Tanduk Setan, Dimanakah Lokasinya? Berdasarkan Dalil, Itu Bukan Di Saudi

Tanduk Setan Najd Tanduk Setan Dalil Najd Irak Najd Tanduk Syaitan Hadits Tanduk Setan

Hujjah itu pakai hadits , bukan pake peta doang

tanduk setan bukan menurut peta tapi menggunakan dalilMuncul fitnah dari timur ( المشرق ) = iraq ( العراق) = khurasan ( خراسان )

Aliran syiah , sufi , jahmiyyah dari iraq…

Silahkan Kalian meradang dgn hujjah di bawah ini :

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُشِيرُ إِلَى الْمَشْرِقِ فَقَالَ هَا إِنَّ الْفِتْنَةَ هَا هُنَا إِنَّ الْفِتْنَةَ هَا هُنَا مِنْ حَيْثُ يَطْلُعُ قَرْنُ الشَّيْطَانِ

Dari ‘abdullah bin ‘umar radalahiallahu ‘anhuma berkata; “aku melihat rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menunjuk ke arah timur ( المشرق) lalu bersabda: “fitnah itu akan timbul dari sana. Fitnah timbul dari tempat terbitnya tanduk setan”…. ( Bukhari 3279, 3511 )

1) Timur = iraq

Sabda nabi :

يخرج ناس من المشرق يقراون القرآن لا يجاوز تراقيهم يمرقون من الدين كما يمرق السهم من الرمية لا يعودون فيه حتى يعود السهم الى فوقه سيماهم التحليق

Akan datang dari arah timur ( المشرق) segolongan manusia yang membaca al-quran hanya sampai kerongkonan saja. Mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari busurnya, mereka tidak akan bisa kembali seperti anak panah yang tidak akan kembali ketempatnya, tanda-tanda mereka adalah bercukur (gundul).  ( HR Bukhari no 7562 )

Berkata al-hafidz ibnu hajar :

يخرج الناس من المشرق : تقدم في كتاب الفتن انهم الخوارج وبيان مبدا امرهم وما وردفيهم, وكان ابداء خروجهم في العراق وهي من جهة المشرق بالنسبة الى مكة المشرفة

Akan muncul orang-orang dari arah timur (المشرق) : telah berlalu pada kitb fitan bhw mereka adalah khawarij, penjelasan sebab kemunculan mereka,dan apa yang ad pada mereka,tempat awal munculnya di iraq ( العراق ) , dilihat dari mekkah tempat itu berada di wilayah timur… ( Fathul baari 15/520 )

Beliau juga berkata:

“sabda nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ((keluar sekelompok manusia dari arah timur)), sebagaimana telah lalu… mereka adalah khawarij…dan awal kemunculan mereka di iraq, dan iraq berada di arah timur jika ditinjau dari kota mekah al-musyarrofah” ( Fathul baari 13/536 )

2) Tanduk setan = iraq ( tidak mendapatkan doa dari nabi)

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي سَالِمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ أَلَا إِنَّ الْفِتْنَةَ هَا هُنَا يُشِيرُ إِلَى الْمَشْرِقِ مِنْ حَيْثُ يَطْلُعُ قَرْنُ الشَّيْطَانِ

‘Abdullah bin ‘umar radalahiallahu ‘anhuma berkata, aku mendengar rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda saat beliau berdiri di mimbar: “ketahuilah, sesungguhnya fitnah akan timbul dari sana”. Beliau memberi isyarat ke arah timur ( المشرق) , tempat terbit tanduk setan ( قرن الشيطان)…. ( Bukhari 3511 )

Dari nafi’ dari ibnu umar dgn lafadz :

اللهم بارك لنا في شامنا,اللهم بارك لنا في يماننا. فقالها مراراذفلما كان في الثالثة او الربعة,قالو: يا رسول الله ! وفي عراقنا ? قال : ان بها الزلازل والفتن وبها يطلع قرن الشيطان

Rasulullah berdoa : ya allah berkahilah syam kami, berkahilah yaman kami,beliau (Rasulullah) mengulangi doa tsb berkali-kali,pr sahanat berkata : wahai Rasulullah dlm iraq kami ( عراقنا) ?,Beliau menjawab : sesungguhnya disana terdapat kegoncangan dan fitnah ,dan disana pula muncul tanduk setan ( قرن الشيطان) … ( HR ath-thabrani dlm mu’jam al-kabir no 13422 & tarikh al-kabir oleh imam bukhari 5/388/1247 )

