"Eli, Eli, lama sabakhtani?" mengantarnya kepada Hidayah Islam

AYAH saya seorang pastor atau pendeta dalam agama Kristen Katolik. Beliau mengajarkan Alkitab (Injil) pada saya sejak saya masih kecil dengan harapan agar saya menjadi penerus cita-citanya di kemudian hari. Saya belajar Alkitab pasal demi pasal dan ayat demi ayat dengan seksama. Berkat bimbingannya, saya betul-betul memahami kandungan dan tafsiran Alkitab. Sejak saya berumur empat belas tahun, saya diberi kepercayaan berceramah di gereja pada setiap hari Minggu dan hari-hari keagamaan Kristen lainnya. Setelah saya banyak membaca Alkitab, banyak saya dapatkan kejanggalan-kejanggalan di dalamnya. Dalam Alkitab, antara pasal satu dan pasal lainnya banyak terjadi pertentangan, dan banyak ajaran gereja yang bertentangan dengan isi Alkitab.

Misalnya, Yohanes pasal 10 ayat 30, menerangkan bahwa Allah dan Yesus (Isa) bersatu, yaitu, “Aku dan Bapa adalah satu.” Sedangkan, pada Matius pasal 27 ayat 46 menjelaskan bahwa Yesus dan Allah berpisah, yaitu, “Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring, “Eli, Eli, lama sabakhtani?” ‘Artinya, “Tuhanku, Tuhanku, mengapa Engkau meninggalkan aku?”

Dalam ajaran gereja, seorang bayi yang lahir akan membawa dosa warisan dari Nabi Adam dan 1bu Hawa. Juga, bayi yang mati sebelum dibaptis tidak akan masuk surga. Ajaran ini bertentangan dengan Alkitab Yehezkiel pasal 18 ayat 20 dan Matius pasal 19 ayat 14 menerangkan bahwa manusia hanya menanggung dosanya sendiri, tidak menanggung dosa orang lain. Bayi yang meninggal sebelum dibaptis akan masuk surga, karena anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang yang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan orang yang fasik akan menanggung akibat kefasikannya.

Sementara, pada Matius 19 ayat 14 Yesus berkata, “Biarlah anak-anak itu, jangan menghalang-halangi mereka datang padaku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang mempunyai Kerajaan Surga.”

Dengan semua itu saya merasa bimbang. Injil mana yang harus saya ikuti, sedangkan semuanya kitab suci? Dan apakah ajaran gereja yang harus saya ikuti, sedangkan ajarannya bertentangan dengan Alkitab ?

Saya ragu dengan keautentikan Alkitab, karena kalau Injil yang ada sekarang ini asli, tidak mungkin satu sama lain saling bertentangan. Saya juga ragu dengan kebenaran ajaran gereja karena kalau ajaran gereja itu benar, tidak mungkin bertentangan dengan kitab sucinya.

Karena mendapatkan kejanggalan dalam Alkitab dan pertentangan ajaran gereja dengan kitab sucinya, saya menjadi enggan membaca Injil dan buku buku agama (Kristen), karena saya yakin tidak akan mendapat kebenaran dalam Kristen.

Mendengar Bacaan Al-Qur’an

Pada suatu hari saya berjalan di dekat masjid. Tiba-tiba saya gemetar dan tidak bisa berjalan disebabkan mendengar suara dari dalam masjid. Setelah saya pulang ke rumah, saya bertanya pada teman-teman tentang suara yang saya dengar itu. Tetapi tidak ada satu pun dari mereka yang tahu tentang suara itu.

Setelah keesokan harinya saya bertanya pada teman sekolah yang beragama Islam, dia menjelaskanbahwa “suara” yang saya dengar di dalam masjid adalah suara orang membaca A1-Qur’an. Kemudian saya bertanya, “Apa sih, Al-Qur’an itu?” Dia menjawab, “Al-Quran itu kitab suci umat Islam.” Kemudian saya meminta Al-Qur’an padanya. Tetapi dia tidak memberikan dengan alasan saya tidak punya wudhu.

