Kenapa Meyakini Amalan Bidah Itu Berbahaya? Ini Diantara Sebabnya

Konsekwensi Meyakini Amalan Bidah Sangat Berbahaya

inspirator keburukanMeyakini benarnya amalan bid’ah sangatlah berbahaya, karena ada banyak konsekwensi buruk pada keyakinan itu:

======

1. Mendustakan Firman Allah ta’ala (yang artinya):

“Pada hari ini Aku telah sempurnakan untuk kalian; agama kalian” [Al-Ma’idah:3]

Karena jika dia membuat bid’ah baru, dan dia menganggap hal itu bagian dari agama, maka itu berarti agama ini asalnya belum lengkap.

2. Merendahkan Syariat Islam, karena dia belum lengkap, dan yang melengkapi akhirnya si orang tersebut.

3. Merendahkan Kaum Muslimin yang tidak melakukannya. Dan ini berarti semua kaum muslimin yang meninggal sebelum muncul bid’ah itu, agamanya kurang, dan ini sangat berbahaya.

4. Biasanya orang yang sibuk dengan amalan bid’ah, dia akan tersibukkan dari melakukan amalan yang sunnah, sebagaimana perkataan sebagian ulama salaf:

“Tidaklah suatu kaum memunculkan amalan bid’ah, melainkan mereka merobohkan amalan sunnah yg semisal dengannya”.

5. Amalan bid’ah itu membuat perpecahan umat, karena pelaku bid’ah itu berkeyakinan mereka di atas kebenaran dan selain mereka adalah sesat.

Sebaliknya mereka yang tdk mau melakukan bid’ah mengatakan: justru kalianlah yang sesat. Sehingga terjadi perpecahan di tubuh umat ini.

Sungguh ini semua merupakan kerusakan-kerusakan besar yang disebabkan oleh amalan bid’ah.

[Note ilmu, dari Syarah Akidah Wasithiyyah, Syeikh Utsaimin 2/316]

Oleh : Ustadz Musyaffa Ad Dariny

Print Friendly, PDF & Email

3 Comments

  1. Assalamu`alaikum warohmatullah wabarokatuh
    Pak Ustadz untuk poin nomor empat apa tidak salah yaitu yang berbunyi :
    4. Biasanya orang yang sibuk dengan amalan bid’ah, dia akan tersibukkan dari melakukan amalan yang sunnah, sebagaimana perkataan sebagian ulama salaf:
    Jazakullah khairan.
    Wassalamu`alaikum warohmatullah wabarokatuh

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    tidak salah, silahkan dipahami lagi,..

    dia akan tersibukkan DARI MELAKUKAN AMALAN YANG SUNNAH,. ini artinya dia akan disibukkan dengan amalan yang bukan sunnah,. lihat pada kata DARI,.

  2. Assalamu`alaikum warohmatullah wabarokatuh.
    Pak.seperti yang pernah saya tanyakan tapi mungkin pak ustadz belum sempat menjawab.yaitu bahwa TIDAK SEMUA BID`AH ITU SESAT

    mereka berdalil dengan Quran surat Al-Anbiyak ayat 30 . yang artinya : ” dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup ” .( kulla syai in khayyin ) mohon dibetulkan bila salah.

    tapi ternyata iblis dijadikan dari api jadi makna kulla bukan semua tapi sebagian, itulah kurang lebihnya isi buku dan video nya.

    buku dan videonya sudah tersebar terutama didaerah saya tinggal.

    banyak dari saudara-saudara kita yang aqidahnya belum mapan menjadi semangat mengerjakan amalan bid`ah dan menjauh dari amalan sunnah.

    mohon pencerahannya.
    Jazakullah khairan.
    Wassalamu`alikum warohmatullah wabarokatuh.

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Mudah saja menjawab kerancuan mereka, jika mereka berdalih dengan surat al anbiya ayat 30 yang menyatakan seperti diatas, lalu dia berdalih dengan penciptaan iblis yg dari api, maka jawabannya, surat alanbiya itu dalil umum, dan penciptaan iblis itu DALIL KHUSUS, yaitu Allah menjelaskan bahwa iblis tidak diciptakan dari air, tapi dari api,..

    nah…

    tanyakan kepada mereka, mana DALIL KHUSUS yang menyatakan bahwa ADA BIDAH YANG TIDAK SESAT,.. dijamin mereka akan bingung sendiri,.. silahkan tanyakan dalil bahwa ADA BIDAH YANG TIDAK SESAT,.. jika ada, maka memang betul bahwa ada bidah yang tidak sesat,.

    Dalil yang berbunyi “SETIAP BIDAH ITU SESAT” itu dalil umum, dan berlaku umum selama tidak ada dalil khusus yang menyatakan bahwa ada BIDAH YANG TIDAK SESAT,.

  3. tuk yang ngaku nya ustad apakah memakai sendok ,spring bed ,naik mobil,motor pesawat, baju yg ente pake karena memakai kancing itu juga bid,ah yang menyesatkan ,karena tidak ada satu hadis pun yang mengatakan nabi pernah memakai sendok ,naik motor ,mobil bahkan kereta .

    Terimakasih mang muhibbin,. komentar yang bagus,.

    Saya tambahkan mang, bakso, mie ayam itu juga bidah, sebab Rasulullah juga tidak pernah ngebakso,
    Hape juga bidah, lah rasulullah tidak pernah main hape, tidak pernah sms san,.
    Mau tahu lebih banyak lagi, saya sudah postingkan, silahkan baca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*