KEPADA MEREKA Yang Mengaku Sebagai Salafi Sejati… Yang Mudah Mengatakan Hizby.. Sururi,.. Baca Kisah Ini..

KISAH NYATA: TAUBATNYA SEORANG TUKANG TAHDZIR

taubatnya-tukang-tahdzirالحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين أما بعد

Dahulu saya tenggelam di dalam lumpur ghuluw (keekstreman) dan ketergesa-gesaan. Saya menyangka bahwa tahdzir terhadap ulama ahlis sunnah -yang dulunya saya menyangka mereka adalah sejelek-jelek ahli bid’ah- adalah lebih baik dari pada berjihad terhadap orang-orang kafir –sebagai bentuk analogi terhadap jihad terhadap ahli bid’ah-.

Saya dan kroni-kroni saya memenuhi majlis-majlis kami dengan menyebut semisal Syaikh Al Halaby, Syaikh Al Maghrowy, Syaikh Abul Hasan Al Ma’riby dll dengan celaan dan makian. Dan kami mengharap pahala di sisi Allah dengan itu semua. Kami menganggapnya sebagai ghibah di jalan Allah dan sebagai realisasi terhadap nasehat Imam Ibnu Ma’in, “Mari sejenak mencela di jalan Allah”…. wala haula wala quwwata illa billah.

Rabb-ku yang ada di langit yang tinggi mengetahui bahwa pemikiran ekstrem yang menyimpang ini ada di hati kami, baik berupa kebencian dan kedengkian terhadap para ulama tadi, melebihi derajat kebencian kami terhadap gembong ahli bid’ah di awal islam seperti Jahm bin Shafwan, Ja’ad bin Dirham, ataupun Bisyr Al Marrisy. Dan juga melebihi kebencian kami terhadap gembong ahli bid’ah kontemporer seperti Sayyid Quthb, Muhammad Al Ghazali, DR Abdurrahman Al Buthi, ataupun Hasaan As Saqqof (As Segaf) dll…

Bagaimana tidak, karena para ulama tadi menurut Syaikh Rabi’ adalah sejelek-jeleknya ahli bid’ah, sedusta-dustanya ahli bid’ah, seburuk-buruknya ahli bid’ah. Bahkan mereka lebih buruk dari Muhammad Abduh, rafidhah, bahkan yahudi dan nashara.

Saya terus memiliki anggapan seperti itu sampai akhirnya Allah memberikan anugerah kepada saya dengan mempertemukan saya dengan seorang sahabat lama saya yang saya ketahui memiliki keistiqomahan, akhlak, ilmu serta adab.

Dahulu sepuluh tahun yang lalu beliau menjadi sebab hidayah bagi saya untuk mengenal manhaj salafy. Sebagaimana pula beliau menjadi sebab hidayah bagi saya untuk bertaubat dan meninggalkan manhaj ahli ghuluw (metode orang-orang yang extrim melampaui batas), manhaj jarh wat tajrih (celaan & makian) wal isqoth wat tabdi’ (menjatuhkan nama baik dan membid’ahkan).

Saya duduk bersama sahabat saya tadi –kebetulan beliau adalah murid Syaikh Muhammad Ali Al Firkus. Setelah berbincang-bincang dan merambah kepada tema keadaan dakwah salafiyyah, saya mengeluhkan kepada sahabat saya tadi tentang gerakan pengikut Al Halaby di negri kami dan pembelaan mereka terhadap syaikh mereka yang ahli bid’ah itu.

Bagaimana mereka mempengaruhi banyak sekali dari para pemuda salafy agar mengikuti kebid’ahan mereka yang jelek. Demi Allah, sahabat saya tadi tidak bereaksi apa-apa melainkan hanya tersenyum saja. Padahal saya kala itu dalam keadaan menggebu-gebu dan menggelora seperti seekor onta yang sedang murka.

Beliau memegang tangan saya dan bertanya apakah saya masih mempercayai keilmuan serta keagamaan beliau ? Sayapun lantas menjawab dengan jawaban yang positif –karena memang demikianlah keadaannya kala itu-. Kemudian beliau berterus terang bahwa beliau termasuk diantara orang yang membela Syaikh Ali Hasan Al Halaby dan saudara-saudara beliau dari kalangan masyayikh negri Syam, murid-muridnya Al Imam Al Albani.