Setelah saya pulang dari sekolah, saya langsung mencari orang yang beragama Islam untuk meminjam A1-Qur’an. Akhirnya saya berjumpa dengan orang Islam yang bernama Abdullah. Ia keturunan Arab. Lalu saya pinjam Al-Qur’an padanya dan saya jelaskan padanya bahwa saya beragama Katolik dan ingin mempelajari Al-Qur’an. Dengan senang hati ia meminjamkan saya terjemahan Al-Qur’an dan riwayat hidup Nabi Muhammad saw..

Saya baca Al-Qur’an ayat demi ayat dan surat demi surat. Saya pahami kalimat demi kalimat dengan seksama. Akhirnya saya berkesimpulan, hanya Al-Qur’anlah satu-satunya kitab suci yang asli dan hanya Islamlah satu-satunya agama yang benar.

Al-Qur’an membahas persoalan ketuhanan dengan tuntas, bahasanya mudah dipaharni, dan argumentasinya rasional. Di samping itu, Al-Qur’an juga membahas tentang Nabi Isa (Yesus) sejak sebelum dikandung, dalamn kandungan, waktu dilahirkan, masa kanak-kanak dan remaja, mukjizatnya, dan kedudukannya sebagai Rasul Allah, bukan anak Allah.

Sejak mendapatkan kebenaran Islam, saya mempunyai keinginan yang kuat untuk memeluk agama Islam. Singkat cerita, kemudian saya datang menjumpai Abdullah dan saga jelaskan keinginan saga padanya.

la menyambut hasrat saya itu dengan hati ikhlas, dan ia membimbing saya membaca dua kalimat syahadat. Setelah menjadi seorang muslim, nama saya diganti menjadi Dzulfikri. Kemudian saya belajar pada Abdullah tentang hal-hal yang diwajibkan dan yang dilarang dalam Islam.

Setelah itu saya mondok di sebuah pesantren. Di situ saya belajar agama selama satu tahun. Kemudian saya pindah ke kota Malang, Jawa Timur. Di kota ini saya terus menuntut ilmu agama sambil kuliah.

Oleh A. Wadud N./Albaz – dari Buku “Saya memilih Islam” Penyusun Abdul Baqir Zein, Penerbit Gema Insani Press website : http://www.gemainsani.co.id/ oleh Mualaf Online Center (MCOL)

Print Friendly, PDF & Email

Eli Eli Lama Sabachthani Artinya Elaelasabaktani Eli Eli Sabakhtani Artinya Ila Ila Ma Sabaktani Arti Eli Eli Sabachthani

16 Comments

  1. terkadang mualaf sangat menikmati menjadi seorang muslim namun berbeda dengan seorang yang terlahir sebagai muslim tidak mensyukuri nikmat keimanannya

    itulah yang perlu dibenahi, orang non muslim kita ajak supaya mengucapkan kalimat syahadat, sehingga menjadi muslim, nah setelah menjadi muslim, kita dakwahi tentang tauhid, kenapa kaum muslimin tidak mensyukuri nikmat keimanannya? jawabnya, karena lemahnya tauhid mereka, tidak mengerti hakekat tauhid, makanya tugas kita kepada kaum muslimin adalah mendakwahi mereka akan pentingnya tauhid ini… karena tauhidlah, tujuan jin dan manusia ini diciptakan, karena untuk mentauhidkan Allah sajalah para nabi dan rasul diutus… Tauhid.. kunci kebahagiaan dunia dan akhirat…

    • Benar yg engkau sampaikan sahabatku,,

      aku ini dulu org yg bergelimangan dosa,,semua kemaksiatan aku perbuat seolah olah aku hidup tdk akan mati,,
      kesenagan demi kesenangan aku lalui,,tp kebosanan yg aku dptkan,,

      aku tahu tuhan tp tak mengenalNya,,akhirnya aku seolah olah terbangun dari mimpi,,aku sadar bahwa semua kehidupan ini ada yg mengaturnya,,,

      Alhamdulillah aku mengenalNya,,ternyata indah hidup ini,,sungguh ilmu ketuhanan itu ilmu rasa susah di ceritakan tp manis dirasakan,,yg ada hanya kerinduaan kepadaNya,,menunggu saat2 perjumpaan.

