kok malah senang, nikmat, rejeki terlihat banyak, ketahuilah,. itu adalah istidraj dari Allah, penangguhan, diulur, agar mereka semakin terus bermaksiat, sehingga siksanya kelak di akherat makin pedih, makin bertumpuk dosanya,. baca linknya disini

    Musibah, kegagalan, itu bukan berarti Allah tidak adil,.
    Bisa saja Allah mau mengangkat derajat anda, Allah coba dengan kegagalan, seberapa sabar anda menjalaninya,.
    Janganlah anda melakukan ketaatan di kala senang saja, di kala sukses saja,..
    Justru, ketika anda terpuruk, maka lebih tekun lagi dalam beribadah, lebih tekun lagi dalam berdoa kepada Allah,
    Jadi bukan malah berputus asa,. berprasangka buruk kepada Allah, atau mengatakan Allah tidak adil..

    Ingat, kesuksesan yang Allah berikan pada seseorang, itu bukan berarti selamanya berarti baik bagi orang tersebut,.. tidak..
    Betapa banyak orang yang dicoba dengan kesenangan, kesuksesan dunia, dia akhirnya meninggalkan ibadah kepad Allah, menjauh dari Allah,.
    Tapi ada pula orang yang dicoba dengan kebangkrutan, kemiskinan, justru itu memicu dia menjadi mulia di sisi Allah,.

    Introspeksi diri, dan Allah itu maha mengabulkan doa,.. berdoalah secara tulus kepada Allah, jangan putus asa,..

    Orang kafir Allah beri rizki, masa kita yang beriman Allah sia-siakan?.. Tentu tidak,.

  14. assalamualaikum
    saya mau tanya apakah kita membaca taawuz dan mludah ke kiri cukup sx atau boleh berulang x stial gangguan/bisikan itu datang?
    saat solat tiba2 terlintas dipikiran buat pindah agama,agama itu bagus dan spontan saya berbicara dlm hati secara spontan langsung saya batalkn,bagaimana hukumnya itu ustad apakah saya sudah terjerumus kedalam murtad..saya takut karena hal itu sering terjadi.
    makasih.
    salam

    wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Sebaiknya anda mempelajari cara shalat nabi, silahkan beli bukunya, bisa pesan ke saya juga, harga buku 50ribu diluar ongkos kirim

  15. Assalamualaikum
    Terima kasih banyak……
    Akhirnya ketemu juga solusi dari masalahku, sampai sempat putus asa dalam mencarinya.
    Izin share?..

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Alhamdulillah, silahkan

  16. Maksud dari jangan dipraktekan apa itu

    Maksudnya jangan dipraktekan rasa was-was tersebut, tapi dilawan,
    Misalkan rasa was-wasnya itu ada bisikan kamu keluar air kencing, padahal anda tidak merasa kencing, nah maka ga usah dipraktekan atau diikuti mengikuti bisikan was-was tersebut, itu maksudnya,..

    Atau ada was-was bisikan agar kamu mengatakan perkataan kufur, maka jangan dipraktekan bisikan tersebut dengan mengucaokan kata-kata kufur tersebut, akan tetapi dilawan saja, ga usah diikuti atau dipraktekan

  17. Saya sering was” akhir akhir ini, sampe saya merasa stress.

    malah kadang sampai spontan mengucapkannya dimulut kata” kekufuran, saya juga tidak tahu apakah saya sengaja atau tidak mengucapkannya.

    tapi setelah saya mengucapkannya saya merasa ketakutan dan menyesal. saya sangat takut, apa yang harus saya lakukan?

    Dibaca lagi artikelnya, sudah cukup jelas,

    • “Sesungguhnya Allah mengampuni untuk umatku terhadap apa yang terlintas dalam hatinya, selama tidak diucapkan atau dikerjakan.” , tapi masalahnya, saya sampai spontan mengucapkannya di mulut, apakah yang seperti ini diampuni oleh Allah?

      Bertaubatlah, dengan taubat nasuha,..

      Cara menghilangkan was-was sdh saya posting, silahkan dibaca dengan seksama,..

      Allah maha menerima taubat bagi hambanya yang mau bertaubat

  18. Assalamu’alaikum.

    Saya sering mengalami hal-hal semacam ini pa, karena sering muncul bisikan2 seperti ini tiap hari muncul pa, saya sering mengucapkannya ada yg sengaja ada yg tdk disengaja, saya tidak bisa mengontrolnya,sudah beberapa kali saya melakukannya,apakah saya bisa diampuni ALLAH pa?karena sudah beberapa kali saya mengucapkannya, Saya merasa putus asa menjalani hidup ini. Terima kasih sebelumnya pa semoga kebaikan bapak dibalas ALLAH Subhanahu wata’ala.

