Kitab Al-Ibanah, Bukti Rujuknya Abul Hasan Al Asy’ari , Dapatkan Bukunya…

Kitab Tauhid Imam Asyari Kitab Alibanah Kitab Al-ibanah Terjemah Bahasa Indonesia Kitab Al Ilbana Kitab Al Ibanah Pdf

Buku Putih Imam Al-Asy’ari Al-Ibanah

alibanahAl-Ibanah adalah buku berisi penjelasan aqidah Salaf Ahlul Hadits yang ditulis oleh Imam Abul Hasan Al-Asy’ari setelah beliau bertaubat dari pemikiran Mu’tazilah dan Kullabiyah yang telah beliau anut selama empat puluh tahun. Selepas peristiwa mengejutkan di masjid Jami’ kota Bashrah, saat beliau melepas jubah sembari berkata:

“Aku melepaskan seluruh aqidah yang kuyakini dahulu seperti aku melepas jubahku ini!”

Beliau terus aktif menulis bantahan terhadap pemikiran dan aqidah kaum Mu’tazilah. Salah satu diantara karya beliau terseut adalah buku yang hadir dihadapan Anda ini, Al-Ibanah ‘An Ushuulid Diyaanah.

Penisbatan buku ini kepada beliau juga sempat memunculkan kontroversi. Sebagian orang yang jahil dan dikuasai rasa fanatik buta menolak penisbatan buku ini kepada beliau.

Tapi, mengingkari penisbatan buku ini kepada beliau sama seperti mengingkari keberadaan matahari di siang bolong tanpa tertutup awan!

Para ulama dari empat madzhab – seperti Ibnu Farhuun Al-Maaliki, Abul Falaah Abdul Hayy bin Al-‘Imaad Al-Hambali, Abul Qasim Abdul Malik bin Isa bin Darbaas Asy-Syafi’i dan lain-lain- sepakat menyatakan bahwa buku ini adalah hasil tulisan beliau, begitu juga buku-buku lain yang ditulis stelah beliau taubat, seperti Al-Maqaalaat Al-Islaamiyyin, Al-Luma’, Tafsir Al-Mukhtazin dan Al-Fushul fir Radd ‘Alaa Al-Mulhidin wal Al-Khaarijin Minal Millah.

“Buku Putih Imam Al-Asy’ari Al-Ibanah” ini membuktikan kepada kita kebenaran taubatImam Abul Hasan Al-Asy’ari dari pemikiran Mu’tazilah dan bukti bahwa beliau adalah seorang pengikut manhaj salafi sejati.

Ingin mendapatkan bukunya?
Harga 39.500,- belum termasuk ongkos kirim
Cara pesan :
Ketik SMS dengan format : Alibanah_NAMA_Alamat dan kodepos  lalu kirimkan ke 0823 1775 7628

Print Friendly, PDF & Email

Kitab Al Ibanah Imam As Syaari Kitab Al Ibanah Asyari Kitab Al Ibana Kitab Terjemahan Al-ibanah Fi Ushul Ad-diyanah Pdf Kitqb Imam As Ary

2 Comments

  1. Assalaamu’alaykum.. Apakah ada rujukan, tentang manhaj yang dipegang oleh Imam 4 madzhab, baik pendiri2nya maupun ulama2 setelahnya? Setidaknya tentang pemahaman ayat ayat Sifat Allah yang dimaknai Dzohirnya ala “wahabi”.
    Saya sempat dengar ada yang bilang bahwa Imam Malik menafsirkan ayat Sifat dengan takwil, ada yang bilang Imam Shafi’i menafsirkan dengan dzahir, lalu Imam Nawawi menafsirkan dengan takwil, dll.

    Mohon infonya.. Jazakallaahu khayr 🙂

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Imam yang empat, dalam hal akidah mereka secara umum adalah sama, akidah mereka satu,.

    • Ada referensi yg menunjukkan bgmn para imam menafsirkan ayat ayat Sifat? Jazakallaahu khayr

      Para ulama tidak ada yang berani menafsirkan ayat sifat tanpa adanya dalil,.. karena Sifat Allah itu Allah sendiri yang menetapkan, kewajiban kita hanya mengimani dan menerima kabar tersebut melalui penjelasan Rasulullah,.

      Sifat Allah kita imani, seperti Allah punya tangan, maka kita imani, tidak boleh mentakwil arti tangan Allah menjadi arti lain,.
      Adapun bagaimananya, seperti apa tangan Allah tersebut, maka kita tidak tahu, karena Allah tidak menjelaskan,..
      Dan tidak ada IJTIHAD dalam hal yang ghaib ini,.

      Silahkan baca penjelasannya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*