AXMEdit, Software Untuk Menulis Arab di Linux

Software gratis yang dibuat khusus untuk sistem operasi Linux ini dapat dengan mudah digunakan menulis text arab. Tidak hanya installasinya saja yang mudah, tetapi cara pengoperasiaannya juga tergolong mudah. Kelebihannya lagi huruf arab yang dihasilkan adalah unicode support. Software ini sudah saya coba di Linux Puppy.

Dowloadlah software tersebut dari http://www.langbox.com yang berukuran sekitar 800 Kb. Pilih file TAR.GZ ataupun RPM sesuaikan dengan dukungan Linux anda. Jika anda menggunakan file tar.gz ekstrak dulu kedalam suatu folder selanjutnya install dengan perintah ./install. Jika anda tidak hafal cara meng-ekstrak file dari shell bacalah file README terlebih dahulu. Sedangkan jika anda mendownload file RPM tinggal mengetik rpm -ivh {nama file}. Setelah anda install, dengan shell ketikan axmedit, sehingga akan muncul jendela Axmedit.


Jendela AXMEdit

Axmedit tidak serta merta langsung anda gunakan tetapi buatlah terlebih dahulu sebuah file dari menu File|New, berilah nama file tersebut dan saya sarankan akhiri dengan ekstensi html. File tersebut akan tersimpan di direktori home anda. Untuk menulis Arabic tekan tombol Ctrl+T terlebih dahulu, karena jika tidak teks yang dihasilkan adalah teks alfabet. Untuk mengembalikannya lagi tekan Ctrl+T.

Agar bentuk tulisannya right to left pilihalah menu Arabic|Arabic Direction (R2L), sendangkan untuk membuat angkanya menjadi angka format arab pilihlah menu Arabic|Hindi Digits.

Nah sekarang bagaimana menggunakan file hasil olahan Axmedit ini pada pengolah kata lainnya? Caranya adalah bukalah file tersebut menggunakan browser, misalnya Mozilla, maka mozilla akan memunculkan huruf – huruf yang aneh, untuk membaca huruf aneh ini masuklah ke menu View|Character Encoding|More Encodings|Middle Eastern|Arabic (ISO – 8856-6). JIka anda melihat ukuran font kelewat kecil besarkan dari menu View|Text Zoom. Nah copy-pastekan huruf arab yang terlihat di browser pada pengolah kata/teks lainnya.


Hasil Paste pada Leafpad

Walaupun demikian axmedit ini masih banyak kekurangannya, yaitu saya masih kesulitan merubah peta keyboard menyesuaikan dengna peta keyboard yang biasa saya pergunakan, misal a untuk alif, b untuk ba dan seterusnya. Layout masih kurang begitu bagus, serta font yang diberikan juga masih terbatas, favorit saya adalah font nomor 2 dari bawah.

Namun tidak ada salahnya kan kita mencoba software gratisan ini? Atau barangkali ada pembaca lain yang mengetahui software untuk nulis arab di Linux yang lebih menarik? Saya tunggu sharingnya.

Thaks to Mas Sigit PD atas informasi URL-nya.

Author: Agus Waluyo

Axmedit
Sifat : Freeware
Ukuran :

+

800 Kb
Alamat : http://www.langbox.com, ingat, www-nya jangan sampai terlupa.

sumber :

Silahkan tinggalkan komentar di sini