Pendiri Wahabi yang sebenarnya…

Sebenarnya, Al-Wahabiyah merupakan firqah sempalan Ibadhiyah khawarij yang timbul pada abad ke 2 (dua) Hijriyah (jauh sebelum masa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab), yaitu sebutan Wahabi nisbat kepada tokoh sentralnya Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang wafat tahun 211 H. Wahabi merupakan kelompok yang sangat ekstrim kepada ahli sunnah, sangat membenci syiah dan sangat jauh dari Islam.

Untuk menciptakan permusuhan di tengah Umat Islam, kaum Imperialisme dan kaum munafikun memancing di air keruh dengan menyematkan baju lama (Wahabi) dengan berbagai atribut penyimpangan dan kesesatannya untuk menghantam dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab atau setiap dakwah mana saja yang mengajak untuk memurnikan Islam. Karena dakwah beliau sanggup merontokkan kebatilan, menghancurkan angan-angan kaum durjana dan melumatkan tahta agen-agen asing, maka dakwah beliau dianggap sebagai penghalang yang mengancam eksistensi mereka di negeri-negeri Islam.

Contohnya: Inggris mengulirkan isue wahabi di India, Prancis menggulirkan isu wahabi di Afrika Utara, bahkan Mesir menuduh semua kelompok yang menegakkan dakwah tauhid dengan sebutan Wahabi, Italia juga mengipaskan tuduhan wahabi di Libia, dan Belanda di Indonesia, bahkan menuduh Imam Bonjol yang mengobarkan perang Padri sebagai kelompok yang beraliran Wahabi. Semua itu, mereka lakukan karena mereka sangat ketakutan terhadap pengaruh murid-murid Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab yang mengobarkan jihad melawan Imperialisme di masing-masing negeri Islam.

Tuduhan buruk yang mereka lancarkan kepada dakwah beliau hanya didasari tiga faktor:

1. Tuduhan itu berasal dari para tokoh agama yang memutarbalikkan kebenaran, yang hak dikatakan bathil dan sebaliknya, keyakinan mereka bahwa mendirikan bangunan dan masjid di atas kuburan, berdoa dan meminta bantuan kepada mayit dan semisalnya termasuk bagian dari ajaran Islam. Dan barangsiapa yang mengingkarinya dianggap membenci orang-orang shalih dan para wali.

2. Mereka berasal dari kalangan ilmuwan namun tidak mengetahui secara benar tentang Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab dan dakwahnya, bahkan mereka hanya mendengar tentang beliau dari pihak yang sentimen dan tidak senang Islam kembali jaya, sehingga mereka mencela beliau dan dakwahnya sehingga memberinya sebutan Wahabi.

3. Ada sebagian dari mereka takut kehilangan posisi dan popularitas karena dakwah tauhid masuk wilayah mereka, yang akhirnya menumbangkan proyek raksasa yang mereka bangun siang malam.

Dan barangsiapa ingin mengetahui secara utuh tentang pemikiran dan ajaran Syaikh Muhammad (Abdul Wahab) maka hendaklah membaca kitab-kitab beliau seperti Kitab Tauhid, Kasyfu as-Syubhat, Usul ats-Tsalatsah dan Rasail beliau yang sudah banyak beredar baik berbahasa arab atau Indonesia.

Penulis: Ustadz Zainal Abidin, Lc. Dan Artikel ini sebelumnya dipublikasikan oleh Koran Republika, edisi Selasa, 25 Agustus 2009.Dipublikasi ulang oleh muslim.or.id dengan penambahan beberapa catatan kecil.

http://muslim.or.id/manhaj/wahabisme-versus-terorisme.html

Print Friendly, PDF & Email

4 Comments

  1. hidup wahabi. i’m pro wahabi.. wahabi bersih dari bid ah dan perbuata syirik

    Kalau orang yang mengamalkan ajaran islam menurut pemahaman para sahabat disebut wahabi,.. maka ngga masalah kalau kita disebut wahabi..

    Kalau orang yang mengamalkan ajaran islam yang bebas dari kebidahan dan kesyirikan disebut wahabi,.. maka ngga masalah kalau kita disebut wahabi..

  2. Penulis,

    seharusnya antum yang lebih mengerti tentang dakwah

    antum lampirkan logo “say no to wahabi” adalah sangat tidak layak dengan tulisan antum di atas

    walaupun antum beri kesan yang mulia kepada wahabi, tetapi logo tersebut memberi arti yang lain

    Jazakallahu khairan atas masukannya,..
    Apalah artinya logo, justru dengan logo orang akan tertarik tuk membacanya, dan akan dapat mengambil kesimpulan setelah membaca artikel tersebut dan akan memahami arti logo tersebut,

  3. LUAR BIASA AKHI TERUSLAH KUPAS HABIS TENTANG WAHABI,,SMOGA SAUDARA KITA YG LAIN SEMAKIN MENGERTI TANYANG KEBENARANNYA..SMOGA ALLAH SELALU MELIMNDUNGI ANTUM SEKELUARGA AAMIIN

    aamiin.,. begitu juga kepada anda, dan pembaca semua, mudah2an Allah teguhkan diatas manhaj yang haq ini,.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*