Kalangan Habaib Serukan Untuk Tidak Merayakan Maulid Nabi

Habib Bermanhaj Salaf Habib Salafi Di Indonesia Habib Salafi Daftar Habib Wahabi Daftar Habib Sunnah

maulid terbesar di duniaJajaran Ulama dari kalangan Habaib menyerukan Ahlul Bait Rasulullah untuk tidak memperturuti hawa nafsu mereka. Karena Perayaan yang mereka sebut dengan Maulid Nabi dengan dalih Cinta Rasul, dan berbagai acara yang menyelisih syari’at, yang secara khusus dimeriahkan/ diperingati oleh sebagian anak keturunan Nabi yang mulia ini jelas merupakan sebuah penyimpangan, dan tidak sesuai dengan Maqasidu asy-Syar’I al-Muthahhar (tujuan-tujuan syari’at yang suci) untuk menjadikan ittiba’ (mengikuti) kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai standar utama yang dijadikan rujukan oleh seluruh manusia dalam segala sikap dan perbuatan (ibadah) mereka.

Dalam sebuah pernyataan yang dilansir ” Islam Today “, para Habaib berkata, “Bahwa Kewajiban Ahlul Bait (Keturunan Rasulullah) adalah hendaklah mereka menjadi orang yang paling yang mulia dalam mengikuti Sunnah Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, mengikuti petunjuknya, dan wajib atas mereka untuk merealisasikan cinta yang sebenarnya (terhadap beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, red.), serta menjadi manusia yang paling menjauhi hawa nafsu. Karena Syari’at Islam datang untuk menyelisihi penyeru hawa nafsu, sedangkan cinta yang hakiki pasti akan menyeru Ittiba’ yang benar.

Mereka (Para Habaib) menambahkan, “Di antara fenomena yang menyakitkan adalah terlibatnya sebagian anak-cucu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang mulia (Ahlul Bait) dalam berbagai macam penyimpangan syari’at, dan pengagungan terhadap syi’ar-syi’ar yang tidak pernah dibawa oleh al-Habib al-Mushtafa Shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan di antara syiar-syiar tersebut adalah bid’ah peringatan Maulid Nabi dengan dalih cinta.

Para Habaib menekankan dalam pernyataannya, bahwa yang membuat perayaan tersebut sangat jauh dari petunjuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah karena hal itu dapat menyebabkan pengkultusan terhadap beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam yang beliau sendiri tidak membolehkannya, bahkan tidak ridho dengan hal itu. Dan lainnya adalah bahwa peringatan tersebut dibangun di atas Hadits-hadits yang bathil dan aqidah-aqidah yang rusak. Telah valid dari Rasulullahu shallallahu ‘alaihi wasallam akan pengingkaran terhadap sikap-sikap yang berlebihin seperti ini, dengan sabdanya:

Janganlah kalian mengkultuskan aku seperti pengkultusan orang-orang nasrani terhadap putra maryam. (HR. al-Bukhari)

Sedangkan seputar adanya preseden untuk perayaan-perayaan seperti itu pada as-Salafu ash-Shalih, Para Habaib tersebut mengatakan,

“Bahwa perayaan Maulid Nabi merupakan ibadah/ amalan yang tidak pernah dilakukan dan diperintahkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, dan tidak pernah pula dilakukan oleh seorangpun dari kalangan Ahlul Bait yang mulia, seperti Ali bin Abi Thalib, Hasan dan Husein, Ali Zainal Abidin, Ja’far ash-Shadiq, serta tidak pernah pula diamalkan oleh para Sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam “Radhiyallahu ‘anhum ajma’in- begitu pula tidak pernah diamalkan oleh seorang pun dari para tabi’in.

Para Habaib tersebut mengatakan kepada Ahlul Bait, Wahai Tuan-tuanYang terhormat! Wahai sebaik-baiknya keturunan di muka bumi, sesungguhnya kemulian Asal usul (Nasab) merupakan kemulian yang diikuti dengan taklif (pembebanan), yakni melaksanakan sunnah Rasululullah shallallahu ‘alaihi wasallam, dan berusaha untuk menyempurnakan amanahnya setelah sepeninggalnya dengan menjaga agama dan menyebarkan dakwah yang dibawanya. Dan karena mengikuti apa yang tidak dibolehkan oleh syari’at tidak mendatangkan kebenaran sedikitpun, bahkan merupakan amalan yang ditolak oleh Allah Ta’ala, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

Barangsiapa mengada-adakan sesuatu yang baru di dalam urusan (agama) kami ini yang bukan termasuk di dalamnya, maka ia tertolak. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Berikut ini adalah teks pernyataannya:
Risalah untuk Ahlul Bait (Anak-Cucu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam) tentang Peringatan/ perayaan Maulid Nabi.

Di antara Prinsip-prinsip yang agung yang berpadu di atasnya hati-hati para ulama dan kaum Mukminin adalah meyakini (mengimani) bahwa petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah petunjuk yang paling sempurna, dan syari’at yang beliau bawa adalah syari’at yang paling sempurna, Allah Ta’ala berfirman:

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu. (QS. Al maidah:3)

Dan meyakini (mengimani) bahwa mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan keyakinan atau tanda kesempurnaan iman seorang Muslim, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Tidak sempurna iman salah seorang di antara kamu sehingga aku lebih dia cintai dari ayahnya, anaknya, dan semua manusia. (HR. al-Bukhari & Muslim)

Beliau adalah penutup para nabi, Imam orang-orang yang bertaqwa, Raja anak-cucu Adam, Imam Para Nabi jika mereka dikumpulkan, dan Khatib mereka jika mereka diutus, si empu Tempat yang Mulia, Telaga yang akan dikerumuni (oleh manusia), si empu bendera pujian, pemberi syafa’at manusia pada hari kiamat, dan orang yang telah menjadikan umatnya menjadi umat terbaik yang dikeluarkan untuk manusia, Allah Ta’ala berfirman:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. al-Ahzab: 21)

Dan di antara kecintaan kepada beliau adalah mencintai keluarga beliau (Ahlul Bait/ Habaib), Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Aku mengingatkan kalian kepada Allah pada Ahlu Bait (keluarga)ku. (HR. Muslim).

Maka Kewajiban keluarga Rasulullah (Ahlul Bait/ Habaib) adalah hendaklah mereka menjadi orang yang paling yang mulia dalam mengikuti Sunnah Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, mengikuti petunjuknya, dan wajib atas mereka untuk merealisasikan cinta yang sebenarnya (terhadap beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, red.), serta menjadi manusia yang paling menjauhi hawa nafsu. Karena Syari’at datang untuk menyelisihi penyeru hawa nafsu, Allah Ta’ala berfirman:

Maka demi Rabbmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (QS. An-Nisa’: 65)

Sedangkan cinta yang hakiki pastilah akan menyeru Ittiba’ yang benar. Allah Ta’ala berfirman:

Katakanlah:”Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali ‘Imran: 31)

Tidak cukup hanya sekedar berafiliasi kepada beliau secara nasab, tetapi keluarga beliau (Ahlul bait) haruslah sesuai dengan al-haq (kebenaran yang beliau bawa) dalam segala hal, dan tidak menyalahi atau menyelisinya.

Dan di antara fenomena menyakitkan adalah orang yang diterangi oleh Allah Ta’ala pandangannya dengan cahaya ilmu, dan mengisi hatinya dengan cinta dan kasih sayang kepada keluarga NabiNya (ahlul bait), khususya jika dia termasuk keluarga beliau pula dari keturunan beliau yang mulia adalah terlibatnya sebagian anak-cucu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang mulia (Ahlul Bait/ Habaib) dalam berbagai macam penyimpangan syari’at, dan pengagungan terhadap syi’ar-syi’ar yang tidak pernah dibawa oleh al-Habib al-Mushtafa Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dan di antara syi’ar-syi’ar yang diagungkan yang tidak berdasarkan petunjuk moyang kami Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam tersebut adalah bid’ah peringatan Maulid Nabi dengan dalih cinta. Dan ini jelas merupakan sebuah penyimpangan terhadap prinsip yang agung, dan tidak sesuai dengan Maqasidu asy-Syar’I al-Muthahhar (tujuan-tujuan syari’at yang suci) untuk menjadikan ittiba’ (mengikuti) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai standar utama yang dijadikan rujukan oleh seluruh manusia dalam segala sikap dan perbuatan (ibadah) mereka.

Karena kecintaan kepada beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mengharuskan ittiba’ (mengikuti) beliau Shallalllahu ‘alaihi wasallam secara lahir dan batin. Dan tidak ada pertentangan antara mencintai beliau dengan mengikuti beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, bahkan mengikuti (ittiba’) kepada beliau merupakan inti/ puncak kecintaan kepadanya. Dan orang yang mengikuti beliau secara benar (Ahlul ittiba’) adalah komitmen dengan sunnahnya, mengikuti petunjuknya, membaca sirah (perjalanan hidup)nya, mengharumi majlis-majlis mereka dengan pujian-pujian terhadapnya tanpa membatasi hari, berlebihan dalam menyifatinya serta menentukan tata cara yang tidak berdasar dalam syari’at Islam.

Dan di antara yang membuat perayaan tersebut sangat jauh dari petunjuk Nabi adalah karena dapat menyebabkan pengkultusan terhadap beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam yang beliau sendiri tidak membolehkannya, bahkan beliau tidak ridho dengan hal itu. Dan hal lainnya adalah bahwa peringatan tersebut dibangun di atas Hadits-hadits yang bathil dan aqidah-aqidah yang rusak. Telah valid dari Rasulullahu shallallahu ‘alaihi wasallam pengingkaran terhadap sikap-sikap yang berlebihan seperti ini, dengan sabdanya:

Janganlah kalian mengkultuskan aku seperti pengkultusan orang-orang nasrani terhadap putra maryam. (HR. al-Bukhari)

Maka bagaimana dengan faktanya, sebagian majlis dan puji-pujian dipenuhi dengan lafazh-lafazh bid’ah, dan istighatsah-istighatsah syirik.

Dan perayaan Maulid Nabi merupakan ibadah/ amalan yang tidak pernah dilakukan dan diperintahkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, dan tidak pernah pula dilakukan oleh seorangpun dari kalangan Ahlul Bait yang mulia, seperti ‘Ali bin Abi Thalib, Hasan dan Husein, Ali Zainal Abidin, Ja’far ash-Shadiq, serta tidak pernah pula diamalkan oleh para Sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam –Radhiyallahu ‘anhum ajma’in—begitu pula tidak pernah diamalkan oleh seorang pun dari para tabi’in, dan tidak pula Imam Madzhab yang empat, serta tidak seorangpun dari kaum muslimin pada periode-periode pertama yang diutamakan.

Jika ini tidak dikatakan bid’ah, lalu apa bid’ah itu sebenarnya? Dan Bagaimana pula apabila mereka bersenandung dengan memainkan rebana?, dan terkadang dilakukan di dalam masjid-masjid? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda dalam hal ini secara gamblang dan tanpa pengecualian di dalamnya:

Semua bid’ah itu sesat. (HR. Muslim).

Wahai Tuan-tuanYang terhormat! Wahai sebaik-baiknya keturunan di muka bumi, sesungguhnya kemulian Asal usul/ nasab merupakan kemulian yang diikuti dengan taklif (pembebanan), yakni melaksanakan sunnah Rasululullah shallallahu ‘alaihi wasallam, dan berusaha untuk menyempurnakan amanahnya setelah sepeninggalnya, dengan menjaga agama, menyebarkan dakwah yang dibawanya.

Dan karena mengikuti apa yang tidak dibolehkan oleh syari’at tidak mendatangkan kebenaran sedikitpun, dan merupakan amalan yang ditolak oleh Allah Ta’ala, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

Barangsiapa mengada-adakan sesuatu yang baru di dalam urusan (agama) kami ini yang bukan termasuk di dalamnya, maka ia tertolak. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Demi Allah, demi Allah, wahai para habaib (Ahlu bait Nabi)! Jangan kalian diperdayakan oleh kesalahan orang yang melakukan kesalahan, dan kesesatan orang yang sesat, dan menjadi pemimpin- pemimpin yang tidak mengajarkan petunjuk beliau! Demi Allah, tidak seorangpun di muka bumi ini lebih kami cintai petunjuknya dari kalian, semata-mata karena kedekatan kalian dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Ini merupakan seruan dari hati-hati yang mencintai dan menginginkan kebaikan bagi kalian, dan menyeru kalian untuk selalu mengikuti sunnah lelulur kalian dengan meninggalkan bid’ah dan seluruh yang tidak diketahui oleh seseorang dengan yakin bahwa itu merupakan sunnah dan agama yang dibawanya, maka bersegeralah, Beliau bersabda:

Barang siapa yang lambat dalam amalnya, niscaya nasabnya tidak mempercepat amalnya tersebut. (HR. Muslim).

Yang menanda tangan risalah di atas yaitu:

1. Habib Syaikh Abu Bakar bin Haddar al-Haddar (Ketua Yayasan Sosial Adhdhamir al-Khairiyah di Traim)

2. Habib Syaikh Aiman bin Salim al-Aththos (Guru Ilmu Syari’ah di SMP dan Khatib di Abu ‘Uraisy)

3. Habib Syaikh Hasan bin Ali al-Bar (Dosen Kebudayaan Islam Fakultas Teknologi di Damam dan Imam serta khatib di Zhahran.

4. Habib Syaikh Husain bin Alawi al-Habsyi (Bendahara Umum ‘Muntada al-Ghail ats-Tsaqafi al-Ijtima’I di Ghail Bawazir)

5. Habib Syaikh Shalih bin Bukhait Maula ad-Duwailah (Pembimbing al-Maktab at-Ta’awuni Li ad-Da’wah wal Irsyad wa Taujih al-Jaliyat, dan Imam serta Khatib di Kharj).

