Seseorang Akan Dikumpulkan Dengan Orang Yang Diidolakannya, Bagaimana Jika Idola Kita Adalah Orang Kafir? Nau’udzubillahi Min Dzalik..

Hukum Mengidolakan Non Muslim Larangan Mengidolakan Artis Hukum Mengidolakan Hadits Mengagumi Seseorang Hukum Mengidolakan Artis Korea Dalam Islam

Seseorang Akan Bersama Orang yang Dicintai dan Diidolakannya!

dikumpulkan bersama idolanyaOleh: Ustadz Abu Abdillah Ahmad Zain, Lc

Hati-hati Mengidolakan Seseorang!!!
Karena Seseorang akan Bersama Orang yang Dicintai dan diidolakannya

 

بسم الله الرحمن الرحيم, الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين, أما بعد:

Semakin banyaknya kaum muslim mengidolakan seorang yang sebenarnya tidak pantas untuk diidolakan, baik karena akidahnya yang buruk yang dipenuhi dengan syirik, ibadahnya yang buruk yang dipenuhi dengan bid’ah, pergaulannya yang buruk atau tingkah lakunya yang buruk.

Kalau bukan karena peran media massa-lah seorang yang sebenarnya buruk ini dan tidak pantas menjadi idola inilah akhirnya diidolakan orang banyak!!!

Tulisan singkat di bawah ini, ingin menjelaskan sedikit sebenarnya siapakah yang berhak diidolakan dan siapakah yang tidak pantas untuk diidolakan.

Kawan pembaca, ketauhilah, semoga Allah merahmati kita…

Sang Idola dan Panutan yang bebas dari segala keburukan dan kekejian

{قَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا } [الأحزاب: 21]

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab: 21)

Kenapa beliau idola tanpa cacat, jawabannya:

عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامِ بْنِ عَامِرٍ قَالَ أَتَيْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ أَخْبِرِينِى بِخُلُقِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-. قَالَتْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ أَمَا تَقْرَأُ الْقُرْآنَ قَوْلَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ (وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ)

Artinya: “Sa’ad bin Hisyam bin Amir berkata: “Aku pernah mendatangi Aisyah radhiyallahu ‘anha, lalu aku bertanya: “ Wahai Ummul Mukminin, beritahukanlah kepadaku akan akhlaknya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?”, beliau menjawab: “Akhlak beliau adalah Al Quran, apakah kamu tidak membaca Al Quran, Firman Allah Azza wa Jalla: (وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ) dan sesungguhnya engkau di atas budi pekerti yang agung.” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 4811)

Makna “Akhlak beliau Al Quran”

Berkata Ibnu Rajab rahimahullah:

تعني : أنَّه كان تأدَّب بآدابه ، وتخلَّق بأخلاقه ، فما مدحه القرآن ، كان فيه رضاه ، وما ذمه القرآنُ ، كان فيه سخطه

Artinya: “Maknanya adalah beliau senantiasa beradab dengan adabnya Al Quran dan berakhlak dengan akhlaknya, apa yang dipuji Al Quran maka di dalamnya terdapat kerelaan beliau dan apa saja yang dicela Al Quran maka di dalamnya terdepat kemurkaan beliau.” (Lihat Kitab Jami’ Al Ulum Wa Al Hikam)

Indahnya mengidolakan Nabi dan orang-orang yang diridhai Allah Ta’ala.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَتَى السَّاعَةُ قَالَ « وَمَا أَعْدَدْتَ لِلسَّاعَةِ ». قَالَ حُبَّ اللَّهِ وَرَسُولِهِ قَالَ « فَإِنَّكَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ ». قَالَ أَنَسٌ فَمَا فَرِحْنَا بَعْدَ الإِسْلاَمِ فَرَحًا أَشَدَّ مِنْ قَوْلِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- « فَإِنَّكَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ ». قَالَ أَنَسٌ فَأَنَا أُحِبُّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ فَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ مَعَهُمْ وَإِنْ لَمْ أَعْمَلْ بِأَعْمَالِهِمْ.

