Betapa Besarnya Arsy Dibandingkan Dengan Kursi Allah, Dan Allah Tidak Bergantung Kepada Makhluk Ciptaannya

Arsy Allah Swt Apa Itu Arsy Allah Swt Besar Nya Arsy Allah Dimana Arsy Bentuk Arsy Allah

ARSY (SINGGASANA) ALLAH AZZA WA JALLA

besarnya-malaikat-pemikul-arsyAhlus Sunnah wal Jama’ah mengimani bahwa ‘Arsy Allah dan Kursi-Nya adalah benar adanya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:“Maka, Mahatinggi Allah, Raja Yang sebenarnya; tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar selain Dia, Rabb (Yang mempunyai) ‘Arsy yang mulia.” [Al-Mu’minuun: 116]
Juga firman-Nya:
“Yang mempunyai ‘Arsy, lagi Mahamulia.” [ Al-Buruuj: 15]Apabila seseorang Muslim mengalami kesulitan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan untuk membaca:

“Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Mahaagung lagi Maha Penyantun. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) ‘Arsy yang agung. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb Pemilik ‘Arsy yang mulia.” [1]

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“… Apabila engkau memohon kepada Allah, maka mohon-lah kepada-Nya Surga Firdaus. Sesungguhnya ia (adalah) Surga yang paling utama dan paling tinggi. Di atasnya terdapat ‘Arsy Allah yang Maha Pengasih…” [2]

‘Arsy yaitu singgasana yang memiliki beberapa tiang yang dipikul oleh para Malaikat. Ia menyerupai kubah bagi alam semesta. ‘Arsy juga merupakan atap seluruh makhluk. [3]

‘Arsy Allah dipikul oleh para Malaikat, dan jarak antara pundak Malaikat tersebut dengan telinganya sejauh perjalanan burung terbang selama 700 tahun.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Telah diizinkan bagiku untuk bercerita tentang sosok Malaikat dari Malaikat-Malaikat Allah Azza wa Jalla yang bertugas sebagai pemikul ‘Arsy, bahwa jarak antara daun telinganya sampai ke bahunya adalah sejauh perjalanan 700 tahun.” [4]
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:
“Perumpamaan langit yang tujuh dibandingkan dengan Kursi seperti cincin yang dilemparkan di padang sahara yang luas, dan keunggulan ‘Arsy atas Kursi seperti keunggulan padang sahara yang luas itu atas cincin tersebut.” [5]
Adapun tentang Kursi, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Dan Kursi Allah meliputi langit dan bumi.” [Al-Baqarah : 255]
Dari Sa’id bin Jubair bahwasanya ketika Sahabat ‘Abdullah bin ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu menafsirkan firman Allah:“Kursi Allah meliputi langit dan bumi,” beliau berkata:
“Kursi adalah tempat meletakkan kaki Allah, sedangkan ‘Arsy tidak ada yang dapat mengetahui ukuran besarnya melainkan hanya Allah Ta’ala.” [6]
Imam ath-Thahawi (wafat th. 321 H) rahimahullah berkata:
“Allah tidak membutuhkan ‘Arsy dan apa yang di bawahnya. Allah menguasai segala sesuatu dan apa yang di atasnya. Dan Dia tidak memberi kemampuan kepada makhluk-Nya untuk mengetahui segala sesuatu.”
Kemudian beliau rahimahullah menjelaskan: “Bahwa Allah mencipta-kan ‘Arsy dan bersemayam di atasnya, bukanlah karena Allah membutuhkan ‘Arsy tetapi Allah mempunyai hikmah tersendiri tentang hal itu.” [7]
Oleh : Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas
_________
Foote Note
[1]. HR. Al-Bukhari (no. 6345), Muslim (no. 2730), at-Tirmidzi (no. 3435) dan Ibnu Majah (no. 3883), dari Sahabat Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu.
[2]. HR. Al-Bukhari (no. 2790, 7423), Ahmad (II/335, 339) dan Ibnu Abi ‘Ashim (no. 581), dari Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu
[3]. Syarhul ‘Aqiidah ath-Thahaawiyah (hal. 366-367), takhrij dan ta’liq Syu’aib al-Arnauth dan ‘Abdullah bin ‘Abdil Muhsin at-Turki.
[4]. Hadits shahih, diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 4727), dari Sahabat Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu ‘anhu, sanadnya shahih. Lihat Silsilatul Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 151), Syarhul ‘Aqiidah ath-Thahaawiyah (hal. 368) takhrij dan ta’liq Syu’aib al-Arnauth dan ‘Abdullah bin ‘Abdil Muhsin at-Turki.
[5]. HR. Muhammad bin Abi Syaibah dalam Kitaabul ‘Arsy, dari Sahabat Abu Dzarr al-Ghifari Radhiyallahu ‘anhu . Dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilatul Ahaadiits ash-Shahiihah (I/223 no. 109).
[6]. Diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam Mu’jamul Kabiir (no. 12404), al-Hakim (II/282) dan dishahihkannya serta disetujui oleh adz-Dzahabi. Lihat Syarhul ‘Aqiidah ath-Thahaawiyah (hal. 368-369), takhrij dan ta’liq Syu’aib al-Arnauth dan ‘Abdullah bin ‘Abdil Muhsin at-Turki.
[7]. Ibid, hal. 372.
[Disalin dari kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, Penulis Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka Imam Asy-Syafi’i, PO BOX 7803/JACC 13340A. Cetakan Ketiga Jumadil Awwal 1427H/Juni 2006M]
Sumber : http://www.almanhaj.or.id/content/2171/slash/0

