Apakah Jatuh Talak Tiga Jika Kalimat Cerai Diucapkan Sekaligus? Ternyata TIDAK..!

Contoh Ucapan Talak 3 Cerai Talak 3 Sekaligus Talak 3 Karena Emosi Cerai Talak 3 Tanpa Niat Talak Tiga

Seorang Suami Menceraikan Istrinya Dengan Talak Tiga Namun Dia Menyangka Telah Melakukan Kesalahan


Istri saya pernah menjalin hubungan khusus dengan seorang laki-laki, akan tetapi dia takut untuk menceritakan kepada sayadan karenanya dia berbohong kepada saya. Atas dasar kedustaannya tersebut saya menceraikannya dengan talak tiga pada satu kesempatan; karena saya marah dan sedih. Setelah itu istri saya pergi meninggalkan rumah, kemudian dia menghubungi saya via telpon setelah berlalu tiga pekan dan menceritakan kepada saya masalah yang sebenarnya, hingga menjadi jelas bahwa perkiraan saya sebelumnya adalah salah. Saya sekarang menyesalinya. Ketika saya menanyakan tentang hukum syar’inya tentang talak seperti di atas, seorang Imam masjid mengatakan talak semacam itu tetap jatuh tiga talak yang berarti menjadi talak bain kubro, namun Imam masjid yang lain mengatakan bahwa talak model di atas tetap terhitung talak satu kali, mana yang benar menurut hukum syar’i ?

Published Date: 2016-03-16

Alhamdulillah

Pertama:

Jika seorang suami mentalak istrinya tiga kali sekaligus, seperti halnya kalau dia mengatakan: “Kamu saya talak tiga kali”, atau dia mentalaknya tiga kali talak berturut-turut, seperti: “Kamu saya talak, kamu saya talak, kamu saya talak”. Pendapat yang benar menurut para ulama bahwa talak seperti itu dianggap jatuh talak satu, berdasarkan riwayat Muslim (1472) dari Abdullah bin Abbas –radhiyallahu ‘anhu- berkata:

(كَانَ الطَّلَاقُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَسَنَتَيْنِ مِنْ خِلَافَةِ عُمَرَ طَلَاقُ الثَّلَاثِ وَاحِدَةً . فَقَالَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ : إِنَّ النَّاسَ قَدْ اسْتَعْجَلُوا فِي أَمْرٍ قَدْ كَانَتْ لَهُمْ فِيهِ أَنَاةٌ فَلَوْ أَمْضَيْنَاهُ عَلَيْهِمْ ، فَأَمْضَاهُ عَلَيْهِمْ(

“Bahwa talak yang terjadi pada masa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan Abu Bakar dan dua tahun berjalan dari masa pemerintahan Umar, talak tiga kali sekaligus terhitung talak satu, lalu Umar bin Khattab berkata: “Sungguh banyak orang yang tergesa-gesa memutuskan perkara, padahal dahulu mereka mempertimbangkannya dengan matang terlebih dahulu, jika kita terapkan kepada mereka (talak tigakali sekaligus terhitung tiga kali talak) maka dia memberlakukannya kepada mereka”.

Penerapan Umar bin Khattab –radhiyallahu ‘anhu- dalam masalah talak seperti ini dengan menjadikannya terhitung tiga kali talak adalah merupakan hukuman dan ta’ziir, dan bukan menjadi hukum syar’i. Syeikh Islam Ibnu Taimiyah –rahimahullah- telah menyebutkan perbedaan para ulama tentang talak tiga kali sekaligus, apakah boleh dilakukan atau hukumnya haram ?, apakah terhitung jatuh talak tiga atau hanya dianggap satu kali ?, beliau menyebutkan bebarapa pendapat:

1.   Hukumnya boleh dilakukan dan terhitung talak tiga kali.

2.      Haram; karena tidak dibolehkan bagi seorang suami mentalak istrinya tiga kali sekaligus, akan tetapi hendaknya dia mentalak satu kali kemudian jika masih berkenan merujuknya lagi atau membiarkannya sampai selesai masa iddahnya, namun jika dia tetap mentalak tiga kali sekaligus maka tetap terhitung jatuh talak tiga.

