Shalat Kilat Express, shalat tarawih secepat kilat,.. PLUS VIDEO .. Bagaimana Jika Sikap Kita Jika Mendapati Hal Yang Seperti Itu?

MASJID7Ada komentar sebagai berikut dari Saudara Santoso di website muslim.or.id: “… Bahkan saya tidak sanggup menyelesaikan bacaan2 sholat (ruku, sujud, dll) [dalam shalat tarawih], saking cepatnya.

Ada masjid yg lebih mendekati sunnah lokasinya jauh, mesti naik angkot atau motor.”

Artinya si penanya merasa imamnya terlalu kecepatan di dalam shalat sehingga dia tidak bisa menyelasaikan bacaan-bacaan dalam shalat. Berikut akan kami bawakan fatwa Al Lajnah Ad Da-imah.

Fatwa Al Lajnah Ad Da-imah Lil Buhuts Ilmiyyah wal Ifta’ (Komisi Tetap dalam Riset Ilmiyyah dan Fatwa di Saudi Arabia), Soal Kelima dari Fatwa no. 6914

Soal:

Terkadang imam begitu cepat dalam membaca surat (atau bacaan dzikir lainnya) ketika shalat tarawih, sampai hampir-hampir orang yang shalat di belakangnya  tidak mampu membaca surat (atau bacaan shalat) atau tidak mampu menyempurnakan bacaan Al Fatihah. Apakah shalat seperti ini sah?

Jawab:

Disyari’atkan untuk memilih imam lain agar bisa betul dalam membaca Al Qur’an secara tartil dan bisa lebih thuma’ninah dalam shalat. Namun jika hal ini tidak bisa dilakukan, maka orang tersebut lebih baik shalat di rumahnya. Dan sudah selayaknya bagi makmum yang pendapatnya bisa didengar oleh imam untuk menasehati imam tersebut agar membaca Al Qur’an secara tartil dan thuma’ninah dalam shalat. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Agama adalah nasehat (senantiasa mengharapkan kebaikan pada yang lain).” [1]

Wa billahi taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa alihi wa shohbihi wa sallam.
Yang menandatangani fatwa ini: Abdullah bin Qu’ud dan Abdullah bin Ghodyan sebagai anggota, ‘Abdur Rozaq ‘Afifi sebagai Wakil Ketua, dan ‘Abdul Aziz bin Baz sebagai Ketua.

Nasehat

Jika kita adalah orang yang terpandang dan bisa didengar pendapatnya oleh imam yang cepat bacaannya tadi, maka sudah sepatutnya kita menasehatinya agar lebih thuma’ninah dalam shalat dan lebih tartil dalam membaca surat.

Jika kita adalah orang yang bisa mengganti dan memilih imam lain, maka kita berusaha mencari penggantinya.

Namun, jika kita selaku jama’ah biasa dan pendapat kita tidak mungkin didengar, maka pendapat Lajnah di atas bisa kita ikuti selama tidak terjadi fitnah yang lebih besar di masyarakat atau kita berusaha cari masjid lainnya yang lebih thuma’ninah dalam shalat.

Akan tetapi jika bisa terjadi fitnah, mungkin kita tetap shalat di belakang imam tadi, namun setelah itu kita mengulangi shalat tarawih tadi di rumah. Wallahu a’lam.

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel www.rumaysho.com

Lihat contoh video shalat tarawih super cepat

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=oIVkSdpqmqo&rel=0]

Print Friendly, PDF & Email

12 Comments

  1. ini sangat banyak terjadi disekitar kita , dan ini sangat merugikan dan contoh yang tidak patut untuk ditiru , dimana kah perasaan takut terhadap Allah dengan haraf haraf cemas jika shalat saja seperti itu ? sesungguhnya orang yang sedang melakukan shalat itu adalah orang yang sangat takut dihadapan Rabbnnya.

    Dan shalat seperti itu tidaklah sah shalatnya, karena hilang tumaninahnya,
    Bahkan shalat seperti itu tidak mendapatkan pahala, bahkan mendapatkan dosa,

    Shalat kok nguber setoran rakaat, .malah yang sebelas rakaatpun bisa keuber dengan yang 23 rakaat kilat express ini,.

  2. kalau ditempat saya 23 rokaat ditempuh dengan 20 menit sangat menajubkan

    Berarti satu rakaatnya itu satu menit lebih ya,.. kebayang ngebutnya,…
    Yang aneh, kenapa shalat isya nya ngga ngebut ya? kenapa dibedakan antara shalat isya dan shalat tarawih,harusnya kan sama,.. shalat tarawih dikerjakan seperti ketika mengerjakan shalat isya

  3. ASSALAMU’ALAIKUM AKHI,

    wa’alaikumussalam warahmatullah

    MAU TANYA NIH, TENTANG SHOLAT TAHIYATUL MASJID. BEGINI, SAYA TELAH SHOLAT ASAR BERJAMAAH DI MASJID DI DESA SAYA. LALU SAYA PULANG. KEMUDIAN JAM 16.30 SAYA KE MASJID LAGI KARENA ADA KAJIAN, APAKAH SAYA HARUS SHOLAT TAHIYATUL MASJID DULU ATAU LANGSUNG DUDUK DENGARKAN KAJIAN? BAGAIMANA DENGAN LARANGAN SHOLAT SETELAH ASAR? MOHON PENJELASANNYA? JAZAKAL

    LAAHU KHOIRON.

