Hakikat Jilbab ( sebuah kisah yang PERLU kamu baca ) Wahai Para Wanita..

Kisah Gadis Kecil Memakai Jilbab Ibunya Kata Kata Hakikat Jilbab Yg Sudah Hilang Kisah Cerita Wanita Enggang Memakai Jilbab Kisah Anak Ustadz Belum Berjilbab Kisah

jilbab-syariKisah ini saya dapat dari sahabatku yang bekerja di salah satu perusahaan asing. Disini saya kutipkan kisah nyata seorang gadis yang menginjak remaja atau kerennya jaman sekarang (ABG) yang sebelumnya tidak karuan tingkah lakunya, namun setelah sadar akan kekeliruannya dan sudah mengerti “HIKMAH MEMAKAI JILBAB” Allah Ta’ala memanggilnya.

Kisah nyata ini dari kawan saya bekerja. Kisah nyata ini semoga berguna bagi yang membacanya, terutama kaum Hawa, juga bagi yang punya istri, yang punya anak perempuan, adik perempuan, saudara perempuan, kakak perempuan, yang masih punya Ibu, yang punya keponakan perempuan……..

Sahabatku menceritakan: Ini cerita tentang adikku Nur Annisa , gadis yang baru beranjak dewasa namun rada Bengal dan tomboy. Pada saat umur adikku menginjak 17 tahun, perkembangan dari tingkah lakunya rada mengkhawatirkan ibuku , banyak teman cowoknya yang datang kerumah dan itu tidak mengenakkan ibuku sebagai seorang guru ngaji.

Untuk mengantisipasi hal itu ibuku menyuruh adikku memakai jilbab, namun selalu ditolaknya hingga timbul pertengkaran pertengkaran kecil diantara mereka.

Pernah satu kali adikku berkata dengan suara yang rada keras: “Mama coba lihat deh , tetangga sebelah anaknya pakai jilbab namun kelakuannya ngga beda beda ama kita kita , malah teman teman Ani yang disekolah pake jilbab dibawa om om , sering jalan jalan , masih mending Ani, walaupun begini-gini ani nggak pernah ma kaya gituan ” , bila sudah seperti itu ibuku hanya mengelus dada, kadangkala di akhir malam kulihat ibuku menangis , lirih terdengar doanya:

“Ya Allah , kenalkan Ani dengan hukum Engkau ya Allah “.

Pada satu hari didekat rumahku, ada tetangga baru yang baru pindah. Satu keluarga dimana mempunyai enam anak yang masih kecil kecil. Suaminya bernama Abu Khoiri ,(entah nama aslinya siapa) aku kenal dengannya waktu di masjid.

Setelah beberapa lama mereka pindah timbul desas-desus mengenai istri dari Abu Khoiri yang tidak pernah keluar rumah , hingga dijuluki si buta , bisu dan tuli.

Hal ini terdengar pula oleh Adikku , dan dia bertanya sama aku:

“Kak , memang yang baru pindah itu istrinya buta , bisu dan tuli ?

“..hus aku jawab sambil lalu” kalau kamu mau tau datangin aja langsung kerumahnya”.

Eehhh tuuh, anak benar-benar datang kerumah tetangga baru.

Sekembalinya dari rumah tetanggaku , kulihat perubahan yang drastis pada wajahnya, wajahnya yang biasa cerah nggak pernah muram atau lesu mejadi pucat pasi….entah apa yang terjadi.?

Namun tidak kusangka selang dua hari kemudian dia meminta pada ibuku untuk dibuatkan Jilbab ..yang panjang, lagi..rok panjang, lengan panjang…

Aku sendiri jadi bingung….aku tambah bingung campur syukur kepada Allah karena kulihat perubahan yang ajaib..yah kubilang ajaib karena dia berubah total..

