Bagi Yang Masih Bingung Membedakan Bidah, Baca Makna Bidah Dengan Logika ini

Innalhamdalillah Dan Seterusnya Bidah Awam Tata Cara Sholat Inovasi Untuk Mendapatkan Pahala Cara Membedakan Sunnah Dengan Bidah

PEMAHAMAN BID’AH UNTUK ORANG AWAM

mobil bukan bidahبِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Assalammualaikum Warahmatullohi Wabarokatuh

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah wa-asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wah-dahu laa syariikalah wa-asy-hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.

Mari memahami Bid’ah dengan Logika

Kenapa saya memilih bahasan dengan logika ? alasannya adalah karena saya ingin memberikan pengetahuan “Dasar” kepada kaum muslimin, khususnya bagi yang baru saja belajar mendalami agama Islam terlebih tentang kaedah Bid’ah,

Jika setelah membaca tulisan ini ikhwan/akhwat ingin mengetahui lebih dalam beserta Dalilnya Insya Allah kami bisa menyajikan dalam bentuk kajian yang lebih lengkap (e-book, audio MP3, video dan artikel pendukung lainnya).

Baiklah, saya tekankan bahwa kata “Bid’ah” itu jika Di “Indonesia” kan berarti INOVASI , untuk itu saya akan menyebut INOVASI dalam penjelasan-penjelasan di bawah ini (Supaya lebih familiar di telinga OK .. )

1. Apa itu INOVASI ?

INOVASI adalah hal baru, hal-hal yang sudah di beri penambahan dan pengurangan sehingga menjadi baru atau berubah dari kondisi sebelumnya

2. Apa yang mendasari INOVASI ini tercipta ?

Kecenderungan manusia yang selalu mengembangkan akal pikiran,ilmu pengetahuan dan rasa ketidakpuasan terhadap sesuatu yang sudah ada (Selalu merasa kurang)

3. Apa sebab INOVASI ini ada ?

Waktu yang menyebabkan INOVASI ini terus berkembang4. Apakah INOVASI selalu baik buat manusia?
Tentu Tidak !! ada INOVASI yang baik dan bermanfaat buat sesama manusia ada juga INOVASI yang berakibat buruk buat manusia

5. Contoh INOVASI yang baik buat manusia ?

• Kereta kuda menjadi Mobil
• Telegram menjadi SMS
• Surat menjadi E-Mail
• Mesin Ketik menjadi Laptop
• Kurir Pesan menjadi Gelombang Radio/Signal Telephone
• Bedah pisau menjadi bedah laser
• Dan masih buaanyaaaaaak lagi hampir semua teknologi dan fasilitas yang kita pake saat ini merupakan hasil dari INOVASI dari jaman sebelumnya

6. Contoh INOVASI yang berakibat buruk buat manusia ?

• Robot yang gagal product
• Kawin silang manusia dengan hewan
• Produk yang menyebarkan radiasi
• Mesin yang menimbulkan pencemaran (polusi)
• Peralatan yang mudah meledak tanpa pengamanan khusus
• Pencampuran melamin dalam susu
• Penggunaanbahan kimia dalam jamu
• Penggunaan narkotik untuk konsumsi harian
• Dan masih banyak lagi contohnya

7. INOVASI diatas bisa dalam kehidupan sehari-hari , banyak contoh barangnya,

adakah INOVASI dalam agama ?

Ada !

8. INOVASI apa contohnya ?

INOVASI dalam beribadah kepada Tuhannya

9. Ibadah kok ber-INOVASI ? apa boleh ?

Dalam Islam TIDAK BOLEH ! tapi agama lain mungkin DIBIARKAN..

10. Contoh INOVASI yang di biarkan oleh agama lain ?

Kitab injil yang keluar dengan beberapa versi pembaharuan (INOVASI )

11. Contoh INOVASI beribadah dalam islam yang dilarang ?

Semuanya dilarang dong …
• Cara sholat yang tidak sesuai ajaran rasulullah
• Cara puasa yang tidak sesuai ajaran rasulullah
• Cara berdoa yang tidak sesuai ajaran rasulullah
• Cara berdzikir yang tidak sesuai ajaran rasulullah
• Cara berwudhu yang tidak sesuai ajaran rasulullah
• Cara adzan yang tidak sesuai ajaran rasulullah
• Dan semua bentuk ibadah kepada Allah yang tidak sesuai ajaran rasulullah

12. INOVASI untuk ibadah kok dilarang ? kalo lebih baik kenapa tidak ?
Islam sudah sempurna bro !! kenapa ada penambahan dan pengurangan kalo Allah sendiri sudah bilang SEMPURNA !!

