Hukum Nonton TV di Jaman ini

Apa Hukum Menonton Tv Halal Apa Haram Seandainya Tv Dan Media Sudah Ada Jaman Nabi Muhammad Ngaji Sambil Menonton Tv Hukumnya Menonton Tv.media Islam Menonton Tv Haram Muhammad Nasjr

Hukum Nonton Televisi di Zaman Ini

Syeikh Muhammad Nashiruddin al Albani rahimahullah mendapat pertanyaan sebagai berikut, “Apa hukum menonton televisi di masa kini?”.

الجواب: التلفزيون اليوم لا شك أنه حرام، لأن التلفزيون مثل الراديو والمسجل، هذه كغيرها من النعم التي أحاط الله بها عباده

Jawaban beliau, “Tidaklah diragukan bahwa hukum menonton televisi pada masa kini adalah haram. Televisi itu seperti radio dan tape recorder. Benda-benda ini dan yang lainnya adalah di antara limpahan nikmat Allah kepada para hamba-Nya.

كما قال: {وإن تعدوا نعمة الله لا تحصوها}

Sebagaimana firman Allah yang artinya, “Dan jika kalian menghitung nikmat Allah niscaya kalian tidak bisa menghitungnya

فالسمع نعمة والبصر نعمة والشفتان نعمة واللسان، ولكن كثيرا من هذه النعم تصبح نقما على أصحابها لأنهم لم يستعملوها فيما أحب الله أن يستعملوها؛

Pendengaran adalah nikmat Allah. Penglihatan juga merupakan nikmat. Dua bibir dan lidah juga nikmat. Akan tetapi, banyak dari berbagai nikmat yang menjadi sumber bencana bagi orang yang mendapatkan nikmat tersebut karena mereka tidak mempergunakan nikmat dalam perkara yang Allah inginkan.

فالراديو والتلفزيون والمسجل أعتبرها من النعم ولكن متى تكون من النعم؟ حينما توجه الوجهة النافعة للأمة،

Radio, televisi dan tape recorder adalah nikmat ketika dipergunakan untuk perkara yang mendatangkan nikmat bagi umat.

التلفزيون اليوم بالمئة تسعة وتسعون فسق، خلاعة، فجور، أغاني محرمة، إلى آخره،

Isi televisi pada masa kini 99 persen adalah kefasikan, pornografi atau porno aksi, kemaksiatan, nyanyian yang haram dst.

بالمئة واحد يعرض أشياء قد يستفيد منه بعض الناس

Sedangkan hanya 1% saja dari tontonannya yang bisa diambil manfaatnya oleh sebagian orang.

فالعبرة بالغالب،

Sedangkan kaedah mengatakan bahwa nilai sesuatu itu berdasarkan unsur dominan dalam sesuatu tersebut.

فحينما توجد دولة مسلمة حقا وتضع مناهج علمية مفيدة للأمة حينئذ لا أقول : التلفزيون جائز، بل أقول واجب.

Ketika ada negara Islam yang sesunggunnya lalu negara membuat program acara TV yang ilmiah dan bermanfaat bagi umat maka –pada saat itu- kami tidak hanya mengatakan bahwa hukum menonton TV adalah boleh bahkan akan kami katakan bahwa menonton TV hukumnya wajib.

Sumber:

http://www.sahab.net/forums/showthread.php?t=342586

Catatan:
Jika demikian hukum menonton TV –menurut al Albani- di zaman beliau padahal beliau tinggal di Yordania, lalu bagaimana dengan hukum menonton TV saat ini di negeri kita??!!
Fatwa di atas mengisyaratkan bahwa al Albani tidak mengharamkan gambar bergerak yang tentu ada di layar TV.

sumber: http://ustadzaris.com/hukum-menonton-televisi-di-zaman-ini

Kenapa Muslimah Sejati Tidak Mau Menonton Televisi Gimana Hukum Nonton Tv Dan Naik Motor Dalil Haramnya Tv Dakwah Di Tv Bolehkah Aslibumiayu Apabila Seorang Menonton Tv Lawan Jenis Apa Maksudnya

9 Comments

  1. kalau TV haram, bagaimana kl kita keluar rumah dimana perilaku manusia di luaran rumah lebih parah dr acara TV, apakah kita berdiam di rumah saja ?

