Fatwa Ulama Saudi Tentang Demo 4 Nopember, Tidak Dibenarkan Ikut DEMO

FATWA SYAIKH ‘ABDUL MUHSIN AL-‘ABBAD -hafizhahullaah- (sekarang beliau berusia 85 tahun -hitungan tahun Hijriyyah-)

قَالَ: رَئِيْسُ مَدِيْنَةِ جَاكَارْتَا يَسْتَهْزِئُ بِالْقُرْآنِ وَعُلَمَاءِ الْمُسْلِمِيْنَ، وَهُوَ نَصْرَانِيٌ، وَفِي رَابِعِ نُوْفِمْبَر: سَتُقَامُ الْمُظَاهَرَةِ لِطَلَبِ الْمَحَاكَمَةِ. هَلْ يَجُوْزُ لَنَا الْخُرُوْجُ؟ عِلَمًا بِأَنَّهُ كَافِرٌ لاَ بَيْعَةَ لَهُ، وَالْمُظَاهَرَةُ يُرَاعَى فِيْهَا الأَدَبُ، وَعَدَمُ إِفْسَادِ الْمَرَافِقِ الْعَامَّةِ.

[قَالَ الشَّيْخُ]: الْمُظَاهَرَاتُ وَالْمُشَارَكَةُ فِيْهَا: غَيْرُ صَحِيْحٍ، وَلٰكِنْ يَعْمَلُوْنَ مَا يُمْكِنُهُمْ مِنْ غيْرِ الْمُظَاهَرَاتِ؛ يُكْسِبُوْنَ وَيَذْهَبُوْنَ يَعْنِيْ يَذْهَبُ أُنَاسٌ لِمُرَاجَعَةِ الْمَسْؤُوْلِ الأَكْبَرِ…

(Penanya) berkata: Gubernur Kota Jakarta mengolok-olok Al-Qur’an dan Ulama kaum muslimin, dia seorang Nashrani.

Dan pada tanggal 4 November akan diadakan Demonstrasi untuk meminta agar dia dihukum.

Bolehkah kita ikut keluar (berdemo)?

Dan kita ketahui bahwa dia adalah kafir, yang kita tidak wajib untuk membai’atnya.

Dan juga: di dalam Demonstrasi tersebut akan dijaga adab-adabnya dan tidak ada perusakkan terhadap fasilitas umum.

👉 (Syaikh menjawab): “Demonstrasi dan ikut serta di dalamnya: TIDAK DIBENARKAN.

📌Akan tetapi mereka (kaum muslimin) bisa melakukan usaha dengan (mengutus) beberapa orang untuk pergi menasehati pimpinan terbesar (Presiden)…”

Ditanyakan oleh sebagian Mahasiswa Madinah -yang kami cintai karena Allah-, pada waktu Maghrib, 31 Oktober 2016 M (semoga Allah membalas semuanya dengan kebaikan).

https://drive.google.com/file/d/0Bx7DPlyk_AgSOTVidTNxWFc0SEU/view?usp=docslist_api

61 pemikiran pada “Fatwa Ulama Saudi Tentang Demo 4 Nopember, Tidak Dibenarkan Ikut DEMO”

  1. Assalamualaikum,

    Alhamdulillah, artikel bermanfaat, byk mudorotnya ikut demo, tapi kok byk yg semangat ikut demo, bahkan ngakunya ulama, kiyai, habaib pembela islam,

    padahal mereka perusak citra islam dan bisa menjadi sebab org tidak mau memeluk islam karena tampilan buruk yg diperlihatkan seolah-olah itulah ajaran islam.

    semoga umat islam tdk terprovokasi ikut demo, jgn semangat aja yg dikedepankan

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,

    Alhamdulillah,..

    Makanya jangan tertipu oleh tokoh, ikutilah perkataan Allah, perkataan Rasul, juga perkataan sahabat,

    Bukan ikut katavkyai, habib, ustadz..

    Balas
    • saya suka baca artikel di islamQA tpi yang bahasa indonesia.
      kebetulan saya cari tentang hukum demonstrasi dan saya dapat tapi pakai bahasa inggris.saya juga dibantu google dan kamus untuk menerjemahkannya
      sodara bisa baca disini.https://islamqa.info/en/11469

      para ulama memang berbeda ada bilang boleh dan ada yg tidak , namun bukankah Allah dengan peristiwa ini mungkin juga ingin membuat umat islam bersatu,,?
      bukan saya sok pintar , namun saya juga ingat pesan rasulullah shallallahu alaihi wasallam tentang amar ma’ruf nahi munkar, cegah dengan tangan jika tak sanggup dgn lisan jka tak sanggup juga dengan hati dan itu adalah selemah2nya iman

      Setelah saya baca link diatas,. JUSTRU jawabannya adalah menyatakan DEMONSTRASI ITU BANYAK PELANGGARAN-PELANGGARAN,>

      Ini saya COPASKAN dari link tersebut, ada koq bahasa indonesianya,.

      11469: Dukungan Jaliyyat Islamiyyah di Swedia Terhadap Kaum Muslimin Di Palestina
      Di daerah kami di selatan Swedia, Jaliyat Islamiyyah menetapkan untuk mengadakan demonstrasi setiakawan dengan rakyat Palestina. Demonstrasi itu diupayakan berjalan dengan aman, demi menyampaikan suara kaum muslimin ke pemerintahan Swedia, untuk memberi tekanan yang dapat menghentikan pembantaian terhadap anak-anak kecil Palestina. Bagaimana hukum demonstrasi semacam itu?

      Kami perlu memberitahukan bahwa demonstrasi-demonstrasi semacam ini berperan besar dan amat reaksional untuk menyampaikan suara kaum muslimin kepada kalangan politikus dalam upaya memberikan tekanan terhadap kalangan Zeonisme agar menghentikan pembantaian terhadap anak-anak kecil Palestina. Kami mengharapkan fatwa Syaikh, semoga Allah memberikan pahala-Nya yang terbaik.
      Published Date: 2002-04-11

      Al-Hamdulillah. Boleh-boleh saja Jaliyyat Islamiyyah di Swedia itu beralasan untuk berupaya meringankan tekanan terhadap kaum muslimin di Palestina, dan menjelaskan kepada masyarakat Swedia dan pemerintahannya tentang tindakan kriminalitas yang dilakukan kaum Yahudi terhadap hak-hak kaum muslimin di negeri Palestina. Hendaknya mereka melakukannya dengan segala cara yang baik dan disyariatkan.