6. Habib Syaikh Abdullah bin Faishal al-Ahdal (Ketua Yayasan ar-Rahmah al-Khairiyah, dan Imam serta Khatib Jami’ ar-Rahmah di Syahr).

7. Habib Syaikh DR. ‘Ishom bin Hasyim al-Jufri (Act. Profesor Fakultas Syari’ah Jurusan Ekonomi Islam di Universitas Ummu al-Qurra’, Imam dan Khotib di Mekkah).

8. Habib Syaikh ‘Alawi bin Abdul Qadir as-Segaf (Pembina Umum Mauqi’ ad-Durar as-Saniyah)

9. Habib Syaikh Muhammad bin Abdullah al-Maqdi (Pembina Umum Mauqi’ ash-Shufiyah, Imam dan Khotib di Damam).

10. Habib Syaikh Muhammad bin Muhsi al-Baiti (Ketua Yayasan al-Fajri al-Khoiriyah, Imam dan Khotib Jami’ ar-Rahman di al-Mukala).

11. Habib Syaikh Muhammad Sami bin Abdullah Syihab (Dosen di LIPIA Jakarta)

12. Habib Syaikh DR. Hasyim bin ‘Ali al-Ahdal (Prof di Universitas Ummul Qurra’ di Mekkah al-Mukarramah Pondok Ta’limu al-Lughah al-‘Arabiyah Li Ghairi an-Nathiqin Biha).

sumber: Milis As-Sunnah

sumber penukilan : http://moslemsunnah.wordpress.com/2009/04/10/kalangan-habaib-serukan-untuk-tidak-merayakan-maulid-nabi/

Print Friendly, PDF & Email

Habib Salaf Habib Wahabi Di Indonesia Habib Wahabi Habaib Habib Salafy

70 Comments

  1. Ini berita basi, semuanya kibulan dari Salafy Wahabi. Awas catut nama Habaib bisa kuwalat tuh yang bikin terjemah beita ini. Setiap malam di Jakarta ada acara Maulid walau pun bukan di bulan Maulid. Baca ini jadwalnya: http://u==delete==mati.wordpress.com/2010/06/01/jadwal-pengajian-habib-munzir-bulan-juni-dan-juli-2010/#more-1732

    Mau tahu apa itu wahabi?? baca ini : https://aslibumiayu.net//tag/wahabi/

    Mana dalilnya bisa kuwalat mas?? Ada juga yang bisa kuwalat itu menyandarkan apa-apa yang tidak diajarkan oleh Rasulullah, kemudian dikatakan bahwa ini adalah ajaran rasulullah, berarti itu terhitung dalam perbuatan berdusta atas nama nabi.., seperti contohnya maulid itu….apakah Rasulullah pernah merayakan maulid?? Apakah para sahabat pernah merayakan maulid?? Ataukah para ulama pernah mengadakan maulid??

    Harusnya mas atau para habib itu takut dengan hadits nabi yang artinya:

    Dari Abdullah bin az-Zubair radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang berdusta atas namaku maka hendaknya dia mengambil tempat duduknya di neraka.” (HR. Bukhari, lihat al-Jam’u Baina ash-Shahihain, hal. 8 )

    Hadits yang seperti diatas banyak….

    Dari al-Mughirah bin Syu’bah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya berdusta atas namaku tidak sebagaimana berdusta atas nama orang lain. Maka barangsiapa yang berdusta secara sengaja atas namaku maka hendaknya dia mengambil tempat duduknya di neraka.” (HR. Bukhari, dan juga Muslim dalam Mukadimah Shahihnya, lihat al-Jam’u Baina ash-Shahihain, hal. 9)

    Itu baru namanya kuwalat mas…

  2. bro….nggak usah nakut2in pake hadits, mangnya yang buat hadits kamu, sehingga hny kamu ja yang paling benar dalam memahaminya. Org Islam bukan spt itu bro…Kita hny pengikut bro, kalau kamu blh ngikutin ulama’ km, mengapa org lain kamu bid’ah2kan karena ikut ulama’2 mereka? Sadar bro,,Qur’an Hadits itu bukan buatan kamu. yang tahu kebenaran sejati hny Allah semata. salam kenal.

    Kalau orang yang mengaku mencintai Rasulullah, pasti akan menerima hadits-hadits yang shahih dari Rasulullah…

    Kalau orang yang mengaku mencintai Rasulullah, pasti akan takut terhadap ancaman Rasulullah melalui hadits-haditsnya…

    Hadits itu bukan perkataan saya mas, itu perkataan Rasulullah…

    Alquran diturunkan Allah kepada Rasulullah, dan Rasulullah sudah menjelaskan tafsirnya kepada para sahabat,…. Jadi jalan yang paling selamat adalah mengikuti pemahaman para sahabat dalam memahami alquran, dan dalam memahami al hadits.

    Para Ulama yang boleh kita ikuti juga adalah ulama yang mengikuti pemahaman para sahabat, bukan ulama yang mengikuti pemahaman selainnya..

    Kebenaran sejati hanya milik Allah, dan Allah sudah menyampaikan kebenaran itu melalui Rasul-rasulnya.

    Dan para pengikut kebenaran adalah orang-orang yang mengikuti kebenaran yang diajarkan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya..

  3. Mau nanya mas, kl sholat tarawih bid’ah bukan?

    Jelas bukan lah mas, baca disini ya, bagaimana tentang shalat taraweh itu, disini mas : https://aslibumiayu.net//2010/07/13/menghidupkan-malam-ramadhan-dengan-shalat-tarawih/

    adapun jika mas mengatakan bidah dengan dalil perkataan Umar bin Al Khaththab pernah menyatakan bahwa shalat tarawih yang dia hidupkan adalah “sebaik-baik bid’ah”? Dari perkataan beliau ini menurut mereka, ada bid’ah hasanah (yang baik).

    Sanggahan: Ingatlah para sahabat tidak mungkin melakukan bid’ah. Yang dimaksud dengan bid’ah dalam perkataan ‘Umar adalah bid’ah secara bahasa Arab yang berarti sesuatu yang baru.

    Jika ada yang masih ngotot bahwa tidak semua bid’ah sesat, ada di sana bid’ah yang baik (hasanah), maka cukup kami katakan: Kalau ‘Umar menghidupkan shalat tarawih dan beliau katakan sebagai bid’ah, hal ini ada dalil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena dulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melaksanakan shalat tarawih di awal-awal Ramadhan. Namun karena takut amalan tersebut dianggap wajib, maka beliau tidak menunaikannya lagi. Jadi, intinya ‘Umar memiliki dasar dari perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

  4. awas Ini tipuan para wahabi ….

    Apa yang dimaksud wahabi?? tolong jelaskan, bagi para pembaca yang ingin tahu sebab munculnya istilah wahabi ini, bisa baca disini

    Kalaupun memang benar nama habaib yg disebutkan maka mereka hanya oknum … awas makar para wahabi …. dimana2 habaib itu cinta akan elahiran rasulnya …

    Siapakah yang paling mencintai Rasulullah??
    Adakah yang mengalahkan cintanya Para Sahabat kepada Rasulullah??
    Kaum yang paling mencintai Rasulullah adalah para Sahabat Nabi,…
    Kaum yang paling getol beribadah dan mengikuti ajaran Rasulullah adalah para Sahabat Nabi….
    Adakah kita dapati para sahabat nabi melakukan Perayaan Hari Kelahiran Rasulullah??
    Baik ketika Rasulullah hidup atau sudah meniggal, tidak pernah kita dapati para Sahabat merayakannya…

    Lalu apakah orang yang merayakannya itu lebih baik dari para sahabat??
    Lalu mengikuti ajaran siapakah orang-orang yang mengadakan perayaan hari kelahiran nabi itu??

    jawabnya, sebenarnya hanya satu…
    Karena kebodohan, mengikuti tradisi orang-orang nasrani yang mengadakan perayaan kelahiran nabi Isa….

    Sungguh benar apa yang disabdakan Rasulullah, bahwa akan ada dari umatnya yang akan mengikuti suatu kaum, sehingga jika kaum tersebut masuk ke lubang biawak skalipun, akan di ikuti juga,…

    Kaum nasrani mengadakan perayaan kelahiran nabi Isa yang disebut dengan Natal,… eh,… kaum muslimin ada yang ikut-ikutan mengadakan perayaan kelahiran nabi,…. dan lebih lucunya lagi, ngakunya mencintai nabi…..

    Orang mencintai nabi kok melakukan ritual yang tidak ada ajarannya sama sekali dari nabi…. waliyadzubillah…

    bukan seperti wahabi yg cinta sama Raja Saudi Dajjal saudara Amerika

    Kenapa saudi mengundang tentara amerika??
    Siapa penyebabnya??
    Saudi tidak begitu saja meminta bantuan orang-orang kafir, ada penyebabnya… ini adalah kelicikan orang-orang syiah juga…

    Kalau anda tahu bagaimana kondisi sekarang?? betapa syiah sangat akrab sekali dengan amerika, bahkan mendoakan pemimpin amerika yang waktu itu dipimpin oleh presiden bush

  5. Saya ga percaya masa cucu2 rasulullah melarang maulid, anda aja yang kurang ilmunya.

    Para sahabat percaya bahwa Rasulullah tidak pernah menyuruh mengadakan maulid,..
    Imam yang empat pun, percaya bahwa Rasulullah tidak pernah menyuruh mengadakan maulid..

    Kalau anda tidak percaya , ya itu urusan anda sendiri,…
    Memangnya anda lebih berilmu daripada para Sahabat?
    Para sahabat sangat mencintai Rasulullah, dibandingkan dengan anda, sangat jauh kecintaan para sahabat kepada Rasulullah,… akan tetapi mereka tidak pernah mengadakan maulid nabi… Karena para sahabat tahu, ajaran maulid itu adalah ajaran yang tercela…
    Walaupun banyak orang-orang yang ngaku cinta nabi, atau keturunan nabi, doyan banget mengadakan maulid nabi…

    Apakah sahabat kalah jauh ilmunya ketimbang anda??
    Anda berguru sama siapa??

    Kalau sahabat berguru langsung kepada Rasulullah…

    Mana yang lebih layak diikuti?

    Para sahabat, atau anda, atau para habib yang ngaku-ngaku keturunan nabi itu??
    padahal nabi tidak punya anak laki-laki , karena meninggal waktu masih bayi, kok ada orang-orang yang ngaku keturunan Rasulullah?? Dari siapa?
    Paling banter nasab itu sampai kepada Ali, tidak ada yang bersambung kepada Rasulullah,

    Jadi kedustaan yang besar, jika ada yang ngaku nasabnya sampai kepada Rasulullah,…

    Hanya orang-orang yang bodoh saja yang percaya pada banyolan seperti itu,

    Nasab itu dari pihak laki-laki mas, bukan dari pihak perempuan..

  6. Mengerjakan ibadah yang tidak disyariatkan oleh Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah suatu Bid’ah.. Dan setan lebih menyukai manusia yang berbuat Bid’ah daripada maksiat.. Karena ketika berbuat maksiat hamba Allah sudah tahu itu salah dan melanggar, ada kemungkinan ia bertaubat.. Sedangkan pelaku Bid’ah tidak merasa ia melakukan kesalahan, meskipun sebenarnya ia sangat berdosa melanggar Sunnah Rasul, dan kemungkinan untuk bertaubat juga kecil karena mereka tidak pernah merasa sesat.. Kecuali orang-orang yang memang diberi petunjuk oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk kembali pada ajaran Sunnah, mereka itulah orang yang beruntung..

    • ngerti apa nte..ingat stiap perbuatan tergantung pd niatnyaa.. emange ente tuhan apa?????? jangan sok dehhh… daripada maksiat mending sholawatan atau mauludan.. bodoh banget si luuuu…

      mas marselo salas yang saya hormati,
      mas, niat saja tidak cukup mas, tapi niat juga harus sesuai contoh rasulullah, juga caranya juga harus mengikuti ajaran Rasulullah,
      Niat harus baik dan benar, demikian juga caranya harus baik dan benar,
      Niat yang baik saja tidaklah cukup, jika caranya tidaklah baik,
      Takaran baik, bukanlah baik menurut kita, atau baik menurut masyarakat, atau baik menurut guru kita, akan tetapi takaran baik dan tidak itu adalah menurut pembuat syariat ini, yaitu Allah., menurut rabb kita,… dan menurut pembawa risalah ini, yaitu Rasulullah…
      Jadi bukan asal niatnya mas..
      Mas, syetan itu lebih suka kepada orang yang melakukan kebid’ahan seperti shalawatan, maulidan, yasinan, tahlilan,… daripada kepada orang yang melakukan maksiat seperti mencuri, berzina, mabok, dan perbuatan keji lainnya,
      kenapa??
      Jika ditanyakan kepada pencuri atau pelacur, atau perampok, : apakah perbuatan anda ini berdosa? mereka pasti akan mengakui bahwa perbuatan mereka itu adalah dosa, dan suatu saat nanti akan bertaubat, dan tidak mau anak-anak mereka juga seperti itu,…
      coba tanya yang hobi maulidan, shalawatan, atau yasinan, tahlilan..
      apakah perbuatan kalian itu suatu kebaikan, atau dosa…
      mereka pasti akan menjawab, ini kebaikan, ibadah , dan akan mendapat pahala disisi Allah,..
      dan mereka mengajarkan ajaran tersebut kepada anak2 mereka, tetangga, atau orang lain,
      padahal apa kata Rasulullah, amalan yang tidak ada contohnya dari Rasulullah, pasti tertolak, dan diakherat nanti akan diadzab, dan penyebab diusirnya dari telaga Rasulullah…
      tidak ngeri mas???