    Wassalamu’alaikum.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Sudah cukup jelas penjelasan di artikel tersebut,. silahkan baca lagi dengan seksama

  19. Pak, jika kita hanya membayangkan bayangkan pikiran yang menghina islam apakah itu sudah dicatat sebagai dosa?

    Tidak, tapi kalau terucap, itu baru dosa,.
    lawan perasaan tersebut, karena itu dari was-was yang dihembuskan oleh setan

  20. maaf ini sama halnya dengan prasangka buruk tidak?
    akhir’ ini saya selalu berfikir seperti itu pikiran itu melintas begitu saja cara menghilangkannya gimana ya?

    Silahkan baca artikel diatas, sudah ada cara menghilangkan was-was tersebut

    Pertama, jangan sampai diucapkan atau dipraktekkan
    Kedua, segera minta perlindungan kepada Allah dari godaan setan (baca ta’awudz)
    Ketiga, jangan digubris

  21. Assalamu’alaikum…
    pak saya sering mengucapkannya..
    dan ucapan itu seperti di sengaja..bagaimana itu pak…???

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    bertaubatlah dengan sebenar-benar taubat

  22. Assalamualaikum..
    Makasih pak,sudah merasa tenang,semoga jadi amal kebaikan,amin..
    Izin Copast ya.. Makasih..

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Alhamdulillah,
    Silahkan..jazakumullahu khairan

  23. Assalamualaikum wr wb. Saya mau tanya pak. Bila kata hati berkata buruk tentang Allah swt. Tapi tidak ada niatan sedikitpun untuk itu. Apakah itu sudah dosa pak? Makasih. Wassalam

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh
    Selama tidak terucapkan di mulut, tidak dianggap dosa, itu was-was dari setan, lawanlah hal tersebut

  24. Assalamu’alaikum pak, saya mau bertanya sesuatu, bolehkah saya untuk tau email mas, biar saya bisa mengirimkan pertanyaan, terima kasih banyak pak 😉

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    tulis di sini saja

  25. Ass wr wb

    pak saya juga saat ini mengalami bisikan yang seolah olah hati saya yang mengucapkan yaitu perkataan memaki caci ALLAH s.w.t. padahal klu bisa saya lebih baik dihukuman oleh ALLAH daripada harus mengucapkanya padahal saya sangat membenci perkataan itu sampai sampai saya nangis karena takut akan jadi kafir atau murtad saya sudah istigfar dan sudah mencoba melawan tapi tetap tidak bisa hilang wasallam muallaikum pak .

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Penyakit was-was ini banyak menimpa orang yang tidak paham ilmu tentang islam, sehingga mudah dibisiki oleh was-was setan,.
    Saran saya, anda harus sering mendatangi tempat taklim yang disitu diajarkan islam menurut pemahaman para sahabat, sehingga anda akan paham, dan mengamalkan islam berdasarkan ILMU, sehingga mudah menghilangkan rasa was-was tersebut,.

    Silahkan sebutkan di kota mana anda tinggal, biar saya beritahu tempat taklim yang terdekat,.

    • Assallamualikum

      pak saat ini saya berada dikota batam kepulauan riau pak

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      Hadiri taklim yang ada di batam, lihat di sini

      Simak juga radio dakwahnya, di FM 106 mhz , radio hang FM

      • Allhamdulillah dengan membaca surat al quran pikiran bisikan setan telah hilang itu saran dr bpk saya terutama surah al baqarah

        Alhamdulillah,

  26. Alhamdulillah, Ini jawaban yang saya cari-cari selama ini.

    Terima kasih, sekarang saya merasa sangat lega.

    Benar, kilasan-kilasan itu datang sendiri dan tanpa bisa saya cegah. Sumpah saya takut sekali.

    Semoga kita semua dilindungi Allah dari permainan setan semacam ini. Aamiin.

    Alhamdulillah,

    Aamiin

  27. pak apakah bila hati kita mencela allah dan rosulnya apakah kita tidak perlu memikirkanya, membantahnya atau melayaninya dengan perkataan yg benar?.

    pak saya sudah satu tahun mengalami ini dan benar saja pikiran ini selalu datang dan saya terus memohon ampun kpda allah swt.

    dan dan solat tobat lalu muncul lagi dan solat lagi bagaimana itu pak?

    Kalau masih di hati, belum dianggap dosa

    Maka sebelum hal tersebut makin membesar, lawan peradaan tersebut, baca taawudz, karena itu waa-was dari setan,

    Baca artikel di atas dgn seksama, praktekan anjurannya,

    Dan ingat, pelajari ajaran islam ini, sehingga anda paham, datangi majlis ilmu, belajar..karena biasanya yg terkena penyakit was-was itu adalah orang2 yg kurang ilmu agamanya

    • Assalamualaikum,,
      maaf pak saya mau Tanya saya pernah 1.kali ngucapin kata2 kotor tentang Allah kata2 kotor itu pernah saya ucapkan sudah lama sekali tapi sampe sekarang saya masih mengingat NY karena saya takut.
      Apakah saya sudah menjadi orang kafir,, tolong di jelaskan ya pak.

