Yasinan malam jumat? Ternyata yang diajarkan oleh Rasulullah bukan yasinan…

Cara Yasinan Malam Jumat Yasinan Yasinan Di Malam Jumat Manfaat Yasinan Di Malam Jumat Dalil Yasinan Malam Jumat

DERAJAT HADITS MEMBACA SURAT AL-WAQI’AH, AL-MULK DAN AL-KAHFI

Pertanyaan.

Saya mau bertanya. Selama ini hampir setiap malam saya mengamalkan atau membaca surat al-Wâqi’ah dan surat al-Mulk dan pada hari jum’at saya membaca surat al-Kahfi. Pertanyaan saya, apakah saya selama ini mengamalkan hadits palsu atau hadits apa?

Dan setiap malam saya selalu memabaca ayat-ayat al-Qur’an. Kalau sudah khatam dan selesai 30 juz, saya kembali lagi dari ayat pertama dan terus ayat-ayat selanjutnya sampai selesai. Itulah yang saya amalkan selama ini.

Saya berharap mudah-mudahan dengan pertanyaan ini tidak menimbulkan riya’, ujub, sum’ah dan berbagai penyakit hati lainnya.

Demikian, atas jawaban para ustadz, saya mengucapkan jazakallah khairan.

Pelanggan majalah as-sunnah di Banjarmasin

Jawaban.

Alhamdulillah, kami bersyukur kepada Allah Azza wa Jalla yang telah memberikan kepada bapak semangat untuk terus membaca al-Qur’an. Semoga ibadah baca al-Qur’an yang bapak lakukan selama ini diterima oleh Allah Azza wa Jalla .

Mengenai bacaan surat-surat tertentu pada waktu-waktu tertentu yang bapak tanyakan, maka katakana bahwa memang ada riwayat tentang keutamaan membaca surat al-Wâqi’ah setiap malam dalam beberapa hadits, akan tetapi semua hadits tersebut tidak dapat dijadikan hujjah karena sebagiannya lemah, bahkan ada yang palsu. Di antaranya:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

Barangsiapa membaca surat al-Wâqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya

Hadits di atas dikeluarkan oleh al-Hârits bin Abu Usâmah dalam kitab Musnad-nya, no. 178, dikeluarkan pula oleh Ibnu Sunniy dalam kitab Amalul Yaum wal Lailah, no. 674, dan dihukumi lemah oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Silsilah Âhadits Dha’îfah, 286 dan Dha’îf al-Jâmi’, 5773.

Beliau sampaikan bahwa imam Ahmad bin Hambal, Imam Abu Hâtim ar-Râzi, imam Abdurrahman bin Abi Hatim, Imam ad-Daruquthni, al-Baihaqi dan selainnya melemahkan hadits ini. Demikian juga hadits yang berbunyi:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا، وَمَنْ قَرَأَ كُلَّ لَيْلَةٍ {لاَ أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ} لَقِيَ اللهَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَوَجْهُهُ فِي صُوْرَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ

Barangsiapa membaca surat al-Waqi’ah setiap malam maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya. Dan barangsiapa setiap malam membaca Surat al-Qiyâmah maka dia akan berjumpa dengan Allâh pada hari kiamat sedangkan wajahnya bersinar layaknya rembulan di malam purnama.

Hadits ini diriwayatkan oleh ad-Dailami dari jalan Ahmad bin Umar al-Yamami dengan sanadnya sampai Ibnu ‘Abbâs Radhiyallahu anhuma.

Hadits ini disebutkan juga oleh Imam as-Suyuthi dalam Dzailul Âhâdîts al-Maudhû’ah, no. 177. Imam Ahmad berkata,” Ahmad al-Yamami adalah rawi yang kadzdzab (yang suka berdusta). Para ulama menghukuminya sebagai hadits palsu. [LihatSilsilah Âhâdîts adh-Dha’îfah, no. 290].

Berdasarkan ini, maka tidak disyariatkan mengamalkan hadits-hadits di atas.