  7. Subhanallah… wahai hambaa allah tak usah kau sebarkan kata- kata busukmu itu.. kalau anda punya anak n anda mmperingati kelahiranya.. itu salah satu tanda anda cinta pd anak anda.. jadi so” otomatis kalau anda cinta ma Rosulullah knapa anda tak mau merayakan kelahiranya.. baca tuh surat al lahab.. abu lahab aza yang kafir, tp pd saat kelahiran rosul ia bergembira maka tiap hari senin hukuman baginya dihilangkan,.. tolong ambil maknanya ummmm…

    Subhanallah,.. wahai hamba Allah, tidakkah engkau memahami akan hal ini…
    Ingatlah, anak anda sudah Allah tetapkan umurnya,… lalu wahai saudaraku…
    Renungkanlah,… apa hakekat bertambahnya umur anakmu??

    Sesungguhnya jika engkau berpikir dengan sehat dan jernih,… anakmu semakin mendekati kepada hari ajalnya,.. kok dirayakan??
    Apakah ini bukti cinta, atau bukti apa??
    Merayakan saat-saat sang anak semakin mendekat dengan hari kematiannya,… walaupun dengan lagu-lagu dan musik selamat panjang umur, dll… yang lagu dan musik sendiri dalam islam adalah haram,..

    Inikah tanda cinta???

    Mana ada orang tua yang tega merayakan momen anaknya, yang pada hakekatnya itu adalah perayaan semakin dekatnya sang anak mendekati hari kematiannya,…

    Sungguh, disamping banyak kemungkaran yang ada pada acara ulang tahun,..

    Mudah-mudahan bisa sedikit mencerahkan pandangan anda tanda cinta kepada anak yang diwujudkan dengan perayaan ulang tahun, yang pada hakekatnya adalah perayaan hari semakin dekatnya sang anak kepada hari kematiannya…. wallahu’alam…

  8. boss.. jangan sok2kan gitu ahh.. kalau andaa sahabat nabi baru ane percaya, skrg gini za bos.. kalo ente punya anak n nte ngrayain ultah nya.. iitu tanda nte cinta ma anak nte.. tpi lo nte ga paling ga ngucapin slamat brarti nte emank gollongan orang2 pelit.. oya baca surat al lahab bos.. ben sadar..

    boss, saya bukan sok2kan, .. bener boss,
    bos marselo, siapa sih yang paling mencintai Rasulullah setelah sahabat?? Adakah orang yang mencintai Rasulullah sebagaimana Sahabat mencintai Rasulullah?
    Sahabat adalah generasi yang paling mencintai Rasulullah, orang yang paling taat kepada Rasulullah, dan mereka adalah generasi yang dididik oleh Rasulullah secara langsung,
    jadi para Sahabat adalah orang yang paling mengetahui apa yang Rasulullah ajarkan,..

    Lalu, apakah para sahabat merayakan hari kelahiran Rasulullah?? baik ketika Rasulullah hidup, atau sesudah beliau meninggal?
    Tidak ada satupun riwayat yang mengabarkan para sahabat melakukannya,…
    Demikian juga para murid2nya sahabat, yaitu thabi’in,…
    Sesungguhnya perayaan2 itu adalah ikut-ikutan orang2 nasrani yang merayakan hari kelahiran nabi Isa, dengan istilah natalan,.
    lalu orang-orang islam yang bodoh terhadap ajaran Rasulullah pun ikut2an dengan mengdakan maulid nabi,..
    orang2 nasrani merayakan kenaikan isa almasih, lalu ada orang2 bodoh terhadap ajaran rasulullah yang ikut2an dengan merayakan isra miraj nabi

    Apakah benar merayakan hari ultah anak kita sebagai tanda cinta kasih orang tua terhadap anak?
    Jika orang tua tersebut berfikir secara sehat, apakah hari ultah itu?
    Tidakkah mereka berpikir, apakah kita akan hidup selamanya?
    Setiap manusia sudah ditetapkan berapa usianya, dan dengan bertambahnya hari, maka makin dekatlah hari kematian itu,…
    Lalu apa yang dirayaka oleh orang2 yang merayakan ulang tahun anaknya, atau dirinya??
    Wong jatah umurnya semakin berkurang kok dirayakan?? Tidakkah anda berfikir?
    Belum lagi kemungkaran-kemungkaran yang ada ketika perayaan ultah tersebut,… adanya musik, tiup lilin yang merupakan budaya orang kafir, dan ritual-ritual lainnya,…

    Tanda cinta kasih orang tua terhadap anaknya, bukanlah dengan merayakan ultahnya, tapi mendidiknya dengan ilmu yang bermanfaat untuk dunia dan akheratnya,….

    bukan menghambur2kan harta untuk merayakan ultahnya,….
    karena itu termasuk pemborosan, dan para pemboros adalah teman-teman syetan,… gitu bos….
    wallahu’alam…

  9. Org2 skrg lebih takut kualat ama habibnya/kyainya padahal…

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang berdusta atas namaku maka hendaknya dia mengambil tempat duduknya di neraka.” (HR. Bukhari, lihat al-Jam’u Baina ash-Shahihain, hal. 8)

    Hiiii…saya mah lebih takut kualat jika berdusta atas nama Rasulullah Shallallahu alaihi wasalam. Ancamannya neraka coy, ga main2.

    Betul mas, kita sih lebih takut berdusta atas nama Rasulullah,
    Sedangkan para habib itu tidaklah terjaga dari kesalahan sebagaimana Rasulullah, apalagi jika yang disampaikan para habb itu bertentangan dengan ajaran Rasulullah yang mulia, maka tindakan yang benar adalah meninggalkan ajaran habib yang bertentangan dengan ajaran Rasulullah,

    Ajaran Rasulullah yang sekian banyak itu saja tidak mampu kita amalkan semua, kok ya ada orang yang mengamalkan amalan yang diajarkan para habib , yang kalau dirunut, itu bertentangan dengan ajaran Rasulullah,…

  10. Berikut ini adalah dalil-dalil yang menjadi dasar peringatan maulid nabi besar Muhammad sholallahu ‘alaihi wasalam:
    1. Abu Bakar ash-Shiddiq
    Telah berkata Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq: “Barangsiapa yang menafkahkan satu dirham bagi menggalakkan bacaan Maulid Nabi saw., maka ia akan menjadi temanku di dalam syurga.” (sumber …dari kitab anni’matul kubr…o ‘alaa al-’aalam fii maulid sayyidii waladii aadam karya Imam Syihabuddin Ahmad ibnu Hajar al-Haitami as-Syafii)

    2. Umar bin Khottob al-Furqon
    Telah berkata Sayyidina ‘Umar: “Siapa yang membesarkan (memuliakan) majlis maulid Nabi saw. maka sesungguhnya ia telah menghidupkan Islam.” (sumber dari kitab anni’matul kubro ‘alaa al-’aalam fii maulid sayyidii waladii aadam karya Imam Syihabuddin Ahmad ibnu Hajar al-Haitami as-Syafii)

    3. Utsman bin ‘Affan Dzun-Nuraini
    Telah berkata Sayyidina Utsman: “Siapa yang menafkahkan satu dirham untuk majlis membaca maulid Nabi saw. maka seolah-olah ia menyaksikan peperangan Badar dan Hunain” (sumber dari kitab anni’matul kubro ‘alaa al-’aalam fii maulid sayyidii waladii aadam karya Imam Syihabuddin Ahmad ibnu Hajar al-Haitami as-Syafii)

    bagaimana tangapan hadis2 yg di atas

    Perkatan serupa juga dinisbatkan kepada sahabat Abu Bakr, Umar, Utsman dan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhuma, sebagaimana dalam kitab Madarij ash-Shu’udh hal.15 karya Syaikh Nawawi Banten.[3] Bahkan juga dinisbatkan kepada Hasan al-Bashri, Ma’ruf al-Karkhi, al-Junaid dan lainnya sebagaimana dalam Hasyiyah I’anah Tholibin: 3/571-572 karya Abu Bakr Syatho

    TIDAK ADA ASALNYA. Sejak awal kali mendengar ucapan yang dianggap hadits ini, hari penulis langsung mengingkarinya karena bagaimana mungkin hadist ini shohih, sedangkan maulid tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya?!!
    Hadits ini tidak ada asalnya,.. bukan hadits..
    Selengkapnya baca disini

  11. Tutup blog ini mas, jaman nabi ga ada da’wah via internet… Tutup smua skolah… Ga ada tuh yg nama’a pesantren, sekolah di jaman nabi

    Kalau jaman nabi lebih canggih mas, otak para sahabat lebih canggih daripada komputer,.. alquran di kepala mereka, hadits di otak mereka, tidak seperti kita dijaman ini,..

    Walaupun para sahabat banyak yang tidak pandai menulis, hafalan mereka luar biasa,..

    Internet hanyalah sarana pembantu, urusan dunia, bukan urusan agama, jika menunjang dalam berdakwah itu bisa mendatangkan pahala,

    Dijaman nabi memang tidak ada sekolah, tapi ada pembelajaran, ada kajian, seperti layaknya sekolah,.. bahkan rasulullah menganjurkan kita sebagai kaum muslimin untuk belajar,.. surat yang pertama kali juga demikian,..

    Jika otak kita seperti otak sahabat, jika hafalan kita seperti hafalan para sahabat,.. ngga perlu ada komputer, atau internet, atau sekolah,… ngga apa-apa tuh mas,…

  12. @Bung Marselo, tidakkah anda berpikir dgn otak yg jernih dan awam saja, merayakan Ultah anak kita adalah wajar karena anak kita masih hidup, nah kalo merayakan Ultah Nabi…apakah Nabi masih hidup atau sudah wafat….trus apanya yg mo dirayakan mas….mikir mas mikir…….gak usah pake dalil2 agama, pake pikiran umum saja sudah salah kaprah.

    merayakan ultah anak, pada hakekatnya merayakan hari semakin dekatnya hari kematian sang anak,… kok ada orangtua yang tega merayakannya?

    Rasulullah tanggal meninggal dan lahirnya adalah sama, lalu, apa yang dirayain?

  13. bagaimana kita bisa mendidik anak2 kita untuk mencintai nabinya kalau tanoa maulid……..

    Tahu tidak, apa hakekat ulangtahun?
    Ulang tahun itu pada hakekatnya adalah berkurangnya umur, dan semakin dekatnya menuju akhir kematian, karena masing-masing orang sudah ditentukan akhir kematiannya,..

    kok ada orang tua yang tega merayakan hari semakin dekatnya anaknya meninggal,.. harusnya menyiapkan bekal-bekal buat sang anak untuk perjalanan yang masih jauh ini,.. jangan menyesal kemudian,..

    Orang yang paling mencintai Rasulullah saja, yaitu para sahabat tidak ada yang merayakan ulangtahun nabi, atau istilahnya maulid nabi,

    kenapa kita merayakannya, terus apa yg dirayakan, nabi lahir dan meninggal di tanggal yang sama,.. apa yang dirayakan?

    Apakah kematian nabi anda rayakan?

    na’udzubillahi min dzalik,..

    saudi itu setau saya dajjal mas……tau ga kalau kerajaan itu sudah dilarang oleh rosulullah tapi kenapa masih berdiri di saudi…tanya kenapa mas….jangan pake hadist melarang maulid……

    Tahu ngga mba? apa itu dajjal?
    Dajjal itu sebagaimana Rasulullah jelaskan, ia bermata satu, yang satu pecak, rambutnya kriting, kakinya cacat,

    kalau saudi???

    Rasulullah menggambarkan melalui haditsnya tentang akan munculnya kerajaan, kemudian pemimpin2 yg diktator,

    Dan sekarang terjadi, dan apa yang akan dikabarkan Rasulullah pasti terjadi, dan itu menunjukan kebenaran mukjizat Rasulullah,.

    Sebagaimana Rasulullah mengatakan akan ada di akhir jaman nanti, wanita yang berpakaian tapi telanjang, dan kita saksikan sekarang, sungguh banyak sekali wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang, dan bukan hanya wanita-wanita kafir saja, bahkan wanita muslimah, mereka berpakaian tapi telanjang,… termasuk mba juga, ngga tahu apakah gambar wanita yg jadi profil mba adalah mba sendiri, atau orang lain,..

    kalau itu gambar mba sendiri, maka ini musibah besar,.. kok sebagai wanita muslimah berpakaian dengan begitu seronoknya,.. na’udzubillahi min dzalik,..

    Dan Rasulullah mengancam wanita yang berpakaian tapi telanjang, dengan ancaman yang keras,.. takutlah akan ancaman rasulullah tersebut,..

    Dan tahu ngga mba, pengikut dajjal itu banyak dari kaum wanita,..

  14. Saya sangat setuju dengan penulis (cuplikan) kolom ini. Karena sebenarnya tujuan mulianya adalah meluruskan apa2 yg selama ini belum lurus. Bagi yang lain, ada baiknya membuka hati dan membuka keikhlasan dalam belajar lebih dalam lagi (ingat wahyu yg pertama : Iqra (bacalah)).

    Dan mohon maaf jika saya ingatkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam menyatakan bahwa “tidaklah aku diutus kecuali untuk menyempurnakan akhlaq”.
    Silahkan berdiskusi dengan santun dan penuh dengan hujjah-hujjah yang valid dan dapat diurutkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

    Dan juga saya mohon maaf, buat saudara2ku yang non muslim, jika ingin berdiskusi dan menyatakan pendapat anda, silahkan pelajari mengenai Islam terlebih dahulu dan jika memungkinkan, masuklah menjadi muslim. Jangan berpendapat seasalnya saja.

    Surah Al-Lahab itu isinya adalah tentang kepastian bahwa Abu Lahab dan istrinya itu akan ditempatkan ke tempat orang-orang yang merugi (neraka) dan tidak ada manfaat apapun dari harta yang dimilikinya. pesan saya, lain kali jika lagi ada pembahasan al-qur’an di tempat anda (gereja), tolong juga belajar tentang sebab2 turunnya suatu ayat atau surah dalam al-qur’an.

