Cara Memakai Jilbab Yang Baik, Plus Contoh Gambar Jilbab Yang Benar, sudahkah anda tahu ?

Cara Berjilbab Menurut Islam Jilbab Yang Benar Menurut Syariat Islam Jilbab Menurut Islam Yang Benar Cara Berhijab Yang Benar Cara Berjilbab Yang Benar

jilbab+khimar+sesuai+syariat Tata Cara Memakai Jilbab Yang Benar [Disertai Gambar]Sebagaimana tertulis dalam Al Qur’an surat An Nur ayat 26, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)”.

Terus, apa hubungannya jilbab dengan kutipan ayat di atas? Ya, sosok wanita yang baik dalam pandangan islam adalah mereka yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai dan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satu amalan yang dimaksud adalah mengenakan Jilbab.

Apa itu jilbab? Menurut Wikipedia jilbab adalah pakaian terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Jadi jilbab disini bukan hanya sebatas kerudung yang menutupi bagian kepala dan rambut saja. Dan yang pasti jilbab itu adalah identitas seorang muslimah. Dimana dengan jilbabnya dia akan mudah dikenali ke-muslimah-annya dan tidak akan diganggu.

Cara Memakai Jilbab Yang Baik

Jilbab yang baik adalah jilbab yang sesuai dengan tuntunan Islam, bukan sesuai dengan mode atau trend yang berlaku di masyarakat. Apa saja syarat-syarat cara memakai jilbab yang baik? Beberapa di antaranya :

  • Menutupi aurat
  • Jilbab lebar dan menutup dada
  • Jilbab longgar tidak menampakkan bentuk tubuh
  • Tidak tembus pandang
  • Tidak memakai riasan/make up tebal
contoh-cara-memakai-jilbab-yang-benar-1

contoh-cara-memakai-jilbab-yang-benar-2

Kesalahan Dalam Cara Memakai Jilbab

Mengenai penggunaannya, jilbab itu sendiri bukanlah jenis jilbab atau kerudung gaul seperti fenomena yang sering kita lihat sekarang-sekarang ini. Kerudung yang digunakan haruslah syar’I dan sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya, baik itu dala Al Qur’an ataupun hadits. Nah, disini akan dibahas sedikit mengenai jilbab atau lebih ke gaya berbusana kaum muslimah yang seharusnya atau kita kenal dengan istilah syar’i.

Sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam : “Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan” (H.R. Abu Daud)”. Itu sabda Rasulullah. Tapi nyatanya sekarang, banyak para muslimah yang salah mengartikan jilbab dan gaya berbusana yang syar’i.

cara-memakai-jilbab-yang-salah-a
cara-memakai-jilbab-yang-salah-b
cara-memakai-jilbab-yang-salah-c

Berikut Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam berkerudung dan berbusana muslimah

Kerudung tidak menutupi dada

Ini bertentangan dengan firman Allah SWT dalam Al-qur’an “.. dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya ” (QS. An Nur : 31)

Rok kurang panjang (agak ngatung)

Hal ini tidak sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tarmizi dan Nasa’i, dari Ummu Salamah r.a. “”Ya Rasulullah, bagaimana dengan perempuan dan kain-kain mereka yang sebelah bawah?” Sabda Rasulullah S.A.W : “Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya

Pakaian ketat dan menampakkan bentuk tubuh

Selain terlihat dan terasa sesak, ternyata pakaian yang ketat juga tidak baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pakaian yang ketat menyebabkan kulit kekurangan ruang untuk bernafas. Akibat yang ditimbulkan dari mengenakan pakaian ketat – mulai dari yang teringan seperti biduran, adanya bercak ringan di bagian tubuh tertentu sampai dengan penyakit yang cukup berbahaya, seperti kemandulan dan kanker.

Menggunakan riasan make up yang tebal.

Menggunakan riasan make up bagi seorang perempuan tidaklah dilarang, tapi anjurannya adalah ‘jangan berlebihan’ karena segala sesuatu ynag berlebihan itu tidak baik dan Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. Selain itu, jika make up anda terlalu tebal, maka kurang sehat untuk wajah anda karena kulit wajah tidak dapat bernafas dengan baik dan menyisakan residu yang berlebihan pada wajah sehingga jika tidak telaten dapat menyebabkan jerawat di wajah. Apalagi ada beberapa muslimah yang mungkin malas berwudhu atau hanya berwudhu sekedarnya saja dengan alasan menjaga riasan wajah agar tetap awet.

