Beda Buya Yahya Dan Buya Hamka Tentang WAHABI, Satu Berkata Tanpa Bukti, Yang Satunya PAHAM Apa Itu DAKWAH WAHABI..

Buya Yahya Sesat Buya Yahya Debat Aliran Buya Yahya Kesesatan Buya Yahya Debat Buya Yahya Vs Wahabi

Buya Yahya Mencela WAHABI, Buya Hamka Memujinya, Bahkan Bung Karno Bangga Pada Dakwah Wahabi, Demikian pula pejuang Indonesia seperti Imam Bonjol,Pangeran Diponegoro

Buya yahya dan solmed berkata dusta tentang wahabiSaat ini, banyak tokoh yang berbicara tidak berdasarkan ilmu, berdasarkan persangkaan, atau informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Lebih parahnya lagi karena yang mengatakan adalah tokoh, panutan masyarakat, atau pemilik pesantren, maka ucapannya dianggap seolah-olah kebenaran. Inilah musibahnya.

Diantaranya adalah apa yang di suarakan oleh SOLMED di tweeter yang ternyata mengekor pada tokoh pemilik pesantren yang bernama BUYA YAHYA.

Keduanya sepakat tentang tuduhannya kepada kelompok yang mendakwahkan dakwah salafi lalu mereka sebut sebagai WAHABI itu adalah dakwah yang mudah mengkafirkan, saya nukilkan pernyataan buya yahya dari web ini

Berikut adalah penjelasan dan jawaban singkat dari Buya Yahya tentang bagaimana kita menyikapi kelompok Wahabi:

Pertama, di dalam kelompok Wahhabiyah memang banyak kesesatan-kesesatan yang sangat luar biasa. Diantara kesesatan secara global adalah Wahabi mudah mengkafirkan dan membid’ahkan orang lain tanpa konpromi, artinya belum pernah dibuka sebuah diskusi yang baik.

Hal ini terlihat dibalik utusan dan fatwa-fatwa mereka yang mudah menyesatkan orang lain bahkan kadang mengatakan kafir. Ini sudah keluar dari manhaj ahlussunnah wal jamaah yang sesungguhnya karena manhaj ahlussunnah wal jamaah adalah manhaj tahqiq yang tidak akan mudah mengkafirkan dan membid’ahkan.

Tanggapan :

Hal diatas adalah tuduhan dusta, dan tanpa bukti, saya yakin buya yahya kalau disuruh mendatangkan buktinya maka tidak akan menemukan,

Sekarang mari kita simak bagaimana pandangan BUYA HAMKA tentang WAHABI?

Mari kita bandingkan antara ucapan buya yahya dan buya hamka

Buya Hamka menulis:

“Pada zaman Amangkurat IV, dengan kehendak Belanda diusirlah beberapa Muballigh Wahabi yang datang ke Jawa hendak mengajarkan Islam yang bersih kepada penduduk.

Bahkan Amangkurat sendiri pun tertarik pada ajaran itu. Begitu pun keturunannya Pangeran Abdul Hamid Diponegoro, terang-terang hendak mendirikan Kerajaan Islam, dengan beliau sendiri menjadi Amiril Mukminin di tanah Jawa.

Beliau ganti pakaian Jawa Lama dengan jubah dan serban. Maksud beliau niscaya akan berhasil, seandainya Kompeni tidak campur tangan.”

Lihat wahai buya, Pangeran Diponegoro adalah pengikut DAKWAH WAHABI..

Di halaman 62 beliau menulis tentang Tuanku Imam Bonjol:

“Dia mencampungkan diri ke dalam gerakan Paderi, setelah sampai seruan Tuanku Nan Renceh dari Kamang ke Bonjol.

Dan Tuanku Nan Renceh menerima pula pelajaran itu daripada tiga Tuanku yang pulang dari Makkah, membawa pokok pelajaran Tauhid yang suci bersih, menurut pandangan Ibnu Taimiyah dan Muhammad bin Abdul Wahhab (Wahabi).”

Lihat wahai buya, Imam Bonjol juga adalah pengikut DAKWAH WAHABI..

Di halaman 96 beliau menulis:

“Ketakutan Belanda itu bertambah lagi karena abad ke 19 sudah datang gerakan agama Islam yang militan langsung dari Makkah, menggerakkan umat Islam dan membangkitkan semangat Tauhid di alam Minangkabau.

