Betulkah Bumi Berotasi? Dengan Kecepatan Yang Super Fantastis..

Benarkah Bumi Berotasi?

Tulisan ini saya dedikasikan untuk salah seorang saudara seaqidah yang mengirimkan pertanyaan mengenai hubungan antara kebenaran Al Qur’an dan Temuan sains. Pada intinya beliau mempertentangkan konsep heliosentris dengan firman Allah di surah Yasiin ayat ke 40.

Singkat kata, beliau tidak percaya jika bumi berotasi pada porosnya dan berevolusi mengelilingi matahari.

Jujur saja saya sempat kaget, mengapa di zaman modern seperti sekarang masih ada yang belum percaya temuan sains bahwa bumi berotasi dan berevolusi. Tapi tak apa, sebagai sebuah diskursus,hal ini cukup menarik untuk dijawab.

Berikut saya copy-paste komentar/pertanyaan beliau:

jika diketahui keliling bumi = 45.750 km menurut teori ini bumi berputar pada porosnya 45.750 km / 24 Jam = 1906.25 km/jam, berarti bumi ini berputar dengan kecepatan 1906.25 km/jam,
sedangkan satelit palapa yg dipakai untuk kepentingan komunikasi negara kita harus selalu berada diatas permukaan bumi Indonesia, pertanyaanya?

bahan bakar apa yang bisa dipakai untuk menempuh kecepatan itu sedangkan satelit palapa juga bukan dirancang untuk terbang mengikuti perputaran bumi, pesawat jenis apapun menurut teori ini tidak akan sanggup mengikuti perputaran bumi selama 24 jam….

Dengan kecepatan gerak bumi tersebut entah gesekan apa dan bencana besar apa yang akan menimpa bumi mengingat kecepatannya yang mencapai 1906.25 kmjam selama milyaran tahun…

Didalam Alquran surat Yasin 40, dan beberapa ayat lain yang menyinggung masalah ini tidak disebut satupun bahwa bumi disebut barang bersama dengan bulan dan matahari, akan tetapi bulan dan matahari disebut beredar menurut garis edarnya, berarti dengan ini Alquran menyatakan bahwa bumi diam tidak bergerak, sebagaimana teori geosentris sedangkan matahari dan bulan bergerak mengelilingi bumi, dan semua orang pun pasti melihat dan merasakan diamnya bumi dan bergeraknya matahari dan bukan sebaliknya..lihat juga hadis tentang masbuk subuhnya sahabat Ali, serta doa Rosul agar matahari diam dipenghujung senja saat musuh dalam keadaan terdesak…. wallhualam

JAWABAN SAYA:

Menurut saya, pada kasus ini sama sekali tidak ada pertentangan antara Ayat-ayat Allah dalam Al Qur’an dengan Ayat-ayat Allah di alam sesuai pandangan sains. Pernyataan Allah bahwa bulan dan matahari beredar pada manzilah-manzilahnya “Dan masing-masing beredar pada garis edarnya” (QS Yaasiin:40) sama sekali tidak bertentangan dengan pandangan sains tentang fenomena rotasi dan revolusi bumi.

Kita perlu buka kembali pelajaran Fisika Dasar tentang gerak. Apa definisi gerak menurut fisika? Untuk menjawab masalah ini, rasanya perlu bagi kita untuk memahami bahwa benda dikatakan bergerak jika ia mengalami perbindahan terhadap suatu kerangka acuan tertentu.

Jadi, gerak sejatinya bersifat sangat relatif, tergantung pada titik acuan. Sebagai contoh: mungkin Anda pernah merasakan kejadian eneh pada saat naik kereta.

Suatu saat kereta sedang berhenti di sebuah stasiun dan kebetulan pada rel sebelah kereta yang kita naiki juga sedang ada kereta yang  berhenti.

Kemudian kita merasa kereta kita sudah berjalan, namun beberapa saat kemudian kita sadar ternyata kereta kita tidak bergeser sedikitpun, kita baru tahu  kereta sebelah kita yang  ternyata bergerak. Atau yang paling sering kita lihat pada saat kita naik mobil, seolah-olah pohon di pinggir jalan bergerak, padahal sejatinya mobil kitalah yang bergerak.

