Ulang Tahun Itu Bukan Dari Islam, Bahasa Arabnya ULTAH Itu MAULID

Hukum Berjualan Di Pesta Yulang Tahun Ulang Tahun Dalam Alquran Sejarah Ulang Tahun Menurut Islam Ayat Alquran Untuk Ulang Tahun Larangan Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

Ma’af Kawan..Saya Gak Ngucapin Selamat ULTAH-mu.

ulang tahun ada di injilTernyata ULANG TAHUN ada Dalam INJIL MATIUS 14 : 6 dan INJIL MARKUS 6 :21

Mungkin kurangnya pengetahuan mengenai “ke-Aqidah-an”, masih banyak ummat Islam yang mengikuti ritual paganisme ini.

Bahkan tidak menutup kemungkinan para ustadz dan ustadzahpun ikut merayakannya dan terjebak di dalamnya.

Apalagi gencarnya media televisi dan media massa lainnya mempublikasikan seremonialnya yang terkadang dilakukan oleh beberapa da’i muda atau yang bergelar ustadz [setengah artis, katanya sih !].

Ditambah lagi kebiasaan ini sudah jamak dan menjadi hal yang seakan-akan wajib apabila ada anggota keluarga, rekan atau sahabat yang memperingati hari lahirnya.

Dan tak kurang kelirunya sejak di Taman Kanak-kanak dan SD sudah diajarkan secara praktek langsung bahkan ada termaktub dalam buku-buku kurikulum mereka . Wallahu a’lam.

Semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka. Pada masa-masa awal Nasrani generasi pertama (Ahlul Kitab / kaum khawariyyun / pengikut nabi Isa) mereka tidak merayakan Upacara Ulang Tahun, karena mereka menganggap bahwa pesta ulang tahun itu adalah pesta yang mungkar dan hanya pekerjaan orang kafir Paganisme.

Pada masa Herodeslah acara ulang tahun dimeriahkan sebagaimana tertulis dalam Injil Matius 14:6; Tetapi pada HARI ULANG TAHUN Herodes, menarilah anak Herodes yang perempuan, Herodiaz, ditengah-tengah meraka akan menyukakan hati Herodes. (Matius14 : 6)

Dalam Injil Markus 6:21

Akhirnya tiba juga kesempatan yang baik bagi Herodias, ketika Herodes pada HARI ULANG TAHUNNYA mengadakan perjamuan untuk pembesar-pembesarnya, perwira-perwiranya dan orang-orang terkemuka di Galilea.

(Markus 6:21)

Look at the Bible, Matthew 14 : 6 and Mark 6:21; celebrating of birthday is Paganism, and Jesus (Isa, peace be upon him) doesn’t to do it, but Herod.

Matthew 14:6 : “But when Herod’s birthday was kept, the daughter of Herodias danced before them, and pleased Herod”.

Mark 6:21 : And when a convenient day was come, that Herod on his birthday made a supper to his lords, and the high captains, and the chief men of Galilee.

Orang Nasrani yang pertama kali mengadakan pesta ulang tahun adalah orang Nasrani Romawi. Beberapa batang lilin dinyalakan sesuai dengan usia orang yang berulang tahun.

Sebuah kue ulang tahun dibuatnya dan dalam pesta itu, kue besar dipotong dan lilinpun ditiup. (Baca buku :Parasit Aqidah. A.D. El. Marzdedeq, Penerbit Syaamil, hal. 298)

Sudah menjadi kebiasaan kita mengucapkan selamat ulang tahun kepada keluarga maupun teman, sahabat pada hari ULTAHnya.

Bahkan tidak sedikit yang aktif dakwah (ustadz dan ustadzah) pun turut larut dalam tradisi jahiliyah ini.

Sedangkan kita sama-sama tahu bahwa tradisi ini tidak pernah diajarkan oleh Nabi kita yang mulia MUHAMMAD Shalallah Alaihi Wasallam, dan kita ketahui Rasulullah adalah orang yang paling mengerti cara bermasyarakat, bersosialisasi, paling tahu bagaimana cara menggembirakan para sahabat-sahabatnya.