13. Nah itu .. Mobil,Laptop dan fasilitas INOVASI lain kok boleh di lakukan ?

Itu bukan INOVASI beribadah bro .. tapi INOVASI pada kebutuhan dunia

14. Bukankah mobil untuk ke masjid, pesawat terbang untuk pergi Haji adalah bentuk ibadah ?

Berarti mobil, pesawat dan lainnya juga bisa saja termasuk INOVASI dalam hal ibadah dong ?
Itukan tujuan selanjutnya , bukan tujuan utamanya ..

15. Maksud bukan tujuan utamanya ?

• Mobil,pesawat,kereta api,kapal pesiar dibuat sebagai bentuk INOVASI dengan tujuan asal adalah INOVASI dalam bentuk transportasi baik darat,laut atau udara
• Begitu Juga dengan speaker,gelombang radio,telephone dibuat sebagai bentuk INOVASI dengan tujuan asal INOVASI untuk komunikasi baik yang berupa pengeras suara maupun komunikasi jarak jauh
• Contoh lain dakwah melalui Internet, tujuan utama dari INTERNET adalah bentuk INOVASI dalam hal teknologi informatika dan elektronika.

16. Berarti untuk membedakan apakah INOVASI itu bentuk ibadah atau bukan musti dilihat tujuannya dulu ya ?

Yup .. benar

17. Nah kalo Al-Quran yang disusun menjadi kitab, itu INOVASI dalam bentuk apa ?

Menyusun Al-Quran bukan INOVASI bro .. tapi udah dari jaman rasululah.

18. Ah masak sih ? Buktinya ?

Iya .. pengumpulan dan penyusunannya melalu hafalan (disimpan di ingatan dan hati) para sahabat, di tulis diatas daun, kulit , tulang dan sejenisnya.

19. Tapi kok sekarang Al-Quran jadi buku (kitab) yang sangat menarik dan mudah dibaca ?

bukankah ini juga termasuk INOVASI yang baik ? karena memudahkan buat kita di jaman ini ..dan membaca Al-Quran ini adalah ibadah apakah ini juga dilarang karena termasuk INOVASI dalam ibadah ?

INOVASI nya kan dari media cetaknya bro .. dari daun menjadi kertas, dari di ikat (disatukan) menjadi di jilid, so ini INOVASI di media cetak, dan sekarang juga ada INOVASI dari media cetak menjadi media digital dengan tujuan untuk memudahkan apa yang akan di lihat,dibaca pada media cetak atau media digital itu.

20. Jasi INOVASI pembuatan Al-Quran itu ada di medianya ya .. bukan INOVASI di cara membacanya Al-Qurannya ?

Betul sekali , kalo ada orang yang membaca Al-Quran dengan selalu menambahkan ayat atau menambahkan bacaan lain itu baru namanya INOVASI dalam beribadah

21. Emang ada INOVASI dalam membaca Al-Quran ?

Ada .. Contohnya :
• Aliran (sekte) yang sholat membaca ayat Al-Quran kemudian di tambah dengan terjemahannya dalam sholatnya
• Setelah selesai membaca Ayat selalu di akhiri dengan bacaan sodaqollahul adziim

22. Berarti kesimpulannya INOVASI itu ada 2 pengelompokkan pokok ya ?
Betul .. yaitu :
• INOVASI dalam segi bahasa yang berarti penemuan baru, hal baru , perkara baru yang tidak menjadi dasar pokok untuk beribadah kepada Allah
• INOVASI dalam beribadah kepada Allah

23. Terus kalo INOVASI dalam segi bahasa terbgai juga kan ?
Ya .. yaitu :
1) INOVASI yang baik, terpuji, dan bermanfaat
2) INOVASI yang buruk,tercela dan merugikan
3) Mungkin ada juga INOVASI yang di tengah2 , tidak baik dan juga tidak buruk

24. Kalo INOVASI dalam beribadah ada pembagiannya juga gak ?
Gak Ada !!

karena INOVASI dalam beribadah semuanya dilarang ! dosa ! ancamannya neraka bro ..

