Taubat Dari Maksiat Yang Dilakukan Di Masa Muda

Cara Bertobat Dari Maksiat Kalam Remaja Taubat Maksiat Pemuda Mau Berhenti Maksiat Gmn Crnya Pengen Tobat  Di Usia Muda Orang Yg Berbuat Maksiat Bisakah Tobat

taubat dari dosaDi Masa Muda Bergelimang Maksiat

Tanya, “Apakah orang yang di masa mudanya bergelimang maksiat kemudian bertaubat dan memiliki sifat orang-orang yang taat itu bisa dinilai bagian dari orang-orang yang taat?

Jawab:

Siapa saja yang bertaubat maka Allah pasti menerima taubatnya. Orang yang bertaubat dari suatu dosa itu bagaikan orang yang tidak pernah melakukannya sama sekali. Orang yang melakukan maksiat lalu bertaubat, boleh jadi keadaannya malah lebih baik setelah dia menyesal dan bertaubat dengan taubat nashuha. Jika setelah itu dia iringi dengan iman dan memperbanyak amal shalih maka dosa-dosanya akan diganti dengan pahala sebagai anugrah dan kebaikan dari Allah.

Dengan demikian, keadaannya setelah bertaubat itu malah lebih baik.

وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آَخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَامًا (68) يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا (69) إِلَّا مَنْ تَابَ وَآَمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Yang artinya, “Dan orang-orang yang tidak menyembah Tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya Dia mendapat (pembalasan) dosa(nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan Dia akan kekal dalam azab itu, dalam Keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS al Furqon:68-70).

Jika seorang ahli maksiat itu benar-benar bertaubat, mengerjakan berbagai kewajiban, meninggalkan berbagai hal yang haram, meninggalkan yang makruh dan hal-hal yang sia-sia dan bersegera melakukan berbagai amal sunnah, maka dia tergolong yang bersegera dalam kebajikan.

sumber : http://ustadzaris.com/di-masa-muda-bergelimang-maksiat

Saya tambahkan juga komentar pembaca dari sumber diatas beserta jawabannya , pembaca tersebut bertanya tentang dulu dia pernah memasang susuk, namun sudah bertaubat dan ternyata susuk tersebut tidak bisa diambil, berikut ini pertanyaan dan jawabannya:

anwar

Agu 25, 2010, 2:18 pm

assalamualaikum ustadz,..?
klo memakai susuk,..
tapi tdk bisa diambil,..
apakah taubatnya diterima oleh Allah,..?
dan klo sudah meninggal ,. apakah ruhnya akan gentayangan,..
trims,..

ustadzaris

Agu 26, 2010, 10:40 am

utk anwar
Tidak ada arwah gentayangan dalam Islam
Kalo sungguh-sungguh bertaubat, insya Allah diterima.

Print Friendly, PDF & Email

Maksiat Tobat Maksiat Lagi Orang Yang Dulunya Maksiat Sekarang Orang Ingin Taubat Nasihat Untuk Orng Ingin Taubat Nasihat Bijak Bagi Orang Taubat Insaf Maksiat

7 Comments

  1. Assalamu’alaikum akhi, bagaimana cara taubat dari dosa besar? Karna ana pernah mendengar kalau bertaubat dari dosa besar ada syarat dan caranya, sedangkan bertaubat dari dosa kecil cukup dengan istighfar, syukran

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Terimakasih akh iman,
    Dosa kecil bisa terhapus dengan istighfar, juga wudhu bisa membersihkan dosa-dosa kecil,
    Adapun dosa besar, wajib dengan taubat nasuha, baca postingan ini , jangan menunda-nunda taubat, baca postingan yang ini juga

  2. asamualaikum wr’wb..
    apakah orang yg berhubunfan gelap dengan orang tua y sendiri akan fi tetima taubat y mas admin.

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    terimakasih dani,.
    berzina dengan orang tua adalah dosa besar, lebih besar dosanya dari berzina dengan orang lain,.
    Dengan tobat nasuha, tidak ada dosa yang tidak diampuni dengan tobat nasuha, semua dosa akan diampuni dengan cara tobat nasuha,. jangankan dosa zina, dosa yang paling besar, yaitu dosa syirik,.. itu bisa diampuni dengan cara taubat nasuha, taubat dengan sebenar-benar taubat,.

    maka,.. bertaubatlah,.. dan jangan berputus asa dari rahmat Allah,.