Rasulullah paling mengerti bagaimana cara mensyukuri hidup dan kenikmatannya. Rasulullah paling mengerti bagaimana cara menghibur orang yang sedang bersedih.

Rasulullah adalah orang yang paling mengerti CARA BERSYUKUR dalam setiap hal yang di dalamnya ada rasa kegembiraan.

Adapun tradisi ULANG TAHUN ini merupakan tradisi orang-orang Yahudi, Nasrani dan kaum paganisme, maka Rasulullah memerintahkan untuk menyelisihinya.

Apakah Rasulullah pernah melakukannya ?

Apakah para sahabat Rasululah pernah melakukannya ?

Apakah para Tabi’in dan Tabiut tabi’in pernah melakukannya ?

Padahal Herodes sudah hidup pada jaman Nabi Isa.

Apakah Rasulullah mengikuti tradisi ini ?

Apakah 3 generasi terbaik dalam Islam melakukan ritual paganisme ini ?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik umat manusia adalah generasiku (sahabat), kemudian orang-orang yang mengikuti mereka (tabi’in) dan kemudian orang-orang yang mengikuti mereka lagi (tabi’ut tabi’in).” (Muttafaq ‘alaih)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian mencela seorang pun di antara para sahabatku. Karena sesungguhnya apabila seandainya ada salah satu di antara kalian yang bisa berinfak emas sebesar Gunung Uhud maka itu tidak akan bisa menyaingi infak salah seorang di antara mereka; yang hanya sebesar genggaman tangan atau bahkan setengahnya saja.” (Muttafaq ‘alaih)

Rasulullah pernah bersabda: “Kamu akan mengkuti cara hidup orang-orang sebelum kamu, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sehingga jika mereka masuk kedalam lobang biawak kamu pasti akan memasukinya juga”.

Para sahabat bertanya,”Apakah yang engkau maksud adalah kaum Yahudi dan Nasrani wahai Rasulullah?”

Rasulullah menjawab:

“Siapa lagi jika bukan mereka?!”.

Rasulullah bersabda:

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ “

Man tasabbaha biqaumin fahua minhum” (Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka.”( HR. Ahmad dan Abu Daud dari Ibnu Umar).

Allah berfirman;

وَلَنْ تَرْضَى عَنْكَ الْيَهُودُ وَلا النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. (QS. Al Baqarah : 120)

وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran , pengelihatan, dan hati, semuannya itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Isra’:36) “

… dan kamu mengatakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikitpun juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.” (QS. an-Nuur: 15)

Janganlah kita ikut-ikutan, karena tidak mengerti tentang sesuatu perkara.

Latah ikut-ikutan memperingati Ulang Tahun, tanpa mengerti darimana asal perayaan tersebut. Ini penjelasan Nabi tentang sebagian umatnya yang akan meninggalkan tuntunan beliau dan lebih memilih tuntunan dan cara hidup diluar Islam.

Termasuk juga diantaranya adalah peringatan perayaan ULTAH, meskipun ditutupi dengan label SYUKURAN atau ucapan selamat MILAD atau Met MILAD seakan-akan kelihatan lebih Islami.

Ingatlah !

Sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasul.

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa beramal dengan suatu amalan yang “tidak ada perintah dari kami padanya” maka amalan tersebut TERTOLAK (yaitu tidak diterima oleh Allah).” [HR. Muslim]

Rasulullah, para sahabat, tabi’in dan tabiut tabi’in adalah orang yang PALING MENGERTI AGAMA ISLAM.

Mereka tidak mengucapkan dan tidak memperingati Ulang Tahun, walaupun mungkin sebagian manusia menganggapnya baik.