Tanggapan saya , SIMPEL SAJA..

Pernahkah kita merasakan kalau kita sedang MENAIKI BUMI dengan kecepatan yang Wooow…

Padahal kecepatan kereta api tidak ada yang sampai seperti kecepatan bumi, .. itu kita merasakan sedang naik kereta,.

Lalu pernahkan anda bayangkan,kereta yang begitu cepat, lalu berhenti mendadak,.. apa yang terjadi? maka penumpang di dalamnya bisa terlempar kemana-mana,.

Dan kalau asumsinya bumilah yang berotasi dengan kecepatan super hebat tersebut,… dulu,. ada nabi yang mengalami matahari ditahan untuk tenggelam,. apakah buminya yang berhenti berotasi?? tuh nabi biasa saja, tidak ada kejadian yang super dahsyat akibat bumi berhenti berputar,..  ini adalah bukti juga bahwa mataharilah yang bergerak mengelilingi bumi, sudah saya posting ulasannya tentang hal tersebut, silahkan baca disini

Allah sebagai pencipta langit,bumi,matahari,bulan.. tentu penjelasan Allah yang lebih kita terima, daripada teori2 manusia, baik teori heliosentris atau geosentris,. kita tidak melihat pada teori2 tersebut.

Dan dalil-dalil baik dari Alquran atau Sunnah menyiratkan bumi dan langit itu diam, tidak ada yang menyiratkan bahwa bumi itu bergerak,.

Dalil juga menunjukan bahwa matahari dan bulan yang bergerak, terbit,tenggelam,.

sumber awal dari :https://shobru.wordpress.com/sains/benarkah-bumi-berotasi/

Tanggapan dari saya sebagai admin blog aslibumiayu

 

Print Friendly, PDF & Email

7 Comments

  1. kalo kita melihat gugusan bintang,
    yang dahulu bisa untuk menentukan arah berlayar dan safar,
    itu yang bergerak bintangnya terhadap langit dan bumi atau apanya?

    Fungsi bintang menurut HADITS itu ada 3 :
    1. Pelempar setan yang mencuri dengar berita dari langit
    2. Penunjuk arah
    3. Hiasan bagi langit,.
    Jika bintang-bintang lenyap, maka akan tiba hari kiamat,

    Jika bumi berotasi,.. maka bintang-bintangpun akan terlihat bergerak,. bukankah demikian? nyatanya tidak

    Rasulullah menjelaskan jarak antara bumi dan langit pertama,. jaraknya 500 tahun perjalanan,. mudah sekali menghitungnya, apa kendaraan tercepat di arab saat itu? kuda dan unta,. tinggal kalkulasikan saja,.

    Coba bandingkan dengan ukuran jarak antara bumi dan matahari menurut teori manusia,.
    Tidak masuk akal,.

    Atau jarak bumi ke bintang terdekat,..
    Padahal bintang itu masih dibawah langit pertama, langit dunia,..
    Jika mengikuti perhitungan teori manusia dengan ukuran satu tahun cahaya, dll.. maka bintang itu berada jauh diatas langit kesatu,. padahal langit itu berlapis tujuh,. berdasarkan dalil,.

    Mau dibohongi terus menerus dengan teori manusia? lalu membuang dalil?

    Berapa tebalnya langit? berapa lapis jumlah langit? ada apa diatas langit ke tujuh? NASA dengan teknologi canggihnya pun belum bisa menghitungnya,. tapi Rasulullah sudah menjelaskan, silahkan baca disini

    • jika rosulullah mensabdakan ukuran jarak dengan 500 tahun perjalanan terus dinisbahkan pada kendaraan yang ada dijaman itu, berarti kita telah menjudge bahwa informasi yang disampaikan nabi itu tak mencapai abad ini. padahal keterangan itu sangat visionaris, universal tanpa batas zaman, apalagi cuma jenis kendaraan, akhi..