Artinya: “Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bercerita: “Pernah seorang lelaki datang menenmui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu dia bertanya: “Wahai Rasulullah, kapan hari kiamat?”, beliau bersabda: “Apa yang kamu telah siapkan untuk hari kiamat”, orang tersebut menjawab: “Kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya”, beliau bersabda: “Sesungguhnya kamu bersama yang engkau cintai”, Anas berkata: “Kami tidak pernah gembira setelah masuk Islam lebih gembira disebabkan sabda nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam “Sesungguhnya kamu bersama yang engkau cintai, maka aku mencintai Allah, Rasul-Nya, Abu Bakar dan Umar, dan berharap aku bersama mereka meskipun aku tidak beramal seperti amalan mereka.” (HR. Muslim)

قَالَ ثَابِتٌ فَكَانَ أَنَسٌ إِذَا حَدَّثَ بِهَذَا الْحَدِيثِ قَالَ اللَّهُمَّ فَإِنَّا نُحِبُّكَ وَنُحِبُّ رَسُولَكَ.

Tsabit (perawi hadits di atas) berkata: “Senantiasa Anas radhiyallahu ‘anhu jika meriwayatkan hadits ini, beliau berdoa: “Wahai Allah, sesungguhnya kami mencintai-Mu dan mencintai Rasul-Mu”. (HR. Ahmad)

Kawanku…

Sangat indah…mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berarti akan bersama beliau di hari kiamat, tentunya di dalam surga.

Sangat indah…mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berarti akan bersama beliau di dalam surga meskipun pastinya tidak akan mampu beramal seperti amalan beliau.

Tapi ingat Kawanku… Hadits ini juga berlaku bagi yang;

>> mencintai orang yang buruk akidahnya penuh dengan kekafiran, penuh dengan kesyirikan, penghinaan terhadap Allah Ta’ala, penghinaan terhadap nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan lainnya dari akidah yang buruk, maka dia akan bersamanya di hari kiamat…

>> mencintai orang yang buruk ibadahnya, ibadah senantiasa bid’ah, tidak memperhatikan kwalitas ibadah, tidak taat dalam ibadah, maka dia akan bersamanya di hari kiamat…

>> mencintai orang yang buruk interaksi sosialnya, sering menggangu orang lain, mecela orang lain, menzhalimi orang lain dan sebagainya dari interkasi social yang buruk, maka dia akan bersamanya di hari kiamat…

>> Mencintai orang yang perbuatan dan tingkah laku buruk dan keji, suka maksiat, suka pamer aurat, suka minum khamr dan barang memabukkan lainnya, suka mencuri, suka berzina, seks bebas dan sebagainya dari perbuatan keji dan buruk, maka dia akan bersanama di hari kiamat…

Mari perhatikan perkataan Al Mubarakfury rahimahullah:

قوله المرء مع من أحب أي يحشر مع محبوبه ويكون رفيقا لمطلوبه قال تعالى ومن يطع الله والرسول فأولئك مع الذين أنعم الله عليهم الآية وظاهر الحديث العموم الشامل للصالح والطالح ويؤيده حديث المرء على دين خليله كما مر ففيه ترغيب وترهيب ووعد ووعيد

Artinya: “Sabda beliau “Seseorang bersama yang yang dia cintai”, maksudnya adalah dia akan dikumpulkan bersama orang yang dia cintai dan akan menjadi teman untuk yang dicarinya, Allah berfirman: “Barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka mereka akan bersama orang-orang yang yang dianugerahkan oleh Allah nikmat atas mereka”, dan secara lahir hadits , mencakup keumuman baik untuk mencintai orang shalih atau orang yang tidak shalih, dan yang menguatkan pendapat ini adalah hadits yang berbunyi: “Seseorang sesuai dengan agama temannya”, sebagaimana yang sudah disebutkan. Maka di dalam hadits ini, terdapat motivasi (untuk berteman dengan orang shalih-pent) dan peringatan keras (untuk tidak berteman dengan orang tidak shalih-pent), di dalam hadits ini terdapat janji yang baik (bagi yang berteman dengan orang shalih-pent) dan ancaman siksa (bagi yang berteman dengan orang tidak shalih-pent).” (Lihat kitab Tuhfat Al Ahwadzi)

Kawanku …

Jangan sampai hari kiamat kita seperti apa yang disebutkan di dalam ayat di bawah ini akibat MENJADIKAN IDOLA YANG TIDAK PANTAS UNTUK DIIDOLAKAN, BAIK KARENA KEKAFIRANNYA, KESYIRIKANNYA, KEBID’AHANNYA DAN MAKSIATNYA!!!.