Belanda yang lebih tahu daripada orang Minangkabau sendiri apa artinya Islam yang murni, karena mendapat advis dari ahli-ahli Orientalis tentang semangat Islam, melihat bahwa kemajuan gerakan Islam yang timbul di Padang Darat itu akan sangat berbahaya bagi rencananya menaklukkan seluruh Sumatera.

Belanda telah mengetahui bahwa gerakan Wahabi di Tanah Arab, yang telah menjalar ke Minangkabau itu bisa membakar hangus segala rencana penjajahan, bukan saja di Minangkabau, bahkan di seluruh Sumatera, bahkan di seluruh Nusantara ini.”

Lihat wahai buya, Belanda saja ketakutan terhadap DAKWAH WAHABI.. ulasan lengkapnya silahkan baca di postingan ini

Setelah BUYA HAMKA berbicara tentang DAKWAH WAHABI, mari kita simak penuturan BUNG KARNO yang BANGGA dengan DAKWAH WAHABI

Di buku yang berjudul “Dibawah Bendera Revolusi” (yaitu kumpulan tulisan dan pidato-pidato beliau) jilid pertama, cetakan kedua,tahun 1963. pada halaman 390, beliau mengatakan sebagai berikut :

((” Tjobalah pembatja renungkan sebentar“padang-pasir” dan “wahabisme” itu. Kita mengetahui djasa wahabisme jang terbesar : ia punja kemurnian, ia punja keaslian, – murni dan asli sebagai udara padang- pasir, kembali kepada asal, kembali kepada Allah dan Nabi, kembali kepada islam dizamanja Muhammad!”

Kembali kepada kemurnian, tatkala Islam belum dihinggapi kekotorannya seribu satu tahajul dan seribu satu bid’ah.”

Lemparkanlah djauh-djauh tahajul dan bid’ah itu, tjahkanlah segala barang sesuatu jang membawa kemusjrikan! ….))

Lihat wahai buya,. Presiden Sukarno saja BANGGA dengan DAKWAH WAHABI..

Silahkan baca selengkapnya di postingan ini

Apakah dakwah salafi atau yang buya yahya sebut sebagai wahabi itu mudah mengkafirkan?? ini adalah kedustaan,.

Justru Dakwah Wahabi paling hati-hati dalam urusan kafir mengkafirkan, sungguh ini fitnah yang keji ,

Mereka hendak memadamkan cahaya Allah dengan mulut-mulut mereka, tapi Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahaya-Nya walaupun orang-orang kafir tidak menyukai. (At Taubah : 32).

Silahkan baca postingan tentang dakwah wahabi di postingan ini

JUSTRU…. Yang mengaku sebagai ASWAJA yang terbukti mudah mengkafirkan orang yang mengikuti SALAFI atau dakwah wahabi, ini buktinya, di daerah buya sendiri, daerah cirebon, pemuda yang mengikuti manhaj salaf, diusir dari kampungnya, dan ada yang disuruh mengulang syahadat,. sudah saya posting disini

Jadi tuduhan anda dan orang-orang yang semisalnya bahwa DAKWAH WAHABI itu mudah mengkafirkan, mudah menyesat-nyesatkan,. Itu adalah TUDUHAN DUSTA, dan akan Allah mintai pertanggungjawaban kelak di yaumil hisab, di hari pembalasan..

Mudah-mudahan Allah berikan hidayah taufik untuk anda, saya dan pembaca semua..

Aamiin..

Pembaca juga bisa menonton dialog buya yahya dengan ustadz dari salafi,  lihat bagaimana buya tidak bisa mengeluarkan hujjah baik dari alquran atau sunnah,.

Silahkan lihat videonya di postingan ini

Simak bincang santai tentang wahabi, silahkan ditonton

Manhaj Salaf Sesat Bukti Salafi Sesat Apakah Buya Yahya Sesat Siapa Buya Yahya Buya Yahya Vs Wahabi

47 Comments

  1. Afwan ustadz, ana sudah beberapa kali dengerin ceramah Buya Yahya. Sepertinya yang dimaksud wahabi oleh beliau adalah wahabi yg lain. Yang di afrika, yang telah dinyatakan sesat oleh para ulama.

    Bukan wahabi yg dinisbatkan kepada dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab.

    Setau ana beliau lebih lunak terhadap dakwah salafiyah dan dalam beberapa hal sepakat dengan dakwah salaf.

