Kebijakan Malasyia Dalam Memakmurkan Rakyatnya, Mudah-Mudahan Indonesia Menyusul,..

Inilah Sisi Lain Kemajuan Negara Malaysia

malasyiaSaya beberapa bulan ini berada di Malaysia dan Singapura dalam rangka mengadakan Pelatihan Roti (Baking Class) lintas negara atas undangan sejumlah pengusaha melayu muslim di 2 negara ini, dari hasil berdiskusi dengan mereka para pengusaha melayu muslim, saya mendapati beberapa fakta menarik tentang 2 negara ini yang tidak banyak di ketahui dan tidak sampai beritanya ke Indonesia. Semoga sharing ini bermanfaat.

Sisi lain dari Malaysia yang tidak banyak kita dengar dan ditutupi dari pemberitaaan media:

  1. Pendidikan dari TK – SMA GRATIS, bila miskin tapi pintar maka GRATIS sampai S3.

  2. Setiap pelajar diberi subsidi uang cash setiap bulannya mulai RM 100 (SD/SMP) – RM 200 untuk SMA (setara Rp 300.000 – Rp 600.000/bulan/orang) untuk membeli buku, alat tulis, tas, seragam dll.

  3. Setiap suami yang memiliki penghasilan di bawah RM 3000 (dibawah Rp 9 juta) dianggap miskin dan layak mendapat bantuan kerajaan sejumlah RM 500 ( RM 1,5 juta/bulan). Penghasilan setiap KK diketahui oleh kerajaan dengan data yang akurat.

  4. Target pemerintah Malaysia adalah dalam 9 tahun kedepan Malaysia akan menjadi salah satu negara maju di dunia dengan pendapatan perkapita yang sangat tinggi dan biaya hidup yang murah.

  5. Harga gula pasir hanya Rp 6.000/kg.

  6. Pacaran adalah perbuatan yang dilarang untuk orang Melayu Muslim, siapapun yang tertangkap pacaran maka pilihannya hanya 2, menikah atau masuk penjara. Dalam level terkecil yaitu keluarga, masyarakat Malaysia memang melarang anaknya untuk pergi berdua-duaan dengan lawan jenis. Bila anaknya tidak menurut maka orang tua akan melapor pada polisi.

  7. KUA, Polisi dan pengurus masjid sangat sering melakukan Rushing/Sweeping ke semua hotel murah, tempat hiburan dan tempat2 gelap di semua penjuru negara ini untuk mencegah kemaksiatan. Sebuah pengalaman, jam 1 malam pintu kamar di ketuk puluhan petugas gabungan untuk melakukan razia kemaksiatan dan menggeledah kamar. Pasangan Melayu Muslim yang tidak dapat menunjukkan Surat Nikah digelandang ke kantor polisi.

  8. Menikah muda dan memiliki banyak anak sangat dianjurkan di negara ini, rata2 orang Malaysia menikah di usia 17 tahun untuk wanita dan 19 tahun untuk laki2 dan memiliki anak rata-rata 6 – 9 anak.

  9. Kesempatan kerja sangat terbuka di negeri ini, jumlah pekerjaan lebih banyak daripada jumlah pencari kerja.

  10. Setiap hari Jum’at usai shalat Jum’at, hampir semua masyarakat di masjid mendoakan kebaikan bagi para pemimpin negara terutama Raja, Sultan dan Perdana Menteri.

  11. Masyarakat Malaysia rata-rata memiliki mobil 2 – 5 unit/rumah.

  12. Hanya orang yang sangat miskin saja yang memiliki sepeda motor di negara ini.

  13. Jumlah pengguna mobil sangat banyak dibandingkan pengguna sepeda motor.

  14. Semua orang Malaysia memiliki rumah. Bila tidak sanggup membeli rumah, maka mereka akan mengajukan permohonan dana kepada kerajaan untuk minta dibuatkan rumah sesuai kemampuan mereka. Usai rumah selesai dibuat, mereka akan mencicil kepada kerajaan, cicilan disesuaikan dengan kemampuan penghasilan suami dan boleh mencicil sampai 40 tahun.

  15. Tidak ada gelandangan yang tidur dibawah jembatan. Orang miskin di Malaysia dijamin oleh negara dengan pelayanan sangat baik dan diberikan makanan 4 sehat 5 sempurna setara hotel berbintang.