Tidak banyak lagi anak cowok yang datang ke rumah atau teman-teman wanitanya untuk sekedar bicara yang nggak karuan…

Kulihat dia banyak merenung, banyak baca baca majalah islam yang biasanya dia suka beli majalah anak muda kaya gadis atau femina ganti jadi majalah majalah islam , dan kulihat ibadahnya pun melebihi aku …

Tak ketinggalan tahajudnya, baca Qur’annya, sholat sunat nya…dan yang lebih menakjubkan lagi….bila teman ku datang dia menundukkan pandangan…

Segala puji bagi Engkau ya Allah  jerit hatiku..

Tidak berapa lama aku dapat panggilan kerja di kalimantan, kerja di satu perusahaan asing (PMA).

Dua bulan aku bekerja di sana aku dapat kabar bahwa adikku sakit keras hingga ibuku memanggilku untuk pulang ke rumah (rumahku di Madiun).

Di pesawat tak henti-hentinya aku berdoa kepada Allah  agar Adikku di beri kesembuhan, namun aku hanya berusaha, ketika aku tiba di rumah, di depan pintu sudah banyak orang, tak dapat kutahan aku lari masuk kedalam rumah, kulihat ibuku menangis, aku langsung menghampiri dan memeluk ibuku, sambil tersendat sendat ibuku bilang sama aku:

“Dhi, adikmu bisa ucapkan dua kalimat Syahadah di akhir hidupnya “..Tak dapat kutahan air mata ini…

Setelah selesai acara penguburan dan lainnya, iseng aku masuk kamar adikku dan kulihat Diari diatas mejanya..

Diari yang selalu dia tulis, Diari tempat dia menghabiskan waktunya sebelum tidur kala kulihat sewaktu adikku-rahimahullah masih hidup, kemudian kubuka selembar demi selembar…

Hingga tertuju pada satu halaman yang menguak misteri dan pertanyaan yang selalu timbul di hatiku..

Perubahan yang terjadi ketika adikku baru pulang dari rumah Abu Khoiri…

Disitu kulihat tanya jawab antara adikku dan istri dari tetanggaku, isinya seperti ini :

Tanya jawab ( kulihat di lembaran itu banyak bekas tetesan airmata ) :

Annisa : Aku berguman (wajah wanita ini cerah dan bersinar layaknya bidadari), ibu, wajah ibu sangat muda dan cantik.

Istri tetanggaku : Alhamdulillah, sesungguhnya kecantikan itu datang dari lubuk hati.

Annisa : Tapi ibu kan udah punya anak enam, tapi masih kelihatan cantik.

Istri tetanggaku : Subhanallah, sesungguhnya keindahan itu milik Allah dan bila Allah  berkehendak, siapakah yang bisa menolaknya.

Annisa : Ibu, selama ini aku selalu disuruh memakai jilbab oleh ibuku, namun aku selalu menolak karena aku pikir nggak masalah aku nggak pakai jilbab asal aku tidak macam macam dan kulihat banyak wanita memakai jilbab namun kelakuannya melebihi kami yang tidak memakai jilbab, hingga aku nggak pernah mau untuk pakai jilbab, menurut ibu bagaimana?

Istri tetanggaku : Duhai Annisa, sesungguhnya Allah menjadikan seluruh tubuh wanita ini perhiasan dari ujung rambut hingga ujung kaki, segala sesuatu dari tubuh kita yang terlihat oleh bukan mahram kita semuanya akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah Ta’ala diakhirat nanti, jilbab adalah hijab untuk wanita.

Annisa : Tapi yang kulihat banyak wanita yang memakai jilbab yang kelakuannya nggak enak, nggak karuan.

Istri Tetanggaku : Jilbab hanyalah kain, namun hakekat atau arti dari jilbab itu sendiri yang harus kita pahami.

Annisa : Apa itu hakekat jilbab ?

Istri Tetanggaku : Hakekat jilbab adalah hijab lahir batin.

Hijab mata kamu dari memandang lelaki yang bukan mahram kamu.

Hijab lidah kamu dari berghibah (gosip) dan kesia-siaan, usahakan selalu berdzikir kepada Allah .

