Selevel J**RU Saja Gagal Paham Apa Itu SALAFI… Mudah-Mudahan Setelah Baca Ini Jadi Paham

Artis Hijrah Ke Salafi Ustadz Salafy Tobat Kajian Sunnah Di Tangerang Aslibumiayu Pengertian Salafi Asli Bumiayu Perkembangan Kajian Sunnah

Pak, SALAFI ITU BUKAN KELOMPOK, ORMAS, ATAU JAMAAH TERTENTU.. makanya PIKNIK DONG, banyak tuh Kajian Salaf Tersebar Di Indonesia

Jonru gagal paham apa itu salafi#‎Salafy‬ itu bukan kelompok, bukan komunitas, bukan organisasi, bukan ormas, bukan perkumpulan, apalagi partai.

Antum seorang diri, tinggal di gunung, kemudian menjalankan syariat Allah dan Sunnah Nabi Muhammad ﷺ sesuai tuntunan Rasulullah dan praktek para Sahabat Nabi Radliallaahu’anhum, maka Antum adalah #Salafy

Salafy itu bukan kelompok pak jon, kalau salafy itu kelompok berarti ada :

– Tokoh pendirinya
– waktu dibentuknya
– pembinanya siapa
– ketua umum, wakil, seketaris, bendaharanya
– kantor pusat & cabangnya
– AD ARTnya
– kata sandinya
– pengkaderannya
– logo, bendera, motto & seragamnya.
– iuran, kartu anggota & pendaftaran

LAH..Mana..semua tidak ada..pak jon..!

Salafy itu adalah setiap orang yang memahami Dien sesuai dengan apa yang dipahamai generasi salafus shalih (yang terdahulu) dari umat ini, maka dia disebut Salafy (Tidak peduli apakah dia menyebutnya terang-terangan ataupun secara sembunyi-sembunyi ) Jadi As-Salafiyah sebenarnya Islam itu sendiri. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِيْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ.

“Sebaik-baik manusia adalah pada masaku ini (yaitu masa para Sahabat), kemudian yang sesudahnya (masa Tabi’in), kemudian yang sesudahnya (masa Tabi’ut Tabi’in).”

[ Muttafaq ‘alaih. HR. Al-Bukhari (no. 2652) dan Muslim (no. 2533 (212)), dari Sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu. ]

Nah, Tiga generasi yang dimaksud adalah

– generasi Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam dan para sahabat,
– generasi tabi’in dan
– generasi tabi’ut tabi’in.
Sering disebut juga generasi Salafus Shalih.

Tidak diragukan lagi karena merekalah orang-orang yang paling memahami Islam yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam. Maka bila kita ingin memahami Islam dengan benar, tentunya kita merujuk pada pemahaman orang-orang yang ada pada 3 generasi tersebut, Gitu pak jon.

sumber : https://www.facebook.com/555638731129296/photos/a.557356694290833.145612.555638731129296/1272964792730016/?type=3

Bang Jonru, mau tahu apa itu SALAFI atau MANHAJ SALAF? Minta alamatnya dong, nanti saya kirim buku MULIA DENGAN MANHAJ SALAF dan juga Video Penjelasan Apa itu Manhaj salaf,..

Manhaj Salaf itu SATU-SATUNYA JALAN KESESELAMATAN bang Jon,. kenapa? bisa dibaca disini

Salafi bukan ormas, jamaah tertentu, atau kelompok apapun yang ada pendirinya, aturan-aturan, silahkan baca disini

Mudah-mudahan JONRU mau mendatangi majlis taklim salafi, yang ada di Jakarta Timur banyak kok, bisa dilihat disini jadwalnya

Print Friendly, PDF & Email

Manhaj Indonesia Perkembangan Salaf Purbalingga Primus Nyunnah Pusat Kajian Salafi Indonesia Pusat Kajian Sunah Cibinong

8 Comments

  1. assalamualaikum ,apa itu tabi’in dan tabi’ut?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Tabiin itu adalah murid2nya para sahabat nabi
    Tabiut tabiin itu adalah murid2nya para Tabiin

    • Kalau memang tidak bertentangan dengan manhaj ahlusunnah wal jamaah mengapa memakai nama salafi. Mengapa tidak memakai nama ahlusunnah wal jamaah saja ?
      Manhaj Salaf itu SATU-SATUNYA JALAN KESESELAMATAN. Apa maksud kalimat tersebut ?
      Apa hanya orang salafi saja yang pasti selamat memasuki syurga , selain orang salafi semuanya pasti akan memasuki neraka karena Manhaj Salaf itu SATU-SATUNYA JALAN KESESELAMATAN.?

      Mohon keterangan dan dalil dalil nya

      Nama Ahlusunnah juga tidak ada dalilnya dari Rasulullah, yang ada cuma kata muslim saja,.
      Jadi kenapa pakai nama ahlusunnah?

      Apakah orang yang memeluk islam PASTI masuk surga? TIDAK,.. bahkan orang yang menempati neraka yang paling bawah itu dari orang yang menampakan keislaman ,. mereka shalat, mereka zakat, bahkan mereka mungkin saja pergi haji,.

