Cara Cepat Install Puppy Linux di Netbook

Cara paling cepat pasang Puppy Linux adalah dengan meng-copy file isi Install CD ke sebuah direktori, dan pasang grub loader versi DOS untuk boot dari direktori itu. Tanpa perlu partisi khusus.

Saya ingin memasang Linux di netbook kantor saya, Lenovo S10.Saya sudah sangat bosan dengan urusan virus di Windows.

Netbook ini memiliki Windows XP home edition, pre-installed. Tapi ia tidak punya CD ROM drive. Kita bisa pasang Puppy menggunakan USB flash drive. Tapi biasanya ini butuh flash kosong, dan butuh kemampuan boot dari USB. Saya kurang suka, karena tidak semua bios bisa mendukung boot USB, dan juga saya tidak sempat cari flash disk kosong.

Yang saya lakukan sebagai berikut.

  1. Dari Windows, download Virtual CD dari Microsoft. Ini program kecil yang bisa membaca iso file dan me-mount nya menjadi CDROM virtual.
  2. Download Puppy Install CD iso file. Attach dan mount file ini menggunakan virtual CD, menjadi puppy install cdrom. Saya mendownload Puppy versi 4.21.
  3. Download grub4dos. Kita perlu file gldr untuk diletakkan di root C:.
  4. Buat direktory puppy421 di C: kemudian buat sebuah file dummy idehd di situ. (Puppy linux butuh file ini untuk boot).
  5. Copy isi puppy cdrom ke direktori c:puppy421. Jangan lupa ubah semua filename ke lowercase, karena CDROm cenderung membuat nama dengan uppercase, sedangkan linux itu case sensitive. Anda sebetulnya hanya butuh file vmlinuz, initgrd, dan pup_421.sfs. Tapi tidak-apa apa karena file lain berukuran kecil sekali.
  6. Buat file menu.lst di c: untuk dibaca oleh grubloader. Isi disitu informasi boot puppy dari direktory c:puppy421.
  7. Modifikasi file c:boot.ini untuk menambah perintah c:gldr
  8. Windows di restart, dan voila,  kita bisa punya pilihan boot windows atau Puppy saat komputer diboot.

Sekarang Netbook kantor sudah jalan Puppy Linux 4.21. Xorg langsung menemukan resolusi aneh S10 1024×576. Tanpa partisi baru. Tanpa CDROM. Tanpa boot USB. Nice….

Oh ya, Netbook Lenovo S110 ini menggunakan Broadcom wireless LAN BCM4312 USB. Puppy 4.21 kelihatannya tidak support. Tapi saya bisa menggunakan ndiswrapper. Jadi sekarang wifi nya sudah jalan juga.

sumber : http://azrl.wordpress.com/2009/06/13/cara-cepat-install-puppy-linux/

Print Friendly, PDF & Email

Cara Install Linux.puppy

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*