25. Kalo masih ada yang bingung ? ragu ? dan berselisih ? gimana dong ?

Gampang ..

kalo ada dalil dari Al-Quran dan AsSunnah berarti jalanin, kalo gak ada berarti termasuk INOVASI dalam beribadah yang musti kita tinggalkan

26. Kalo ada yang berdalil, Ulama ini bilang baik, Imam ini bilang boleh, Wali ini bilang sunnah gimana dong ?

Gampang ..

Kalo rasulullah dan 3 generasi sahabat tidak pernah mengajarkan dan mengamalkan berarti tinggalkan !!

27. Kalo ada yang berdalih.. tapi Sahabat bilang boleh, sahabat bilang baik gimana dong ? dia kan juga 3 generasi sahabat.. umat terbaik ?

Kalo dibenarkan rasulullah berarti dilakukan dong .. tapi kalo bertentangan dengan rasulullah tinggalkan .. tinggian mana keislaman dan keimanan antara rasulullah dengan sahabat .. hayo ??!!

28. Walaupun banyak yang melakukan, bahkan sebagian besar melakukan amalan itu karena dianggap baik menurut Imam,Ulama dan Wali ? masak kita gak boleh ikut ikutan yang baik to ?Baik menurut siapa bro ??!! Apakah mungkin rasulullah menyembunyikan amalan baik yang bisa mendatangkan ridho Alloh ?

Kalo itu baik menurut Rasulullah, pasti sudah diajarkan dan diamalkan oleh para sahabat dan 3 generasi terbaik dong ..

29. Trus apa bedanya amalan baik yang belum di contohkan rasulullah dan para sahabat dengan INOVASI dalam beribadah ?

Gak Ada Bedanya !! amal baik kan merupakan ibadah .. kalo dulu (3 generasi terbaik) belum ada terus sekarang jadi ada berarti kan INOVASI amalan .. alias INOVASI dalam beribadah

30. Kenapa banyak orang selalu di ributkan dengan INOVASI beribadah ini ya ?

bahkan sampe ada yang jotos jotosan .. 😀 ?

Ya soalnya orang yang ber INOVASI dalam ibadah menganggap dirinya bertambah lebih baik ..

padahal yang bener2 baik adalah yang sudah mengambil KESEMPURNAAN dalam islam ..

bukan malah MENYEMPURNAKAN ..!!

emang kita tu siapa2 ??

berani beraninya MENYEMPURNAKAN (menambah nambahi) amalan lain di dalam Agama yang telah sempurna ..

31. Trus kalo kita timbul perselisihan gimana ? kita menganggap itu INOVASI , sebagian yang lain menganggap Amalan yang baik .. gimana ??

Bersabar, berikan penjelasan pelan pelan, kembalikan kepada Al-Quran dan As Sunnah dan bertawakal pada Allah

32.Kalo mereka memaksa kita untuk mengikuti INOVASI ibadah mereka gimana ?

Ya silahkan aja ikut .. kalo kamu gak takut pada neraka dan adzab Allah..

33. Trus mungkin gak mereka yang suka ber INOVASI dalam agama itu bisa sadar akan hal ini ?
Hanya Allah yang mengetahui kebenarannya, karena sesungguhnya INOVASI dalam ibadah ini lebih disukai syetan daripada perbuatan maksiat.

34. Lha kok bisa setan lebih suka INOVASI dalam ibadah dari maksiat ?

Orang bermaksiat tahu kalo maksiat itu jelek jadi kemungkinan untuk menjauh dari kejelekan dan bertobat banyak ..tapi orang ber INOVASI dalam ibadah ini menganggap inilah yang LEBIH BAIK .. jadi bagaimana mungkin orang yang SUDAH beranggapan yang dilakukannya itu baik tapi suruh bertobat dari kebaikannya (yang dia anggap baik) itu

35. Berarti bahaya banget ya INOVASI dalam ibadah ini ?

Betul bro ..

inilah justru yang menyebabkan Perselisihan , perpecahan sesama muslim

36. Sebab perselisihan muslim ? Apa maksudnya ?

Iya ..

coba kalo semua dikembalikan pada Al-Quran dan As Sunnah, pasti ketemunya satu titik yaitu Islam yang benar !!

tapi karena ada dan banyak yang ber INOVASI dalam beribadah akhirnya umat islam jadi terpecah belah, ada yang ikut INOVASI nya ulama A, ada yang ikut INOVASI nya ulama B dan seterusnya.