    Terakhir, saya mohon maaf kepada saudara2 semua, bila kata2 saya tidak berkenan.
    Kiranya pertikaian kata2 ini kita sudahi saja di sini, karena keutamaan yg kita cari adalah ‘Silaturrahmi’. ” … barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka dia selalu menguatkan/menyambung silaturrahmi”

    “Silaturahmi diatas akidah yang benar tentunya,..

  15. assalamualaikum semua.

    lebih baik kita baca kembali…asal muasal maulid nabi.apa penyebabnya.atas dasar apa.

    Yang jelas, Rasulullah, para sahabat,thabiin, tabiut thabiin dan ulama ahlussunnah tidak ada yang melakukannya,..

    dan jika allah SWT tidak meridhoi sesuatu.mengapa acara maulid sampai sekarang masih ada.

    Allah tidak meridhai pelacuran, kenapa pelacuran semakin menjamur mas? apakah dengan dalih tsb berarti pelacuran dibolehkan?

    sebenarnya acara maulid itu untuk siapa.
    apa untuk rasullullah.kekasih allah…rasullullah SAW tidak perlu.

    Ibadah itu kembalinya kepada contoh, mana perintahnya dari Rasulullah,..

    tapi untuk kita yang sangat perlu.karna tidak sedikit barokahnya memperingati maulid untuk ummatnya.

    Kata siapa kita memerlukan hal-hal yang rasulullah tidak mengajarkannya??

    jangan memperdebatkan sesuatu yang hanya allah yang tahu.akal kita ada batasnya..urus iman masing.

    Kalau hanya Allah yang tahu, lho kenapa ada maulid? apakah allah mengajarkan maulid kepada selain rasulullah?
    Jika itu dalilnya, maka sudah sangat layak tuk tidak mengadakan maulid,..

    jika kita mencintai seseorang….apapu akan terjadi.begitupun mencintai allah SWT dan rasullullah.seperti maulid nabi.acara yang hanya untuk mengingatkan kita kembali sejarah kelahiran rasullullah Saw untuk kita,anak,cucu kita.

    Siapa yang lebih mencintai Rasulullah melebihi kecintaannya sahabat rasulullah?
    Siapa yang lebih mencintai Rasulullah melebihi kecintaannya Thabiin?
    Mereka semua begitu mencintai rasulullah, makanya mereka tidak melakukan ritual yang Rasulullah sendiri tidak ajarkan,. termasuk maulid nabi,

    kok ada orang yang hidup jauh dari jaman rasulullah berani latah melakukan maulid dengan dalih tuk mencintai rasulullah??

    dan jka kita mengambil dari peringatan nabi isa yang di buat yahudi.itu karna mereka mencintai nabi isa.apa kita tidak boleh.apa kita harus sangat membenci tiap2 apapun dari yahudi.

    Justru perayaan maulid itu menyerupai orang nasrani, mereka mengadakan natalan,.. dan perintah rasulullah kita tdk boleh menyerupai org nasrani,

    jika ya…..jangan berbahasa inggris.

    Salah satu trik orang kafir tuk melemahkan islam, adalah menjadikan mereka jauh dari bahasa arab,.. dan memang, lebih baik umat islam itu menggunakan bahasa arab, karena di surga nanti, semua berbahasa arab,.. bahasa arab adalah bahasa surga

    jangan memakai kemeja.jangan memakai celana levis….dll..tanpa anda sadar anda telah bidah………..

    Betul, kemeja yg menjadi ciri khas org kafir, kita tdk boleh memakainya,.. demikian juga celana levis,. kecuali keumuman kaum muslimin telah memakainya, sehingga itu bukan pakaian khas org kafir lagi,.. dan ingat, levisnya tdk isbal,..jadi tidak bertentangan dengan syariat,

    jadi berpikirlah…

    apakah alguran yang mengikuti zaman atau zaman yang mengikuti alguran.berbicara apapun boleh..tapi ingat tiap perkataan ada pertanggungjawabanya kelak.

    Alquran lah yg dijadikan patokan di setiap jaman, alquran sangat cocok di segala tempat dan jaman,..

    jadi berpikirlah,..

    apakah alquran hanya diturunkan tuk di jaman rasulullah saja??

    bukan, alquran akan tetap relevan sampai akhir jaman nanti,..

  16. Sesungguhnya yg tdk mmbolehkan Maulid Nabi Saidana Muhammad Rasulullah adalah orng yg picik pikirannya seperti para golongan wahabi &syiah, Apakah ada larangan kita memuliakan Nabi???

    Aneh sekali, justru yang pertama kali mengadakan dan membuat acara maulid ini adalah orang-orang syiah, bukan dari ajaran islam,
    Orang yang pertama kali mengadakan maulid nabi ketika nabi lahir adalah abu jahal,..

    Maulid nabi itu menyerupai perayaan yg dibuat oleh orang nasrani yg merayakan natal,. kok tradisi mereka diikuti, padahal anjuran rasulullah kita disuruh menyelisihi mereka,..

    Memuliakan rasulullah, tentu dengan cara yang diajarkan oleh rasulullah, bukan dengan cara yang dibuat-buat oleh kita sendiri,..

    Para sahabat, thabiin, tabiut thabiin, tdk ada yang merasakan maulid,.. padahal mereka orang yang paling memuliakan Rasulullah, umat terbaik,..

    Imam yang empat, imam bukhari, imam muslim, dan masih banyak ulama ahlus sunnah, tidak ada satupun yg mengadakan maulid nabi,..

    siapa panutan kita?

    Suatu kedustaan, kalau ada orang yang mengaku mencintai Rasulullah, ingin memuliakan Rasulullah, tapi melakukan amalan yang tidak ada contohnya sama sekali dari rasulullah,..

    Bukan suruh nunjukin mana larangan Rasulullah tentang perayaan maulid,..

    tapi, mana anjuran Rasulullah tuk mengadakan maulid??

    JIka ada, pasti para sahabat sudah mendahului kita, mereka akan merayakannya,..

  17. wis..wis.. yang jelas banyak juga remaja2/ umat yang menjadi sadar karena berkah maulid. (titik)

    Mas, dalam khamer yang memabukan juga ada manfaatnya mas,.. lalu apakah dengan adanya manfaat dalam khamer itu menjadikan boleh kita meminumnya? (titik juga)

    Bukannya sadar mas, mungkin sadar versi anda, bukan sadar menurut ajaran rasulullah yang shahih,..

  18. assalamu’alaikum….

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    klo boleh tau, tolong ditampilkan dalil dari al-Qur’an atau dari hadits Nabi yang secara khusus melarang untuk perayaan Maulid ???
    Adakah dalil yang melarang org membaca siroh Nabi di hari kelahiran beliau, atau dg membaca sholawat ???

    saya tunggu jawabanx yaa, biar pemahaman saya smakin jelas….

    Terimakasih telah sudi meninggalkan komentar disini,
    mas handoko, ibadah ini adalah syariat dari Allah, jadi tatacara pelaksanaanya juga Allah yang membuatnya, yang disampaikan oleh Rasulnya,..
    Jadi hak menentukan tatacara ibadah itu adalah hak Allah dan Rasulnya,

    Sekarang, adakah Rasulullah mengajarkan umatnya untuk mengadakan maulid nabi?
    Adakah generasi yang dididik langsung oleh rasulullah, yang paling mencintai rasulullah mengadakan maulid nabi??
    Apakah tabiin, generasi yang dibina oleh para sahabat juga mengadakan maulid nabi???

    Apakah kecintaan kita kepada nabi itu melebihi kecintaan para sahabat dan tabiin??
    Mereka yang mencintai Rasulullah saja , yang hidup bersama Rasulullah, tidak pernah melakukan maulid nabi, baik dimasa hidupnya, atau sesudah matinya,..

    Kenapa tidak mereka lakukan? karena Rasulullah tidak mengajarkannya, dan tidak menyuruhnya,

    Jadi seharusnya pertanyaannya dibalik, bukan nanya mana dalil yang melarangnya secara khusus,

    Akan tetapi seharusnya pertanyaanya : MANA DALILNYA TENTANG PERAYAAN MAULID INI?? bukan suruh nunjukin mana dalil yang melarangnya,..

    Jika pertanyaannya mana dalil yang melarang, maka akan sangat banyak bentuk-bentuk amalan yang itu bertentangan dengan ajaran rasulullah, akan tetapi dilakukan dengan dalih tidak ada dalil yang melarang secara khusus,..

    bisa kita ambil contoh,

    misalkan ada orang shalat maghrib bukan 3 rakaat, tapi 5 rakaat, dan tiap rakaat rukunya tiga kali,

    lalu anda melarang shalat seperti itu,..

    akan tetapi orang tersebut berkilah, mana dalil khusus yang melarang shalat seperti itu?
    bukankah 5 rakaat lebih baik dari 3 rakaat, karena tiap rakaat yang dibaca ayat quran,.. dan dalam ruku yang dibaca adalah doa,..

    apakah anda melarang saya shalat maghrib??

    apa kira2 jawaban anda, jika anda disuruh mendatangkan dalil yang melarang shalat maghrib seperti itu, baik dari hadits atau ayat quran?

    sampai kiamatpun anda tidak bisa mendatangkannya,..

    Begitu mas,.. ibadah itu harus ada dalilnya, jika ada dalilnya, baru dikerjakan,.. bukan terbalik, beramal dulu, baru nyari dalil,

    mudh-mudahan penjelasanya bisa dimengerti, mohon maaf jika ada kata-kata yg kurang berkenan,

  19. Assalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.
    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Tentang Negara Arab Saudi, pandangan mereka mengenai palestina dan kebijakan luar negeri mereka yang mesra dengan amerika. Bagaimana menurut pendapat antum?

    Akhi, media komunikasi dikuasai oleh yahudi, termasuk sebagaian berita2 yang beredar di internet ataupun televisi, sehingga berita yang sampaipun sudah dipolitisir,..

    Jadi janganlah kita tertipu oleh berita2 tersebut,..
    Bahkan, ketika terjadi penyerbuan palestina oleh zionis yahudi,.. tidak ada bantuan yang lebih besar dari bantuan yang diberikan oleh pihak saudi, mereka datang langsung ke palestina, menyalurkannya sendiri, dan ini tidak ada beritanya di media2 yahudi tsb,

    Bahkan, negara iran dan iraq yang merupakan mitra amerika, banyak kaum muslimin yang tidak mengetahuinya,..

    Tentang sikap saudi terhadap palestina, silahkan baca postingan ini

    Salam kenal. Syukron.

    salam kenal kembali, afwan..

    Wassalamualaikum Warohamatullahi Wabarokatuh.

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

  20. assalamualaikum ya akhi aslibumiayu…

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    perkenankan saya mampir si situs sampean. perdebatan yang seru dan nyaris tak berujung ..semoga akhi tetap tabah dan sabar..
    menerima cercaan dari orang-2x yg pro maulidan -isro miroj an dll…
    hampir semua mereka para pecinta habaib..
    mereka tak rela tradisinya yg udah ratusan tahun digagat mendadak.sama sampeyan..
    semoga kita semua bersabar dan semoga kita selalu diberi hidayah oleh ALLAH SWT…
    Pemahaman agama sampean mirip guru ngaji ana

    Alhamdulillah, mudah-mudahan kita tetap bisa istiqamah diatas manhaj para sahabat

  21. Assalamu’alaikum…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    Piye kabare mas?

    Kabare apik mas,. mudah2an antum ya apik juga,

    Semoga selalu sehat dan dalam penjagaan Allah Ta’ala. Aamiin….

    Amiin,. jazakallahu khairan

  22. wahai para habib lover…

    apakah stempel syurga itu ada pada habib2 kalian sehingga kalian mati2an membelanya, mencium tangannya, rukuk dan tunduk padanya..walau nyata apa yang di lakukan habib kalian tidak pernah di lakukan oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kalian tetap menganggapnya baik..

    wahai para habib lover..
    apakah ayat2 allah dan hadist nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih mulia daripada perkataan habib kalian??.

    kalian mengaku cinta pada rasulullah.. tapi ketika saudara kalian ini ( yang punya blog ) mengingatkan kalian dengan alquran ..hadist2 nabi kalian malah membatahnya..malah mencelanya. semoga allah membukakan pintu hati kalian.

    wahai para habib lover..

    kemuliaan dari allah bukan di dapat dengan merayakan perayaan bid’ah, mencium tangan habib, memajang foto habib kalian.,.tapi kemuliaan di dapat dari taat pada perintah allah dan menjalankan sunnah rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
    sami’na-waatho’na

    Jazakallahu khairan akhi

  23. asalamualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    saya setuju mas pendapat bahwa ngapain kita umat rosullullah membuat sesuatu yang barru kalau rosul ga mencontohkan..bidah itu sesat tiap kesesatan masuk neraka coy………. 😀

    betul sekaali mas,. dan pelaku bidah susah sekali tuk bertaubat, karena mereka beranggapan apa yg dilakukannya adalah ibadah, makanya iblis lebih suka kepada para pelaku bidah,

    • para sahabat juga melakukab bidah.
      seperti umar melakukan tarawih berjamaah.

      Terimakasih mas pauji, komentar yg sangat bagus,
      Saya tanya anda, dulu shalat tarawih dijaman rasulullah dilakukan dengan satu imam atau banyak imam dalam satu masjid??
      Tentu jawabnya, dilakukan dengan satu imam,
      ketika dijaman umar kaum muslimin melakukan tarawih dengan imam masing-masing dalam satu masjid,. kemudian umar pun menjadikan satu imam saja utk shalat tarawih tsb, lalu kaum muslimin bermakmum di belakang imam tsb, apakah ini bidah?? justru umar mengembalikan cara shalat tarawih sebagaimana dulu rasulullah melakukannya dgn satu imam,.. ini bukanlah bidah,

      umar mengatakan inilah sebaik baiknya bidah.

