Sejarah Natal Menurut Sumber Dan Pengakuan Penganut Kristiani Sendiri

santa-sinterklas-natal

 Kata natal berasal dari bahasa Latin yang berarti lahir. Secara istilah Natal berarti upacara yang dilakukan oleh orang Kristen untuk memperingati hari kelahiran Isa Al Masih – yang mereka sebut Tuhan Yesus.

Peringatan Natal baru tercetus antara tahun 325 – 354 oleh Paus Liberius, yang ditetapkan tanggal 25 Desember, sekaligus menjadi momentum penyembahan Dewa Matahari, yang kadang juga diperingati pada tanggal 6 Januari, 18 Oktober, 28 April atau 18 Mei. Oleh Kaisar Konstantin, tanggal 25 Desember tersebut akhirnya disahkan sebagai kelahiran Yesus (Natal).

Karena perayaan Natal yang diselenggarakan di seluruh dunia ini berasal dari Katolik Roma, dan tidak memiliki dasar dari kitab suci, maka marilah kita dengarkan penjelasan dari Katolik Roma dalam Catholic Encyclopedia, edisi 1911, dengan judul “Christmas”, anda akan menemukan kalimat yang berbunyi sebagai berikut:

“Christmas was not among the earliest festivals of Church … the first evidence of the feast is from Egypt. Pagan customs centering around the January calends gravitated to christmas.”

“Natal bukanlah diantara upacara-upacara awal Gereja … bukti awal menunjukkan bahwa pesta tersebut berasal dari Mesir. Perayaan ini diselenggarakan oleh para penyembah berhala dan jatuh pada bulan Januari ini, kemudian dijadikan hari kelahiran Yesus.”

Dalam Ensiklopedi itu pula, dengan judul “Natal Day,” Bapak Katolik pertama, mengakui bahwa:

“In the Scriptures, no one is recorded to have kept a feast or held a great banquet on his birthday. It is only sinners (like Paraoh and Herod) who make great rejoicings over the day in which they were born into this world.”

“Di dalam kitab suci, tidak seorang pun yang mengadakan upacara atau menyelenggarakan perayaan untuk merayakan hari kelahiran Yesus. Hanyalah orang-orang kafir saja (seperti Firaun dan Herodes) yang berpesta pora merayakan hari kelahirannya ke dunia ini.”

Encyclopedia Britannica, yang terbit tahun 1946, menjelaskan sebagai berikut:

“Christmas was not among the earliest festivals of the church… It was not instituted by Christ or the apostles, or by Bible authority. It was picked up of afterward from paganism.”

“Natal bukanlah upacar – upacara awal gereja. Yesus Kristus atau para muridnya tidak pernah menyelenggarakannya, dan Bible (Alkitab) juga tidak pernah menganjurkannya. Upacara ini diambil oleh gereja dari kepercayaan kafir penyembah berhala.”

Encyclopedia Americana terbitan tahun 1944 juga menyatakan sebagai berikut:

“Christmas…It was, according to many authorities, not celebrated in the first centuries of the Christian church, as the Christian usage in general was to celebrate the death of remarkable persons rather than their birth…” (The “Communion,” which is instituted by New Testament Bible authority, is a memorial of the death of Christ.) “…A feast was established in memory of this event (Christ´s birth) in the fourth century. In the fifth century the Western Church ordered it to be celebrated forever on the day of the old Roman feast of the birth of Sol, as no certain knowledge of the day of Christ´s birth existed.”

“Menurut para ahli, pada abad-abad permulaan, Natal tidak pernah dirayakan oleh umat Kristen. Pada umumnya, umat Kristen hanya merayakan hari kematian orang-orang terkemuka saja, dan tidak pernah merayakan hari kelahiran orang tersebut..” (“Perjamuan Suci” yang termaktub dalam Kitab Perjanjian Baru, hanyalah untuk mengenang kematian Yesus Kristus.) “…Perayaan Natal yang dianggap sebagai hari kelahiran Yesus, mulai diresmikan pada abad keempat Masehi. Pada abad kelima, Gereja Barat memerintahkan kepada umat Kristen untuk merayakan hari kelahiran Yesus, yang diambil dari hari pesta bangsa Roma yang merayakan hari “Kelahiran Dewa Matahari.” Sebab tidak seorang pun yang mengetahui hari kelahiran Yesus.”