      Adapun demonstrasi-demonstrasi tersebut, di dalamnya terdapat banyak pelanggaran-pelanggaran syariat yang harus dihindari.
      Di antaranya:

      Keluarnya kaum wanita dengan berhias-hias, menggunakan suara musik di tengah demonstrasi, meneriakkan syiar-syiar seperti: “Kudus itu adalah milik Arab dan akan tetap menjadi milik Arab..”, padahal yang benar Kudus itu adalah milik umat Islam, bukan orang Arab saja; demikian juga penggunaan gambar-gambar atau foto makhluk bernyawa, menzhalimi orang lain seperti membuat kemacetan lalu lintas dan menghalangi orang berjalan, melakukan cacian dan makian yang tidak boleh dilakukan dalam Islam, bercampurnya kaum lelaki dan kaum wanita di tengah-tengah demonstrasi, demikian juga menyerupai orang-orang kafir dalam berbagai ciri khas mereka seperti pakaian, tanda pengenal yang dikenalan oleh para demonstran, bahkan melakukan pelanggaran hak seperti menghancurkan toko-toko, jendela-jendela, membakar berbagai fasilitas umum, dan berbagai hal yang diharamkan lainnya. Wallahu A’lam.
      Islam Tanya & Jawab
      Syeikh Muhammad Sholih Al-Munajid

      Ini versi bahasa indonesianya :

      Balas
      • Terimakasih sekali sudah memberikan link bahasa indonesia nya
        Mgkn kita berbeda pandangan,karna saya berkesimpulan disitu BOLEH saja selama tidak melakukan hal2 yg dilarang oleh syariat.jika melanggar syariat itulah yg dilarang.
        Semoga Allah memberi hidayah jika saya salah,,,

        Iya, anda salah faham, justru di link itu ga disebut membolehkan,..

        Cuma berkata, boleh beralasan dengan hal tersebut, tapi itu alasan yang keliru, makanya di paragraf yang ada dibawahnya disebutkan dengan jelas ketidakbolehan dan kemungkarannya

        Balas
  2. terus, apa usaha kita?? diam sajakah???

    Tidak diam, terus menerus mempelajari ajaran islam ini, mempelajari kandungan Alquran, bukan demo turun ke jalan,.
    Boro-boro saat demo bisa fokus baca quran,.

    Demonstrasi itu bukan dari islam,. bahhkan orang kafir yang melakukannya, silahkan baca di sini

    Balas
  3. Assalammualaikum Warahmatullah,

    Saya tidak Ikut aksi, Namun Saya memandang suatu keindahan dalam kejadian ini,

    MasyaAllah, semua orang jadi tahu Surat Almaidah mungkin bnyak org yg Penasaran Dan membacanya, umat Islam d indonesia berbondong2 bersatu, ormas2, omek, DLL.

    Saya rindu DG Hal semacam ini, mungkin Hal sperti ini trakhir Kali nampak pada ZAman perjuangan dahulu, ini bukanLah demo, ini aksi Damai.

    TidAK ada niatan mengganggu Dan merusak, jika memang ada, itu bukanlah bagian dari aksi Damai, Hanya segelintir org yg mmnfaatkan situasi Dan mnebar fitnah.

    Bagaimana urgensi dari aksi ini?

    Aksi ini adalah merupaKan suatu bentuk fasilitasi untuk org2 yg marah krn Agamanya dihina, aksi ini terorganisir, Tertib, terstruktur, Dan tentunya berizin dari pihak kepolisian.

    bayangkan jika tidak ada aksi semacam ini, banyak masy atau golongan yg bergerak sndiri2 dg cara sesuka hati,

    Kita tdk tau apa yg akan mereka lakukan, Belum lagi dg org yg berpaham ekstremis,

    Saya mohon Maaf bila Salah, Saya Hanya remaja anak sekolahan.

    wa’alaikumussalamwarahmatullah
    Siapa yang bisa menjamin tidak akan ada anarkis?

    Sungguh kasihan kaum muslimin,..
    Si kafir dijaga ketat keamanannya oleh aparat negara,dijaga agar selamat, dijamin keamanannya

    Sementara pendemo yang notabennya kaum muslimin, dijaga ketat juga oleh aparat, bukan karena menjaga keamanan pendemo, tapi berjaga-jaga sekiranya ada pendemo yang memicu anarkis, jika terlihat anarkis maka langsung ditindak..

    Banyak kaum muslimin yang tergerak bukan karena ilmu, tapi tersulut amarahnya, bertindak bukan murni karena ilmunya, tapi pengobaran semangat tokohnya, sunghuh kasihan, dan bisa saja dia menjadi korban,..

    Dan ini tentu tanggung jawab tokoh yang mengajak itu sangat besar,..

    Demonstrasi bukan jihad, bagaimana disebut jihad, sebab tidak dikenal dalam ajaran islam demo ini,

    Sungguh indah jika acara itu diganti menjadi tabligh akbar menyadarkan kaum muslimin tentang akidah yang benar, pemahaman alquran yang benar, bukan cuma kegiatan turun ke jalan,

    Jujur saja, apa yang didapatkan dari turun ke jalan yang pertama?
    Apakah bertambah keimanan dan ketakwaan para pendemo??

    Kalau mau jujur, silahkan jawab bagi pembaca yang mungkin pernah ikut berdemo,

    Balas
  4. Bagaimana pertanggung jawabanmu nanti di akherat ketika AlQuran dinistakan!
    Yakinlah nanti Quran akan membela mereka yang tidak rela quran dinistakan!
    Allahu Akbar , semoga Allah meridhoi aksi bela Islam II
    Jika engkau diam saat Islam dihina, ganti bajuku dengan kain kafan!

    Saat Alquran dinistakan,. marilah kita semangat memuliakannya, mengajarkannya kepada kaum muslimin,..
    Alquran tidak akan HINA ketika dinistakan oleh orang KAFIR,.
    Bahkan Alquran tetap mulia,

    Yang menjadi musibah, umat islamnya tidak memuliakan Alquran, tidak mempelajarinya, tidak membacanya,.. disini musibahnya,.
    Apa yang akan kita jawab ketika kelak menghadap Allah?

    Apalagi jika mati ketika melakukan perbuatan yang itu diharamkan oleh Allah, bukan ajaran islam,.

    Mudah-mudahan Allah berikan hidayah kepada orang-orang yang benar-benar ingin mencari hidayahmu,..
    Mumpung masih hidup, mumpung anda belum dibungkus kain kafan,.