      Perkataan umar tsb bukan spt bidah yg dipahami secara istilah, tapi bidah secara bahasa, sebab umar justru mengembalikan cara shalat sebagaimana dulu rasulullah melakukannya,.. dari mana sisi bidahnya?

      tapi nabi tidak mengharamkan itu.
      karena itu juga sesuatu yg baik.
      kalau saja nabi ada mungkin juga tidak akan mengharamkan sesuatu yg baik yg bidah menurut anda sesat itu.

      Gimana mau mengharamkan, disampig rasulullah sdh wafat kala itu, justru waktu rasulullah masih hidup, banyak perbuatan para sahabat yang menjadi sunnah rasulullah, contoh adzan dan iqamat, itu perbuatan siapa? itu adalah dari mimpi seorang sahabat,lalu disampaikan kepada rasulullah,dan rasulullah menyetujuinya,
      Dan para sahabat sudah direkomendasi oleh rasulullah, kita disuruh berpegang kepada sunnah rasul dan sunnah khulafa’ur rasyidin, dan umar termasuk didalam khulafa’ur rasyidin,.

      • Weeww lebih hebat ni penhukumnya..pelaku bidah susah taubat…?
        hati2 ms pelaku sirik saja bisa gampang taubat..berarti kata2 anda Makar pada

        Terimakasih , mudah2an Allah menjadikan anda jadi wong pinter tentang agama,.
        Apa betul pelaku syirik gampang taubat? bisa jadi, karena mungkin dia berbuat syirik itu karena dia tidak tahu, itu bukan suatu ibadah, sehingga dia gampang untuk bertaubat,.

  24. hmmm…sholawat kepada nabi adalah perintah allah..

    terima kasih boy,
    shalawat kepada nabi adalah perintah Allah,
    Tapi kalau membaca shalawat yang tidak dicontohkan oleh nabi, ini adalah salah satu makar kepada allah,

  25. Bukannya tiap hari kita Sholat wajib 5 waktu,sholat sunnah qobliyah/ba’diyah,sholat sunnah tahajut,sholat sunnah witir,sholat sunnah duha,dan itu ibadah yg telah dicontohkan nabi coba kita laksanakan itu tiap hari maka itu akan lebih baik daripada perayaan maulid,tahlilan yg ke 3,7,40,100,1000 yang bukan suruhan nabi tapi jelas2 ada didalam kitab weda yaitu kitab agama hindu.

    serta melakukan selamatan besar2an yg membuang2 uang dan tidak dirihoi dan mubazir lebih baik kita sodaqohin sama orang miskin atau anak yatim yang sudah jelas sodaqoh maka akan sampai pahalanya,lebih baik sholat dibenerin,dikhusyuin,coba berapa rokaat ketika kita mengerjakan sholat wajib dan seluruh sholat sunnah dalam satu hari dan jika tidak pernah alpa maka berapa banyak pahala buat kita,hanya Allah yg tau.sholat itu brarti berdoa kpd Allah,ada sholawat kpd nabi… apa itu belum cukup….

    apakah kamu yakin maulid itu diterima kenapa zaman nabi sendiri tidak merayakannya jika baik mungkin nabi dan sahabat akan merayakan maulid,tahlilan,syukuran,tp ternyata jelas2 tidak dilakukan oleh nabi dan sahabatnya ..

    itu hanya orang golongan2 yg mengada2 saja yg pahalanya tertolak,dan sesungguhnya bi’dah itu sesat,sesat itu pasti akan masuk neraka.

    lakukanlah yg sesuai Al-Quran dan sunnah.

    Kerjakanlah apa yg diperintahkan oleh Allah melalui nabinya.

    jangan membuat2 yg baru dan sesat agar kita menjadi muslim yg diridhoi.

    carilah kebenaran jangan cuma ikut2an nenek moyang yg salah kita wajib memperbaiki jika ada kekeliruan,lihat sumber yg shahih,jgn yg dhaif.

    semoga kita termasuk golongan umat Nabi Muhammad S.A.W yg benar.

    Terimakasih mba indah, betul sekali, ajaran rasulullah sudah mencukupi tuk kita kerjakan, jangan buat2 ajaran baru yg tidak ada contohnya,
    Semua orang yang mengamalkan ajaran islam ini tapi bukan dengan pemahaman para sahabat, pasti akan tersesat, akan terjerumus dalam kebidahan,penyimpangan, ini adalah peringatan dari allah yg ada di dalam alquran, dan ada ancaman bagi orang-orang yg tdk mau mengikuti pemahaman para sahabat, lihat surat annisa ayat 115

    • Wuih hebat ya?apa kalian pernah menengok kehidupan Nabi dan sahabt?apa bener mrk g ngrayain?tau drmn?pemahaman siapa itu?imam malik aja membolehkan tuh … Ahmad bin hambal juga..

      Tolong kang, sebutkan dimana Imam Malik dan imam ahmad membolehkan maulid,. ada dikitab apa? mohon kasih tahu dong,..

  26. Beribadahlah sesuai Syariat yaitu ikut petunjuk Al-Quran dan Hadist jangan menambah2kan atau mengurangi…

    cukup mengikuti sunnah Nabi dan Al-Quran itu sudah sangat sempurna.Jangan mencari ibadah yg tdk dicontohkan daripada kalian menyesal,sekarang kita tidak tahu dan tidak ada salahnya kita berjaga2,Dari mengerjakan yg salah/sesat/bi’dah/ibadah yg baru yg dpt menjebloskan kedalam neraka.

    Kalau kita ikuti sunnahnya dan petunjuk yaitu Al-Quran maka dijamin kita tidak akan tersesat dikemudian,kembali ke yg benar itu lebih baik dr pada amalan kita tertolak justru menambah dosa besar.

    terimakasih mba,. ada tambahan, alquran dan sunnah dengan pemahaman para sahabat tentunya agar tidak salah dalam mengamalkan alquran dan sunnah tersebut,..

  27. Kalo maulid termasuk bid.ah yang sesat dan menyesatka’ berarti imam ibnu taymiah termasuk orang yang mendukung kesesatan tersebut. Sementara imam ibnu taymiah adalah imam yang menjadi rujukan salafi wahabi.

    ah masa sih, kalau ibnu taimiyah nganjurin maulid, saya juga akan ikutan maulid deh,.. justru ibnu taimiyah mendakwahkan dakwah sunnah, beliau mendakwahkan manhaj salaf, mustahil mendkwahkan maulid,.

    • Masalh reebana ada hadisnya dikala 2budak berrebana ria ditaqrirkan nabi hadist e mbok delike nang ndi?

      Betul sekali kang, yang memukul DUFF , semacam rebana, itu adalah BUDAK WANITA, yang masih kecil, bukan laki-laki atau bapak-bapak, dan kapan mereka memukul duff tsb? bukan pada acara maulid kang, tapi pada saat hari raya dan saat ada walimatul ursy,. dan duff itu adalah perbuatan yang dilakukan oleh wanita,.
      Lihat dong kang, kalau acara maulid siapa yg mukul? dan lihat ukuran rebana, bahkan bukan rebana saja yang dipukul,.

      Jadi laki-laki yang memukul rebana itu seperti budak dong kang, menyerupai wanita, alias seperti banci? .. saya sih ngga mau lah kang, dikatain seperti banci,. amit-amit deh,.

  28. ajariii sya mas tentang sholat sunnah atw pun fardhu yg sesuai yg d contohkan Nabi SAW,,sya meyakini ini jln yg bner n slamat,,klo mas sudi mau memberi ilmu,insya Allah slmat dunia akherat..bls k nmr hp sya yg sring sms mas

    Tentang shalat2 sunnah, bisa anda baca link ini
    Untuk cara shalat wajib dan sunnah bacaannya sama saja, lihat disini tatacara shalat : http://carasholat.com/

  29. padahal sudah jelas di katakan bahwa ISLAM ITU SUDAH SEMPURNA, nih QS. Al Maidah 3 : “Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah kuridhoi Islam itu sebagai agamamu.”
    jadi ya sudah tidak perlu lagi ada penambahan2 ibadah, apalagi perayaan, (maulid lah, tahlilan dll), CAPEK DEH…

    nih buat para penggila habib, habib itu bukan nabi apalagi tuhan, jangan di telan mentah2 ajarannya..

  30. Mengajarkan baca tulis al-quran, mengajarkan maknanya, menyantuni anak yatim, memberi bantuan siswa/mahasiswa muslim yang tidak mampu, menyantuni tetangga yang tidak mampu, membersihkan lingkungan, mendirikan sekolah/universitas, mendirikan pusat kesehatan islam, sholat dhuha, sholat tahajud, puasa sunnah, sholat berjamaah di masjid agar masjidnya tidak kosong, mematuhi peraturan lalu lintas, bersikap ramah kkd orang lain, mentuntut ilmu pengetahuan agar umat Islam tidak ketinggalan, hemat, tidak berlebihan dalam hidup, berkarya untuk mengembangkan rekayasa teknologi, ….

    wah ternyata banyak sekali amal sholeh yang dapat kita kerjakan, gak cukup waktunya untuk melakukan amal sholeh tersebut.
    Tetapi kenapa kita suka melakukan hal yang tidak ada ……. ?

    nah…
    Itulah kenapa iblis lebih menyukai orang yg berbuat bidah, daripada orang yang berbuat maksiat,.
    orang berbuat bidah otomatis berbuat maksiat,
    orang berbuat maksiat belum tentu berbuat bidah,.

  31. Bgmn tntang mmpi habib mundzir berisi larangan nabi untuk mengeluarkan kata kotor di acara maulid sebab safaat beliau tercurahkan di tempat itu? Bukannya mimpi bertemu nabi itu beenar dan habib mundzir turut melaksnakanny? Habib juga loh mas. HABIB yg karomahnya sudah bannyak masuk pembritaan dimana mana. Balas

    Terimakasih,.
    Islam sudah sempurna, tidak ada syariat yang turun sepeninggal rasulullah yang datang lewat mimpi seseorang, jangankan mimpi seorang habib yang hidup jauh dari jaman rasulullah, seorang abu bakar yang menjadi sahabat rasulullah saja tidak pernah mendapatkan yang seperti itu, demikian pula umar,utsman,ali,.

    Jadi jika ada yang mengaku bermimpi bertemu rasul, dan dalam mimpi itu “yang ngaku sebagai rasul dalam mimpinya” itu memerintahkan amalan tertentu, itu pada hakekatnya bukanlah rasulullah, tapi setan yang datang dalam mimpinya, dan ngaku-ngaku sebagai rasululullah,

    Kita lihat sendiri faktanya, pak habib banyak menyebarkan dakwah yang tidak sesuai dengan ajaran rasulullah, bahkan menganjurkan kepada kebidahan, kesyirikan, silahkan lihat disini ulasannya

    Kehebatan sang habib yang mampu menolak malaikat pencabut nyawa yang ingin mencabut nyawanya bisa dibaca disini

    • Mas coba baca hadist tentang orang yg bermimpi tentang rasulullah…
      Rasulullah bilang kalo mimpi brtmu beliau adalah asli…
      Setan gak bisa menyerupai nabi

      Betul, dan orang yang bermimpi bertemu rasulullah, dia harus paham bagaimana ciri-ciri rasulullah, tentu melalui hadits2 shahih,.
      Jika yang ada dalam mimpi itu persis seperti yang diceritakan dalam hadit shahih, maka betul itu rasulullah,

      Setan tidak akan mampu menyerupai rasulullah baik dalam mimpi atau alam nyata,.

      tapi…

      Setan mampu mengaku-aku sebagai rasul baik dalam mimpi atau alam nyata,.
      Jadi sangat mungkin,.. yang muncul di mimpi tsb bukanlah rasulullah,tapi setan yang mengaku-aku sebagai rasulullah

    • saya orang awam, yg saya mau tanya apa setan bisa menyerupai nabi dalam mimpi seseorang? terimakasih

      Setan tidak bisa menyerupai nabi, baik dalam mimpi atau alam nyata,.

      tapi setan bisa mengaku-aku sebagai nabi baik dalam mimpi atau alam nyata,.

  32. Sungguh luar biasa pembahasannya panjang sekali mas,
    Tp tetap saya cinta maulid dan solawat yang mas bilang bid’ah itu,saya selalu terharu kl mendengar solawat dan pembacaan maulid nabi…

    serasa beliau saw ada di dekat saya,tanpa maulid saya akn lupa perjuang’an beliau saw yang saya tau dulu nabi saya muhamad saw siapa beliau,gmn ahlaknya saya tidak tau tp semenjak ada maulid saya setidaknya tau siapa kekasih alloh itu,kl alloh saja cinta kepada beliau knp acara yang kami lakukan untuk sekedar mengingt kembali siapa beliau itu di larang dan alhamdulilah saya blm pernh liat org terkena azab karena melakukan maulid nabi,dan sungguh tidak mungkin alloh meng azab org yang mengeluh-eluhkan kekasihnya…

    seperti ayah yang suka kl ada tetangga atw orang lain yang mengeluh-eluhkan anknya karena anknya lucu,ga mungkin ayahnya membenci org tersebut dan kl pun seandainya kata mas rosulloh saw tidak suka org yg mengagung2 kan beliau apa beliau saw akn membencinya?sedangkan rosulloh saw tidak pnya sifat membenci!!