Sumber: http://www.einjil.com/cgi-bin/forum_read.pl?forum_id=13660&level=2

Sahabatmu : Anwar Baru Belajar

reposting : http://abangdani.wordpress.com/2010/12/23/sejarah-natal-menurut-sumber-dan-pengakuan-penganut-kristiani-sendiri/

You May Also Like

13 Comments

  1. Banyak versi tapi yang jelas natal bukanlah dari jesus.

    betul, yesus tidak mengajarkan ritual natalan, lalu ajaran siapa yg dikerjakan oleh yang ngaku pengikut yesus tersebut? lucu ya?

    1. Apakah nabi muhammad mengajarkan perayaan maulud, perayaan tahun baru islam, perayaan isro miroj dll. janganlah mengkritik kepercayaan orang lain (kristen) menurut kaca mata anda (islam).

      Dalam islam tidak ada maulid, dan orang-orang islam yang mengadakan maulid,itu mengikuti tradisi orang nasrani yang menjadikan hari kelahiran yesus menjadi perayaan,

      Jadi maulid bukan ajaran rasulullah, dan orang yang melakukan maulid nabi tdk mendapat pahala, bahkan mendapatkan dosa jika mereka tidak bertaubat dari merayakan maulid,
      Karena mereka telah berbuat sesuatu yang tidak diajarkan oleh Rasulullah,

      Tentang asal muasal maulid, silahkan lihat disini, tentang apa itu bidah, silahkan lihat disini,

      Islam itu agama ilmiah, semua berdasarkan dalil, bukan rekayasa manusia,sebagaimana agama anda yang mudah diotak-atik oleh manusia,

      Memang benar natal tidak pernah diajarkan oleh yesus, tapi apakah tidak boleh pada setiap 25 desember, orang kristen seluruh dunia berpesta memuji dan membesarkan nama yesus. karena atas kelahirannya maka dia menebus dosa manusia dan mengajarkan untuk mengasihi sesama manusia, tidak melalui jalan peperangan dan kekerasan.

      Ada dimana nukilan itu mas? ada di injil, atau itu perkataan anda sendiri? atau perkataan pendeta anda?

      Memang benar juga bahwa tradisi natal adalah diambil dari ajaran penyembahan akan dewa matahari. namun apakah juga tidak boleh apabila demi kebenaran akan kekristenan dan penginjilan kita rubah menjadi penyembahan kepada yesus. kan kita merayakan natal bukan menyembah dewa matahari tapi menyembah yesus.

      Oh, jadi betul tradisi natal dari penyembahan dewa matahari? lalu apakah ada perintah tuk menyembah yesus?? ada dimana itu, di injil anda? jika tidak ada perintahnya, maka anda telah menghianati yesus itu sendiri, saya cantumkan perintah yesus dari injil anda:

      Menurut Matius (Mathew), juz 5, ayat 17-19, Yesus secara eksplisit menyatakan :

      ”Think not that I am come to destroy the law, or the prophets: I am not come to destroy but to fulfill. For verily I say unto you, Till heaven and earth pass, one jot or one little shall in no wise pass from the law, till all be fulfilled. Whosoever therefore shall break one of these least commandments, and shall teach men so, he shall be called the least in the kingdom of heaven: but whosoever shall do and teach them, the same shall be called great in kingdom of heaven.”

      “Janganlah mengira bahwa saya datang untuk menghancurkan hukum atau para nabi: Saya datang tidak untuk menghancurkan namun untuk memenuhi (menyempurnakan). Sungguh-sungguh saya berkata kepada kalian, sampai langit dan bumi berlalu, seseorang janganlah secuil atau sedikitpun berharap dapat berlalu dari hukum sampai semuanya dipenuhi. Karena itu sesiapapun yang melanggar sekecil dari perintah-perintah ini dan akan mengajarkannya kepada manusia, ia akan disebut sebagai yang paling sedikit di kerajaan langit, namun sesiapa saja yang mau melakukan dan mengajarkan mereka, maka hal yang sama ia akan dipanggil yang paling besar di kerajaan langit.”

      Di dalam Matius 19:16,17 dikatakan :

      “And behold, one came and said unto me, Good Master, what good thing shall I do, that I may have eternal life? And He said unto him, why callest thou me good? There is none good but one, that is, God: but if thou enter into life, keep the commendments.”