Dari salim bin abdullallah bin umar dari ayahnya dgn lafadz :

اللهم بارك لنا في مكتنا, اللهم بارك لنا في مدينتنا, اللهم بارك لنا في شامنا,اللهم بارك لنا في صاعنا وبارك لنا في مدنا. فقال رجل : يارسول الله ! وفي عراقنا, فاعرض عنه, فقال: بها الزلازل والفتن وبها يطلع قرن الشيطان

Rasulullah berdoa : ya allah berkahilah makkah kami,& madinah kami & syam kami ,dan berkahilah sha’ kami dan mud kam,seseorang bertanya : wahai Rasulullah dlm iraq kami (عراقنا ) ? ,nabi berpaling darinya dan mengulangi doa tsb 3 kali,namun tetap saja org tsb berkata : dalam iraq kami,..dan nabipun berpaling darinya dan bersabda : disanalah kegoncangan dan fitnah dan disana muncul tanduk setan ( قرن الشيطان) … ( HR abu nu’aim dlm al-hilyah 6/133 )

Kesimpulan : Rasulullah menjelaskan bahwa tanduk setan ( قرن الشيطان) berasal dari iraq

Dari salim bin abdullah bin umar berkata:

يا اهل العراق ! ما اسالكم عن الصغيرة واركبكم عن الكبيرة, سمعت ابي عبد الله بن عمر رضي الله عنهما يقول : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : ان الفتنة تجيئ من هاهنا واوما بيده نحو المشرق, من حيث يطلع قرن الشيطان

Wahai penduduk iraq (العراق) , alangkah seringnya kalian bertanya tentang masalah2 sepele,dan alangkah beraninya kalian menerjang dosa besar,saya dengar dari ayahku abdullah bin umar mengatakan : saya mendengar dari Rasulullah bersabda : sesungguhnya fitnah datang dari arah sini – beliau sambil menunjuk dari arah timur ( المشرق ) – disitulah muncul tanduk syetan… ( Muslim 2905 )

Kesimpulan : sahabat ibnu umar telah menjelaskan bahwa timur ( المشرق) adalah iraq

3) TANDUK Setan = nejd iraq

Dari ibnu umar :

عن ابن عمر قال : ذكر النبي صلى الله عليه وسلم : اللهم بارك لنا في شامنا, اللهم بارك لنا في يماننا, قالوا : يا رسول الله, وفي نجدنا ? قال : اللهم بارك لنا في شامنا اللهم بارك لنا في يمننا, قالوا : يا رسول الله زفي نجدنا ? , فاظنه قال في الثالثه : هنالك الزلازل والفتن, وبها يطلع قرن الشيطان

Rasulullah berdoa : ya allah berkahilah syam kami,ya allah berkahilah yaman kami,pr sahabat berkata : wahai Rasulullah ,dan najed kami ?, Jawab beliau: ya allah berkahilah syam kami ,ya allah berkahilah yaman kami,mk kami menyangka Rasulullah akan berkata yang ketiganya, disana terjadi kegoncangan dan fitnah dan di sana muncul tanduk setan..  ( Bukhari , 1037.7094 )

Penjelasan hadits
Berkata al-hafidz ibnu hajar :

وقال الخطابي : نجد من جهة المشرق ومن كان بالمدينة كان نجده بادية العراق ونواحيها وهي مشرق اهل المدينة, واصل النجد ما ارتفع من الارض, وهو خلاف الغور ومكة من تهامة

Berkata al-khatthabi : nejed adalah arah timur, siapa yang ada di madinah mk najednya adalah lembah iraq ( العراق) dan daerah sekitarnya,itulah arah timur madinah,asal kata najed adalah tanah yang meninggi,berbeda dgn ghour yaitu tanah yang rendah, tihamah semuanya termasuk ghour dan makkah termasuk tihamah.. 9 Fathul baari 14/546)

Berkata al-hafidz ibnu hajar :

وعرف بهذا وهاء ما قاله الداودي ان نجدا من ناحية العراق فانه توهم ان نجدا موضع مخصوص, وليس كذلك بل كل شيء ارتفع بالنسبة الى ما يليه يسمى المرتفع نجدا والمنخفض غورا

Dengan begitu diketahui kesalahan ad-dawudi yang mengatakan najed adalah dari sekitarnya irak saja,sesungguhnya najed adalah tempat khusus,tidak demikian,bhkn semua tempat yang lebih tinggi dari sekitarnya dinamakan najd dan yang lebih rendah disebut ghour… ( Fathul baari..14/546 )