    Kalau keluar rumah, kita disuruh menundukan pandangan, tidak memandang kepada lawan jenis kita, menjaga pandangan dari apa-apa yang diharamkan oleh Allah, bukan berdiam diri di rumah,
    Dan ketika didalam rumah, kita juga disuruh untuk menjaga pandangan mata kita dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah, termasuk menonton acara televisi, karena untuk acara televisi di indonesia, sebagian besar adalah merusak moral bangsa, mengumbar tayangan yang tidak mendidik, sehingga generasi muda bangsa ini semakin jauh dari ajaran agama, karena terbuai oleh tontonan yang disajikannya,…

  2. lucu…bilang tv sama radio haram, tp di sidebar kanan ada iklan radiorodja, brarti penulis munafik dong

    apanya yang lucu, dengerin dulu, baru komentar,
    baca dulu artikelnya, baru komentar,

    jika ada tivi dan radio yang dengannya kita bisa mengetahui ajaran islam menurut pemahaman para sahabat, ya beda mas hukumnya,..

    seandainya di indonesia ada stasiun televisi yang materi siaranya tidak bertentangan dengan ajaran Rasulullah berdasarkan pemahaman para sahabat,. boleh kita nontonya,.. nyatanya di indonesia, hampir 90 persen lebih siaranya mengajak kita kepada kejelekan,..

  3. Aneh, berarti Internet juga haram dong!! 😀
    Admin gk boleh nyebarin konten di media (blog) haram ini
    Ingat: dibanding media TV atau radio, media internet jauh lebih berbahaya!!

    Tolong dibaca baik-baik artikel tentang televisi tersebut,
    Untuk televisi, acara yang ada tidak bisa kita kendalikan, apalagi tidak ada televisi yang menyebarkan dakwah islam yang benar,..
    Jika anda jujur, televisi yang ada di indonesia, acaranya berisi acara2 yang merusak moral bangsa, sangat sedikit sekali yang bermanfaat,
    Jika anda mau melihat televisi juga, alhamdulillah sudah ada chanel televisi yang berisi dakwah yang benar, ada rodja tv dan insan tv, bisa disimak via parabola

    Untuk internet, itu ibarat pisau bermata dua, jika tidak hati-hati kita bisa terbunuh karenanya,.. cuma beda internet, kendali ada di kita,.. tergantung gimana kita, jika digunakan utk kebaikan, membuka web yang berisi dakwah yang benar,.. itu bisa bermanfaat, apalagi utk mendakwahkan islam yang benar,, ini bisa bernilai pahala,

    Bisa juga digunakan utk hal-hal yg tidak benar,.. jadi salah jika dikatakan internet itu bidah juga,..karena bidah hanya ada dalam perkara ibadah, bukan perkara dunia sperti internet,

  4. sepertinya para komentator kurang sekali memahami maksud dan tujuan dari artikel diatas… padahal kita diajak utk memilah mana jalan yg terbaik utk kehidupan kita kelak di akhirat

  5. berarti tergantung kitanya
    kalau di ambil manfaatnya doang jdi boleh dong

    Masalahnya tv-tv umum yang ada, 99 persen berbahaya,. berbeda dengan tv dakwah spt rodja tv,. insya Allah manfaat 100 persen

  6. kebiasaan orang indonesia tidak membaca sampai tutas dan tidak mencermati .
    sejati orang yang baru belajar islampun tau kalau tontonan yang dilarang agama itu HARAM .

  7. Kaya nya repot banget ya kalo begini nih, tv haram, hp juga haram dong ya apa lagi kalo ada yg update2 foto di bbm…bingung saya gimana ngejalanin hidup ini ya. Supaya jadi halal…

    Kata siapa mas indra,.
    TV ga haram, hape ngga haram,
    Yang haram adalah acara tv nya, atau utk apa hape itu digunakannya,.

    update status dengan foto di bbm? apa tujuannya?
    Hati-hati… banyak kebahagiaan rumah tangga terenggut akibat bbm, bahkan rumahtangga hancur akibat chat di bbm,facebook, silahkan baca kisahnya disini

  8. saya tidak akan berkomentar panjang lebar , cuma saya sedikit menangkap apa yang disampaikan oleh isi artikel tsb. yaitu poinnya hanya satu , tv , hp / radio hanya alat , alat bisa mnjadi bagus / rusak tergantung si pemakai. sama halnya pisau , pisau juga alat , pisau klau digunakan yg bgus untuk memasak itu dpt mmbntu si pengguna , tp bisa mnjadi rusak / maksiat apabila di gunakan untuk menusuk/ membunuh orang. sekian dan trimaksih

    iya, betul…
    Tapi kalau tv umum,. itu 99 persen merusak moral,..
    Jadi penontonnya dijamin susah untuk baik moralnya, berbeda dengan tv dakwah seperti Rodja TV,. itu 100 persen bermanfaat, maka jadilah penonton tv yang cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*