    TErimakasih kang jajang, sudah berkomentar disini,.
    Semuanya terserah anda kang, saya sekedar menyampaikan, mau anda terima silahkan, mau tidak juga monggo,. ngga masalah,.

    sekedar renungan, silahkan anda jawab, siapakah orang yang paling mencintai Rasulullah , adakah yang lebih besar kecintaannya melebihi kecintaan para sahabat kepada rasulullah?.. jawabnya, tidak ada, para sahabat yang paling mencintai Rasulullah, sehingga mereka rela mengorbankan jiwa raganya demi keselamatan rasulullah,

    Para sahabat rela menjadi tameng bagi rasulullah agar rasulullah tidak terkena senjata musuh,.

    Namun,..

    Apakah para sahabat melakukan ritual2 spt maulid, solawatan,? tidak,..

    silahkan baca dialog nyata tentang maulid, baca disini

    • wajarlah om kalau sahabat tidak merayakan maulid, lah wong mereka bertemu dan berinteraksi setiap hari dan setiap saat dgn rasullullah.. trims..

      Terimakasih mas amran, komentar yang bagus,.
      Kenapa Imam abu hanifah, Imam Malik, IMAM SYAFII, Imam Ahmad, Imam Bukhari Tidak melakukan maulid juga mas?

      Kan mereka sangat faham hadits, sangat mencintai Rasulullah, dan mereka tidak berinteraksi dengan rasulullah?

      lalu, lebih baik siapa orang-orang jaman sekarang dengan imam yang empat? kok mereka tidak melakukan maulid?

      Ditambah lagi, tanggal 12 rabiul awal itu bukan hari kelahiran nabi, tapi hari wafatnya nabi muhammad,. lah maulid itu merayakan hari kematian rasulullah??? inikah akhlak kepada Rasulullah? Rasulullah meninggal kok dirayakan? ini adalah adab yang sangat buruk kepada Rasulullah,. silahkan lihat ulasannya disini

  33. ulama warasatul ambiya mas dan habaib itu masih keturunan nabi ..
    jadi ente jangan seenaknya bicara.
    dan mungkin masbro hanya berguru dengan satu guru saya jadi hanya berpatukan pada satu faham yg hanya itu itu saja .

    Terimakasih mas agus,. sudah komentar disini,.
    betul sekali bahwa ulama itu adlah warasatul anbiya, tapi ulama yg seperti apa dulu,.
    demikian pula habaib, itu habaib yg seperti apa dulu, saya nukilkan tulisan tentang habib, adakah keutamaan nasab jika bersambung dengan nabi? silahkan baca disini

  34. Peringatan maulid dan tahlilan menurut ku sich sah2 aja . Yg terpenting kita pny niat mengagungkan rosul dan krn allah kita melakukan smua itu .

    terimakasih, agama ini adalah milik Allah, jadi tatacara beribadah juga wajib mengikuti ketentuan dari Allah, itu jika kita mengharap ridha Allah dengan amalan tersebut,
    Baik dan buruknya amalan itu bukan menurut perasaan kita, tapi menurut ketentuan Allah, Allah hanya akan menerima amalan yang ditetapkan olehnya, diajarkan oleh Rasulullah, jika tidak, maka amalan tersebut sia-sia, dan hanya semakin menumpuk dosa-dosa pelakunya, penyebab datangnya murka Allah,
    Jika bermodalkan niat baik semata, akan semakin tercemar ajaran-ajaran islam, silahkan baca ulasannya disini

    Memang tdk ada di jaman rosululloh atau sahabat nya. Tp Tdk ada tuch hadist yg melarang memperingati maulid dn perkara ini memang baru (bid ah) tp bid ah khasanah .

    Mana dalilnya , mana haditsnya yang menyatakan bahwa maulid itu adalah bidah hasanah?? sampai kiamatpun anda tidak bisa menunjukkan dalil tersebut, sedangkan perkataan bidah hasanah juga bukan dari rasulullah, jadi sangat lucu,
    sekarang saya tanya, jika ada orang yang melakukan shalat maghrib lima rakaat, dia beranggapan itu kan baik, niat juga baik, ingin menambah rakaat shalat maghrib, karena shalat itu perbuatan baik, dan jumlah tiga rakaat itu menurut dia terlalu sedikit,. sehingga dia menambah menjadi 5 rakaat,. apakah sikap orang ini dibenarkan??

    Dia berniat baik loh, dan misalkan anda melarangnya, dia akan menjawab,. anda melarang saya shalat?? tolong tunjukkan dalilnya yang melarang shalat maghrib 5 rakaat,. apa jawaban anda kira-kira??

    Hp yg saya pakai pun bid ah . Apakah haram hukum nya kita atau anda memakai hp?

    sebenarnya bukan hp saja yang bidah, celana yang anda pakai, itu bidah, sebab rasulullah ga pakai celana, baju anda, rumah anda, masjid anda,mobil anda, motor anda, bakso, mie ayam,bala-bala,nasi goreng, dll sangat banyak mas,.

    Itu jika anda ngga paham apa arti bidah,
    silahkan baca postingan ini, mengenal bidah menurut logika, klik link ini

    • tolong dong di share hadist yg terang2an mengharamkan maulid???
      jgn cuma memberi hadist yang isinya menyebutkan tidak ada yg melakukan maulid.
      saya setuju tidak boleh ada bid’ah, tapi dalam hal tauhid, fiqih, akidah dan syariat islam.
      sedangkan maulid hanya sekedar acara untuk memperingati saja, bukan termasuk peribatadatan dan akidah dalam beribadah..
      di dalam acara maulidm kita membaca Al-Qur’an, saling ingat mengingatka, saling berbagi cerita keteladanan rasullullah dan berdoa, dll. trims..

      Terimakasih mas amran, komentar yang bagus,.
      Permintaan anda sama dengan begini mas,.
      Tolong dong di share hadits yang terang2an mengharamkan shalat dengan berbahasa indonesia???
      jgn cuma memberi hadits yang isinya menyebutkan tidak ada yg melakukan shalat dengan berbahasa indonesia

      Kira-kira apa jawaban anda?

      Kalau jawaban saya, sampai hari kiamat pun tidak ada hadits yang terang-terangan mengharamkan maulid nabi, sebagaimana tidak ada hadits yang terang-terangan mengharamkan shalat dengan berbahasa indonesia,.

      Jadi,.. apakah karena tidak ada dalil yang terang-terangan mengharamkan berarti boleh dikerjakan amalan tersebut??

      Jika itu alasannya, berarti boleh juga dong shalat menggunakan bahasa indonesia, bahasa inggris,bahasa india,bahasa jawa,..
      Semakin rusak deh ajaran islam jika yang dijadikan dalil adalah karena tidak ada dalil yang mengharamkan,.

      Ibadah itu nunggu dalil,. ada dalilnya maka kerjakan,jika tidak ada jangan dikerjakan, lihat ulasannya disini

  35. Akeh kang apal Qur’an Haditse # Seneng ngafirke marang liyane
    Kafire dewe dak digatekke # Yen isih kotor ati akale

    siapa sih yang suka mengkafirkan?
    Buktikan dong kalau saya itu suka mengkafirkan, silahkan nukilkan disini kata-kata saya yang bernada mengkafirkan,..
    jangan berani nuduh tanpa bukti,. silahkan sebutkan dimana kata2 mengkafirkan tersebut,. monggo kang,.

  36. Di Radio Bandung ada ustaz yang mengatakan bahwa coba kemukakan dalil yang memerintahkan tahlilan, mauludan. Kalau ada dalilnya akan diberi hadiah satu juta rupiah.

    Dijawab oleh ustaz lain: Silahkan kalau ada dalilnya yang melarang tahlilan atau mauludan akan diberi hadiah 10 juta rupiah hahaha rame.

    wah, rame yah, kalau jawaban saya bukan begitu mas,. kalau ada orang yang bisa menyebutkan hadits larangan terhadap tahlilan kematian, saya akan kasih uang 1 Milyar mas, jika saya punya,.

    Jika ada orang yang bisa mendatangkan dalil yang melarang maulidan setiap tanggal 12 rabiul awal, maka akan saya beri uanga 2 Milyar mas, jika saya punya,

    Dan jika ada orang yang bisa mendatangkan dalil yang melarang SHALAT dengan menggunakan bahasa indonesia, maka tidak mengapa deh saya akan bekerja membantu orang tersebut selama seumur hidup saya,.

    Abu lahab yang memperingati mauludan ketika nabi baru dilahirkan dengan memerdekakan hambasahayanya Syuaibah dan menyembelih kambing di dekat ka’bah maka para ulama mengatakan dalam hadits sohih bahwa rasulullah bersabda bahwa tiap hari senin Abu lahab mendapat keringanan siksaan dibebaskan dari siksaan dan dari jari jarinya keluar air untuk diminumnya.

    Abu Lahab yang kafir mendapat keringanan siksaan apalagi kita yang islam mengadakan mauludan.Para Habaib yang merayakan mauludan lebih banyak.

    Lah, kok malah lebih memilih mengikuti abu lahab yang disiksa kekal di neraka,. walaupun katanya diringankan siksanya,.
    Mas, tahu ngga, siksa paling ringan di neraka itu,. diberikan sendal dari neraka, lalu mendidihlah otaknya,.
    Terbayang tidak mas,. sandal itu di kaki, lalu otak yang ada di kepalanya mendidih,. padahal kaki dan otak itu berjauhan,. anda bisa bayangkan bagaimana antara kaki dan otak tersebut?? seperti apa kira2?

    Mbok kalau mau mengikuti, ya ikutilah Rasulullah, para sahabat, bukan ikut abu lahab,.
    Emangnya mau nanti di akherat dikumpulkan bersama abu lahab???

    Lah kok amalan abu lahab yang diikuti?
    Mikir toh mas,..mas,.. jadi betul ya, maulid itu adalah amalan abu lahab yo mas,.. he..he..he.. sudah saya posting mas, silahkan baca disini

    habaib yang melarang itu sebagian terkecil. Tidak apa-apa.

    Ya, betul mas,. karena habib2 yang paham sunnah rasul itu memang ngga banyak,. kebanyakan habib itu mengajarkan kebidahan, bahkan kesyirikan, dan banyak pula yang terkontaminasi syiah,
    Habib bukanlah nabi, amalan yang diajarkan oleh habib tidak harus wajib diikuti,. silahkan baca ulasannya disini

    Mauludan itu termasuk kepada amalan yang mubah karena tidak ada nash yang melarangnya dan tidak ada nash yang memerintahkannya. Jdi boleh(mubah) bahkan bisa sunat karena didalamnya ada tausiah bahkan jadi wajib.

    Enak bener mas ngomongnya,.
    Apakah Rasulullah tidak mampu mengadakan ritual maulid? sangat mampu mas,. tapi kenapa tidak dilakukan oleh Rasulullah?
    Jawabnya, ada di postingan ini

    Tetapi kalau kita gali dari AlQur’an maupun hadits itu ada dalilnya bahkan oleh para ulama dalilnya itu disusun menjadi sebuah buku. Silahkan cari

    Mas,. maulid itu ibadah bukan? kok anda katakan itu amalan mubah, tapi lihat prakteknya, betulkan maulid itu amalan mubah?
    Amalan mubah kok seperti amalan wajib,.

    Kenapa amalan mubah kok dikerjakan melebihi amalan-amalan sunnah? mereka bersemangat melakukan amalan mubah, tapi males melakukan amalan sunnah, bahkan males-malesan thdp amalan yang wajib seperti shalat berjamaah di masjid,.

    Maulid masjid bisa penuh,. tapi pas shalat wajib 5 waktu,.. masjid kosong,.

    • pengen ketawa baca balasan anda tentang keringanan siksaan abu lahab.

      diambil intisarinya dong mas bahwa Rasulullah memberi hormat kepada siapa pun yang bersuka cita akan kelahirannya,jangan diambil benang kalau kita mengikuti ajaran abu lahab.

      mencintai Rasul, bersuka cita atas kelahirannya bukan ajaran abu lahab, itu adalah kewajiban setiap kaum muslim.

      memang kenapa jika rasa cinta kita tidak bisa sebesar cintanya para sahabat Baginda Rasululloh ?

      lantas kita tidak boleh berusaha mencintai Beliau?

      jangan minta orang lain membuka mata dan sadar terhadap apa yang engkau percaya jika anda sendiri tidak bisa berpikir terbuka untuk menerima kebenaran.

      silahkan di sanggah ataupun dibantai pendapat saya.

      Bismillah..semoga Alloh memberi anda kecerahan berfikir.

      Saya jawab,. Apakah Abu Lahab itu Mencintai Rasulullah? jawabnya.. TIDAK

      Siapa manusia di muka bumi ini yang PALING MENCINTAI RASULULLAH? .. jawabnya, PARA SAHABAT,.
      Mereka generasi yang paling mencintai Rasulullah, tapi tidak satupun kita jumpai mereka mengadakan MAULID,.
      Abu Bakar, Umar, Utsman , Ali tidak pernah merayakan maulid,.
      Keempat imam madzhab juga tidak ada yang merayakan MAULID,.

      Lalu.. sebenarnya apa sih yang dirayakan,. kelahirannya atau KEMATIANNYA?
      Kelahiran Rasulullah tidak ada yang tahu pasti tanggalnya,..
      Tapi kematian Rasulullah, justru DIKETAHUI tanggalnya, yaitu di tanggal 12 rabiul awal,.

      Jadi, apakah disebut orang yang mencintai rasulullah itu merayakan HARI KEMATIAN RASUL?..

      Orang cinta Rasul itu dibuktikan dengan mengikuti sunnah rasul, bukan malah mengajarkan amalan yang tidak ada perintahnya dari Rasulullah,.