    Shalat tahiyatul masjid termasuk yang dikecualikan dari larangan tersebut, jadi ketika anda masuk masjid,lakukanlah shalat tahiyatul masjid, wallahu a’lam

  4. emang ada sholat tarwih yang ngebut banget,saya sendiri juga heran……
    kok mampu ya?

    iya mas alfan, ada,
    di jakarta juga banyak, sudah ngebut, pakai bilal lagi, padahal shalat di masjid kecil,bukan di masjidil haram atau masjid nabawi
    dan yang lebih lucu lagi, kenapa shalat tarawihnya saja yang super cepat, padahal shalat isya biasa2 saja, demikian pula shalat witirnya,.

  5. biasanya ngebaca alfatihahnya 1 nafas dan surat yg dibaca yg pendek2, , jiah jd inget masa lalu

    he…he…he.. ngebut ya mas, sudah gitu rakaat keduanya pasti surat alikhlas,. saya juga jadi ingat waktu ikut tarawih di jakarta,. masa-masa dulu,.. itu semua menyelisihi ajaran rasulullah, shalat super ngebut,..

  6. itu bukan sholat namanya, tapi seperti mematuknya ayam saat makan, hahahaha…
    tidak ada diterima sholat yang mematuk seperti itu, dan tempat yang paling mulia nantinya adalah neraka bagi orang yang sholatnya mematuk matuk, hahahaha..
    dasar, orang-orang malas

    betul sekali, terimakasih sudah komentar disini

  7. Assalamualaikum..
    Maaf baru gabung lagi mas,
    Iya di kampung saya jg demikian, saya mau tanya mas, bagaimana cara shalat tarawih yang benar, trus bolehkah dikerjakan sendirian, krna jam kerja saya tidak memungkinkan utk shalat tarawih jamaah dimasjid, .. Mohon tanggapannya.
    Trimakasih ko komentar saya masih mnunggu moderasi trus mas

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    maaf, yang ngantri banyak,. njawab yang mudah-mudah dulu,.
    Tarawih yang benar, ikut contoh Rasulullah, silahkan lihat disini ulasannya

    Jika tidak memungkinkan shalat tarawih di masjid secara berjamaah, boleh shalat tarawih di rumah,
    Coba dibicarakan dengan pemilik tempat pekerjaan anda, tentu dgn cara yang baik agar bisa minta ijin utk shalat tarawih di masjid,

    • Afwan mas, kirain gak trkirim comentnya, hemm sya kan pdgang mkanan mas, dan jam jualan saya mulai dr jam 5sore smpai jam 12,,, dan gak bs sya tinggal.. Makasih atas tanggapannya mas,, trimaksih,,,

      Jika anda jualan sendiri, bukan bekerja pada orang lain, maka sangat bisa,.
      Kalah sama penjual nasi goreng, mereka kalau bulan ramadhan malah pada pulang kampung, ngga jualan keliling lagi,. kembali jualan lagi nanti setelah lebaran,.
      Shalat 5 waktu di masjid secara berjamaah itu hukumnya WAJIB bagi laki-laki,. bukan shalat jumat saja,. silahkan baca disini
      Jadi, jadilah laki-laki cerdas,. barakah Allah tentu yang anda idam-idamkan bukan? Apalah artinya mendapat omzet banyak, tapi mendapat murka Allah,.
      anda bisa jualan jam 5 , menjelang maghrib tutup dulu, nanti buka lagi setelah shalat tarawih, bulan ramadhan kan cuma 1 bulan, bukan setiap bulan,. jadi manfaatkanlah kesempatan emas untuk beribadah dengan pahala berlipat-lipat, beda dengan bulan selain ramadhan, keuntungannya melebihi keuntungan jualan anda,.

  8. itu adalah sholat nya agama syi’ah,jadi mereka adalah golongan agama syi’ah.
    oleh karena itu tinggalkanlah mereka dan larang mereka mengadakan sholat sesat kalau mereka tidak mau maka wajib perangi mereka.

    Itu bukan shalat orang syiah mas, itu shalat orang aswaja di indonesia, banyak kita temui saat ramadhan tiba, dimana kelucuan mereka adalah shalat kilatnya itu saat mengerjakan tarawih yg 20 rakaat saja, sementara shalat isya dan witirnya normal-normal saja,.

    Kalau orang syiah shalatnya tidak sedekap,
    Ngga asal memerangi mereka mas,. ngga boleh bertindak sendiri,. ngawur itu namanya,.

  9. Kampung ana jg begitu akhi, ana jd sholat sendiri dirumah, begitu selesai jamaah isya ana lgsg pulang tarawih sendiri,

    makanya ana rencana pengen hijrah dr kampung sekarang alasannya sholatnya tidak tuma’ninah dan kampung maksiat, ada saran kah daerah yg banyak org salafi nya ya akhi? Mohon sarannya…

    memang tinggal di daerah mana?

  10. Gk sah
    Karena bacaan sholat terlewat saking Cepetnya

    Memang gak sah, karena hilang tuma’ninah dalam shalatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*