Kesalahan lainnya dalam berkerudung, diantaranya adalah tidak memakai kaos kaki, mengenakan blus yang pendek, memakai rok dengan belahan tinggi serta mengenakan kerudung yang terbuat dari bahan yang tipis/jarang.

Cara Memakai Jilbab Yang Benar – Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang cara memakai jilbab yang benar dan jilbab yang salah. Ikutilah yang benar dan jauhilah yang salah. Semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : islam-download.net

Berhijab Yang Benar Hijab Yang Benar Jilbab Yang Benar Hijab Yang Benar Menurut Islam Cara Berhijab Yg Benar

15 Comments on Cara Memakai Jilbab Yang Baik, Plus Contoh Gambar Jilbab Yang Benar, sudahkah anda tahu ?

  1. Di uraian jelas muka dan telapak tangan boleh terlihat. Lantas bagaimana dengan cadar Mas admin? Terima kasih…

    Hukum jilbab semuanya sepakat wajib,. kalau hukum cadar ada yang berpendapat itu wajib, ada juga yang berpendapat itu lebih utama, ada perbedaan pendapat, masing-masing dengan dalilnya, jadi kita wajib bertoleransi terhadap pendapat yg berseberangan,.

  2. tutorialnya bagus dan lengkap, slam kenal semoga blognya sukses selalu

    salam kenal kembali,.
    terimakasih atas suport dan doanya,. jazakumullahu khairan,

  3. Hmmz, mau juga sih pke jilbab tpi aku baru anak sd.
    Tpi insya allah doain aja ya nnti klw dh masuk smp aku bkln nutup aurat aku,insya allah!

    memakai jilbab itu wajib bagi yang sudah baligh, dan anak-anak perempuan sekarang cepat sekali masa balighnya, bhkan usia SD juga sdh ada yang baligh, bahkan dah ngarti pacaran,

  4. assalamualikum
    saya mau bertanya
    seorang wanita yang baru tahap pembelajaran berhijab dan sudah melakukan hijabnya bertahun tahun tetapi masih memposting foto di instagram tanpa menggunakan hijab hukumnya apa?
    dosa mungkin iya. tapi adakah dalilnya..
    terimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Wanita yang memajang fotonya di medsos , apalagi foto yang tidak berjilbab, maka dia berdosa,.
    Dosanya akan terus bertambah seiring dengan banyaknya mata laki-laki yang melihat foto tersebut,. itu akan menjadi dosa jariyah ,. dosa yang tidak putus-putus,. selama masih ada yang melihatnya,.
    Belum lagi jika ada laki-laki yang terfitnah dengan fotonya, lalu dia melampiaskan kepada wanita lain dengan cara haram, maka si wanita yang memajang foto tersebut ikut mendapat dosa si laki-laki tersebut,.

    Belum lagi jika foto tersebut disebarkan lagi oleh orang lain, maka dosa si wanita itu semakin banyak,..
    mengerikan,.. jadi,.
    jangan pernah posting foto, baik foto yang berjilbab apalagi yang tidak berjilbab,. hapus semua,.

    Baca postingan ini, wanita yang berjiwa pelacur, klik disini

  5. Wanita berhijab pakai celena jeans apa hukumya apa wanita dilarang pakai celana?

    Yang disebut jilbab itu ya pakaian keseluruhan yang sesuai syar’i, bukan kerudung dan celana,.
    Celana itu bukan pakaian wanita, bahkan wanita yang memakai celana justru akan tampak lekukan tubuhnya, sehingga menyerupai telanjang..
    Bolehkah wanita memakai celana? silahkan baca disini

  6. Sip, setuju banget sama artikel ini. Hijab itu seharusnya merupakan penutup, untuk melindungi kehormatan kaum wanita agar tidak mudah diganggu dan mudah untuk dikenali. Syar’iat hijab syar’i merupakan kebaikan untuk memuliakan kaum perempuan. Maka hendaknya diterima dan dijalankan dengan mengharap surga.
    Good Artikel. Saudariku semua apabila ada yang belum memiliki hijab atau pakaian muslimah syar’i, saudariku bisa dapatkan di sini Rumah Gamis. Net. InsyaAlloh murah dan yang pasti Real Syar’i. Sukron

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*