Arti Kursi Allah Luas Bumi Dan Langit Kursi Allah Swt Bentuk Arsy Apa Itu Arsy

9 Comments

  1. mas admin maaf, bukannya kursi Alloh itu diartikan dengan kekuasaan atau ilmu Alloh..?

    Saya liat di tafsir milik saya mengatakan demikian,, mana yang benar?
    karena ini juga ya Ustadz, salahsatu senjata mereka (u know lah) menganggap salafy mujasimah..

    Terimakasih mba mina, sudah mampir dan komentar disini,.
    Pengertian seperti itu sudah ada sejak dulu, aswaja hanya mengulang pernyataan pendahulunya saja yang mengartikan seperti itu,.
    Dan ini bukanlah pengertian yang dijelaskan oleh allah dan rasulnya,.

    Kursi Allah adalah tempat berpijak telapak kaki Allah, Allah menjelaskan tidak seperti penjelasan mereka yang merubah arti makna kursi menjadi kekuasaan, itu pengertian dari mana? sedangkan allah dan rasulnya tidak menjelaskan seperti itu,

    Penjelasan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu.

    يَاأَبَا ذَرٍّ مَا السَمَوَاتُ السَبْعُ فِيْ الكُرْسِي إِلاَ كَحَلَقَةِ مُلْقَاةٌ بِأَرْضِ فَلاَة وَفَضْلُ الْعَرْشِ عَلَى الكُرْسِي كَفَضْل الفلاَةِ عَلَى الحَلَقَةِ

    Wahai Abu Dzar tidaklah langit yang tujuh dibanding kursi kecuali seperti lingkaran (gelang) yang dilemparkan ke tanah lapang, dan besarnya Al Arsy dibandingkan dengan kursi seperti lebih besarnya tanah lapang dari lingkaran (gelang).

    Dan dalam riwayat yang lain.