Pahamilah “Kaidah” yang agung ini;

لو كان خيرا لسبقون اليه

“Lau Kaana Khairan Lasabaquuna ilaihi” SEANDAINYA PERBUATAN ITU BAIK, MAKA RASULULLAH, PARA SAHABAT, TABI’IN DAN TABIUT TABI’IN PASTI MEREKA LEBIH DAHULU MENGMALKANNYA DARIPADA KITA.

Karena mereka paling tahu tentang nilai sebuah kebaikan daripada kita yang hidup di jaman sekarang ini. Jika kita mau merenung apa yang harus dirayakan atau disyukuri BERKURANGNYA usia kita?

Semakin dekatnya kita dengan KUBUR?

SUDAH SIAPKAH kita untuk itu?

Akankah kita bisa merayakannya tahun depan?

Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri MEMPERHATIKAN apa yang telah diperbuatnya UNTUK HARI ESOK (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18)

Seorang muslim dia dituntut untuk MUHASABAH setiap hari, karena setiap detik yang dilaluinya TIDAK akan pernah kembali lagi sampai nanti dipertemukan oleh ALLAH pada hari penghisaban , yang tidak ada yang bermanfaat pada hari itu baik anak maupun harta kecuali orang yang menghadap ALLAH dengan membawa hati yang ikhlas dan amal yang soleh.

Jadi, alangkah baiknya jika tradisi jahiliyah ini kita buang jauh-jauh dari diri kita, keluarga dan anak-anak kita dan menggantinya dengan tuntunan yg mulia yang diajarkan oleh Rasulullah.

Sahabatmu Anwar Baru Belajar

Print Friendly, PDF & Email

Kata-kata Ucapan Syukur Ulang Tahun Kristen Hukum Menjual Kue Ulang Tahun Istilah Ulang Tahun Dalam Islam Saya Tidak Merayakan.ulang Tahun Islam. Halaman Di Dalam Al Quran Tentang Ucapan Ulang Tahun

18 Comments

  1. Wah tambah ilmu lagi nih
    Makasih ya…..
    Jd nggak mw ngucapin met ultah n ngrayain
    He3x

    O ya tp klo pd saat hari H nya itu kta merenung/introspeksì gmn? Misal “umurku tlah berkurang 1 tahun, bentar lg mati” tu boleh?

    Merenung jangan tiap hari ulang tahun, justru tiap mau tidur, merenung apakah besok masih diberi kesempatan hidup atau tidak,.. introspeksi, apa yg telah dilakukan hari ini, ketaatan, atau kemaksiatan,.. sehingga semakin hari kita akan berusaha menjadi leb ih baik,

    Sebenarnya jika masih mempunyai akal sehat, kita semakin mendekati hari kematian kok dirayain? bukannya malah buat menyiapkan bekal tuk menyongsong kematian tersebut, yang bisa datang sewaktu-waktu, siap atau tidak siap,.. kita rela, atau tidak rela,… kematian pasti akan datang,… bukan dirayakan, apalagi isi acaranya adalah sebagian besar adalah kemaksiatan, penghambur-hamburan harta… hanya menambah dosa…

  2. Mas admin, terimakasih banyak artikelnya, kebetulan kemarin keponakan saya baru merayakan ultahnya yg ke 1 dan sudah saya wanti2 ke ayahnya (yaitu adik saya) untuk tidak merayakan ultah walaupun isi perayaannya hanya sekedar mendoakan.
    Saya akan kirim artikel ini ke adik dan ibu saya. Semoga mereka bisa mengerti.

    Jazakalloh khoiron….

    waiyyaka… mudah-mudahan bermanfaat..