    Hanya saja sepertinya si solmed ini main catut perkataan beliau saja tanpa menjelaskan kepada ummat siapa wahabi yang dimaksud oleh beliau.

    Bukan, buya menyoroti wahabi yang di indonesia,. silahkan baca di tulisan beliau yang sudah saya sertakana link nya di artikel tersebut

    • Kenapa sekarang arab berkoalisi dengan,amerika,ingris,belanda,jerman, ..aneh..amerika punya pangkalan militer di arab…coba raja arab dulu,nga pernah ada hubungan dng amerika

      Raja arab dahulu juga sering memberi masukan kepada amerika, silahkan baca di sini

      Arab berkoalisi dengan negara kafir, tapi negara kafir tersebut tidak mengendalikan kebijakan arab, justru arab yang memegang kunci,.

      Berbeda dengan indonesia, bekerja sama dengan amerika, tapi amerika yang lebih diuntungkan,. dan itu banyak,.
      bekerja dengan china, china yang lebih diuntungkan,.
      Lihat freeport,. dll.. jadi sangat jauh berbeda,..

      Bahkan pakaian orang indonesia sudah mirip dengan pakaian orang amerika, dan merasa bangga,. beda dengan pakaian orang arab,

      Itulah bedanya,..

      Dan apa masalahnya ada pangkalan militer amerika di saudi? kenapa hanya saudi yang disorot, amerika banyak kok membangun pangkalan militer di negara-negara lain, silahkan baca di sini

  2. isinya baik. namun disayangkan..secara tidak langsung anda persis seperti wahabi yg buya yahya terangkan (anda mengkafirkan secara halus) ..maaf sy hanya berusaha menganilis amanat yg terkandung dalam tulisan anda.

    Tunjukkan buktinya, jika saya mengkafirkan secara halus, jika anda bisa membuktikan, saya akan tutup blog ini,. dan meminta ampun kepada Allah,.

    Jika anda tidak bisa membuktikannya, berarti anda yang menuduh saya mengkafirkan secara halus dan itu akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akherat,.

    • Wong seneng ngomong krg apik dadine apik, nk wong ra seneng ngomong o apik yo krg apik.jd lh pribadi yg minimal rohmatal lil muslimin.

      Aamiin,..

      betul..

  3. Lah dia sendiri juga mudah menyesatkan juga.

    Gimana sih buya yahya ini. He he he.

    Jujur saya masih bingung, kalo saya membela aliran x nanti saya dibilang merasa paling benar.

    Lah terus orang yang nuduh saya merasa paling benar bukankah dia juga merasa paling benar. Bingung kan. He he he.

    Ya, begitulah,.
    Orang yang menuduh orang lain mudah mengkafirkan, dan dia tidak bisa mendatangkan buktinya, maka sesungguhnya dirinya yang terjatuh dalam perbuatan suka mengkafirkan,. ini adalah konsekwensinya,.

    • Para ahli bid’ah itu sebenarnya sadar jika mereka Tasyabbuh, makanya waktu diingatkan hanya dengan “yang ente lakuin itu bid’ah”, “yang ente lakuin itu syirik”.

      Maka para ahli bid’ah itu dengan sigap mengatakan pada orang yang mengingatkan, “ente takfiri”.

      Padahal tidak ada satupun kata-kata yang mengatakan/menyatakan kafit, tapi demikianlah responnya.

      Semoga para ahli bid’ah mendapatkan Hidayah.

      Ya, begitulah,..kita mengingatkan akan amalan bidahnya,. tapi mereka menganggap kita memvonis dirinya,. malah menganggap kita mengkafirkannya,. ini adalah akibat gagal paham,

      • Anda berguu pada siapa dan guru anda bguru ke siapa bgtu strusya sampe ktmu nabi muhammad …
        Klo buya saya yakin tp klo anda mbuh saya g tau

        Apa yang dibanggakan dari bersambungnya sanad, tapi ternyata ajarannya ngga nyambung,.. ini sangat lucu,.

        Rasulullah melarang tawasul kepada orang yang sudah mati, atau tawasul ke kuburan, tapi buya membolehkan,.. sebagaimana dalam video dialog tentang tawasul, silahkan ditonton,. pengin sekali saya mentranskrip dialog tersebut agar terlihat jelas bagaimana penjelasan buya tentang hal ini, silahkan tonton disini

        • Tawasul itu apa ?