  16. Semua pemilik usaha yang usahanya dilihat usahanya mulai maju berhak mengajukan bantuan dari kerajaan berupa peralatan produksi. Bila bakery akan mendapat bantuan mixer roti, oven, chiller, proofer, dough devider, dan lain-lain. Namun sebagai balasan kerajaan akan mengambil pajak yang sangat tinggi 29% yang pajak ini akan dikembalikan kepada rakyat miskin.

  17. Malaysia menjadi negara yang paling ketat dalam urusan halal dan keamanan pangan. Sebelum mengeluarkan sertifikat halal dan dinkes, suatu usaha makanan akan mendapat penelitian yang panjang dan lama. Butter Golden Churn yang di Indonesia, Singapore dan Selandia Baru mendapatkan sertifikat halal ternyata di Malaysia terkena sensor karena di dalamnya didapati DNA Babi. Laboratorium makanan di Malaysia adalah salaah satu yang tercanggih di dunia. Tidak ada kasus makanan di campur borax atau formalin.

  18. Professional worker sangat dicari di negara ini, bila memberikan kontribusi besar boleh mengajukan sebagai Permanent Resident dan menikah dengan warga negara Malaysia.

  19. Laki-laki dan perempuan yang bukan mahram tidak boleh berjabatan tangan di negara ini.

  20. Harga kebutuhan pokok dikontrol kuat oleh pemerintah, pedagang tidak boleh sembarangan menaikkan harga, setiap yang ketahuan resikonya adalah penjara.

  21. Malaysia kuat ekonominya karena tidak punya hutang pada IMF atau pada badan dunia manapun, bahkan IMF pernah diusir keluar pada masa pemerintahan Mahatir Muhammad, karena hutang adalah jeratan riba di zaman ini dan termasuk dalam 7 dosa yang membinasakan.

  22. Rendahnya tingkat kriminalitas di negara ini membuat banyak rumah yang tidak berpagar, mobil dan sepeda motor diparkir begitu saja di halaman rumah.

  23. Tingginya tingkat kesehatan di negara ini membuat Puskesmas sunyi senyap tidak ada pasien.

  24. Tingginya tingkat kesejahteraan di Malaysia, membuat masyarakat disana sering bepergian ke berbagai negara termasuk Indonesia.

  25. Tidak ada rumah gubuk liar di tepi rel kereta api di Malaysia, rakyat hidup makmur dalam damai.

  26. Aliran sesat seperti Syiah tidak bisa hidup di negeri ini, kerajaan Malaysia akan mengambil tindakan tegas dengan penjara seumur hidup.

  27. Satu kebiasaan masyarakat Malaysia yang sudah lama berjalan adalah kebiasaan untuk makan diluar 2 atau 3 kali sehari. Tingginya income perkapita disini membuat orang malas untuk memasak di rumah. Hampir semua usaha rumah makan atau restoran baik kecil maupun besar pada saat jam makan penuh dan halaman parkir penuh dengan mobil, meski rumah makan atau restoran itu berada di antara hutan kelapa sawit. Pemandangan seperti ini merata di semua negara bagian di Malaysia baik di kota maupun desanya, karena kemakmuran yang merata di semua penjuru negeri ini. Pasar tradisional sangatlah langka di negeri ini. Untuk hal makan masyarakat Malaysia memang sangat konsumtif.

  28. Malaysia dikenal sebagai negara yang tidak punya hutang pada siapapun dan paling anti berhutang kepada IMF (Rentenir kelas dunia). Di tahun 1998, IMF diusir keluar dari Malaysia karena memaksa Malaysia berhutang untuk memulihkan kondisi perekonomiannya. Para pemimpin dii Malaysia tahu bahwa IMF hanya akan menjerat negara itu dan tahu bahwa hutang ini adalah perkara yang sangat berat.

  29. Hal lain juga adalah di Malaysia, sangat sulit membedakan mana rumah orang kaya dan miskin karena bentuk rumah disini hampir sama, orang Malaysia hidup sangat bersahaja, masih banyak kita bisa temukan rumah dengan dinding dari kayu dan rumah panggung di seantero negeri ini, padahal yang parkir dihalaman rumahnya mobil seri terbaru.