      “Dan perhatikanlah, seseorang datang dan berkata kepadaku, wahai tuhanku, perbuatan bajik apakah yang patut saya lakukan, sehingga saya dapat memperoleh kehidupan abadi? Dan Ia (Yesus) berkata kepadanya, kenapa engkau menyebutku tuhan? Tidak ada tuhan kecuali satu, yaitu tuhan Allah: namun jika engkau memasuki kehidupan, jagalah perintah-perintah (Tuhan).”

      Di dalam Markus (Mark) 10:10, dinyatakan :
      “Thou knowest the commandments. Do not commit adultery, Do not Kill, Do not steal, Do not bear false witness, Defraud not. Honor thy father and mother.”
      “Engkau mengetahui perintah-perintah Tuhan, janganlah berzina, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan bersaksi palsu, jangan bersikap curang dan berbaktilah kepada ayah dan ibu.”

      Ayat-ayat di atas tidak hanya menyatakan secara eksplisit bahwa Yesus datang adalah sebagai kesinambungan hukum (syariat) Moses (Mūsa), namun pada ayat setelahnya, Yesus
      secara tegas membedakan diri-Nya dengan Tuhan, ketika seseorang menyebutnya ‘good’ (tuhan).

      Di dalam Markus 12:29, Yesus bersabda :
      “… The first of all commandments is, Hear, O Israel, The Lord our God is one Lord…”

      “…Perintah pertama adalah, dengarkan wahai Israil, bahwa Tuhan sesembahan kita hanya satu Tuhan…”

      Penekanannya di sini adalah, tidak adanya tuhan kecuali hanya satu Tuhan.
      Apakah hal ini merupakan fokus dari ajaran Kristiani pada hari ini? Kenapa kata ’our’ (kita) pada ayat di atas digunakan? Sekiranya Yesus adalah Tuhan atau sepertiga Tuhan, lantas kenapa Ia mengatakan, ”bahwa Tuhan sesembahan kita hanya satu Tuhan…” Apakah dirinya (Yesus) adalah tuhannya sendiri?

      Kita sedang mencari kebenaran wahai para pembaca budiman, dan kita harus mengakui ketidakkonsistensian berkenaan dengan sabda-sabda (perkataan) yang disandarkan kepada Yesus dan ajaran Kristiani ini, apabila kita memang jujur di dalam pencarian ini.

      Bukankah pada waktu umat islam menyebarkan agama islam sampai ke eropa, mereka merubah banyak gereja menjadi masjid dan menjadi tempat ibadah umat islam. kalau begitu umat islam menyembah yesus dong, kan masjidnya berasal dari gereja.

      Tidak ada larangan shalat di bekas gereja, bukan di gereja, kan waktu itu mereka dikalahkan oleh umat islam,sehingga mereka tidak boleh menampakan syiar-syiar agama mereka, atau menyebarkannya. sehingga banyak gereja mereka dijadikan masjid, tidak ada masalah, yang dilarang sebagai tempat shalat hanya dua, yaitu kuburan dan kamar mandi

      dan juga waktu mengambil harta rampasan perang dari orang non muslim, kok umat islam mau menikmati harta benda orang non muslim. apakah tidak najis umat islam menikmatinya.

      Dalam peperangan dengan non muslim, jika mereka dikalahkan oleh kaum muslimin, maka bukan harta mereka saja yang boleh diambil sebagai rampasan perang, bahkan mereka sendiri ditawan jadi hamba sahaya atau budak, dan namanya budak, itu dalam kasus peperangan, bukan dalam kondisi tidak perang,dan harta rampasan perang tidak najis,
      Sembelihan orang nasrani saja halal dimakan kok, kenapa najis? kecuali memang hal-hal yang diharamkan oleh Allah, dan tidak sesuatu yang diharamkan itu pasti najis

      Oleh karena itu, saudaraku kaum muslimin, sepengetahuanku pada jaman nabi muhammad, dia tidak pernah berperang dengan kaum nasrani, dan dia juga tidak pernah mengatakan kaum nasrani kafir, yang dikatakan kafir adalah kaum qurais yg tdk mengikut islam.