37. Kalo semua kembali pada Al-Quran dan As Sunnah tapi masih saja ada INOVASI dalam ibadah gimana dong ?

Berarti cara di memahami islam tidak sama dengan pemahaman pendahulu kita yang sholeh

38. Pendahulu kita yang sholeh itu siapa ?
Dia adalah Salafush Sholeh yaitu 3 generasi terbaik setelah jaman rasulullah

39. Berarti selain dikembalikan pada Quran-sunnah cara memahaminya gak boleh sembarangan ya ?

Iya dong ..

Agamanya Islam, landasan utamanya Quran-Sunnah , jalan-cara memahami dan mempelajarinya musti sesuai dengan orang2 yang paling sholeh menurut rasulullah yaitu 3 generasi sahabat

40. Itukan generasi jaman dahulu ? kalo sekarang siapa ?
Mereka adalah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

41. OK deh .. trus kesimpulannya berarti ?
• Perbanyak belajar ilmu Syar’i
• Pahami Islam dengan pemahaman Salafush Sholeh
• Ikuti petunjuk Al-Quran dan As Sunnah
• Jauhi INOVASI dalam beribadah

• Kalo terjadi hal yang membingungkan tinggalin dulu sampe tahu benar apakah sudah sesuai dengan ajaran Rasulullah ato malah gak ada ajaran dan tuntunannya sama sekali, kalo ada tuntunan dari Rasulullah jalanin, kalo gak tinggalin !

42. Kalo masih belom puas dengan penjelasan singkat ini ?
Baca lagi berulang ulang
Renungi dengan hati yang paling bersih
Kalo belom cukup .. nanti aku kasih file kajiannya versi MP3, video atau artikel

Yah .. semoga dengan pengetahuan saya yang minim tapi udah berusah maksimal untuk menjelaskan INOVASI dengan bahasa sehari hari, dapat memberikan kebaikan buat pembaca sekalian

“Subhanakallahumma wabihamdika Asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaihi”

Wassalaamualaykum Warahmatullohi Wabarokatuh

***

Sumber : Catatan al Akh Tomy Gnt

http://www.facebook.com/note.php?note_id=405159939007

http://salafyshared.blogspot.com/2010/02/pemahaman-bidah-untuk-orang-awam.html

Sumber : http://abuayaz.blogspot.com/2010/05/pemahaman-bidah-untuk-orang-awam.html#ixzz2u4RZFY00

Print Friendly, PDF & Email

Syariat Tahlilan Menurut Pandangan Ustad Adi Hidayat Membedakan Bid Ah Dan Sunnah Cara Membedakan Bidah Dan Tidak Bid Ah

35 Comments

  1. seharunya anda yang bid’ah dan bertobat, dalil yang anda pakai seharusnya disertakan alqur’an aslinya , wah payah banget kalau macam itu, kalau belajar tafsir Alqur’am macam itu bisa-bisa dunia segera runtuh, melenceng banget dari aslinya, na…….,begitulah jadinya kalau Islam digarap seperti itu, kacau balauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.

    Terimakasih bang sol,..
    Kenapa menggunakan logika bukan pakai dalil,..?
    Karena pakai dalil ngga mempan, bahkan dalilnya disalah tafsirkan,.
    Jika pakai dalil, sudah cukup perkataan Rasulullah, semua bidah itu sesat,.. itu dah cukup,.
    Tapi malah dalil tersebut dipelintir-pelintir hingga itu untuk pembenaran amalan bidahnya,.

    begitulah jadinya kalau Islam digarap seperti itu, kacau balauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.

    • Kelihatan bang sol ini ilmu nya yg bginian lbh baik didoakan sj,,

      ciri org yg tdk mempunyai dasar argumentasi lebih menyerang dr sisi hujatan bukan beradu argumen dg dasar yg dia punya,,

      lanjutkan mas dakwahnya.

      Iya mas chandra, kita doakan bang sol ini, mudah2an bang sol menjadi bang sholeh,. sehingga amalannya adalah amalan shalih, amal shalih adalah amalan yang betul2 diajarkan oleh rasulullah dan diamalkan oleh salafus shalih,.