      Alhamdulillah atas nikmat ini,…

  2. Kenapa banyak pembohong besar yang selalu berkoar-koar. Anda mengatakan anak pastur!. Dalam agama katolik yang namanya pastur pasti tidak pernah punya anak. Kalau benar anda sudah mendalami alkitab secara betul maka pasti tidak pernah menafsirkan isi alkitab secara sepenggal sepenggal seperti orang muslim. Semoga saudara segera bertobat dan tidak memojokkan agama lain demi mencari keuntungan dan ketenaran diri. Berkat Tuhan selalu beserta kita. Amin

    Kenyataan di lapangan gimana?
    Apakah pastur tidak menikah?
    Kalau nyatanya punya anak, berarti gimana dong?
    Kenapa banyak pendeta yang masuk islam?
    Harusnya anda bertanya kenapa mereka rela meninggalkan gemerlap harta sewaktu jadi pendeta,
    Beda dengan orang islam yang masuk kristen, karena mie instan,
    Silahkan kalau anda memang menguasai kitab agama kalian, jawab kuis yang ada, hadiahnya gede lho,
    Yang nulis kuis juga mantan pendeta juga, mau nggak?
    Kan jawabannya ada di kitab kalian…. harusnya gampang ngejawabnya,…

    • ADMIN, Bagaimana sih?

      Kenapa giliran, saya belum dipublikasi ke publik?
      Bahasa saya sopan.
      Jangan pengecut, Admin, Saya janji jaga etika diskusi…

      Bukan seperti yang lain, yang komentar Bodoh atau bahasa jorok.

      tolong komentarnya sedikit2 saja, biar saya mudah menjawabnya, dan jawabannya langsung bisa dipahami,

      dimulai dari anggapan anda katanya jawaban muslim itu muter2,. sangat mudah menjelaskan anggapan anda tersebut,

      silahkan anda komentar lagi,

      ingat, jangan panjang-panjang

  3. di mana2 pastur tetap gak boleh menikah bos… kalo menikah berarti harus keluar dari pastur. itu fakta. jangan berkeras kawan… Kalo ngakunya anak mantan pastur baru saya percaya.

    Ngomong sih bisa aja pak, memang nggak boleh nikah, tapi lebih buruk lagi, yaitu beli dipinggir jalan, ini bukan kata saya lho? kata orang yang paling pinter dari kalangan anda yang sudah masuk islam, yang dapat S3 di vatikan, dan sudah pernah mengangkat lebih dari 3000 pendeta, lihat disini videonya pak
    Itu juga fakta pak, jangan berkeras juga kawan, he… he… :
    https://aslibumiayu.net//2010/04/20/video-mantan-rektor-universitas-kristen-papua/
    putar yang nomer 22. Rahasia pendeta dan pastur
    di nomer 23 lebih seru lagi kawan, jika ada pendeta yang sedang training di jerman, setelah itu nginap di hotel , sudah berjejer tuh, tinggal milih, lihat dan dengar sendiri kawan… mudah-mudahan anda segera menyusul masuk islam, balasanya sangat besar kawan, jangan terus berkeras kawan…. nanti anda menyesal kemudian,… setelah nyawa lepas dari badan… anda sendirian di kuburan…. dan anda hadapi tuh siksaan…. jika anda tidak masuk islam…. masih terbuka lowongan….. jangan berkeras kawan…..

    • “Ngomong sih bisa aja pak, memang nggak boleh nikah, tapi lebih buruk lagi, yaitu beli dipinggir jalan,”
      =========================================
      Anda harus bisa membedakan pengertian menikah dan “jajan”. Saya akui, kalo pastur “jajan” bisa saja terjadi. Itu masalah oknum. Tapi pastur menikah resmi dan punya anak nggak mungkin sayangku…

      Dari cerita penulis, saya simpulkan dia adalah anak legal hasil pernikahan resmi. Lihat pernyataan penulis sebagai berikut :
      “Beliau mengajarkan Alkitab (Injil) pada saya sejak saya masih kecil dengan harapan agar saya menjadi penerus cita-citanya di kemudian hari. ……………………………Sejak saya berumur empat belas tahun, saya diberi kepercayaan berceramah di gereja pada setiap hari Minggu dan hari-hari keagamaan Kristen lainnya”.

