Agar Tampil Cantik Istri Memasang SUSUK, Bolehkah Menurut Islam?

Susuk Emas Menurut Islam Susuk Inten Menurut Islam Hukum Memakai Susuk Hukum Pasang Susuk Susuk Berlian Menurut Islam

haramnya susukPasang Susuk Demi Suami

Pertanyaan:

Assalamu,alaykum

Ustadz, bolehkah seorang istri memasang susuk yang bisa membuatnya semakin cantik dengan niat agar suami tidak selingkuh? Mohon Jawabannya. Wassalamu’alaykum

Ibu N di bumi Allah

Jawaban:

Dalam blantika perklenikan memang sering kita dengan istilah “susuk” yakni meletakkan benda secara gaib di bagian tertentu untuk memikat. Kono konsumen terbesarnya adalah para penyanyi dan artis panggung. Terkadang ada barang tertentu yang dimasukkan ke tubuh secara kasar mata lalu dibumbui dengan mantera-mantera. Barang tersebut bisa berujud jarum, logam, emas berlian atau terkadang hanya berujud cairan. Ada pula yang tanpa disertai barang-barang semisal itu.

Susuk dipasang sesuai kehendak pasien, tergantung pada bagian mana dia ingin orang lain terpikat begitu melihatnya. Ada pulang yang dipasang di mata, dagu, pipi atau yang lain. Konon setelah dipasang susuk akan nampak  ‘aura’ kecantikannya atau bisa menyulap yang biasa menjadi tampak luar biasa.

Pada zaman Nabi, sesuatu yang sejenis dengan susah telah dikenal dengan sebutan ‘at-tiwalah‘. Nabi menyatakannya sebagai salah satu dari kesyirikan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya jampi, jimat dan ‘tiwalah‘ adalah kesyirikan.” [HR.Ibnu Majah dan Ahmad]

Disebutkan dalam Shahih Ibnu Hibban bahwa para sahabat bertanya kepada Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, “Wahai Abu Abdurrahman, tentang jampi dan jimat kami sudah paham, lalu apa yang disebut dengan ‘at-tiwalah‘?” Beliau menjawab, “Sesuatu (susuk) yang dibuat dan diklaim dapat menjadikan suami cinta kepadanya.”

al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani –rahimahullah– menjelaskan defini ‘tiwalah’ yang dihukumi syirik oleh Nabi tersebut dengan ungkapan, “Sesuatu (susuk) yang dipasang pada wanita untuk mendatangkan cinta suaminya dan ini merupakan bagian dari sihir.”

Dengan demikian sudah terjawab secara gamblang bahwa susuk merupakan kesyirikan yang diharamkan, meskipun dengan dalih supaya suami tetap setia dan tertarik melihatnya. Bahkan hadits beserta penjelasan para sahabat dan ulama diatas menegaskan bahwa tiwalah biasa dipakai untuk memikat suami. Tentu, bila dilakukan untuk memikat selain suaminya, lebih haram lagi hukumnya.

Belum lagi dilihat dari bagaimana memasangnya, dia harus mendatangi dukun yang menyediakan jasa pemasangannya. Mendatangi, bertanya dan meminta supaya dipasangkan susuk kepadanya diancam oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan sabda beliau,

“Barangsiapa mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu membenarkan apa yang dia katakan, maka sungguh dia telah kufur terhadap apa yang diturunkan atas Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Lalu bagaimana jika yang memasang susuk itu seorang ‘kyai’ atau menggunakan ayat-ayat al Qur’an?

Syaikh Bin Baz –rahimahullah– memberikan komentar terhadap perkataan Ibnu Hajar yang menyebut tiwalah sebagai bagian dari sihir. “Meskipun yang melakukan (memasang susuk) itu mengaku sebagai muslim yang fanatik, mereka menulis al Qur’an dan asma Allah, hanya sebagai bentuk pelecehan terhadapnya, karena mereka menulis seperti caranya orang-orang Yahudi, yakni memisah-misahkan hurufnya (seperti dalam mujarobat,pen) dengan tinta khusus dan mencampurinya dengan mantra-mantra jahiliyyah.”

Dengan kata lain para pemasang susuk telah melakukan sihir, sedangkan Nabi juga bersabda, “Man sahara faqad asyraka,” barang siapa melakukan sihir, maka dia telah musyrik.

Alasan ‘yang penting niatnya’ tidak bisa mengubah status haram menjadi halal. Karena niat baik hanya akan mendapat nilai baik jika jenis amal dan cara mengerjakannya juga baik dan benar dalam pandangan syar’i. Seperti seorang wanita tidak dibenarkan menjadi pelacur meskipun tujuannya adalah untuk menghidupi keluarga yang menjadi tanggungannya. Sedangkan melakukan kesyirikan demi meraih cinta suami lebih buruk dari itu, karena syirik  adalah dosa yang paling besar.