{يَوْمَ تُقَلَّبُ وُجُوهُهُمْ فِي النَّارِ يَقُولُونَ يَا لَيْتَنَا أَطَعْنَا اللَّهَ وَأَطَعْنَا الرَّسُولَا (66) وَقَالُوا رَبَّنَا إِنَّا أَطَعْنَا سَادَتَنَا وَكُبَرَاءَنَا فَأَضَلُّونَا السَّبِيلَا (67)} [الأحزاب: 66، 67]

Artinya: “Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikkan dalam neraka, mereka berkata: Alangkah baiknya, andai kata kami taat kepada Allah dan taat (pula) kepada Rasul. Dan mereka berkata: “Wahai Rabb kami, sesungguhnya kami telah menaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar).” (QS. Al Ahzab: 66-67)

Ahmad Zainuddin
6 Rabi’ul Awwal 1433H
Dammam, KSA

Artikel: DakwahSunnah.comn publish kembali oleh Moslemsunah.Wordpress.com

Print Friendly, PDF & Email

Hukum Mengidolakan Seseorang Idola Dalam Islam Hukum Mengidolakan Artis Hukum Mengagumi Orang Kafir Menurut Islam Hadist Mengidolakan Artis

18 Comments

  1. Assalamu’alaikum, saya sangat berterima kasih karena anda telah memposting tulisan seperti di atas.

    Jujur saya sedikit tertegun setelah melihat foto yang anda posting di artikel ini.Ini kebetulan atau apa? aku suka super junior.

    tapi setelah membaca postingan di atas…aku akan berusaha untuk mengubah semua kebiasaan burukku dan akan mencoba untuk tidak fanatik lagi dengan artis korea maupun super junior.

    mungkin ini yang terbaik…dan Insya Allah aku akan berusaha untuk mengidolakan sosok tauladan seperti Rasulullah.Terima kasih atas pencerahannya^^

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Alhamdulillah mba, mudah2an ini adalah awal hidayah menuju ke arah yg lebih baik,
    memang fenomena remaja islam sekarang, banyak yg mengidolakan org yg sangat tidak layak untuk diidolakan, bahkan ini juga melanda remaja yg ada dipesantren juga,.. miris memang, tapi lambat laun seiring dgn informasi ttg islam yg benar, maka mereka mulai tersadarkan dari keterlenaan tsb,

    Teruslah mempelajari islam dengan pemahaman yg benar mba,. mudah2an Allah mudahkan,.. Amiin,.

  2. assalamu’alaikum mas
    terima kasih banyak tlah memposting artikel yg sngat bermanfaat bagi saya
    wah mas, foto yang di artikel ini adalah foto artis yang aku suka 🙂

    semoga setelah aku membaca postingan mas admin insyaallah aku bisa mencoba untuk tdak fanatik lagi dengan artis korea, maupun Super Junior

    terima kasih banyak mas,

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Terimakasih mba nisa sudah komentar disini, mudah-mudahan mba diberikan oleh Allah kepada hidayah, dan dimudahkan untuk memahami islam dengan pemahaman yang benar, sehingga bisa menyikapi masalah dengan benar, sehingga selamat di dunia dan akherat,. Aamiin,.

  3. Assalamu’alaikum
    admin aku mw izin share. karena postingan ini insya Allah bisa bermanfaat bagi mereka yang masih fanatik dengan idolanya.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Silahkan saja,.

  4. Mas…hari ini baru saja saya membuka postingan Mas. Difoto postingan mas adalah idola saya. Saya sengaja mencari2 artikel yg berkaitan dgn ini. Saya akan mencobanya perlahan2. Berat memang , tapi di akhirat nanti saya ingin bersama Rasulullah SAW. Bukan mereka.

    Mudah2an mba nurul bisa meninggalkan idola2 yang buruk tersebut, beralih kepada idola yang membawa anda ke surga, bukan idola yang membawa anda ke neraka,..