Hijab telinga kamu dari mendengar perkara yang mengundang mudharat baik untuk dirimu maupun masyarakat.

Hijab hidungmu dari mencium cium segala yang berbau busuk.

Hijab tangan-tangan kamu dari berbuat yang tidak senonoh.

Hijab kaki kamu dari melangkah menuju maksiat.

Hijab pikiran kamu dari berpikir yang mengundang syetan untuk memperdayai nafsu kamu.

Hijab hati kamu dari sesuatu selain Allah , bila kamu sudah bisa maka jilbab yang kamu pakai akan menyinari hati kamu, itulah hakekat jilbab.

Annisa : Ibu aku jadi jelas sekarang dari arti jilbab, mudah mudahan aku bisa pakai jilbab, namun bagaimana aku bisa melaksanakan semuanya.

Istri tetanggaku : Duhai Anisa bila kamu memakai jilbab itulah karunia dan rahmat yang datang dari Allah  yang Maha Pemberi Rahmat, yang Maha Penyayang, bila kamu mensyukuri rahmat itu kamu akan diberi kekuatan untuk melaksanakan amalan amalan jilbab hingga mencapai kesempurnaan yang diinginkan Allah .

Duhai Anisa, ingatlah akan satu hari dimana seluruh manusia akan dibangkitkan dari kuburnya.

Ketika ditiup sangkakala yang kedua kali, pada saat roh-roh manusia seperti anai-anai yang bertebaran dan dikumpulkan dalam satu padang yang tiada batas, yang tanahnya dari logam yang panas, tidak ada rumput maupun tumbuhan.

Ketika matahari didekatkan di atas kepala kita namun keadaan gelap gulita.

Ketika seluruh Nabi ketakutan.

Ketika ibu tidak memperdulikan anaknya, anak tidak memperdulikan ibunya, sanak saudara tidak kenal satu sama lain lagi, kadang satu sama lain bisa menjadi musuh, satu kebaikan lebih berharga dari segala sesuatu yang ada dialam ini.

Ketika manusia berbaris dengan barisan yang panjang dan masing masing hanya memperdulikan nasib dirinya, dan pada saat itu ada yang berkeringat karena rasa takut yang luar biasa hingga menenggelamkan dirinya, dan rupa rupa bentuk manusia bermacam macam tergantung dari amalannya, ada yang melihat ketika hidupnya namun buta ketika dibangkitkan, ada yang berbentuk seperti hewan, ada yang berbentuk seperti syetan, semuanya menangis, menangis karena hari itu Allah  murka, belum pernah Allah murka sebelum dan sesudah hari itu, hingga ribuan tahun manusia didiamkan Allah  dipadang mahsyar yang panas membara hingga Timbangan Mizan digelar itulah hari Yaumul Hisab.

Duhai Annisa, bila kita tidak berusaha untuk beramal dihari ini, entah dengan apa nanti kita menjawab bila kita di sidang oleh Yang Maha Perkasa, Yang Maha Besar, Yang Maha Kuat, Yang Maha Agung, Allah. Di Yaumul Hisab nanti! Di Hari Perhitungan nanti!!

Sampai disini aku baca diarinya karena kulihat, berhenti dan banyak tetesan airmata yang jatuh dari pelupuk matanya, Subhanallah, kubalik lembar berikutnya dan kulihat tulisan,

Kemudian kulihat tulisan kecil di bawahnya: buta, tuli dan bisu, wanita yang tidak pernah melihat lelaki selain muhrimnya, wanita yang tidak pernah mau mendengar perkara yang dapat mengundang murka Allah Ta’ala, wanita yang tidak pernah berbicara ghibah, gosip dan segala sesuatu yang mengundang dosa dan sia sia tak tahan air mata ini pun jatuh membasahi diary.

Itulah yang dapat saya baca dari diarinya, semoga Allah menerima Adikku di sisinya, Amin , Subhanallah.

Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Saudara-Saudaraku, adik-adikku dan Anak-anakku yang dimuliakan oleh Allah . Khususnya kaum hawa.

Saya mengharap kisah nyata ini bisa menjadi iktibar, menjadi pelajaran bagi kita , bagi putri-putri kita semua.

Semoga meresap dihati yang membacanya dan semoga Allah Ta’ala senantiasa memberi petunjuk, memberi Rahmat, hidayah bagi yang membaca dan menghayatinya.

Semoga Allah  senantiasa memberikan kekuatan iman kita untuk menjalankan (memenuhi) segala perintah-Nya dan menjauhi segala apa-apa yang dilarang-Nya, dan mendapat derajat takwa yang tinggi, selamat didunia sampai di akhirat nanti, mendapat pertolongan dan syafa’at di hari yaumul hisab dan mendapat surga yang tinggi, amien. Wallaahu a’lam bish shawab, billaahi taufik wal hidayah. Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

sumber :fb maktabah ilmu (dengan sedikit perbaikan kata)

sumber : http://enkripsi.wordpress.com/2010/11/24/hakekat-jilbab/

Print Friendly, PDF & Email

Kelakuan Olo Yg Pake Jilbab Hakikatnya Kata Kata Kisahnyata Untuk Wanita Yg Tidak Memakai Hijab Kata Kata Kisah Nyata Untuk Wanita Yg Berhijab Kisah Nabi Menyuruh Wanita Berhijab Kisah Nyata Adikku Tidak Perawan Lagi

45 Comments

  1. Jilbab itu kan wajib ya

    Hukum jilbab adalah wajib bagi wanita muslimah, tidak ada alasan bagi wanita untuk tidak memakai jilbab..

  2. kisah yg perlu dibaca dan suatu pelajaran yg sangat berharga ut. wanita muslimah, semoga semakin banyak wanita muslimah yg semakin memahami hakikat jilbab.. bukan hanya sekedar memakainya.

    Mudah-mudahan ada yang bisa mengambil pelajaran dari kisah diatas,

  3. izinkan utk mengunduh cerita diatas dan bagaimana caranya ?

    bisa, tinggal diblok saja tulisannya, terus diklik kanan mousenya, pilih menu “copy” lalu buka microsoft word, lalu buat dokumen baru, paste deh disitu, lalu save, Insya Allah mudah kok,

  4. Subhanallah3X..semoga bnyk muslimah yg memperoleh hidayah dr ALLAH,dan bisa ucapkan syahadat saat sakaratul mautnya.
    Jilbab diri dan hati..insyaAllah

  5. asalamualaikumwarahmatullahiwabarakatu, bisakah setiap tulisan di kirim ke email saya,

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.

    silahkan masukan email anda di kolom langgana surel, nanti otomatis ada pemberitahuan ketika ada postingan terbaru..

  6. Subhanallah.. Ini membuat ku sadar akan hakekat nya mengenakan jilbab.. semoga kita semua menjadi wanita yg sholehah dan menjadi bidadari di dunia maupun di akhirat.. Amin Ya Allah 🙂

  7. Semoga lewat cerita ini semua wanita muslim dapat membuka pintu hati x, dan mau memakai jilbab sebagai cermin wanita muslimah. Ingatlah doa dan restu orang tua bisa menjadi ketentraman jiwa dan pikiran kita,,,

  8. subhanallah…semoga Allah menerima segala amal ibadahnya…izinkan ana untuk berbagi kisah ini dengan saudari2ku yg belum pke jilbab

  9. Assalamualaikum warohmatulloh..

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    kisah yang menakjubkan akh,insya ALLAH bermanfaat,..
    akhi, ana ingin minta nasihat, ana sudah lama jatuh cinta pada manhaj salafusshalih, singkat cerita,sejak ana mengenal manhaj salaf, ana mulai melebarkan hijab dan mulai tertarik memakai cadar, tp suatu hari orang tua ana mengetahui hal tersebut, jelas saja mereka marah,khususnya ibu ana..

    ibu ana malah bilang klo ana adalah pengikut salafi sesat, ana hanya membuat aib keluarga saja dengan hijab lebar,subhanallah tidak ada kata2 yang lebih menyakitkan kecuali kata2 itu..

    sejak saat itu setiap hari ana hanya bisa menangis, dan menangis..

    tp ibu tetap bersikeras menyuruh ana untuk berjilbab yang wajar dan umum saja,maklum di lingkungan tempat ana tinggal memang tdk ada yang berhijab lebar, lalu ketika ana menolaknya ana malah dibilang anak durhaka.

