Bagaimana Masuk Sekolah Yang Bercampur Baur Antara Laki-laki dan perempuan, sebagaimana sekolah-sekolah yang ada di sekitar kita,

Jika Hanya ada Sekolah Ikhtilath

Fatwa Syaikh Ibnu Jibrin

رقم الفتوى (11754)

Fatwa Syaikh Ibnu Jibrin no 11754

موضوع الفتوى حكم الدراسة في المدارس المختلطة

Hukum Bersekolah di Sekolah yang mengandung ikhtilat laki-laki dengan perempuan

السؤال س: ما هو حكم الدراسة في المدارس المختلطة (الثانوية) ؟

Pertanyaan, “Apa hukum bersekolah di SMA yang terdapat ikhtilat antara laki-laki dengan perempuan di dalamnya?”

الاجابـــة
لا يجوز ذلك عند القدرة على تركها،

Jawaban Ibnu Jibrin, “Hal tersebut tidaklah diperbolehkan ketika kita memiliki kemampuan untuk meninggalkannya.

والواجب إبعاد الطالبات عن الطلاب في جميع المراحل الدراسية لما في الاختلاط من الفتنة،

Wajib hukumnya memisahkan siswa dengan siswi di semua jenjang pendidikan (baca: SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi). Ada bahaya akhlak yang mengancam dalam sekolah yang mengandung ikhtilat.

فإذا لم يجد الطالب إلا هذه المدارس حرص على أن يبتعد عن النظر والاختلاط الذي يحصل به الفتنة. والله أعلم. عبد الله بن عبد الرحمن الجبرين

Akan tetapi jika seorang siswa tidaklah menjumpai kecuali sekolah-sekolah semisal itu maka hendaknya siswa tersebut berusaha sebisa mungkin untuk menghindari pandangan yang haram dan kondisi campur baur antara laki-laki dengan perempuan yang merupakan sumber kerusakan moral”.

Sumber: http://ibn-jebreen.com/ftawa.php?view=vmasal&subid=11754&parent=31564

Catatan:
Pada asalnya sekolah atau pun kuliah di lembaga-lembaga pendidikan yang masih menggunakan model ikhtilat hukumnya adalah haram.

Syaikh Ibnu Jibrin membolehkan belajar di lembaga pendidikan yang ber-ikhtilat dalam kondisi terpaksa yaitu tidak ada lembaga pendidikan yang bebas dari ikhtilat di daerah tersebut padahal pendidikan yang ada di dalamnya dibutuhkan dengan syarat meminimalisir kemaksiatan yang ada di lembaga tersebut semaksimal mungkin.

Bandingkan fatwa di atas dengan fatwa sebagian orang yang ada di negeri ini yang mengharamkan belajar di lembaga pendidikan yang ikhtilat apapun alasan dan pertimbangannya dan mengharuskan orang-orang yang sudah telanjur untuk keluar sekolah atau keluar kuliah dan itu –dalam anggapan sebagian mereka- adalah syarat sah untuk menjadi ahli sunah.

Artikel www.ustadzaris.com

You May Also Like

1 Comment

  1. Sangat setuju….
    saya ingin tahu/baca perbandingan landasan quran dan hadits dari kelompok yang membiarkan/menyelenggarakan pendikan penuh dengan ikhtilat.

    Yakni dari kelompok yang saya tahu beberapa sekolah Islam seperti Yayasan Muhammadiyah, NU, dan beberapa Yayasan Islam lain yang saya tidak tahu namanya.

    Apa mereka sebenarnya mengakui kebenaran tentang ikhtilat ini ya …ko ga ada yang koment menolak/berbeda pendapat….

    Jangankan masalah ikhtilat, masalah wajibnya wanita berjilbab saja banyak yang dilanggar, lihat saja wanita-wanita yang ikut ormas tersebut,. banyak yang tidak menutup aurat mereka dengan benar,.

Silahkan tinggalkan komentar di sini