  3. saya masih ada yg bingung nih mas admin,
    Adakah dalil yang menyatakan PELARANGAN MENGUCAPKAN ‘selamat ultah’ atau yang sejenisnya? (misal : janganlh kmu mengucapkan hal…pada saat…dst…), seperti dalam pelarangan mngucapkan ‘mirip ibu'(kalau ga salah) pada seorang istri.,

    Bingungnya dalam hal apanya? mana dalil yang melarang?? Perlu mas ketahui, biasanya orang mengadakan ulangtahun itu dalam rangka apa? Apakah beribadah? Atau sekedar meniru tradisi masyarakat yang tidak tahu siapa yang pertama kali melakukan tradisi ulangtahun ini??
    Yang pertama kali mengadakan acara ulang tahun adalah orang kafir,..
    Di jaman Rasulullah tidak pernah Rasulullah mengadakan ulangtahun, demikian juga para sahabat, thabiin, juga ulama-ulama setelahnya.
    Termasuk juga Imam yang empat, imam malik, imam hanafi, imam syafii, imam ahmad,.. tidak pernah mengadakan ulang tahun,..
    Atau ulama semisal imam bukhari, muslim,.. dan masih sangat banyak sekali ulama2 ahlus sunnah yang lain..

    Ketahuilah mas, orang yang pertama kali mengadakan ulangtahun adalah orang kafir,…
    Dan Rasulullah melarang kita menyerupai orang kafir,…

    Kalau ingin dalil yang jelas tentang pelarangan ulang tahun, sama saja saya ngomong gini,.. ada tidak dalil yang melarang shalat maghrib lima rakaat, ada tidak dalilnya?? kalau tidak ada, berarti boleh kita shalat maghrib 5 rakaat?? Mudah2an dengan penjelasan ini bisa sedikit memahamkan anda,.. terimakasih..

    karena mnurut saya kalo berdasar hadits ‘jangan meniru…maka termasuk golongan…dst ‘ itu terlalu luas, karena bisa juga ditafsirkan(oleh saya) bhwa komputerisasi(termasuk ngeblog,os,handphone,internet)itu juga berupakan budaya barat yang notabene kristen/yahudi kan?

    Mas, komputer itu urusan dunia, bukan urusan ibadah, boleh2 saja menggunakan sarana tersebut jika menunjang dakwah, dan tentu tidak bertentangan dengan dakwah Rasulullah itu sendiri.

    Ingat juga, Rasulullah sudah menjelaskan semuanya, jadi termasuk masalah maksud menyerupai mereka itu apa, sudah dijelaskan juga oleh Rasulullah,.. jadi jangan ditafsirkan sendiri,.. urusan agama serahkan kepada ahlinya,.. sebagaimana perintah Allah dalam alquran, ” bertanyalah kepada ahlul ilm jika kamu tidak mengetahui”, jadi mas, bacalah tafsir para ulama tentang yg dimaksud menyerupai mereka,.. jangan jadi ahli tafsir sendiri, bahaya…

    Kalau ada dalilnya mohon di share(tentang pengucapannya BUKAN pestanya dalam konteks ulang tahun), soalnya saya takut pendapat ‘tidak boleh mengucapkan selamat ultah’ ini merupakan suatu tindakan yang berlebih-lebihan dalam hal agama.

    mas, yang dilarang bukan pengucapan selamat ulang tahunnya,.. justru acaranya sendiri itu terlarang,…
    Karena ulangtahun adalah acara yang berulang setiap tahunnya, menyerupai ied,.. sedang ied dalam islam setiap tahun cuma ada 2, yaitu iedul fitri dan iedul adha.. tidak ada ied selain kedua ied tersebut,..

    Apakah mas tahu, apa hakekat ulang tahun itu?
    Masing-masing manusia sudah ditetapkan berapa usianya,..
    Ulang tahun pada hakekatnya seseorang itu semakin mendekati hari kematiannya,…

    Seoarang manusia tentu ada perasaan sedih ketika akan ditinggalkan oleh orang yang dicintainya untuk selama-lamanya,
    Apalagi orang tua terhadap anaknya,
    Nah kok ada, orang yang merayakan hari semakin mendekatnya seseorang dengan kematiannya…
    Setega itukah??

    Itulah pinternya setan tuk mengajak manusia dalam bermaksiat kepada Allah…

    • Admin kurang akua ya.