      Tentang dalil Mengikuti manhaj salaf itu adalah jalan keselamatan,. silahkan anda baca disini

      Cukupkah untuk jaman ini sebutan muslim saja, atau ahlusunnah saja? TIDAK CUKUP, apa alasannya? silahkan baca disini

      • ketika rasulullah dekat dengan wafatnya bersabda nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kepada anaknya fathimah radhiyallahu anha:

        فَإِنَّهُ نِعْمَ السَّلَفُ أَنَا لَكِ

        “Sesungguhnya sebaik-baik salaf bagimu adalah aku” [HR. Al-Bukhari no. 6285 dan Muslim no. 2450 , dari Aisyah radhiyallahu ‘anha]

        perhatikan kata السَّلَفُ, ketika orang menisbatkan diri kepada salaf maka di sebut salafy , siapa salaf ..? salaf dalam bahasa berati yang terdahulu , yang dimaksud disini adalah salaf(yang terdahulu) dalam islam, yang terdahulu dalam islam tidak lain adalah nabi kemudian para sahabat, dan dalam hadits itu nabi sendiri mengatakan sebaik baik salaf adalah beliau.
        dari sini bisa di fahami kata salafy mengarah kepada kepada nabi, barang siapa mengikuti manhaj salaf berarti dia mengikuti manhajnya nabi. semoga Allah berikan taufiq

        Betul… makanya manhaj salaf itu satu-satunya jalan keselamatan,.

        Orang yang tidak mau mengikuti manhaj salaf, berarti ikut siapa?
        Makanya, WAJIB HUKUMNYA seluruh kaum muslimin untuk mengikuti manhaj salaf, sudah saya posting disini

  2. Memang ada ya manhaj salaf..?
    Bknkah yg qt pelajari selama ini adalah manhaj ahlussunnah wal jamaah…
    klo ada manhaj salaf, lalu apa bedanya donk dgn manhaj ahlusunnah wal jamaah…?

    Betul sekali, manhaj ahlusunnah wal jamaah,.
    Masalahnya, apa sih arti ahlusunnah wal jamaah?
    Ahlusunnah itu kan artinya orang yang hanya mengamalkan amalan sunnah, arti amalan sunnah adalah amalan-amalan yang ada ajarannya dari Rasulullah, sedang wal jamaah adalah jamaah para sahabat,. yaitu mereka yang mengamalkan islam berdasarkan pemahaman para sahabat,.

    Jadi tidak bertentangan antara ahlusunnah wal jamaah dengan manhaj salaf,.

    Parahnya kalau di indonesia, yang disebut ahlusunnah waljamaah atau ASWAJA adalah yang mengikuti ORMAS tertentu, ini adalah arti aswaja yang salah, bahkan kalau dilihat amalannya, malah kebanyakan mengamalkan amalan yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah seperti maulidan,yasinan,tahlilan dll,

    Arti ahlusunnah waljamaah sudah saya posting, silahkan baca disini

  3. Nah loe…hehehe gmn bang jon?
    sy jg heran ngomong kayak ulama tp GIBAH jln trus.

    Kecerdikan seseorang itu bukan jaminan ucapannya bener,.

  4. bukannya utk mengetahui khasanah kehidupan sahabat kita taunya dari para ulama ulama

    Iya,
    dari ulama yang mengikuti pemahaman para sahabat,bukan sembarang ulama,

  5. Assalamu’alaikum

    Pak saya pernah baca di sebuah artikel kalau Thawaf sejarahnya adalah budaya kaum quraisy yg mengitari kabah sambil telanjang dan ada berhala di sampingnya.

    Kemudian Rasul memasukkan Ruh Islam kedalamnya agar dapat diikuti masyarakat pada saat itu.

    Nah bagaimana dengan Pengajian yg ada rebananya, atau perkumpulan sambil baca sholawat atau Baca Qur’an, ada juga yg tahlil.

    Beberapa teman yg pernah diingatkan tentang bid’ahnya kegiatan tsb, justru membalikkan dengan sejarahnya thawaf tadi. Mohon penjelasannya Pak. Sekalian saya nambah ilmu disini. Terima kasih. Wassalamu’alaikum

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah
    Ka’bah itu dibangun oleh Nabi Ibrahim dibantu anaknya yang bernama Ismail

    Ritual ibadah haji sudah ada sudah lama , bkn karena kebiasaan kaum quraisy,

    Orangbkafir quraiys itu paham tentang Allah, mereka menyembah Allah, tapi bersamaan dengan itu mereka menyembah selain Allah,

    Orang qurays sangat mengagungkan Allah, sehingga ketika mereka beribadah thawaf di ka’bah, mereka tidak ingin ada hal yang kotor yang mereka bawa ketika thawaf.

    Karena org qurays hartanya itu banyak dari harta2 yang kotor, dari berjudi, dll, termasuk pakaian yang mereka beli itu bukan dari harta yang bersih, maka mereka tidak ingin beribadah dengan mengenakan pakaian yang mereka beli dari harta kotor tersebut, makanya mereka melepaskan pakaian mereka ketika thawaf, itu sejarahnya…

    Jadi itu bukan ajaran islam yang diajarkan oleh nabi-nabi sebelumnya thawaf dgn telanjang, tapi itu karena kebodohan org kafir qurays yang justru menyelisihi ajaran nabi-nabi sebelumnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*