3.      Haram hukumnya dan talak seperti itu tetap terhitung jatuh satu kali talak. Beliau berkata: “Pendapat ini dinukil dari beberapa ulama salaf dan kholaf dari generasi para sahabat Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, seperti; Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin ‘Auf, dan diriwayatkan pula dari Ali, Ibnu Mas’ud dan Ibnu Abbas kedua pendapat tersebut. Inilah pendapat kebanyakan dari generasi Tabi’iin, juga merupakan pendapat sebagian pengikut Abu Hanifah, Malik dan Ahmad bin Hambal”. Kemudian beliau berkata: “Pendapat yang ketiga inilah yang sesuai dengan kitab dan sunnah”. (Majmu’ al Fatawa: 33/8-9)

Baca juga untuk penjelasan lanjutan jawaban soal nomor: 36580.

Kedua:

Jika seorang suami mentalak istrinya berdasarkan sebab tertentu, kemudian setelah itu diketahui bahwa terjadi kesalahan pada sebab tersebut, maka tidak dianggap jatuh talak, sebagaimana jika dia mentalak istrinya karena dia mempunyai hubungan dengan laki-laki lain kemudian ternyata belakangan diketahui bahwa hal itu tidak benar, maka talaknya tidak dianggap jatuh talak.

Syeikh Islam Ibnu Taimiyah –rahimahullah- pernah ditanya tentang seorang suami yang mengira bahwa istrinya telah mencuri hartanya, maka dia bersumpah akan mentalaknya, jika istrinya tidak mengembalikan harta tersebut dan akan mengeluarkannya dari rumahnya.

Maka beliau menjawab:

“Jika dia meyakini bahwa istrinya telah mengkhianatinya, kemudian dia bersumpah jika dia tidak mengembalikannya, maka dia akan mengusirnya, kemudian setelah itu ternyata diketahui bahwa istrinya tidak mengkhianatinya, maka dia tidak perlu mengusirnya juga tidak dianggap melanggar sumpah”. (Majmu’ al Fatawa: 33/229-230)

Telah dijelaskan sebelumnya pada jawaban soal nomor: 36835.

Wallahu a’lam .

sumber : https://islamqa.info/id/222095

Print Friendly, PDF & Email

Bilang Cerai 3 Kali Hukum Talak 3 Sekali Ucap Maksud Talak 3 Ucapan Talak 3 Yang Sah Hukum Talak 3 Sekaligus

13 Comments

  1. Saya bertengkar gara2 istri memukul burung peliharaan sy.

    Hingga tejadi cekcok. Ahirnya dia minta cerai.

    Karna emosi sy mengabulkan permintaannya, setelah itu istri memanggil ortu sama saksi. Km coba di sarankan untuk tdk cerai. Cekcok berlanjut krn emosi sy talak tiga.

    Ahirnya semua Diam. Bagai mn hukumnya talak tiga sekaligus.

    Trimakasih sudah komentar disini,.
    Mendengar penyebab hal tsb, sangat disayangkan, gara-gara burung kok keutuhan keluarga yang dipertaruhkan, ini harusnya menjadi bahan introspeksi bagi anda, .. keutuhan keluarga itu lebih utama daripada burung peliharaan,.. bahkan jika itu bisa menjadi pemicu tidak akurnya rumah tangga, alangkah lebih baiknya jika tidak usah menyibukkan diri dengan burung peliharaan, keharmonisan rumah tangga itu lebih utama,

    Apa yang anda lakukan, itu telah jatuh talak satu, dan bukan talak tiga, karena tidak ada talak tiga sekaligus,

    Jika sudah jatuh talak satu, maka anda bisa rujuk kembali, tanpa sepertujuan istri, karena talak satu itu hakekatnya itu masih istri anda, hingga habis masa iddahnya, makanya ketika sudah jatuh talak satu maka istri tidak boleh keluar dari rumah anda, dan anda bisa saja menggauli atau mengajak berhubungan intim denga istri yang sdh ditalak satu, selama masa iddahnya belum habis, dan itu adalah sebagai tanda anda rujuk kepada istri anda, dan istri tidak boleh menolak atau tdk setuju, tentang talak satu ini sudah saya posting disini