Demi Allah seketika itu juga saya tersentak kaget dan nyaris saja saya berdiri untuk memukul sahabat saya tadi. Hanya saja beliau mampu menenangkan saya dengan perkataannya yang baik serta adab dan sopan santun yang mulia sembari meminta kepada saya agar tidak tergesa-gesa dalam bertindak. Lantas sayapun bangkit meninggalkan beliau dalam keadaan murka.

Dan malam itu aku tidur dengan keadaan yang paling buruk, aku bertanya pada diriku sendiri : Apakah masuk akal jika si Fulan tadi mengikuti hawa nafsunya, apakah masuk akal jika si fulan tadi adalah ahli bid’ah yang sesat ???

Dan hati kecilku mengatakan tidak ,,, tidak ,,, tidak.

Akan tetapi aku lantas berfikir, barangkali saja si Fulan (sahabat saya tadi) sedang berpura-pura dan menyembunyikan madzhabnya. Kemudian aku bertemu kembali dengan sahabat saya tadi, beliau memberikan bingkisan kepada saya dan berpesan agar jangan sekali-kali di buka melainkan di rumah saya.

Ketika aku membuka…
Bingkisan tersebut, aku mendapati sesuatu yang merubah jalan hidupku, membuka mataku yang buta, mengorek telingaku yang tuli, mencerahkan hatiku yang lalai …… aku mendapati di dalam kresek tersebut kitab “Manhaj Salafus Shalih” (download di sini )  karya Syaikh Ali Hasan Al Halaby, dan di dalam kitab tersebut terdapat surat dari sahabat saya tadi yang meminta saya untuk membaca kitab tersebut.

Selama beberapa waktu aku membiarkannya lantaran mengingat perkataan para syaikh seputar tahdzir tehadap kitab tersebut, dan larangan untuk membaca ataupun melihatnya. Sayapun meninggalkan kitab tersebut selama beberapa hari. Ketika hatiku berkeinginan untuk membukanya aku membaca “Astaghfirullah” –kalian (pembaca tulisan ini) boleh saja merasa heran tapi itulah kenyataan yang terjadi-

Lantas akupun beristikhoroh memohon petunjuk Allah dan aku memutuskan untuk membaca bagian awalnya saja, dan sekedar melihat indeks-nya serta mengambil faidah yang memang saya inginkan.

Apa yang aku dapatkan ???

Ya Allah apa yang saya dapatkan ??? ilmu yang bergelombang, adab yang santun serta nukilan-nukilan ilmiyyah dari para ulama’ yang terdahulu maupun yang kontemporer.

Saya mendapati dalam kitab tersebut ketetapan terhadap pokok dakwah salafiyyah dalam masalah : Hajr, menguji ahli sunnah, bantahan terhadap orang yang menyimpang, serta permasalahan ilzam (pemaksaan pendapat) dalam ranah jarh wat ta’dil, dan juga jarh mufassar yang di dahulukan dari pada ta’dil serta maksud dari kaidah ini. Perbedaan antara jarh mufassar dengan jarh muqni’ serta jarh mu’tabar.

Demi Dzat yang telah menganugerahkan hidayah kepadaku, sungguh aku tidak ragu lagi bahwa isi buku tersebut adalah haq. Aku melihat adab yang mulia dari Syaikh Ali Hasan Al Halaby ketika membantah orang-orang yang mencela beliau, demikian pula cara beliau memberikan gelaran-gelaran berbau ilmu terhadap lawan beliau, dan setiap kali beliau menyebut nama mereka, beliau mendo’akan mereka dengan ucapan : “Semoga Allah meluruskan beliau”, “Semoga Allah memberikan taufik terhadap beliau”.

Maka akupun menangis tersedu-sedu dan menyesal sejadi-jadinya atas apa yang telah aku ucapkan selama ini. Akupun lantas menelpon sahabat saya tadi dan memberitahu apa yang terjadi pada diriku.