    Mudah-mudahan Allah mengambil nyawa kita dalam kondisi melakukan ketaatan kepada Allah, bukan dalam kondisi melanggar aturan Allah

    Balas
    • Orang Indonesia itu marah Al Quran dihinakan,sampai membludak demo koar koar,

      mereka tidak sadar bahwa banyak orang Muslim sendiri yang menghinakan AlQuran,

      contoh diAlQuran seorang muslim wajib sholat tapi banyak orang Muslim Indonesia meninggalkan sholat,begitu juga puasa,

      banyak syariat didalam Al-Quran yang tidak diterapkan di negri ini mereka santai saja.

      sedikit Al quran dihinakan oleh kafir ribut!

      Balas
    • betul… seharusnya momentum ini dijadikan motivasi bagi kita utk lebih getol mempelajari & mengamalkan Al quran, membuktikan pada org kafir bahwa umat islam sangat memuliakan kitab sucinya. daripada ngumpul rame2 di jalanan bikin macet, efek negatifnya bnyk. rugi waktu, rugi biaya, rugi tenaga gk ada untungnya

      Balas
  5. Dikatakan bahwa demo adalah produk kafir sehingga kita dilarang mengikutinya. Bagaimana dengan demokrasi yang juga produk kafir tapi mengapa kita boleh mengikutinya dalam bentuk pengakuan dan keta’atan kepada pimpinan dari hasil proses produk kafir tersebut. Mohon penjelasan.

    Sama saja, itu produk orang kafir, dan bertentangan dengan ajaran islam,.
    Demokrasi merupakan produk gagal dari yunani, silahkan baca di sini

    Adapun mentaati pemimpin yang berkuasa itu ada perintahnya dari Rasulullah, terlepas bagaimana cara berkuasanya pemimpin tersebut, apakah dengan cara yang halal atau haram

    Balas
    • ente mengatakan :
      Demokrasi merupakan produk gagal dari yunani,
      =======================================================
      kalau itu parameternya berarti siatem kerajaan juga produk gagal buktinya kerajaan kutai , sriwijaya, majapahit,dll akhirnya runtuh bahkan kerajaan nabi sulaiman pun runtuh .khilafah pun runtuh . lalu produk mana yg tidak gagal?

      Salah besar, kerajaan itu sesuai dgn ajaran Islam,

      Sistem kerajaan jauh lebih baik dari sistem demokrasi,..

      Bahkan Allah juga memiliki kerajaan,

      Siapa pemilik kerajaan langit dan bumi??
      Allah yang memilikinya,..

      Ga ada tuh Allah berkata Republik langit dan bumi

      Balas
      • Sy gak membela admin ataupun kelinci jingga. Tp anda2 krg msk diakal.. admin berkata kerajaan itu sesuai dg islam. Bukannya khilafah ya yg sesuai dg islam, kan kerajaan ada raja yg memerintah sekehendak dia.. beda dg khilafah atas petunjuk Alloh melalui quran dan hadist. Pemimpin dipilih krn pengetahuan agama dan leadership-nya. Klo raja kn yg penting kuasa N politiknya bagus.

        Tolong sebutkan pemerintahan islam setelah khulafaur rasyidin , siapa pemerintah islam yang menerapkan sistem KHILAFAH?
        Itu sebagai bukti kebenaran ucapan Rasulullah, setelah khilafah akan ada KERAJAAN, dan nanti akan ada khilafah lagi, yaitu ketika Imam Mahdi memimpin,.

        Mas kelinci jg gt, seperti mengagungkan demokrasi.. khilafah itu runtuh gara2 bnyk Yahudi yg pura2 masuk Islam dan merusak Dr dalam dengan membuat sekte2 sesat..

        Khilafah itu cuma saat khulafaur rasyidin saja mas,. baca sejarah dong,. dari jaman muawiyah hingga turki utsmani, itu adalah KERAJAAN

        Menurut saya aksi bela Islam/Qur’an tdk apa2 karena apa?? Karena pemerintah lbh condong ke asing dan Aseng dan sptnya sekuler banget. Kemudian, mumpung umat Islam msh mempunyai kekuatan dan tdk padam SPT di Suriah,dll.. Sy berharap admin bener2 salafi ahlussunah bkn bagian Dr buzzer

        kEBENANARAN Itu patokannya DALIL mas, bukan menurut saya, menurut habib, menurut kyai,menurut aa, atau menurut tokoh manapun,.
        Mana dalil demonstrasi? justru demo atau unjuk rasa atau aksi damai itu bertabrakan dengan Alquran dan hadits,..
        Lah kok dibilang ngga apa-apa??

        melakukan Demonstrasi berarti membela islam dengan cara yang salah, hukum thaghut yang dipakai, baca di sini

        Balas
        • Coba perhatikan dakwah salafi, konsisten

          Waktu SBY naikkan harga BBM, salafy menolak demonstrasi

          Demikian juga dengan demonstrasi 411 dst.

          kemarin yang ditujukan kepada Jokowi, salafi tetap menolaknya.

          Semoga jangan sampai ada fitnah bahwa ulama salafi ini buzzer dst.

          Terlalu remeh dakwah salafi mau bias politik, lha nyoblos aja nggak 🙂

          Balas
  6. Bagaimana caranya kita memilih pemimpin di negara yang menerapkan demokrasi?
    Apakah cara turun temurun seperti arab saudi?

    Demokrasi bukan cara-cara islam, adapun kerajaan itu sesuai cara islam, walaupun yang terbaik adalah sistem khilafah,.
    Dan sistem kerajaan jauh lebih baik dari sistem demokrasi, dan sudah terbukti, para Nabi ada yang menjadi raja, demikian pula negara terkuat saat ini juga bentuknya kerajaan, bahkan indonesia lebih luas wilayahnya ketika masih kerajaan, lihat majapahit dulu,.

    Lihat pula, indonesia pun dijajah oleh kerajaan belanda,.

    Propinsi di indonesia yang paling adem ayem juga sistemnya adalah kerajaan, lihat yogyakarta,.

    Kita berlepas diri dari demokrasi,. sudah saya posting di sini

    Balas
  7. Tapi bukankah memilih pemimpin secara turun temurun adalah juga cara orang kafir, sebagaiman raja raja eropa kafir jaman dulu?

    Kerajaan itu sudah ada sejak dulu, bahkan nabi juga ada yang menjadi raja, seperti Nabi Sulaiman,..

    Allah juga memiliki kerajaan ,

    Balas
    • tapi kekhalifahan tidak diturunkan secara turun temurun mas .