      Jelas sang pastur menikah resmi. Nah… kalo pastur menikah resmi dan punya anak maka itu sangat bertentangan dengan fakta. Pastur itu tidak menikah. Jika penulis mengaku anak mantan pastur baru saya bisa mnerima cerita ini. Oke…

      Ya, makanya itulah tidak rasionalnya agama kalian, apakah ada agama sekejam itu?
      Manusia yang sudah menikah saja terkadang nafsunya tidak terlampiaskan seluruhnya, jadi mereka terkadang ada yang melakukan penyimpangan seks, dengan selingkuh, atau jajan, dan hal-hal jelek lainnya, gimana yang tidak menikah??

      Islam menganjurkan untuk menikah, dan melarang umatnya untuk tidak menikah,
      Justru yang ada kan keburukan, banyak kasus-kasus yang terjadi pada pastur-pastur tersebut,
      mereka pastur-pastur itu mengalami penyimpangan seksual, ada yang jadi homoseks, ada juga yang main belakang dengan para biarawati,…

      Jadi sebenarnya mana yang lebih buruk, pastur menikah, atau pastur itu mengalami kelainan seks, atau pastur itu main belakang dengan biarawati? Atau pastur itu jajan diluar???
      Semuanya buruk,… yang terbaik adalah masuk islam,
      Karena Islam adalah agama yang penuh keindahan, yang mengerti akan kebutuhan hidup manusia…
      Yang memberikan kebaikan bagi manusia,

  4. “Ya, makanya itulah tidak rasionalnya agama kalian”
    =========================================
    Ini bukan masalah rasional atau irrasional suatu agama. Melainkan apakah cerita ini layak dipercaya ?? mengingat pastur itu tidak menikah kok punya anak. Anda paham nggak kalo pastur itu tidak menikah??
    ==========================================
    “Jadi sebenarnya mana yang lebih buruk, pastur menikah, atau pastur itu mengalami kelainan seks, atau pastur itu main belakang dengan biarawati? Atau pastur itu jajan diluar???
    =========================================
    Saya sudah menjelaskan bahwa jika ada pastur “jajan” atau pastur “maen” dg biarawati itu adalah oknum. Buat apa kita berdebat tentang kelakuan oknum?? bukankah itu hanya akan menjadi debat kusir saja?? Namanya oknum ya oknum. Tidak bisa digeneralisir. Tapi secara aturan gereja
    yang jelas Pastur tidak menikah…

    Inti dari pembicaraan kita adalah bahwa si penulis cerita ini ngaku anak pastur. Jadi kalo ada yg ngaku anak pastur itu cerita bohong. Paham nggak ??

    Ya, bisa jadi dulunya pastur, terus karena terkekang jadi pastur, lalu keluar dari kepasturan, sehingga jadi pendeta, dan menikah trus punya anak, kan disitu juga disebutin kan diceritanya == AYAH saya seorang pastor atau pendeta dalam agama Kristen Katolik.==
    Bisa tidak dari pastur pindah jadi pendeta? Kalau pastur tdk boleh nikah, kalau pendeta kan boleh…

    • Ya, bisa jadi dulunya pastur, terus karena terkekang jadi pastur, lalu keluar dari kepasturan, sehingga jadi pendeta, ………………………..Bisa tidak dari pastur pindah jadi pendeta?
      ==========================================
      xiixixixixi……
      Anda lucu.. pastor pindah jadi pendeta??? Okelah terserah anda. saya ngalah… semakin lama ngobrol malah semakin ketahuan bo’ongnya tuh cerita.

      Sebenarnya banyak lho cerita tentang muallaf tanpa harus membual. Sayang sekali kalo harus dengan cerita-cerita yg tak masuk akal kayak gini…. Okelah. Salam kenal saja buat anda..Tksih…