  2. ok.. sobat, tapi dalam benak saya ada tanda tanya besar…
    kenapa ya orang yang selalu ingin mengambil kesempurnaan dalam pelaksanaan islam sendiri (golongan puritan / memurnikan islam ) juga terdapat perbedaan yang fundamental, bahkan sampai gontok-gontokan / fisik….

    satu dengan yang lain tidak bisa campur walaupun beliau… beliau sama-sama ingin memurnikan islam… dia orang 2x intelek …

    apa memang sunah rosul bahwa semakin kesana dari sumber rosulullah berarti semakin jauhnya pemahaman dan pengamalan, walaupun kelihatannya ingin mengambalikan ke sumbernya…

    setan dan iblis itu tidak hanya menggoda orang awam saja mas,.. bahkan orang-orang yang berilmu juga tidak lepas dari godaan setan dan iblis, bahkan godaan nya lebih berat daripada orang awam,. jadi wajar saja ada yang tergoda, sehingga terjerumus dalam perbuatan yang seperti anda sebutkan,..

  3. SETELAH SHOLAT JAMAAH TRUS BERSALAM-SALAMAN APAKAH ITU BENTUK BID’AH

    terimakasih mas faried,.
    Itu tidak ada ajarannya dari Rasulullah,.
    Rasulullah setelah selesai shalat tidak bersalam-salaman, baik setelah shalat fardhu atau setelah shalat ied,.
    Rasulullah bersalaman justru bukan setelah shalat, tapi ketika ketemu, atau mau berpisah,. tapi bukan dengan lawan jenis,.

  4. Assalamu `alaikum
    jelas dan tegas keterangannya

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    iya mas,. sudah tegas dan jelas saja kadang masih banyak yang belum ngeh dan paham,. hidayah taufik hanya milik Allah, Allah yang memberikan kepahaman,.

  5. sdh sangat jelas bahwa blog ini adalah milik MTA alias wahabiy…
    jd biarkan para pembaca mnyeleksi sendiri sesuai hati nuraninya…

    Salah mas,.. justru saya mengulas tentang PENYIMPANGAN MTA,. banyak fatwa konyol dari pimpinan MTA ini, silahkan lihat disini

    Apakah wahabi itu mas,.
    Banyak orang yang menyebut wahabi, menuduh saya wahabi,. sebenarnya apa sih arti wahabi? baca disini

  6. 27. Kalo ada yang berdalih.. tapi Sahabat bilang boleh, sahabat bilang baik gimana dong ?
    dia kan juga 3 generasi sahabat.. umat terbaik ?

    Kalo dibenarkan rasulullah berarti dilakukan dong ..
    tapi kalo bertentangan dengan rasulullah tinggalkan ..
    tinggian mana keislaman dan keimanan antara rasulullah dengan sahabat .. hayo ??!!

    trus buat apa rasulluah bilang kalo kta mesti mencontoh 3 generasi terbaik

    Mudah sekali jawabnya mas,.
    Tanpa SAHABAT, islam tidak mungkin akan tersebar, bahkan MUSTAHIL islam akan sampai ke indonesia,.
    Kenapa?

    Sebab SAhabatlah yang dibina secara langsung oleh Rasulullah,.
    Para sahabat yang paling tahu tentang ajaran islam karena Rasulullah yang mendidiknya,.
    Apakah sahabat akan membuat-buat ajaran baru yang tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah?? tidak,.. ketaatan sahabat kepada Rasulullah begitu mendalam,.
    Adapun ijtihad para sahabat, dimana tidak diingkari oleh sahabat yang lain, itu adalah sunnah, bahkan bisa menjadi ijma para sahabat,.

    Mengikuti para sahabat, itu diperintahkan oleh Allah, dalam surat attaubah ayat 100 ,
    Tidak mau mengikuti para sahabat, Allah megancamnya dengan kesesatan dan neraka, bisa dibaca surat annisa ayat 115

    Apakah sahabat lebih tinggi dari rasul??
    Tidak,.

    Tapi para sahabat yang paling tahu islam setelah rasulullah,.
    Bagaimana tidak tahu islam, wong para sahabatlah yang merupakan murid-murid terbaik Rasulullah,.

    WAJIB HUKUMNYA seluruh kaum muslimin mengikuti pemahaman para sahabat, silahkan baca ulasannya disini

  7. mas mau tanya, contoh bid`ah apa aja?