Beliau sangat berbahagia dan mengunjungi aku sembari membawa dua kitab lagi berjudul “Qurrotu ‘Uyunuis salafiyyin” ( download di sini ) tulisan Syaikh Ali Abu Haniyyah semoga Allah menganugerahkan taufik kepada beliau dan kitab “Shoddut Tasynii’” (download di sini ) tulisan Syaikh Ali Hasan Al Halaby.

Saya membaca kedua kitab tersebut dalam tiga hari sampai aku tidak pergi bekerja, aku mengurung diri di kamar, merenungi diriku, aku menangisi umurku yang kusia-siakan, waktuku yang terlantar, hanya Allah saja tempat mengadu.

Sejak itu aku mulai duduk bersama ikhwan salafy yang sebenarnya, merekapun berbahagia dengan taubatku, aku mendapati dikalangan mereka adab yang baik, lemah lembut, santun dan selalu menjaga sholat, dan senantiasa mengedepankan husnudzon.

Sungguh perasaan ini tidak aku dapati pada diri ghulatut tajrih (orang-orang yang extrim dalam mencela), orang-orang yang telah menjerumuskan aku, dan menjerumuskan diri mereka sendiri. Karena waktu mereka, mereka habiskan untuk mengghibah dan mencela kehormatan orang lain, hati yang keras, perangai yang kaku dan beringas.

Sampai engkaupun akan takut terhadap mereka, engkau akan berhati-hati berbicara di depan mereka, namun masih saja engkau akan disalahkan, dikelompokkan sampai mereka akan mentahdzir engkau.

Namun meski demikian, aku tetap memberikan udzur bagi Syaikh Rabi’ dan para pengikutnya, seperti Syaikh Ubaid dan Syaikh Muhammad bin Hadi. Aku masih menganggap mereka sebagai ulama meski mereka melakukan kesalahan. Sampai salah satu ikhwan memberikan hadiah kepadaku makalah-makalah tulisan pengurus forum diskusi kulalsalafiyeen.com yang dikumpulkan dalam satu risalah (link downloadnya sudah tidak valid ).

Ketika aku membacanya aku merasa kaget luar biasa dan tidak mempercayai apa yang dibaca oleh kedua mataku. Benar-benar kontradiksi yang ajaib, sikap ekstrem yang tiada banding, tuduhan terhadap Syaikhul islam bahwa beliau menyelisihi manhaj salaf, tuduhan terhadap Al Albani bahwa kesalafiyyahan beliau lebih lemah dibanding kesalafiyyahan Al Madkholy, dan tuduhan bahwa Imam Ibnu Baz mencela Islam dengan celaan yang dahsyat, dan celaan Syaikh Rabi’ terhadap Farid Al Maliki Karena menyebarkan perkataan ini meski beliau sendiri juga mengetahuinya, kemudian tuduhan terhadap Syaikh Al ‘Abbad tentang bithonah as-suu’ (orang-orang dekat yang buruk), dan yang lainya berupa bala’ dan musibah yang seandainya dibagikan kepada al ghawani niscaya kita akan menceraikannya, la haula wala quwwata illa billah.

Para ikhwan di forum diskusi kulalsalafiyeen.com pun menasehati aku, padahal dulu aku setiap hari mentahdzir mereka dan mensifati mereka dengan gelar-gelar yang buruk dan membuat lari orang. Sungguh benar apa yang dikatakan seseorang : Barangsiapa yang jahil terhadap sesuatu, maka ia cenderung memusuhinya. Segala puji bagi Allah di awal dan di akhir.

Aku lantas menela’ah makalah-makalah yang ada di forum diskusi kulalsalafiyeen.com setiap hari. Aku membaca makalah-makalah yang lama dari peserta diskusi maupun pengurus seperti makalah Syaikh Ali Hasan Al Halaby, Syaikh Mukhtar At Tibawy, Syaikh Syakir Al Junaidy, Syaikh ‘Imad Abdul Qadir, Syaikh Al Bumardasy.

Demikian pula makalah-makalah yang baru seperti tulisannya Mas’ud Al Jaza’iry khususnya yang berjudul “Ar Rudud Al Albaniyyah ‘Alat Tawajjuhat Al Madkholiyyah” ( download di sini ) yang membuat aku tercengang. Dan risalah ini menjelaskan padaku bahwa antara Imam Al Albani dengan Syaikh Rabi’ terdapat perbedaan yang jauh. Dan bahwasanya manhaj keduanya sangat berbeda.

