Akibat Yang Timbul Ketika Alat-Alat Musik Dan Para Penyanyi Telah Merajalela

Merajalelanya Alat-Alat Musik, Termasuk Tanda Dekatnya Kiamat

Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d Radiyallahu ‘Anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

يكون في آخر الزمان خسف وقذف ومسخٌ. قيل : ومتى ذلك يا رسول الله ؟ قال : إذا ظهرَت المعازف والقَيناتُ

“Di akhir zaman nanti akan ada (peristiwa) di mana orang-orang ditenggelamkan (kedalam bumi), dilempari batu dan dirubah rupanya”. Beliau ditanya : “Kapankah hal itu terjadi wahai Rasulullah?” Beliau menjawab : “Ketika alat-alat musik dan para penyanyi telah merajalela” (HR. Ibnu Majah dalam Sunannya)

Tanda-tanda Kiamat ini telah banyak bermunculan pada zaman-zaman sebelumnya dan sekarang lebih banyak lagi. Alat-alat musik telah muncul di zaman ini dan menyebar dengan penyebaran yang sangat luas serta banyak para biduan dan biduanita. Merekalah yang diisyaratkan dalam hadits ini dengan ungkapan “القينات (para penyanyi)”.

Lebih dahsyat lagi adalah penghalalan alat-alat musik yang dilakukan oleh sebagian manusia. Telah datang ancaman bagi orang yang melakukan hal itu dengan dirubah rupanya, dilempari batu dan ditenggelamkan ke dalam bumi, sebagaimana dijelaskan dalam hadits terdahulu. Telah tetap dalam Shahih al-Bukhari Rahimahullah, beliau berkata : “Hisyam bin ‘Ammar berkata : Shadaqah bin Walid meriwayatkan kepada kami (kemudian beliau membawakan sanad yang sampai kepada Abu Malik al-Asy’ari) bahwasanya beliau mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

ليكونن من أمتي أقوام يستحلون الحر و الحرير و الخمر و المعازف، و لينزلن أقوام إلى جنب علم يروح عليهم بسارحة لهم، يأتيهم – يعني الفقير- لحاجة فيقولون : ارجع إلينا غدا، فيبيتهم الله ويضع العلم ويمسخ آخرين قردة وخنازير إلى يوم القيامة

“Akan datang pada umatku beberapa kaum yang menghalalkan zina, sutra, khomr (minuman keras) dan alat musik. Dan sungguh akan menetap beberapa kaum di sisi gunung, dimana (para penggembala) akan datang kepada mereka dengan membawa gembalaannya, datang kepada mereka (yakni si fakir) untuk sebuah keperluan, lalu mereka berkata : “Kembalilah kepada kami esok hari!”. Kemudian Allah menghancurkan mereka pada malam hari, menghancurkan gunung dan merubah sebagian mereka menjadi kera dan babi sampai hari Kiamat” (HR. Bukhari)

Lihatlah dizaman kita sekarang ini, alat-alat musik telah menyebar sampai ke rumah-rumah kaum muslimin. Inilah kebenaran yang kita saksikan dari perkataan Rasulullah dan berarti benar pula bahwa kita memang sudah dekat dengan hari Kiamat.
Wallahu A’lam

(Diambil dari kitab Asyraatus Saa’ah karya Syaikh Yusuf al-Wabil (edisi terjemahan), Pustaka Ibnu Katsir,www.alsofwah.or.id

sumber : http://artikelassunnah.blogspot.com/2010/08/merajalelanya-alat-alat-musik-termasuk.html

Print Friendly, PDF & Email

Hadist Ketika Biduan Merajalelah

20 Comments

  1. dari dulu sy belajar gitar tapi gak pernah bisa , mungkin ini pertanda baik setelah saya baca artikel diatas

    terimakasih mas fulan, mudah2an Allah menunjuki anda ke jalan yang benar, sehingga tidak terjerumus kedalam perbuatan yang dimurkai oleh Allah, contohnya adalah musik,

    • Min klu sutera tuh apaan ya?

      Sutera itu maksudnya kain sutera, laki-laki diharamkan memakai pakaian yang terbuat dari sutera, berbeda dengan wanita,. tapi sekarang banyak kita dapati laki-laki memakai pakaian dari sutera, begitu maksudnya,

      • jd qosidah itu jg haram ya mas…tp knp d tv azwaja itu ad acara salawatan pkai rebana mas

        Ya,.. qasidah itu berawal dari orang2 sufi/tasawuf, dimana imam syafii menghukum orang yang belajar tasawuf/sufi

    • terima kasih jawabannya, akhir2 ini saya sering membaca tulisan di website antum dan sangat bermanfaat.
      assalamualaikum

      Wa’alaikumussalam warahmatullah

  2. kalau mendengarkan musik haram, bagaimana hukumnya dengan saya yg berdagang perangkat elektronik audio mobil? apakah haram juga? apakah ada haditsnya? terima kasih.