      Memang banyak yang kelucuan dalam agama anda, saya sendiri baca bible anda, bahasanya seperti orang baru belajar bahasa indonesia,… firman tuhan kok gitu,…. kalah dengan tulisan buatan manusia, yang tersusun dengan indah, sesuai kaidah bahasa, tapi injil yang diterjemahin ke bahasa indonesia?? Kacau susunan bahasanya,
      Dari pastur ke pendeta nggak bisa?? Secara teori injil mungkin nggak bisa ya?? Atau itu pastur yang nyeleneh??
      Wong dari kristen kemudian pindah ke islam itu aja bisa kok, dan ini juga mungkin nyeleneh jika ditinjau dari agama kalian ya??
      Padahal itu adalah kebaikan yang sangat besar,…
      Makanya, sudahlah pak, jangan berkeras kawan,… masuk islamlah,… jika tidak ingin menyesal nanti di kuburmu, juga diakhiratmu…

  5. Tak ada gunanya berdebat dengan orang-orang yang tidak berniat mencari kebenaran, untuk apa ? Di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang haus dengan kebenaran & keindahan ajaran Islam, terkait dengan kaum Kristen, biarlah mereka dengan keyakinan mereka, karena yang namanya KETENANGAN HATI tidak bisa dimanipulasi kok, mereka bisa berkoar-koar apa saja tentang agamanya tapi saya yakin hanya Iman Kepada Alloh Ta’ala saja yang akan menghantarkan kepada KEBAHAGIAAN SEJATI !

    Betul pak, sudah menjadi keyakinan ahlus sunnah, semua agama selain islam, tidaklah akan diterima disisi Allah, jadi sangat merugilah orang-orang yang tidak memeluk agama islam,

  6. Lha, ap anda pikir alquran jg tdk ada ganjilnya ; banyak ! ngga cukup bila ditulis, kiai jg bnyak yg msk kristen & jg merasakan semacam hidayah jg.
    contoh kyiai yang masuk kristen siapa?

    Kalau pendeta yang masuk islam sih sangat banyak, bahkan pendiri universitas kristen papua , pak yahya waloni, yang sudah pernah mengangkat lebih dari 3000 pendeta , masuk islam juga,…

    dlm 1 pasal sj ayat ke ayat lain ga bnyk ga nyambung, berdiri sendiri. cerita nabi2 jg sepenggal2, mungkin sejarahnya dulu dagang ke yahudi, liat trus nyomot kali? biar jd pesaing kali. Bljar dr sejarah aja dulu ….

    sebutkan satu saja keganjilan ayat alquran,.. gak usah banyak-banyak…
    Kalau injil sih dah gak kehitung lagi, dalam satu lembar injil saja bisa ditambah dan dikurangi,.. kalau alquran, satu huruf saja dikurangi atau ditambahi, akan ketahuan,…

  7. Isa Almasih itu utusan Allah, Isa Almasih itu Firman Allah, Isa Almasih itu Roh Allah, ayat itu juga didukung Hadits Shahih Bukhari (HSB) 1496 dan Hadits Anas Bin Malik hal. 72:

    Isa faa innahu Rohulullah wa kalimatuhu.
    Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan Kalam Allah.
    “wa kalimatuhu Alqaaha ila Maryama Wa ruuhun Minhu”

    Lafazh “Min” pada ayat ini tidak berarti ‘sebagian’ seperti yang disangka oleh Nashrani yang berdusta atas nama Allah, Akan tetapi “min” pada ayat ini berarti permulaan sebuah tujuan[*], sehingga artinya adalah permulaan ruh itu yang kemudian terlahirlah ‘Isa berasal dari Allah ta’ala, karena Allah yang menghidupkan ‘Isa dengan ruh itu.

    [*] maksud dari lafazh “min” yang berarti permulaan sebuah tujuan seperti

    perkataan “Dzahabtu Min Baytiy Ilal Madrosati” Aku berangkat dari
    rumahku menuju sekolah
    Adapun dalil lain yang menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan “min” pada ayat ini adalah “permulaan sebuah tujuan” adalah firman Allah ta’ala
    “Wa Sakhkharna Lakum ma fis Samaawaati wa Maa Fil Ardhi Jamii’an Minhu”

    Maksudnya adalah pada awalnya permulaan semua itu -Langit dan bumi- berasal dari Allah.