Aku juga membaca makalah-makalah Abu Narjas Al Kuwaity (barokallahu fih) yang membantah kedustaan ghulat sahab (sahab dot net ) beserta syaikhnya, menyingkap cara aneh mereka, pemalsuan serta keburukan mereka. Maka sayapun bertambah lari menjauh dari metode yang diktator ini.

Kebahagiaanku bertambah karena Allah menganugerahkan hidayah untuk mengenal salafiyyah yang lurus dan tenang serta bijaksana. Dakwah salafiyyah yang menyatukan dan bukan mencerai-beraikan. Dan saya sekarang ini sibuk mendengarkan pelajaran-pelajaran Imam Al Albani yang hampir saja saya lupakan. Semakin bertambahlah ketengan serta kenyamananku.

Majlis yang dipenuhi oleh Imam Al Albani dengan adab, ilmu serta hikmah, dan dihiasi dengan komentar-komentar Abul Harits Ali Hasan Al Halaby. Akupun bertasbih dan mengucapkan lahaula wala quwwata illa billah serta bertanya pada diriku : Apakah masuk akal jika lelaki ini (Syaikh Ali Hasan Al Halaby yang suaranya banyak terdengar di majlis Imam Al Albani) dikatakan bukan muridnya Imam Al Albani ??? akan tetapi hawa nafsu serta hasad yang berperan.

Dan saya sekarang dengan keutamaan Allah, mendengar setiap harinya 5 pelajaran dari silsilah huda wan nur. Saya terkadang mendengar Imam Al Albani ditanya tentang seseorang beliau lantas menjawab : Bertanyalah tentang sesuatu yang memberi manfaat bagi dirimu dan jangan menyia-nyiakan waktumu ! Ya Allah betapa banyak kami menyia-nyiakan waktu.

Saya tidak akan menutup tulisan ini dengan tanpa meminta maaf kepada Syaikh Ali Hasan Abdul Hamid Al Atsary yang telah aku cela, aku caci maki dan aku hina, yang semua itu aku anggap sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah. Maafkanlah aku wahai Syaikh kami di dunia ini sebelum kiamat datang, karena aku tidak akan sanggup menanggung adzab serta siksaan Allah yang pedih.

Sebagaimana pula aku mengucapkan terimakasih kepada peserta forum diskusi yang penuh berkah ini, yang mana mereka setelah Allah menjadi sebab keistiqomahanku di atas manhaj yang haq dan menjadi sebab bagiku untuk meninggalkan manhaj ghulatut tajrih, aku mengkhususkan terima kasihku bagi para pengurus forum diskusi ini.

Dan aku katakan kepada mereka : Lanjutkanlah langkah kalian karena sesungguhnya pengaruh forum diskusi ini besar sekali dikalangan bangsa Al Jazair. Dan aku memberikan kabar gembira bahwa banyak sekali salafiyyin yang kembali kepada Al Haq meski mereka belum menampakkannya terang-terangan karena takut terhadap gangguan. Adapun saya, demi Allah, akan menanggung segala gangguan demi mempertahankan sesuatu yang aku anggap benar. Dan aku siap berdebat dengan mereka dengan tetap mengharap agar Allah memberikan hidayahnya kepada mereka.

Ditulis Oleh Abdul Ghafur bin Shalih As Shahrawi.
Dialihbahasakan secara bebas oleh Abul Aswad al-Bayaty
(sumber : http://kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=43290 )

Bayat, 1 Muharram 1434H.

Posted from WordPress for Android

sumber : http://abusalma.net/2014/11/23/kisah-nyata-taubatnya-seorang-tukang-tahdzir/

Print Friendly, PDF & Email

Tokoh Jamaah Tahdzir Kesesatan Rii Salafy Sejati Ustadz Rii Jamaah Rii

15 Comments

  1. ana sering sekali mendapat inbox di fb dr seorang yg mengatakan ana sururi…
    tapi ana dan teman2 sering memlesetkan kata sururi menjadi timun suri ato sariroti

    diartikan secara bahasa arab juga ngga apa2,.
    surur itu artinya gembira, dan sururi berarti pengikut orang yang bergembira,.
    Lah apa masalahnya,.. gituin aja,.