    Urusan cerai, tidak memerlukan saksi, sebab jika anda mengucapkan secara bercanda kepada istri anda, itu jatuh talak, apalagi anda ucapkan dalam kondisi marah, tapi marah yang masih terkontrol, mungkin anda emosi saja sehingga mengiyakan permintaan istri,. silahkan baca postingan ini istri minta cerai tanpa udzur syar’i, ini adalah dosa juga, haram hukumnya istri minta cerai, sudah saya posting disini

    Adapun kata cerai langsung talak tiga, maka hukumnya tetap talak satu, jika itu baru pertama kali talak, silahkan baca postingannya disini

  2. Assalamualaikum…

    Maaf… suami saya mentalak saya lgsung talak 3. Dia tidak tau kalo talak 3 itu klo mau rujuk saya hrus nikah dlu.

    Jadi pertanyaannya apakah talak 3 (dlm satu kali ucap) trsbut sah sedang dia tidak tau talak 3 itu bagaimana? Mohon pencerahannya.

    Skrg dia mau rujuk lg krna kasian anak. Tp saya takut klo talak 3 nya sah. Mohon di jawab.. trimakasih.. assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh..

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Itu jatuhnya talak satu, bkn talak tiga, kalau talak tiga sih ga bisa rujuk lagi sebelum si istri menikah dgn laki2 lain, lalu setelah digauli si istri diceraikan lagi, baru boleh mantan suami yg pertama menikah ulang,

    Jadi yg ibu alami itu jatuhnya talak satu, jadi suami masih bisa rujuk,ga perlu akad ulang

  3. saya sudah menjatuhkan talak 3 kepada istri saya dalam satu ucap.

    itu saya ucapkan hanya satu kali dalam pernikahan saya tpi stelah beberapa menit kemudian kami melkukan hub intem.

    apakah itu sah atau tidakah apa yg telah saya ucapkan tersebut.

    Tidak ada talak langsung TIGA, itu jatuhnya TALAK satu, jika baru pertama kali terjadi, dan hubungan intim itu sebagai tanda RUJUKnya,

    Jangan bermudah2 dalam hal menjatuhkan talak,

  4. terima kasih atas jawaban y.tetapi stelah istri saya menanyakan ke guru ngajinya katanya perkataan saya tetep talak3 skrang dia menjauhi saya.trus saya harus berbuat apa dan menjelaskan ke pada istri gimana untuk memperkuatnya.

    Guru ngajinya itu yg ga bener, bahkan Rasulullah saja memarahi orang yang seperti itu,

    Talak tiga sekaligus itu jatuhnya talak satu, jika belum pernah terjadi talak sebelumnya,

    Jadi jawaban guru ngaji dia itu jawaban yg TIDAK di atas ilmu,

    Silahkan printkan artikel di atas,supaya istri membacanya, itu Rasulullah sendiri yang mengatakan bahwa talak tiga sekaligus itu jatuhnya adalah talak SATU,

    Kasih tahu juga ke guru ngaji tersebut agar menjawab dgn ILMU, kasih print artikel di atas

    Mau ikut perkataan gurunya,
    atau ikut perkataan Rasulullah?

  5. Assalamu’alaikum.
    Sy dan suami dlu susah tidur/istirahat krn ketika berdua kami sllu bermesraan.

    Reflek sj suami bilang, “misah..misah..misah..”(pisah-red) Suami minta memisahkan diri mksdnya agar kami agak berjauhan biar sama2 bisa istirahat. G ada niat yg lain. Apa itu jatuh talak juga?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Itu tidak jatuh talak, itu maksudnya misah tempat tidur saja agar tidak selalu bermesraan,

  6. Assalamualaikum,

    saya mentalak 1 istri saya dengan chat by whatsupp karena kami sedang berjauhan, di siang harinya istri saya menantanfg saya untuk talak 3 , saya kabulkan talak 3nya melalui chat WhatsAp, skrng saya sedikit menyesal dan bingung harus berbuat apa? Dikarenakan istri saya sedang mengandung

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    Ucapan talak, selama belum dirujuk dan masih masa iddah, maka jatuhnya talak satu, seperti yg anda lakukan, itu masih talak satu,

    Talak tiga itu ketika terjadi talak ke tiga setelah sebelumnya terjadi dua akali talak dan dua kali rujuk