      Kan setelah khulafaur rasyidin, kata rasulullah yang ada adalah kerajaan,.. jadi sejak jaman Muawiyah hingga turki utsmani, itu adalah kerajaan, bukan khilafah

      Dan kerajaan jauuuh lebih baik daripada demokrasi

      Balas
    • menurut ulama memilih pemimpin itu ada 2 cara baca nih https://aslibumiayu.net/17448-bagaimana-mengangkat-ulil-amri-sesuai-sunnah-dan-menyikapi-pemimpin-hasil-pengangkatan-yang-menyelishi-sunnah.html

      lalau saudi termasuk cara yg mana dari 2 cara tsb? cara turun temurun seperti arab saudi itu bid’ah ngak ?

      Justru cara saudi itu sesuai sunnah nabi, yaitu turun temurun, sistem kerajaan..

      Ini pula cara yang ditempuh dari jaman Muawiyah hingga turki utsmani,

      Dan para Nabi juga ada yang menjadi raja, seperti nabi sulaiman,

      Dan negara yang paling maju baik negara islam atau kafir adalah negara yang sistemnya adalah kerajaan..

      Indinesia kekuasaannya lebih luas ketika masih jaman kerajaan, lihat majapahit..

      Dan indonesiapun dijajah oleh negara kerajaan, belanda,jepang..

      Dan propinsi di indonesia yg paling adem ayem, pemimpinnya berwibawa,rakyatnya tunduk,patuh,dan tenang, itu adalah propinsi dgn sistem kerajaan, lihat yogyakarta..

      Sistem kerajaan lebih baik dari sistem kerajaan,..

      Makanya ada upaya amerika untuk merubah saudi menjadi republik atau menganut sistem demokrasi,.

      Demokrasi itu produk gagal, menghinakan rakyat,maukah anda disamakan dengan org yg baru sembuh dari RSJ, suara anda dan dia sama, satu suara kekuatannya baca di sini

      Balas
      • ente belum menjawab pertanyaan ane yg sanagat simpel yaitu :

        saudi termasuk cara yg mana dari 2 cara tsb?

        apa ente pikir ulama2 itu tolol hanya menyebutkan 2 padahal menurut ente ada lagi diluar yg 2 itu yaitu berdasarkan keluarga kerajaan

        Kerajaan jauh lebih baik,..

        Di saudi menerapkan sistem kerajaan, pemimpin ditunjuk oleh pemimpin sebelumnya,

        Perasaan sdh saya jawab deh

        Balas
  8. Terimakasih atas ilmu di blog ini. Beberapa hari yg lalu ana sempat melontarkan dua pertanyaan di dinding facebook ana tp tak ada satu pun yg menjawab pertanyaan ana sampai hari ini tak ada yg menjawab.
    Akhirnya diblog ini ana temui jawabannya.
    Syukron akhi atas ilmu yg ada di blog antum.
    Salam kenal dari kita orang flores NTT

    Alhamdulillah, jazakumullahu khairan,.
    Salam kenal kembali,.

    Balas
  9. MASIHKAH KAU BERKATA HARAM PADA DEMO KAMI????

    Copas dari Mujahid Sumedang yg bermalam di Masjid Al Ittihad Tebet….

    Setelah sholat subuh di masjid Al Ittihad, Tebet, seorang ulama Kharismatik di Jakarta memberikan cerita bahwa beliau dan beberapa ulama lain di Jakarta telah berusaha mengikuti sunnah dalam masalah ahok ini. berikut runtutannya

    1. Bahwa jauh sebelum demo pertama (7 oktober), para ulama telah mendatangi penguasa dalam hal ini kepolisian dengan membawa bukti video ceramah ahok yang menghina alqur’an dan ulama

    2. Bareskrim mengatakan bahwa video bukan bukti tapi petunjuk. bareskrim menyarankan para ulama meminta fatwa MUI bahwa ahok telah menistakan islam.

    3. Para Ulama kembali mendatangi bareskrim dengan membawa fatwa MUI bahwa ahok menistakan Islam sebagai bukti yang di minta. namun kembali bareskrim mengatakan bahwa polisi tidak bisa memproses ahok karena terganjal peraturan tentang calon pilkada

    4. Para Ulama kembali ke bareskrim dan mengatakan bahwa setelah mempelajari undang-undang pilkada *tidak ada* yang menghalangi bareskrim untuk memproses ahok. namun kembali bareskrim mengelak dengan mengatakan mereka terkendala *perkap* atau peraturan kapolri.

    5. Para Ulama lalu mendatangi *kapolri* menanyakan tentang peraturan apa yang bisa menghalagi proses ahok. di jelaskan oleh kapolri bahwa perkap itu dibuat di masa kapolri jendral badrodin haiti. Para Ulama saat itu bersama kapolri sama-sama mempelajari perkap tersebut. maka hasilnya adalah perkap tersebut *tidak ada hubungannya dengan kasus ahox*

    6. Akhirnya para Ulama beritikad menemui presiden untuk menyampaikan kasus ini. namum presiden tak kunjung merespon malah memanggil pihak-pihak yang tidak melaporkan ahok.

    Saudaraku, sunnah apalagi yang belum di tunaikan?. sehingga engkau bisa berkata ini haram?

    Saudaraku, ketahuilah bahwa demonstrasi di negara ini di akui secara konstitusi. maka karena negara membolehkan mengapa kita mengharamkan?

    Saudaraku, kalau anda bertanya pada ulama saudi tentang hukum perempuan menyetir mobil atau motor, maka para syeikh akan menjawab hukum nya *haram*. ya karena di saudi memang haram perempuan setir mobil dan motor. tapi apakah kalian haramkan juga istri dan anak perempuan kalian yang setir mobil dan motor di negara ini??? padahal negara ini membolehkan perempuan setir mobil atau motor.

    So, Cukup doa atau diam kalau kalian tidak ikut, jangan menggembosi perjuangan hak ini..

    Demo itu bidah..
    Tidak ada manfaatnya, dan penyeru demo akan Allah mintai pertanggungjawaban , terkait kerusuhan, juga masyarakat yang menjadi korban akibat seruannya..

    Islam, tidak dibela dengan cara bidah
    Alquran tidak dibela dengan caravyang bidah,..
    Islam dan Alquran dibela dengan ILMU..
    Dan demonstrasi bukanlah cara-cara dari Islam, baca di sini ulasannya

    Balas
    • Assalamualaikum kita sdh bersyahadat, bersaksi bahwa Muhammad sebagai Rasul dan Utusan Allah,

      imam kita nabi Muhammad shalallahualaihi wassalam yg telah mengajarkan semua kebaikan yg menuju syurga dan melarang semua keburukan yg mendekatkan ke neraka sudah lengkap semuanya,

      termasuk cara menasehati penguasa yg zalim, nah demo itu siapa imamnya ?