      Sebelumnya saya katakan, saya bukan saudaramu, karena bagi orang islam, orang diluar islam bukanlah saudara, walaupun masih ada hubungan darah, jadi anda bukan saudara saya, kecuali jika anda mau masuk islam,

      Nabi muhammad kala itu sebagai pemimpin, dan kaum nasrani tidak diperangi karena mereka tidak memerangi islam, dan mereka membayar jizyah (upeti) kepada Rasulullah,

      Kata siapa nasrani itu tidak kafir, justru yang ada , Rasulullah menyebutkan yahudi dan nasrani setelah diutusnya nabi muhammad lalu mereka tidak mengikuti ajaran islam, maka mereka itu kafir,

      dari Abu Hurairah -radhiyallahu’anhu- dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda, “Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah ada seorang pun yang mendengar kenabianku dari umat ini baik dari kalangan Yahudi ataupun Nasrani kemudian dia mati dalam keadaan belum beriman dengan ajaran yang kubawa kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Iman)

      Allah berkata dalam alquran
      “Orang-orang Yahudi berkata: ‘Uzair itu putera Allah’, dan orang Nashrani berkata: ‘Al Masih itu putera Allah’. Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah-lah mereka; bagaimana mereka sampai berpaling? Mereka menjadikan orang-orang alimnya, dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah, dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (At-Taubah: 30-31)

      “Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih putera Maryam.” (Al-Maidah: 17, 72)

      “Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: Bahwa Allah salah satu dari yang tiga, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.” (Al-Maidah: 73)

      “Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Dawud dan ‘Isa putera Maryam.” (Al-Maidah: 78)

      Orang yahudi dan nasrani (org kafir) kekal di neraka
      “Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (Al-Bayyinah: 6)

      Al’imron:3 Dia menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil,

      Kaum muslimin wajib beriman kepada kitab-kitab yang allah turunkan, yaitu : taurat,injil,zabur, dan alquran,
      Dan setelah diturunkannya alquran kepada Rasulullah,maka itu menghapus kitab-kitab sebelumnya,.. jadi mereka yang mengikuti taurat injil dan zabur wajib mengikuti alquran, sebagaimana dikatakan nabi isa dalam alquran, “Dan (ingatlah) ketika ‘Isa Putra Maryam berkata: Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang bernama Ahmad (Muhammad). Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: Ini adalah sihir yang nyata.” (Ash-Shaff: 6)

      “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (Ali Imran: 85)

      Almaa’idah:47. Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah didalamnya[419]. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik[420].

      Jika anda mengikuti ayat diatas, berhukum dengan hukum allah, anda akan selamat, apa hukum allah itu? ikutilah apa yang dikatakan Allah, yaitu anda wajib mengikuti agama nabi muhammad,karena ajaran nabi muhammad itu menghapus ajaran-ajaran nabi sebelumnya,

      Almaa’idah:68. Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Quran yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu.” Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.

      Tidakkah anda membaca ayat diatas? atau cuma copas dan tidak dihayati artinya? seandainya anda ingin dipandang beragama, maka tegakkanlah ajaran alquran, karena alquran menghapus kitab-kitab sebelumnya,

      Almaa’idah:69. Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja[431] (diantara mereka) yang benar-benar saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

      anda tahu siapa orang mukmin? mereka yang benar-benar saleh? merekalah yang mengikuti ajaran Rasulullah, harusnya dengan ayat ini anda jeli, bisa mendorong anda untuk ikut jadi saleh juga,

      Dan ini adalah ayat penutup saya = Almaa’idah:82. Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya kami ini orang Nasrani.” Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menymbongkan diri.