 

Bila kita bandingkan Malaysia dengan Indonesia, sungguh kita jauh lebih kaya dan terkaya di dunia, namun Allah memberikan keberkahan kepada Malaysia karena rakyatnya taat beragama dan menjauhi/membenci kemaksiatan, sehingga Allah mengaruniakan pemimpin yang baik dan mensejahterakan rakyat.

Semoga suatu saat Indonesia bisa memperoleh keberkahan seperti yang dinikmati Malaysia hari ini.

Sedikit catatan kecil dari perjalanan di negari jiran ini semoga menjadi ibrah bagi kita semua.

Malaysia, 20 Februari 2012

 Agus Jamhari

sumber : Facebook

You May Also Like

4 Comments

  1. Yang bagus, sudah sepatutnya kita contoh, yang jelek sudah barang tentu kita tinggalkan, namun demikian menurut pendapat saya, akan lebih bagus lagi kalau kita “lebih Peduli” kepada Negara sendiri, dimulai dari diri kita sendiri dan diteruskan kepada orang lain.

    Tanpa itu, kita hanya akan melihat dan membanding-bandingkan keberhasilan2 dan kebaikan Negara lain saja dan kemudian cenderung hanya melihat kejelekan negara sendiri

    Betul sekali, mulai dari diri sendiri,
    Dan contoh penerapan di malasyia seperti point2 diatas itu bagus-bagus semua,. dan itu bukan sedang membanding2kan,.tapi memberikan contoh, ini lho yang di malasyia, mudah2an indonesia bisa menyusul seperti itu,

  2. Dan mereka orang2 indonesia yang hanya ikut2an mempercayai perkataan media, selalu menghina dan mencaci bangsa Malaysia , padahal disana banyak saudara2 mereka yang muslim dan tidak semua dari mereka adalah orang biadab.

    Dan lebih lagi, penguasa2 yang ada di malaysian sangat tegas menjalankan humkum islam, dan Insya Allah adil kepada warga negaranya serta berdedikasi terhadap negara adan rakyatnya.

    Dan mereka (penguasa Malaysia) sangat tegas keda orang2 kafir dan waspada terhadap usaha2 mereka memurtadkan kaum muslimin.

    Begitulah media, kadang hanya mengeruhkan suasana, dan kebanyakan mereka mengekspose hal-hal yang menyudutkan kepentingan islam, apalagi thd negara-negara yang dengan tegas menerapkan aturan islam,.

    wajar saja, media-media tersebut dimiliki oleh orang-orang sekuler, isi media tsb bisa kita lihat, hampir 90 persen kurang mencerdaskan bangsa ini, malah semakin membuat terlena dgn hal-hal yang membuat bangsa ini semakin mundur,.

    Semoga negara kita diberikan pemimpin2 seperti itu oleh Allah Subhanahu Wata’ala atau bahkan lebih baik dari itu.
    Aamiin

    Aamiin

  3. saya pernah baca kalau ada salah satu pemimpin sana yg ingin menjadikan Malaysia seperti Indonesia negara demokrasi dan menghilangkan dasar syariah Islam hingga akhirnya mantan pemimpin itu sampai sekarang mendapat byk perlawanan dari pihak2 yg tdk ingin Malaysia seperti Indo.

    lalu katanya pernah ada iklan pariwisata Malay yg membuatnya non muslim,saat pembuat iklan itu ingin mengambil unsur Indo pihak Malay tidak mau karena takut jd masalah tp ternyata saat iklannya ditayangkan ternyata unsur Indonya tetap ada dan sempat jd masalah jg.

    menurut saya banyak pihak yg tdk akan suka melihat dua negara mayoritas muslim rukun apalagi bersatu, maka dilakukan berbagai cara untuk mengadudombanya.

    Terimkasih Rima,.
    Cara orang kafir membuat negara islam hancur adalah dengan merubah sistem pemerintahanya menjadi sistem demokrasi, sebab dengan sistem demokrasi maka rakyat berhak mengatur pemerintahnya, ini adalah hal yang buruk, sebagaimana banyak negara yang berusaha menjadikan saudi menjadi demokrasi, agar para wanitanya bisa keluar rumah, menyetir mobil sendiri, dll.. ini adalah kerusakan,.