Sedangkan keutamaan surat al-Mulk, telah ada riwayat yang hasan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Ada suatu surat dari al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabârakalladzii biyadihil mulku… (surat al-Mulk)” [HR. Tirmidzi no. 2891, Abu Daud no. 1400, Ibnu Mâjah no. 3786, dan Ahmad 2/299 dinilai hasan oleh at-Tirmidzi dan al-Albani dalam Shahîh al-Jâmi’ (no. 2091).

Sedangkan Ibnu Taimiyah rahimahullah (lihat Majmû’ al-Fatâwâ (22/277)) dan Muhammad bin ‘Ali Asy-Syaukani dalam Nailul Authâr (2/227) mengatakan bahwa hadits tersebut shahih.]

Namun mengenai keutamaan membacanya setiap malam atau sebelum tidur, riwayatnya lemah. Oleh karena itu, para Ulama menjelaskan bahwa keutamaan surat ini bisa diperoleh jika seseorang rajin membacanya setiap malamnya, mengamalkan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya, mengimani berbagai berita yang disampaikan di dalamnya.

Berikut adalah keterangan dari para Ulama yang Duduk di al-Lajnah ad-Dâimah (Komisi Fatwa Saudi Arabia)

Pertanyaan : Apakah surat al-Mulk (Tabârakalladzi bi yadihil mulk …) jika dibaca setiap malam akan memberi syafa’at ketika mati bagi orang yang membacanya?

Jawaban : Hadits yang membicarakan hal tersebut dikeluarkan oleh Abu Daud dalam sunannya dengan teks :

Telah menceritakan pada kami ‘Amr bin Marzûq, telah menceritakan pada kami Syu’bah, telah menceritakan pada kami Qatâdah, dari ‘Abbas al-Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Sesungguhnya ada suatu surat dari al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabârakalladzî biyadihil mulku… [surat al-Mulk]

Al-Mundziri rahimahullah dalam Mukhtasharnya mengatakan bahwa hadits tersebut dikeluarkan oleh an-Nasai dan Ibnu Mâjah. At-Tirmidzi rahimahullah mengatakan bahwa hadits tersebut hasan, akan tetapi, dalam sanadnya terdapat perawi yang dha’îf.

Oleh karena itu, diharapkan bagi siapa yang mengimani isi surat ini, menghapalkannya, mengharap wajah Allâh Azza wa Jalla dengan menarik pelajaran berharga di dalamnya serta mengamalkan hukum yang ada di dalamnya, semoga mendapatkan syafa’at karena membacanya.

Wa billâhit taufiq. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam , keluarga dan sahabatnya.

[Fatawa al-Lajnah ad-Dâimah lil Buhuts al ‘Ilmiyyah wal Ifta’, pertanyaan keenam dari fatwa no. 9604, 4/334-335. Yang menandatangani fatwa ini: Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz selaku ketua, Syaikh ‘Abdurrazaq ‘Afifi selaku wakil ketua, Syaikh ‘Abdullah bin Ghudayan selaku anggota]

Sedangkan keutamaan membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at memang ada dasarnya dalam hadits yang shahih dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Di antaranya adalah hadits dari Abu Said al-Khudri  berkata,

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

 Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dia akan diterangi dengan cahaya antara dia dan ke Baitul Atiq (Mekkah).” [HR. Ad-Dârimi, no. 3407. Hadits ini dishahihkan oleh al-Albâni dalam Shahîh al-Jâmi, no. 6471] dan juga hadits yang berbunyi:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, maka dia akan diterangi dengan cahaya di antara dua Jum’at. [HR. Hâkim, 2/399. Baihaqi, 3/29. Hadits ini dikatakan oleh Ibnu Hajar dalam ‘Takhrîj al-Adzkâr‘, hadits hasan. Hadits ini merupakan riwayat terkuat tentang bacaan surat al-Kahfi. Silahkan lihat Faidhul Qadîr, 6/198. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albâni dalam Shahîh al-Jâmi, no. 6470 dan Shahîh at-Targhîb, no. 738]

Al-Munîwi rahimahullah menambahkan juga, “Dianjurkan membacanya pada hari Jum’at begitu juga pada malamnya sebagaimana ditegaskan oleh Syâfi’i rahimahullah” [Faidul Qadîr, 6/198]

Kemudian terakhir yaitu mengenai aktifitas saudara membaca al-Qur`an sejak awal hingga akhir lalu diulang lagi dari awal hingga akhir adalah perkara baik.