      Rasulullah sbgi imam kita ga pernah ngajari demo kok, skrg tinggal pilih kita ikut imam yg mana ???,

      Balas
  10. Alhamdulillah bahwa urutan-urutan sunnah telah dilalui. Dan cukuplah dengan mengikuti sunnah, berhentilah pada tempat sunnah berhenti, berhentilah dimana para ulama berhenti.

    Ketidak berhasilan saat mengikuti sunnah tidaklah menjadi alasan pembenar untuk melangkah melampaui sunnah dan melakukan wasilah yang bukan sunnah.

    Apalagi justru melakukan ajaran inti dari demokrasi yakni demonstrasi.

    Ya, demonstrasi itu bidah, dan amalan bidah tidak akan mendatangkan kebaikan

    Balas
    • aslibumiayu bilang demo itu BID’AH?, berarti ente anggap demo sama dengan ibadah.

      teriak teriak BID’AH tapi ternyata balik ke dirimu sendiri wahai bumiayu, ternyata ente berbuat BID’AH, bertobatlah dari memecah muslimin indonesia dengan memakai baju murjiah.

      takutlah kamu pada Alloh wahai aslibumiayu, sekali lagi takutlah..

      Kalau demo itu bukan ibadah, maka demo justru perbuatan sia-sia,..

      Ngapain repot-repot ngajakin manusia turun ke jalan untuk sesuatu yang tidak berpahala,..

      Jangan bawa-bawa agama dong, jangan bawa simbol-simbol agama, ga usah teriak-teriak takbir untuk ngajakin demo atau saat sedang demo,..

      Kan bukan urusan ibadah

      Balas
  11. demokrasi haram, tapi produknya halal ?
    salafy katanya harus taat sama pemimpin, la pemimpin di indonesia kan produk demokrasi semua.
    sama kaya ngatain telor itu haram tapi martabak halal…
    wallahu alam..

    Mentaati pemimpin yang berkuasa atau terpilih itu WAJIB, ini perintah Allah,
    Terlepas cara pemilihannya menyelisihi syariat atau tidak, sudah saya posting di sini

    Balas
  12. Assalamualaikum..

    Di MUI ada yg salaf gak ya?

    Ustad2 salaf kok gak ada yg mengisi di tv2 nasional ya?
    (Adanya kan di rodjatv insantv surautv aksantv)

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,

    Alhamdulillah saat ini mulai banyak anggota MUI yang mau belajar dan memahami islam menurut pemahaman sahabat,

    MUI itu cuma lembaga, adapun orang yang duduk disana banyak yang tidak paham pemahaman ISLAM yang benar yaitu menurut pemahaman PARA SAHABAT,

    Kenapa ustadz salafi tidak ada yang ngisi di tv nasional?
    Karena yang ngisi di tv nasional itu harus mengikuti selera TV, sedangkan salafi hanya menyampaikanbyang benar, bukan ikut selera tv,

    Jadi yang tampil di tv itu mereka yang suka ngabodor, bikin pemirsa tertawa,lucu,asal rating tinggi, bukan mengedepankan ilmiyah

    Balas
  13. Subhanallah, semoga Allah menjaga akhi

    Saya sepakat. Demo kemarin dan seterusnya yang menyangkut soal Ahok adalah tindakan sia-sia. Selain menzolimi orang Jakarta, demo kemarin justru malah menjadikan Islam dipandang buruk oleh sebagian kaum, apalagi kaum yang memusuhi Islam.

    Seharusnya cara supaya Al-Qur’an tidak dinistakan adalah dengan membacanya, dengan mempelajarinya, dan mengamalka isinya.

    Bukankah Al-Qur’an juga mengajarkan agar kita tidak menzolimi orang?

    Demo kemarin saya yakin menzolimi orang, dan itu bertentangan dengan Al-Qur’an. Apakah ini yang namanya membela Al-Qur’an namun menentang Al-Qur’an?

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ

    Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? (QS Shaff:2)

    Demo itu mendzalimi pelakunya, juga mendzalimi orang lain

    Balas
  14. demo ga ada di jaman nabi?????

    ga salah tuhhh saya pernah denger sahabat ngadu kepada nabi ttg perilaku tetangganya yg buruk n jahat sampai nagadu 3x ga beubah ahkirnya nabi nyuruh penagadu membuang barang2 miliknya ke tengan jalanan dengan maksud semua melihat semua yg di lakukan…

    akhirnya tetanggan yg jahat malu dengan peristiwa itu ..

    apa kah ini buka demo…….

    Tuh tetangga ngadu ke nabinya bawa orang se kampung atau sendiri mas??

    Mungkin anda baca kisahnya ga tuntas ya?

    Demo kan rame-rame, kalau sendirian ya bukan demo kang namanya,..

    Silahkan tiru tuh,.. Sendiri saja datangnya,..

    wahai pemegang kunci surga…..yg lain sealin salafi pelaku bid’ah

    Siapa yang memegang kunci surga?
    Yang membuka pinyu surga pertama kali adalah Rasulullah mas,..

    Jangan lebay dong..

    Balas
    • Mas nurman..mas nurman…
      mbok dipahami dulu….
      klu coment yg ilmiah dong…
      biar pembaca bisa ambil manfaatnya…

      kita doakan saja mas,. mudah-mudahan Allah berikan hidayat taufik

      Balas
  15. Krn saya ngga sanggup menjalankan sunnah dan takut melakukan bidah.

    Jd saya niatin kejakarta bukan utk demo, tapi untuk menggetarkan / menumbuhkan rasa takut dari musuh2 Allah, jd niatnya udah sunnah.

    Tinggal disana aku ga ikutan teriak2 biar gabterjebak bid’ah

    Perginya anda ke jakarta untuk tujuan tersebut saja sudah HARAM, apalagi jika ikutan turun ke jalan,

    Musuh-musuh Allah tidak takut dengan turunnya kaum muslimin ke jalan-jalan,

    Tapi musuh-musuh Allah sangat takut jika kaum muslimin justru PAHAM agama mereka, menjalankan ibadah mereka, masjid PENUH bukan ketika shalat jumatan saja, tapi lima waktu itu seperti itu,..