          Menjadikan sebagai perantara,.
          contoh tawasul kepada kuburan, itu artinya meminta kepada orang yang dikubur agar menyampaikan hajatnya kepada Allah,. dan ini adalah syirik

  4. saya juga pernah mendengar cerama Buya Yahya. sepertinya beliau berhujjah atas sebagian orang yg engaku wahabi saja.
    Anda beliau membaca kitab2 karya ulama yg sering dijuluki wahabi, maka beliau akan tahu hakekatnya.

    kita ini memang kadang takut mencari kebenaran.

    Mudah-mudahan saja Allah bukakan hatinya,.

  5. Orang bila merasa PINTAR sebenarnya ia BODOH, bila ia merasa bertambah ilmu sebenernya ia bertambah Kebodohanya…

    orang yang bijaksana yaitu yg tidak memperlihatkan Kebodohanya….

    ingat Alloh itu menciptakan sesuatu berpasang2an….

    Alloh ciptakan Kepintaran dan Kebodohan dalam satu tubuh…

    tinggal tubuh atau orang itu sendiri mampu melaksanakannya atau tidak….

    selalu taubat dan hati2 menjalani hidup…

    Kalau menurut koment anda, berarti buya adalah… ngga tega saya bilangnya,.
    Kalau berbicara tanpa ilmu, itu namanya apa gus,.

  6. Mf ustad, setahu ana yang dikatakan buya Yahya itu benar adanya bahwa ada sebagian kelompok suka mengkafirkan.

    kalau antum bukan termasuk yang suka mengkafirkan berarti antum bukan yang dimaksudkan buya yahya,.

    yang jelas pada intinya ada kelompok yang suka mengkafirkan sebagian besar masyarakat Indonesia dgn tradisinya.,

    Masalahnya, buya sedang berbicara ttg wahabi yang dimana,?

  7. lebih baik admin ngajak diskusi langsung saja dengan buya yahya

    sekaliber ust toharo saja, yang pimpinan pesantren assunah cirebon buya tidak mengeluarkan dalil, apalah saya ini,.
    Dan karena tidak mengeluarkan dalil, maka ust toharo tidak mau melanjutkan dialog tersebut,.

    • Kalo menurut saya…
      non muslim takan pernah bisa menyesat kan umat muslim….

      Kata siapa mas?
      Ulang tahun itu dari non muslim, lalu kaum muslimin banyak yang ikut-ikutan,.
      Perayaan tahun baru itu dari non muslim, lalu kaum muslimin banyak yang ikut-ikutan,.
      Kenaikan isa almasih, itu dari non muslim, lalu kaum muslimin banyak yang ikut-ikutan ngadain isra mi’raj
      dll banyak sekali mas,

      tapi yang menyesatkan umat muslim itu adala muslim itu sendiri…..
      ya itu ulama” nya….yang egois.
      aliran orang salah aliran dia benar….
      inilah tanda dia berkuasa di atas yang makuasa…..
      sebab yang bisa mengklim sesat atao tidak sesat di mungka bumi ini hanya allah semata…..
      manusia tidak punya daya apa”

      Iya betul mas,. kan sudah digambarkan oleh Rasulullah, nanti akan ada ulama-ulama yang menyeru kepada jurang jahannam,. tanda akhir jaman,.

    • antum sok tau beliau ustad thoharoh tidak bisa melanjutkan dialog karena beliau ada keperluan seperti penjelasan ustad buya yahya,
      bukan seperti yang antum sangkakan….

      Antum yang sok tahu, lah saya berbicara langsung dengan ustadz thoharo kok waktu ada acara daurah dengan ulama dari yordania,
      Jadi saya lebih percaya pada ucapan ust thoharo langsung, saya dialog langsung mas satu meja dengan ustadz thoharo, makan bareng,.

    • yang ana fahami sbg orang awam adalah,,ustadz thoharo sengaja menghindar,,krn tidak ada perlunya lg di perpanjang,,

      jika semua hujjah dari alquran dan hadist sudah di jelaskan semua,,dan itu tidak bisa juga diterima,,ALLAHUL MUSTA’AN ,,

      Jika kalian berselisih tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah dan Rasul-Nya, jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama ( bagimu ) dan lebih baik akibatnya.