  3. Assallamualaikum wr wb,
    saya bekerja di sebuah kantor swasta dan sebelumnya saya minta ma`af diam2 saya selingkuh dengan majikan saya, sedangkan saya ingin sekali berhenti dari perbuatan maksiat ini beri aku jalan keluarnya / solusinya, sukron

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Terimakasih wati, sudah komentar disini,. anda wajib bartaubat dari perbuatan nista tersebut,. selingkuh dosanya jauh lebih besar dari berzina dengan pelacur,.

    anda wajib bertaubat, putuskan hubungan dgn majikan anda, keluar dari tempat kerjaan tersebut sehingga anda tidak bisa berhubungan lagi, ganti hape anda, hapus nmr hape diaa dan jauhkan segala sarana yang bisa membuat terulang kembali perbuatan tersebut,.

    Ingat, zina adalah hutang,. keluarga anda sendiri yang akan membayarnya,. silahkan lihat postingannya disini

    Orang yang sdh menikah lalu selingkuh, bahayanya di dunia dan akherat, silahkan klik disini

    Bahaya zina dan cara taubatnya, bisa dibaca disini

    Bahaya selingkuh baik di dunia atau di akherat,. baca disini

    BACA,. SIKSA YANG AKAN DIDAPATKAN OLEH ORANG YANG BERZINA,. ngeri,… baca disini

  4. asalamualaikum
    kalau maksiat berulang ulang apa masih bisa bertaubat?

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    terimaksih rivai,.
    Jika seseorang berbuat maksiat, lalu dia bertaubat dengan taubat yang benar, lalu dia terjatuh lagi dalam maksiat,. maka dia wajib bertaubat lagi dengan taubat yang benar,. dan bagaimana jika dia terjatuh lagi dalam perbuatan maksiat? maka bertaubat lagi dengan taubat yang benar,..

    Allah maha menerima taubat ,. dan Allah gembira jika ada hambanya yang bermaksiat, lalu dia memohon ampun kepada Allah, bertaubat dengan taubat yang benar, taubat nasuha,.

    Dan Allah juga maha tahu, apakah seorang hamba yang bermaksiat itu taubat dengan taubat yang benar, atau sekedar taubat main-main,. istilahnya taubat sambel,. sudah hilang pedesnya maka mencoba lagi,.. Allah MAHA TAHU,.

    Jadi, jangan putus asa dari ampunan Allah,… dan anda lebih tahu, apakah anda betul2 bertaubat atau main-main saja,..

  5. Asalamua’laiqum.
    Saat ini saya sudah masa bertaubat. Karna dosa” saya dulu yang begitu besar, sekarang yang saya tanyakan bagai mana cara lebih meningkatkan lagi. Taubat ke pada. Yang menciptakan saya allah swt. Terimakasih.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Untuk meningkatkannya tentu dengan mendalami ajaran islam dengan pemahaman yang benar..
    Hadiri taklim yang mendakwahkan islam dengan pemahaman yang benar,.
    Kalau boleh tahu di kota mana anda tinggal, biar saya tunjukan tempat taklim yang dekat dengan anda,.

  6. asalamualaikum wr. wb saya sopyan saya mau tanya saya sudah bertobat dari maksiat tapi saya ulangi lagi maksiat itu. bagai mana caranya supaya saya bisa tobat sungguh sungguh dan tidak mengulangi maksiat itu

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh,
    Syarat taubat yg nasuha:
    1. Menyesal 2.menunggalkan prbuatan tsb 3. Bertekad kuat utk tdk kembali melakukan prbuatan itu kembali,
    Taubat itu tdk mudah, butuh perjuangan, karena iblis tdk suka jika ada manusia yg bertaubat, sehingga mereka berupaya dg cara mereka, iblis sdh sangat berpengalaman dalam menyesatkan manusia..
    Manusia yg sdh trbiasa maksiat, oleh iblis itu ibarat rumah kosong, malungpun ga minat,
    Tapi manusia yg bertaubat, maka iblis dgn berbagai cara berusaha agar taubatnya itu rusak…

    Maka kewajiban anda bertaubat lagi.. Perbaiki kualitas taubat anda…jangan pernah putus asa,..

    Seorang muslim itu akan mengamvil pelajaran, tidak mau trjerumus dalam lubang yg sama berkali2,
    Berdoalah pada Allah agar diberi kekuatan agar bisa bertaubat dg taubat nasuha

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*