      Sudah saya posting, merayakan hari lahir atau kematian Rasulullah? Silahkan baca disini

  37. ustadz wahabi,memang ente hidup dizaman nabi muhammad saw,para sahabat,& para thobi’in.mana dalilnya jika ente & keluarga ente hidup dizaman beliau.

    ente ga bakalan masuk islam klo ga ada jasa2 walisongo dan habaib di indonesia.

    ilmu agama mereka sangat jelas & turun temurun sampai sekarang.nah klo ente pake ilmu kodok loncat & ilmu bajing loncat demi menguntungkan urusan ente/golongan ente sendiri biar disebut orang hebat alias ustadz dunia ente.

    jgn menyesatkan umat islam mas wahabi,anda telah memfitnah para habaib.

    klo mereka menuntut secara hukum,apakah anda siap dengan fitnah2 anda di blog ini.pikir tong

    Bang, terimakasih bang,.
    Kalau tanpa perantaraan para sahabat, apakah para habib dan walisanga itu akan mengenal islam?
    Mustahil bang,.. makanye,. ikuti pemahaman para sahabat dalam menjalankan islam ini,. karena mereka merupakan generasi yang dibina langsung oleh Rasulullah,. Dan Perintah Rasulullah sendiri kita disuruh mengikuti para sahabat,. bukan ikut habib atau walisanga,.

    Pemahaman para sahabat, itu SATU-SATUNYA JALAN KESELAMATAN,. silahkan lihat ulasannya disini

    • anak betawi, jgn ngaku anak betawi kalau masih oon, Awi, kalau ibadah itu harus ikhlas dan sesuai contoh nabi, bukan sesuai selera masing2 atau tidak juga mnrut habib, ajengan, ustadz, kok sempet2 ngelakuin ibadah dari orang yg ga jelas?

  38. @Anak betawi,tolong dong kasih tw sejarahnya wali songo…..
    jangan yang didenger dari mulut k mulut aja……
    Ad buku atau ap gitu…..
    Imam yang 4 aja banyak kitab2nya…….
    Kitab2nya walisongo ad gak ya?

    bingung nanti anak betawi ini,..
    Lha wong walisanga juga melarang perbuatan bidah, ada ulasannya disini

  39. Simpel aja….
    Ada peringatan Maulid nabinya saja banyak yang tak tau perjuangan dan kehidupan nabinya…

    Apalagi bila tak ada peringatan Maulid Nabinya…

    Artinya : Orang yang tidak menginginkan atau melarang memperINGATi maulid nabinya..

    Orang tersebut tidak menginginkan kehidupan dan perjuangan Nabinya diketahui Umatnya…
    Ingin hilangkan sejarah nabinya,,,!
    Siapa orang tersebut///!!!???

    Simpel saja,.. orang yang cinta nabi saja tidak merayakan hari ulang tahun nabi,.
    Abu bakar tidak merayakan hari ulang tahun Rasulullah,.
    Umar tidak merayakan hari ulang tahun Rasulullah,.
    Utsman tidak merayakan hari ulang tahun Rasulullah,.
    Ali tidak merayakan hari ulang tahun Rasulullah,.
    Imam yang empat tidak merayakan hari ulang tahun Rasulullah,.
    Imam bukhari, muslim, dan ulama ahli hadits tidak merayakan hari ulang tahun Rasulullah,.

    Kok umat islam yang jauh dari jaman rasulullah kok malah merayakan hari ulang tahun Rasulullah,.??

    Mari kita lihat,. siapa yang pertama kali merayakan hari ulang tahun rasulullah,. siapa mereka?
    Mereka adalah orang SYIAH,.
    Orang yang ngaku mencintai ahlulbait, tapi banyak ahlulbait yang mereka cela, bahkan ahlulbait dibunuh oleh mereka,.
    Syiah yang pertama kali merayakan hari ulang tahun nabi, silahkan baca disini ulasannya

    Pengin tahu sejarah nabi?
    bukan dengan merayakan hari ulang tahunnya,.

    tapi pelajari ucapan-ucapan nabi, hafalin tuh hadits-hadits nabi,. pelajari setiap hari,.. bukan dirayakan ulangtahunnya setehun sekali,.

    • Tidak ada perayaan kelahiran atau kematian menurut ajaran nabi, terlebih dalam perayaan tersebut ada musik yang diharamkan Allah dalam Al-Quran.

      Jalankan saja sunnah nabi dan sunnah sahabat, maka setiap hari rasa cinta kita terhadap Allah, nabi dan sahabat akan semakin kuat, percayalah itu sangat mudah, sederhana dan menyenangkan.

  40. klo maulid bid’ah krna gk ada di zaman nabi..
    ente apa donk habaib wahabi..
    sluruh tubuh ente tu bid’ah krna ente gk ada di zaman nabi..pikir..!!!

    wah,. kalau gitu anda dan anak turunan anda itu bidah dong,.

    IYA,.. betul bidah mas, tapi bidah secara bahasa,.
    Kalau bidah secara istilah, maka itu hanya menyangkut URUSAN IBADAH, bukan urusan dunia,.
    Betul jika dikatakan bakso,mie ayam,bala-bala, tahu gejrot, itu adalah bidah,. banyak lagi mas,.
    Makanya, sebaiknya anda baca postingan ini

    • Nabi aja g bagi bidah….knp nt lancang bagi bidah ????

      Betul, nabi tidak membagi bidah, cuma ngomong.. Kullu bid’atin dhalalah,.. artinya SEMUA Bidah itu SESAT,. itu perkataan Nabi Muhammad,. kenapa ada yang membaginya ya??

    • Hati-hati kalau jadi pengikut Habib mas, karena Habib sunnah yang sebenarnya justru mereka sangat bertanggung jawab menegakkan sunnah, dan berhati-hati menggunakan gelarnya.

      Kalau dari cara mas komentar kami bisa menerka jika Habib yang jadi panutan mas adalah Habib sufi (atau jangan-jangan malah Habib Syi’ah).

      Kita hanya boleh taqlid pada nabi dan para sahabat, tidak ada perintah taqlid pada Habib, gak usah takut kuwalat meninggalkan ajaran Habib.

      Takutlah dengan ancaman neraka yang dijelaskan nabi tentang golongan yang di luar golongan selamat sebagaimana dijelaskan nabi.

  41. jujur saya hanya bisa tersenyum setelah membaca tulisan ini.

    bagi saya ini seperti anak kecil yang cuma bisa menuliskan apa yang ada di benaknya aja tapi tetap saja isinya anda tahu sendiri sebatas apa pengetahuan anak kecil.

    jadi kita abaikan saja dan anggap si kecil lagi belajar mengarang bebas dan kalau perlu kita beri hadiah permen atau coklat agar dia senang hehehe……

    Jujur, saya juga tertawa dan tersenyum baca komentar anda,.
    Sudah tahu tulisan anak kecil kok dikomentari,. lucu juga anda ini,.

  42. Assalamu’alaikum wr wb

    Saya mau tanyakan bagaimana dengan Mushaf Al-Qur’an yang ada pada saat ini, yang mana pada zaman Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW tidak mencontohkan dalam bentuk Mushaf yang tersusun rapi hingga saat ini.

    Dan menurut sejarah yang saya baca Mushaf Al-Qur’an yang tersusun rapi hingga saat ini dibuat setelah Nabi Muhammad SAW wafat oleh Khalifah Ustman bin Affan r.a atas pertimbangan dan persetujuan para Khalifah lainnya pada saat itu.

    “Penulisan (pencatatan dalam bentuk teks) ayat-ayat al-Qur’an sudah dimulai sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kemudian transformasinya menjadi teks yang sudah dibundel menjadi satu seperti yang dijumpai saat ini, telah dilakukan pada zaman khalifah Utsman bin Affan”. (https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Qur'an).

    Dan juga ada penambahan dari segi tanda-tanda bacaan (agar mudah dibacanya oleh seluruh umat), hukum bacaannya (hukum tajwid), dan terjemahan masing-masing negara (agar seluruh umat dapat memahami isi kandungan Al-Qur’an dan mengamalkannya).

    Mengutip hadist riwayat Ibnu Abi Dawud dalam Al-Mashahif, dengan sanad yang shahih:
    “ Suwaid bin Ghaflah berkata, “Ali mengatakan: Katakanlah segala yang baik tentang Utsman. Demi Allah, apa yang telah dilakukannya mengenai mushaf-mushaf Al Qur’an sudah atas persetujuan kami. Utsman berkata, ‘Bagaimana pendapatmu tentang isu qira’at ini? Saya mendapat berita bahwa sebagian mereka mengatakan bahwa qira’atnya lebih baik dari qira’at orang lain. Ini hampir menjadi suatu kekufuran’. Kami berkata, ‘Bagaimana pendapatmu?’ Ia menjawab, ‘Aku berpendapat agar umat bersatu pada satu mushaf, sehingga tidak terjadi lagi perpecahan dan perselisihan.’ Kami berkata, ‘Pendapatmu sangat baik’.” ”

    Jadi pertanyaan saya adalah
    Apakah yang dilakukan oleh para Khalifah kita adalah tergolong sesuatu yang baru dalam urusan agama Islam yang telah menyusun Mushaf Al-Qur;an dengan baik dan rapi walaupun isi Mushaf Al-Qur’an adalah Benar Firman Allah SWT yang telah disampaikan/diwahyukan untuk Baginda kita Nabi Muhammad SAW ?

    Mohon Penjelasannya……
    Dan Mohon maaf bila ada kata yang salah dalam pengetikan dari pertanyaan saya, dan juga kata yang kurang berkenan di hati anda maupun dihati para pembaca.

    Wasallamu’alaikum wr wb

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Sdh saya posting kang Agus. silahkan baca disini

    • Assalamu’alaikum wr wb

      Maaf, untuk sejarah Al-Qur’an saya sudah pelajari dan saya pahami dan yang anda posting pun sama dengan yang saya baca dari beberapa sejarah Al-Qur’an yang ada.

      Jadi pertanyaan saya belum dijawab

      Apakah yang dilakukan oleh para Khalifah kita adalah tergolong sesuatu yang baru dalam urusan agama Islam yang telah menyusun Mushaf Al-Qur;an dengan baik dan rapi walaupun isi Mushaf Al-Qur’an adalah Benar Firman Allah SWT yang telah disampaikan/diwahyukan untuk Baginda kita Nabi Muhammad SAW ?

      Dan jika jawabannya adalah sama seperti yang anda kutip sebelumnya dan atau dari para komentar yang sudah bertanya.

      Misalnya (ini dikutip dari jawaban anda dari beberapa para komentar) :
      1). Terimakasih mas yunus,. pertanyaan yang bagus dan bermanfaat,.
      Rasulullah memerintahkan kita untuk mengikuti SUNNAH RASULULLAH,.
      Apakah setelah perintah untuk mengikuti SUNNAH RASULULLAH ada perintah lain?

      YA, Ada,. yaitu perintah Rasulullah untuk mengikuti SUNNAH KHULAFAURRASYIDIN,.
      Dan yang memberikan tanda titik pada ayat Alquran adalah ALI BIN ABI THALIB, dan beliau termasuk khulafaur rasyidin,.
      Jadi apa yang dilakukan Ali termasuk SUNNAH RASULULLAH yang wajib kita yakini kebenaranya,..

      2). wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
      Sejak jaman sahabat Ali bin Abi thalib,.
      Bahkan di jaman Rasulullah, tulisan arab itu tidak ada tanda titiknya, jadi huruf ba,ta,tsa,nun, itu sama saja,.

      Sudah diberi harakat saja banyak kaum muslimin yang tidak bisa baca tulisan arab, bagaimana kalau tidak ada tanda titiknya?

      Itulah hebatnya para sahabat,.. mereka bisa membaca tulisan arab, walaupun tidak ada harakat dan tanda titiknya,..

      Makanya jika ingin selamat, ikutilah pemahaman para sahabat,. sebab itu SATU-SATUNYA JALAN KESELAMATAN

      3). Terimakasih pak,
      Apa yg dilakukan oleh para sahabat, tepatnya di jaman Ali bin abi thalib, itu bukanlah bidah, itu adalah sarana utk mempermudah kaum muslimin dalam membaca alquran,
      Sebagaimana pembagian hukum menjadi sunnah,makruh, ini juga tidak diajarkan oleh rasulullah, tapi ini dijabarkan oleh para ulama,
      Rasulullah tidak mengajarkan ilmu nahwu,sharaf,usul fikih,musthalah hadits,
      Semua itu dilakukan untuk memudahkan agar kaum muslimin tidak kesulitan dalam membaca alquran,
      Dan ini pula membuktikan para sahabat itu orang yang pandai, orang pilihan, tanpa harakat,tanpa titik , tapi bisa terbaca,
      Anda bisa membayangkan, huruf ba,ta,tsa,nun, itu semuanya tdk ada titiknya, bagaimana cara membedakannya jika tidak bertitik ?

      Jika jawabannya sama dengan diatas (sekiranya bisa ada jawaban yang lain selain diatas), maaf jika saya mau kaitkan dengan Maulid dan Tekhnologi yang ada saat ini.
      Mohon maaf saya bertanya lagi beberapa pertanyaan lagi dari komentra hasil jawaban point diatas :

      1). Saya setuju dengan jawaban yang pertama pada saat zaman itu, dan pertanyaan saya selain mengikuti SUNNAH KHULAFAURRASYIDIN sunnah siapa lagi yang mesti diikuti untuk menjawab bid’ah atau tidak pada zaman sekarang. Sedangkan para guru/ulama yang ada berbeda pendapat tentang Maulid. Nabi Muhammad SAW tidak mengajarkan kebencian apalagi sampai mencaci maki bahkan dengan yang non muslim (soalnya kalau saya perhatiin dari hasil para komentar yang bertanya saling berdebat). Saya hanya dapat mendo’akan semoga kita semua, para guru/ulama dan para muslimin seluruh belahan dunia ini (baik yang suka Maulid ataupun tidak) mendapat ampunan, taufik dan hidayah dari Allah SWT.
      Untuk tekhnologi (media electronik : seperti lampu, mickrofron, sound system (salon/spiker aktive), pesawat, kapal (kecuali perahu), mobil, motor, Piano, Gitar, Robotik, TV, Radio, Internet, komputer, HP, BB, Iphone, Ipad, Android, dll, media cetak seperti Buku, Majalah, Koran (kecuali catatan dari batu, dedaunan, buah dan kulit binatang pada saat itu), dll, dan media sosial BBM, Yahoo, Goggle, Facebook, twiter dll) yang ada saat ini bagimana dan di zaman Nabi tidak ada dan tidak dicontohkan oleh Beliau dan para KHULAFAURRASYIDIN pun tidak demikian?
      Sebab tekhnologi pada umumnya banyak ditemukan oleh non muslim dan bisa dikatakan tekhnologi adalah budaya dari asing (non muslim). Dimana kita tidak boleh meniru ataupun memakai budaya yang bukan budaya muslim dan pada kenyataannya dan tidak dapat di pungkiri kita telah, pernah dan bahkan memakainya sampai saat ini?