      [An-Nisa’ : 59] itu sangat bijaksana buat ustadj thoharo sebaiknya sangat baik sekali lebih baik tinggalin ajalah forum diskusi tsbt,,krn ga ada manfaatnya,,malah bnyk mudharotnya,,Nabi Muhammad S.A.W bersabda;
      “Aku akan menjamin sebuah rumah di dasar surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun dia berada dalam pihak yang benar. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang membaguskan akhlaknya.”
      (HR. Abu Dawud dalam Kitab al-Adab, hadits no 4167. Dihasankan oleh al-Albani dalam as-Shahihah [273] as-Syamilah)

      Iya,. betul.. pengin sekali mentranskrip video dialog tersebut, agar kaum muslimin pun bisa paham, mana yang diatas hujjah yang benar, dan mana yang hanya berargumen dengan logika semata

  8. Min… Ngomong2 tau yang dimaksud wahabi gak..??
    Innalillah… Antum terlalu mudah menjudge orang terlebih yang di bentukan dalam media berupa berita , salah2 jadi fitnah loh min..

    Jangan ibarat ente bicara nasi goreng ternyata persepsi ente nasi uduk..
    Sudah salah paham , pkus sebar fitnah.. Naudzubillah…
    Mari perbanyak istighfar agar tidak menyimpangkan yang lurus dan menganggap lurus yang menyimpang..
    Wallahua’lam…

    Anda tahu wahabi itu apa?
    Kayaknya ketinggalan kereta nih,.
    Sudah jaman internet kayak gini kok ga tahu apa itu wahabi,. silahkan baca disini saja kang mas,. klik saja ya

    Buat nambah wawasan antum ttg wahabi, klik disini

  9. Min lo bat blog hati2….

    blog loh tu menggunjing orang.selama saya denger ceramah buya yahya sesuai Qur’an dan sunnah..baiknya lo ada perbedaan kembali pada Qur’an dan Sunnah..selesai.

    Kalau yang dibawakan adalah quran dan sunnah, semua kelompok islam yang sesat juga ngakunya quran sunnah,..

    Tapi pemahaman siapa yang digunakan untuk memahami alquran dan sunnah tersebut?.. nah disini masalahnya,.

    Semua orang, semua kelompok yang tidak mau menggunakan pemahaman para sahabat dalam memahami alquran dan sunnah, PASTI akan tersesat,..ini Allah sendiri yang mengatakan,.

    makanya, wajib bagi seluruh kaum muslimin untuk mengikuti pemahaman para sahabat, itulah satu-satunya jalan keselamatan,bukan mengikuti pemahaman tokoh tertentu, habib tertentu, atau buya tertentu,. silahkan baca ulasannya disini

  10. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

    saudara admin saya sempat kaget membaca situs
    https://syiarislam.net/2015/07/14/perbandingan-aqidah-wahabi-vs-sunni-vs-syiah/
    yang membahas perbandingan aqidah antara wahabi, dijelaskan di sana bahwa dalam pandangan wahabbi, Allah itu berwujud yakni memiliki wajah, memiliki tangan, memiliki kaki. Mudah-mudahan ini adalah berita fitnah.

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Terimakasih mas Alwi,.
    Apakah Allah memiliki wajah, tangan, kaki?
    Betul sekali, Allah memiliki Wajah, tangan, kaki,..
    Allah sendiri yang mengatakan,. bahkan Allah juga memilki betis,..

    Kita imani apa yang Allah katakan,.
    Kita yakini apa yang Allah katakan,.
    Dan kita juga paham apa itu makna wajah,tangan, kaki, atau betis,..

    Kita imani dan yakin Allah memiliki itu semua,.

    Tapi…..
    Ini yang penting,.. seperti apakah wajah, tangan, kaki, atau betis Allah itu?
    Nah ini yang kita cukup mengimani saja, tapi tentang bagaimana rupa dari hal tersebut, ini serahkan kepada Allah, Allah saja yang tahu,.

    Jika kita ingin melihat wajah Allah,.. nanti di surga,.. kenikmatan tertinggi adalah melihat wajah Allah seperti kita melihat bulan purnama,..

    Seorang yahudi saja tahu kalau Allah memiliki tangan, memiliki jemari,. dan Rasulullah pun membenarkan apa yang disampaikan oleh si yahudi ini, masa kita sebagai umat Rasulullah malah merasa heran? silahkan baca ulasannya disini

  11. Barakallahu fiikum akhi..
    Sangat memberi pencerahan kepada kaum muslimin..

    Sangat disayangkan beliau(buya yahya) selalu mengatakan dlm ceramahnya untuk diskusi dsb.. bila ada yg tidak sepaham akan ttp tatkala berdiskusi yg beliau bawa bukannya dalil melainkan dalih..
    Allahul musta’an..
    Semoga kita senantiasa diberi petunjuk oleh Allah dan diwafatkan oleh Allah diatas agama yg haq ini..