Dari sisi pengaruh, susuk pemikat tersebut tidak hanya dinikmati oleh sang suami, tapi juga orang lain. Maka bisa jadi yang tertarik dan tergila-gila kepadanya adalah laki-laki lain yang justru mengancam rusaknya bahtera rumah tangga. Apalagi umumnya susuk -meskipun pemasangnya mengelak- melibatkan kekuatan jin. Jangan tanyakan lagi dampak buruk melibatkan jin dalam urusan rumah tangga manusia, karena harus ditebus dengan ‘mahar’ yang sangat mahal.

Kalaupun wanita tampak cantik di mata orang yang melihatnya setelah pasang susuk, itu hanyalah hiasan setan yang dibalutkan atas dirinya. Bahkan setan suka membayangi pandangan laki-laki terhadap wanita sehingga seakan wanita telanjang tanpa pakaian.

Jika belum terlanjur, jangan sekali-kali Anda mencobanya, karena itu termasuk perbuatan syirik sekaligus mendatangkan mudarat. Jika telah terlanjut, hendaknya bersegera untuk bertaubat kepada Allah. Tempuhlah jalan yang halal untuk membuat suami cinta dan ridha, misalnya berdandan dengan sesuatu yang halal, maupun tampil mempesona dengan perilaku. Ini tidak hanya membuat Anda cantik dan disayang suami, namun juga dijanjikan pahala di sisi-Nya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sebaik-baik istri adalah yang apabila Anda melihatnya merasa senang, jika Anda menyuruhnya dia taat, jika Anda meminta kepadanya dia akan memberikannya dan jika Anda tidak disisinya maka dia akan menjaga kehormatan dirinya dan juga hartamu.” [HR.an-Nasa’i]

Sumber: Disalin ulang dari buku “Campur Tangan Jin Di Indonesia – Ustadz Abu Umar Abdillah”, Penerbit Wafa Press, Cet.1, Hal.107-111

Dipublikasikan kembali oleh http://alqiyamah.wordpress.com

Susuk Menurut Islam Hukum Memasang Susuk Pasang Susuk Menurut Islam Hukum Memasang Susuk Dalam Agama Islam Susuk Dalam Islam

12 Comments

  1. Assalamu’alaikum wrwb.
    Admin, saya bingung dengan isi web ini: http://www.deleted.net/2012/05/hukum-jimat-ayat-al-quran.html

    Terus terang saya ngeri banget, tapi saya nggak ngerti, benearkah hadits2 yg disebutkan didalam blog tsb..? mohon pencerahan. terimakasih

    Wassalamu alaikum wrwb
    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Saya sudah membaca blog tersebut, dan apa yang dijelaskan dalam blog tersebut kurang benar, bahkan ada beberapa yang malah tidak benar,
    Oleh karena itu saya postingkan untuk anda artikel tentang hal tersebut, silahkan baca disini

  2. Ass.wr.wb.
    apkah amal2n kejawen yg d campur asma allah swt .prbutan syirik kah…..jazakallH

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih irsyad, sudah komentar disini
    Amalan kejawen saja banyak yang menyelisihi ajaran islam, bahkan mengandung kesyirikan, jadi walaupun dicampur asma Allah, itu tidak membuat kejawen itu menjadi baik, justru itu termasuk mencampur adukkan antara yang hak dengan yang batil,.

  3. Assalamu’alaikum wrwb.
    PAK ADMIN ,kalo susuk KB gimana ??

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    susuk kb beda dengan susuk kecantikan, Istilah susuk kb maksudnya disisipkan ke bawah kulit, ada metode kb sperti ini
    isinya hormon yg dilepaskan.scara bertahap

  4. Assalamualaikum wr.wb
    kalo susuknya untuk program kehamilan karna tdk dkaruniai keturunan bagaimana? terimakasih

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Dilihat, beda susuk yang terlarang atau tidak, jika susuk tersebut untuk mempunyai keturunan, dan yang masang adalah dukun atau paranormal, maka ini terlarang,.

    beda halnya dengan susuk KB, itu adalah susuk yang ga ada hubungannya dengan peran jin atau setan, yang masang pun biasanya bidan atau tenaga medis lain, bukan dukun atau paranormal,

  5. saya mau tanya,
    klau saya mau pasang susuk untuk saya,
    agar semua orang pada sayang,
    cinta sama saya terutama lelaki,dan royal,
    semua permintaan saya di turutin mulai dari materi,ada gak

    Terimakasih nandha, jika itu mba lakukan, maka kerugianlah yang akan mba dapatkan kelak di akherat,.
    apalah artinya dicintai laki-laki karena susuk, apalah artinya harta dunia jika di akherat sengsara,.
    Justru org yang dipasangi susuk itu WAJIB BERTAUBAT,.jika tidak, kesengsaraan yang akan dia dapatkan,