      Cukup jelas penjelasan Rasulullah,.
      Dan penjelasan Rasulullah itu valid hingga saat ini,. baca di sini

    • Pernahkah anda mengamati langit malam?sekali lagi amatilah!
      lihatlah rasi bintang layang layang sebelah selatan!
      dari awal malam sampai subuh,apakah tatap diselatan?
      perhatikan bintang yang lain di atas kita beri tanda dengan sekumpulan rasi perhatikan dari awal malam sampai subuh,perhatikan bintang kejora/timur pada senja hari lalu perhatikan pada subuh berada dimana dia?
      saya yakin bumi berputar soal kecepatannya hanya teori,bumi terlalu gede,sulit manusia menghitungnya!

      Karena bintang juga terbit dan tenggelam, sebagaimana matahari juga terbit dan tenggelam,.

      • Terbit dan tenggelam memang ia tapi dengan cara apa?

        apakah dengan cara semua bintang berbondong bondong memutari bumi dari timur ke barat bareng dengan matahari dan bulan??????

        kalau begitu berarti seluruh benda langit yang ada di angkasa berputar thowaf mengitari bumi ini teori baru!

        bumi merupakan pusat pergerakan alam semesta,coba bayangkan seluruh isi ruang angkasa yang kelihatan oleh mata telanjang kita,matahari disiang hari,bulan,bintang,asteroid,meteor dimalam hari semuanya berputar mengelilingi bumi dalam sehari,bintang itu Segede apa ya….

        aku jadi bingung juga bagai mana ni pemikiran orang orang,bumi diam sedangkan seluruh benda langit berputar beriringan memutari bumi hingga kelihatan dari bumi seperti terbit dan terbenam.

        yang paling dekat kebumi yang mengitari bumi itu bulan,terus matahari,da yang kelihatannya itu,terus bintang semua diam ditempatnya masing masing tapi berkeliling memutari bumi,aduh….

        sulit aku ngebayangin,bagai mana terjadinya gerhana?

        Anda dibuat bingung oleh logika anda sendiri..

        Terbit dan tenggelam itu tidak harus selalu mengitari,

        Anda tahu apa fungsi bintang??
        Fungsi bintang itu ada tiga, hiasan bagi langit dunia, mengetahui arah, dan untuk pelempar setan..

        Dan ini DALIL yang menjelaskan..

        Jika bintang-bintang di langit sudah tidak ada, maka datanglah hari kiamat,

        Fungsi bintang bisa dibaca di sini

        Kenapa nabi Adam diturunkan di BUMI, bukan di planet lain??

        Tidak ada penjelasan dalam alquran tentang planet lain, yang ada adalah bumi,langit,matahari,bulan dan bintang..

        Kok anda dipusingkan dengan logika ilmu antariksa yg kadang cuma teori, yg sulit dipraktekkan

        Jarak bumi ke langit, sudah dijelaskan oleh DALIL,bahkan tebalnya tiap langit juga sudah dijelaskan, dan bintang ada di bawah langit ke satu,

        Jaraknya…ga seheboh menurut ilmu astronomi,..jaraknya cuma 500tahun perjalanan dengan kendaraan tercepat kala itu, baca di sini

        • Saya hanya bingung dengan pemikiran orang orang seperti Anda!

          Saya lebih bingung lagi pada orang seperti anda, kok dalil tidak dipercaya, malah percaya hasil tafakur, siapa anda? kalau anda seorang ulama ahlil hadits dan ahli ilmu-ilmu lain selevel imam syafii, lalu bertafakur tentang ayat alquran atau hadits, maka hasilnya akan sejalan dengan dalil, bukan malah keluar kesimpulan aneh bin ajaib,.

          anak SD aja tau fungsi bintang,berarti terbit dan tenggelam menurut Anda juga ialah karena bumi berputar,

          Saya yakin anak SD tidak paham fungsi bintang, saya sekolah hingga SMA saja tidak dijelaskan apa fungsi bintang, jujur saja , di sekolah, di pelajaran agama tidak dijelaskan apa fungsi bintang,.