    Contohnya banyak, misalkan ketika wudhu membaca nawaitul wudhu dst,. rasulullah tidak pernah mengajarkan yang demikian,.
    contoh lagi membaca ushally ketika mau shalat, Rasulullah tidak pernah mengajarkan yang demikian,. silahkan baca ulasannya disini

  8. Assalamualaikum warahmatullah,
    masalah bersalaman setelah sholat, apakah boleh kita anggap hubungan sosial saja. sehingga bukan bid’ah ibadah.?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Bersalaman itu disunnahkan adalah ketika bertemu, dan ketika mau berpisah, manfaatnya ketika mau berpisah salaman itu adalah akan diampuni dosa-dosa diantara keduanya,.

    Tapi akan menjadi bidah adalah ketika dilakukan ketika selesai shalat, jadi seolah-olah dianggap bagian dari ajaran islam, sehingga kalau tidak salaman setelah shalat dianggap ada sesuatu yang janggal,

    Jika itu masalah sosial, kenapa dilakukan setelah shalat??? ini bukan lagi masalah sosial, tapi sudah masuk bagian dari agama,

    Tentang kesalahan-kesalahan setelah shalat sudah saya posting disini

  9. Mas mau nanya soal inovaso dalam ibadan salah satunya “Setelah selesai membaca Ayat selalu di akhiri dengan bacaan sodaqollahul adziim”. Ada gak anjuran dari nabi setelah baca alqur’an??

    Itu tidak diajarkan oleh Rasulullah, sebaiknya ditinggalkan,

    • Assalamu’alaikum mas,

      Lalu setelah baca Qur’an, tidak perlu diakhiri dgn membaca apapun kaah? Yang Rasulullah contohkan itu spt apa mas?

      Jazakallah khair.

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
      Iya, betul mas, ga ada bacaan apa2 setelah baca alquran,. itu yang dicontohkan Rasulullah,

      Jazakumullahu khairan

  10. Mantap penjelasannya, bangsa kita memang sulit kalau dijelaskan pakai dalil karena lebih yakin kata Kyai, terima kasih

  11. website komunitas wahabi ini hahaha udah keliatan sok suci sendiri kelompoknya, hahaha ya salaaam…

    masa siih, sebutin dong keliatan sok sucinyaaa,. biasanya sih omong doang, ga bisa membuktikan,. silahkan mas,.he..he..he.. ya salaaaam,.

  12. Assalamualaikum..

    mas tolong Kasih pencerahan donk.

    apabila ada keluarga kita yg meninggal apa di wajibkan dalam islam utk baca tahlil 1 sd 7hari.lalu hari ke 4r trus ke 100.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Terimakasih mas anhar,.
    Tidak usah melakukan ritual tahlilan tersebut, karena sebaik-baik manusia saja, yaitu rasululullah pun tidak pernah melakukan dan memerintahkannya,.

    Kita sebagai umat rasulullah, tentu wajib mengikuti tauladan kita, karena rasulullah tidak melakukan, maka kita juga jangan melakukannya,.

    Kita tidak melakukan ritual tahlilan karena mengikuti rasulullah, itu mendapatkan pahala,. dan orang2 yang melakukan ritual tahlilan, padahal rasul ngga memerintahkannya, mereka bukan dapat pahala, tapi dapat dosa,. sudah berkorban, mengeluarkan harta, eh malah dapat dosa, rugi kan… itulah efek dari amalan bidah, harta yang dikeluarkanpun tidak dianggap pahala, tapi malah mendatangkan dosa,. itulah jeleknya perbuatan bidah,

    Nabi ngga tahlilan kematian,. ulasannya bisa dibaca disini

  13. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

    Salam kenal,
    Wah, mas admin, jujur saya suka banget “nongkrong” di blog mas admin ini. Selain seneng sama nama blognya (soalnya saya juga asli bumiayu, walopun saya merupakan generasi ketiga, yg udah ga bs bahasa asli bumiayu, tapi masi wong jatisawit hehe) saya juga merasa dari kali pertama baca artikel di blog sini sekitar 6 bulan lalu, sampai dengan hari ini, makin hari saya makin merasa tercerahkan mengenai keislaman saya.