Al-khaththabi : nejd atau arah timur bg penduduk madinah nejdnya adalah iraq..i’lam sunan 2/1274, hal ini jg dijelaskan oleh al-aini dlm syarah shohih bukhari umdatul qori 24/200,al-kirmani dlm syarh shohih bukhari 24/168,al-qasthalani dlm irsyad sari 10/181,al-hafidz ibnu hajar dlm fathul baari 13/47

4) PEMBUNUH Hasan dan husain dari iraq :

.حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا مَهْدِيٌّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي يَعْقُوبَ عَنْ ابْنِ أَبِي نُعْمٍ قَالَ كُنْتُ شَاهِدًا لِابْنِ عُمَرَ وَسَأَلَهُ رَجُلٌ عَنْ دَمِ الْبَعُوضِ فَقَالَ مِمَّنْ أَنْتَ فَقَالَ مِنْ أَهْلِ الْعِرَاقِ قَالَ انْظُرُوا إِلَى هَذَا يَسْأَلُنِي عَنْ دَمِ الْبَعُوضِ وَقَدْ قَتَلُوا ابْنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ هُمَا رَيْحَانَتَايَ مِنْ الدُّنْيَا

Dari ibnu abu nu’m dia berkata; saya pernah menyaksikan ibnu umar bahwa dia ditanya seorang laki-laki tentang darah nyamuk, ibnu umar bertanya; “dari manakah kamu?” Laki-laki itu menjawab; “dari negeri iraq ( العراق ) ” ibnu umar berkata; “lihatlah kepada orang ini, dia bertanya kepadaku tentang darah nyamuk, sementara mereka (penduduk irak) telah membunuh cucu nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan saya mendengar nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “keduanya (hasan dan husain) adalah kebanggaanku di dunia.”… ( Bukhari 5994, Tirmidzi 3770 )

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ سَمِعْتُ ابْنَ أَبِي نُعْمٍ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ
وَسَأَلَهُ عَنْ الْمُحْرِمِ قَالَ شُعْبَةُ أَحْسِبُهُ يَقْتُلُ الذُّبَابَ فَقَالَ أَهْلُ الْعِرَاقِ يَسْأَلُونَ عَنْ الذُّبَابِ وَقَدْ قَتَلُوا ابْنَ ابْنَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُمَا رَيْحَانَتَايَ مِنْ الدُّنْيَا

Dari muhammad bin abu ya’qub aku mendengar ibnu abu nu’min aku mendengar ‘abdullah bin ‘umar radalahiallahu ‘anhuma yang ketika itu ada orang yang bertanya kepadanya tentang muhrim (orang yang sedang ihram) “. Syu’bah berkata; “seingatku orang itu telah membunuh lalat ketika sedang ihram”. Maka ‘abdullah bin ‘umar radalahiallahu ‘anhuma berkata; “penduduk ‘iraq ( العراق ) bertanya tentang lalat padahal mereka telah membunuh putra dari putri rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedangkan nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah berkata bahwa: “keduanya (al hasan da al husain) adalah aroma wewangianku dari dunia”…. ( Bukhari 3753 )

5) KHAWARIJ Dari iraq

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ حَدَّثَنَا الشَّيْبَانِيُّ حَدَّثَنَا يُسَيْرُ بْنُ عَمْرٍو قَالَ قُلْتُ لِسَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ هَلْ سَمِعْتَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي الْخَوَارِجِ شَيْئًا قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُولُ وَأَهْوَى بِيَدِهِ قِبَلَ الْعِرَاقِ يَخْرُجُ مِنْهُ قَوْمٌ يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لَا يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ يَمْرُقُونَ مِنْ الْإِسْلَامِ مُرُوقَ السَّهْمِ مِنْ الرَّمِيَّةِ

Asy syaibani telah menceritakan kepada kami yusair bin amru mengatakan, aku bertanya kepada sahal bin hunaif; ‘apakah engkau mendengar nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda tentang khawarij (الخوارج) ? ‘ ia menjawab; aku mendengar beliau bersabda; -sambil beliau arahkan tangannya menuju iraq ( العراق) – “dari sanalah muncul sekelompok kaum yang membaca al-qura’an tidak melebihi kerongkongan mereka, mereka keluar dari islam sebagaimana anak panah keluar dari busurnya.”… ( BUKHARI, no. 6934 )