      Anda mengetahui kisah tentang ayat ini? seandainya anda tahu, mudah-mudahan anda pun mengikuti apa yang dilakukan oleh raja najasy, yang kemudian masuk islam, berikut ini kisahnya:
      SEBAB TURUNNYA AYAT: Ibnu Abu Hatim mengetengahkan sebuah hadis melalui Said bin Musayyab dan Abu Bakar bin Abdurrahman serta Urwah bin Zubair. Mereka menceritakan, bahwa Rasulullah saw. pernah mengutus Amr bin Umayyah Adh-Dhamari membawa sepucuk surat yang ditujukan kepada Najasyi. Amr akhirnya datang ke hadapan Najasyi lalu ia membaca surat Rasulullah saw. Lalu sang raja memanggil Jakfar bin Abu Thalib dan orang-orang yang ikut berhijrah bersamanya, sang raja pun mengutus agar memanggil para rahib dan para pendeta. Setelah semuanya berkumpul sang raja memerintahkan kepada Jakfar bin Abu Thalib agar membacakan sesuatu kepada mereka. Jakfar lalu membacakan surah Maryam di hadapan mereka. Akhirnya mereka semua beriman kepada Alquran bahkan mata mereka mencucurkan air mata dan merekalah orang-orang yang dimaksudkan oleh Allah ketika menurunkan firman-Nya, ‘Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya…’ sampai dengan firman-Nya, ‘…maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Alquran dan kenabian Muhammad saw.)'” (Q.S. Al-Maidah 82-83). Ibnu Abu Hatim meriwayatkan sebuah hadis dari Said bin Jubair yang menceritakan, bahwa Najasyi pernah mengirimkan tiga puluh orang utusan yang terdiri dari sahabat-sababat pilihannya kepada Rasulullah saw. Kemudian Rasulullah saw. membacakan kepada mereka surah Yasin. Akhirnya mereka menangis mendengarkan pembacaan surah itu, kemudian turunlah ayat ini yang berkenaan dengan sikap mereka itu. Imam Nasai mengetengahkan sebuah hadis dari Abdullah bin Zubair yang mengatakan, bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Najasyi dan sahabat-sahabat terdekatnya, “Yaitu mereka yang apabila mendengar apa yang diturunkan kepada Rasul-Nya akan mengalirkan air mata….” (Q.S. Al-Maidah 83)

      Maka itu saudaraku kaum muslimin, biarlah kita ikuti ayat Al’Quran yang mengatakan : ” buatmu agamamu dan buatku agamaku.”

      sekali lagi, saya bukan saudara anda, selama anda belum masuk islam,
      Kalau ayat buatmu agamamu dan buatku agamaku.” itu harusnya ucapan orang islam kepada orang kafir, bukan terbalik,.. lucu jika anda ngucapin seperti itu, anda meyakini ayat tersebut, tapi tidak membuat anda masuk islam?

      Dan mengenai perayaan natal biarlah hal itu kami selesaikan menurut kepercayaan kami sendiri. Karena alkitab kami mengatakan “segala sesuatu diperbolehkan, tapi apakah hal itu berguna & membangun.

      Itulah penyebab agama anda itu rusak, jangankan ritual seperti itu, injil sendiri aja sudah dirubah-rubah oleh tangan manusia sendiri,.. sehingga beraneka ragam injil ada di dunia, berbeda dengan alquran yang terjaga keaslianya, tidak bisa dirubah walau satu huruf saja,. pasti akan ketahuan,..karena alquran itu perkataan allah, dan allahlah yang akan menjaganya

      Kalau ada umat kristen yg merasa perayaan natal perlu karena berguna & membangun dirinya serta orang lain, ya laksanakan saja. Tapi kalau ada umat kristen berpendapat perayaan natal tdk perlu, krn tidak ada gunanya dan tidak diatur dalam alkitab, ya tinggalkan saja.

      Itu sebagai bukti, kalau agama anda itu berdasarkan kebodohan, bukan berdasarkan petunjuk Allah,
      Makanya dalam islam, orang yang beramal dengan kebodohan, hanya ikut-ikutan tradisi, yang itu tidak ada perintahnya dari Rasulullah, maka perbuatan tersebut tidak mendatangkan pahala, malah mendapatkan dosa,
      termsuk diantaranya perayaan maulid nabi, itu adalah mengikuti tradisi org nasrani, bukan dari islam,

      Terimakasih,

  2. Shalom. Kami umat Kristen yang sungguh2 mempelajari Alkitab memang SUDAH TAHU bahwa perayaan Natal tidak pernah ada di Alkitab. Ini hanyalah produk kebudayaan, sama seperti pohon Natal dan Santa Claus. Artikel ini hanya memperkenalkan kenyataan ini kepada anda yang belum tahu. Semoga artikel ini tidak menjadi bahan penghujatan antar agama – yang saya ketahui benar, hal tsb sangat dilarang dalam agama anda. Tuhan memberkati.