      Itu cuma nanya ada gak dalil yg nglarang NGUCAPIN SELAMAT ULANG TAHUN. Bukan bikin pestanya dll.

      Ribet banget jawabnya ngalor ngidul. Contoh lain kan juga misal ada orang wisuda.

      Bilang selamat wisuda, selamat menikah dll itu sama aja selamat ulang tahun juga sama aja esensinya.

      Itu kan juga urusan menjaga hubungan dengan manusia.

      Ngucapin selamat ulang tahun saja sudah berdosa, apalagi ditambah pesta,..

      Aquanya buat anda saja mas,

      Orang mau dicabut nyawanya koq diucapin selamat?

      Orang berkurang jatah umurnya koq dikasih ucapan selamat?

      Ga paham hakekatnya ya?

      Usia manusia itu sdh ditentukan kapan matinya, ga akan maju atau mundur walau sedetikpun, …

      Semua kita sedang berlari dgn sangat cepat menuju kematian, bertambahnya waktu itu kita semakin mendekati akhir hidup kira,…

      Lah koq diucapkan selamat?

      Mudah2an pikiran anda sehat, sehingga memahami hakekatnya

  4. Maaf…. kalimat terakhir… saya jadi ngeri bacanya lho…
    ” Kitabullah (Al Qur’anul Karim) Adalah Kitab Terakhir Yang Diturunkan Oleh Allah, Rabb Semesta Alam. Al Qur’an Adalah Penghapus Kitab Taurat, Zabur, Injil dan Seluruh Kitab Yang Diturunkan Sebelumnya.”

    janganlah PENGHAPUS tapi PENYEMPURNA

    menurut
    surat Al-‘Alaq ayat 1-5
    Kitab Al quran artinya:sungguh kami telah menurunkan az zikir (al quran) dan sungguh kami akan memeliharanya.Diberikan kepada nabi muhammad saw,sebagai penyempurna kitab sebelumnya dari awal mula al quran diturunkan sampai sekarang dan seterusnya akan selalu terjaga keaslianya.dan juga allah menjamin kitab suci al quran akan selalu terjaga keaslianya.
    maaf… menyela…. karena satu kata saja dapat menjadikan kesalahpahaman…

    Alquran itu adalah penghapus kitab-kitab sebelumnya,..
    Makanya jika ada umat nabi sebelumnya, lalu menjumpai jaman nabi muhammad, maka wajib mengikuti alquran,.
    Karena kitab-kitab sebelumnya itu sudah mengalami banyak perubahan oleh tangan-tangan manusia,
    Hanya Alquran yg dijamin keasliannya, sementara kitab-kitab sebelumnya tidak ,.

    Jadi Alquran menghapus kitab-kitab sebelumnya,
    Kitab-Kitab Sebelum Al Quran Telah Dimansukh (Dihapus)

    Seluruh kitab-kitab terdahulu telah termansukhkan (terhapus) oleh Al Quran Al ‘Adziim. Allah Ta’ala berfirman,

    وَأَنزَلْنَآإِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ …{48}

    “Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan sebagai muhaimin terhadap kitab-kitab yang lain itu…” (QS. Al Maidah: 48). Maksud “muhaimin” adalah Al Quran sebagai haakim (yang memutuskan benar atau tidaknya, ed) apa yang terdapat dalam kitab-kitab terdahulu. Berdasarkan hal ini, maka tidak dibolehkan mengamalkan hukum apapun dari hukum-hukum kitab terdahulu, kecuali yang benar dan diakui oleh Al Quran. (Syarh Ushuulil Iman, hal 30-31)

    Kitab-kitab terdahulu semuanya mansukh (dihapus) dengan turunnya Al Quran Al ‘Adziim yang telah Allah jamin keasliannya. Karena Al Quran akan tetap menjadi hujjah bagi semua makhluk sampai hari kiamat kelak. Dan sebagai konsekuensinya, tidak boleh berhukum dengan selain Al Quran dalam kondidi apapun. Sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah ,

    …فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلأَخِرِ ذَلِكَ خَيْرُُ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً {59}

    “…Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (QS. An Nisaa’: 59). (Husuulul Ma’muul bi Syarhi Tsalaatsatil Ushuul, hal 33)

    Mudah-mudahan anda paham,

  5. sungguh sangat bermanfaat bagiku…trims dan mohon ijin sedot tulisannya, untuk saya hapal dan beri tahukan pada orng lain.

