Apa Itu Hizb Dan Batasan Ikut Kepada HIZB Atau Tidak

Apa Itu HIZB ?

Syaikh Shafhiyyur Rahman Al-Mubarakfuri berkata:

“Al-Hizb (wadah dari Hizbi) adalah: sekelompok manusia yang dikumpulkan oleh suatu sifat yang mencakup atau suatu maslahat yang menyeluruh; berupa ikatan ‘aqidah dan iman, atau kekufuran, kefasikan, dan kemaksiatan, atau ikatan wilayah dan negara, atau kabilah dan nasab, atau pekerjaan dan bahasa, atau yang semisalnya berupa ikatan-ikatan, sifat-sifat, atau maslahat-maslahat yang biasanya menjadikan manusia berkumpul dan berkelompok-kelompok atasnya.”

[“Al-Ahzaab As-Siyaasiyyah Fil Islaam” (hlm. 7)]

Dan tidak samar atas seorang pun dari orang-orang yang berakal bahwa: masing-masing Hizb (wadah dari Hizbi) adalah: memiliki landasan-landasan, pemikiran-pemikiran, aturan-aturan (operasinal), dan pandangan-pandangan yang keseluruhannya akan menjadi Dustur (undang-undang), walaupun sebagian mereka tidak menamakan demikian.

Syaikh Shafhiyyur Rahman Al-Mubarakfuri berkata lagi:

“Maka Dustur (semacam) ini dianggap sebagai asas yang darinya akan muncul “tanzhiim” (pengaturan) Hizb, dan (Hizb) akan bertolak darinya. Sehingga barangsiapa beriman kepada (Dustur) tersebut dan meyakininya dengan sebenar-benarnya…-atau dengan kata lain: mengakuinya dan menjadikannya sebagai asas pergerakan dan aktivitas-: maka (yang mengakui Dustur tersebut) akan tergabung di dalam Hizb itu, dan menjadi salah satu anggotanya atau mungkin salah satu petingginya. Barangsiapa yang tidak mengakui; maka tidak masuk.

Intinya: Dustur itulah yang menjadi asas dari Wala & Bara, bersatu atau berpisah, dan menolong atau membiarkan (tidak menolong).”

[“Al-Ahzaab As-Siyaasiyyah Fil Islaam” (hlm. 13)]

-dinukil dari “Ad-Da’wah Ilallaah baina at-Tajammu’ Hizbi wat Ta’aawun asy-Syar’i” (hlm. 54-55)-

Sumber : Status akun fb ustadz Ahmad Hendrix Eskanto

Print Friendly, PDF & Email

1 Comment

  1. assalamu’alaikum.
    maaf mau tanya..masih belum bgtu paham apa itu pengertian hizby..
    kalau punya yayasan, atau madrasah ada kelompok,,ada organisasi apakah termasuk hizby? terima kasih jawbanya

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Yayasan atau organisasi BELUM TENTU hizb, tapi bisa saja berpotensi menjadi hizb.

    Adapun kalau ORMAS, itu PASTI merupakan hizb

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*