Siapa Almaturidi Dan Pemikiran Yang Diusungnya? Apakah Dia Termasuk Tokoh Ahlusunnah?

Abu Manshur Al Maturidi Dan Aliran Maturidiyah

sumber : http://almanhaj.or.id/content/2723/slash/0/abu-manshur-al-maturidi-dan-aliran-maturidiyah/

3 Comments

  1. yang saya heran , kenapa yang dibenci imam As-syafii dikerjakan oleh orang2 yang mengaku pengikutnya ? contoh ilmu kalam ini ..

    Sebab orang islam yang di indonesia, mayoritas hanya ikut-ikutan saja,.
    Ngaku sebagai pengikut madzhab syafii, tapi tidak mempelajari kitab yang ditulis oleh imam syafii,. jadinya ya banyak tidak paham ajaran islam yang dijelaskan oleh imam syafii,

    • Karena ilmu yang katanya “bahasa tingkat tinggi”, Yunani Kuno (Macedonia) dulu begitu berjaya, saat ilmu kalam mewabah jadilah negeri yang tak berarti, sekarang malah bangkrut.

      Cina yang sejarahnya begitu terkenal sempat terpuruk gara-gara maraknya ilmu kalam, hingga dinasti Ming bisa didirikan lagi oleh rakyat jelata yang tidak terkontaminasi ilmu kalam (Zhu Yuanzhang).

      Dinasti Abbasiyah binasa juga karena maraknya ilmu kalam, kerajaan/kesultanan Islam berikutnya (Mamalik) akhirnya malah didirikan oleh para budak (prajurit bayaran) yang tidak terkontaminasi ilmu kalam.

      Kalau di pemrograman (ilmu pasti) “bahasa tingkat tinggi” itu merupakan bahasa pemrograman yang syntaxnya mudah dipahami manusia. Kebalikannya kalau pada ilmu kalam (ilmu gak jelas) “bahasa tingkat tinggi” itu merupakan bahasa yang dalam 1 kalimatnya saja bikin bingung seluruh makhluk di dunia.

  2. Assalamualaukum warahmatulah wabarakatuh,

    Skrg byk aliran yg ngakunya berdasarkan Al qur’an dan Sunnah, secara awam bgmana kita bisa ketahui dgn mudah kalau aliran tsb menyimpang ?,

    krn di pesantren top pun ada pelajaran tassawufnya ?,

    belum lg ada kelompok pengajian wirid tariqat tuan guru anu,

    syeh anu yg punya amalan tertentu dan kalau ada haul pasti ramai dan dari kalangan pejabat jg hadir dan mendapatkan amalan2 khusus utk penjagaan

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh
    Caranya mudah
    Kenali saja manhaj yang benar,
    Belajar dari ustadz yg mendakwahkan manhaj salaf,

    Anda tinggal di kota mana,
    Mudah2an bisa saya kasih tahu tempat taklimnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*