    Akhi, apa yang harus ana lakukan? anak tidak ingin jadi anak durhaka,tp ana juga tetap ingin berjalan diatas syari’at yang haq,yang jelas2 sudah diatur oleh ALLAH..
    Jazakumullah khoir, barakallahu fiik..

    Alhamdulillah atas nikmat dakwah salaf ini,
    Demikian juga atas semangat ukhti dalam menjalankan syariat islam yang mulia ini,
    Dalam hal mengenakan jilbab dan cadar, yang mana di lingkungan ukhti belum mengenal jilbab dan cadar , malah ukhti dituduh sesat,.. maka hikmah dalam berdakwah itu perlu,

    Pakailah jilbab biasa yang lebar, tidak perlu berwarna hitam, akan tetapi cukup lebar, dan tidak usah menggunakan cadar, karena hukum cadar sendiri ulama berbeda pendapat, ada yang mengatakan wajib, dan ada yang mengatakan lebih utama,.. sedangkan jilbab sendiri hukumnya wajib.

    Tunjukanlah akhlak yang mulia, muamalah yang bagus setelah mengenal manhaj salaf ini,..
    Amalkanlah ajaran salaf ini untuk diri sendiri dulu saja, tidak usah mengajak-ajak atau mencap apa yang ada di lingkungan yang belum mengenal ajaran islam yang diajarkan oleh rasulullah kepada para sahabatnya ini, sebagai ajaran yang menyimpang,.. tentu mereka tidak akan terima,..

    Berakhlaklah yang baik kepada ibu anda, bicara dengan lemah lembut,..

    Ingat, masyarakat anda, atau ibu anda, selama puluhan tahun, secara turun temurun tidak mengenal apa yang anda lakukan, dan ukhti sendiri melakukannya baru, jadi pasti mereka akan cenderung menolak apa yang ukhti lakukan, dianggap aneh, menyelisihi tradisi masyarakat,.. untuk itu perlu hikmah dalam berdakwah,

    Mengikuti kebiasaan masyarakat setempat selama tidak melanggar syariat, seperti tidak tampil beda di dalam berpakaian, memakai celana atau sarung tepat di atas mata kaki, tidak harus di tengah betis, memakai jilbab selain warna hitam, boleh mengimami sholat di dalam mihrab, membaca basmalah secara jelas ketika menjadi imam, mengangkat tangan dan mengamini qunut subuh, dll.

    jazakillahu khairan , wafiika barakillah

  10. Assalamu’alaika Warohmatulloh…

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    syukron atas info kajiannya akh, Alhamdulillah ana udah mulai rutin dtng ke kajian, oya ana mau tanya,bagaiman hukumnya wanita yag menghadiri kajian di dalam masjid tapi dalam keadaan haidh? apakah boleh? afwan jika prtanyaannya ga sesuai tema..Jazakallahu khoiir

    wanita haid boleh masuk masjid, silahkan baca selengkapnya disini

    Jazakillahu khairan

    • Syukron..
      oya akh,ana mau tanya lagi nie..masalah isyarat jari telunjuk ketika tasyahhud awal dan tasyahhud akhir, ada sebagian orang yang menggerak-gerakkan telunjuknya secara terus-menerus,itu hukumnya gimana? apakah itu salah satu yang diajarkan Rasulullah? mohon penjelasannya?