    Dalil lainnya adalah sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ubayy Bin Ka’ab bahwa ia berkata ” Allah menciptakan semua ruh keturunan Adam ketika Ia meminta perjanjian dari mereka, kemudian semua ruh itu dikembalikan ke tulang punggung adam, dan Ia menyimpan ruh Nabi Adam ‘alaihis salam” kemudian ketika Allah hendak menciptakan ‘Isa, Allah memasukkan ruh ‘Isa ke dalam tubuh Maryam, sehingga terbentuklah ‘Isa -alaihis salam- karenanya. Penyebutan sebuah kata ruuh dikaikan dengan kata Allah ini -Idhofah- tujuannya untuk menunjukkan keutamaan, hal itu karena pada dasarnya semua ruh itu adalah ciptaan Allah ta’ala.

    Allah berfirman ; “Wa Thohhir Baytiya lith Thooifiin” dan juga “Naaqotullah“

    Ada yang berkata ,

    “Terkadang seseorang yang memiliki beberapa hal yang aneh dan menakjubkan disebut juga dengan Ruuh yang dipadankan dengan kata Allah, disebutlah “Orang ini adalah Ruuh dari Allah”, maksudnya adalah Ruh dari ciptaanNya. ‘Isa ketika itu bisa menyembuhkan orang yang buta dan kusta, ia juga bisa menghidupkan orang orang mati dengan idzin Allah, sehingga layaklah ia menyandang nama ruh Allah”

    Ada juga yang berkata,

    “‘Isa dinamai dengan Ruh, karena tiupan Malaikat Jibril ‘alaihis salaam yang disebutkan pada surat Al-Anbiyaa dan At-tahriim, dan orang arab menamai tiupan dengan ruh, karena tiupan itu adalah angin yang keluar dari Ruuh, diantaranya adalah perkataannya dzi Rimmah,

    “faQultu lahu : irfa’ha ilaiha wa ahyiha Biruuhika waqtatihi laha
    qiitatan qadara”

    sehingga berdasarkan pendapat ini, kata “ruuh” itu ma’thuuf kepada sebuah Dhomiir yang kembali kepada Allah, yang kedudukannya adalah sebagai Fa’il dari kata ‘Alqaaha’. Pendapat ini dikemukakan oleh Al-Qurthuby .Wallahu ta’ala A’lam.

    Ada sebagian Ulama yang berkata,

    ” ‘Wa ruuhun Minhu’ maksudnya adalah ‘Rahmatan Minhu’ . ‘Isa adalah Rahmat dari Allah bagi siapa saja yang mengikutinya” Ada yang berkata ” ‘Wa Ayyadahu Biruuhin Minhu’ maksudnya adalah ‘Bi rohmatin Minhu’ ” pendapat ini diceritakan oleh Al-Qurthuby Juga. Terakhir, ada juga yang berkata , ” ‘Wa ruuhun Minhu’ maksudnya adalah ‘burhaanun Minhu’, -karena – ‘Isa adalah burhan dan Hujjah bagi kaumnya

    Jika dalam AlQuran sendiri telah menyebutkan bahwa Isa adalah Roh Allah, mengapa saudara-saudara yang terkasih masih meragukannya ?, silahkan diteliti lebih lanjut dalam AlQuran dan Alkitab mengenai Isa, semoga Anda memperoleh Terang untuk menemukan jalan yang lurus.

    Silahkan baca penjelasan yg saya nukilkan diatas,

    penjelasan maksud ‘wa kalimaatuhu’ apakah ‘Isa itu adalah firman Allah? Penjelasan ini terdapat pada pembahasan ayat

    ” Wa idz Qaalatil Malaaikatu Yaa Maryamu Inna Allaha Yubasysyiruki
    Bikalimatin Minhu” [Ali ‘Imran 45]

    pada ayat ini tidak dijelaskan apa sebenarnya ‘Kalimat’ yang ‘Isa disebut dengannya, dan juga tidak dijelaskan bahwa sebenarnya ‘kalimat’ ini adalah sebab dari terlahirnya ‘Isa, yang merupakan pemutlakkan Sebab sedangkan yang dimaksud adalah hal yang terjadi karena sebab itu[**], akan tetapi Allah menjelaskan pada tempat yang lain bahwa yang dimaksud dengan ‘Kalimat’ diatas adalah sebuah lafazh ‘Kun’, yaitu pada firman Allah :