    Mudah2an Allah berikan kekuatan kpd mba nurul utk meninggalkan itu semua,. apalagi musik hukumnya HARAM,. banyak postingan tentang musik di blog saya ini,

  5. Assalamu’alaikum kak.
    wahh gambarnya konser suju. hahaaa.. saya mantan penyuka kpop, suju pula.
    alhamdulillah ﺍَﻟﻠّﻪُ telah menunjukkan jalan yang benar.
    kalo yg diidolakan itu tidak hanya Rasulullah, keluarga dan oara sahabat, tp juga seorang hafidz atau teman yang insyaallah mengajak untuk lebih taat pada Allah bagaimana?
    bolehkah?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    Alhamdulillah,. mudah2an kamu diberi oleh Allah kekuatan untuk meninggalkan idola yang mengajak kepada neraka,.
    Musik haram hukumnya, jadi para pemain musik, artis,penyanyi, juga para pendukungnya itu semua adalah profesi yang haram,. ngga usah dijadikan idola,.
    Orang-orang shalih, para ulama, mereka mengidolakan Rasulullah, ingin bersama Rasulullah di surga,.
    maka idola kita pun hendaknya seperti mereka,.para hafidz, juga teman yang shalih juga mengidolakan Rasulullah,

  6. Assalamu alaikum kak.
    Jujur saya sudah sering baca postingan seperti ini. Dan saya pernah mencoba untuk merubah kebiasaan saya yg sangat mengidolakan aris k-pop.
    Sempat beberapa lama saya bisa melupakannya. Tapi akhirnya saya kembali lagi. Bahkan sepertinya makin parah.
    Sebenarnya saya tdk menyukai sifat saya yg seperti ini.
    Saya merasa malu kpd Allah. Saya tau itu salah tp sy masih tetap melakukannya. Apa yg harus saya lakukan?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Terimakasih mba indah,
    Yang pertama perlu indah ketahui, musik dan lagu itu HUKUMNYA HARAM,. terlepas siapapun yang menyanyikannya,..
    Walaupun bang haji yang menyanyikan, itu tetap HARAM hukum lagu dan musik, apalagi yang menyanyikan adalah orang kafir, dan auratnya diumbar,. seperti wanita murahan,.. dan memang wanita penyanyi itu adalah wanita yang tidak menjaga diri,. berlenggak lenggok di depan puluhan,ratusan,jutaan pasang mata, itu adalah wanita yang buruk,.

    Nah, apakah indah mau dikumpulkan dengan wanita-wanita seperti itu kelak di akherat??

    Indah, usia kita, hanya Allah yang tahu,. kita tidak tahu kapan kita mati,. kita tidak bisa memastikan bahwa besok kita masih hidup,..

    Nah,. tidakkah indah takut, jika sedang menikmati nyanyian, lagu,musik… Allah cabut nyawa anda,.. ini tentu kematian yang jelek,.

    Yang anda lakukan adalah bertaubat dari hal tersebut,.

    Camkan dalam hatimu, K-pop, dan grup2 musik lain,.itu bukan membawa penggemarnya ke surga, tapi membawa ke neraka,.

  7. Assalamualaikum,
    ka klo kita menyukai idola kafir,tp kita mengidolakannya ga trlalu fanatik/brebihan,tetap haram hukuknya?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    tetap haram hukumnya,
    seharusnya kita menanamkan kebencian dalam hati kita kepada orang kafir, sebagaimana orang kafir pun menanamkan kebencian di hati mereka kepada umat islam, walaupun terlihat luarnya baik,,

  8. assalamualaikum
    pak bagaimana cara agar kita melupakan idol itu dan bagaimana cara mencintai rasulullah ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Kenali Rasulullah,
    Bagaimana bisa kenal? dengan belajar, belajar tentang islam ini, dengan pemahaman yang benar,
    Kemudian, pilih teman-teman yang shalihah, bukan teman yang membuat kita megidolakan tokoh-tokoh yang mengajak ke neraka,.

    Di kota mana anda tinggal, biar saya kasih tahu tempat taklim yang dekat tempat anda tinggal

  9. Assalamualaikum admin….
    Apa baik kita membenci orang non muslim (kafir) ???
    Bagaimana cara kita membencinya ?
    Lalu klo Allah menyuruh kita mmbenci orng kafir, mengapa Allah tetap memberi bahkan lebih dari rizki yg orang muslim dapat rizki ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Justru kita diperintahkan untuk membenci orang kafir, tanamkan di hati kita, tidak menjadikan mereka itu sebagai teman dekat,sahabat, atau idola,.
    Adapun urusan muamalah, pergaulan, maka tampakkan akhlak baik sebatas sesama manusia, mudah-mudahan saja mereka tertarik dan masuk ke dalam islam,.