    Wanitanya berjilbab, ajaran islam hidup di masyarakat, tidak mendengarjan musik,apalagi nonton tv milik orang kafir, tidak nonton sinetron,lawakan, boikot nonton tv umum,

    Yang membuat musuh islam takut, justru ga usah repot, ga usah turun ke jalan yang itu bukan ajaran islam, merugikan orang lain, mendzalimi orang lain.

    Dan selalu saja ada yang memanfaatkan momen teraebut,

    Balas
    • lah buktinya orang2 kafir tidak ada yg takut tuh sama saudi

      Masa? Hidup di tengah hutan ya mas? Sehingga ketinggalan informasi

      Balas
  16. tapi setidaknya dengan kejadian ini adalah sinyal bagi umat islam bahwa dengan 4 november itu kekuatan umat islam masih belum seberapa dibanding kekuatan pemerintah dan ketahuilah ini adalah salah satu kehendak Allah yang ditunjukkan kepada seluruh umat islam bahwa kekuatan (kejadian 4 november kemarain) kurang terkomando dengan baik dan rapi.sebagaimana firman allah dalam surat Ash shof: 4.

    Justru kejadian 411 tersebut menunjukkan umat islam sebagaimana hadits rasulullah,.
    Ngga ada kekuatannya, bagaikan BUIH DI LAUTAN, banyak, tapi tidak membuat gentar ,
    Bahkan menggunakan cara-cara orang kafir untuk membela islam, ini sungguh merupakan kejelekan, bagaimana Allah akan menolong?

    Dulu, 1 orang sahabat bisa mengalahkan 10 orang kafir,.

    sekarang 1 orang kafir dilawan ratusan ribu orang muslim, bahkan jutaan kaum muslimin yang turun ke jalan.. tapi bagaimana hasilnya??

    Balas
  17. dah cukup, ternyata anda menyajikan hal ini hanya untuk buang-buang waktu belajar dulu anda tentang kitab alwara’ wal baro’ dengan baik dan benar.

    Orang yang mengajak kepada DEMO, justru dia sedang BERWALA kepada ORANG KAFIR, bukan berwala kepada orang islam atau ajaran Rasulullah,
    Kenapa demikian? karena demonstrasi adalah salah satu hal yang dibolehkan oleh demokrasi, dan demokrasi itu sistem buatan orang kafir,.
    Maka sungguh sangat lucu, mengaku paham wala wal bara’, tapi menggunakan cara-cara orang yang harusnya kita bara’ terhadap mereka, baca ulasannya di sini

    Balas
  18. yang lucu itu anda, bisa menjelaskan masalah hukum demo dan megakui demokrasi itu kafir, tapi masih menganggap kepala negara dan pemerintahannya ini ulil amri kita, dari cerita diatas kelihatanya bagus dan berdasar banyak alQur’an dan hadits tapi ketika ditanya masalah kepala negara dan kepemerintahannya jawabya seperti itu, ulasannya itu bukan masalah demo lagi, tapi sudah menyangkut alwala’ wal baro’.

    Sudah saya posting mba,
    Mentaati pemimpin yang berkuasa itu WAJIB hukumnya, terlepas bagaimana cara pengangkatannya,.
    Silahkan baca cara pemilihan menurut islam, dan menyikapi pemimpin yang terpilih karenannya,. baca di postingan ini

    Jadi keliru besar jika kita mentaati pemimpin hasil dari demokrasi itu dianggap berwala pada demokrasi,. penilaian seperti itu akibat ga paham , kita tidak ridha terhadapa demokrasi,.
    Adapun perkara mentaati pemimpin yang terpilih, berkuasa, itu adalah dalil dari Alquran,.

    Kasarnya, walaupun KUDETA itu cara yang HARAM dalam Islam, tapi jika ada pemimpin yang berkuasa karena hal tersebut, kita tetap wajib taat pada penguasa yang seperti itu,. karena ini perintah dari Allah,.

    Balas
  19. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    Pendapatku, Pemimpin adalah cerminan Rakyatnya.

    klu Rakyatnya buruk biasanya Pemimpinnya juga. begitu juga sebaliknya.

    Betul pemimpin adalah cerminan rakyat, tapi tidak berlaku sebaliknya, karena pemimpin itu adalah hukuman Allah bagi rakyatnya,.
    Silahkan baca postingannya di sini

    jgn aneh klu negeri ini jadi blangsak. Bank Riba menjamur, KKN jadi budaya, hukum Islam dikesampingkan, hukum tak adil. Semoga nanti Takdir menentukan Rakyat Indonesia menjadi baik & dianugerahi Pemimpin yg Baik pula. Aamiin

    Aamiin
    Ya, perbaiki rakyatnya dulu, jika rakyatnya baik, maka Allah akan berikan pemimpin yang baik,.

    Balas
  20. pemahaman anda itu sepihak kalo albani berkata seperti itu, lalu dikemanakah firman Allah dalam surat almaidah ayat 53 dan allah mengancam kepada orang mukmin(muslim) memilih orang kafir menjadi pemimpin dalam ayat 51 nya. artinya perkataan albani dalam hal ini tidak expet dan tidak obyektik dan jelas bertentangan dengan alqur’an diatas.

    Sungguh picik,. mengatakan sepihak,.
    Memang yang menjelaskan tafsir alquran itu siapa?
    Bukan syaikh Albani,.
    Tahukah anda apa kandungan Almaidah ayat 51?
    Bahkan ayat 50 malah lebih tegas lagi,.

    Kalian dengan cara yang salah membela almaidah ayat 51, tapi ga paham kandungan ayat tersebut, apalagi ayat 50 nya, demikian pula ayat setelahnya,.

    Balas
    • sungguh dangkal pemahaman kamu, memangnya ulama rabbani hanya albani saja? lalu kau kemanakan ulama-ulama rabbani lainnya yang mempunyai pemahaman wala’ wal baro’yang lebih baik dari unkapan masalah khusus ini dari beliau?

      dalam satu sikap mereka rela mati dijalan Allah dengan perkataannya dia tidak melemah dan takut akan kematihah dan kesahidan sehingga beliau-beliu lebih berani lantang mengatakan kepala negara dan pemerintah ini kafir dan tak patut diloyali apa lagi disebut ulil amri.

      atau jangan-jangan presepsi anda menerjemahkan kalimat akhir wajib ditaati asal tidak bermaksiyat, apakah pemerintah dan negara selama ini tidak berma’siyat?

      Ada yang lebih baik dari syaikh Albani,
      Merekalah PARA SAHABAT..
      Mereka lebih paham tafsir Alquran karena diajarkan langsung oleh NABI..