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ عَنْ الشَّيْبَانِيِّ عَنْ يُسَيْرِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ سَأَلْتُ سَهْلَ بْنَ حُنَيْفٍ هَلْ سَمِعْتَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُ الْخَوَارِجَ فَقَالَ سَمِعْتُهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ نَحْوَ الْمَشْرِقِ قَوْمٌ يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ بِأَلْسِنَتِهِمْ لَا يَعْدُو تَرَاقِيَهُمْ يَمْرُقُونَ مِنْ الدِّينِ كَمَا يَمْرُقُ السَّهْمُ مِنْ الرَّمِيَّةِ

Dari yusair bin amru ia berkata, saya bertanya kepada sah bin hunaif, “apakah anda pernah mendengar nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan tentang khawarij ( الخوارج) ?” Ia pun menjawab; saya telah mendengar beliau -ia sambil memberi isyarat ke arah timur ( المشرق ) – bersabda: “mereka adalah suatu kaum yang pandai membaca al qur`an dengan lisan-lisan mereka, namun bacaan mereka tidak sampai melampaui kerongkongan mereka. mereka keluar dari islam, sebagai meluncurnya anak panah dari busurnya.”… ( Muslim 1068 )

6) MUNCULNYA Dajjal dari timur ( المشرق) = khurosan ( خراسان )

عَنْ عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ قَالَ حَدَّثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدَّجَّالُ يَخْرُجُ مِنْ أَرْضٍ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمْ الْمَجَانُّ الْمُطْرَقَةُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam telah menceritakan kepada kami, beliau bersabda, “dajjal akan muncul dari bumi (tanah) [أَرْضٍ] yang berada di timur [بِالْمَشْرِقِ] disebut bernama khurasan ( خراسان ) , ia diikuti oleh kaum-kaum yang wajah mereka bagai perisai besi yang ditempa.”…. (Tirmidzi No.2237  )

حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالُوا حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ سُبَيْعٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ قَالَ
حَدَّثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ الدَّجَّالَ يَخْرُجُ مِنْ أَرْضٍ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمْ الْمَجَانُّ الْمُطْرَقَةُ

Dari ‘amru bin huraits dari abu bakar ash shiddiq dia berkata, “rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menceritakan kepada kami bahwa sesungguhnya dajjal akan keluar dari bumi bagian timur ( بالمشرق ) yang di sebut dengan daerah khurasan ( خراسان ) , ia di ikuti oleh suatu kaum yang wajah mereka menyerupai tameng (alat) pemukul.”… ( Ibnu majah 4072 )

Kesimpulan : bahwa rasulullah telah menjelaskan timur ( المشرق) adalah khurasan

7) JAHMIYYAH Dari iraq khurasan

حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ خَيْثَمَةَ عَنْ عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ قَالَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْكُمْ مِنْ رَجُلٍ إِلَّا سَيُكَلِّمُهُ رَبُّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَيْسَ بَيْنَهُ وَبَيْنَهُ تُرْجُمَانٌ فَيَنْظُرُ أَيْمَنَ مِنْهُ فَلَا يَرَى شَيْئًا إِلَّا شَيْئًا قَدَّمَهُ ثُمَّ يَنْظُرُ أَشْأَمَ مِنْهُ فَلَا يَرَى شَيْئًا إِلَّا شَيْئًا قَدَّمَهُ ثُمَّ يَنْظُرُ تِلْقَاءَ وَجْهِهِ فَتَسْتَقْبِلُهُ النَّارُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يَقِيَ وَجْهَهُ حَرَّ النَّارِ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَلْيَفْعَلْ

Dari khaitsamah dari ‘adi bin hatim berkata: rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: “tidaklah ada seorang dari kalian melainkan akan diajak bicara rabbnya pada hari kiamat yang tidak ada penerjemah antara keduanya, ia melihat ke sisi paling membawa berkahnya, ia tidak melihat apa pun kecuali sesuatu yang telah diperbuat, lalu ia melihat ke sisi kirinya, ia tidak melihat apa pun selain sesuatu yang telah diperbuat lalu ia melihat ke arah depannya, lalu neraka menyambutnya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: “barangsiapa di antara kalian bisa menjaga wajahnya dari panasnya neraka meski dengan sebelah kurma hendaklah ia lakukan.”

قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ حَدَّثَنَا أَبُو السَّائِبِ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ يَوْمًا بِهَذَا الْحَدِيثِ عَنْ الْأَعْمَشِ فَلَمَّا فَرَغَ وَكِيعٌ مِنْ هَذَا الْحَدِيثِ قَالَ مَنْ كَانَ هَا هُنَا مِنْ أَهْلِ خُرَاسَانَ فَلْيَحْتَسِبْ فِي إِظْهَارِ هَذَا الْحَدِيثِ بِخُرَاسَانَ لِأَنَّ الْجَهْمِيَّةَ يُنْكِرُونَ هَذَا اسْمُ أَبِي السَّائِبِ سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ بْنِ سَلْمِ بْنِ خَالِدِ بْنِ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ الْكُوفِيُّ

Berkata abu isa: hadits ini hasan shahih. Telah menceritakan kepada kami abu as sa`ib telah menceritakan kepada kami waki’ pada suatu hari hadits ini dari al a’masy, setelah usai menyebut hadits ini waki’ berkata: siapa pun penduduk khurasan ( خراسان) yang ada di sini, hendaklah mengharap pahala dengan menyebarkan hadits ini di khurasan ( خراسان) karena jahmiyyah ( الجهمية) mengingkari hadits ini. nama abu as sa`ib adalah salm bin junadah bin salm bin khalid bin jabir bin samurah al kufi…. (Tirmidzi 2415 )

Syaikh abdul lathif bin abdur rahman :apa yang dikabarkan Rasulullah telah terbukti,ini bukti mu’jizat beliau,sbb kebanyakan fitnah muncul di iraq,seperti antara ali dan mu’awiyah,antara ali dan khawarij,,antara ali dan aisyah dsb.. ( Takhrij ahadits fadhail syam wa dimasyq hal 26-27 )

Syaikh muhammad syukri al-alusi al-iraqi : tidak aneh iraq mmg pusatnya fitnah,seperti munculnya khawarij (ahli haura’),jahmiyah,mu’tazilah,fitnah kaum sufi yang menggugurkan beban syariat yang muncul awalnya di bashrah, dan fitnah syiah rofidhoh yang mencela dan mengkafirkan pr sahabat yang mulia… ( ghayatul amani 2/180 )

Jadi nejd yang dimaksud Rasulullah adalah nejd iraq bukan nejd hijaz (riyadh)
adapun munculnya matahari ada dua arah.

(1) Jika diantara bulan oktober -maret maka munculnya matahari ditimur agak ke selatan, desember matahari muncul dari arah timur selatan (tenggara)

(2) Jika Bulan april-agustus munculnya matahari di timur agak ke utara

Yang kedua inilah yang dimaksud dm hadits nabi.. tepat bulan mei matahari muncul dari arah timur utara (timur laut)

[Pelajaran SD]

Sumber : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=251807885170467&id=100010237725815

JAWABAN YANG LEBIH TEGAS DAN JELAS BAGI PARA PEMBEO TANDUK SETAN ADALAH DI SAUDI, bukan di IRAQ, silahkan baca postingannya DISINI

Print Friendly, PDF & Email

Tanduk Setan Najd Fitnah Najd Muncul Tanduk Iblis Di Irak Tanduk Setan Di Nejd Najd

5 Comments

  1. assalamualaikum warohmatullah wb. kok berbeda sekali ya .dgn penjelasan dr kh luthfi bashori orang NU. ??? .nejd itu. ya munculnya wahabi,,,mana yg bener nih,,,?. mayoritas nu yakin wahabi itu fitnah dr nejd. tempatnya dajjal. pendapat siapa yg shohih. jazakumullah khoir

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Jelas sekali pendapat tokoh tersebut berlawanan dengan ucapan Rasulullah

    Jadi mana yang bener?
    Jelas yg bener adalah Rasulullah, dan tokoh ini telah keliru,

    Makanya dalam islam itu tidak boleh taklid buta kepada tokoh siapapun dia, tapi kita WAJIB taklid kepada satu org saja yaitu Rasulullah

    Jadi pendapat tokoh tsb tdk shohih bahkan menyesatkan

    • intinya mana mungkin negara saudi yg menegakkan syariat ISLAM itu tempat munculnya dajjal, sedangkan dajjal tidak akan bisa memasuki mekah dan madinah

      Kurang piknik kali tuh wong NU

      Betul kang,.. Dajjal tidak akan mampu masuk ke mekah dan madinah,. Mekah kan adanya di Saudi,.

  2. semoga mas admin dipanjangkan umur dan penuh barokah kami sangat membutuhkan antum..

    aamiin,jazakumullahu khairan atas suport dan doanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*