Jika Kita Tidak Bisa Melakukan Shalat Jumat, Shalat Apa Yang Kita Lakukan Sebagai Penggantinya?

Pengganti Sholat Jumat Mengganti Sholat Jumat Sholat Dzuhur Di Hari Jumat Bagi Pria Cara Mengganti Sholat Jumat Yang Tertinggal Apakah Sholat Jumat Bisa Diganti Shalat Dzuhur

APAKAH ORANG YANG SUDAH SHALAT JUM’AT HARUS SHALAT DHUHUR?

Oleh : Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

Pertanyaan.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Apakah orang yang sudah shalat Jum’at harus shalat dhuhur?

Jawaban
Apabila seseorang telah melakukan shalat jum’at, padahal ia adalah kewajiban yang terkait dengan waktu yaitu waktu dhuhur, maka ia tidak perlu lagi shalat dhuhur. Shalat dhuhur setelah shalat jum’at adalah perbuatan bid’ah, karena ia tidak bersumber dari Kitabullah dan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam maka hal itu wajib dilarang.

Sampai meskipun jama’ah yang mengadakan jum’atan ada beberapa tempat maka tetap tidak diperintahkan untuk melakukan shalat dhuhur setelah shalat jum’at, bahkan adalah bid’ah yang munkar.

Karena Allah tidak memerintahkan dalam satu waktu kecuali sekali shalat yaitu shalat jum’at yang telah dilaksanakannya.

Adapun alasan orang yang memerintahkan hal itu karena menurut mereka banyaknya tempat melakukan shalat jum’at adalah tidak boleh. Dan jika tempatnya banyak maka yang bernilai jum’at adalah masjid yang paling pertama melakukannya, sedangkan untuk mengetahui mana yang paling pertama adalah sulit sehingga hal ini menyebabkan batalnya semua orang yang melakukan shalat jum’at, sehingga mereka harus melakukan shalat dhuhur setelah itu.

Kami katakan kepada mereka : Dari mana kalian mengambil dasar atau alasan ini?

Apakah berdasar kepada sunnah atau penalaran yang benar?

Jawabannya tentu tidak, bahkan kami katakan bahwa jum’atan bila memang kondisi menuntut banyaknya tempat melakukannya maka semuanya itu sah, berdasar firman-Nya : “Dan bertakwalah kepada Allah sekuat dayamu”.

Penduduk suatu daerah jika memang jaraknya saling berjauhan atau masjid yang ada sempit sehingga masjid untuk jum’atan banyak sesuai kebutuhan maka mereka telah bertakwa kepada Allah sekuat daya.

Barangsiapa yang telah bertakwa kepada Allah sekuat daya maka ia telah melaksanakan kewajibannya, lalu bagaimana orang seperti ini dikatakan amalannya batil dan ia harus menggantinya dengan shalat dhuhur?

Adapun jika dilaksanakan shalat jum’at di berbagai masjid tanpa ada satu kebutuhan maka hal ini tanpa diragukan lagi adalah menyelisihi sunnah, dan apa yang dikerjakan oleh para khalifah yang mendapat petunjuk.

Hukumnya haram menurut kebanyakan ulama. Tetapi meski demikian kita tidak bisa mengatakan ibadahnya tidak sah, karena tanggung jawab hal ini tidak pada masyarakat umum tetapi pada pemerintah yang membolehkan terjadinya banyak tempat untuk melaksanakan shalat jum’at tanpa suatu kebutuhan.

Oleh karena itu kami katakan : Hendaknya para penguasa yang mengurusi masalah masjid, melarang terjadinya shalat jum’at di banyak tempat kecuali memang kondisi menuntut demikian.

Hal ini karena bagi pemegang keputusan melihat manfaat yang besar dari berkumpulnya manusia dalam beribadah untuk meraih rasa cinta dan persaudaraan serta mengajari orang-orang bodoh.

Dan lain-lainnya dari manfaat yang besar lagi banyak. Perkumpulan-perkumpulan yang disyari’atkan yaitu : perkumpulan pekanan, atau tahunan, atau harian sebagaimana sudah diketahui.