  6. Assalamu alaykum…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    Bagaimana hukumnya orang yang menjual kue, termasuk kue ulang tahun…Juga thdap pengusaha rumah makan, restoran atau kafe yang biasanya dijadikan tempat merayakan ulang tahun meskipun hanya mentraktir teman2 yang berulang tahun…apakah kami harus memasang larangan di rumah makan kami bagi tamu yang datang dengan maksud merayakan ulang tahun, meskipun hanya makan2 di tempat kami…terima kasih atas jawabannya.

    Terimakasih,
    Sebaiknya tidak menjual atau membuat kue ulang tahun, juga tidak menulis menerima acara ulang tahun di restoran (paket ulangtahun)
    Juallah makanan biasa saja, sebagaimana layaknya restoran, tdk ada acara ulangtahun,atau kue2 ultah, Insya Allah tidak akan mengurangi omzet anda,,. banyak kok restoran2 yg spt itu juga,.
    Jika dulu pernah spt itu, sekarang tidak usah menerima lagi, dan jika ada yg pesan, bilang saja sekarang sudah tdk menerima pesanan kue ultah, atau booking restoran utk ultah,. Mudah2an usahanya akan diberkahi oleh Allah,.

  7. teman saya ada yang mau menanyakan
    mengucapkan apa sama dengan merayakan? Saya mengucapkan tapi tidak merayakan walau itu istri saya. bagaimana kalo itu tolong jelaskan 😀

    Mengucapkan selamat ulangtahun jg tdk diperbolehkan, karena itu merupakan bentuk persetujuan kita terhadap kemaksiatan,
    Coba anda pikirkan, apa sih hakekat hari tersebut, apakah itu hari panjang umur? selamat panjang umur…

    Taruhlah begini, misalkan istri anda sebagai perumpamaan, Allah sudah menetapkan akhir kematian semua orang termasuk istri anda, misalkan istri anda ditakdirkan meninggal pada tahun 2020 ,.. lalu pas jatuh tanggal kelahiran istri anda, apakah hakekat hari tersebut? itu adalah hari berkurangnya jatah hidup istri anda, kok anda merayakan, mengucapkan selamat?? tegakah anda mengucapkannya, berbahagia dengan hari semakin mendekatnya istri anda dengan hari kematiannya??

    coba pikirkanlah,. bisa saja sehabis pesta ulangtahun Allah mencabut nyawa orang yg berulangtahun, karena umur adalah rahasia Allah,. kita tdk tahu kapan dicabut nyawa kita,

  8. sangat bermanfaat, dimana hal perayaan ulang tahun sudah menjadi hal yg biasa…. dan hal ini perlu diluruskan…
    Mas admin… sekiranya saya memperbanyak artikel ini dengan fotokopi dan saya bagikan dengan teman2 muslim agar mereka mengerti, apakah ini termasuk dalam dakwah? Saya punya keterbatasan dalam menyampaikan dengan kata2/kalimat.. dan menghindari debat (karna keterbatasan ilmu juga 😀 )…. setidaknya dengan fotokopi saya bisa berbagi ilmu,

    Syukron ..Jazakalloh khoiron….

    Silahkan saja, namun perhatikan juga siapa yang akan anda kasih, kadangkala ada yg tidak siap menerima sehingga yang timbul adalah akibat yang kurang baik, misalkan dia menganggap anda sok pinter, atau malah mengundang perdebatan,. jadi dipikirkan lagi, dan dilihat2 dulu, jika kelihatan orang yang akan anda beritahu tersebut sikapnya bagus, mau menerima masukan, mungkin ada baiknya juga, anda mencoba memberikan kepada orang tersebut,..
    afwan,..
    Jazakallahu khairan,.