  6. asalamu’alaikum..
    saya mau tanya klo yg memasang nya itu pak haji trs mmakay bacaan ayat” alqur’an itu gmn?
    trus klo tujuan nya byar di sayang kluarga ataw byar di prhatiin orang tua supaya akur itu gmn apa hukum nya?
    trimakasih

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Terimakasih liza,.
    tetap tidak boleh, itu adalah dukun berkedok haji,berkedok kyai,. sudah saya ulas postingannya disini

  7. Assalamualaikum wr wb..
    Bagaimana membuat istri mau dan mempunyai nafsu kepada suami??
    Mohon bantuannya Pak ..

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    ya andanya yg harus pandai membangkitkan gairah istri,.
    Anda dandan yang rapi, wangi,
    Berkata lembut, romantis pada istri,.
    Kasih istri hadiah, sanjung dia,.

    Ini trik-trik membangkitkan romantisme dalam rumah tangga, klik disini

  8. Ia gara gara wanita pakai pemikat suamiku pun jadi tertarik dan kagum kepada wanita sialan tu.

    tapi alhamdlh allah masih melindungi rumah tangga kami.

    allah memperlihatkan wajah aslinya,sekarang suamiku jadi tambah dekat dgn allah karna takut tergoda melihat perempuan” sialan yg pakai pemikat wajah

    Alhamdulillah

  9. Assalamualaikum wr.wb
    Bagaimana kalo sudah terlanjur memasang susuk intan?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    hendaknya bersegera untuk bertaubat kepada Allah. Tempuhlah jalan yang halal untuk membuat suami cinta dan ridha, misalnya berdandan dengan sesuatu yang halal, maupun tampil mempesona dengan perilaku. Ini tidak hanya membuat Anda cantik dan disayang suami, namun juga dijanjikan pahala di sisi-Nya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    “Sebaik-baik istri adalah yang apabila Anda melihatnya merasa senang, jika Anda menyuruhnya dia taat, jika Anda meminta kepadanya dia akan memberikannya dan jika Anda tidak disisinya maka dia akan menjaga kehormatan dirinya dan juga hartamu.” [HR.an-Nasa’i]

  10. Assalamualaikum..
    Aku juga mau solusi nya mas, di daerah aku ada yg memperbolehkan memakai susuk cair berupa Intan yg si telan, dan itu sebagai perhiasan wanita bukan,,

    nah tujuan nyh pun hanya untuk mempercantik diri sendiri,

    yang memasang nyh pun orang yg mengerti akan agama islam , dan tdak ada efek samping akan susuk itu sendiri,

    dan teman saya ada yg memakai nyh,, menurut islam apa kah itu di perbolehkan,

    tujuan nyh pun bkn karna kesyirikan… Mohon solusi nyh??
    Wassalam, nisa

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    itu tetap tidak boleh, yang melakukan itu hakekatnya dukun berkedok kyiai,..

    banyaknya yang melakukan bukan berarti itu benar, yg memberikan itu org yang ngarti agama, itu jg bkn otomatis benar,

    orang yang ngarti agama, jika melakukan maksiat, maka tetap maksiat itu haram hukumnya, tdk berubah menjadi boleh,

    dan itu adalah kesyirikan, bagian dari ilmu sihir, meminta pertolongan pada jin agar org yang melihat dirinya, dia terlihat jadi cantik, disitulah letak kesyirikannya, sedangkan susuk itu hanya sarana atau syaratnya, rupanya bisa dari emas,besi bulat kecil,intan,atau air yang di minum, itu semua sama saja, ada juga yang berupa rajah atau mantera-mantera,

  11. assalamualaikum ..
    kalalu sudah terlanjur dipasang .. apa harus dilepas atau hanya bertobat saja cukup .. terus apabila mati kalau susuknya tidak dicabut tapi sudah tobat gimana? ..
    tolong solusinya

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    syarat taubat dari memasang susuk :
    1. Menyesal
    2. Meninggalkan perbuatan tersebut ( membuang susuk tersebut )
    3. Bertekad kuat untuk tidak kembali melakukan hal tersebut,.

    Jadi sebaiknya segera dikeluarkan susuk tersebut, sebab itu tanda taubatnya, dan jangan menggunakan dukun mengeluarkannya,

  12. Assalamualaikum…
    Kalo pasang susuk pakai intan dg org yng mengerti agama tp tujuannya untuk pelindung dr ilmu sihir yng ingin mengganggu (kiriman orlan) bagaimna hukumnya ?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Sama saja itu bagian dari kesyirikan,

    Dan orang yang memasangnya itu bukan orang pintar agama, tapi bodoh tentang akidah yang benar, dukun berkedok kyai

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*