    مَا السَمَوَاتُ السَبْعُ وَالأَرْضُوْنَ السَبْعُ وَمَا بَيْنَهُنَّ وَمَا فَيْهِنَّ فِيْ الكُرْسِي إِلاَ كَحَلَقَةِ مُلْقَاةٌ بِأَرْضِ فَلاَة وَإِنَّ الكُرْسِي بِمَا فِيْهِ بِالنِسْبَةِ إلَىالْعَرْشِ عَلَى كتِلْكَ الحَلَقَةِ عَلَىتِلْكَ الفلاَةِ

    Tidak langit yang tujuh dan bumi yang tujuh dan apa yang ada diantara dan di dalamnya dibandingkan dengan kursi kecuali seperti lingkaran (gelang) yang dilempar ke tanah lapang, dan kursi dengan apa yang ada didalamnya dibandingkan dengan Al Arsy seperti lingkaran (gelang) tersebut pada tanah lapang tersebut. [10]

    Berkata Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu.

    الكُرْسِي مَوْضِعُ القَدَمَيْنِ وَ الْعَرْشُ لاَيَقْدِرُ قَدْرَهُ إِلاَ اللهُ

    Kursi tempat kedua telapak kaki dan Al Arsy tidak mampu mengukurnya kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala. [11]
    Selengkapnya bisa dibaca ulasannya disini

    Kalau penjelasan mereka, darimana sumbernya, suruh mereka tunjukkan,.

    • Wkwkwkwkwkwkwkwk

      ALLAH PUNYA TELAPAK KAKI ??????????????????

      TOLONG DONG BERIKAN AYAT AL QUR’AN TENTANG ITU !?
      TOLONG DONG BERIKAN HADITS RASUL YG SHOHIH MUTAWATTIR TENTANG HAL ITU !?

      DAN TOLONG
      JANGAN BERDALIL DGN MENGGUNAKAN OMONGAN SAHABAT .
      TAPI GUNAKAN FIRMAN ALLAH LANGSUNG YG JELAS / SABDA RASUL LANGSUNG YG JELAS .YG RIWAYAT NYA BUKAN HANYA DR 1 ORG .. TP YG MEMILIKI RIWAYAT /JALUR SEBANYAK 2/3/4/5/6 DST 🙂

      KARNA MENGATAKAN BAHWA ALLAH MEMILIKI TELAPAK KAKI BAHAYANYA ADALAH AKAN MENYESATKAN AKIDAH KAUM MUSLIMIN .

      Okelah,.. sekarang gini saja,.
      Allah bisa melihat tidak?
      Allah bisa mendengar tidak??
      Allah bisa berkata tidak??

      Jika anda katakan,. BISA ,… maka sama dong dengan manusia? manusia bisa melihat, mendengar, dan berkata,..

      Hayoooo… silahkan mikir,…

      Sebenarnya simpel saja,.
      Yang mengatakan Allah punya tangan,kaki,betis,wajah,. itu Allah sendiri,.
      TAPI jangan sampai pikiran anda membayangkan tangan,kaki,betis,wajah Allah itu seperti anda membayangkan tangan,kaki,betis,wajah makhluk ciptaan Allah,.
      Jika anda membayangkannya, maka ini kesalahan besar,. akal anda tidak akan mampu,..

      Ngga usah membayangkan tentang kaki Allah deh,. membayangkan SUNGAI DI SURGA saja tidak ada satupun manusia yang bisa melakukannya, demikian pula jin,.. karena kenikmatan surga itu tidak pernah terbetik dalam hati, terlihat oleh mata,..

      Sebaiknya anda baca ulasan ini, agar anda tidak terjebak dalam pemikiran yang menyesatkan tentang sifat Allah, silahkan baca disini

      • anda ngakunya hamba Allah, tp menapikkan apa yg Allah kabarkan dalam Qur’an. hamba macam apa anda ini??? tidaklah para sahabat menafsirkan Al Qur’an melainkan dengan ilmu yg sudah di ajarkan oleh Rasulullah. Dan Rasulullah itu siapa yang ngajarin??? Ya Allah melalui Jibril.
        semoga Allah memberikan anda dan kita semua hidayah dan taufik untuk meniti jalan salafushsholeh.
        baarakallahufikum.