    Kita bisa saksikan negara-negara yang rakyatnya maju, berkecukupan hartanya, bahkan rakyat dijamin oleh pemerintah, itu ada pada negara yang bukan menganut demokrasi (democrazy) sebab demokrasi adalah sistem yang rusak, dan merupakan PRODUK GAGAL di negara asalnya, silahkan lihat postingannya disini

    Dengan demokrasi, kedudukan orang yang berotak profesor sama saja seperti seorang yang baru keluar dari rumahsakit jiwa, sama-sama mempunyai satu suara,
    Demokrasi menghinakan manusia,. menyamaratakan manusia, padahal dalam islam tidak seperti itu, islam begitu memuliakan manusia, menempatkan manusia sesuai kedudukannya, orang pandai beda dengan orang bodoh, berbeda dengan sistem demokrasi, orang pandai sama saja dengan orang bodoh,

  4. Memang mereka(Malaysia) karena bekas jajahan Inggris,sdh terbiasa menjalankan “aturan” sesuai dgn Undang2 (rule of law). Penyelenggaraan Negara mereka juga secara demok rasi parlementer yg dipimpin oleh perdana menteri (PM) dan kekuasaan tertinggi ada pada Raja (Yg Dipertuan Agung).Kelebihan mereka ialah berusaha untuk memakmurkan rakyat nya dgn peraturan yang “tegas”.

    Contohnya seperti yg dikemukakan diatas,semua kebutuh an pokok adalah dalam kawalan Negara,jadi jangan coba2 menaikkan harga tanpa izin. Lingkungan terjaga dgn baik,janan membuang sampah sembarangan kalau tdk ingin diden da atau dikurung dipenjara selama 2 minggu. Orang yg bersalah karena membunuh orang akan dihukum “gantung” sampai mati,tanpa pilih bulu.

    Bandingkan dgn negara kita ini yang tidak tegas menegakkan hukum,apalagi hukuman “mati” bagi orang2 yg telah dijatuhi huku man mati dan grasinya sdh ditolak ,tetap aja “raja”(SBY) tidak berani melaksanakan EKSEKUSI nya. Apa karena tdk tegas atau memang penakut.

    Terimakasih mas ihsan,.
    Memang pemimpin model kerajaan itu lebih baik dari demokrasi,. mau bukti??

    Di indonesia juga ada propinsi yang demikian, dari dulu hingga sekarang pemimpinnya dari keluarga secara turun temurun,. silahkan tebak, propinsi manakah itu?? lalulintasnya paling tertib, lingkungannya bersih, pemimpinnya berwibawa, disegani oleh warganya,.

    Dan ngga perlu keluar dana banyak untuk pergantian pemimpin,. Demikian pula negara-negara yang rakyatnya makmur, lihat sistem kepemimpinannya, lihat brunai, lihat malasyia, lihat saudi, lihat inggris, lihat jepang, bandingkan dgn negara demokrasi, gejolak akan selalu timbul,. lihat amerika,. dan ga usah jauh2, negeri kita,. apalagi setiap ada pergantian pemimpin,.

    coba perhatikan proses pembangunan dan kondisi rakyat indonesia ketika dipimpin oleh satu pemimpin secara berturut-turut,. jujur saja, dalam era pak harto, pembangunan berkelanjutan, koruptor tdk sebanyak sekarang, rakyat aman, sembako murah,. lalu datanglah generasi yang membakar suasana tsb,. agar negara ini bergejolak,. jadilah seperti sekarang ini,.

    Negara kafir penganut demokrasi tidak mau melihat negara indonesia maju, maka mereka ingin negara indonesia tetap berlandaskan demokrasi,. sebagaimana mereka juga berusaha merubah sistem kerajaan saudi agar menjadi demokrasi, agar wanita bebas keluar rumah, dll.. namun saudi tentu cerdas, tidak ingin negara mereka bisa diobok-obok oleh rakyatnya sendiri, sebagaimana sistem demokrasi, pemimpin negara begitu mudah dijatuhkan kehormatannya, pemimpin dijatuhkan kewibawaannya,. jika di negara yang menganut demokrasi itu hal lumrah, tapi jika sistem kerajaan, pemimpin berwibawa, rakyat menghormatinya,

Silahkan tinggalkan komentar di sini