  9. assalamu’alaikum..
    bgaimnkh skap kita apbila ad tmn mngucpkn slmt ulg thun kpda kita?

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    jika kita tidak merayakan hari ulang tahun, apakah ada yang mengucapkannya?
    jika masih ada, jawab saja, ga ada istimewanya hari ulang tahun, ini kan hari semakin berkurangnya jatah hidup kita, lha kok anda mengucapkan selamat? umur saya semakin berkurang kok diucapin selamat, teganya dirimu,..

  10. Assalamualaikum,

    Alhamdulillah bermanfaat, sy sdh mengatakan tidak ulang tahun, berpesan kpd keluarga dan teman 2,

    bagaimana sikap kita jika di kantor tiba2 teman2 masuk keruangan dan mengucapkan selamat ulang tahun utk saya sambil menbawa kue dan lilin ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Tulis saja saat hari nya,
    Maaf saya sedang bersedih, karena jatah usia saya berkurang, semakin mendekat pada hari kematian saya,..

    Janganlah anda mengucapkan selamat..
    Tegakah anda mengucapkan selamat kepada orang yang mau mati, apalagi memberikan kue dan lilin?

    Nasehati orang tersebut bahwa itu bukan dari ISLAM, itu ajaran injil

  11. Alhamdulillah terimakasih,
    kemarin sdh sy beritahukan kpd teman 2 muslim : tdk ada acara ultah dan itu bagian ibadah agama lain dan jgn lagi buat sprti itu lg baik utk utk diri sendiri atau org lain,

    Alhamdulillah,.

  12. Bagaimana jika kita diundang di acara ulang tahun dg teman dekat kita?

    Sy tidak merayakan ultah dan sdh memahaminya kalau itu memang dr agama lain.

    Untuk menolak undangan ultah itu gimana caranya?

    Jelaskan saja tentang ulangtahun itu bukan ajaran islam, tapi ajaran agama diluar islam, ada dalam injil, kasih postingan di atas,

    Dan masing2 kita itu sedang berlari dengan sangat kencang menuju hari kematian kita..

    Hari ulang tahun itu hakekatnya berkurang umur kita, koq malah ngucapin selamat, dirayakan..

    Ini hanya orang yang super tega saja, bukannya sedih karena mau mendekati hari kematian, malah dirayakan..

    Banyak yang salah persepsi tentang ulang tahun ini

  13. Assalamu”alaikum
    Apakah ada pengganti ucapan selamat ulang tahun? Gimana jika teman dekat kita yang ulang tahun? Apakah yang harus kita katakan padanya?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Ga usah ngomong apa-apa, ga usah mengingat hari lahir,

    Apa kira-kira kata-kata yang akan anda ucapkan ketika tahu saudaramu sudah divonis mati tanggal sekian, lalu dengan bertambah dekatnya hari tersebut anda tega mengucapkan selamatvulang tahun, selamat panjang umur?? Ini Adalah semakin menyakiti hatinya,

    Orang mau mati koq dikasih selamat,..

  14. Alhamdulillah, smakin bertambah kecintaan akan agamaku, saya dan anak2 pun tdk ada prayaan ultah.

    Anak saya pun sdh mengerti knp dia saya larang menghadiri undangan ultah dr temannya.

    Terlihat kejam bagi yg tidak mengerti tapi Allah Maha Mengetahui.

    Syukron atas tambahan pengetahuannya kang.
    semoga Allah memberkahi kehidupan kita semua, amiiin allahumma amiin

    Alhamdulillah,.. Aamiin,..
    Orangtua yang merayakan ulangtahun anaknya, itu adalah orang tua yang TEGA merayakan hari semakin dekatnya anak menuju hari kematiannya,…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*