  2. MUJASIIM……!!!!

    terimakasih mas fajar,. mudah2an para pembaca disini mengambil manfaat dari tanggapan komentar anda,.
    tolong jelaskan arti mujasiim itu apa,. insya Allah nanti saya tanggapi,.

  3. siapa lebih besar tuhan wabi dengan ruang alam semesta ciptaan Allah

    ruang dan waktu adalah makhluk ciptaan Allah,
    Dan Allah tidak butuh ruang dan waktu, dan Allah tidak dilingkupi oleh ruang dan waktu, Dan Allah maha besar,

  4. Alhamdulillah bertambah wawasan saya disini tentang iman kepada Allah..

    kita imani saja firman Allah dan sy yakin selain Allah semua adalah makhluk termasuk arsy, kursi, alam semesta, semua ada karena Allah menghendaki ada, jika Allah berfirman Allah bersemayam di Arsy maka itu karena Allah menghendaki demikian..

    jika Allah berkehendak memusnahkan semuanya termasuk Arsy, Kursi, malaikat, alam semesta beserta isinya dan hingga tinggal Allah saja juga tidak ada yang bisa menghalangi…

    Allah sungguh Maha Tunggal….

    Alhamdulillah,.
    Mudah-mudahan bisa bermanfaat,.

  5. Masya Alloh,,
    Alloh ada dimana-mana itu juga benar,,
    karena Alloh Maha Melihat dan Maha Mendengar,,
    dan Alloh juga lebih dekat dari urat nadi kita sendiri.
    Alloh memiliki tempat bersemayam yaitu Arsy yang tertinggi.

    Mengatakan Allah berada di mana-mana…
    Ini adalah bentuk penghinaan kepada Allah..

    Padahal Allah mengatakan Allah bersemayam di atas Arsy,.

    Jika Allah ada di mana-mana, maka apakah Allah ada di comberan, di tempat sampah,. got,. dll?

    Sungguh orang yang mengatakan Allah ada di mana-mana, berarti dia sok tahu, menyelisihi Perkataan Allah itu sendiri,.

    Bahkan Imam Abu Hanifah menyatakan KAFIR orang yang mengingkari keberadaan Allah di atas langit

    Imam Abu Hanifah mengatakan dalam Fiqhul Akbar,

    من انكر ان الله تعالى في السماء فقد كفر

    “Barangsiapa yang mengingkari keberadaan Allah di atas langit, maka ia kafir.”

    Silahkan baca ulasannya disini

  6. Arsy ALLAH SWT diatas air. itu fakta karna ALLAH SWT, sendiri yg menerangkannya dalam AL-QUR’AN. artinya jagat semesta ini, kulit terluarnya adalah air yg dipikul oleh malaikat.

    Semua informasi yg ALLAH SWT, terangkan sendiri, pasti ada faedahnya dan manusia ditantang untuk memikirkan itu,??. Atau hanya sekedar informasi saja,??.

    Faidahnya tentu ada, yaitu Allah itu maha besar, membayangkan samudera yang ada di atas langit ke tujuh saja sulit untuk kita membayangkannya,

    Membayangkan luas antara bumi dan langit saja kita sudah kesulitan, apalagi membayangkan samudera di atas langit ke tujuh,

    Faidah ada, dan selain itu kita wajib mengimani kabar ghaib dari Allah tersebut

  7. benarlah apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwasanya langit yang tujuh itu bagaikan cincin yang dilepmparkan di padang pasir..

    lihatlah galaxy saja bagaikan cincin di angkasa sana, coba googling deh tentang gambar galaxy dan langit2 angkasa ….

    apalagi kursi Allah dibandingkan langit..
    pasti sangat besar…

    dan ALlah lah yang Maha BEsar, Allahu akbar

    Benda-benda langit, seperti matahari,bulan, bintang,dll.. Itu letaknya masih di bawah langit ke satu

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*