      Dan Alquran sudah sedemikian jelas menjabarkan, hanya ibu saja yang mengikuti pemahaman yang keliru yang dipaparkan oleh ustadz-ustadz ibu,..

      Silahkan sebutkan saja di mana ibu ngaji, siapa ustadznya..

      Mungkin saya bisa memberikan pencerahan terhadap syubhat di kepala ibu, akibat mendengar penjelasan yang keliru,

      Tidak ada satupun sahabat yang menyuruh mendemo pemerintah..

      Perkataan ulama, fatwa ulama tidaklah dianggap jika menyelisihi perkataan sahabat, apalagi menyelisihi alquran dan sunnah

      Ketaatan pada pemerintah itu dalam hal yang BUKAN MAKSIAT, bukan karena pemerintahnya bermaksiat, jangan gagal paham,
      Misal kita disuruh pemeruntah agar melakukan maksiat, maka ga bolehbtaat dalam hal yg maksiat tersebut, adapun dalam hal yg lain tetap wajib taat, begitu mba cara memahaminya

      Balas
  21. semoga Allah subhana wa taala mudah kan umi ahmad dan yg lainnya serta kita semua dalam memahami kebenaran dan melembutkan hatinya dalam menerima dan mempertahankan manhaj salaf aamiin

    Aamiin

    Balas
    • ada yang kurang dari albani sepanjang sejarah albani tidak pernah berperang,

      sehingga untuk perkataan yang sepihak yang saya katakan kemarin sampai jadi ketetapan orang-orang salafi boleh ta’at kepada pemimpin kafir atau hasil dari demokrasi ini sudah mejadi kesalahan besar untuk orang-orang salaf ghoiru salaf kamu,

      Mudah-mudahan anda tidak tinggal di tengah hutan yang GA ADA SINYAL,
      Jaman sudah canggih begini kok ketinggalan informasi..

      Syaikh Albani sudah pernah terjun langsung JIHAD di palestina, bahkan beliau itu jago menembak, menggunakan senjata..
      Beliau sangat paham kondisi palestina, sehingga beliau setelah melihat kondisi tersebut memfatwakan HIJRAH untuk menyelamatkan agama itu jauh lebih baik dari mempertahankan tanah kelahiran, sudah saya posting di sini

      sebab dari itu kelemahan
      albani menafi’kan ulama-ulama rabbani lainnya seperti hasan albana sebagai ulama mujahid dan sampai turun kepada syekh Abdullah azam sebagai ulama kontenporer maka dari itu perkataan albaniseharusnya sebelum diungkapkan bisa belajar dari ulama-ulama sejamannya sehingga hal ini pemahaman alwala’ wal baro’ komunitasmu menjadi fitnah.

      Hasan albana itu tokoh Ikhwanul Muslimin yang SESAT, abdullah azzam juga termasuk pengikut Ikhwanul Muslimin,
      Tentang Ikhwanul Muslimin sudah saya posting penyimpangannya, bahkan ikhwanul muslimin itu biangnya teroris, baca di sini

      Balas
      • oo…. ternyata beraninya sama perempuan !!!! pantesan aja setiap kali ngadepin komen ane kagak berani jawab.

        he..he… mohon maaf atas semua komen ane

        Karena tanggapan anda itu justru kalah mutunya dengan perempuan tersebut, jadi ga saya tanggapi

        Ga perlu minta maaf, woles ajah, langsung saya masukin ke tong sampah koq,
        Kalau mau ngasih tanggapan yg bermutu dong,

        Balas
        • he.he.. ngak usah marah2 gituah. nih ane kasih komen lagi. terserah ente mau ente apain.ok lanjut…
          ===================================================

          Tentang Ikhwanul Muslimin sudah saya posting penyimpangannya, bahkan ikhwanul muslimin itu biangnya teroris, baca di sini
          ===================================================

          ente tau ngak siapa yg menyelamatkan puluhan ribu rakyat dan pejuang allepo yg terkepung siap untuk dibanytai syiah ? jawab : erdogan presiden turki dari Ikhwanul Muslimin. bukan raja salman dari saudi. dia tidak bisa berbuat apa2 untuk menyelamatkan mereka yg terkepung walaupun itu ada didepan matanya.kecuali nyumbang uang itu pun dari hasil kunjungan kaum muslimin haji dan umroh.bukan dari hasil minyak ataupun hasil lain dari negara tersebut. kalau cuma uang ane juga nyumbang walaupun tidak sebanyak saudi.

          erdogan perang melawan isis . yg mana kata ente isis buatan amerika. ane 1000 persen setuju isis itu buatan amerika. wajar saja jika saudi tidak pernah menyerang isis. setiap kepentingan amerika saudi tidak berani meng utak atik karena utang budi saudi kepada amerika waktu perang teluk yg telah menyelamatkan negaranya dari saddam husain.

          erdogan mampu berbuat banyak untuk kaum muslimin walaupun negaranya tidak sekaya saudi

          bukti lain ,,isis bukan hanya berada di suriah dan irak saja tetapi ada juga di yaman.
          dan tidak pernah ane denger saudi menyerang isis diyaman yg diserang hanya hutsi.kenapa? karena isis buatan amerika…lalu saudi perang melawan isis dimana???????????

          ane bisa tebak pasti komen ane ini tidk bermutu ya ..kan ??

          Sudah nanya ke pejuang suriah belum bos,

          Coba ente main-main ke suriah sono, siapa yang ngasuh bantuan persenjataan untuk pejuang di suriah,

          Bahkan saudi yang paling perduli sejak pembantaian rakyat suriah belum terjadi, sudah saya posting di sini nasehat ulama saudi untuk rakyat suriah

          Senjata pavorit yg digunakan oleh pejuang suriah untuk menghancurkan tank2 syiah juga bantuan dari saudi,..

          Ente sudah berbuat apa mas untuk suriah, berapa juta sumbangan anda untuk suriah?

          Apa yang diperbuat saudi terhadap suriah?
          Silahkan tonton video ini mas

          https://youtube.com/watch?v=dKOoJUSEVQY

          Balas
  22. Memang demo tdk dibenarkan dlm islam. Tp kondisi d negri inilah yg menuntut kita untk spt ini harus didobrak. Anda mungkin blm tau yg skrg tjd. Proxy war itulah kenyataan. :'(

    Rasulullah sudah mengabarkan jauh-jauh hari mas,..
    Nabi Muhammad sudah mengabarkan, dan sudah memberi solusi, tinggal umat islam ini mau ikut cara nabi, atau mau ikut cara demokrasi dengan demonstrasinya?