Pertemuan harian terjadi di setiap masjid lokasi tempat tinggal, karena jika pemegang keputusan mewajibkan menusia berkumpul di satu tempat setiap hari 5 kali tentu memberatkan mereka.

Oleh karena itu ia meringankan mereka dan menjadilkan pertemuan harian mereka cukup di masing-masing masjid lokasi tinggal.

Adapun pertemuan pekanan yaitu pertemuan hari jum’at, manusia berkumpul setiap hari jum’at. Oleh karenanya sunnah menuntut hal ini dikerjakan di satu masjid bukan bermacam masjid, karena pertemuan pekanan ini tidak menyulitkan mereka jika diadakan, padanya ada manfaat yang besar.

Manusia berkumpul dengan satu imam dan satu khatib yang akan memberi satu pengarahan, sehingga mereka keluar dengan mendapat satu nasehat, dan satu shalat.

Sedangkan pertemuan tahunan seperti shalat Idul Fitri maka ia adalah pertemuan untuk seluruh penduduk daerah, oleh karena itu ia tidak boleh dilakukan di masing-masing tempat kecuali jika memang kondisi membutuhkan yang demikian itu sebagaimana pada shalat jum’at.

MANDI JUM’AT DAN BERHIAS, APAKAH UMUM UNTUK LELAKI DAN WANITA?

Pertanyaan.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Mandi Jum’at dan berhias pada hari itu, apakah umum untuk lelaki dan wanita? Bagaimana hukum mandi sebelumnya, yaitu sehari atau dua hari sebelumnya?

Jawaban
Hukum ini hanya khusus bagi lelaki karena ialah yang menghadiri Jum’at, dan ialah yang diminta untuk berhias ketika keluar. Sedangkan wanita tidak diminta untuk itu. Tetapi setiap orang jika pada tubuhnya terdapat kotoran sudah sewajarnya untuk membersihkannya. Karena hal itu termasuk perkara terpuji yang tidak layak untuk ditinggalkan.

Adapun melakukan mandi Jum’at sehari atau dua hari sebelumnya maka hal ini tidak berfaedah, karena hadits yang menerangkan hal ini menyebutkan bahwa mandi Jum’at khusus dikerjakan pada hari Jum’at mulai terbit fajar sampai menjelang shalat jum’at.

Inilah waktu mandi Jum’at, sedangkan melakukannya sehari atau dua hari sebelumnya, maka hal itu tidak berpahala sebagai mandi Jum’at. Dan Allah lah yang member taufiq

[Disalin dari kitab Majmu Fatawa Arkanil Islam, edisi Indonesia Majmu Fatawa Solusi Problematika Umat Islam Seputar Akidah dan Ibadah, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Penerjemah Furqan Syuhada,Qosdi Ridwanullah. Terbitan Pustaka Arafah]

Sumber : https://almanhaj.or.id/2771-apakah-setelah-shalat-jumat-harus-shalat-dhuhur-mandi-jumat-udzur-meninggalkan-shalat-jumat.html

Print Friendly, PDF & Email

Hukum Mengganti Sholat Jumat Dengan Sholat Dzuhur Apakah Sholat Jumat Bisa Diganti Dengan Sholat Dzuhur Tidak Sholat Jumat Tapi Sholat Dzuhur Hukum Shalat Dzuhur Pada Hari Jumat Jika Tidak Shalat Jumat Apakah Boleh Shalat Dzuhur

16 Comments

  1. mas admin, ketika tahiyat akhir tiba2 saya kentut pada solat jumat apakah solat jumat saya batal, dan apakah saya harus solat dzuhur?