          Terbit dan tenggelam tidak harus berarti mengelilingi bumi, ini perlu anda pahami,.
          Allah sendiri sudah menjelaskan tentang bintang, nanti akan saya posting penjelasan khusus dari ALQURAN saja, yang mudah-mudahan membuat anda paham, paham dari alquran, bukan dari hasil tafakur,

          bila tidak harus selalu mengitari,dalil yang mengatakan bumi ini diam bukan pada perputaran bumi tapi lebih kepada diam nya bumi dari aktivitas gempa,hingga Allah menancapkan gunung2 sebagai pasakkarena gempa membahayakan manusia tapi perputaran bumi suatu kebutuhan manusia,anda tau bentuk bulan,matahari,apakah Anda tau bentuk bintang?kenapa seperti lampu yang bertebaran di langit malam?benda apakah itu,ada orang yang mengklaim menemukan planet,apakah yang kita lihat dari bumi seperti bintang itu planet?seperti kata orang!ah..bukan karena tidak disebutkan dalam Al-Quran tentang planet.

          Cukup bagi saya Alquran dan hadits yang menjelaskan,.
          Planet itu istilah manusia KAFIR saja, apalagi dinamainnya dengan nama-nama DEWA,.
          Naudzubillah ada kaum muslimin yang mengekor pada istilah orang kafir terhadap benda-benda langit,.
          merkurius,venus,yupiter,pluto, dll..

          hanya bintang,langit,matahari,bulan,bumi selain yang disebutkan dalam Al-Quran itu tidak ada,hp TV ,laptop tidak disebutkan AlQuran kok ada?

          bahkan Anda menggunakannya!
          Anda sadar berkata seperti itu?

          Urusan dunia itu hukum asalnya BOLEH,.selama tidak ada dalil yang melarangnya,.
          Seandainya urusan dunia disebutkan, maka akan sangat banyak, dan terasa aneh, karena di jaman sahabat belum ada hal tersebut, dan tidak ada manfaatnya disebutkan,.
          Mudah-mudahan Allah berikan hidayah taufik pada anda, agar bisa memahami dalil dengan benar,..
          Alquran diturunkan bukan untuk menjelaskan cara membuat komputer,speaker,pesawat,mobil,dll baca di sini

          sekali lagi aku bukan dipusingkan dengan ilmu antariksa,tapi dipusingkan dengan orang orang seperti Anda,

          Anda pusing karena keterbatasan anda terhadap dalil, lebih mengedepankan logika daripada dalil

          mengenai antariksa aku sangat mengaguminya,justru dengan teori dan logika berfikir aku sendiri,Maha suci Allah yang telah menciptakan alam semesta untuk terus ditafakuri.

          Musibahnya DISITU,.siapa anda, ulama kah? sudah paham alquran, hadits, dan ilmu-ilmu lain dalam islam??
          Siapa anda?

          Mentadabburi alquran itu wajib dengan ILMU, bukan dengan logika berfikir sendiri,.

          tentang teori luar angkasa gak harus dipraktekkan tapi diimani dan diyakini sebagai qhodo dan qhodar Allah SWT.

          Teori antariksa orang kafir, atau hasil penemuan orang kafir, banyak yang HOAX, termasuk berita orang kafir sudah ke bulan, itu juga HOAXXXXXXXXX, DUSTA,.baca di sini

  2. Ya..mustahil bumi bergerak mengelilingi matahari..

    logikanya apa mungkin satelit buatan manusia juga bergerak mengelilingi matahari ?

    Mustahil juga orang bs nyampe ke bulan..karena bulan kan bergerak mengelilingi bumi.

    Ya, karena Allah mengatakan Bumi diam, matahari dan bulan yang beredar,

    Dan belum ada bukti secara real pendaratan manusia ke bulan, itu hanya HOAX, apalagi sampai ke yupiter,

  3. Saya juga bingung nih dengan pola pikirnya NAFA,,yg di kedepankan kok logikanya sendiri.. Mbok yo percaya sama dalil alquran n hadist.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*