    Wafiikum baarakallah,.
    Aamiin , jazakumullahu khairan atas suport dan doanya

  12. Betul mas, saya setuju sama blog anda.

    Saya berulang kali nnton kajian beliau Buya yahya lalu bertabayun membandingkan dg ulama2 yg dia sebut wahabi atau salafy kemudian kita kembalikan lagi mana paham mereka yg lbih dekat pada Qur’an dan sunnah

    dan alhasil siapapun yg dituduh wahabi adalah orang2 yg justru memunikan akidah,yg selalu beribadah diatas dalil,mendahulukan perkara2 agama dg dalil dan hadits Nabi saw.

    Bhkn yg mereka yg disebut wahabi/salafy adalah yg dg sangat hati2 mngkafirkan saudara seiman apalagi gampang membid’ahkan suatu perkara tnpa dalil.

    Saya smkin yakin ktika mndengar kajian buya yahya dia bilang wahabi hanya mereka-reka,mempersangkakan suatu perkara dlm agama.

    Sayapun berpikir bgmna bisa seorang tokoh agama justru menyuburkan bid’ah dan memadamkan sunnah,bhkan menganggap ada bid’ah hasanah dan jelas skali beliau tdk mampu membedakan mana bid’ah dholalah dan mana sunnah khulafaurasyidin.

    Bahaya sekali ditangan ulama yg justru harusnya mengajak pada yg haq dlm kajian kpda byk umat ini malah mnyesatkan dg 1000 hujjah2 demi pembenaran bid’ah.

    Wallahu a’lam bish-shawab, semua akan dipertanggungjawabkan kelak di yaumul hisab. Jazakallah khairon katsira 🙂

    betul mba, bagi yang paham, tampak sekali apa yg disampaikan buya ketika menyebutkan tentang salafi itu, bkn berdasarkan ilmu, tapi hawa nafsu

    tapi karwna beliau adalah tokoh, maka mudah sekali kata2nya itu dianggap sbg kebenaran, walaupun jauh dari kebenaran ketika menyebutkan tuduhan kepada salafi

  13. alhamdulillah..

    jujur saya msh bodoh dlm masalah agama , , syariat islam msh sdikit yg saya hapal,

    tp alhamdulillah alquran dan sunnah menjadi patokan jalan hidup saya. pokoknya sip mas,saya pro dgn blog anda! lanjutkan! *maaf klo saya kurang sopan* 🙂

    Amhamdulillah,..
    Jangan pro dgn web ini mas angga, tapi pro dengan Amquran dan Hadits dengan pemahaman para sahabat,..
    Apa itu pemahaman sahabat? bisa baca disini

  14. Seorang pembunuh akan bertaubat krn kesalahannya, begitu pun pencuri akan menyadari jika mencuri itu salah,

    tapi pada masalah bid’ah dia tidak akan tahu dimana letak kesalahannya krn dia mengangap bid’ahnya itu adalah ibadah.

    Buya yahya bukan tidak menggunakan Alquran sunah sebagai acuannya, tp beliau belum siap ditinggalkan jamaahnya, karena jika ulama berbicara tentang syariat maka resikonya di benci umat. Wallahu a’lam

    Ya,.. kadang disitulah tantangannya..

    Jika menyuarakan kebenaran, pasti ditinggalkan oleh jamaahnya..

    Dan pembela amalan bidah, memang sulit untuk bertaubat, berbeda dengan orang yang biasa melakukan maksiat,.

  15. lanjutkan da,wah anda semoga banyak orang yang mengerti. Al qur,an dan sunah Rosulluloh saw. Karna itulah jalan yg terang bagi kita semua.