      Betul, menggerak-gerakan jari telunjuk ketika tasyahud, baik tasyahud awal atau akhir, dari pertama membaca bacaan tasyahud hingga salam, disunnahkan untuk menggerak-gerakkan jari telunjuk,

      silahkan baca disini

      • ana mau tanya lagi donk, hizbut tahrir itu apa ya?
        Afwan ya akhi kalo ana banyak tanya, ana tanya kaya gini karena beberapa waktu yang lalu ada yang bilang ke ana kaya gini, “kamu hizbut tahrir ya?” kamu ikut aliran apa?ko mebid’ahkan tahlilan dan maulid nabi? gitu akh ceritanya…

        Hizbut tahrir adalah, baca disini postingannya

        lumayan panjang artikelnya, baca perlahan biar mengerti, apa itu hizbut tahrir, kalau di indonesia adalah HTI, hizbut tahrir indonesia

  11. Assalamu’alaikum Warohmatulloh..

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    ana boleh minta tolong carikan info kajian salaf, khususnya untuk daerah cibitung, gandaria dan cengkareng untuk temen2 ana, Alhamdulillah temen2 ana sudah mulai tertarik dengan dakwah salaf ini…

    Jazakallahu khair ..^^

    Untuk jadwal kajian di seluruh indonesia, bisa KLIK DISINI
    Insya Allah jadwal di jakarta ada disitu juga, tinggal dicari aja dikolom sebelah kanan, disitu ada jadwal utk kota-kota di seluruh indonesia

    Jazakillahu khairan

  12. Assalamu’alaykum warohmatulloh..

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    ustadz, ana rencana’a mau masuk pesantren,Insya ALLAH,tpi tentunya pesantren yang jauh dari penyakit “TBC” dan murah ^^
    apa ustadz punya rekomendasi untuk ana? Syukron ustadz

    apakah masuk pesantren yang mempelajari pelajaran diniyah saja, atau yg ada pelajaran umumnya juga?
    Alhmdulillah, sekarang di indonesia sangat banyak berdiri pesantren,

  13. Assalamu’alaykum,

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    mohon beri pandangan untuk link ini http://media.isnet.org/islam/Qardhawi/Kontemporer/index.html, kemarin ada temen ana yang tanya, gimana menurut anda?

    Syaikh Qardawi adalah ulama ikhwanul muslimin, banyak fatwanya yang menyelisihi pemahaman para sahabat,

    Dan pemikiran ikhwanul muslimin ini banyak diadopsi oleh salah satu partai yang mengatasnamakan islam, yaitu P*S , silahkan anda baca kisah penuturan seorang yang keluar dari kegiatan partai ini, baca disini

    Diantara fatwa qardhawi yg menyelisihi ajaran islam, membolehkan demonstrasi,hukum bermain catur adalah boleh, nonton bioskop juga boleh, dll masih banyak sekali fatwanya yang menyelisihi ajaran islam yg mulia

  14. Assalamu’alaikum akh,,,,,,

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

    ana mau nanyak,,, “lantas bagaimana dengan wanita yang bersekolah di sekolah swasta, tentunya pandangan mereka pasti tidak bisa dihindarkan dari sesosok adam yang bukan muhrimnya ????????
    Syukran katsiiran ahkiy ! 🙂

    Terimakasih mba, pertanyaan yg bagus,
    Sekolah di sekolah yang seperti itu bahayanya lebih besar, carilah sekolah yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, lebih baik lagi jika sekolah di pesantren yang mengajarkan islam yang benar sesuai dengan pemahaman para sahabat, soalnya banyak juga pesantren yang mengajarkan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran rasulullah, bahkan bisa berikhtilat juga, na’udzubillahi mindzalik,

    Untuk sekolah umum yang bercampur baur laki-laki dan perempuan, resikonya lebih besar lagi, mereka bisa bebas pacaran, jalan bareng, bahkan seperti saya lihat sendiri, makan es krim satu berdua,.. dan sudah bukan rahasia umum lagi, banyak siswi smp dan sma yang sudah tidak perawan lagi, alias sudah biasa melakukan zina ,

    Bahkan kebetulan saya kerja disebuah pesantren, dimana didepan kita ada sma negeri, pernah denger obrolan siswa ngomong ” dia itu sudah tdk perawan, sering dipakai sama teman-teman,.. gimana kira2 denger obrolannya saja sdh spt ini?