    Mudah-mudahan artikel ini bisa menyadarkan anda akan agama yang bukan berasal dari Allah. Yesus menyeru kepada Allah, bukan menyuruh manusia untuk menyembah yesus, sebagaimana yang orang kristen sekarang lakukan, coba cari dalam injil anda penjelasan atau perintah untuk menyembah yesus, apakah ada? tolong carikan ya? sudah ada injil online, mudah cara mencarinya jika memang ada, atau tanyakan ke pak pendeta anda,

    Silahkan juga baca postingan ini, agar anda mengetahui dan mudah2an bisa membuka wawasan anda terhadap apa yg anda pelajari,dari bible atau injil anda sendiri

    1. Tuhan orang Kristen berbeda dgn orang Islam.

      Betul kata anda, tuhan orang kristen berbeda dengan tuhan orang islam,
      Tapi tuhannya yesus/nabi isa itu sama, karena nabi isa membawa agama islam, mendakwahkan bahwa Allah itu esa, bukan tuhan yang tiga,

      Kita orang kristen menyembah Tuhan yang namanNya Yahweh. Tuhan Yesus sendiri nama aslinya adalah Yeshua Hamashiach (Yeshua = Yahweh Shua; yang berarti Yahweh yang menyelamatkan). TIDAK PERNAH Tuhan Yeshua menyeru kepada All*h.

      Kata siapa mas, lihat dan baca injil anda, lihat dan baca apa yang dikatakan oleh yesus,
      markus 12:29
      Jawab Yesus: /”Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.*

      markus 12:30
      /Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.* silahkan lihat di injil online disini

  3. artikel diatas tiada maksud untuk menghujat..karena sumbernya pun berasal dari kalangan anda sendiri (org nasrani)..

    baiknya kalian tanyakan langsung kpd pendeta2/romo2 anda..

    mengapa perayaan yg asalnya bukan dari Agama NAsrani malah getol kalian rayakan besar2an ..????

    bukankah ini mengada2 dan sebuah kedustaan atas nama agama anda sendiri (nasrani)..!!??

    Kalian (nasrani)selalu berkilah kalau Yesus itu bukan Tuhan..namun dalam setiap kesempatan bahkan ketika sy menyaksikan acara MUkjizat di sebuah st.TV swasta,jelas2 pendeta yg memimpin doa mengatakan TUHAN YESUS!!

    bukan YAHWEH yg disebut…!!

    Bukankah ini sebuah pengkultusan serta pemujaan seseorang yg dianggap TUHAN..

    bukankah ini sikap ambigu dan membingungkan dlm beragama??

    jazakallahu khairan akh atas komentarnya..

  4. Natal memang tidak diajarkan didalam Injil, tatapi mengapa Natal menjadi tradisi umat Kristiani?… selalu identik dengan sinterklas dan pohon natal, padahal semua itu tidak diperintahkan bahkan menurut sejarah semua itu bersumber dari adat isitiada romawi sebelum Yesus lahir.

    Sama seperti tanda salib menjadi lambang orang Kristen. Sebelum Yesus mati dikayu salib, salib itu adalah lambang yang paling hina diRoma. setiap orang yang melakukan kejahatan paling keji harus mati disalibkan.

    Setelah Yesus mati dikayu salib itu lambang salib itu menjadi lambang kemuliaan. begitu juga dengan Natal 25 Des, SinterKlas, Pohon Natal, walaupun itu dulunya tradisi penyembahan berhala tetapi setelah Yesus mati semua itu menjadi kemuliaan. Ibarat saya adalah orang yang jahat, kemudian saya bertobat, saya tidak perlu menggatikan tubuh saya ini dengan tubuh yang lain, dengan tubuh yang sama ketika berdosa saya bertobat dan diterima oleh Tuhan, tentu orang-orang tidak lagi mengingat saya ketika masih berdosa, orang-orang mulai menerima saya karena saya telah bertobat menjadi manusia baru tanpa menggantikan tubuh yang baru.

    Itulah yang menunjukan agama anda itu agama hasil karya manusia, bukan agama dari Allah, buktinya yesus sendiri tidak mengajarkannya kepada kalian,..

    Jika agama anda adalah agama Allah, maka tertulis semua di kitab yang dibawa oleh yesus,

    Dan tidak ada didapati dalam injil tentang hal itu,

  5. Ooo.. jadi hari natal itu sbenarnya hari perayaan dewa matahari. cuman di cocokin sama kepercayaan mayoritas,maka di sebutlah hari natal..

    apa be..ner..kaya kue..?