    Shalat anda batal, dan harus wudhu lagi, jika setelah wudhu anda masih mendapati tahiyat bersama imam, maka setelah imam salam anda menambah dua rakaat lagi,
    Tapi jika tidak mendapati salam bersama imam, maka shalat dzuhur sebagai gantinya

  2. selamat malam,saya ingin bertanya.
    ketika kita sedang melakukan perjalanan,anggaplah misal kita sedang mendaki gunung dan bertemu hari jumat,bagaimana shalatnya ya (sholat jumatnya) ? terimakasih 🙂

    Golongan yang tidak diwajibkan utk shalat jumat diantaranya adalah musafir, org yang dalam perjalanan,. tapi dia cukup shalat dzuhur saja

  3. Asalamualaikum.
    Saya baru saja kecelakaan dan tangan saya patah, kaki saya luka pada daerah dengkul. Saya sulit untuk melakukan sholat dengan seperti biasanya.
    Apakah saya harus pergi kemesjid untuk sholat jumat atau saya boleh solat dirumah saja?
    Dan apa yang harus saya lakukan ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Jika dengan pergi ke masjid bisa menyebabkan hal-hal yang mudharat akibat kecelakaan tersebut, maka shalat di rumah, dengan cara yang membuat anda nyaman, misalkan dgn duduk, jika tidak bisa berdiri, atau dengn berbaring, jika tidak bisa duduk,.
    Jika tadinya anda terbiasa berjamaah di masjid, lalu karena ada uzur anda tidak bisa ke masjid, maka anda tetap mendapat pahala seperti shalat berjamaah di masjid

    • Assalamualaikum,saya mau bertanya,waktu itu saya tidak sholat karena ketiduran,saya sudah pasang alarm tapi tidak berbunyi hingga saya ketiduran sampai jam 4 saya tersadar bahwa saya tidak sholat jumat,saya mau mengganti tapi bagaimana cara mengganti

      Wa’alaikumussalamwarahmatullah
      Mengganti dengan shalat dzuhur

  4. Aslmkm..
    saya sedang ada tugas di vietnam yang sama sekali tidak ada Masjid ataupun Mushola, tapi ada 2 org rekan kerja muslim..apakah termasuk dalam udzur shgga bisa menggantinya dengan Sholat Dzuhur.? atau tetap wajib melaksanakan Jumatan dg 3 org.?
    terimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Tidak ada kewajiban shalat jumat bagi musafir, silahkan baca disini

  5. Asslamuallaikum.
    saya bertugas di kesatuan pengamanan bank, saat waktu solat jum’at saya solat
    nah saat saya terjadwal karna bergantian dengan rekan.
    Apakah solat jum’atnya boleh di gantikan dengan solat dzuhur?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Orang yang bertugas menjaga keamanan, boleh tidak ikut shalat jumat,. dan digantikan dengan shalat dzuhur,

    Tapi sebaiknya anda jangan bekerja di tempat riba seperti bank, karena penghasilan dari bank itu adalah HARAM,

  6. saya mau tanya,kalau sholat jumat itu niatnya fardu atau gimana

    ya niat shalat jumat,.
    shalat jumat bagi laki-laki itu wajib, dan itu bisa menggantikan shalat dzuhur, berarti shalat fardhu,

    niat itu bukan bacaan USHALI… silahkan baca disini

  7. saya mau tanya..saya mau sholat jum.at di masjid terus malah saya ketiduran..apakah saya harus menggantikan sholat jum’at saya menjadi sholat dhuhur

    iya,

  8. Kalau sudah solat tahyatul masjid trus solat sunah lagi pas jumatan itu boleh ga?

    ada, shalat sunnah mutlak dua rakaat salam, dua rakaat salam, hingga khatib naik mimbar, ini yang ada ajarannya dari Rasulullah, sudah saya ulas disini

  9. saya bertanya, Apakah saya boleh mengganti sholat jumat dengan sholat dzuhur disaat saya bekerja menjaga warnet sendirian dan masih ada pelanggan yang mainnya masih lama?

    Buat peraturan saja, 1 jam sebelum adzan dzuhur semua berhenti, jadi anda bisa nutup warnet

  10. Assalamualikum wr.wb
    saya tidak melakukan salat jumat .salat apa sebagai peggantinya salat jumat

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Penggantinya adalah cukup shalat dzuhur

  11. Ketika saya salat jumat berjamaah ketika rakaat kedua saya ken tut bagai mana solusinya terimakasih

    Solusinya, keluar dari jamaah, berwudhu, karena kentut itu membatakkan shalat.

    Jadi segera wudhu dan segera mengikuti shalat kembali, lalu menyempurnakan rakaat yg ketinggalan, itu jika masih sempat mendapati shalat bersama imam

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*