    Apakah audio mobil itu khusus untuk mendengarkan musik saja? sama sebagaimana televisi, hukum alatnya adalah halal, yang haram adalah apa yg diputar, atau apa yg disetel, bukan barangnya, kecuali kalau alat tersebut khusus untuk musik, contohnya alat2 elektronik yg digunakan untuk membuat musik, karena musik sekarang dibuat dengan alat elektronik, contohnya merk KORG,ROLAND,YAMAHA, contoh alat musiknya keyboard, organ,piano,MC-50,MC-50,R-8,sound canvas, modul-modul musik, (saya tahu karena dulu juga saya tukang service alat-alat tsb, dan temen2 saya para pemusik sangat banyak, alhamdulillah saya sdh bisa lepas dari dunia musik)

    • Hadits itu bukan melarang ato mengharamkan tp mnunjukkan tanda2 hari qiamat,kalo hukum alatnya halal kenapa musiknya haram trus diciptakan alat untuk apa dong

      terimakasih mas narto,
      Maksudnya menghalalkan disini adalah dia menganggap halal sesuatu yang diharamkan oleh Allah, contoh alat musik, bukankah ada dalil Allah mengharamkan khamr, namun disitu disebutin juga bahwa nanti akan ada yang menghalalkan khamr,

      Bukhari membawakan dalam Bab “Siapa yang menghalalkan khomr dengan selain namanya” sebuah riwayat dari Abu ‘Amir atau Abu Malik Al Asy’ari telah menceritakan bahwa dia tidak berdusta, lalu dia menyampaikan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

      لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِى أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ ، وَلَيَنْزِلَنَّ أَقْوَامٌ إِلَى جَنْبِ عَلَمٍ يَرُوحُ عَلَيْهِمْ بِسَارِحَةٍ لَهُمْ ، يَأْتِيهِمْ – يَعْنِى الْفَقِيرَ – لِحَاجَةٍ فَيَقُولُوا ارْجِعْ إِلَيْنَا غَدًا . فَيُبَيِّتُهُمُ اللَّهُ وَيَضَعُ الْعَلَمَ ، وَيَمْسَخُ آخَرِينَ قِرَدَةً وَخَنَازِيرَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

      “Sungguh, benar-benar akan ada di kalangan umatku sekelompok orang yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan alat musik.

      Dan beberapa kelompok orang akan singgah di lereng gunung dengan binatang ternak mereka. Seorang yang fakir mendatangi mereka untuk suatu keperluan, lalu mereka berkata, ‘Kembalilah kepada kami esok hari.’ Kemudian Allah mendatangkan siksaan kepada mereka dan menimpakan gunung kepada mereka serta Allah mengubah sebagian mereka menjadi kera dan babi hingga hari kiamat.”[7]

      Jika dikatakan menghalalkan musik, berarti musik itu haram.

    • mas, ana pernah denger ust diradio katanya banyak orang yang dapet hidayah gara2 mendengarkan lagu2 nya rhoma opic nasyid dll yg islami menurut ust gimna..
      apakah itu benar2 hidayah ya.. saya bingung ..

      Ada orang juga yang mendapat hidayah ketika jadi perampok,.
      Apa harus menjadi perampok dulu jika ingin mendapat hidayah?
      Lagu dan musik itu HARAM hukumnya,. terlepas siapapun yang mendendangkannya, baik bang haji atau opik,.

      Orang lain tersebut bukan mendapat hidayah, jika dia gandrung dengan lagu bang haji atau opik,. kalau dapat hidayah, dia pasti akan meninggalkan musik dan lagu, karena tidak ada lagu islami, tidak ada lagu untuk dakwah,. ini contoh kisah mendapatkan hidayah,. lagu dan musikpun ditinggalkan, padahal dia sudah sering konser dan manggung, baca kisahnya disini

      • MāsyāAllāh tabārakallāhu
        Penjelasan yang masuk akal, akhi..

        Penjelasan berdasarkan DALIL, bukan asal masuk akal

  3. klo sekedar instrumen itu hukumnya apa, sprti instrumennya di acara khasanah ituh..

    Terimakasih ridho,
    alhamdulillah saya pribadi pernah bertemu dengan redaktur pembuat acara khasanah, alhamdulillah beliau sudah mengikuti manhaj salaf, makanya bisa membuat acara yg seperti itu,
    dan semua itu butuh proses, di situ masih ada musik, dan itu belum bisa dihilangkan, karena orientasi televisi umum adalah untuk rating, iklan,.. jika acara tsb tidak menarik, maka akan ditutup, tidak disiarkan lagi, dan utk menghilangkan suara musik, mereka belum bisa terima,

    Jadi acara tsb masih mending daripada acara yg jelas2 acara konser musik,.
    Dan bagi yang sudah paham manhaj salaf, ngga ada manfaatnya nonton televisi umum, seperti acara khazanah , karena ada mudharat lain di situ, yaitu dari tayangan iklannya,

    Jadi si pembuat acara tsb mengingkari, namun apa boleh buat,. jika ingin melihat yang tanpa musik, bisa melihat rodja tv, itu bebas musik,

  4. kalau musik haram. mngapa kaum ashor bernyanyi dn bermain musik pada saat rasulullah tiba di madinah?