      2). Untuk jawaban yang kedua saya juga setuju, namun apakah ada yang salah dari hasil penemuan terbaru baik itu Maulid maupun Tekhnonogi? Jika kita bandingkan yang memperingati Maulid itu adalah penemuan dari umat muslim sedangkan Tekhnologi yang ada sampai saat ini pada umumnya ditemukan oleh non muslim?
      Hanya Allah Yang Maha Mengetahui dan Maha Pencipta, dan apa-apa yang telah manusia temukan itupun atas kehendak Allah SWT karena Allah menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya dan tidak sia-sia, dan kita bisa bijak dalam menyikapinya. Dan saya berdo’a semoga apa-apa yang ada di langit dan di bumi ini beserta segala isinya bisa kita ambil dengan bijak dan semoga kita semua dalam lindungan dan keridhoan Allah SWT dalam menyikapinya.

      3). Untuk jawaban yang ketiga juga saya sangat setuju,” Apa yg dilakukan oleh para sahabat, tepatnya di jaman Ali bin abi thalib, itu bukanlah bidah, itu adalah sarana utk mempermudah kaum muslimin dalam membaca alquran”.
      Bagaimana dengan yang memperingati Maulid dan pengunaan Tekhnologi itu juga sebagai sarana untuk mempermudah syiar agama Islam agar umat muslim khususnya dapat mengerti Islam lebih dekat tentunya dan syiar untuk non muslim pada umumnya mungkin dengan melihat, mendengarkan secara langsung ataupun tidak langsung bahkan membaca di berbagai media misalnya, bisa membuat keyakinan orang tersebut (non muslim) mengerti Islam dan akhirnya memeluk agama Islam.
      Anda mengatakan “Sebagaimana pembagian hukum menjadi sunnah,makruh, ini juga tidak diajarkan oleh rasulullah, tapi ini dijabarkan oleh para ulama,
      Rasulullah tidak mengajarkan ilmu nahwu,sharaf,usul fikih,musthalah hadits,
      Semua itu dilakukan untuk memudahkan agar kaum muslimin tidak kesulitan dalam membaca alquran”
      Bagaimana dengan yang memperingati Maulid oleh para ulama, semua itu dilakukan untuk memudahkan syiar Islam agar kaum muslimin lebih cinta lagi kepada Nabi Muhammad SAW dan mencontohkan sauriteladan Beliau dan syiar untuk orang non muslim agar mengenal sosok Nabi Muhammad SAW.
      Ini ada dan sudah kejadian, banyak orang non muslim tinggal di samping-samping sekitar Masjid dan pada saat acara Maulid banyak orang non muslim setalah mendengarkan ceramah di acara Maulid tersebut dia mengenal Islam dan diapun memeluk agama Islam.
      Dan mudah-mudahan ini adalah salah satu sarana untuk mensyiarkan Islam dan semoga Allah meridhoinya.

      Mohon Jawaban Pertanyaan saya yang utama dijelaskan, berikut 3 pertanyaan tambahannya diatas?

      DEMI ALLAH dengan saya bertanya disini tidak ada maksud untuk berdebat dan atau saling membenci satu sama lain, melainkan curahan hati sebagai umat muslim yang intinya satu keyakinan walaupun berbeda pandangan dan dalam menyikapinya.

      Pribahasa saya Insya Allah bermakna :
      “Allah menciptakan indahnya warna dengan berbeda-beda dan jika warna itu saling menyatu maka akan terlihat lebih indah seperti Pelangi”.

      Mohon maaf bila ada kata yang salah dalam pengetikan dari pertanyaan saya, dan juga kata yang kurang berkenan di hati anda maupun dihati para pembaca.

      Semoga kita semua umat muslim seluruh belahan dunia ini, menjadi umat Nabi Muhammad SAW dan diterima di surganya Allah SWT.
      Amin…..amin…..ya Rabbal ‘alamin………..

      Wasallamu’alaikum wr wb

      Jawabannya,. kita disuruh mengikuti PEMAHAMAN SAHABAT, karena para sahabat yang paling paham tentang islam, karena mereka itu adalah binaan langsung Rasulullah,.

      Allah yang memerintahkan seluruh kaum muslimin utk mengikuti para sahabat, ada balasan surga bagi yang mau mengikuti pemahaman mereka, silahkan baca surat attaubah ayat 100, dan itu SATU-SATUNYA JALAN KESELAMATAN saya sudah posting disini

      Ada ancaman bagi orang yang tidak mau mengikuti pemahaman para sahabat, yaitu Allah ancam dengan neraka, dan PASTI akan tersesat, silahkan baca surat annisa ayat 115 , seluruh kaum muslimin wajib mengikuti pemahaman para sahabat, sudah saya posting disini

      Jadi, perbuatan sahabat yang tidak diingkari oleh sahabat lainnya, itu menjadi ijma sahabat, dan ijma sahabat itu adalah DALIL, wajib kita ikuti,. jadi apa yang dilakukan oleh para sahabat itu bukan termasuk BIDAH, walaupun itu perkara baru, karena Rasulullah sendiri sudah merekomendasikan untuk mengikuti tiga generasi, yaitu sahabat,tabiin dan tabiut tabiin, mereka itulah yang disebut sebagai salafus shalih,..

      Apa itu sahabat? sudah saya posting disini

      • Assalamu’alaikum wr wb

        Saya setuju dengan postingan anda, dan yang anda postingkan juga bisa berbalik kepada anda.

        Dan dari tiga pertanyaan tambahan saya ada satu yang rasanya belum dijawab ?

        Yaitu bagaimana dengan Tekhnologi. Saya ulang kembali petikan pertanyaaan saya.

        Untuk tekhnologi (media electronik : seperti lampu, mickrofron, sound system (salon/spiker aktive), pesawat, kapal (kecuali perahu), mobil, motor, Piano, Gitar, Robotik, TV, Radio, Internet, komputer, HP, BB, Iphone, Ipad, Android, dll, media cetak seperti Buku, Majalah, Koran (kecuali catatan dari batu, dedaunan, buah dan kulit binatang pada saat itu), dll, dan media sosial BBM, Yahoo, Goggle, Facebook, twiter dll) yang ada saat ini bagimana dan di zaman Nabi tidak ada dan tidak dicontohkan oleh Beliau dan para KHULAFAURRASYIDIN pun tidak demikian?
        Sebab tekhnologi pada umumnya banyak ditemukan oleh non muslim dan bisa dikatakan tekhnologi adalah budaya dari asing (non muslim). Dimana kita tidak boleh meniru ataupun memakai budaya yang bukan budaya muslim dan pada kenyataannya dan tidak dapat di pungkiri kita telah, pernah dan bahkan memakainya sampai saat ini?

        Jika kita bandingkan yang memperingati Maulid itu adalah penemuan dari umat muslim sedangkan Tekhnologi yang ada sampai saat ini pada umumnya ditemukan oleh non muslim?Jika kita bandingkan yang memperingati Maulid itu adalah penemuan dari umat muslim sedangkan Tekhnologi yang ada sampai saat ini pada umumnya ditemukan oleh non muslim?

        Maaf bila saya ajukan pertanyaan satu lagi.
        Apakah anda adalah tergolong orang yang memakai Tekhnologi yang saya sebutkan diatas,

        Bila iya bagaimana anda menyikapinya, bila tidak mengapa anda secara tidak sadar menggunakannya dan anda mengatakan :
        “Jadi, perbuatan sahabat yang tidak diingkari oleh sahabat lainnya, itu menjadi ijma sahabat, dan ijma sahabat itu adalah DALIL, wajib kita ikuti,. jadi apa yang dilakukan oleh para sahabat itu bukan termasuk BIDAH, walaupun itu perkara baru, karena Rasulullah sendiri sudah merekomendasikan untuk mengikuti tiga generasi, yaitu sahabat,tabiin dan tabiut tabiin, mereka itulah yang disebut sebagai salafus shalih,..Jadi, perbuatan sahabat yang tidak diingkari oleh sahabat lainnya, itu menjadi ijma sahabat, dan ijma sahabat itu adalah DALIL, wajib kita ikuti,. jadi apa yang dilakukan oleh para sahabat itu bukan termasuk BIDAH, walaupun itu perkara baru, karena Rasulullah sendiri sudah merekomendasikan untuk mengikuti tiga generasi, yaitu sahabat,tabiin dan tabiut tabiin, mereka itulah yang disebut sebagai salafus shalih,..”

        Padahal Tekhnologi itu pada umumnya ditemukan oleh orang non muslim. Tapi kenapa kita terus menggunakannya? Ketimbang orang yang memperingati Maulid yang ditemukan oleh umat muslim. Walaupun itu adalah perkara yang baru (Maulid dan Tekhnologi) dan kenapa Tekhologi tidak dikatakan Bid’ah ketimbang Maulid?

        Saya berdo’a ;
        Ya Allah hamba memohon dan petunjuk-Mu atas segala apa yang terjadi di dunia ini. Karena Engkaulah satu-satunya tempat hamba memohon pertolongan dan Engkaulah satu-satunya Yang Maha Benar dari manusia yang Engkau Ciptakan. Dan jauhkan kami dari neraka atas perkara ini, dan jadikanlah kami umat Nabi Muhammad SAW dan tempatkan kami di syurga-Mu ya Allah.

        Wasallamu’alaikum wr wb

        Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.

        Saya jawab simpel saja,.
        Teknologi itu urusan dunia, bukan urusan agama, bukan urusan ibadah,.

        Kalau maulid,.. itu urusan ibadah, urusan agama,..

        Jika maulid itu urusan dunia, jangan bawa-bawa agama dong, jangan pakai baca shalawat,baca alquran,baca sejarah nabi,

        Silahkan,. ada ngga maulid yang seperti itu?

  43. setuju banget dengan artikel ahlus sunnah versi salafiyah yg murni alqur’an dan sunnah nabi saw….

    juga jawaban dari admin atas bantahan /kritikan yg berdasarkan dalil dalil yg dhaif maupun tausiyah yg dhaif….

    semoga kita termasuk golongan orang orang islam yg mengikuti salafus sholih dan golongan orang orang islam yg berjalan mendekati Alqur’an dan Sunnah nabi saw.,

    bukan golongan orang orang yg menjauhi /meninggalkan Alqur’an dan Sunnah nabi saw., Aamiiieen…

    aamiin

  44. Yg saya heran, knp org2 pencinta bid’ah ngomong nya kasar dan jorok,apakah memang bgtu sikap seorang islam, atau yg komen itu org syi’ah atau malah org kafir.
    Mudah2an ini jd pelajaran bg ygberfikir..

    Sabar mas…
    Mungkin saja saat ini mereka belum terbuka wawasannya, kita doakan saja mudah2an Allah berikan hidayah taufik,.

  45. Jika emang ini perkataan habaib, bisa beritahu saya siapa nama habaib nya.?
    Dan tinggal dimana.?
    Jangan berdusta demi melancarkan pemahaman buntu kalian, jika ini tdk terbukti benar, maka ini adalah fitnah atas nama habaib, astagfirullah

    Anda baca postingannya tidak sampai selesai, tuh di bawah postingan ada nama-nama habaibnya

  46. Alhamdulillah sangat bermanfaat, semoga banyak yg tersadar dari mimpinya, bermimpi dan menyangka telah beribadah/berbuat yg sebaik2nya menurut persangkaan sendiri,

    membaca komentar dari artikel ini, banyaknya org yg menentang menyanggah dalil, membuktikan bidah ini sangat mengakar dan org yg mengingkari maulid malah dianggap meninggalkan sunnah, menegakkan sunnah dalam islam itu dianggap aneh dan terasing

    alhamdulillah

  47. Kepada penulis ana ucapkan jazakallahu khoir atas pencerahan dan pemaparan yang sangat lengkap. Semoga Allah azza wajalla menambah ilmu antum

    Alhamdulillah,
    Jazakumullahu khairan

    Aamiin

    Saya cuma copas

  48. Wah.mas agus suherman ni.gak ngerti mana yang urusan akhirat dan dunia.kt nabi,dlm urusan dunia(teknologi)kalian lebih tau.

    tp urusan agama,wajib kalian ikut nabi.

    diperdalam lagi ilmunya mas agus.admin,teruskan dakwa nya.banyak umat yang belum tau mana sunnah dan mana bid’ah.

  49. Saya ngerasain sendiri mas admin.say jg berasal dr keluarga ahlul bid’ah.
    dulu ketika saya jelaskan malah saya yang dibilang sesat.tp tak apa l.

    yang penting tanggung jawab saya untuk menyampaikan kebenaran sudah lepas.

    dan saya terus berdoa.

    semoga allah memberi kami sekeluarga hidayah nya.

    karena hidayah adalah milik allah.manusia hanya menyampaikan

    Aamiin,.
    ya, kita hanya menyampaikan, bukan memaksa mereka wajib ikut,. hidayah taufik itu milik Allah, bukan milik kita,.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*