    Begini mas admin, setelah baca sekian banyak artikel disini dan juga komen2 di masing2 artikel, menurut saya bnyk pembaca awam disini yg kurang paham mengenai perbedaan antara “sesat” dengan “kafir”, sehingga ketika pembaca awam tersebut membaca sebuah artikel yg mengungkap ke-bidah-an suatu ritual/ibadah (seperti halnya artikel diatas), mereka para pelaku bidah tsb serta merta merasa dikafirkan. Padahal kita pun tahu, hukumnya bidah dlm ibadah adalah sesat, menurut Hadist Rasulullah SAW, dan sepengetahuan saya, yg dilabeli “sesat” itu kan, blm tentu kafir. Sedangkan yg dilabeli kafir sudah pasti “sesat”, betul ga yah?

    Oleh karenanya, akan lebih bijaksana jika mas admin mau sekiranya mempostingkan suatu artikel yg membahas perbedaan antara “sesat” dan “kafir” ditinjau secara bahasa (etimologis) atopun secara syariat.

    Kiranya, hal ini mungkin akan berguna utk menghalau kecaman yg sering ditujukan kepada salafy bahwa salafy adalah aliran takfiri (sering mengkafirkan sesama muslim) yg semakin sering berhembus di masyarakat akhir2 ini.

    Mudah2an mas admin mau kabulkan saran saya diatas, dan mas admin terus diberi kemudahan oleh Allah azza wa jalla dalam mendakwahkan ajaran tauhid ini.

    Jazakallah khairan..

    Wa’alaikumussalam warhmatullahi wabarakatuh,.
    Slam kenal kembali mas,. wong jatisawit toh,. manggon nang endi saiki? … eh ora bisa basa bumiayu ya,.
    tinggal dimana sekarang?

    Memang di kalangan orang yang merasa,.. atau istilahnya orang aswaja indonesia, jika disebutkan seluruh bidah itu sesat,. kesimpulan mereka itu diarahkan pada diri mereka para pelaku amalan bidah tersebut,.

    Padahal kita sedang membahas amalannya, bukan memvonis orang yang melakukannya,. karena para pelaku tersebut kadang cuma ikut2an doang, karena ga paham,. terus mereka merasa divonis sesat, bahkan merasa dikafirkan,..

    Padahal salafi sangat berhati2 dalam menjatuhkan vonis sesat atau kafir,.

    Jangankan orng awamnya, setingkat kyainya pun memahami demikian,..

    Mudah2an nanti bisa dipostingkan artikelnya,.

  14. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..
    Ijin share ilmunya
    Jazakallah khairan

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    silahkan,.
    jazakumullahu khairan

  15. Alhamdulillah…

    Semoga semakin banyak web Dan blog2 tentang Islam yg ber-manhaj salafus soleh dalam dakwah2 nya ya akh…

    untuk melindungi saudara2 kita yg awam Dan ingin mengenal Islam.
    Dari web2 yg justru membawa penyimpangan seperti ahlul bid’ah terutama web syiah yg juga berkeliaran di dunia Maya.

    Oh ya…Saya juga sereing mengunjungi Konsultasisyariah.com Dan rumaysho.com.

    Jazakumullah khairan katsiran akhi..

    Alhamdulillah, jazakumullahu khairan,

  16. MasyaAllah la kuwwata ilabillah…
    semoga melalui situs ini banyak meluruskan ahli bid’ah menjadi ahli sunnah, ahli maksiat menjadi ahli ta’at, aamiin..

    aamiin,.

  17. assalamu alaikum wr wb

    saya dari jawa timur

    mohon maaf..saya ingin bertanya..
    kata bacaan diatas inovasi beribadah itu ada..
    dan amalan yg baik merupakan ibadah..
    amalan yg baik itu yg bagaimana?
    dan apakah dengan beramal baik ibadah kita sempurna?

    mohon penjelasannya …saya tidak mengerti..dan saya orang awam

    assalamu alaikum wr wb

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Yang dimaksud amalan baik itu adalah, amalan yang baik menurut Allah dan Rasulnya, bukan amalan baik menurut pandangan manusia,.
    Amalan yang baik menurut Allah dan Rasulnya adalah amalan yang Allah perintahkan, dan Rasulullah contohkan,
    Contoh, amalan shalat, itu adalah perintah Allah, bagaimana caranya? Ikuti contoh Rasulullah, bukan membuat-buat cara sendiri misalkan seperti yang ada di masyarakat, yaitu sebelum shalat membaca ushali dst,.. itu Rasulullah tidak pernah mengajarkan, tidak mencontohkannya,.