    Kata siapa mas mereka bernyanyi dan main musik?

    Kalau pun betul mereka memainkan musik, jika betul, tentu ada hadits yang menceritakan tentang hal tersebut,.

  5. Di rumah ibu saya ada piano, kalau misalnya kayunya dipermak jadi meja atau lemari boleh tidak?
    Pernah mau saya hancurkan, jadi keributan besar di keluarga.

    Beramar ma’ruf nahi mungkar, tidak boleh sembarangan,. apalagi itu diluar kekuasaan kita,. contoh seperti masih ada kemungkaran di rumah ibu, berbeda jika di rumah kita sendiri,.

    Mereka belum paham, kita sudah paham, jadi jangan main sikat, main berantas,. ini tidak dibenarkan,.

    Yang pertama dakwahi dulu tentunya, dengan cara yang hikmah,
    Dan belum tentu mereka langsung paham, kadang butuh waktu, butuh kesabaran,.. bahkan kadang juga tidak mau menerima,.

    Silahkan baca 14 contoh hikmah dalam berdakwah, klik disini

  6. sulit rasanya menghindari musik, apalagi kita adalah mahluk sosial yang setiap hari hidup bersma orang lain, saya yakin pasti sedikitnya mendengar yang namanya musik, kalau menurut saya kalau mau aman dari semua tipu daya dunia, hidup di hutan sendiri ato sama org yg satu pemahaman dgn kita. menurut sya byk hal lainnya juga yg sgt tdk sesuai dgn ajrn islam yg stiap hri kita dengar, DAN lihat..TERUS MAU APA KITA BROOOOO..sya bingung ……

    Ngga usah bingung broo..

    MENDENGAR musik, itu TIDAK BERDOSA,
    MENDENGARKAN MUSIK, ini yang dosa,.
    Bedakan antara mendengar dan mendengarkan,.kalau mendengar, namanya kita hidup di masyarakat, maka akan terdengar suara musik, di angkot nyetel musik, di bis , pasar,mal, dan hajatan,.. semua pada nyetel musik,.. kita hiraukan saja,.

    Akan mendapat dosa jika kita mendengarkannya, menikmatinya,. bahkan mungkin sambil ikut joget, ini berdosa,.
    Jadi,. mendengar musik tidak berdosa, tapi mendengarkan musik, ini baru dosa,.. jadi ga perlu tinggal di hutan,. karena di hutan juga bisa terdengar musik kok, kan hajatan sekarang pakai speaker yang kencang suaranya,. jadi di hutan juga bisa terdengar,.

  7. Assalamu’alaikum.
    Bagaimana hukumnya mendengarkan nyanyian/musik yang dalam liriknya terdapat pujian-pujian untuk Allah dan Rasulullah?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Walaupun lagu dan musiknya yang dilantunkan adalah ALQURAN, itu juga tidak boleh, apalagi cuma puji-pujian untuk Allah dan Rasulnya

  8. Assalamu’alaikum ka..
    Saya masih kurang memahami, kenapa musik itu dikatakan haram.

    Kan tidak semua lirik maupun musik nya itu sendiri negatif,,

    dan apakah sholawat yang memakai alat musik seperti halnya di majelis majelis itu bisa dikatakan haram?

    Mohon penjelasan nya ya ka.. terima kasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Karena Allah mengharamkan musik, dan Allah tidak boleh ditanya tentang hal-hal yang diharamkannya,

    Dalam semua larangan Allah itu PASTI ada hikmahnya, baik kita ketahui atau tidak, jadi kewajiban kita cuma sami’na wa atha’na, kami dengar dan kami taat,.. Bukan bertanya kenapa..

    Karena musik itu haram, dibarengkan dengan aktifitas apapun ya tetap haram,

    Kenapa ketika shalawat diiiringi musik itu haram?

    Ya sama saja, misalkan shalat diiringi musik,

  9. Subhanallah..
    akhi dr bumiayu ini emang cerdas dan cerdik sekali..
    ane yg abangan ini seneng ..senyum2 sendiri;)
    pencerahan yg menghibur…
    tdk tegang dan saling menjatuhkan…
    kalau pas ke skitar brebes, sudilah ane diterima sbg tamu ..ya akhi…

    Alhamdulillah,..
    Silahkan anda datangi taklim yang ada di kota brebes, silahkan lihat di sini

    • Siap ya..akhi..InsyaAllah kalau pas sedang tugas skitar Brebes,Ane mampir..

      Sekarang tugas di kota mana? Biar saya kasih info kajian di kota anda bertugas, mudah2an ada

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*