    Kalau tidak mau ikut cara nabi, maka tidak akan ditolong oleh Allah,. makin terpuruk negeri ini,.

    Tidak ada sejarahnya demonstrasi mendatangkan kebaikan, justru mendatangkan keburukan demi keburukan

    Balas
  23. Terus cara nabi yg dimaksud admin itu seperti apa bila ada penista quran ? Mohon kasih aturan syarii yg jelas bila ada penista quran biar mereka ngga pada demo

    Jika tidak bertaubat, hukuman bagi penista Alquran adalah hukuman MATI, tapi yang melakukan itu PEMERINTAH, ngga perlu rakyat atau tokoh turun ke jalan, cukup para ulamanya memberikan nasehat kepada pemerintah secara RAHASIA, bukan rame-rame,..

    Sungguh hilang IZZAH umat islam, mengemis-ngemis kepada pemerintah hanya untuk memnjarakan penghina alquran, apalagi dengan mengerahkan massa,bahkan jatuh korban jiwa,juga kerugian yang besar jumlahnya..

    Umat islam jatuh wibawanya, hanya untuk menghadapi SATU orang kafir..

    Berbeda di jaman sahabat, satu orang sahabat bisa mengalahkan 10orang kafir,

    Sekarang, jutaan kaum muslimin tidak mampu mengatasi satu penghina alquran,..

    Balas
  24. Klo boikot sari roti bidah ngga ?

    Bidah, memboikot makanan yg HALAL, apa alasannya roti halal,bahkan ada cap halal dari MUI kok malah diboikot?

    Harusnya demontrasi yang bidah ,itu yang diboikot,ini malah terbalik..

    Rokok yang jelas-jelas haram ga mau diboikot,padahal pemilik pabrik rokok itu orang kafir juga, bahkan di bungkus rokok sudah ada peringatan yang menjelaskan kengerian merokok

    Tapi banyak sekali para pendemo bahkan kyainya yg doyan rokok

    Balas
  25. Terrus….apakah mereka yang ngaku bermazhab salaf ini sudah mendatangi jokowi untuk memberi nasehat, kok saya belum dengar beritanya.

    Tidak ada tuntunannya dari manhaj salaf ( ingat, bukan MADZHAB SALAF ) agar koar-koar setelah menasehati pemimpinnya, justru disuruh dirahasiakan,. makanya tidak ada beritanya

    Balas
    • Tidak ada tuntunannya dari manhaj salaf ( ingat, bukan MADZHAB SALAF ) agar koar-koar setelah menasehati pemimpinnya, justru disuruh dirahasiakan,. makanya tidak ada beritanya
      =========================================================

      kalu tidak ada beritanya ada 2 kemungkinan
      1 sudah menasehati pimpinannya tetapi dirahasiakan (tidak dipublikasikan)
      2 memang belum menasehati pimpinannya.

      Su’udzan?

      Balas
  26. itu yg msh bikin bingung mas, krn kedua nya berdasar dalil shohih n pemahaman salaf, tp berbeda dlm cara pengambilan hukum nya..

    Demonstrasi tidak pernah dilakukan oleh para salafus shalih,.
    Bahkan itu dilakukan pertama kali oleh kelompok khawarij yang merupakan PEMBUNUH UTSMAN bin affan,.

    Balas
  27. Komentar saya kenapa tidak di munculkan? kenapa hanya di munculkan sedikit saja sedangkan sisanya yg panjang terkait demo itu sunnah tidak di perlihatkan?

    berat sebelah min?

    takut ada yg lain melihat komentar saya? up to you dah min, semoga kita semua di beri hidayah.
    ===========================================================

    @ Ade
    memang begitu aslibumiayu alasannya comennya kagak bermutu… padahal mah…. Aslipengecutbumiayu

    mohon maaf ya kalau ada comen ane yg membuat ente sakit hati tetapi balas comennya jangan marah2 dong.

    Demo itu sunnah?

    IYA , sunnahnya khawarij, karena khawarij yang pertama kali melakukannya, sdh saya posting di sini

    Balas
  28. Assalamualaikum…
    Mas saya mau bagi pengalam saya waktu jadi aktivis mahasiswa 98(FAMRED)

    Dulu kerjaan saya orasi dari 1 kampus ke kampus lain untuk menghasut agar mau unjuk rasa untuk menentang penguasa yg otoriter menurut kami,dan puncak nya kami turun ke jalan pada demo semanggi 1 dan 2 dan pendudukan gedung dpr,dan akhirnya penguasa pada waktu itu turun.

    Kami pada demo dulu murni memperjuangkan nasib rakyat tapi ternyata di belakang itu ada yg mengambil keuntungan dari aksi kami dan banyak provokasi yg menyebabkan kerusuhan dan mahasiswa ditembaki.

    Dan pada saat ini aksi 411 dan 212 juga sama unjuk rasa mengatasnamakan agama Islam itulah yg membedakan dulu dan sekarang dulu atas nama rakyat dan sekarang atas nama Agama.

    Dan saya menyarankan pada yg demo 411 dan 212 untuk bertobat agar tidak mau lagi untuk unjuk rasa mengatasnamakan agama karena apabila terjadi pada thn 98 agama Islam akan rusak.

    karena saya telah mengenal manhaj yg mulia ini saya pun bertobat dari perbuatan saya yg lalu.

    ISLAM AKAN JAYA APABILA ORANG ITU MASUK KE DALAM ISLAM SECARA KAFFAH DAN MEMPELAJARINYA BUKAN DNG CARA DEMONTRASI.

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Alhamdulillah,
    Mudah2an banyak yang mengambil pelajaran..

    Balas
  29. mas, banyak ustadZ2 menasehati kita utk jangan (gampang) menggunakan kata bidah tp kata”menyelisihi sunnah”

    Maaf mas koko, Menyelisihi SUNNAH itu kadang berbeda artinya dengan BIDAH, menyelisihi sunnah itu perkaranya lebih ringan dari BIDAH,.

    Jadi, tetap saja kita mencontoh Rasulullah, bidah ya bidah, tidak diganti dengan kata-kata menyelisihi sunnah

    Panutan kita Adalah Rasulullah, bukan para ustadz,.

    Balas
  30. Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh…

    Segala puji bagi Allah yang telah memberi pemahaman kpd ana ttg haramnya demo.

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Alhamdulillah,

    Balas

Silahkan tinggalkan komentar di sini