    Allah itu maha pengasih, bukan orang islam saja yang diberi rizki, bahkan semua diberi, baik makhluk yang taat atau yang tidak, juga binatang dan tumbuhan Allah berikan rizki,
    Dan memang rizki untuk orang kafir itu ya di dunia, kelak di akherat siksa yang kekal dan abadi yang akan mereka dapatkan,.
    Dunia ini adalah surga bagi orang kafir, dan penjara bagi orang yang beriman,.

    Makanya, orang beriman seharusnya tidak usah takut tidak akan mendapatkan RIZKI, orang kafir saja Allah berikan rizki, apalagi orang beriman,.

    tapi banyak orang beriman, orang islam yang ketakutan dalam mencari rizki, sehingga melakukan cara-cara yang diharamkan oleh Allah dalam mencari rizki tersebut,.

  10. Saya,Mao Nanya Dong,Saya Dulu Adalah Fanboy K-popers Selama 6 Tahun,Saya Suka Suju,EXO,RV,Dll,Jujur Saya Merasa Selepas Suka K-pop Kek Ada Perasaan Nyaman Gitu,Tapi Masalahnya Pan Katanya Musik Itu Haram,Saya Masih Suka Denger Musik Sih,Tapi Mulai Kurangin,Kalo Musik Agama Boleh Kaga? Mohon Pencerahannya :v

    Alhamdulillah, mudah2an Allah berikan hidayah taufik pada anda,.
    Bisa meninggalkan hal-hal yang Allah haramkan,.
    Musik itu haram hukumnya, tidak ada musik islami, album religi pun itu haram, berdakwah dengan musik juga haram hukumnya, sudah saya ulas disini

    Ganti saja kesukaanmu dengan mendengarkan murattal alquran,.

  11. Gini mas, saya mengidolai pemain bola dan juga ilmuan kafir semacam albert einstein dan juga stephen hawking, pebisnis kafir bill gates, steve jobs. Tapi saya mengidolai prestasi mereka bukan kehadiran mereka, jadi menurut saya boleh saja asalkan yang menjadi penyebab kita mengidolai orang kafir prestasi bukan kekafirannya.

    Maaf ya, kita muslim dalam urusan dunia masih bergantung dari orang kafir, teknologi, sains, ekonomi semua dikuasai orang kafir jadi sah saja menurut saya mengidolai orang kafir berdasarkan prestasi dengan tetap benci kekafirannya.

    Kita tidak boleh merasa ada cinta sedikitpun pada orang kafir, menjadikan mereka teman dekat,sahabat, itu tidak boleh,
    Wajib ditanamkan dalam hati kebencian pada mereka, sebab demikian pula orang kafir terhadap orang islam, dalam hati mereka juga ada kebencian terhadap islam,

    Tapi ingat, walaupun kita benci setengah mati, ketika kita bertemu mereka bkn pasang tampang angker, kebencian hanya di hati, adapun ketika bertemu, ya bersikap wajar, baik, siapa tahu dgn kebaikan tersebut mereka mau masuk islam, akibat sikap baik tersebut,

    Tentang komentar mas tentang membenci orang kafir juga berlebihan, bukankah Allah membolehkan muslim menikahi wanita kafir nasrani?

    Laki2 boleh menikahi wanita nasrani, ada tujuannya, karena kepala keluarga akan dimintai pertanggungjawaban terhadap anak dan istrinya, sehingga dgn dinikahinya wanita tersebut dengan harapan mau masuk islam, dan laki2 itu membawahi istrinya, sehingga bosa mendakwahi si istri,

    Tapi kalau wanita muslim justru haram dinilahi oleh laki2 nasrani,

  12. assalamu’alaikum…

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    jujur sehabis baca postingan ini saya langsung ngerasa ‘deg! ser!’ gimana gituh.

    saya galau banget, ga ngerti mesti gimana. jujur saya ngefans sama artis-artis kpop dan jpop (boybandnya saja tapi girlbandya nggak) tapi itu hanya sebatas suka sama penampilan, lagu/musik dan bahasanya doank. yang lain-lainnya mah nggak. saking ngefansnya saya pngn ketemu foto bareng, pngn ke korea juga.