    Lucu ya mas,.. mulane agamane dadi rusak, wis rusak malah tambah rusak,..
    Tapi aneh juga mas, ene wong islam sing melu-melu,.. nggawe-nggawe ritual dewek sing ora diajarke Rasulullah,
    Contone koyo maulid nabi, tahlilan, yasinan, lan liya-liyane, esih akeh nemen..

  6. masya Allah… keren banget …….. saya belajar banyak… barakallahu fiik..

    Alhamdulillah, mudah-mudahan bermanfaat, wafiika baarakallah

  7. masya Allah… dialog yang ilmiah dan berhujjah. keren bangeeeeeeeeeeet. barakallahu fiik

    Alhamdulillah, mudah-mudahan bermanfaat, wafiika baarakallah

  8. Nah loh,,Berarti ada pembodohan global dong mengenai perayaan natal yg selalu dilakuin n dipercaya tiap tgl 25 des. Coz itu ide dari orang ( manusia ) bukan dari tuhan n ajaran di bibel.

    Betul, emang sudah dari dulu ada pembodohan, makanya banyak orang-orang pinter mereka, yaitu pendeta-pendetanya yang masuk islam, seperti pendeta ini

    Gmn dgn reformasi gereja yg dipelopori marthin luther di thn 1517 yg melahirkan satu ajaran ( kristen protestan ) dimana hal ini timbul krna pada jamanya byk trjadi korup dikalangan pendeta katolik dgn menjual surat pengampunan dosa kepada jemaahnya. Dan terdapat bbrp revisi bibel didlmny?? ( ane dpt dri plajaran sejarah smu kelas 3 ) CMIIW

    Nah itu lebih memperkuat lagi,kalau agama ini bukan agama dari Allah, demikian juga bibelnya, sdh banyak sekali campur tangan manusia, beda dengan alquran, dirubah satu huruf saja pasti ketahuan, kalau bibel dirubah atau ditambah satu kalimat tidak ketahuan, ini sudah dipraktekkan oleh mantan pendeta yaitu pak insan mokoginta yang merubah tulisan dalam injil, lalu menyuruh semua pendeta yang ada untuk membaca mana yang dirubah tersebut, seandainya bisa maka pak insan akan balik lagi menjadi kristen,.. akan tetapi ngga ada yang mampu mengetahuinya,.. padahal itu masih dalam satu surat,

    – no offense & kalo ada yg tidak setuju dgn pndpt sy ya silahkan, just for open mind n i do believe that you’re a wise man/girl
    Salam metal m/ (>.<) m/

    silahkan kalau mau baca kelucuan-kelucuan dalam bibel, klik link ini
    Penghinaan thd nabi nuh, Nabi Nuh mabuk-mabukan sampai teler dan telanjang bugil (Kejadian 9: 21)
    Nabi Luth menghamili kedua putri kandungnya sendiri dalam dua malam secara bergiliran (Kejadian 19:30-38). Heboh … !!! Skandal seks ayah dan anak kandung oleh nabi??

  9. berarti perayaan natal ini sesat .

    Ya jelas mas hasril, tapi anehnya banyak kaum muslimin yang meniru-niru tradisi natalan, dimana orang kristen memperingati kelahiran yesus, maka ada sebagaian kaum muslimin yang latah, melakukan perayaan kelahiran rasulullah, istilah kerennya melakukan maulid nabi, padahal nabi tdak pernah melakukannya, para sahabat juga tidak, imam abu hanifah,malik,syafii,ahmad juga tidak melakukannya, demikian juga semua ulama ahlussunnah, tidak ada satupun yang melakukan maulid nabi,

  10. yahudi menuhankan uzair dan merayakannya, lalu nasharah menuhankan yesus dan merayakannya.. eh agama syi’ah rafidhah ciptaan si yahudi abdullaah bin saba’ lalu mencoba merusakkan Islam dengan perayaan maulid! naudzubillaah min dzaalik! hati-hati terhadap racun dari agama syi’ah rafidhah, rusaknya yahudi & nashrani itu karena mereka terlalu banyak bid’ah.

  11. sudah sangat jelas diterangkan didalam Al-qur’an dan anehnya ketika disampaikan kebenaran itu kepada mereka (umat non muslim) masih tetap percaya dengan agama mereka. astaghfirullah…..
    bersyukurlah kita diberikan keyakinan agama ALLAH SWT (ISLAM).
    ALLAHUAKBAR!!!

Silahkan tinggalkan komentar di sini