    Belum lagi di internet, bkn rahasia umum, anak sekolah yg masih pakai seragam smp, sma , tapi sdh berbuat hal yang sngat merusak moral,..

    Oleh karena itu, pilihlah sekolah yang benar, dan untuk lebih selamat, masuklah ke pesantren yang mengajarkan islam sesuai dengan pemahaman para sahabat,
    Baca link ini juga

  15. syukran yha ….
    saya ingin bertanya lage ne ,,,,, sepengetahuan saya ukh..di pesantren itu lbih cenderung kepada penggunaan b.arab dan inggris, sdgkan sya ska@ ya lbih cnderung kpda pemahaman ktab dan pelancaran i’rab… kira2 adha ngg2x ukh pesantren yang xayak gthue?? Syukraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan 🙂

    Oh, kalau mau mondok dipesantren yang khusus mempelajari diniyah saja, ada, silahkan saja ke pondok jamilurrahman jogjakarta, ini alamat webnya

    Silahkan dilihat dan dipelajari, atau coba hubungi langsung nmr kontak yg ada

  16. Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

    Terimakasih
    izin share. .

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    slhkan, terimakasih,

  17. boleh tanya?
    diskusi anisa dengan tetangga nya pakai media apa yah?
    kan tetangganya buta, bisu, tuli

    wah, mba baru baca judulnya, atau sudah membaca artikelnya? silahkan baca lagi mba,. jelas kok disitu

    Ini tulisan di akhir kisah:
    buta, tuli dan bisu,
    wanita yang tidak pernah melihat lelaki selain muhrimnya,
    wanita yang tidak pernah mau mendengar perkara yang dapat mengundang murka Allah Ta’ala,
    wanita yang tidak pernah berbicara ghibah, ghosib dan segala sesuatu yang mengundang dosa dan sia sia tak tahan airmata ini pun jatuh membasahi diary.

  18. terima kasih mas saya sudah baca artikelnya…

    Alhamdulillah

    maaf saya mau tanya lagi apa pandangan mas tentang wahabi?

    mau tahu apa itu wahabi, ulasannya sudah saya posting disini

    Baca di sini juga, klik ya

    saya orang yang awan mas,sya minta pncerahannya …

    sya minta saran mas apa ormas islam di indonesia yang paling dekat dengan ajaran Rasululullah…

    Islam melarang mengkotak-kotakan kaum muslimin, tidak boleh bercerai berai, islam itu satu,..
    Ikutilah islam yang diajarkan Rasulullah kepada sahabat, kenapa, sebab itulah satu-satunya jalan keselamatan, silahkan klik disini

    terima kasih mas, semoga Allah membalas semua kebaikannya.

    Aamiin
    Jazakumullahu khairan

  19. terima kasih atas semua pencerahannya…
    klo bisa saya minta no klo ada telkomsel .

    karena saya masih bingung karena terlalu banyaknya ormas yang ada di indonesia yang mengaku sesuai dengan ajaran Rasululullah…saya ingin belajar islam secara sungguh” ..

    banyak pertanyaan yang ingin sya tnyakan…

    sya menganggap anda ustad karena anda telah memberikan ilmu kepada saya…
    syukron..

    Silahkan sms ke nomer sms center blog ini,.0823 1775 7628
    Saya bukanlah ustadz, dan saya hanya menukil postingan para ustadz, tapi hendaknya anda belajar pada ustadz langsung,
    Sebutkan kota tempat anda tinggal, dan insya Allah akan saya tunjukkan tempat taklim di kota anda,

1 Trackback / Pingback

  1. Hakikat Jilbab | Komunitas Moslem Purworejo

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*