    Wah, hati-hati mba, ngga boleh leh loh umat islam ngefans sama ahli maksiat,
    Musik itu haram hukumnya, membuka aurat juga haram hukumnya, apalagi artis korea, itu kayak berpakaian yang kurang bahan,.
    Seseorang itu akan dikumpulkan dengan orang yang diidolakannya, fans nyaa,.
    Emangnya mau,..?

    dulu waktu smp saya menyukai semua hal yang berbau korea dan jepang seperti pakaian tradisional, makanan khas, tempat wisata, drama, musik, artis dan warganya, juga teknologi dan pendidikannya. tapi itu semua sekarang sih udah agak berkurang misalnya kalo ada artis (bb/gb atw aktris/aktor) atw penduduk sana yg minum khamr dan berbuat sex saya ga suka lg dgn mereka dan saya beralih ngefans sm artis yg saya kira tidak seperti itu. apa itu ttp haram dan dosa?

    Drama, musik,artis,itu semua adalah kejelekan,. bahkan penghasilan dari musik dan artis itu HARAM Hukumnya,. profesi yang buruk, bukan profesi mulia,.lah koq yang seperti itu koq jadi idola?

    terus kalo musik itu diharamkan kenapa rasulullah saw tidak menghentikan aksi penduduk madinah yg menyambut beliau dgn musik rebana?

    Tidak ada penduduk madinah yang menyambut rasulullah dengan pukulan rebana, saya sudah posting ulasannya di sini

    terus knp juga pesantren-pesantren atw sekolah-sekolah yg berbasis islam juga ngadain ekskul musik? adakah dalil yg shahih?

    Disitulah musibahnya, musik yang jelas haram hukumnya, di ajarakan di sekolah-sekolah islam, bahkan di pesantren,.
    Dalil haramnya musik sangat banyak, bahkan ulama pun bersepakat akan haramnya musik, saya sudah posting di sini

  13. berarti senam seperti SKJ, aerobik, dll itu juga haram donk, soalnya udah pake musik ditambah gerak-gerak yg kek begitu?

    Musiknya haram,. adapun kalau wanita senam di luar rumah, dilihat oleh laki-laki, ya jelas.. apalagi menampakkan pernak-pernik wanita yang itu hanya suami yang bisa lihat,. ini adalah haram,

    Musibah,. wanita senam di luar rumah,.

    Kalau mau senam, di dalam rumah, ga usah pakai musik, dan menutup aurat, kelau mau senam bebas, ya senam di kamar, cukup suami yang melihat

  14. Hahaha mas, bukan begini caranya berdebat disitus yg saya bagi itu ada argumen dan disertai dalil dan pendapat ulama ahlussunnah Al ghazali, Ibnu Hajar dll. Antum kalo mau berbeda pendapat silahkan tapi jangan menyesatkan dan bilang mabok pendapat ulama lain. Kalo gak setuju cukup kasih argumen. Susah dah wahai pikiran sempit

    Walaupun ada SEJUTA pendapat ULAMA yang dibawakan, tapi itu bertabrakan dengan SATU HADITS SHAHIH, maka wajib ditinggalkan pendapat SEJUTA ULAMA tersebut, apalagi ini bertabrakan dengan AYAT ALQURAN yang menjelaskan HARAMNYA MUSIK DAN LAGU

  15. Masyaallah,mas saya juga mengidolakan artis korea (JinGoo),saya malu sama allah karna saya mengidolakan orang kafir ,tapi insyaallah saya akan merubah sikap kekanak-kanakan saya,tapi bagaimama caranya agar saya bisa benci dengan orang kafir?

    Ingat saja akibat yang akan didapatkan di akherat bagi oran kafir, yaitu KEKAL DI NERAKA,.
    Apakah anda mau dikumpulkan bersama mereka?
    Lagian MUSIK ITU HARAM dalam islam,. jadi jauhi dari mendengarkan musik dan nyanyian,.
    Profesi artis itu haram dalam islam, demikian pula pemusik dan penyanyi,. semua itu haram hukumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*