Semoga Allâh memberkati usia kita dengan memperbanyak membaca al-Qur`an, menghafal, mempelajari dan mengamalkannya.

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 12/Tahun XVIII/1436H/2015M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196.Kontak Pemasaran 085290093792, 08121533647, 081575792961, Redaksi 08122589079 ]

Sumber: https://almanhaj.or.id/5686-derajat-hadits-membaca-surat-alwaqiah-almulk-dan-alkahfi.html

Print Friendly

Tata Cara Baca Yasin Yasinan Malam Jumat Menurut Islam Hadits Tentang Yasinan Malam Jumat Tujuan Yasinan Fadhilah Yasinan Malam Jumat

14 Comments

  1. Ga akan gue ikutin dan ga akan gue amalkan hadits gak jelas perawinya dan menyesatkan, jangan pilih-pilih surat dan ayat dalam membaca Al Qur’an sebagai petunjuk hidup seluruh umat manusia yang hidup di bumi ALLAH

  2. @Mala & IQFA: semoga Alloh Ta’ala memberikan hidayah dan petunjuk..

    ..lihatlah ciri-ciri ahlul hawa wal bidaa adalah mencela ahlul atsar dan Ulama spt kalian ini.. ..ilmu dan kesholehan kita ga sebanding dgn para ahlul atsar dan Ulama..allohulmusta’an

    Ya Rabb ampunilah dosa kami…

  3. hormati orang yg lebih tua .., apalagi seorang syaikh… yg tingkat keilmuan jauh diatas orang orang yg cuma bangga akan kesombongan.. ..

    Rasulullah tidak mengajarkan ritual tahlilan kematian,
    Beranikah anda mengatakan orang-orang yang mendakwahkan ritual tahlilan itu telah lancang kepada Rasulullah, tidak menghormati Rasulullah sebagai nabi dan Rasul Allah?

    Orang yang mendakwahkan ritual tahlilan adalah orang yang sombong, karena sombong adalah meremehkan orang lain, dan menolak kebenaran,.

    Ini konsekwensi perkataan anda, hormati orang yang lebih tua,. apalagi seorang syaikh,.. tentu lebih layak lagi, hormati dong Rasulullah,..

  4. ada amalan yg pasti anjuran dari Allah dan rasulNya.
    sholat lima waktu tepat pd wktnya dg khusyu.
    sholat tahajut pd wkt mlm. memohon ampun di wkt sahur.
    membaca al qur‘an dg tartil dan mengerti maknanya. bnyk2 dzikir dan mohon ampun stiap kali ingat Allah.
    belajar dan mempelajari ciptaan2 Allah.
    ajaran2 islam itu sdh ckp berat, boz. ngapain malah ditambah segala mcm ritual2 cr khas orang….
    saya berani jamin. klo kita konskwen menjalankan anjuran2 ayat2 al qur‘an, kita pasti tdk akan sempat yasinan, tahlilan, solawatan, apalagi bkn gaduh saat nunggu iqomat dg lagu2 pujian ciri khas kaum….
    padahal, doa wkt menjelang iqomat, sngt di anjurkan.

    • Setuju mas Bambang…. begitulah umumnya masyarakat kita. untuk yang sunnah aja banyak yang belum dikerjakan, malah melakukan cara-cara bid’ah yang dianggap sunnah

  5. Assalamu’alaikum.apakah rosul menyontohkan membaca surat al-kahfi dihari jum’at? Syukron.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Terimakasih siti kasrifah, sudah komentar disini,.
    Rasulullah mengajarkannya, sebagaimana disebutkan dalam hadits2 yg ada di artikel diatas,.silahkan dibaca lagi,

  6. Assalamualaikum
    trima kasih postinganya,, saya mau tanya , bagamana cara kita mengirim doa kpada pendahulu kita atau kluarga kita yang sdah mninggal, mnurut rasulullah,…

    karna jujur saya masih bngung, katanya tahlilan, baca yasin , trus ziarah kubur itu salah ,, lalu amalan atau doa apa yg harus sya baca untuk mndoakan orangtua kita yg sdah mninggal,, mohon balasannya .sblumnya trimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Terimakasih mas Sony, sudah komentar disini,.
    Islam agama yang mudah, ajaran islampun mudah dan bisa dikerjakan oleh pengikutnya,.
    SEmua tatacara beribadah sudah rasul ajarkan, mau ke WC saja rasulullah sudah ajarkan, apalagi cara berdoa,. namun betapa banyak orang yang berdoa dengan cara2 yang tidak pernah rasulullah ajarkan,.