  2. Jazakallah khoiran katsiran, admin…
    Ana langsung leave dah dr grup mereka. Barakallahufiikum…

    Alhamdulillah, jazakumullahu khairan,. wafiikum baarakallah

  3. bismillah,,
    dengan mengharapkan Pahala di sisi Rabbku..
    ana, hanya menyampaikan BAHWA KEBERKAHAN BERSAMA MEREKA PARA ULAMA KIBAR, salah satu penyebab perpecahan kita di indoesia ini adalah tidak berpegang teguh kepada kalam nya para ulama.
    baarokallahufika ..

    Betul, keberkahan ada jika bersama akaabir, sudah saya posting disini

  4. kalau ana merasakan, syubhat mereka (jama’ah tahdzir) sangat besar sekali, apalagi untuk yang baru kenal manhaj salaf dan baru semangat-semangatnya ngaji sunnah…

    ana pernah dipengaruhi kakak kelas, diberi rekaman kajian ustadz-ustadz tahdzir, dan dijelaskan dgn detail mengapa ustadz-ustadz tahdzir berbeda dengan ustadz-ustadz rodja,

    kadang hal ini membuat ana jadi down, rasanya jadi berat untuk ngaji lagi, rasanya sedih gimana gitu,

    tapi sekarang ana lebih menjaga diri dari kajian ustadz-ustadz tahdzir, wallahu a’lam

    Jelas, itu adalah SYUBHAT, makanya jauhi ustadz-ustadz yang menebarkan syubhat, jauhi pula teman-teman yang menebar syubhat, jika dia sudah mulai berbicara tentang syubhat, tutup telinga rapat-rapat, karena hati kita bukan tong sampah tempat menampung syubhat,.
    Hati kita lemah, sementara syubhat kencang menyambar,.

  5. Assalamualaikum ,
    Kami sekeluarga awam dlm hal ini, kami hendak belajar , bisa ustadz sarankan kami harus ke siapa, di mana, web apa, ataupun buku2nya juga
    Kami tinggal di serang banten
    Kami ga mau gado gado dlm belajarnya.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Silahkan ibu bisa lihat jadwal taklimnya di sini

    Atau main saja ke pesantrennya,

    PONDOK PESANTREN RIYADHUSSHOLIHIIN PANDEGLANG
    Jl. Kadukacang Km,0,5 Rocek Cimanuk Pandeglang
    Kode Pos 42271, Banten – Indonesia
    HP: 081319269080 / 081319673307

  6. Akhi, semoga para asatidz itu diberikan hidayah sebagaimana ana diberi hidayah. Karna sungguh besar syubhat yg mereka bawa. Barokallahu fiikum

    Aamiin

  7. MasyaAllah Barakallahu fiikum, sangat bermanfaat sekali dan mencerahkan, jujur saja ana hampir terjerumus kedalam jurang “jamaah tahdzir”

    Alhamdulillah Allah masih membukakan pintu hidayah dan melembutkan hati ana untuk melihat mana yg haq dan bathil,

    semoga Allah senantiasa menjaga antum dan para asatidzah” salafi lainnya, serta memberikan hidayah taufiq kpd saudara kita sesama muslim yg masih disibukkan dengan “jarh wat tajrih” serampangan…

    Alhamdulillah,..
    Aamiin..
    Baarakallaahu fiikum
    Jazaakumullahu khairan..

  8. Maaf, saya orang yang belum lama hijrah mengenal manhaj salaf, saya merasa bingung karena ada orang yg mengaku bermanhaj salaf tapi seolah-olah saling serang, saling tahdzir sesama orang yg bermanhaj salaf, bagaimana pandangan tentang RII (Radio Islam Indonesia), mengapa sepertinya kok tidak bisa rukun dgn radio Rodja?

    Bagaimana manhaj RII sebenarnya?

