Neraka Pertama Kali Dinyalakan Untuk Tiga Golongan, Qari,Orang Dermawan,Orang Yang Berjihad,.Kenapa Bisa Demikian?

Hadits Rasulullah Tentang Orang Yang Pertama Kali Masuk Neraka Ulama Banyak Masuk Neraka 3 Golongan Yang Pertama Masuk Neraka Tiga Orang Yg Perama Ke Neraka Hadis Yang Pertama Masuk Neraka

Orang Yang Pertama Kali Masuk Neraka

pedihnya adzab neraka((إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ يَنْزِلُ إِلَى الْعِبَادِ لِيَقْضِيَ بَيْنَهُمْ، وَكُلُّ أُمَّةٍ جَاثِيَةٌ، فَأَوَّلُ مَنْ يَدْعُو بِهِ رَجُلٌ جَمَعَ الْقُرْآنَ، وَرَجُلٌ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، وَرَجُلٌ كَثِيرُ الْمَالِ، فَيَقُولُ اللَّهُ لِلْقَارِئِ: أَلَمْ أُعَلِّمْكَ مَا أَنْزَلْتُ عَلَى رَسُولِي؟ قَالَ: بَلَى يَا رَبِّ، قَالَ: فَمَاذَا عَمِلْتَ فِيمَا عُلِّمْتَ؟ قَالَ: كُنْتُ أَقُومُ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ، فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ: كَذَبْتَ، وَتَقُولُ لَهُ الْمَلَائِكَةُ: كَذَبْتَ، وَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ: بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ: إِنَّ فُلَانًا قَارِئٌ، وَقَدْ قِيلَ ذَاكَ.

وَيُؤْتَى بِصَاحِبِ الْمَالِ، فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ: أَلَمْ أُوَسِّعْ عَلَيْكَ، حَتَّى لَمْ أَدَعْكَ تَحْتَاجُ إِلَى أَحَدٍ؟ قَالَ: بَلَى، يَا رَبِّ، قَالَ: فَمَاذَا عَمِلْتَ فِيمَا آتَيْتُكَ؟ قَالَ: كُنْتُ أَصِلُ الرَّحِمَ، وَأَتَصَدَّقُ، فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ: كَذَبْتَ، وَتَقُولُ لَهُ الْمَلَائِكَةُ: كَذَبْتَ، وَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ: فُلَانٌ جَوَادٌ، فَقَدْ قِيلَ ذَاكَ.

ثُمَّ يُؤْتَى بِالَّذِي قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ: فِي مَاذَا قُتِلْتَ؟ فَيَقُولُ: أُمِرْتُ بِالْجِهَادِ فِي سَبِيلِكَ، فَقَاتَلْتُ حَتَّى قُتِلْتُ، فَيَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ: كَذَبْتَ، وَتَقُولُ لَهُ الْمَلَائِكَةُ: كَذَبْتَ، وَيَقُولُ اللَّهُ: بَلْ أَرَدْتَ أَنْ يُقَالَ: فُلَانٌ جَرِيءٌ، فَقَدْ قِيلَ ذَاكَ، ثُمَّ ضَرَبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى رُكْبَتِي، فَقَالَ: يَا أَبَا هُرَيْرَةَ، أُولَئِكَ الثَّلَاثَةُ أَوَّلُ خَلْقِ اللَّهِ تُسَعَّرُ بِهِمْ النَّارُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ))

“Sesungguhnya Allah yang Maha tinggi dan Maha suci akan turun kepada hamba pada Hari Kiamat untuk memberikan keputusan di antara mereka. Dan setiap umat dalam kondisi berlutut. Kemudian orang yang pertama kali dipanggil adalah orang yang menghafal Al-Qur`an, orang yang terbunuh di jalan Allah, dan orang yang banyak harta.

Maka Allah  berkata kepada sang qari` (orang yang biasa membaca Al-Qur`an):

‘Tidakkah Kuajarkan kepadamu apa yang saya turunkan kepada RasulKu?’

Dia menjawab:

‘Benar wahai Tuhanku’.

Allah  berkata lagi:

‘Apa yang kamu perbuat terhadap apa yang sudah kamu ketahui itu?’

Dia menjawab:

‘Saya menjalankannya sepanjang malam dan sepanjang siang’.

Maka Allah  berkata:

‘Kamu telah berdusta’.

Dan para Malaikat berkata kepadanya: ‘Kamu telah berdusta’.

Kemudian Allah  berkata kepadanya:

‘Justru kamu melakukan hal itu dengan maksud agar dikatakan: Si fulan adalah qari`’. Dan hal itu telah dikatakan kepadamu.

Kemudian didatangkan orang yang mempunyai banyak harta.

Allah  berkata kepadanya:

‘Tidakkah sudah Kulimpahkan harta kepadamu hingga kamu tidak membutuhkan siapa pun?’.

Orang itu menjawab:

‘Benar wahai Rabbku’.

Allah  bertanya lagi:

‘Apa yang kamu kerjakan terhadap harta yang Kuberikan kepadamu itu?’.

Dia menjawab:

‘Saya menggunakannya untuk menyambung silaturrahmi dan bersadaqah’.

Allah  berkata kepadanya:

Kamu telah berdusta’.