    “Inna Matsala ‘Isa ‘Indallahi Kamatsali AaDam, khalaqahu Min Turaab,tsumma qaala lahuu kun fayakuun”
    Artinya :”Sesungguhnya perumpamaan “isa itu bagi Allah seperti perumpamaan Adam, Allah ciptakan dirinya dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya “Kun” maka terciptalah ‘Isa”

    Demikianlah Tulisan yang ringkas ini semoga bisa bermanfaat, kami berharap kepada Allah agar menjadikan tulisan ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca dan menjadikannya sebagai amalan yang ikhlas hanya kepadaNya. Amiin

    [**] yakni ‘Isa adalah dzat yang tercipta karena sebab ‘kalimat’ Allah “kun”

    silahkan kunjungi http://salafyitb.wordpress.com/2007/10/18/menjawab-nashrani-isa-bin-maryam/

  8. Allah paling membenci manusia2 dusta (munafik)….
    anda mengaku bahwa anda anak seorang pastor atau pendeta kristen katholik…? sejak kapan seorang pastor (katholik) diperbolehkan menikah ?

    Terimakasih mas,. emang ga ada pastor yg menikah ya, mungkin secara teori iya, namun prakteknya,.. jika mereka tdk menikah, maka apa yg mereka lakukan? sdh bukan rahasia umum pak, biarawati hamil tanpa nikah, siapa pelakunya,.. atau mereka jajan dengan pelacur, silahkan lihat video ini, pengakuan dari mantan pendeta,

    Rahasia pendeta dan pastur

    http://www.youtube.com/watch?v=3MJe6XsZaoY

    Kisah pendeta ketika di jerman

    http://www.youtube.com/watch?v=dpbyZY7qTcY

  9. Ini bener2 deh yah. Cape2 ngetik buat sesuatu hal yg bahkan BENAR2 salah dari awal?

    Hahaha pastor tdk boleh menikah pak

    Oh iya, jangan membandingkan agama, biarlah org2 menganut iman kepercayaannya masing2, tdk usah saling menjatuhkan atau membuat org lain bimbang akan imannya. God bless

    terimakasih chrisan natasya, sudah komentar disini,
    bagus sekali komentarnya,. anda merasa lucu ya, saya juga demikian, kok ada pastur yang begitu,.
    bukan hal aneh pastur yang seperti itu, betul sekali pastur dilarang menikah menurut agama kalian, tapi prakteknya?? mereka malah melakukan kumpul kebo, silahkan dengarkan pengakuan mantan pendeta,

    http://www.youtube.com/watch?v=3MJe6XsZaoY#t=49

    Kenapa yang masuk islam dari kalangan kristen adalah orang pinter-pinternya, bahkan para pendetanya? harusnya anda berpikir cerdas,. ngga ada ceritanya tokoh islam masuk kristen, kebanyakan yang masuk kristen adalah orang yang kelaparan, dikasih indomie,dll

  10. Siapa bilang quran gk ada ayat kontrafersi,byk bgttt .. Loe,,..

    Sebutkan SATU SAJA,..silahkan,.. kalau di INJIL banyak banget ayat kontroversi, ayat-ayat porno, dan ayat-ayat yang menyatakan kebingungan,.. nanti saya tunjukan, dan anda siap2 baca di injil anda,.

  11. Kami Muslim lebih Kristen Dari kristiani contoh yesus menyuruh untuk Ber sunat bagi pria Dan melarang umatnya untuk memakan daging babi…

    realitanya banyak laki2 Kristen tidak Ber sunat Dan daging babi adalah halal bagi anda …

    intinya umat Kristen harus mengikuti holy bible bukan ikut ajaran gereja….

    betul, karena org kristen lebih banyak mengikuti perkataan pendetanya, bujan ikut kata injilnya,..

    sama juga umat islam yang dalam beribadah membeo pada kyainya,ustadznya,habibnya,ajengannya, tanpa mau mengikuti dalil dengan pemahaman yang benar, maka sifat2 cara beragamanya org kristen ada pada dia, yaitu beribadah tanpa ilmu,

  12. Mantep nih min pengalamannya buat nambah iman sama wawasan hehe. Sehat terus min, semoga Allah SWT selalu melindungi hamba-Nya. Aamiin

    Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*