    Jadi patokan amal itu dianggap baik jika sesuai dengan yang ditetapkan Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah,. itu simpelnya, jika menyelishi apa yang rasulullah contohkan,. maka itu bukan amal baik,

    ingat, amal baik itu menyangkut masalah ibadah saja, bukan masalah dunia seperti mobil,pesawat,dll

  18. meski tak ada dalil untuk melakukan hal baik lainnya..
    aku yakin pahala baik kalian sekecil apapun akan di tuliskan malaikat di kanan mu…

    tetaplah lakukan hal-hal baik… karena kebenaran hanya milik Allah…
    saling menghargai dan menghormati sesama manusia harus tetap dijaga

    Amalan bidah, sebaik apapun persangkaan manusia terhadapnya,.. disisi Allah itu tidak dianggap pahala, bahkan mendapatkan dosa,.

    Kita melakukan amalan yang sesuai sunnah saja itu belum tentu dicatat sebagai pahala disisi Allah,. lah kok sempat-sempatnya melakukan amalan bidah, amalan yang tidak ada ajarannya dari Rasulullah,.

    Amalan bidah itu akan sia-sia, sebab Allah hanya akan menerima amalan yang sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkannya, silahkan baca disini

  19. Assalamu alalaikum ?
    Pak Kalau dzikir berjamaah setelah shalat itu apa hukumnya?
    soal ya aku bingung apakah hukum ya sunah atau bidah.terimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Itu tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah, jadi termasuk perbuatan bidah, sudah saya posting disini

  20. Barakallahu fiikum…dengan ijin Allah tulisan ini akan banyak dibaca oleh saudaraku dalam Islam.

    Dan semoga di sisa hidup kita ini dapat meningkatkan ke istiqohaman an kita sesuai dengan syariat yang ditetapkan Allah subhanawata’ala. Aamiin allohumma aamiin

    Aamiin…
    Jazakumullahu khairan atas suport dan doanya…
    Baarakallaahu fiikum

  21. Ini klo ga ad yg faham ga tau mau bilang apa,,cuma satu kemungkinan,,SOMBONG..ya,,sombong laa yg mmguasai jiwa,,

    oleh krna tu,,bid’ah hasanah slalu tertancap dihati,,,

    Jgn marah y ahlu bid’ah hasanah hehehee

    Iya, lucunya, mereka tidak mau disebut sebagai ahlubidah hasanah,.

  22. yg namanya bid’ah yg berhubungan dgn syari’at klo teknologi gak ada hubungannya,

    klo islam melek teknologi yg kasihan justru para mujahidin di palestina atau di negara2 muslim terjajah pada hari ini,

    ketika musuh sudah pakai senjata canggih, masa muslim harus tetep pake pedang sama panah dan berkendara kuda,
    klo gitu pastilah muslim kalah

    Betul mas edod, bidah itu tidak ada hubungannya dengan urusan dunia,. bidah itu hanya utk urusan ibadah / agama saja,.

    Justru untuk urusan dunia, kita disuruh berbuat bidah, berinovasi,.

  23. hanya satu kaalimat…
    Teruskan semoga menjadi ladang amal….
    Aamiin

    Alhamdulillah,.
    Aamiin,.
    Jazakumullahu khairan atas suport dan doanya

  24. Mas numpang tanya krn sy org awam, kalo sblm sholat ga diawali dg usholli trus gimana cara niat sholatnya? Tks sblmnya

    Tidak usah baca ushali, tapi baca Allaahu Akbar (bacaan takbir)

    Tidak usah bingung, karena setiap kita melakukan perbuatan apapun dalam kondisi sadar, maka niat itu sudah menjadi hal yang otomatis ada,

    Contoh, ketika anda mau shalat maghrib, apakah ketika anda mau shalat maghrib itu anda sudah terbayang mau melakukan shalat, bukan mau main-main, bukan pula anda mau melakukan shalat sunnah, atau shalat selain maghrib,.

    Niat itu perbuatan hati, bukan perbuatan mulut,. dan niat dalam shalat wajib hadir dari awal shalat hingga salam, bukan di awal shalat saja,
    Dan karena niat pula, nilai shalat anda menjadi besar pahalanya, atau kecil, atau bahkan tidak berpahala, bahkan bisa juga batal shalatnya,.

    Untuk lebih jelas, silahkan baca postingan tentang apa itu niat, baca di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*