  7. Assalamu’alaikum … tlong sy

    Wa’alaikumussalam warahmatullah

    skrng sy lgi bingung dan menyesal. sy menikah sdh 6thun punya anak 2 skrng, dulu pertama kli sy cerai talak 3 sekaligus istri sy melalui sms..stlh sy baca baca di artikel dan tanya lngsung pd guru ngaji itu jatuh talak 1 kmudian sy rujuk dgn istri..

    selang 2 thun krn ada mslh rumh tngga sy kmipun cek cok bertengkar. sy hanya ngomong ke istri kmu sy ceraikan.. smpe skrng sy msih bingung apakah ini sdh jatuh talak dua pak?

    Itu jatuh talak dua

    sy pengen kmbali rujuk demi keutuhan rmh tangga dan demi anak. tp omongan omongan yg beredar di masyarakat di kampung sy bhwa sy sdh cerai talak tiga. sy pengen rujuk sm istri sy…tp jujur sy takut dgn warga di kmpung yg slh paham.

    Jika masih dalam masa iddah, maka bisa langsung rujuk, dan rujuk itu ada di tangan suami,
    Untuk menghindari hal tersebut, coba anda minta tolong ke KUA menceritakan hal tersebut , sehingga mungkin pejabat KUA bisa membantu untuk menjelaskan ke masyarakat di kampung , dan ambillah pelajaran dari hal tersebut, jangan sampai terulang lagi sehingga bisa jatuh talak 3

  8. Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

    Saya seorang lelaki berusia 29thn.
    Rumah tangga saya baru genap 11bulan.
    Sehari lalu dari terkirim nya email ini, saya mentalak istri saya.

    Dengan talak langsung talak 3 di depan ibu nya dan ayah saya yang saya bawa kerumah orang tuanya.
    Alasan saya menalak adalah perilaku istri yang suka berbohong, memutuskan sesuatu dalam rumah tangga tanpa izin suami, dan yang paling fatal adalah istri saya beberapa kali ketahuan berbuat riba dengan alasan kebutuhan rumah tangga yang tidak bisa tercukupi.
    Sedangkan saya tidak pernah di ceritakan, dimintai pendapat atau diajak musyawarah perihal kondisi tsb.
    Oiya, sbelum langsung menjatuhkan talak 3, sbenarnya saya sudah talak istri saya sekali.
    Melalui pesan singkat whatsapp.
    Isimya talak satu.
    Alasan jatuh talak satu karna hal yang sama sperti yg saya jelaskan diatas.

    Hari ini dari pagi hari istri saya sudah datang menemui saya di rumah orang tua saya.
    Istri saya menunjukkan penyesalan yang begitu dalam atas apa yg sudah dia lakukan.
    Bersujud dan mohon ampun ke saya.
    Meminta untuk tdk menceraikan dan mencabut talak saya.
    Saya betul betul tidak tega.
    Karna saya sebenarnya secara pribadi masih mencintai istri saya.
    Karna persoalan riba lah yang saya anggap fatal, melanggar syariat Allah makanya saya putuskan menyebutkan talak 3 di depan ibu dan ayah saya.

    Yang mau saya tanyakan adalah :

    -Apakah talak saya sah status nya stelah saya melompati dari talak satu lalu langsung ke talak tiga?

    -Apakah mungkin terjadinya islah/rujuk kembali dengan kondisi tsb?

    -Saya betul betul tdk tega melihat kondisi istri saya, saya saat ini terfikir untuk kasih kesempatan dia skali lagi.
    Mohon admin berikan saran solusi terbaik untuk kondisi rumah tangga kami.

    Demikian pertanyaan saya,
    Sangat besar harapan saya agar segera di respon.
    Jazakallah Khairaa

    Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Talak yang anda jatuhkan yang kedua kali itu berarti jatuhnya TALAK DUA, bukan talak TIGA, karena tidak ada talak tiga sekaligus,.
    Jika anda mau rujuk silahkan, dan hati-hati, jika terjadi talak sekali lagi maka jatuhlah talak TIGA,.