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,

      Bertaubatlah, dengan taubat nasuha,.
      1. Menyesal
      2. meninggalkan perbuata tersebut
      3. bertekad kuat untuk tidak kembali melakukan perbuatan itu lagi,.

      Dan pelajarilah ajaran agama islam ini,menurut pemahaman yang benar, yaitu pemahaman sahabat,
      Karena was-was itu biasanya menimpa orang yang tidak paham tentang ilmu agama islam, sehingga mudah dimasuki oleh was-was setan,.
      Di mana anda tinggal, biar saya coba carikan info tempat taklim di kota anda

  28. Alhamdulillah terima,kasih yah pak atas ilmunya, semoga Allah selalu melindungi bapak dan orang2 yang selalu mengamalkan ilmunya… Amin ya Allah ya Rabbal Alamin

    Alhamdulillah,.
    aamiin

  29. Syukron Kasiron atas artikel nya..
    Alhamdulillah sangat membantu saya, semoga kita semua dilindungi oleh Allah dari segala tipu daya dan bisikan setan laknatullah

    Alhamdulillah,.
    Jazakumullahu khairan

  30. Assalamualaikum,

    di artikel tertulis asal jangan sampai terucap.

    Tapi klo tidak sengaja terucap kalimat kekufuran gmn? Jadi seperti pas saya sedang melamun atau lidah saya terplintir berkata kalimat kufur itu. Apakah ttp dianggap sbg kekufuran?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,

    Kalau tidak sengaja ya tidak berdosa,..
    Contoh, makan dan minum ketika berpuasa di siang hari bulan ramadhan itu HARAM hukumnya, dan siksanya pedih, tapi kalau tidak sengaja maka tidak berdosa, dan tidak membatalkan puasanya

  31. Assalamualaikum.

    Bgmn hukumnya jika seseorang bertaubat dr kekufuran/kesyirikan dgn ikhlas dan bertekad tdk melakukan dosa itu lagi dan ada rasa menyesal sekali.

    Tetapi, Ia msh melakukan dosa lain yang tidak serupa dengan dosa yang Ia taubati. Apakah itu bisa di blg taubat nasuha? Atau bagaimana hukumnya?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,

    Syarat taubat ada 3 :
    1. Menyesal
    2. Meninggalkan perbuatan dosa tsb
    3. Bertekad kuat untuk tidak mengulangi perbuatan itu lagi

    Jika berhubungan dgn hak orang lain, maka kembalikan hak orang lain tersebut,

    Itulah yg disebut taubat nasuha,
    Jika tidak melakukan hal di atas, maka belum disebut sebagai taubat nasuha,

    • Tp bagaimana jika orang itu sdh tobat dari kekufurannya, ttp msh melakukan dosa lain yang tidak serupa pak?

      Bertaubat lagi secara nasuha,. perbaharui taubatnya,.
      Dan Allah maha tahu, siapa yang betul-betul bertaubat, dan siapa yang cuma main-main,.

  32. assalamu’alaikum.
    di artikel itu dijelaskan
    Imam an-nawawi melanjutkan,
    “Para ulama mengatakan, baik bisikan itu berupa ghibah, atau kekufuran, atau yang lainnya. Siapa yang terlintas dalam hatinya kekufuran,dan hanya sebatas lintasan tanpa sengaja muncul, kemudian segera dia hilangkan, maka dia tidak kafir, dan tidak bersalah sedikitpun.
    [Al-Azkar An-Nawawi, hlm. 345].

    kalo bisikan brupa kekufuran itu hanya selintas saja dan lngsung mnghilangkan nya maka itu tdk berdosa, trus bagaimana kalo bisikan itu muncul tdk sngja tdk selintas saja akan ttpi trus menerus? tlong jelaskan, terima kasih.
    wassalamu’alaikum.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Jika tidak sengaja itu tidak dihitung sebagai dosa,.
    saran saya,. anda pelajari islam ini dengan pemahaman yang benar,.
    Orang yang terkena was-was biasanya karena terlalu terbawa perasaan, bukan di atas ilmu,. sehingga setan mudah mengombang-ambingkan dirinya,.

    Dimana anda tinggal, di kota mana, mudah2an saya bisa memberitahu tempat taklim yang dekat dengan anda

  33. Assalamualaikum saudara..

    sya dri Malaysia..lintasa sperti ini sering kali menganggu sya ada suatu ketika ketika sya beribadah secara tiba² ada bisikan kotor yg muncul dlam lintasan hati sya yg semacam menghina Allah..

    lalu sye terus brhenti dan mngucapkan istiadzah tanpa henti..

    kemudian stiap masa sya berdoa pda Allah agar Allah berikan sya petunjuk untuk mnghindarkan perkara ini..

    Alhamdulillah atas izin Allah sya berjaya menemui artikel ini..
    sye rasa sngat² bersyukur krana Allah memperkenankn doa sya…

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah

    Alhamdulillah

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*