    Bagaimana cara berdoa kepada orangtua atau orang lain? mudah sekali mas,. kita bisa berdoa kapan saja, di waktu2 yang mustajab, saat doa itu dikabulkan,. silahkan baca disini

    Cara mendoakan orangtua kita, bisa dilihat di postingan ini

  7. Assalamu’alaikum,,

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    saya sangat mengapresiasi apa2 yg ustadz tulis di blog aslibumiayu ini semua berdasarkan syari’at islam tidak ubahnya sama seperti fatwa tarjih muhammadiyah yg berlandasAn al-qur’an dan as-sunnah,,

    Terimakasih mas ikhromi,.
    Saya juga besar di muhammadiyah, tapi itu dulu,..
    SEtelah saya mengenal manhaj salaf, maka terbuka wawasan saya, dulu menganggpa muhammadiyahlah yang benar, yang lain tidak benar, ternyata saya salah,.
    Dalam berislam kita wajib mengikuti islam yang rasulullah ajarkan kepada para sahabatnya, atau istilah lainnya adalah mengikuti pemahaman para sahabat / manhaj salaf, apa itu manhaj salaf, silahkan baca disini

    KH Ahmad Dahlanpun terpengaruh dengan dakwah salaf, beliau terinspirasi oleh dakwaah manhaj salaf yang digalakan oleh Syaikh muhammad bin abdul wahhab, sehingga beliau juga mendirikan muhammadiyah itu karena ingin mendakwahkan manhaj salaf, silahkan baca disini

    sungguh kalian inilah yg patut disebut para aktifis islam yg menegakkan sunah2 rasull tanpa pambrih,, semoga allah menerima amal2 ibadah kalian dan semoga allah selalu meridhoi kalian,, aamiinn,,

    Saya mau minta alamat fb biar bisa sering soal ilmu agama boleh,, saya adalah seorang mahasiswa yg masih fakir terhadap ilmu agama ,, maaf di luar tema pertanyaannya,, trimksih wassalam.

    Silahkan LIKE saja fanpage aslibumiayu, dan, datang langsung ke taklim-taklim yang mendakwahkan islam dengan pemahaman para sahabat, itu lebih utama, banyak tersebar di indonesia, silahkan sebutkan kota tempat tinggal anda, biar saya beritahu info kajian di kota tersebut,

  8. Manhaj salaf itu apakah identik dg NU?atau islam tradisionil

    Manhaj salaf itu adalah ISLAM YANG ASLI, karena manhaj salaf itu mengikuti PEMAHAMAN PARA SAHABAT, generasi terbaik yang merupakan murid-murid Rasulullah,.
    Silahkan agar anda paham apa itu manhaj salaf, silahkan baca postingan ini

    Seluruh kaum muslimin WAJIB mengikuti MANHAJ SALAF, kenapa? Silahkan baca di sini ulasannya

  9. Judul di atas “yasinan malam jum’at? teenyata yang diajarkan oleh Rasulullah bukan yasinan”. Kenapa ustadz berkata seolah2 membaca surat al kahfi lebih afdol dari surat yasin. Apakah membaca surat yasin di malam jum’at termasuk bid’ah karena menurut ustadz kaeena tidak diajarkan oleh Rasulullah?

    Karena yg diajarkan Rasul itu membaca surat alkahfi, bukan baca yasin,

    Jadi jika ada org baca yasin khusus di malam jumat, maka dia berdosa karena telah terjatuh dalam kebidahan,

    Tapi kalau baca surat alkahfi di malam jumat, dia mendapat pahala karena mengikuti sunnah

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*