    Yg benar yg mana? Saya butuh pencerahan

    Jazakallah khair

    Alhamdulillah anda bertanya ketika bingung,

    Mereka dulu sebelum ada radio merupakan kelompok jamaah tahdzir, orang2 yang mudah menggelari dengan gelar yang jelek, menggelari orang yang tidak sebarisan dengan mereka dengan sebutan sururu,hizby,dll

    Itu sudah lama, sejak tahun 90an sudah ada, dan mereka menimpakan fitnah kepada dai-dai salafi yang merupakan guru mereka sendiri,

    Dan setelah mereka punya media radio maka mereka pun menggunakan media tersebut sebagai senjatanya,

    Dan sesama mereka juga sebenarnya terus berselisih, sehingga mengeluarkan orang2 yang sudah ga sepaham dengan mereka, sehingga digelari juga orang2 tersebut , dan musibahnya menimpa sebagian ikhwah juga dengan menganggap orang tersebut setelah dikeluarkan dari barisan mereka itu dianggap sudah taubat dari jamaah tahdzir, padahal belum, contohnya seperti yang saya posting di sini, ustadz jamaah tahdzir yang menuduh gurunya sendiri dengan sebutan jelek, baca postingannya di sini

    • Maaf mau tanya lagi, benarkah radio r*dja ditahdzir oleh ulama kibar?

      Justru sebaliknya, ulama kibar malah ngisi di radio rodja

      Orang yang mentahdzir itulah yang ada penyakit di hatinya, mereka dari kalangan jamaah tahdzir, ini salah satu contoh ustadz jamaah tahdzir, baca di sini

  9. bismillah

    ana ada rencana pindah dari Sumatra ke daerah Banyumas .. saat ana main ke sana , seorang teman yg insyaallah akan satu kerjaan dg ana bicara bahwa mereka tidak ber afiliasi ke rodja sebalik nya mereka sering mengundang ust As s***d yg antum ceritakan di artikel di atas.. ana lgs berpikir apa yg harus dilakukan andai nanti pindah kesana .. siapa ustad2 n dimana kajian sekitar banyumas purwokerto yg antum rekomendasikan ke ana, ya akhi?
    syukron , barakallahu fiik

    Jangan mengambil ilmu dari ustadz-ustadz jamaah tahdzir, nanti akan ikut-ikutan menjadi tukang tahdzir, terasuki syubhat-syubhat mereka, dan sudah cukup banyak korban-korbannya,.
    Untuk taklim di purwokerto bisa lihat di sini

  10. Bismillah
    Sebenarnya yang dimaksud dengan ‘tahdzir’ dan tujuannya untuk apa?
    Sangat membuat bingung, sedih, dan ragu untuk saya (orang awam) yang ingin belajar agama

    Lalu kajian salafi sekitar ipb dramaga yang bisa diambil ilmunya dimana ya?

    Tahdzir itu adalah mengingatkan akan bahayanya, agar tidak mendekati hal tersebut,menghindarinya.
    Tahdzir ada tuntunannya dalam islam,
    Yang jadi masalah itu ketika mentahdzir secara serampangan, seperti mengingatkan bahaya terhadap ustadz yang gigih mendakwahkan manhaj salaf, ini adalah tahdzir yang sangat ngawur, seperti yang dilakukan oleh jamaah tahdzir,

    Jadi tidak usah bingung dengan fenomena tahdzir tersebut,
    Jangan ambil ilmu dari ustadz2 jamaah tahdzir, sebab itu bisa mendatangkan syubhat yang bisa merusak hati

    Kajian di bogor bisa hadiri kajian bersama Ustadz Yazid Abd Qadir Jawas, ust Arman Amri,ust Fathi Yazid Jawas,dll

  11. Ya akhi ana sudah pindah dr ibu kota ke kampung halaman di nganjuk Jawa Timur untuk lebih dkt dg orang tua. Apakah ada info nya untuk wilayah nganjuk, Kediri dan Madiun yg kajiannya terafiliasi rodja? Kebetulan itu kota² mobilitas ana. Sebab di sini juga banyak kajian salafi di pihak nya ust umar as saw*d, khawatir kena syubhat jg kalau salah duduk di majelis nya.
    Ow iya fb antum kemana? Sy cr kok sudah ga ada, dulu antum add ana dan kita berteman.
    Jazakallah khair

    Utk kediri bisa lihat di sini

    Untuk madiun bisa lihat di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*