    Alhamdulillah,.
    Jazakumullahu khairan atas suport dan doanya
    aamiin

  16. Assalamu’alaikum…
    subhanalloh…
    trmksh atas smw pencerahan di blog ‘ quran dan sunnah’ ini.
    Sy bsrta klwrg dididik dari klangan yg jauh dari pndidikan Islami.
    Sebegitu besar manfaat blog ini tuk kami sklwrg…
    mohon izin meng-copy/jilid, guna bacaan kami sklwrga.
    Smga amal ibadah admin senantiasa tyada henti mengalir. wassalamu’alaikum.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Alhamdulillah,.
    Mudah-mudahan Allah berikan istiqamah kepada anda sekeluarga, juga pembaca semua,..
    Jazakumullahu khairan,

    Silahkan dicopy,
    Saya sarankan, hadiri taklim langsung, tlg sebutkan di kota mana anda tinggal, biar saya tunjukkan tempat taklim yang dekat dengan anda

    • Trmksih sebelumnya, dari Kota Bandung, tepatnya kawasan Gedebage.

      Wah, kalau gedebage itu sih tempat taklimnya dekat malah, ada taklim rutin setiap ahad jam 9 pagi di Masjid Umar bin khattab, pesantren annajiyah, alamatnya ada di depan sma 27, komplek griya cempaka arum, rancanumpang, (belakang polda jabar)
      Dekat kayaknya ya, ada juga taklim khusus muslimah setiap hari rabu pukul 14:00, di tempat yang sama,

  17. “Sesungguhnya tdk ada paksaan dalam beragama, sudah jelas yg benar diantara yg sesat,..” ( Al-Baqarah ayat 156). Jika kita memiliki kemampuan untk memberitahu seseorang bahwa itu salah berdasarkan dalil2 yg ada mka mari kita lakukan, mudah2an dpt hidyh lewat kita.

    Dan sekalipun kita bnr kita tetap memohon hidyh kpd Allah. Krn mahalnya hidyh itu. Jika seseormg sdh diingtkn mash ngotot dan malh mendbt kita lbh baik kita tingglkn.

    Apalgi gunanya jika semua sdh dijelaskn dengn dalil quran & sunnah serta penejelsam ulma2 terdahulu kmdian mash ngotot diteruskan krn itu akn terjebak jidal dan jidal itu tdk baik bisa mengeraskn hati serta membuat perpechan Kita doakn aja kita semua dpt hidyh dan tegar diats sunnah.

    Dan trs menuntut ilmu sehingga tau mana yg haq & mana ygbathil. Barakallohufikum admin

    Jazakumullahu khairan,
    wafiikum baarakallah

  18. Assalamualaikum admin,
    Blog ini sungguh mencerdaskan.
    Teruskan dakhwah antum.
    بارك الله فيك

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Alhamdulillah,.
    jazakumullahu khairan atas suport dan doanya,.
    wa fiikum baarakallah

  19. Bismillah..

    mudah2an kita smua di ampuni Allah.. guru2 kita memberi tahu kita tntang ajaran ini dan itu tdk baik,, adalah untuk kita jauhi bkn untuk memaki org2 yg tdk sefaham..

    membahas agama jgn pke emosi, khawatir syaithan memanfaatkan emosi qt..

    hati2
    yang tau kbenaran hanya Allah, klo mnrut qt ini bnar itu bnar yaaa ikuti jgn memaki pemahaman lain..
    Rasulullah saja tdk pernah memaki org skalipun sudh jlas ke kafirannya..

    apa kita lbih mulia dan lbih pandai dri Rasul?
    sampai2 dgn mudah sling mendebat dan merasa pling bnar??

    Saya tambahkan…

    Apa kita sudah mulia dan lebih pandai dari Rasul, sehingga kok kita melakukan amalan yang tidak pernah diajarkan dan diamalkan oleh Rasulullah?..

    Ketika kita menjelaskan amalan yang ada contohnya dari rasul,.. jangan disebut kita ini merasa paling benar,.

    Ketika kita menjelaskan amalan yang ada contohnya dari rasul,.. jangan disebut kita ini memaki dan mengolok-olok orang yang mengerjakan amalan yang tidak ada contohnya,.

    Ketika ada guru kita yang mengajarkan amalan yang tidak ada contohnya dari Rasulullah, maka jangan kita bela, karena itu guru kita,..

  20. tinggal cari di youtube buya yahya diskusi dgn proffesor salim bajri
    anda akan bsa melihat bahwa buya yahya memiliki dasar2nya..
    dan anda bsa menilai sendri, kalau anda sudah nonton.. silahkan post replay

    salim bajri bukan usatadz yg mengikuti manhaj salaf, wajar saja dialognya spt itu,

    • Dasar Wahabi… Jelas2 salim bajri golongan situ.. giliran kalah langsung diusir bukan golongan.. mirip perlakuan Yahudi thd seorang Shohabat; Abdullah bin Salam R.A.