Para Malaikat juga berkata kepadanya: ‘Kamu telah berdusta’.

Kemudian Allah  berkata:

‘Justru kamu melakukan itu dengan maksud agar dikatakan: Si Fulan adalah lelaki yang dermawan’. Dan hal itu sudah dikatakan kepadamu.

Kemudian didatangkan orang yang terbunuh di jalan Allah.

Maka Allah berkata:

‘Dalam rangka apa kamu terbunuh?’.

Dia menjawab:

‘Saya diperintah berjihad di jalan Engkau. Maka saya berperang hingga terbunuh’.

Allah  berkata kepadanya:

‘Kamu telah berdusta’.

Para Malaikat juga berkata kepadanya:

‘Kamu telah berdusta’. Allah  berkata: ‘Justru kamu melakukan itu agar dikatakan kepadamu: Si Fulan adalah pemberani’. Dan hal itu telah dikatakan kepadamu.

Kemudian Rasulullah saw menepuk kedua lututku sambil berkata: ‘Wahai Abu Hurairah! Ketiga golongan itu adalah makhluk yang pertama kali Neraka dinyalakan untuk mereka pada Hari Kiamat’.”

Al-Walid Abu Utsman Al-Madaini berkata: Uqbah bin Muslim memberitahu saya bahwa Syufai inilah yang masuk kepada Muawiyah radhiyallahu anhu kemudian memberitahunya Hadis tersebut.

Abu Utsman berkata: Al-Ala` bin Abi Hakim memberitahu saya bahwa dirinya dahulu seorang algojo Muawiyah. Kemudian seorang lelaki masuk kepada Muawiyah dan memberitahu Hadis ini dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Maka Muawiyah berkata:

((قَدْ فُعِلَ بِهَؤُلَاءِ هَذَا، فَكَيْفَ بِمَنْ بَقِيَ مِنْ النَّاسِ؟!))

“Orang-orang itu telah diperbuat terhadap mereka hal ini. Maka bagaimanakah para manusia yang lain?!”

            Kemudian Muawiyah menangis dengan sangat keras. Hingga kami menduga ia akan meninggal. Lalu kami berkata: “Orang ini[1] telah membawa keburukan kepada kami.”Kemudian Muawiyah sadarkan diri. Ia mengusap wajahnya lalu berkata: Maha benar Allah  ketika berfirman:

{مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ (15) أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآخِرَةِ إِلَّا النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ } [هود: 15، 16]

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di Akhirat, kecuali Neraka dan lenyaplah di Akhirat apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Huud: 15-16)[2]

[1] Yakni orang yang memberitahukan Hadis dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu. (pen)

[2] HR. At-Tirmidzi dalam Sunannya, no. 2304

sumber : 1-Orang Yang Pertama Kali Masuk Neraka

Print Friendly, PDF & Email

Hadist Tiga Orang Pertama Masuk Neraka Hadits Tarmizi Tentang Orang Yang Pertama Di Hisab Hadist 3 Golongan  Penghuni Neraka 3 Orang Yg Pertama Masuk Neraka Tiga Golongan Penghuni Neraka

5 Comments

  1. Aah ini blog ngawur, sp yg baca blok Ini jangan hiraukan..
    nabi Muhammad menyuruh kita bersedekah,memperjuangkan islam,perbanyak baca Al-Quran..
    yg punya blog ini pasti yahudi,kafir

    terimakasih kiswoeo,
    sebutkan ngawurnya dimana, jangan hanya asal tuduh,. apalagi menuduh saya yahudi, kafir, hati-hati lho, bukan urusan sepele,. ini urusan besar, jika tuduhan anda tidak benar, maka akan kembali kepada anda sendiri,. silahkan baca ulasannya disini

  2. Mohon Nasihat dan Pencerahannya……
    Jika dikatakan ketiga golongan tersebut yang lebih dahalu masuk Neraka……..lalu dimana kedudukan golongan orang-orang kafir, kapan meraka masuk neraka, mohon maaf jika saya salah – Apakah orang-orang kafir masuk neraka setelah Allah selesainya menghisab orang-orang muslim atau bagmana terhadap diri mereka (orang2 akfir), kadang saya berfikir mungkin yang dimaksud ketiga golongan orang yang pertama masuk neraka tersebut adalah dari kalangan kaum muslimin……Demikian Mohon perncerahnnya, terima kasih.

    Kalau orang kafir sih langsung digiring ke neraka,

  3. Assalamualaikum…
    Dari penjelasan hadits di atas, sebaiknya kita harus bagaimana agar terhindar dari api neraka?

    Karena bukankah di sisi lain kita juga diwajibkan membaca alquran berderma dg sebagian harta yg kita punya & berjihad…

    Sementara jika kita mampu melakukannya namun malah meninggalkannya juga mendapatkan neraka…mohon penjelasan uang lebih detail dan tuntas… jazakallahu
    Wassalamualaikum

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Kuncinya ada di KEIKHLASAN, masalah niat,. mereka semua disiksa di neraka karena rusaknya niat mereka dalam beramal, bukan mengharap balasan dari Allah, tapi mengharap pujian manusia,. maka menjadi sia-sia amalan mereka, walaupun besar amalannya,.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*