    Saran saya, jangan mudah mengumbar kata-kata talak, semua masalah itu bisa dibicarakan, nasehati istri, dengan cara yang baik tentunya, barangkali saja istri belum paham tentang hukum riba dan bahayanya,

    Jika istri menyesali dan ingin memperbaiki sikapnya, silahkan saja anda merujuknya kembali, dan ingat….. jangan mudah mengeluarkan kata-kata talak, apalagi yang anda sudah jatuhkan berarti jatuh talak DUA, jika terlontar lagi ucapan talak, maka jatuhlah talak tiga,

  9. Assalamualaikum wr, wb…,

    saya gianto berusia 33 thn sya nikah dgn wanita tp nikahnya nikah siri dan bru saja brjalan beberapa bulan pernikahan saya dan saya menalak istri saya dgn kata kata, saya talak 3,dengan alesan saling cemburu satu sama lain dan saya
    terpaksa mengucapk kata kata talak 3 karna waktu itu leher saya dicekik sama istri dan lontaran talak 3 itupun kluar dr mulut saya apakah it termasuk dlm arti talak ketiga apa nggak mohon penjelasannya,,
    wassalamuaalaikum wr wb…

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Apa yang dimaksud nikah siri yang anda lakukan, apakah menikah dengan syarat sah nikah seperti adanya WALI si wanita, namun tidak diumumkan, atau nikah siri yang seperti apa?

    Jika anda mengucapkan kata yaitu menjatuhkan talak kepada istri secara jelas, maka jatuh, dan jika baru pertama kali maka jatuhnya adalah talak satu,

    Kok istri bisa mencekik anda, bukan istri yang baik,.

  10. Admin saya mau tanya.. Apakah sah jatuh talak 3 dalama sekali ucap.pada suatu waktu kami bertengkar trus istri minta talak dan suami memberikan talak 3..jika seorang suami mengucap saya kasih kamu talak 3 tapi setelah itu kami baikan lagi.. Mohon pencerahannya..krn teman saya bilang itu udah jatuh talak 3

    Jika baru pertama kali talak, maka itu jatuhnya TALAK SATU, bukan talak 3

    Dan anda masih bisa rujuk, karena itu baru talak 1 ,

  11. Assalam mualikum wr.wb

    mohon maaf sebelumnya, saya minta klaripikasi tentang masalah saya,waktu dulu 3tahun kebelakang, saya sempat berpisah dengan istri saya, terus saya meminta rujuk kembali lewat hand phone, terus istri saya menolak, selama 3 kali saya meminta rujuk, dan istri saya pun terus menolak, dan pada akhirnya saya dalam keadaan bingung dan dalam keadaan mabuk alkohol, saya mengatakan seperti ini (kalo memang kamu ngga mau rujuk lagi sama saya, ya udah mendingan talak tiga saja sekalian, biar ngga usah bersatu lagi selamanya, terus beberapa minggu kemudian istri saya mengiyakan untuk rujuk kembali) yg menjadi pertanyaan saya, apakah saya zinah dengan istri saya atau tidak selama 3 tahun itu, tapi sebelum masa idah itu selesai, saya didepan Pak Kiyai saya izab kobul lagi dengan istri saya apa hukumnya. Terima kasih

    Rujuk anda via handphone itu SAH, dan rujuk itu GA PERLU persetujuan istri, demikian pula cerai, itu ada di tangan SUAMI, mau istri setuju atau tidak jika suami yang mengatakannya maka SAH, jadi ga perlu ijab qabul lagi,

    Ucapan talak ketika anda mabuk itu ga dianggap, karena akal anda tertutupi,

    Jadi anda ga berzina,

  12. assalaamu’alaiukum wr.wb
    afwan saya ingin bertanya tentang talak 3 sekaligus istri dalam keadaan hamil?sedang kan ucapan itu baru pertama kali terucap.

    lalu apakah sah hukumnya atau tidak,dikarnakan posisi seorang suami dalam keadaan terdesak yang dihadapi tanpa ada mediasi terlebih dahulu.

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh,
    Jatuhnya sebagai talak satu, dan masa iddahnya sampai istri melahirkan, dalam masa iddah istri tetap tinggal bersama suami, dan suami bisa rujuk selama masih masa iddah

    Talak sekalikus tiga itu talak yg bid’ah, berdosa pelakunya dan wajib bertaubat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*