      Maaf, salim bajri bukan ustadz dari SALAFI, tapi dari MMI, jadi ngga nyambung,. ini lho yang ustadz Salafi, ada kok dialognya,. lihat di sini

  21. Haha lucu sekali bersilat lidah, padahal banyak buktinya ustad2 yang sering membidahkan

    sebutkan buktinya, copas di sini, jika anda menuduh tanpa bukti, itu justru lebih keji lagi,.

  22. Kenapa admin gk diskusi langsung dengan buya yahya?

    kalo memang admin tau kalo buya yahya itu gk benar,
    Knapa harus berkoar lewat blog.
    Ya..

    Itu juga kalo admin mencari kebenaran,pasti bakal mendatangi dan berdiskusi langsung dengan buya yahya,gk lewat blog seperti ini!!!

    Saya sudah tahu kebenaran manhaj salaf, dari para ustadz yang mendakwahkan manhaj salaf di negeri ini,

    ngapain dialog langsung kalau sudah tahu manhajnya buya yahya yang bisa disimak melalui video-videonya yang banyak beredar di internet,

    maka lebih bermanfaat jika kita counter pemikiran buya yang menyelisihi manhaj salaf,..

    Bahkan, kitab yang ulama pun mengatakan sesat, itu diajarkan oleh buya juga, kitab apa? kitab alhikam, silahkan baca di sini

  23. pikirkan ahmadiah,syiah,saja

    itu sih sudah di luar islam, justru saudara kita yang masih beragama islam tapi pemikirannya menyimpang itu lebih wajib kita fikirkan

  24. apakah akhir-akhir ini orang baru sadar kalau kitab al-hikam sesat, apakah tidak ada satu ulama’pun yang mengatakan pada waktu itu kalau kitab al-hikam sesat?

    Sdh banyak ulama yang mengingatkan, mugkin anda sendiri yg kurang piknik

  25. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

    Mohon maaf sebelumnya..
    Saya dari aceh.. Saya cuma pengen tanya.. Mungkin anda tau pesantren di Aceh yang sesuai sunnah… Soalnya di Aceh banyak banget pesantren yang beraliran sufi..
    Terima kasih sebelumnya..

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Coba hadiri saja taklimnya, dan tanyakan sendiri disana, lihat di sini

  26. min… pesan saya cuman satu.. jangan mudah menyerah dgn ahli ahli bi,dah..
    i love u karena allah min..
    pejuang salaf

    Pantang menyerah, tetap semangat,

    Hanya Allah yg mampu memberikan hidayah taufik

  27. Tetap istiqamah di jalan Allah
    Sesuai Al quran dan Sunnah Rasulullah dengan pemahaman yang benar
    Islam datang dalam keadaan asing, dan kembali dalam keadaan asing pula.
    Semangat akhi, untuk menyampaikan kebenaran2

  28. Assalamu’alaikum.

    admin saya adalah orang yang masih awam dalam beragama, dan melihat fenomena saat ini khususnya di Indonesia, sudah banyak sekali orang yg disebut “ustadz, kyai, syekh, buya, habib, gus dll”

    tapi yg saya lihat justru di antara mereka banyak berbeda pendapat, yg A menyalahkan yg B, yg B menyalahkan yg A,

    dgn berbagai perbedaan sehingga bagi saya org awam jdi membingungkan sebenarnya ajaran islam mana yg memang berasal dr Allah dan Rasulnya,

    bahkan ketika saya mulai menemukan “manhaj salaf” pun itu masih membuat saya ragu dengan ketidaktahuan saya dalam ilmu agama,

    krna manhaj salafpun di anggap sesat ada yg bilang wahabi lah ini lah itu lah,

    mohon nasihatnya agar saya bisa menemukan islam yg sesungguhnya yg berasal dr Allah dan Rasul. Jazakallah.

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,

    Sebenarnya mudah sih cara mengetahui kebenaran..
    Kebenaran itu bukan dilihat dari orangnya, kyai,ustadz,habib,gus,ajengan,aa,ulama,..
    Bagaimana cara mengetahuinya?
    Silahkan baca di postingan ini

    Di kota mana anda tinggal, biar saya tunjukkan tempat taklimnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*