Selamatkan ribuan buruh rokok dari bencana…..

Dampak Negatif Bekerja Di Pabrik Rokok Resiko Pekerja Pabrik Rokok Bahayakah Kerja Di Pabrik Rokok Dampak Negativ Rokok Bagi Pekerja Pabrik Rokok Efek Samping Kerja Di Pabrik Rokok

Ribuan Buruh Rokok di Malang Gelar Istigasahdemo buruh rokok

Malang (ANTARA) – Sekitar tiga ribu buruh rokok di kawasan Malang Raya (Kota/Kabupaten Malang dan Kota Batu), Jawa Timur, menggelar aksi dengan beristigasah di depan Masjid Jami` Jalan Merdeka Barat (Alun-Alun) kota setempat.

Koordinator aksi Heri Susianto saat ditemui di sela-sela aksi, Kamis, mengatakan, tujuan digelarnya aksi, yakni murni untuk memanjatkan doa, supaya peraturan pemerintah mengenai kesehatan serta cukai rokok yang merugikan buruh tidak jadi disahkan.

“Kami sudah sering melakukan demo di depan kantor instansi dan kepada sejumlah pejabat, namun untuk kali ini kami melakukan istigasah dan doa bersama, supaya diberi kekuatan oleh Allah SWT,” tuturnya.

Heri menjelaskan, sejumlah aksi yang dilakukan bertujuan supaya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 181 tentang Kenaikan Cukai, dibatalkan.

“Peraturan ini mengancam keberadaan buruh rokok, sebab dengan peraturan ini akan banyak pabrik rokok tutup,” ujarnya menegaskan.

Sementara itu, salah satu Kepala Umum Pekerja buruh rokok, Batu Karang Direk mengatakan, sejak Desember 2009 perusahaan rokok Batu Karang melakukan pengurangan produksi.

Dari 150 karton per hari menjadi 60 sampai 70 karton per hari. Dengan penurunan itu, perusahaan mengurangi jam kerja buruh hingga berdampak pada gaji buruh.

“Rata-rata para buruh dapat memproduksi tiga ribu batang per hari dengan upah 45 ribu (rupiah). Tapi sekarang hanya bisa memproduksi seribu batang dengan gaji 15 ribu (rupiah),” ucapnya mengungkapkan.

Mereka berharap, dengan aksi ini pemerintah bisa peduli terhadap para buruh, sebab ribuan buruh yang bekerja di pabrik rokok kawasan Malang Raya menggantungkan hidupnya dari pabrik rokok.

Bagaimana perasaan pembaca setelah membaca nukilan berita tersebut??

Pasti akan merasa kasihan, dan itu wajar, sebagaimana kita terancam penghasilan hidup kita terganggu, kemana kita akan mencari nafkah yang tadinya lancar, tiba-tiba jadi terputus. Padahal Allah pasti tidak akan menyengsarakan hambanya, jika hamba itu bertakwa. Itu adalah janji Allah. Banyak hikmah yang bisa kita petik dari nukilan berita diatas, kita lihat bukan dari sisi kehidupan sesaat saja. Tapi untuk kehidupan yang sebenarnya, yang kekal abadi di akhirat sana…

Rokok, sudah tidak bisa dibantah lagi akan bahayanya…. Setiap orang yang mempunyai akal sehat pun akan membenarkannya.. Belum lagi ayat Alqur’an dan hadits-hadits yang menjelaskan tentang perbuatan-perbuatan yang bisa ditimbulkan akibat merokok… kurang apa lagi..

Seharusnya, para buruh itu bersyukur, jangankan cuma pemerintah memberikan peraturan tentang cukai, pemerintah menutup pabrik rokokpun, ini perlu disyukuri, karena apa? Rokok hukumnya haram, kerja dipabrik rokok penghasilan yang didapatkan adalah haram juga, sedangkan ancaman Allah adalah : “daging yang tumbuh dari sesuatu yang haram itu tidak ada tempat yang layak, kecuali neraka”

Tidakkah anda merasa takut?  Apalah artinya pendapatan yang besar yang didapatkan dari pabrik rokok, kalau itu hanya akan membenamkan kita ke dalam neraka.

Penghasilan yang haram tidak akan membawa kebahagiaan, makanan yang kita makan dari uang harampun tidak akan membawa kebaikan, dan makanan yang haram itu akan berpengaruh bukan hanya kepada kita yang bekerja, tapi kepada orang-orang yang menjadi tanggungan kita, kepada istri kita, anak kita, mereka tidak akan tumbuh menjadi orang yang baik karena makanan haram tersebut…

Pendapatan negara juga banyak didapatkan dari devisa dan keuntungan yang datang dari rokok ini, bagaimana akibatnya jika negara pemasukannya dari sesuatu yang haram? Tentu bukan kebaikan yang didapatkan,… Tapi kehancuran dan kebobrokan,.. kita bisa saksikan sekarang ini, bagaimana kehidupan bangsa kita tercinta ini…

Seharusnya mereka itu meminta kepada pemerintah untuk menutup semua pabrik rokok yang ada, sehingga musibah yang lebih besar yang akan menimpa para buruh kelak di akhirat bisa diredam, dan para buruh itu bisa mencari pekerjaan lain yang halal. Sedikit asal halal lebih berbarakah daripada banyak tapi haram.

Janganlah kita atau para buruh itu hanya melihat kepada pendapatan yang terganggu, tapi lihatlah diluar sana… Orang-orang yang terdzalimi akibat rokok ini, sungguh sudah bukan rahasia umum, sehingga di bungkus rokoknya sendiri tertulis, tidakkah itu menjadikan pelajaran?

Jika belum mengetahui tentang bahaya rokok, dan ini sungguh sesuatu yang naif, bisa dibaca disini dan disini.

Mudah-mudahan bisa menyadarkan kita yang masih terbuai oleh nikmatnya rokok yang akan membunuh kita secara perlahan-lahan di dunia, dan menyengsarakan kita di akherat..  Mudah-mudahan kaum muslimin yang dimudahkan oleh Allah untuk meninggalkan kebiasaan merokok yang bisa  membinasakan pelakunya, dan lebih membahayakan orang lain yang ada disekitarnya….

Print Friendly, PDF & Email

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*